KP1333376324

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

ANALISA SISTEM DREAM INNOVATION DAY

PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1333376324 Julipah Al Munawaroh



AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIK RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

(2015/2016)



LEMBAR PERSETUJUAN



ANALISA SISTEM DREAM INNOVATION DAY

PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Tugas Akhir pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Artificial Informatics

AMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.



Tangerang, 12 Januari 2016



Dosen Pembimbing




( Khanna Tiara, S.Kom )

NID. 14013



AKADEMI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1333376324
Nama
: Julipah Al Munawaroh
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Tugas Akhir baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 12 Januari 2016
Julipah Al Munawaroh
NIM. 1333376324

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Pada era teknologi dan komunikasi saat ini, sudah semestinya menyiapkan sumber daya manusi yang handal dan bersinergi pada setiap bidang ilmu pengetahuan. Dream Innovation Day (DID) adalah website acara kompetisi yang di naungi oleh Perguruan Tinggi Raharja. Dream Innovation Day merupakan website yang menggunakan iLearning Media (iMe) yang menjadi sarana untuk sumbangsih bakat, kreativitas, inovatif, dan hobi seluruh Pribadi Raharja pada bidang apapun. Setiap acara kompetisi yang diselenggarakan mempunyai kriteria penilaian yang berbeda-beda. Kompetisi juga dapat menjadi tempat menambah wawasan, pengalaman dan relasi pertemanan yang luas. iLearning Media (iMe) adalah media online pendukung dalam acara kompetisi yang diadakan. Acara yang di sajikan pada Dream innovation Day (DID) dapat di daftarkan oleh Pribadi Raharja (Panitia) lalu menerima konfirmasi acara melalui email Rinfo dari Team DID, selanjutnya akan di eksekusi dengan validasi acara, dan hasil akhir adalah dengan pencetakkan sertifikat acara. Dibutuhkan acara yang memilik nilai positif dan bermanfaat sehingga memberikan tolak ukur pada iLearning iMe (iMe) pada Dream Innovation Day (DID). Diharapkan memberikan inovasi dalam dunia kompetisi ilmu teknologi dan komunikasi yang berbasis website.

Kata Kunci: Kompetisi, Dream Innovation Day (DID), iLearning Media (iMe).

ABSTRACT

In the era of technology and communication, it should prepare a reliable humanresources and work together on every field of science. Dream Innovation Day (DID) isa competition at the event website naungi by College Raharja. Dream Innovation Dayis a website that uses the iLearning Media (iMe) who becomes a means ofcontribution of talent, creativity, innovative, and entire Private hobby Raharja on any field. Every event organized competitions have varying assessment criteria.Competition can also be the place adds to the insights, experience and friendshiprelations. ilearning Media (iMe) is an online media supporter in the event thecompetition is held. In the event that serve on Dream innovation Day (DID) can besubmitted by Private Raharja (Organizing Committee) and then receive a confirmationemail from Rinfo event Team DID, the next will be in execution with the Validateevent, and the end result is to pencetakkan the certificate of the event. The event had the needed value is positive and rewarding so give a benchmark on iLearning (iMe)iMe on Dream Innovation Day (DID). Expected to provide innovation in thecompetition world of science and communication technology based website.

Keywords : Competition, Dream Innovation Day (DID), iLearning Media (iMe).


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.4. Logo Dream Innovation Day

Gambar 3.1. Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

Gambar 3.2. Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Gambar 3.3. Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.4. Use Case Diagram

Gambar 3.5. Activity Diagram

Gambar 3.6. Squence Diagram Gambar

DAFTAR SIMBOL


DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada jaman Komunikasi dan Teknologi saat ini, Indonesia sebagai negara berkembang dengan sumber daya alam yang melimpah. Sudah seharusnya sumber daya mausianya juga turut serta untuk di kembangkan. Perihal ini maka perlunya suatu sarana yang menjadi himpunan dari potensi ini. Kompetisi adalah wadah yang menjadi dedikasi bagi individu yang mempunyai tekad, dan niat dimana potensi yang di miliki untuk ikut serta dalam menyalurkan bakat dan kemampuannya. Kompetisi juga diartikan sebagai suatu ajang untuk mengeksplor bakat yang belum tersalurkan dari setiap individu.

Perguruan Tinggi Raharja telah menghadirkan suatu inovasi dalam dunia kompetisi, dengan mengusung website iLearning Media (iMe) yang di sebut dengan Dream Inovation Day (DID) yaitu sudah wadah dan media untuk sumbangsih karya dan kreatifitas para generasi muda khususnya para Pribadi Raharja dalam segala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya Dream Innovation Day (DID) tidak hanya sekedar menjadi ajang untuk menyalurkan bakat, namun juga sebagai tempat berbagi pengalaman dan mempunyai relasi pertemanan yang luas serta memiliki peluang prestasi yang didapatkan.

Setiap kompetisi pasti memiliki panitia yang bertugas dalam penyelenggaraan jalannya suatu acara. Dream Innovation Day (DID) berkesempatan untuk mempersembahkan sarana pendaftaran acara bagi para panitia yang ingin menyelenggarkan acaranya pada Dream Innovation Day (DID). Sehingga panitia bisa mengadakan acaranya pada Dream Innovation Day (DID) dengan acara yang akan di pandu oleh Team DID.

Dari latar belakang yang sudah djelaskan diatas, maka penulis untuk ingin mecoba menganalisa terhadap peningkatan iLearning Media Dream Innovation Day (DID) pada Perguruan Tinggi Raharja yang di ampuh dalam sebuah laporan penelitian ilmiah dengan judul “Analisa Sistem Dream Inovation Day Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

Rumusan Masalah

Dalam setiap penelitian maka terlebih dahulu di ketahui rumusan masalah, sebagai rincian pertanyaan yang menjadi hal penting dalam melakukan analisa. Selanjutnya akan di proses jawaban melalui pengumpulan data dari rumusan masalah tersebut dengan pemecahan masalah.

Berdasarkan latar belakang dari penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, penelitian ini secara detail berhubungan dengan kompetisi pada Dream Innovation Day (DID). Maka dengan analisa tersebut penulis dapat merangkum beberapa hal penting dari masalah laporan penelitian :

  1. Apakah kompetisi yang diselenggarakan pada Dream Innovation Day (DID) memiliki peran yang sangat baik?

  2. Apakah dengan mengikuti kompetisi yang di adakan oleh Dream Innovation Day (DID) mendapatkan sertifikat Penilaian Objektif (PO) saat sidang?

  3. Apakah manfaat dari kompetisi yang di adakan pada Dream Innovation Day (DID)?

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Penelitian adalah suatu hal untuk melakukan observasi dan pengamatan pada sebuah objek yang memiliki data yang masih perlu diketahui lebih dan menjadi penelusuran lebih lanjut dalam sebuah pemecahan suatu masalah.

Tujuan Penelitian merupakan memperoleh data untuk menjadi media sebagai bahan referensi dalam menemukan suatu permasalahan atau sebagai data dalam suatu pengembangan penelitian. Maka dalam hal ini tujuan dari penelitian sangat berkaitan dengan rumusan masalah yang ditemukan, lalu hasil dari pemecahan masalahnya berada pada akhir dari sebuah penelitian yaitu terletak pada kesimpulan. Selain itu berkaitan juga dengan beberapa macam penelitian yang akan dilakukan.


Tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Tujuan operasional

Tujuan Operational yang dilakukan pada penelitian ini yaitu sebagai wadah untuk meningkatkan wadah sebuah ajang kompetisi pada website iLearning Media (iMe) Drem innovation Day (DID).

2. Tujuan fungsional

Tujuan Individual yang dilakukan pada penelitian ini adalah memberikan suatu pengalaman, mendapatkan peluang untuk media sumbangsih karya dan kreatifitas, dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan selama mengampuh di Perguruan Tinggi Raharja.

3. Tujuan individual

Tujuan Fungsional yang di lakukan dalam penelitian ini yaitu menjadi daya manfaaatdan berguna bagi sarana dan prasarana media ajang kompetisi yang di ampuh oleh Dream Innovation Day (DID) pada Perguruan Tinggi Raharja. Dari hal tersebuat maka penelitian ini dilakukan oleh penulis untuk menyelesaikan tugas laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah suatu pencapaian yang berhasil di gapai dari beberapa tujuan dan rumusan masalah yang pecahkan yang diketahui dengan data yang jelas dan akurat. Dalam manfaat suatu penelitian dibedakan yaitu antara manfaat praktek (Praktis) dan manfaat materi (Teoritis). Pada manfaat praktek (Praktis) adalah dalam sebuah kebutuhan dan sarana untuk ajang kompetisi diharapkan mampu memperoleh sumber daya manusia yang handal dan bersinergi, memecahkan setiap permasalahan yang terjadi pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam perkembangan di era globalisasi ini sehingga menjadi tolak ukur untuk memperbaharui ilmu dan wawasan yang dimiliki, serta menjadi kebutuhan untuk meningkatkan informasi yang akurat pada Perguruan Tinggi Raharja.

Beberapa manfaat dari penelitian ini yaitu :

1. Bagi Peneliti

Sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang di ampuh pada Perguruan Tinggi Raharja dengan melakukan analisa yaitu dengan membuat laporan penelitian ilmiah dengan sistemastis.

2. Bagi Perguruan Tinggi Raharja

Diharapkan penelitian ini dapat menjadi manfaat dengan memberikan konstribusi pada website iLearning Media (iMe) yang di miliki oleh Pergruan Tinggi Raharja.

Metode Penelitian

Metode Penelitian adalah kumpulan dari beberapa tahap atau kegiatan yang di landasi oleh definisi, ideologis, dan gagasan yang menjadi acuan dalam penelitian yang akan dihadapi. Dalam penelitian ini memiliki prosedur dan langkah-langkah yang mesti diikuti, dengan mengetahui deskripsi yang akan dimulai dari sumber data, lokasi, dan waktu penelitian yang akan di himpun menjadi sebuah laporan dalam penelitian, dan akan menjadi pencapaian laporan atas tujuan pada penelitian tersebut.

Perihal metode penelitian dalam penyusunan Laporan Kerja Praktek (KKP) ini, penulis akan menggunakan 3 (tiga) metode yaitu :

1. Metode Wawancara

Wawancara di tujukkan kepada pembimbing selaku narasumber di Perguruan Tinggi Raharja, untuk meningkatkan bidang kompetisi dalam website iLearning Media (iMe) Dream Innovation Day (DID).

2. Metode Pengamatan (Observasi)

Pengamatan ini di lakukan langsung kepada naungan dari website iLearning Media (iMe) Dream Innovation Day (DID) yaitu Peruruan Tinggi Raharja, sebagai sumber mendapatkan data yang dibutuhkan.

3. 3. Metode Studi Pustaka

Studi pustaka merupakan semua hal yang di lakukan peneliti yang bertujuan mendapatkan segala informasi untuk memecahkan suatu masalah yang diteliti dengan akurat. Studi pustaka berperan sebagai bahan referensi dalam sebuah laporan atau karya ilmiah, seperti wikipedia, ensiklopedia, buku-buku, atau sumber dari buku online lainnya yang berkaitan perihal penelitian ini yaitu kompetisi pada Dream Innovation Day (DID). Selain itu juga mempelajari setiap acara yang diadakan oleh Team DID untuk menjadi evaluasi dan membantu dalam menyajikan setiap informasi dan kompetisi yang ditampilkan.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini disajikan latar belakang, perumusan masalah, kerangka pemikiran, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, dan Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini disajikan tentang teori-teori yang berhubungan dengan fakta atau kasus yang sedang dibahas, yang di ambil dari beberapa definisi para ahli yang berhubungan terhadap laporan yang dianalisa.

BAB III PEMBAHASAN

Di dalam bab ini menyajikan deskripsi umum dan asal mula sejarah Perguruan Tinggi Raharja, metode yang digunakan, data yang diperlukan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisa data dalam penelitian.

BAB IV PENUTUP

Bab ini merupakan penyempurnaan dari semua yang telah dicapai pada masing-masing bab sebelumnya. tersusun atas kesimpulan dan saran-saran.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Dalam mendukung pembuatan laporan penelitian ini, selain menjelaskan informasi secara umum yang sudah di kemukakan pada BAB I. Maka juga perlu di tampilkan beberapa teori yang berhubungan oleh ruang lingkup penelitian dan latar belakang permasalahan sebagai landasan dasar pada laporan ini.

Teori Umum

Konsep Dasar Informasi

a. Definisi Data

Sumber dari informasi yaitu data. Data adalah bentuk jamak dari bentuk tunggal data atau data item. Terdiri dari beberapa definisi data menurut para ahli, adapun penjabarannya dibawah ini :

Menurut Tata Sutabri (2012:22)[1], sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi dalam sistem tersebut.

Menurut Jogiyanto dalam bukunya Yakub (2012:1)[2], Menurut Jogiyanto dalam bukunya Yakub, “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk tujuan tertentu”.


Berdasarkan beberapa pendapat yang diatas dapat penulis tarik kesimpulan bahwa sistem adalah kumpulan bagian-bagian atau subsistem-subsistem yang disatukan dan dirancang untuk mencapai suatu tujuan.

Konsep Dasar Informasi

Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Teknologi Informasi

Teori Khusus

1. Definisi Dreamweaver

Isi Paragraf

1. Definisi MySql

Isi Paragraf

Study Pustaka (Literature Review)

Banyak penelitian yang sebelumnya dilakukan mengenai penerimaan mahasiswa baru secara online dan penelitian lain yang berkaitan. Dalam upaya mengembangkan dan menyempurnakan penerimaan mahasiswa baru secara online ini perlu dilakukan studi pustaka (literature review) sebagai salah satu dari penerapan metode penelitian yang akan dilakukan. Diantaranya yaitu:

  1. Penelitian ini dilakukan oleh Anastasia Mude pada tahun 2009 yang berjudul "Analisa Sistem Informasi Penilaian KKP/TA/SKRIPSI Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi Raharja". Penelitian ini membahas sistem yang daoat mengolah nilai KKP/TA/SKRIPSI dengan cepat dan akurat. Hal ini dikarenakan Sistem Informasi Penilaian KKP/TA/SKRIPSI yang berjalan belum terkomputerisasisecfara optimal.Dengan adanya hal tersebut maka diperlukan suatu sistem untuk memudahkan dan mempercepat keluar masuknya informasi.[3]

  2. Isi Literature


Oleh karena itu, untuk menindaklanjuti penelitian sebelumnya seperti yang dikemukakan diatas, maka dilakukan penelitian untuk Judul Kuliah Kerja Praktek.

BAB III

PEMBAHASAN

Gambaran Umum Perguruan Tinggi Raharja

Sejarah Singkat Perguruan Tinggi Raharja

Perguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Penelitian Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang.LPPK Raharja diresmikan pada tanggal 3 Januari 1994 oleh bapak walikota Tangerang Drs. H. Zakaria Mahmud, Raharja telah terdaftar pada Depdiknas Kotamadya Tangerang dengan nomor 201/PLSM/02.4/L.93. Lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system windows dan aplikasinya diwilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang di lakukan oleh lembaga ini dengan sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.

Karena semakin pesatnya perkembangan dan pertumbuhan akan komputerisasi dan meningkatnya peminat masyarakat Tangerang maka pada tanggal 24 Maret 1999 LPPK Raharja berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika yang diresmikan melalui surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999 yang diserahkan langsung dari Bapak Prof. Dr. Udju D. Rusdi selaku Koordinator KOPERTIS wilayah IV Jawa Barat kepada ketua yayasan Nirwana Nusantara Ibu Kasarina Sudjono. Pada tanggal 2 Februari 2000 dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.

Pada tanggal 2 Februari 2000 AMIK Raharja Informatika menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjalankan studi formal untuk program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama dan Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya kepada lulusannya, sesuai dengan surat keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah IV Jawa Barat dengan Nomor 3024/004/KL/1999.

Kemudian pada tanggal 7 September 2000 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 354/Dikti/Kep/2000 menambah 2 program yakni D3 Teknik Informatika dan D3 Komputer Akuntasi.

Kini AMIK Raharja Informatika mempunyai 3 (tiga) program studi Diploma III dengan jurusan Manajemen Informatika (MI), Teknik Informatika (TI), dan Komputer Akuntansi (KA) yang masing-masing jurusan memberikan gelar Ahli Madya (A.md), Ahli Muda (AM), Ahli Pratama (AP) kepada lulusannya.

Pada tanggal 20 Oktober 2000 dalam usahanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pada lulusan AMIK RAHARJA INFORMATIKA meningkatkan statusnya dengan membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) RAHARJA. Dengan surat keputusan Nomor 42/01/YNN/PR/II/200. ketua Yayasan Nirwana Nusantara mengajukan permohonan pendirian STMIK RAHARJA kepada Mendiknas KOPERTIS Wilayah IV jawa barat dengan 3 (tiga) program studi SI Jurusan Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika(TI), dan Sistem Komputer (SK), hal tersebut telah mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan Nomor 5706/D/T/2000. Tidak hanya sampai disini, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan RAHARJA sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Raharja, bahwa dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 tahun sudah berdiri Universitas RAHARJA.

Pada saat ini, Perguruan Tinggi Raharja pun telah meningkatkan mutu dan kualitasnya melalui sertifikat Akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 5 April 2006 dengan sertifikat Akreditasi Nomor 00117/Ak-1-DIII-03/DFXMEI/IV/2002 yang berisi Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika Terakreditasi A.
  2. Pada tanggal 4 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08479/Ak-X-SI-001/CAGTLF/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa studi Strata 1 Teknik Informatika di STMIK Raharja terakreditasi B.
  3. Pada tanggal 11 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08523/Ak-X-S1-002/CAGSIM/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Informasi di STMIK Raharja terakreditasi B.
  4. Pada tanggal 3 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 006/BAN-PT/AK-VIII/DPI-III/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
  5. Pada tanggal 25 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 019/BAN-PT/AK-X/SI/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program Strata 1 Sistem Komputer di STMIK Raharja terakreditasi B.
  6. Pada tanggal 29 Desember 2007 sesuai surat keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 017/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Teknik Informatika di AMIK Raharja Informatika dengan terakreditasi B.
  7. Pada tanggal 18 Januari 2008 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 019/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/I/2008 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Komputerisasi Akuntansi di AMIK Raharja Informatika terakreditasi A.
  8. Pada tanggal 08 Juli 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.
  9. Pada tanggal 23 September 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.

1. Jurusan / Program Studi pada STMIK Raharja

Tabel 1.JPG

Gambar 3.1.Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

2. Jurusan / Program Studi pada AMIK Raharja Informatika

Tabel amik.JPG

Gambar 3.2. Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Struktur Organisasi

Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu sktruktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha untuk menunjukkan kerangka – kerangka hubungan diantara fungsi, bagian – bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu oragnisasi.Sama halnya dengan Perguruan Tinggi Raharja yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut.

Strk.jpg

Gambar 3.3. Stuktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja


Tugas dan Tanggung Jawab

Seperti halnya di dalam sebuah perusahaan, Perguruan Tinggi Raharja di dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai tugas dan kewajiban dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.

Berikut adalah wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, yaitu sebagai berikut :

1. Presiden Direktur

Wewenang :

  1. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tanggung Jawab :

  1. Pemimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga edukatif, mahasiswa, tenaga administrasi dan terhadap lingkungan.

2. Direktur

Wewenang:

  1. Merupakan wakil presiden direktur.
  2. membantu presiden direktur dalam berbagai kegiatan.

3.Pembantu (Bidang Akademik)

Wewenang :

  1. Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
  2. Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
  3. Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengadakan afiliasi.
  5. Membina dan mengembangkan kelembagaan.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

4.Pembantu Direktur II (Administrasi)

Wewenang :

  1. Melaksanakan dan mengelola seluruh kegiatan administrasi dan keuangan.
  2. Membina dan mengembangkan kepegawaian.
  3. Mengadakan sarana dan prasarana kepegawaian.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan dan administrasi.

5. Pembantu Direktur III (Bidang Kemahasiswaan)

Wewenang :

  1. Membina kegiatan kemahasiswaan.
  2. Membina kehidupan mahasiswa dalam kampus sehingga dapat mengembangkan penalaran.
  3. Membina dan mengawasi kegiatan lembaga mahasiswa serta unit kegiatan khusus akademik.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang kemahasiswaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa.

6.Asisten Direktur Akademik

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
  7. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien, pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar, kemajuan kualitas pelayanan akademik yang berkesinambungan, dan kelancaran proses belajar mengajar.

7. Kepala Jurusan

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Assisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan kurikulum jurusan.
  2. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan pengangkatan dosen baru dan pemberhentian dosen.
  4. Memberikan kebijakan administratif Akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, dan pembukaan semester pendek.
  5. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
  6. Memberikan sanksi Akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan bahan ajar, monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen, terlaksananya penelitian, seminar, pembinaan prestasi akademik mahasiswa dan peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannya.

8. Asisten Direktur Finansial

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pembuatan budget pada setiap bagian dan pelaksanaan pemakaian dana.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor, pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya dan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan budgeting pada setiap bagian, dan tersedianya dana atas budget yang telah disetujui.
  2. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pendanaan aktifitas yang berkesinambungan.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

9. Layanan Keuangan Mahasiswa(LKM)

Wewenang:

  1. Mengusulkan prosedur layanan keuangan kepada Asisten Direktur Finansial
  2. Mengusulkan tentang unit baru yang dibutuhkan kepada Asisiten Direktur Finansial.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran proses penerimaan keuangan mahasiswa
  2. Bertanggung jawab atas penagihan tunggakan mahasiswa.

10. Asisten Direktur Operasional(ADO)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijaksanaan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
  2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan dan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

11. Registrasi Perkuliahan dan Ujian(RPU)

Bagian registrasi perkuliahan dan ujian terdiri dari dua bagian antara lain:

A. Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)

Wewenang :

  1. Berwenang memberikan kebijakan yang berhubungan dengan proses registrasi mahasiswa.
  2. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan
  4. Mengusulkan kepada ADO untuk pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi POM mulai dari persiapan hingga pada penutupan setiap semesternya.
  2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi batal tambah dan jumlah mahasiswa yang melakukan POM.
  3. Bertanggung jawab atas seluruh informasi mengenai registrasi mahasiswa.

B. Perkuliahan dan Ujian (PU)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada ADO atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar serta kebijakan yang diambil.
  2. Mengusulkan kepada ADO tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang dianggap telah melanggar tata tertib karyawan.
  4. Mengusulkan kepada kepala jurusan untuk kelas perkuliahan yang dapat dibuka.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pendokumentasian perkuliahan dan ujian.

Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

1.2. Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

Dalam menganalisa suatu system yang sedang berjalan, maka pada penelitian ini menggunakan program Unifield Modeling Languange (UML) untuk mendeskripsikan ketentuan prosedur dan jalannya proses system saat ini, adapun uraiannya di bawah ini :

Rancangan Sistem Yang Berjalan

Untuk menganalisa sistem berjalan, penelitian ini menggunakan program Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan prosedur dan proses yang berjalan saat ini.

1. Analisa sistem yang berjalan pada Use Case Diagram


Gambar 3.4. Use Case Diagram

Berdasarkan gambar 3.4. Use Case Diagram diatas terdapat :

a. 1 System yang terdiri dari semua sistem yang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja.

b. 2 Actor yang melakukan aktivitas, yaitu : Panitia dan Team Dream Innovation Day (DID). c. 12 Use Case yaitu aktivitas yang dilakukan oleh para actor.


2.Analisa Sistem Pada Activity Diagram

Gambar 3.5. Activity Diagram

Berdasarkan gambar 3.5. Activity Diagram diatas terdapat :

a. 1 Initial Node, yiatu yang menjadi awal sebuah aktivitas.

b. 11 Action, State dari sistem yang menunjukkan eksekusi dari suatu aksi. c. 1 Activity Final Node, yaitu untuk mengakhiri suatu aktivitas.

3.Analisa Sistem Pada Sequence Diagram

Gambar 3.6. Sequence Diagram

Berdasarkan gambar 3.6. Sequence Diagram diatas terdapat :

a)...

Analisa Sistem Yang Berjalan

Metode Analisa Sistem

Metode Analisa Data (Jika menggunakan Kuesioner)

Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran

Konfigurasi Sistem Berjalan

Di dalam membuat analisa program Dream Innovation Day (DID) untuk penulisan laporan KKP, penulis menggunakan komputer dengan konfigurasi sebagai berikut:

Permasalahan yang dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

1. Permasalahan yang dihadapi

2. Alternatif Pemecahan Masalah


User Requirement

BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan analisa yang sudah di jabarkan pada bab sebelumnya, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa Analisa Dream Innovation Day (DID) pada Perguruan Tinggi Raharja adalah sebagai berikut :

Kompetisi memang menjadi sarana untuk mengeksplor kemampuan dan bakat para generasi muda di Indonesia, yang sangat di butuhkan oleh Pribadi Raharja Seperti saat ini peran dari Dream Innovation Day (DID) ini sudah cukup baik. Adanya Dream Innovation Dream (DID) ini sebagai acuan perkembangan saran pada Perguruan Tinggi Raharja, sehingga semakin banyak acara kompetisi yang di selenggarakan, dan popularitas peserta yang luas memberikan suatu keuntungan yakni kampus yang menaungi sarana kompetisi tersebuat akan meningkatkan sarana dan prasarana serta di pandang kampus yang lebih berkualitas. Oleh sebab itu peran Dream Innovation Day (DID) ini amat sangat penting bagi Perguruan Tinggi Raharja. Untuk panitia yang ingin mengadakan acaranya pada Dream Innvation Day (DID) dapat melakukan Request Penyelenggara Acara pada iMe Dream Innovation Day (DID). Setelahnya Team DID akan melakukan konfirmasi acara melalui email Rinfo, lalu memberikan syarat dan ketentuan dalam membuat acara, dan memantau seputar progress acara yang sedang berlangsung agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Hal itu merupakan suatu kebijakan dan tangggungjawab dari Team DID pada acara yang di percayakan panitia penyelenggara acara.

</div>

Manfaat dari acara yang sudah diadakan yaitu menjadi jejak dokumentasi dan prestasi bagi para peseta baik itu yang berpatisipasi, atau juga yang menjadi juara dalam acara yang diselenggarakan. Tidak hanya itu, ada manfaat lain yang dimiliki, yakni semakIn banyak pengunjung atau Pribadi Raharja yang mengetahui dan ikut serta dalam acara tersebut. Sehingga menjadi acuan dalam pekembangan Perguruan Tinggi Raharja. Dalam sistem kompetisi sudah digunakan dan di maksimalkan dengan baik dan optimal oleh seluruh Pribadi Raharja. Perihal ini di buktikan dengan banyaknya acara yang di adakan pada Dream Innovation Day (DID) dan partisipasi peserta yang ikut dalam acara yang di selenggarakan.

</div>

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Dream Innovation Day (DID) hingga saat ini mengalami perkembangan yang baik dan signifikan. Sebelumnya memiliki peran yang hanya diketahui oleh sebagian kecil Pribadi Raharja saja, kini dengan kewujudan dan juga di imbangi dengan strategi yang sudah di rencanakan menjadikan Dream Innovation Day (DID) kini memiliki peran yang sangat penting khususnya dalam penyelenggaran acara Raharja Career serta menjadi Penilaian Prestasi dalam PO (Penilaian Objektif) pada sidang.

</div>


Saran

Untuk meningatkan peran Dream Innovation Day (DID) pada Perguruan Tinggi Raharja, penulis akan memberikan bebrapa saran, yaitu :

DAFTAR PUSTAKA

  1. Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset
  2. Jogiyanto Bukunya Yakub. 2012. “Pengantar Sistem Informasi”.Graha Ilmu
  3. Mude, Anastasia. 2009. "Analisa Sistem Informasi Penilaian KKP/TA/SKRIPSI Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi Raharja". Laporan KKP. Perguruan Tinggi Raharja.

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran A:

A.1. Surat Pengantar Kuliah Kerja Praktek (KKP)
A.2. Surat Penugasan Kerja
A.3. Form Kartu Bimbingan
A.4. Kartu Studi Tetap Final (KSTF)
A.5. Form Validasi Kuliah Kerja Praktek (KKP)
A.6. Kwitansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek (KKP)
A.7. Kurikulum
A.8. Daftar Mata Kuliah Yang Belum Diambil
A.9. Daftar Nilai
A.10. Formulir Seminar Proposal
A.11. Formulir Penilaian Pembimbing Kuliah Kerja Praktek (KKP)
A.12. Sertifikat TOEFL
A.13. Sertifikat PROSPEK
A.14. Sertifikat IT Internasional
A.15. Sertifikat IT Nasional
A.16. Curriculum Vitae (CV)
A.17. Kartu Bimbingan


Lampiran B:

B.1. Masuk Kelas iDu 4G
B.2. Membuat SKUP 4G
B.3. Why Project
B.4. Agenda Project
B.5. Contribution
B.6. Widuri Personal

Contributors

Heni triyani, Julipah