KP1312476819

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

ANALISA DID BERBASIS ILEARNING MEDIA SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN

PADA PERGURUAN TINGGI


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1312476819 HENI TRIYANI



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)






LEMBAR PERSETUJUAN



ANALISA DID BERBASIS ILEARNING MEDIA SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN

PADA PERGURUAN TINGGI



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Tugas Akhir pada Jurusan Sistem Informasi Konsentrasi Business Intelligence

STMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.



Tangerang, 12 Januari 2016



Dosen Pembimbing




( Khanna Tiara, S.Kom )

NID. 14013




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1312476819
Nama
:Heni Triyani
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Inforemasi
Konsentrasi
: Business Inteligence


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 20 Juni 2016
Heni Triyani
NIM : 1213476819

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Di dalam suatu perkuliahan media kompetisi merupakan salah satu hal penting, karena media kompetisi digunakan untuk penyaluran bakat mahasiswa dikampus, Metode kompetisi yang diterapkan harus memudahkan mahasiswa untuk melakukannya, agar dapat memberikan fasilitas terbaik untuk mahasiswa. Perguruan Tinggi Raharja sebagai sebuah institusi yang memiliki peran yang sangat besar yaitu bernama Dream Innovation Day Raharja, yang dijadikan sebagai wadah dan wujud untuk kemampuan, karya terbaru, atau sebuah inovasi di Perguruan Tinggi Raharja. Dream Innovation Day untuk suatu ajang kompetisi Mahasiswa Raharja. Setiap acara kompetisi yang diselenggarakan mempunyai kriteria penilaian yang berbeda-beda. Kompetisi juga dapat menjadi tempat sarana, pengalaman, wawasan dan membentuk pertemanan yang luas. Acara yang di sajikan pada Dream innovation Day (DID) dapat di daftarkan oleh Pribadi Raharja (Panitia) lalu menerima konfirmasi acara melalui email Rinfo dari Team DID, selanjutnya akan di eksekusi dengan validasi acara, dan hasil akhir adalah dengan pencetakkan sertifikat acara. Maka diciptakanlah suatu prosedur untuk mengolah acara lomba dan kompetisi secara online pada website Dream Innovation Day dengan login melalui SSO (Single Sign On) menggunakan iLearning Media (iMe) untuk mendaftarkan acara maupun diri pada website Dream Innovation Day sehingga untuk mengakses acara dapat diakses secara online. Dengan metode analisa SWOT maka analisa lebih lanjut pada tujuan suatu masalah adanya media acara yang sudah disajikan dengan website Dream Innovation Day diharapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia lebih maksimal dan dapat diimplementasikan dengan lebih optimal untuk media acara yang dibutuhkan. Diharapkan dapat memberikan motivasi dalam dunia kompetisi ilmu teknologi dan komunikasi yang berbasis website..

Kata Kunci: Kompetisi, Dream Innovation Day (DID), iLearning Media (iMe).

ABSTRACT

In a lecture on media competition is one of the important things, because the media competition is used for channeling the talents of students, the competition Method dikampus applied should make it easier for students to do so, in order to provide the best facilities for students. Raharja College as an institution that has a very big role that is named Dream Innovation Day Raharja, who serve as a container and existfor capabilities, recent work, or an innovation in College Raharja. Dream Innovation Day event for a Student competition Raharja. Every event organized competitions have varying assessment criteria. Competition can also be a place means, experiences, insights and form a friendship. In the event that serve on Dream innovation Day (DID) can be submitted by Private Raharja (Organizing Committee) and then receive a confirmation email from Rinfo event Team DID, will then be executed with the event validation, and the end result is to printer the certificate of the event. Thendiciptakanlah a procedure to process the event race and competitions online on websites Innovation Dream Day with a login through SSO (Single Sign On) use the iLearning Media (iMe) events or to register yourself on the website Dream Innovation Day so as to access the event can be accessed online. SWOT analysis method then further analysis on the purpose of an issue of the existence of the media event that's been presented with websites Innovation Dream Day is expected to improve human resources more optimally and can be implemented with more optimal for the media event is needed. Expected to provide the motivation in the world of technology and communications science competition based website..

Keywords : Competition, Dream Innovation Day (DID), iLearning Media (iMe).

KATA PENGANTAR


<p style="line-height: 2"Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, anugerah dan nikmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Kuliah Kerja Praktek ini sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.</p>

Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dibuat sebagai persyaratan kelulusan pada program studi S1 Jurusan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Raharja. Laporan Kuliah Kerja Praktek ini pun tidak dapat terselesaikan tanpa adanya bantuan, serta bimbingan dari berbagai pihak yang sangat berarti bagi penulis. Oleh karena itu, Penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih khususnya kepada :

  1. Allah Swt yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan lancar.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Ibu Nur Azizah M.Akt , M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  5. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  6. Kedua orang tua dan saudara keluarga yang telah memberikan semangat dan juga dukungan, baik moril, materil maupun doa.
  7. Bu Khanna Tiara, S.Kom selaku Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis
  8. Rekan-rekan seperjuangan yaitu grup i-Go dan 4G.
  9. Rekan-rekan seperjuanagan grup TIMUR2.
  10. Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan, arahan dan masukan yang berarti dalam menyelesaikan laporan KKP ini.
  11. Rekan-rekan teman jurusan Sistem Informasi (Ayu Suciani, Dinny Kurnia Hermawan, Fella Megita Putri, Meisa Erawati, Novita Heriyani, Olis Rosmawati, Riska Laina Ulfa Siti Mutmainah, Siti Nurhayati, Siti Selatul Aulia dan Tasya Novelia) yang selalu memberikan dukungan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan KKP ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan KKP ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 12 Januari 2016
Heni Triyani
NIM. 1312476819


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

banyak perubahan yang sangat pesat seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Sudah seharusnya sumber daya manusianya juga turut serta untuk di kembangkan. Perihal ini maka perlunya motivasi untuk mendorong kekuatan yang mendorong dan mengarah keberhasilan ke arah tujuan tertentu. Maka saatnya motivasi dan inovatif dari dalam diri seseorang yang mempunyai bakat mereka untuk membangun keyakinan bahwa apa yang diinginkan bisa kita capai.

Kompetisi adalah wadah yang menjadi dedikasi bagi individu yang mempunyai tekad, dan niat dimana potensi yang di miliki untuk ikut serta dalam menyalurkan bakat dan kemampuannya. Kompetisi juga diartikan sebagai suatu ajang untuk mengeksplor bakat yang belum tersalurkan dari setiap individu. Perguruan Tinggi Raharja telah menghadirkan suatu inovasi dalam dunia kompetisi, dengan mengusung website iLearning Media (iMe) yang di sebut dengan Dream Inovation Day (DID) yaitu media acra dengan login melalui SSO (Single Sign On) menggunakan iLearning Media (iMe) untuk mendaftarkan acara website Dream Innovation Day sehingga untuk mengakses acara dapat diakses secara online. Sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakaian system. [1] Untuk karya Mahasiswa dan kreatifitas para generasi muda khususnya para Pribadi Raharja dalam segala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya Dream Innovation Day (DID) tidak hanya sekedar menjadi ajang untuk menyalurkan bakat, namun juga sebagai tempat berbagi pengalaman terbaru dan mempunyai relasi pertemanan yang luas serta memiliki peluang prestasi yang didapatkan. Dengan sistem yang berjalan pada iLearning Media (iMe) dalam Dream Innovation Day (DID) sistem dapat diartikan dengan suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyeksaikan suatu sasaran. [2] Setiap kompetisi pasti memiliki panitia yang bertugas untuk penyelenggaraan jalannya suatu acara. Dream Innovation Day (DID) kini berkesempatan untuk mempersembahkan sarana pendaftaran acara secara online untuk para panitia yang ingin menyelenggarkan acaranya pada Dream Innovation Day (DID). Sehingga panitia bisa mengadakan acaranya pada Dream Innovation Day (DID) dengan acara yang akan di pandu oleh Team DID.  Dengan metode analisa SWOT maka analisa lebih lanjut pada tujuan suatu masalah adanya media acara yang sudah disajikan dengan website Dream Innovation Day diharapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia lebih maksimal dan dapat diimplementasikan dengan lebih optimal untuk media acara yang dibutuhkan.Diharapkan dapat memberikan motivasi dalam dunia kompetisi ilmu teknologi dan komunikasi yang berbasis website. Dari latar belakang yang sudah djelaskan diatas, maka penulis untuk ingin mecoba menganalisa terhadap peningkatan iLearning Media Dream Innovation Day (DID) pada Perguruan Tinggi Raharja yang di ampuh dalam sebuah laporan penelitian ilmiah dengan judul “ANALISA DID BERBASIS ILEARNING MEDIA SEBAGAI PENUNJANG KEPUTUSAN PADA PERGURUAN TINGGI”.

Contributors

Heni triyani