SI1121469072
PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI
MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA
Disusun Oleh :
NIM : 1121469072
NAMA : Dwi Fitri Parmania
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2014/2015)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI
MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1121469072
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Januari 2015
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 00594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI
MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1121469072
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2014 / 2015
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2015
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Lusyani Sunarya, S.Sn.) |
(Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom)
| ||
NID : 06124 |
NID : 11006
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI
MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI
PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1121469072
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2014/2015
Disetujui Penguji :
Tangerang, Februari 2015
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM |
: 1121469072
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: MAVIB
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Januari 2015
NIM : 1121469072
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Pesatnya perkembangan media komunikasi dewasa ini tidak terlepas dari teknologi komputer yang berperan penting untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Dengan memanfaatkan kondisi tersebut, banyak perusahaan atau lembaga terkait yang ingin mempermudah akses informasi yang lebih efektif, mudah dipahami dan terlihat menarik. Multimedia merupakan salah satu bentuk dari teknologi komputer tersebut, yaitu dengan menggabungkan gambar, teks, suara, video, animasi menjadi media komunikasi yang berguna untuk penerima dalam memperoleh informasi yang akurat dengan tampilan yang menarik. Pengaruh perkembangan dan penggunaan teknologi pada masa saat ini semakin terasa terutama dengan semakin banyaknya akses informasi yang tersedia baik media cetak maupun media elektronik. Perkembangan teknologi komputer khususnya bidang multimedia, audio visual dan broadcasting sudah sangat berkembang pesat saat ini serta semakin luasnya kebutuhan akan informasi pada masyarakat, maka semakin banyak kontribusi baru dalam menyajikan informasi baik sebagai media informasi maupun sebagai media promosi. PT. Telkom Akses, yang merupakan anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. bergerak di bidang konstruksi pembangunan dan manage service infrastruktur jaringan, berkontribusi untuk menyediakan akses internet broadband, merupakan perusahaan yang baru didirikan dan menjadi salah satu pemanfaat kemudahan teknologi tersebut. Dengan tujuan untuk memperkenalkan identitas dan keseluruhan informasi yang terkait didalamnya. Permasalahan yang bisa diangkat menjadi topik observasi laporan skripsi kali ini adalah PT. Telkom Akses tentunya menginginkan penyajian informasi yang efektif, akurat dan menarik dari segi tampilan maupun isi konten didalamnya. Penyajian informasi yang dikemas dalam bentuk video company profile dirasa sangat berguna untuk tujuan tersebut. Untuk itu penulis mencoba mengangkat permasalahan tersebut menjadi topik permasalahan skripsi yang diberi judul : “PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA”. Diharapkan video company profile ini bermanfaat dan bisa diimplementasikan oleh PT. Telkom Akses.
Kata kunci : Video company profile, teknologi, multimedia, informasi.
Bismillahirrahmanirrahim,
Dengan mengucapkan Puji serta rasa Syukur dan rasa Terimakasih atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala anugerah, rahmat dan karunia–Nya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini sebagaimana mestinya dan tepat pada waktunya. Skripsi dengan judul “PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA“ ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) STMIK Raharja Tangerang.
Dalam penulisan Laporan Skripsi ini, penulis menemukan beberapa kesulitan yang dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang penulis miliki, sehingga tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak terkait yang selama ini telah meluangkan waktu dan tenaganya. Maka pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, S.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
- Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak memberikan bimbingan dan sarannya kepada penulis yang sangat berarti dalam perancangan dan penyelesaian laporan Skripsi ini.
- Ibu Dewi Immaniar Destrianti, S.Kom, selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan pengarahan dan motivasi untuk kelancaran penyusunan laporan skripsi ini.
- Bapak Ir. Verdi Prasiswa Huwae, SE. MT., yang telah membantu penulis mendapatkan tempat untuk melaksanakan observasi pada PT. Telkom Akses dan memberikan nasehat serta saran yang membangun untuk penulis kedepannya.
- Bpk. Handy Pramudianto, S.T., M.M., selaku stakeholder dan pembimbing lapangan yang telah banyak meluangkan waktu dan memberikan dukungan serta saran kepada penulis, selama penulis melaksanakan observasi untuk penyusunan laporan skripsi pada PT. Telkom Akses.
- Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
- Rasa terimakasih terdalam untuk Papa, Mama, Kakak, Adik beserta keluarga, yang selalu memberikan kasih sayang, dukungan moril, semangat dan selalu mendo’akan untuk kelancaran dan keberhasilan penulis.
- Sahabat – sahabat saya : Ahmad Nur Firdaus, Dedy Junaedi, Rafif Tri Widiarso, Jasmine Dara Assyifa, Ramadhan Adi Saputra, Rokhimudin Bastomy, Rivai Sungkowo, M. Arba Adnandi, Dimas Pradipta, Imam Firmansyah, Lely Suryani, Fifit Alfiah, Ade Setiadi, Anggi Anggriani, Devi Nurfilah, Zakiatu Rofingah, Bayu Porsea Yudha, Yody Ibram Julianto, Allyufi Fazril Rasyidin, Iman Nurjaman, Muhammad Alfian, Muhammad Rifqi Attaqi, Septian Teddy, Yudi Prastiawan yang selalu berada dikantin atas dan bersama – sama berjuang menyelesaikan skripsi dan beberapa sedang menyelesaikan Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang senantiasa membantu serta saling memberi dukungan untuk penyelesaian penulisan laporan ini dan seluruh mahasiswa STMIK Raharja yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah banyak membantu, memberikan doa, semangat, pengetahuan, dukungan serta saran dan kritik yang bermanfaat bagi penulis.
- Dwi Priandi yang telah memberikan support dan keceriaan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan skripsi ini.
- Semua pihak terkait yang tidak bisa penulis sebutkan satu – persatu.
- Bagaimana merancang media audio visual yang efektif dan efisien untuk menunjang informasi dan promosi pada PT. Telkom Akses?
- Bagaimana merancang media penunjang informasi dan promosi yang menarik dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat?
- Jika media penunjang informasi video company profile ini sudah diimplementasikan, berapa target penjualan yang ingin dicapai oleh PT. Telkom Akses?
- Sebagai media penunjang informasi dengan menerapakan konsep perancangan visual yang dikemas dalam bentuk video.
- Merancang media berbasis audio visual agar dapat bermanfaat dan menjadi daya tarik terutama dalam penyampaian informasi mengenai hal – hal yang berkaitan dengan keseluruhan PT. Telkom Akses.
- Memberikan pengalaman tersendiri, baik untuk pengembangan kemampuan dalam perancangan video menggunakan beberapa aplikasi pendukung maupun pengalaman yang bisa dijadikan acuan untuk menjadi lebih baik kedepannya, serta sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menggapai gelar Sarjana Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi MAVIB (Multimedia AudioVisual and Broadcasting) STMIK Raharja Tangerang.
- Memberikan kemudahan akses dalam penyampaian informasi dan promosi dengan konsep perancangan video yang berisikan informasi mengenai keseluruhan profile PT. Telkom Akses.
- Memiliki penunjang informasi tambahan dengan menggunakan media audio visual yang dikemas dalam bentuk video, diharapkan bermanfaat sebagai penunjang informasi dan promosi yang akurat, efisien dan menarik dari segi tampilan.
- Dapat menuangkan ide kreatif untuk menyajikan informasi akurat dan menarik serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal perancangan video company profile serta bagaimana menggunakan aplikasi pendukungnya untuk nantinya bisa dijadikan pengalaman sebagai acuan yang mampu diterapkan pada dunia kerja.
- Metode Observasi. Observasi dilakukan untuk pengambilan data yang diperlukan untuk perancangan video company profile melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada PT. Telkom Akses.
- Metode Wawancara (Interview). Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai dan untuk memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai gambaran media penunjang video company profile seperti apa yang diinginkan oleh PT. Telkom Akses diadakan pertemuan dengan stakeholder PT. Telkom Akses yaitu Bpk. Handy Pramudianto Handy Pramudianto, S.T., M.M. bertempat di Gedung Telkom Jakarta Barat pada tanggal 17 September 2014.
- Studi Pustaka. Studi pustaka adalah pengumpulan data – data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berkaitan dengan penulisan Laporan Skripsi konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), sebagai panduan secara teoritis.
- Persiapan Data
Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. - Ide
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. - Konsep
Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual. - Media
Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain-lain. - Visualisasi
Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing. - Produksi
Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetak dan diperbanyak. - Media cetak (Printed material)
Yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Contoh : Poster, stiker, sampul buku, packaging, folder, leaflet, amplop & kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar. - Media Elektronik (Electronic)
Yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Contoh : Radio, televisi, internet, film, program video, animasi komputer. - Media Dalam Ruangan (Indoor)
Yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Contoh : spanduk, banner, papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil box. - Media Luar Ruangan (Outdoor)
Yaitu media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang bisa dipasang didalam ruangan. Contoh : Etalase (windows display), point of purchase, design gantung, floor stand. - Media Lini Atas (Above The Line)
Yaitu aktifitas promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image perusahaan sesuai yang diinginkan. Contoh : iklan di Televisi dengan berbagai versi. Sifat media lini atas adalah merupakan media ‘tak langsung’ yang mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience. - Media Lini Bawah (Below The Line)
Yaitu segala aktifitas promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya tertarik dengan produk yang dipromosikan. Contoh : program bonus/hadiah, event, pembinaan konsumen dan lain-lain. - Teks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol – simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing – masing item secara individual misalnya, artikel koran, majalah, dan lain-lain.
- Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang.
- Citra (Image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa grafik, foto, hasil ronsten, dan tanda tangan.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan maupun kesalahan dalam penyusunan serta penulisan laporan skripsi ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan Skripsi ini. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca umum laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan, Amin.
Tangerang, Januari 2015 | |
Dwi Fitri Parmania | |
NIM. 1121469072 |
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Data Perusahaan
Tabel 3.2 Material Produk
Tabel 3.3 Kondisi Pesaing
Tabel 3.4 Budget Produksi Media
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.6 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.7 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.8 Elisitasi Final
Tabel 4.1 Visualisasi Berdasarkan Konteks
Tabel 4.2 Script Breakdown Sheet
Tabel 4.3 Time Schedule Produksi Video Company Profile PT. Telkom Akses
Tabel 4.4 Anggaran / Budget
Tabel 4.5 Pemain dan Crew
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Tampilan Awal Adobe Premiere Pro
Gambar 2.2 Tampilan Awal Adobe After Effect
Gambar 2.3 Tampilan Awal Adobe Photoshop
Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. Telkom Akses
Gambar 4.1 Konsep Produksi Media
Gambar 4.2 Tahap Preproduction
Gambar 4.3 Bumper Opening
Gambar 4.4 Gedung Perusahaan
Gambar 4.5 Tampilan Gedung Depan
Gambar 4.6 Lingkungan Perusahaan
Gambar 4.7 Kantor Perusahaan
Gambar 4.8 Visi Perusahaan
Gambar 4.9 Misi Perusahaan
Gambar 4.10 Struktur Perusahaan
Gambar 4.11 Peralatan Perusahaan
Gambar 4.12 Cakupan Wilayah Perusahaan
Gambar 4.13 Partner dan Supplier Perusahaan
Gambar 4.14 Wawancara
Gambar 4.15 Alamat Perusahaan
Gambar 4.16 Kamera Canon EOS - 450D
Gambar 4.17 Kamera Nikon D7000
Gambar 4.18 Kamera Canon 7D
Gambar 4.19 Microfon Shotgun
Gambar 4.20 Tripod
Gambar 4.21 Tahap Production
Gambar 4.22 Tahap Postproduction
DAFTAR LAMPIRAN
1. Kartu bimbingan Skripsi Perguruan Tinggi Raharja
2. Formulir Seminar Proposal
3. Formulir Pertemuan dengan Stakeholder
4. Formulir Permohonan Usulan Penelitian Skripsi
5. Validasi Skripsi dan Kwitansi
6. Surat Keterangan Observasi
7. Surat Keterangan Implementasi
8. Surat Keterangan Hibah
9. Surat Keterangan Jurnal Penelitian / Artikel Ilmiah Yang Sudah Direview
10. Sertifikat Prospek
11. Sertifikat TOEFL RCEP
12. Sertifikat Penghargaan Pemenang
13. Sertifikat Seminar IT National dan International
14. Formulir Permohonan Pergantian Judul Skripsi
15. Daftar Wawancara
16. Surat Undangan Stakeholder
17. KSTF Mahasiswa
18. Daftar Matakuliah Cocok dan Tidak Cocok
19. Daftar Nilai
20. Bukti Bimbingan via E-mail
21. Slide Final Presentasi
22. Katalog Produk dan Daftar Riwayat Hidup
BAB I
Latar Belakang
Pada era globalisasi ini, perkembangan telekomunikasi sangat berperan penting bagi masyarakat luas. Hal ini dimanfaatkan dengan baik terutama dalam penyampaian informasi dengan banyaknya pelopor telekomunikasi yang berlomba – lomba menyajikan dengan merealisasikan jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi, baik melalui media cetak seperti koran, majalah, buku, maupun media elektronik seperti radio, televisi, telepon, dan internet, didukung dengan efektifitas serta efisiensi teknologi untuk memperoleh informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Teknologi tersebut adalah teknologi informasi berbasis komputer yang cenderung lebih mudah dalam penggunaan dan lebih cepat dari segi akses. Pemanfaatan multimedia menjadi salah satu bentuk dari teknologi informasi yaitu teknologi yang menggabungkan gambar, teks, suara, video, animasi menjadi sistem informasi yang berguna dalam menyampaikan pesan hingga sebagai media promosi. Informasi diberikan kepada pembaca senantiasa digunakan untuk menciptakan citra positif dari pihak terkait yang menginginkan perusahaannya lebih dikenal masyarakat luas secara positif, bahkan lebih menginginkan masyarakat menjadi pengguna jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
PT. Telkom Akses, yang merupakan anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. bergerak di bidang konstruksi pembangunan dan manage service infrastruktur jaringan, berkontribusi untuk menyediakan akses internet broadband. Saat ini media informasi yang dimiliki PT. Telkom Akses hanya melalui Walk in (Jl S. Parman Kav.8 Jakarta Barat, Gedung Telkom Jakbar Lt.7), by Web in (http://telkomakses.co.id), by Phone in (021-29337000) serta buku laporan tahunan “Annual Report”. Mengingat kebutuhan akan informasi semakin bertambah, mendorong PT. Telkom Akses untuk menambah media penunjang promosi dan akses informasinya.
Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pihak PT. Telkom Akses, media sebelumnya dinilai masih belum efektif, untuk itu kedepannya dari pihak PT. Telkom Akses menghendaki bentuk media berupa video profile yang berisi mengenai profile perusahaan, visi misi dan informasi lain yang bisa mewakili keseluruhan informasi dari PT. Telkom Akses, sebagai salah satu media yang berfungsi untuk menunjang kegiatan informasi dan promosi suatu lembaga atau perusahaan yang diperlihatkan kepada relasi bisnis ataupun masyarakat luas. Video profile biasa dipergunakan oleh berbagai perusahaan, lembaga umum dan instansi pemerintah sebagai pintu gerbang go public secara mudah dan cepat.
Dengan durasi sekitar 5 - 6 menit video ini dibuat tidak hanya menggabungkan gambar, suara, dan musik, namun juga akan ditambahkan isi video berupa sejarah, visi misi, keunggulan dan informasi lain yang terkait dengan PT. Telkom Akses yang kemudian dipadukan dengan effect – effect visual diharapkan video company profile ini akan menjadi lebih menarik dari segi tampilan dan penyajian informasi yang lebih akurat. Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan untuk membuat, merealisaksikan dan menjadikannya sebagai topik observasi skripsi dengan judul “PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. TELKOM AKSES JAKARTA”
Dari rancangan diatas diharapkan video company profile ini dapat di implementasikan pada media sosial yang dikehendaki PT. Telkom Akses nanti nya dan dapat terselesaikan dengan hasil memuaskan sehingga akan bermanfaat bagi semua pihak termasuk PT. Telkom Akses.
Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang yang disampaikan, dapat dirumuskan beberapa point yang menjadi permasalahan pada PT. Telkom Akses yaitu, sebagai berikut :
Ruang Lingkup
Agar pembahasan dari permasalahan yang ada menjadi lebih terarah, pembatasan ruang lingkup dari perancangan video yang akan dibuat hanya dengan informasi yang berkaitan dengan PT. Telkom Akses saja. Adapun permasalahan yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini adalah hal – hal seperti perancangan konsep video meliputi wawancara dengan pihak PT. Telkom Akses, analisis marketing, potensial dan segmentasi market, mengetahui tujuan pemasaran dan strateginya hingga budget produksi untuk pembuatan video company profile ini.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut :
Manfaat Penelitian
Metode Penelitian
Untuk memperoleh dan melengkapi data – data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan video company profile ini, terdapat beberapa metode yang digunakan. Adapun metode yang tersebut adalah sebagai berikut :
Analisa Permasalahan
Analisis permasalahan didapatkan pada saat melakukan pertemuan dengan stakeholder PT. Telkom Akses yaitu Bpk. Handy Pramudianto, S.T., M.M. melalui tanya jawab dan interview yang bertempat di Gedung Telkom Jakarta Barat pada tanggal 17 September 2014.
Pengumpulan Data
Analisa Perancangan
Data dan informasi yang didapatkan akan dianalisis kembali agar memperoleh data yang benar – benar akurat dan penting untuk dijadikan isi dari perancangan video dan akan diolah menggunakan beberapa software pendukung media audio visual, seperti : Adobe Premiere Pro CS 6, Adobe After Effects CS 6, dan Adobe Photoshop CS 6.
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan Laporan Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi. Yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum dan Konsep Dasar Teori Khusus.
BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI
Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Stratregi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.
BAB IV KONSEP DESAIN
Bab ini berisi tentang Preproduction, Production dan Postproduction.
BAB V PENUTUP
Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang diberikan penulis kepada Perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.
LAMPIRAN
Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.
BAB II
Teori Umum
Definisi Perancangan
Menurut Nasution (2012 : 118)[1]Desain atau perancangan adalah tahapan dimana dimulai analisa mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output sistem dan skema alur kerja program.
Menurut Iwan Binanto (2010 : 260)[2]Menjelaskan bahwa Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.
Proses Perancangan Secara Umum
Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09)[3]
Konsep Dasar Media
Pengertian Media
Menurut Dewi Immaniar Desrianti dkk, dalam jurnal CCIT Vol. 5 No. 2 (2012 : 133)[4] Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for education communication and tecnology) ini menunjukkan bahwa istilah ”media” memiliki makna yang sangat umum.
Menurut Maimunah dkk dalam jurnal CCIT Vol. 5 No. 3[5]Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.
Menurut Fandy Tjiptono (2012 : 240)[6]Beberapa sarana komunikasi (media) yang dipakai dalam menyampaikan dan menyebarluaskan pesan antara lain : Media cetak, media elektronik, papan iklan, pos langsung (direct mail), petunjuk penjualan (point of purchase), selebaran dan kalender.
Alternatif Media
Menurut Rakhmat Supriyono (2010 : 136)[7]
Pengertian Multimedia
Menurut Hofstetter (2001) dikutip oleh Hani Dewi Arriesanti dkk dalam jurnal CCIT Vol. 7 No. 2 (2014 : 194)[8]Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri – sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Konsep Dasar Data
Data
Menurut Lusyani Sunarya dkk dalam jurnal CCIT Vol.7 No.1 (2013 : 81)[9]Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol – simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Menurut McLeod dalam bukunya Yakub (2012 : 5)[10]Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai.
Menurut Sutabri (2012 : 72)[11]“Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata”. Kejadian – kejadian adalah sesuatu yang terjadi saat tertentu di dalam dunia bisnis. Bisnis adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Misalnya, penjualan adalah transaksi perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang. Kesatuan nyata adalah berupa suatu objek nyata seperti tempat, benda, dan yang betul – betul ada dan terjadi. Dari definisi dan uraian data tersebut dapat disimpulkan bahwa data adalah bahan mentah yang diproses untuk menyajikan informasi.
Menurut Sutabri (2012 : 72)[11]“Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata”. Kejadian – kejadian adalah sesuatu yang terjadi saat tertentu di dalam dunia bisnis. Bisnis adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Misalnya, penjualan adalah transaksi perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang. Kesatuan nyata adalah berupa suatu objek nyata seperti tempat, benda, dan yang betul – betul ada dan terjadi. Dari definisi dan uraian data tersebut dapat disimpulkan bahwa data adalah bahan mentah yang diproses untuk menyajikan informasi.
Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan data adalah hal, peristiwa, atau kenyataan lainnya yang mengandung suatu pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan, atau sumber dari informasi.
Klasifikasi Data
Sutabri (2012 : 12)[11]Data itu sendiri dapat diklasifikasikan menurut jenis, sifat, dan sumber. Mengenai penjelasan klasifikasi data tersebut akan diurai dibawah ini :
Kesalahan pengutipan: Tag <ref>
ditemukan, tapi tag <references/>
tidak ditemukan