SI1121469076

Dari widuri
Revisi per 31 Januari 2015 03.42 oleh Dedy Junaedi (bicara | kontrib) (Konsep Dasar Audio Visual==)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
NAMA  : Dedy Junaedi

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2014/2015

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2015

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)         (Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, 22 Januari 2015

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat,S.I.Kom)     (Wahyu Hidayat,SE)
NID : 12002     NID : 10010

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, 22 Januari 2014

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(_______________)   (_______________)   (_______________)
NID :   NID :   NID :

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 


PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2015

 
 
 
 
 
(Dedy Junaedi)
NIM : 1121469076

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

 

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi komputer khususnya bidang multimedia audio visual dan broadcasting sudah sangat berkembang pesat saat ini serta semakin luasnya kebutuhan akan informasi pada masyarakat, maka semakin banyak terobosan-terobosan baru dalam menyajiakan informasi baik sebagai media informasi maupun sebagai media promosi. Salah satu contoh media adalah dimana perusahaan dan lembaga berlomba-lomba membuat promosi dalam bentuk digital video yang kemudian disaksikan oleh masyarakat melalui media audio visual. Setelah masyarakat melihat promosi lembaga atau perusahaan yang dikemas dengan digital video yang menarik maka masyarakat merasa penasaran. Promosi dalam bentuk video merupakan terobosan yang sudah lama digunakan oleh banyak perusahaan dan lembaga karena media ini cukup ampuh dalam menyampaikan informasi dan promosi yang tepat, cepat dan akurat. Penyajian media iklan yang menarik dan menghibur akan mendorong masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail dan memiliki minat untuk bergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga tersebut. hal ini bukti bahwa perancangan suatu karya seni meningkat sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. CV. YUKA PRODUCTION sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa burning dan videography dinilai perlu memiliki sebuah media iklan yang menarik dan dapat menjadi media informasi serta media promosi khususnya bagi para calon konsumen.

Kata Kunci: media audio visual, informasi, promosi

 

 

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.

Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :

  1. Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat, ridha, kepada penulis.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Wahyu Hidayat,S.I.Kom, selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak Wahyu Hidayat,SE, selaku pembimbing dua yang dengan sabarnya meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  8. Orang tua tercinta, kakak, adik, dan keluarga besar yang selalu memberi motivasi dan dukungan terhebat, yang tidak pernah lelah membantu, serta do’a yang selalu mengalir kepada penulis.
  9. Ria Julyanti, selaku orang terkasih yang dengan hebatnya mampu setia dan menjadi motivator selama masa pendidikan penulis.
  10. Padeh, Ncus, Madan, Dwi Babon, Jasmintul, Deprok, Lele, Abbe, Tedy, Imam, Resti, Dian, Vita, Taki, Ade, Fifit, Bayong, Ovi, Engkos, Gagas, Ray, Jalu, Arduy, Komunitas MAVIB I, II, III, IV, V, dan semua penghuni kampus yang senantiasa menghibur dikala penulis merasa jenuh.
Tangerang, 22 Januari 2014
Rivai Sungkowo
NIM. 1222473399

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Seperti yang kita ketahui pada era globalilasi ini kemajuan teknologi dan informasi semakin berkembang sangat pesat, sehingga mau tidak mau persaingan bisnis pun semakin ketat karena kebutuhan informasi sangat diperlukan dalam menentukan kemampuan dan kemajuan dalam bersaing setiap perusahaan dan perusahaan lainnya. Begitupun dalam dunia periklanan yang semakin hari semakin berkembang.

Iklan adalah bagian dari media promosi yang merupakan salah satu bentuk sarana komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Melalui iklan perusahaan dapat memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas baik melalui internet atau media elektronik lainnya, sehingga masyarakat sadar akan produk atau jasa baru yang ada dipasaran. Perusahaan berharap melalui iklan dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Dalam melakukan pengiklanan ada beberapa media yang dapat dipergunakan. Media tersebut antara lain media cetak atau elektronik. Media iklan cetak berupa surat kabar, brosur, majalah, dan lain-lain. Sedangkan media elektronik berupa televisi, internet, dan radio.

Seiring kemajuan zaman maka semakin tinggi pula persaingan antar perusahaan. Hal ini secara tidak langsung membuat perusahaan harus pandai dalam memilih media yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka, karena setiap media memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pada umumnya banyak perusahaan yang memilih media elektronik khusunya televisi dan radio. Perusahaan-perusahaan tersebut menganggap bahwa iklan melalui televisi dan radio memiliki jangkauan yang luas dan lebih efektif. Selain itu iklan melalui media ini dianggap lebih menarik karena menampilkan audio dan visual.

Disinilah penulis melihat bahwa media iklan dengan video sangat berperan untuk menarik perhatian seseorang dan adanya peluang untuk menunjukan kepada Calon Konsumen akan kinerja dan visual yang menarik yang telah CV. Yuka Production berikan. Dalam perancangan media iklan ini penulis memanfaatkan special effect dalam membuat media iklan video yang singkat berdurasi 2 menit. Penulis akan mengaplikasikan video iklan ini pada web dan meng-upload-nya ke youtube dan CD/DVD, agar calon konsumen lebih mudah untuk melihat keunggulan-keunggulan yang ditawarkan. Dari kebutuhan tersebut penulis mengambil judul : “PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI DI CV.YUKA PRODUCTION, KOTA TANGERANG.”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka didapat rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Media iklan seperti apa yang sangat diperlukan dan dapat mempromosikan perusahaan secara efektif serta meningkatkan image CV. Yuka Production ?
  2. Bagaimana menciptakan video iklan yang dapat memberikan daya tarik kepada setiap konsumen yang melihatnya dan menjadi media promosi dan informasi yang efektif bagi CV. Yuka Production ?
  3. Bagaimana merancang bentuk media iklan yang dapat memberikan manfaat terhadap CV. Yuka Production.

Ruang lingkup Penelitian

Agar dalam pembahasan menjadi terarah dan berjalan dengan baik maka penulis membatasi ruang lingkup masalah. Adapun permasalahan yang akan dibahas oleh penulis adalah Penjelasan mengenai jasa yang ada pada CV. Yuka Production, diantaranya: Jasa Burning, Jasa Photography, dan Jasa Videography.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan

Penulis Mengelompokkan menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Tujuan Operasional

    Menerapkan konsep perancangan media iklan sebagai sarana penunjang promosi dan informasi pada CV. Yuka Production.

  2. Tujuan Fungsional

    Secara fungsional penelitian dan perancangan iklan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi CV. Yuka Production dalam menyampaikan promosi dan informasi, khususnya kepada calon konsumen.

  3. Tujuan Individual

    Memberikan pengalaman bagi penulis dalam hal perancangan video iklan dan sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi MAVIB (Multimedia AudioVisual and Broadcasting) Perguruan Tinggi Raharja.

Manfaat

Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :

  1. Manfaat Perusahaan
    1. Diharapkan dari Perancangan media iklan ini akan memberikan solusi yang baik sebagai penunjang promosi dan informasi kepada calon konsumen.
    2. Dapat menampilkan keunggulan CV. Yuka Production dalam hal Wedding Organizer.
  2. Manfaat Individual

    Menambah wawasan dan pengalaman penulis dalam merancang media audio visual yaitu media video iklan yang digunakan sebagai sarana penunjang promosi dan informasi.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Analisa Permasalahan

    Analisa permasalahan didapat dari hasil tanya jawab dan interview yang dilakukan penulis kepada Ibu. Eka Septiati, S.I.kom. selaku stakeholder dari CV. Yuka Production pada tanggal 8 September 2014.

  2. Pengumpulan Data
    1. Metode Observasi

      Merupakan metode untuk mendapatkan data dengan pengamatan langsung dan pencatatan secara sistematis pada CV. Yuka Production.

    2. Metode Interview

      Adalah suatu metode untuk mendapatkan data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait pada CV. Yuka Production.

    3. Studi Pustaka

      Penelitian yang berdasarkan pada buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berhubungan dengan topik penelitian, sebagai panduan secara teoritis, yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan penelitian.

  3. Analisa Perancangan

    Pengolahan data atau informasi yang diangkat, yang akan dianalisa dan diolah menggunakan software yang mendukung media promosi dan informasi, seperti Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects CS 6.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan sistematika penyampaiannya adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan ManfaatPenelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dasar teoritis yang digunakan dalam penelitian tentang produksi media iklan pada CV. Yuka Production.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi tentang gambaran umum Obyek yang diteliti yaitu, mengenai Sejarah singkat, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective dan Marketing Strategy, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Bab ini berisi tentang

  • Praproduction
  • Production
  • Postproduction

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan, saran, dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Hendi Hendratman (2010 : 9-12) Perancangan adalah merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.

Sedangkan menurut Iwan Binanto (2010 : 260-261) Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagian alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.

Kesimpulan yang bisa penulis ambil dari pengertian perancangan menurut beberapa sumber, bahwa perancangan itu sendiri adalah langkah awal dalam proses penggarapan dan pengelolaan yang teratur melalui tahapan storyboard untuk menggambarkan aliran dari scene satu ke scene lain.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman (2010 : 21-24)

  1. Persiapan Data

    Data dapat berupa teks atau gambaran yang terlebih dahulu kita seleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Dan data dapat berupa data informative yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek garis atau bidang.

  2. Ide

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima audience dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  3. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen audience yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  4. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

  5. Visualisasi

    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

  6. Produksi

    Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetak dan diperbanyak.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Jenis-jenis Media

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Data

Pengertian Informasi

Jenis-jenis Informasi

Kualitas Informasi

Nilai Informasi

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Tujuan Promosi

Bentuk Promosi

Konsep Dasar Iklan

Definisi Iklan

Fungsi Iklan

Unsur-unsur Iklan

Prinsip-prinsip Dasar Iklan

Konsep Dasar Desain

Definisi Desain

Fungsi-Fungsi Desain

Unsur-Unsur Desain Grafis

Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Definisi Typografy

Definisi Tentang Psikologi Warna

Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Definisi Citra atau Image

Layout

Jenis Layout

Teori Desain Komunikasi Visual

Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Definisi Multimedia

Definisi Audio Visual

Konsep Dasar Audio Visual

Definisi Broadcasting

Pengertian Sinopsis

Pengertian Naskah (Script Writting)

Pengertian Storyboard

Tahapan Produksi Audio Visual

Pra Produksi

Produksi

Pasca Produksi

Pengertian Video

Definisi Video

Program Aplikasi Penunjang Media Iklan

Adobe Photoshop

Aplikasi Adobe After Effect CS6

Elisitasi

Literatur Review

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Gambaran Umum

Sejarah Singkat

Visi dan Misi

Struktur Organisasi

Tugas dan Fungsi Pokok

Informasi Produk

Produk

Produki

Latar Belakang Produk

Material Produk

Spesifikasi Produk

Harga Produk

Perkembangan Media Promosi

Informasi Harga

Market analisys

Market Positioning

Conditions of Competitor

Market Segmentation

Marketing Objecktive (Tujuan Pemasaran)

Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)

Konfigurasi Sistem

Spesifikasi Hardware

Aplikasi yang digunakan (Software)

Hak Akses (Brainware)

BAB IV

KONSEP PRODUKSI MEDIA

Preproduction

Observasi

Pengumpulan Data

Analisa Data

Ide atau Gagasan

Pesan yang disampaikan

Visualisasi Berdasarkan Konteks

Sinopsis

Layout

Script Breakdown Sheet

Time Schedulling

Peralatan yang digunakan

Produksi team (crew) & talent

Production

Perencanaan Multimedia

Tujuan Multimedia

Strategi Multimedia

Program Multimedia

Perencanaan Audio

Tujuan Audio

Strategi Audio

Program Audio

Perencanaan Visual

Tujuan Visual

Strategi Visual

Program Visual

Perencanaan Broadcasting

Tujuan Broadcasting

Strategi Broadcasting

Program Broadcasting

Postproduction

Digitizing

Editting

Mixing

Finishing

BAB V

PENUTUP

KESIMPULAN

SARAN

Contributors

Dedy Junaedi