Pengguna:Yudhi

Dari widuri
Revisi per 16 Juni 2014 07.39 oleh Yudhi (bicara | kontrib) (Elisitas)

Lompat ke: navigasi, cari

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi banyak memberikan dampak atau pengaruh yang sangat besar, terhadap kemajuan sistem penyebaran informasi. Informasi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Dimana banyak pihak-pihak yang terlibat,baik yang berhubungan langsung dalam proses penyampaian maupun penerimaan informasi tersebut. Untuk mendapatkan informasi dibutuhkan media seperti media cetak, televisi, radio dan salah satu media informasi yang sangat populer pada saat ini untuk mendapatkan informasi adalah melalui internet.

Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia, dimana komunikasi data antarkomputer terhubung melalui jaringan tersebut yang kemudian data tersebut diolah menjadi suatu informasi dan ditampilkan melalui Web atau Website.

Singkatnya, website dapat digambarkan sebagai salah satu wadah atau tempat untuk menampung informasi dari internet, yang dapat diaksesoleh semua orang di seluruh dunia selama terhubung dengan jaringan tersebut.Selain itu, website merupakan suatu komponen atau lebih yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi,sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dilihat dan dikunjungi.


Penggunaan internet dalam berbagai jenis pekerjaan semakin berkembang dan sudah menjadi kebutuhan yang tidak dipungkiri lagi,karena banyak keuntungan yang diperolah dari penggunaan media tersebut, diantaranya adalah pengetahuan berita, hiburan, bisnis, pembelian barang dan lain sebagainya.


Selain itu, internet juga telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan seperti, perusahaan, instansi lembaga dan lain sebagainya. Untuk memberikan informasi mengenai profil perusahaan ataupun lembaga serta digunakan sebagai alat promosi mengenai produk, jasa dan pelayanan.

SMK Media Informatika Dasana Indah adalah lembaga pendidikan yang selalu bersaing demimeningkatkan kualitas dan teknologi sekarang ini. Semua itu ditopang dengan kemajuan teknologi yang sudah ada pada sekolah tersebut yaitu, adanya fasilitas pembelajaran yang dilengkapi dengan jaringan internet. Seperti lab komputer,ruang kepala sekolah dan guru, sekolah tersebut masih memiliki kekuranganya itu, belum mempunyai sebuah website sebagai sarana informasi untuk memberikan gambaran yang lengkap mengenai sekolah ini,sekaligus menjadi media promosi tentang sekolah tersebut.

Berdasarkan latarbelakang permasalahan diatas, maka penulis mengajukan penelitian Skripsi di SMK Media Informatika Dasana Indah Kota Tangerang yang berjudul “Perancangan Media Web sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi SMK Media Infromatika Dasana Indah Tangerang”.

Untuk itu, penulis mencoba merancang sebuah website sebagai penunjang promosi dan informasi dari media pada sekolah tersebut. Lalu denganadanya web ini, tentunya akan mempermudah siswa/siswi, calon siswa/siswi serta masyarakat umum untuk mengakses informasi mengenai SMK Media Informatika Dasana Indah Kota Tangerang.

Website yang digunakan SMK Media Informatika Dasana Indah mempunyai informasi seperti : profil sekolah, sejarah sekolah, kegiatansekolah, ekstrakurikuler, artikel sekolah, berita, prestasi yang didapat, lomba- lomba yang diikuti. Para calon orang tua siswa dan para calon siswa tidakperlu datang ke SMK Media Informatika Dasana Indah hanya untuk mencari informasi seputar sekolah ini, mereka hanya perlu mengakses website sekolah ini. Website ini juga dapat dikunjungi oleh orang tua siswa, siswa dan masyarakat umum.

Biasanya media promosi yang digunakan oleh SMK Media Informatika Dasana Indah adalah brosur, spanduk, stiker, pamflet, baleho yangakan memakan banyak anggaran biaya, waktu dan tenaga. Cara ini tidak sepenuhnya efektif dalam mencapai sasaran yang tepat dikarenakan jangkauan dari promosi sangat terbatas, sasarannya yaitu para calon siswa, sementara dengan memakai media promosi ini target sekolah untuk mendapatkan siswa baru yaitu berjumlah 200 siswa. Sedangkan dengan adanya website, sekolah SMK Media Informatika Dasana Indah dapat melakukan promosi denganbiaya, waktu dan tenaga yang sedikit dengan jangkauan tidak terbatas untuk mencapai sasarannya yaitu para calon siswa, dan dengan media promosi website ini, target sekolah untuk mendapat siswa baru bisa mencapai 300 siswa.

Perumusan Masalah

Masalah yang dihadapi oleh SMK Media Informatika Dasana Indah adalah belum terdapatnya bentuk media yang dapat menyampaikan informasi secara detail tentang sekolahtersebut dalam bentuk website. Lingkup permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

  1. Bentuk media apa yang efektif dan bermanfaat untuk menyampaikan informasi secara detail tentang SMK Media Informatika Dasana Indah?
  2. Bagaimana merancang bentuk media informasi dan promosi yang menarik sehingga dapat menunjang program promosi pada SMK Media Informatika Dasana Indah ?
  3. Bagaimana merancang website yang sesuai dengan dengan citra (image) sekolah ?

Ruang Lingkup

Dalam pembahasan ini penulis membatasi ruang lingkup pembahasan masalah agar lebih terarah dan berjalan dengan baik. Adapun yang akan dibahas oleh penulis adalah mengenai tampilan desain website yang menarik serta dapat menampilkan informasi – informasi seputar SMK Media Informatika Dasana Indah.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Penulis mengelompokkan tujuan penelitian menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Menjadi penyedia informasi sekaligus menjadi media promosi secara online mengenai sekolah SMK Media Informatika.
  2. Perancangan website diupayakan dapat mengoptimalkan media promosi secara online yang dapat menjangkau berbagai wilayah sehingga tidak terbatas lagi hanya disatu wilayah.
  3. Perancangan website dibuat sekreatif mungkin, dalam hal desain dan tampilan.

Manfaat Penelitian

  1. Website ini adalah media promosi dan informasi SMK Media Informatika Dasana Indah untuk menyampaikan informasi tentang sekolah.
  2. Website ini mempunyai jangkauan yang sangat luas sebagai media promosi dalam pencapaian target yaitu calon siswa/i.
  3. Website ini dapat menarik dan meningkatkan kepeminatan terhadap SMK Media Informatika Dasana Indah yang ditawarkan kepada khalayak.

Metodologi Penelitian

Metode Analisa Permasalahan

Dalam metode ini penulis melakukan observasi untuk melihat langsung permasalahan-permasalahan yang ada dengan cara mengidentifikasi objek yang akan digunakan untuk dijadikan informasi dalam website.

Dalam Penulis juga mencari solusi dari permasalahn-permasalan tersebut sehingga hasil identifikasi bisa digunakan sebagai informasi yang baik dalam website.

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut :

  1. Metode Observasi, yaitu pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung terhadap sejumlah objek yang diteliti dari sejumlah orang yang bersangkutan dengan permasalahan penelitian.
  2. Metode Wawancara, pengumpulan data yang dilakukan melalui tanya jawab dengan beberapa narasumber ditempat atau lokasi dimana objek penelitian dilakukan.
  3. Metode Studi Pustaka, penulis memperoleh data dengan cara mempelajari literaturee –literaturee yang berhubungan dengan judul penulisan Skripsi ini yaitu “Perancangan Media Web sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi SMK Media Informatika Dasana Indah Tangerang”.

Menurut sumbernya data dapat dibedakan menjadi  :

  1. Data Internal, adalah data yang menggambarkan keadaan atau kejadian didalam suatu perusahaan atau organisasi, agar mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk pembuatan laporan skripsi.
  2. Data External, merupakan data yang didapat dari hasil penelitian terhadap profile perusahaan atau organisasi.

Metode Analisa Perancangan

Desain website sebagai media informasi danpromosi pada SMK Media Informatika Dasana Indah dirancang sebagai daya tarikdalam mensosialisasikan terhadap khalayak, sasaran dengan menggunakan aplikasi program Microsoft Visual Web Developer 2010 Ekspress, Macromedia Flash MX, Adobe Photoshop CS3, Microsoft SQL Server 2008 Ekspress. Kelebihan dari website ini adalah mampu menampilkan website yang atraktif dan menarik sedangkan kekurangan dari website ini belum adanya form pendaftaran online untuk memudahkan pendaftaran langsung oleh calon siswa/i.

Sistematika Penulisan

BAB I  : PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi teori-teori pendukung penganalisaan yang meliputi konsep dasar media, konsep dasar informasi, konsep dasar promosi,konsep dasar perancangan, elisitas, definisi, serta teori-teori lainya yang digunakan untuk mendukung penganalisaan dan pengembangan media yang diusulkan.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini menjelaskan tentang gambaran umum dari SMK Media Informatika Dasana Indah, product information, market analisis, potensialmarket, market segmentation, marketing objektif, marketing strategi, user requirement elisitasi.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Bab ini berisi perancangan media yang diusulkan dalam bentuk projek, serta tampilan layar dari media yang diimplementasikan, persiapan perancangan, konfigurasi sistem usulan, evaluasi, implementasi, estimasi biaya,perencanaan multimedia, perencanaan pesan, perencanaan visual dan tujuan,strategi dan program promosi.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan hasil analisa dan rancangan penelitian dalam rangka menjawab tujuan penelitian yang diajukan,serta saran-saran yang penulis berikan untuk lebih memaksimalkan kinerja dari media yang diusulkan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Media (Channel) adalah aneka saran komunikasi yang dipakai untuk mengantar dan menyebarluaskan pesan-pesan. Sarana komunikasi ini meliputi radio, televisi, bioskop, suratkabar, majalah, papan iklan, pos langsung, petunjuk selebaran, pengantar penawaran dan alat peraga.

Beberapas arana komunikasi (media) yang dipakai dalam menyampaikan dan menyebarluaskan pesan antara lain : Media cetak, media elektronik, papan iklan, pos langsung (direct mail), petunjuk penjualan (point of purchase), selebaran dan kalender.

Media adalah saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, buku profil, media luar ruang, iklan transit dan direct mail.

Pemilihan setiap media dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciri produk, jenis pesan,pasar sasaran, luas dan jenis distribusi, anggaran, strategi iklan pesaing,serta keunggulan dan kekurangan media sendiri.

Alternatif Media

Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak. Mediaelektronik, media luar ruang dan media lini bawah.

a. Media Cetak, yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentuk-bentuk iklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display, suplemen, pariwara dan iklan masyarakat. Jenis-jenis media cetak terdiri dari : surat kabar, buku profil,majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.


b. Media Elektronik,yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship,iklan partisipasi (disisipkan ditengan-tengah film atau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas : televisi dan radio.

c. Media Luar Ruangan, yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti dipinggir jalan, dipusat keramaian atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti didalam bis, gedung, pagar, tembok dan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruangan meliputi : billboard, baliho, poster, spanduk, umbel-umbul, transit (panelbis), balon raksasa dan lain-lain.

d. Media Lini Bawah, yaitu media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk.

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Data

Data adalah fakta-fakta, symbol/karakter, data mentah atau observasi yang menggambarkan suatu fenomena tertentu. Evi Indrayani dan Humdiana (2009:18). [1]

Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa atau disampaikan dalam model yang memiliki lebih banyak makna. Evi Indrayani dan Humdiana (2009:18). [2]

Jenis-Jenis Informasi

Para ahli sistem informasi manajemen tidak mempunyai pendapat mengenai jenis-jenis informasi yang dioperasikan dalam manajemen. Dari berbagai pendapat yang berbeda itu dapat disimpulkan bahwa informasi dalam manajemen diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek seperti yang akan dipaparkan berikut ini:

  1. Informasi berdasarkan Persyaratan
  2. Suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.
  3. Informasi Berdasarkan Dimensi Waktu
  4. a. Informasi Masa Lalu
    Informasi jenis ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang dipergunakan, namun dalam penyampaiannya pada storage perlu disusun secara rapih dan teratur.
    b. Informasi Masa Kini
    Dari istilahnya sendiri adalah jelas bahwa makna dari informasi masa kini ialah informasi mengenai peristiwa-peristiwa.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang yang berusaha menyebarkan informasi,mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Lukiati Komala (2010:54-59). [3]

Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta meningkatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasaran.

Bentuk Promosi

Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya. Beberapa tugas khusus itu sering disebut bentuk promosi, antara lain :

a. Personal selling, adalah promosi komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga, mereka akan mencoba dan membelinya.

b. Mass selling, adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

c. Promosi penjualan, adalahbentuk persuasi langsung melalui penggunaan insentif yang dapat diatur untukmerangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yangdibeli pelanggan.

d. Public relation (hubungan masyarakat), adalahupaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi,opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingandan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Konsep Dasar Informasi dan Promosi

Informasi merupakan komoditas yang krusial bagi pemakai akhir. Informasi juga merupakan motivasi paling umum bagi suatu proyek.

Konsep dasar media informasi dan promosi merupakan alat komunikasi yang digunakan sebagai bentuk penyampaian suatu informasi yang bersifat Public Relation (hubungan masyarakat), untuk mempengaruhi atau membujuk dan memberikan kesan audience terhadap apa yang diinformasikan oleh suatu perusahaan atau sebuah instuisi. Pemilihan media informasi dan promosi tersebut yaitu dalam bentuk buku profil dan web.

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Perancangan adalah merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolahan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dari kegunaan secara baik. Adhi Prasetio (2012 : 261) [4].

Proses Perancangan secara Umum

a. Persiapan Data : Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu kita seleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil,samar atau dibuang sama sekali. Dan data dapat berupa data informasi yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data Estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.

b. Idea : Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima audience dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

c. Konsep : Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan. Kelayakan dan segment audience yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agardapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

d. Media : Untuk mencapai kriteria ke sasaran/segment yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain-lain.

e. Visualisasi : Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

f. Produksi : Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetak dan diperbanyak.

Elisitas

Elisitas berisi usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh banyak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Elisitas didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu sebagai berikut :

a. Elisitas tahap I, yaitu berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

b. Elisitas tahap II, merupakan hasil pengklafikasikan dari elisitas I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Berikut penulis jelaskan mengenai metode MDI :

  1. M pada MDI itu artinya Mandatory (penting), maksudnya requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.
  2. D pada MDI itu artinya Desirable, maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih perfect.
  3. I pada MDI itu artinya Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.

c. Elisitas tahap III merupakan hasil pensusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu sebagai berikut :

  1. T artinya Technical, maksudnya bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan?
  2. O artinya Operasional, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirementtersebut dalam sistem yang akan dikembangkan?
  3. E artinya Ekonomi, maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem?

Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu :

  1. High (H) : Sulit untuk dikerjakan,karena teknik pembuatan dan pemakainnya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi
  2. Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan
  3. Low (L)  : Mudah untuk dikerjakan
  4. d. Final draf elisitasi merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

    Definisi

    Definisi Web

    Pengertian Web Profile

    Internet

    Website sebagai Alat Promosi

    Macam-Macam Aplikasi Pembuatan Web

    Definisi Citra atau Image

    Definisi Layout

    Pengertian Adobe Photoshop

    Pengertian Macromedia Flash MX

    Pengertian Microsoft Visual Web Developer Ekspress

    CSS

    Microsoft SQL Server 2008

    Literatur Review

    BAB III

    IDENTIFIKASI MASALAH

    Gambaran Umum Objek yang Diteliti

    Sejarah Perusahaan

    Struktur Organisasi

    Wewenang dan Tanggung Jawab

    Product Information

    Media Promosi SMK Media Informatika Dasana Indah

    Perkembangan Media Promosi SMK

    Spesifikasi Produk

    Market Analisis

    Market Positioning

    Potensial Market

    Market Segmentation

    Marketing Objektif

    Marketing Strategi

    User Requirement Elisitasi

    BAB IV

    RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

    Persiapan Perancangan

    Planning (Perancangan web)

    Designing (mendesain web dan mengatur )

    Coding (membuat kode-kode program untuk web )

    Spesifikasi Basis Data

    Testing(pengujian web )

    Konfigurasi Sistem Usulan

    Spesifikasi Hardware

    Aplikasi yang digunakan

    Hak akses

    Evaluasi

    Implementasi

    Schedule

    Penerapan

    Estimasi Biaya

    Perancangan Multimedia

    Tujuan Multimedia

    Strategi Multimedia

    Program Multimedia

    Perencanaan Pesan

    Tujuan Kreafif

    Strategi Kreafif

    Perencanaan Visual

    Tujuan Visual

    Strategi Visual

    Program Visualisasi

    Pengarahan Visualisasi

    Penulisan Naskah

    Tujuan, Strategi dan Program Promosi

    Tujuan Promosi

    Strategi Promosi

    Program Promosi

    BAB V

    PENUTUP

    Kesimpulan

    Saran

    DAFTAR PUSTAKA

    1. "Indrayani,Evi.,dan Humdiana. 2010. "Sistem Informasi Manajemen Mempersiapkan Pekerja Berbasis Pengetahuan Dalam Mengelolah Sistem Informasi". Jakarta: Mitra Wacana Media"
    2. "Indrayani,Evi.,dan Humdiana. 2010. "Sistem Informasi Manajemen Mempersiapkan Pekerja Berbasis Pengetahuan Dalam Mengelolah Sistem Informasi". Jakarta: Mitra Wacana Media"
    3. "Komala, Lukianti. 2010. "Panduan Mudah Merancang Bagunan", Jakarta: Niaga Swadaya"
    4. "Prasetio, Adhi. 2010. "Buku Pintar Pemograman Web". Jakarta. MediaKita"
    =

    LAMPIRAN

    =