SI1621494497

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PEMANFAATAN FILM SEBAGAI SARANA

DAYA TARIK WISATAWAN PADA

WISATA ALAM SEVILLAGE

CILOTO

SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM  :       1621494497

NAMA :       KIVTI HERDIANA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND

BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA.2019/2020



ABSTRAKSI

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dan sangat diperlukan setiap saat. Salah satu media pendukung untuk menyampaikan informasi yang efektif yaitu media promosi. Pada saat ini banyak tempat – tempat wisata juga memanfaatkan media "Film" untuk menginformasikan dan mempromosikan keindahan tempatnya. Wisata Alam Sevillage Ciloto, dalam menginformasikan dan mempromosikan Wisata Alam Sevillage Ciloto ini, hanya menggunakan media cetak seperti brosur, pamflet keterangan harga tiket, nameboard dan foto-foto yang diunggah ke sosial media Wisata Alam Sevillage Ciloto, sehingga diperlukan pemanfaatan Film untuk meningkatkan daya tarik wisatawan pada Wisata Alam Sevillage Ciloto. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pihak pengelola dalam meningkatkan daya tarik wisatawan pada Wisata Alam Sevillage Ciloto melalui strategi promosi pada social media Facebook, Instagram, Youtube, dan promosi ke relasi. Manfaat penelitian ini yaitu melalui Film ini, Wisata Alam Sevillage Ciloto dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, serta meningkatkan pencapaian target pemasaran. Metode penelitiannya yaitu, Pengumpulan Data, Analisa SWOT, Analisa Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini nanti nya akan diimplementasikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube untuk membantu mempromosikan Wisata Alam Sevillage Ciloto.

Kata Kunci: Film, promosi, wisata

ABSTRACT

Along with the Times, information and communication technologies continue to grow and are indispensable at all times. One of the supporting media to convey effective information is promotional media. Nowadays, many tourist spots also utilizing Film media to informing and promoting the beauty of its place. Wisata Alam Sevillage Ciloto Tourism, in informing and promoting the Sevillage Ciloto nature tourism, only use print media such as brochures, ticket price pamphlets, name board, and photos uploaded to social media of Wisata Alam Sevillage Ciloto, so it is needed to use the Film to increasing tourist attraction on Wisata Alam Sevillage Ciloto. The purpose of this research is to assisting the maintainer in increasing the attraction of tourists to Wisata Alam Sevillage Ciloto through a promotional strategy on social media Facebook, Instagram, Youtube, and promotion to the relation. The benefits of this research through this Film, Wisata Alam Sevillage Ciloto can increase the number of local and foreign tourists who visit and increase the achievement of target marketing. Its research methods are Data Collection, SWOT Analysis, Media Planning Analysis, and Media Production Concept (KPM). The results of this research will later be implemented to social media such as Facebook, Instagram, and Youtube to help promote Wisata Alam Sevillage Ciloto.

Keywords: Film, promotions, travel.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

  2. Harfizal. Fauzan Manafi Albar. Dan Muh Afiffudin. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyalur Dana Bantuan Siswa (BOS) Berbasis WEB. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN: 2461-1417. Vol. 3 No. 2: 232

  3. Martin, William J. 2017. The Global Information Society. New York: Routledge

  4. Hermawaty. 2017. Tata Kelola Model IT Governance pada Layanan Akademik Menggunakan Framework COBIT 4.1 pada Domain (Delivery and Support) dan (Monitoring and Evaluation). Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN: 2461-1417. Vol. 3 No. 2: 250.

  5. Sutabri, Tata. 2016. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

  6. Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

  7. Aris, Ryan Anggara. Dan Zaimi Akhmad Zamzami. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada PKBM Bhakti Sejahtera. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal CICES. Vol. 2 No.1: 92-93.

  8. Bhirawan, Risang. Sri Purnami. Dan Mulyani Surendra. 2016. Model Latihan Servis Forehand Tenis Meja Untuk Atlet Pemula Usia 12 Tahun Ke Bawah. Malang: Universitas Negeri Malang. Journal Pendidikan Vol. 1 No. 7: 41.

  9. Sarnoko. Ruminiati. Dan Punadji Setyosari. 2016. Penerapan Pendekatan Saviber bantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips siswa kelas Iv sdn I Sanangirimarto Wonogiri. Malang: Universitas Negeri Malang. Journal Pendidikan Vol. 1 No. 7: 123.

  10. Crane, Diana. Kawashima, Nobuko, Kawasaki and Ken’ichi. 2016. Global Culture: Media, Arts, Policy, and Globalization. New York: Routledge.

  11. Barus, Ulian. Dan Suratno. 2016. Pemanfaatan Candi Bahal sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka dalam Proses Belajar Mengajar. Medan: Perdana Mitra Handalan.

  12. Kolianan, Jim Briand. Aloysius Liliweri. Dan Lenny Tamunu. 2016. Strategi Media Relations Humas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Pada Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTT. Indonesia: Universitas Brawijaya. Journal Administrasi Publik Vol. 6 No. 1 : 53-55.

  13. Islam, Nur. 2015. Media Massa Sebagai Sarana Dakwah Yang Strategis Dalam Kontra Terorisme Media Barat Dan Yahudi. Lampung : IAIN Raden Intan Lampung. Journal Ilmu Dakwah dan Pengembangan Komunitas Vol. 10. No. 1 : 62.

  14. Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono. Dan Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Bookstore. Tangerang : Journal CCIT Perguruan Tinggi Raharja. Vol. 7 No. 3.

  15. Edward, Syafruddin Chan, dan Shabri Abdul Majid. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Produk Apple Di Banda Aceh. Banda Aceh : Journal Manajemen dan Inovasi Universitas Syiah Kuala. Vol. 8 No. 3 : 28.

  16. Anggoro, Yanuar Yoga dan Handojo Djoko Waluyo. 2017. Pengaruh Strore Atmosphere, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Larissa Gallery & Workshop Pekalongan. Semarang : Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 3 : 3.

  17. Damarjati, Fimar. 2017. Peran Desain Grafis di Syafaat Marcomm. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Jurnal Unissula. ISSN : 2579-731X. Vol. 1 No. 1 : 5.

  18. Hadi, Andik Prakasa. Efendi. Danang. Dan Nuryatul Wakid. 2017. Rancang Bangun Media Pembelajaran Tajwid Al Qur’an Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 8.

  19. Setiawan, Agus. Dan Annas Marzuki Sulaiman. 2017. Pengembangan Desain Motif Ukir untuk Aktualisasi Identitas Jepara sebagai kota Ukir. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro. Andharupa Vol. 3 No. 1 : 34

  20. Akbar, Muhammad Rio. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni SMA 2 Padang Ar’Rozak (Kopasmanda Ar’Rozak). Padang : Universitas Putra Indonesia. Jurnal Majalah Ilmiah Vol. 23 No. 2 : 85, 87.

  21. Hasyim, Lazuardi Adi Pradana. Dan Vina Mulyadi. 2015. Kajian Pengenalan Alfabet untuk Anak Usia 3-5 Tahun dalam Bentuk Board Game. Jakarta : Universitas Bunda Mulia. Jurnal Ruparupa. ISSN : 2086-1060. Vol. 4 No. 2 : 137.

  22. Gunawan, Dedi. Dan Fitri Kurniawan. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Surakarta: Journal Duta.com Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol. 1 No. 10 : 70.

  23. Rahman, Ridwan Arif. Dan Dewi Tresnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Garut : Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Journal Algoritma. Vol. 13 No. 1 : 185.

  24. Setyorini, Ika. Dan Verra Sofica. 2015. Animasi Interaktif Kosakata Dalam Dua Bahasa (Arab Inggris) Pada RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da’wah Bekasi. Bina Insani Ict Journal , Vol. 2, No.2. Bekasi : STMIK BINA INSANI : Bekasi.

  25. Hasanah, Uswatun. Sutardi. Dan Rahmat Ramadhan. 2017. Implementasi Algoritma Arithmetic Coding Pada Kompresi File Audio Via FTP (File Transfer Protocol). Kendari: Journal Seman TIK Universitas Halu Oleo. Vol. 3 No. 2 : 81.

  26. Fiqar, Tegar Palyus. Dan Tohari Ahmad. 2017. Peningkatan Kapasitas penyisipan Audio Data Hiding Berbasiskan Modifikasi Metode least Significant Digit. Indonesia: Journal JNTETI. Vol. 6 No. 3 : 316.

  27. Maimunah. David Ericson Manalu. Dan Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi pada PT. Sulindafin. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Semnasteknomedia Online. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 37.

  28. Och, Dana and Kristen Strayer. 2014. Transnational Horror Across Visual Media. New York : Routladge.

  29. Gama, Betty, Hariyanto. Dan Henny Sri Kusumawati. 2017. Radio Broadcasting Training Smansaman At Sma Negeri 1 Manyaran Wonogiri. Prosiding Implementasi Penelitian Pada Pengabdian Menuju Masyarakat Mandiri Berkemajuan. Semarang : Universitas Muhammadiah Semarang.

  30. Akhmad, Sabrudin. Dan Rachmad Hidayat. 2015. Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. Riau : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Vol. 12 No. 2.e

  31. Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar. Dan Adrian Syahputra. 2017. Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Bali : STIKOM Bali. Eksplora Informatika. ISSN : 2460-3694. Vol. 6 No. 2 : 109.

  32. Fatoni, Ahmad. Dan Nofi Puspitasari. 2016. Perancangan Simulasi Pengembangan Sistem Programming Penyuluran Data Zakat di Badan Amil Zakat Kota Serang Berbasis Multimedia. Serang : Universitas Serang Raya. Jurnal Prosisko. ISSN : 2406-7733. Vol. 3 No. 2 : 58.

  33. Maryati, Sri. Dan Bambang Eka Purnama. 2013. Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukoharjo dengan Menggunakan Komputer Multimedia. Jawa Tengah : Journal Speed. ISSN : 1979-9330 e-ISSN : 2088-0154. Vol. 5 No. 1 : 22-23

  34. Nasution, Muhammad Faisal Ansari. 2017. Perbedaan Pengaruh Media Gambar Dengan Media Video Terhadap Hasil Ketepatan Flick Atlet Putera Sekolah Hoki Indonesia Bangkit. Indonesia: Journal Ilmu Keolahragaan. Vol. 16 No. 1 : 24.

  35. Melinda, Vannisa Aviana, I Nyoman Sudana Degeng. Dan Dedi Kuswandi. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Keraton-Kencong. Malang: Journal JINOTEP Universitas Negeri Malang. J Vol. 3 No. 2 : 161.

  36. Wibowo, Edi, Dewi Popi Romika. Dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Tangerang: Seminar Internasional Teknologi Informasi dan Multimedia STMIK Raharja. ISSN : 2302-3805. 62- 65.

  37. Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

  38. Yulandina, Aldilla, Condra Antoni. Dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam: Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Vol. 1 : 1.

  39. Pura , I Putu Andika Subagya. I Gede Mahendra Darmawiguna. Dan I Made Putrama. 2017. Film Seri Animasi 3d “Belajar Bahasa Indonesia Bersama Made” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing Di Undiksha. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Journal KARMAPATI, Vol. 6 No. 1 : 3.

  40. Yulandina, Aldilla, Condra Antoni. Dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam: Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Vol. 1 : 5.

  41. Subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta. Dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 1-3.

  42. Mamahit, Ricky Iferdy. Virginia Tulena. Dan Sary Paturusi. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Word Game Scramble untuk Pengenalan Budaya Minahasa. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Teknik Informatika Sam Ratulangi, Vol. 11 No. 1 : 2.

  43. Sastrawan, Putu Virgo. I Ketut Resika Arthana. Dan I Gede Partha Sindu. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Journal Karmapati, Vol. 6 No. 1 : 4.

  44. Martono, Aris. Solehudin. Dan Fajar Januar Eka Putra. 2017. Project Application untuk Sistem Pemesanan dan Pengiriman Barang Berbasis Web pada PT. Arai Rubber Seal Indonesia. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 164.

  45. Aveyard, Helen. 2014. Doing Literature Review in Health and Social Care: A Practical Guide. England: Mc Graw-Hill.

  46. Wicaksono, Rochman Gagas. 2016. “Perancangan Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pada PT. Surya Toto Indonesia tbk Kabupaten Tangerang”. Tangerang : STMIK Raharja.

  47. Apryllia, Putri. 2016. “Perancangan Video Profile Sebagai Media Penunjang Informasi dan Promosi Pada padjadjaran Suites Business & Conference Hotel”. Tangerang : STMIK Raharja.

  48. Palguna, Kadek Dwi Yoga Adi. I Made Gede Sunarya. DanI Made Putrama. 2016. Pengembangan Media Promosi Berbasis Aransemen Musik Dan Video Profil Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Bali: Journal KARMAPATI Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. 5 No. 1 : 3.

  49. Tyllstrom, Anna. Dan, Roy R Suddaby. 2016. Trading in Politics: Rhetorical Strategies of Sacralizing Public Relations Services. Journal Academy Of Management.

  50. Damayanti, Ivoni Putri, dan Bijaksana Prabawa. 2017. Perancangan Media Promosi Objek Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Di Cirebon. Cirebon: E-Proceeding of art & design Universitas Telkom. Vol. 4 No. 3 : 325.

Contributors

Admin, Kivti Herdiana