TA1333376511
PENERAPAN WEB SERVICE MENGGUNAKAN JSON
UNTUK MENDUKUNG RANCANGAN APLIKASI
PADA PERGURUAN TINGGI
TUGAS AKHIR
Disusun Oleh :
NIM |
: 1333376511
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI ARTIFICIAL INFORMATICS
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR
PENERAPAN WEB SERVICE MENGGUNAKAN JSON
UNTUK MENDUKUNG PERANCANGAN APLIKASI
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1333376511
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Artificial Informatics
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 22 September 2015
Direktur |
Kepala Jurusan
| ||||
AMIK Raharja Informatika |
Jurusan Manajemen Informatika
| ||||
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si) |
(Diah Aryani, M.Kom)
| ||||
NIP : 000603 |
NIP : 073009
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENERAPAN WEB SERVICE MENGGUNAKAN JSON
UNTUK MENDUKUNG PERANCANGAN APLIKASI
PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1333376511
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Manajemen Informatika
Konsentrasi Web Graphic Design
Disetujui Oleh :
Tangerang, 22 September 2015
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Muhamad Yusup, M.Kom) |
(Ary Budi Warsito, M.Kom)
| ||
NID : 07132 |
NID : 10013
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PENERAPAN WEB SERVICE MENGGUNAKAN JSON
UNTUK MENDUKUNG PERANCANGAN APLIKASI
PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1333376511
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Artificial Informatics
Tahun Akademik 2016/2017
Disetujui Penguji :
Tangerang, 22 September 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| |||
(_______) |
(_______) |
(_______) |
|||
NID : |
NID : |
NID :
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR
PENERAPAN WEB SERVICE MENGGUNAKAN JSON
UNTUK MENDUKUNG PERANCANGAN APLIKASI
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1333376511
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Artificial Informatics
|
Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis hasil sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 22 September 2016
NIM : 1333376511
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRACT
The rapid growth of many of its data has created a data-rich conditions but minimal information. Accurate data is needed in the presentation of the information system which aims to help the user to finish the job. Use of Web Service is expected to assist students in Higher Education Prog in terms of data retrieval, because the students simply access the Web Service Application to obtain a data without interacting with the main database. Thereby reducing bandwidth usage. In addition to facilitate students in data retrieval, the Web Service can also allow other systems that exist in college raharja to transact data because the web service is already equipped with an API (Application Programming Interface) that allows the system presents data and personal in the process through an API (Application Programming Interface) in the form of a relatively lighter JSON for data exchange process.
Keywords : Web Service, Database, API
ABSTRAK
Pertumbuhan yang pesat dari banyak nya data telah menciptakan kondisi kaya akan data tapi minim informasi. Data yang akurat sangat diperlukan dalam penyajian sistem informasi dimana bertujuan untuk membantu user untuk menyelesaikan pekerjaannya. Penggunaan Web Service di harapkan dapat membantu mahasiswa pada Perguruan Tinggi Raharja dalam hal pengambilan data, karena mahasiswa cukup mengakses Aplikasi Web Service untuk mendapatkan sebuah data tanpa berinteraksi dengan database utama. Sehingga dapat mengurangi penggunaan bandwidth. Selain mempermudah mahasiswa dalam pengambilan data, Web Service tersebut juga dapat mempermudah sistem- sistem lain yang ada di perguruan tinggi raharja untuk melakukan transaksi data karena web service tersebut sudah di lengkapi dengan API (Aplication Programming Interface) yang memungkinkan sistem tersebut menyajikan data secara personal dan di proses melalui API (Aplication Programming Interface) ke dalam bentuk JSON yang relatif lebih ringan untuk proses pertukaran data.
Kata Kunci: Kata Kunci : Web Service, Database,API.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan beribu Rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas Akhir (TA) ini dengan baik. Adapun judul yang diambil dalam pembuatan laporan KKP ini adalah "Penerapan Web Service Menggunakan JSON Untuk Mendukung Perangcangan Aplikasi Pada Perguruan Tinggi".
Penulisan laporan ini merupakan penelitian penulis di Perguruan Tinggi Raharja. Laporan ini merupakan salah satu syarat yang ditempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan siding Tugas Akhir dalam jenjang Diploma jurusan Teknik Informatika pada Perguruan Tinggi Raharja Tangerang. Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta sumber literature yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan banyak pihak, maka penulis tidak akan dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat waktu. Penulis menyampikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan TA ini, antara lain :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat.
- Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
- Ibu Diah Aryani, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Manajemen Informatika.
- Bapak Ary Budi Warsito, M.Kom. Dan Bapak Muhamad Yusup, M.Kom. selaku Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak Pujiana dan Ibu Yustina Sumarti Selaku orang tua kandung dan Anisa Fitriyani adik kandung yang telah memberikan berbagai dalam pembuatan laporan ini.
- Ibu Khanna Tiara S.Kom yang dengan sabar telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
- Ibu Erlita Rasdiana S.Kom sebagai stakeholder.
- Glueing Team (Nursam Somantri, Dwiki Fahliandhini, Iis Ariska, Wulan Lestari, Yeti Faradisa).
- Rekan-rekan Pribadi Raharja, yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam penyusunan laporan.
- Rekan-rekan grup Blue Screen Brothers. (Ainul Mutakin, Aldi Ilham, Fernanda Setyobudi, Putra Danan Joyo, Hottiopan Tampulolon, Dian Triyanjaya).
- Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan dan masukan yang berarti kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini..
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Tugas Akhir ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
Tangerang, 22 September 2016 | |
Ridwan Kurniaji | |
NIM. 1333376511 |
Daftar isi
Tabel 2.1 Perbandingan antara sistem OLTP dan sistem Data Warehouse
Tabel 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja
Tabel 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja
Tabel 3.3 SWOT
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap 1
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 2
Tabel 3.6 Elisitasi Tahap 3
Tabel 3.7 Final Draft Elisitasi
Tabel 3.8 Pengujian Sistem
Tabel 3.9 Testing Create File JSON
Tabel 3.10 Testing Mencari Sumber Data
Tabel 3.11 Testing Mengambil Data JSON
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Arsitektur Web Service
Gambar 2.2 Komponen-Komponen Web Service
Gambar 2.3 Contoh Sintaks JSON
Gambar 2.4 Gambaran data warehouse secara sederhana
Gambar 3.1 Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja
Gambar 3.2 Usecase Diagram Sistem Yang Berlajan
Gambar 3.3 Activity Diagram Sistem Yang Berjalan
Gambar 3.4 Sequence Diagram Sistem Yang Berjalan
Gambar 3.5 Usecase Diagram Sistem Yang Di Usulkan
Gambar 3.6 Activity Diagram Sistem Yang Di Usulkan
Gambar 3.7 Sequence Diagram Sistem Yang Di Usulkan
Gambar 3.8 Flowchart sistem Web Service
Gambar 3.9 HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output) Web Service
Gambar 3.10 Halaman Utama
Gambar 3.11 Tampilan Web Service
Gambar 3.12 Tampilan Struktur Tabel
Gambar 3.13 Tampilan Data
Gambar 3.14 Tampilan Data JSON
BAB I
Latar Belakang
Seiring berjalannya waktu di era modern ini kebutuhan akan informasi untuk setiap orang semakin meningkat di berbagai aspek kehidupan, yang berkembang sangat pesat. Perubahan yang paling terasa adalah pada aspek teknologi informasi. Teknologi informasi biasa digunakan untuk memproses, mengolah data, menyimpan, menyusun, mendapatkan data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Menurut Sutabri (2012:1), “Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata”.
Lembaga pendidikan mempunyai peranan penting untuk kemajuan Teknologi Informasi (TI). Salah satunya Perguruan Tinggi Raharja yang sistem pembelajarannya menggunakan iLearning untuk para Pribadi Raharja. Adanya teknologi mempermudah penyediaan informasi dan berinteaksi dengan baik. Fasilitas Future IT Raharja (FIR) berasal dari penelitian, yang dipunyai Perguruan Tinggi Raharja. Diantaranya ada sebuah sistem media diskusi yang membahas permasalahan yang dihadapi saat ini. Menurut Sutabri (2012:10) , ” Secara sederhana suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu”.
Forum online merupakan suatu sistem diskusi tentang suatu masalah yang berbasis sebuah website. Website juga biasa di artikan sebagai kumpulan data gambar bergerak atau diam, data teks, data video, suara, aminasi, atau gabuangan dari semuanya. Dari yang bersifat dinamis dan statis, melalui internet sehingga dapat di akses dimana saja selama ada koneksi internet. Internet adalah salah satu cara untuk mengakses website karena itu bersifat online. Didalam media diskusi ada seseorang yang berperan memberikan informasi atau saran dari suatu permasalahan. Forum online berperan penting dalam segala aspek kebutuhan, yang diperlukan siapa saja di era globalisasi ini. Aspek yang berhubungan dengan suatu informasi salah satu perkembangan forum berbasis CMS. CMS yang sering digunakan yaitu phpBB karena dapat diperoleh gratis dan lengkap. Phpbb mempunyai paket forum yang lengkap fasilitasnya. selain itu proses pengelolaannya cukup mudah.
Perguruan Tinggi Raharja sebuah institusi yang memiliki civitas yang besar mempunyai tempat atau wadah untuk saling bertukar pikiran atau berdiskusi yaitu forum RhjFox, selain itu juga RhjFox dijadikan sebagai tempat berkumpulnya informasi seputar kampus dan tempat berkumpulnya kegiatan iDuHelp! serta Widuri Wayang salah satunya sebagai tempat audit kedua kegiatan tersebut. Dengan sudah adanya fitur postimageyang digunakan untuk register dan login yang terintegritas oleh google sangat mempermudah bagi member RhjFox yaitu para mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja yang sudah menjadi member RhjFox dan mempermudah bagi para calon member RhjFox yang akan bergabung kedalam forum dengan sangat mudah. Untuk saat ini RhjFox mempunyai 700 member 6000 postingan dan 750 topik didalam forum RhjFox. Menurut Sutarman (2012:13), "sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memperoses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi)”.
RhjFox memiliki sistem notifikasi yang bertujuan untuk mengetahui sebuah informasi dari segala aktivitas didalam forum RhjFox nantinya akan masuk kedalam email yang ditujukan kepada para member RhjFox khususnya mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja yang telah menjadi member RhjFox dan juga penerjemah bahasa diperlukan untuk digunakan sebagai penunjang segala hal untuk kemudahan diskusi didalam forum RhjFox.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk mencoba melakukan analisis dan kajian terhadap pengembangan RhjFox pada Perguruan Tinggi Raharja yang dituangkan dalam sebuah laporan ilmiah dengan judul “Pengembangan RhjFox Berbasis Phpbb Sebagai Media Diskusi Dan Informasi Pada Perguruan Tinggi”.
Rumusan Masalah
Pada dasarnya untuk menyelesaikan masalah harus dengan penelitian bertujuan agar mendapatkan pemecahan dari masalah tersebut. Masalah atau problem adalah sesuatu kesenjangan dengan harapan apa yang terjadi. Sedangkan rumusan masalah adalah adanya suatu masalah atau pertanyaan yang dapat diselesaikan dengan cara mengumpulkan data.
Berdasarkan latar belakang yang di tulis di atas pada pembahasan sebelumnya. Dilakukan penelitian secara jelas yang berkaitan dengan pengembangan forum diskusi dan informasi di Perguruan Tinggi Raharja. Mulanya diskusi hanya dapat dilakukan secara langsung dari dosen ke mahasiswa/i di tempat dan waktu yang sama itu menyebabkan sulitnya berkomunikasi. Dengan kesibukan dosen menyebabkan sulitnya berkomunikasi secara langsung, jika dapat berdiskusi secara langsung juga manfaat diskusi yang sudah di dapatkan biasanya ditulis di selembar kertas yang pastinya akan mudah hilang karena tidak tersimpan secara rapih.
Untuk para mahasiswa bertukar pikiran juga masih sulit karena tidak adanya forum diskusi untuk para mahasiswa menuangkan ide dan pikiran mereka. Serta untuk mendapatkan informasi seputar kampus biasanya mahasiswa/i susah untuk mendapatkannya dan bingung harus mencari informasi seputar kampus dimana, tetapi dengan adanya forum RhjFox bukan sekedar untuk tempat berdiskusi namun bisa dijadikan sebagai tempat mencari informasi dan kumpulan pengumunan seputar kampus Perguruan Tinggi Raharja. Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima dan digunakan untuk mengambil keputusan.
Penelitian ini secara jelas berkaitan dengan Pengembangan pada forum RhjFox maka dengan penelitian tersebut penulis mengambil 3 (tiga) pokok masalahan, antara lain :
-
Bagaimana cara upload gambar pada postingan secara efektif didalam RhjFox ?
-
Bagaimana sistem dapat menterjemahkan bahasa didalam RhjFox?
-
Bagaimana member mendapatkan informasi interaksi pada postingan?
Ruang Lingkup Penelitian
Dalam penelitian ini dibatasi dengan ruang lingkup penelitian hanya pada “Sistem Informasi RhjFox” diantaranya yaitu bahwa sistem ini memberikan fasilitas kepada seluruh civitas Perguruan Tinggi Raharja dalam bentuk forum yang dapat digunakan untuk berdiskusi antar civitas, baik mahasiswa, dosen maupun staff Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai media pembelajaran pada perguruan tinggi raharja.Penelitian ini diimplementasikan pada Pribadi Raharja. Penelitian ini berfokus pada Pribadi Raharja. Hanya member hanya dapat membuat Topik di RhjFox dan hanya admin yang dapat membuat Forum di RhjFox. Hanya dapat menterjemahkan 2 bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Notifikasi yang masuk kedalam email menggunakan bahasa Indonesia. Untuk login tidak menggunakan username dan password lagi. Melainkan sudah single sign on dengan menggunakan Rinfo (Pribadi Raharja).
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian yang bertujuan agar dapat dilaksanakannya penelitian agar dapat ditetepkann jawaban yang nantinya akan terletak di kesimpulan penelitian. Oleh karena itu sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang dilakukan. Adanya tujuan penelitian untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah dari suatu penlitian. Tujuan dari penelitian ini adalah :
- Untuk mempermudah member dalam memasukan postingan berupa gambar di dalam RhjFox.
- Untuk mempermudah member untuk menterjemahkan bahasa sesuai yang keinginan para member.
- Sebagai pemberitahuan untuk member jika ada yang membalas postingan yang sudah di buat di RhjFox agar dapat terus berinteraksi.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian merupakan dampak dari tercapainya tujuan dan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis maupun pihak Perguruan Tinggi, terdapat 3 (tiga) manfaat yaitu:
- Member dapat mengupload gambar menggunakan postimage dimana lebih efektif dan efesien tanpa membuka aplikasi lain untuk mengupload gambar dan mengcopy link gambar tersebut.
- Member dapat menterjemahkan bahasa menggunakan Google translate widget yang ada di RhjFox dapat menterjemahkan bahasa yang diinginkan para member untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para member.
- Notifikasi yang masuk kedalam email dapat membuat para member berinteraksi dan melanjutkan diskusi tersebut agar tidak tertinggal pembahasan.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
- Metode Pengamatan (Observation Research)
Metode pengumpulan data suatu cara melakukan pengamatan langsung di Perguruan Tinggi Raharja dengan mengumpulkan informasi, data, dan catatan serta dokumen tentang forum RhjFox yang dibutuhkan seebagai dasar menulis laporan penelitian. Untuk mendapatkan segala yang berhubungan dengan penelitian serta mengetahui kondisi sistem forum RhjFox yang berjalan saat ini.
- Metode Wawancara (Interview Research)
Metode yang dilakukan dengan cara tanya jawab kepada narasumber pada objek yaitu RhjFox pada Perguruan Tinggi Raharja. Dalam hal ini proses tanya jawab langsung kepada stakeholder.
- Studi Pustaka
Metode studi pustaka ini dilakukan untuk mendaptkan semua informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang sedang diteliti. Suatu metode mendapatkan informasi dari buku-buku, karangan ilmiah, laporan penelitian, dan sumber-sumber lain yang tertulis.
Metode Analisa Sistem
Penelitian ini menggunakan metode analisa pada elisitasi yang teridiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan tercapainya strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan juga telah memiliki data yang kuantitatif. Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.
Metode Perancangan
Perancangan pada forum RhjFox menggunakan phpBB yang mensuport berbagai bahasa dan mudah dalam pengoprasiannya. Dan perancangan tersebut juga menggunakan Flowchart, dan juga HIPO yang dijabarkan pada Bab III.
Metode Pengujian
Metode pengujian ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeleminisi suatu kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode Black box karena metode Black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.
Lokasi Penelitian
Penelitian dengan judul “Pengembangan Forum RhjFox Sebagai Media Diskusi Dan Informasi Pada Perguruan Tinggi” dilakukan di Raharja Enrichment Centre (REC) ruang penelitian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.
Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan dalam membuat penulisan laporan dan pembahasannya secara sistematis, maka penulisan laporan Tugas Akhir ini terdiri dari beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menjelaskan informasi tentang akar permasalahan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini, menguraikan pembahasan mengenai landasan teori yang berisi teori umum yang mengenai mengenai konsep dasar internet, definisi notifikasi, definisi online, metode penelitian, dan konsep dasar testing. Teori khusus membahas mengenai penjelasan-penjelasan mengenai konsep dasar website, konsep dasar forum, konsep dasar RhjFox, konsep dasar phpBB, konsep dasar FIR, konsep dasar UML, konsep dasar flowchart, definisi HIPO, konsep dasar penerjemah dan terjemah, definisi unduh, definisi media, konsep dasar elisitasi, definisi diskusi dan konsep dasar literature review.
BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL
Bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, strategi, mind mapping project, analisa sistem tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.
BAB IV PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
BAB II
Bab ini menjelaskan tentang dasar teori yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini. Dijelaskan pengertian tentang data mining beserta macam-macamnya, selain itu juga dijelaskan tentang data wareouse, database serta analisis perancangan perangkat lunak.
Teori Umum
Konsep Dasar Sistem
Definisi Sistem
Terdapat 2 (dua) beberapa definisi sistem menurut beberapa ahli, di antaranya :
-
Menurut Tata Sutabri (2012:10), “Secara sederhana suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu”. Menurut Gordon B. Davis (2002:12), ”Sistem bisa berupa abstrak atau fisis. Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi yang saling bergantung. Sedangkan sistem yang bersifat fisis adalah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan ”.
-
Menurut O’Brien dan Marakas (2010:26), Sistem adalah sekelompok komponen yang saling bekerja sama menuju tujuan bersama dengan input dan menghasilkan output dalam proses transformasi yang teroganisir.
Karakteristik Sistem
Menurut Tata Sutabri (2012:20) sebuah sistem adalah input, proses, dan output. Hal ini merupkan konsep sebuah sistem yang sangat sederhana sebab sebuah sistem dapat mempunyai beberapa masukan dan keluaran. Selain itu, sebuah sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem”. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut :
-
Komponen Sistem (Components System)
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk sub sistem . Setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses suatu sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar, yang disebut “Supra Sistem”.
-
Batas Sistem (Boundary System)
Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan.
-
Luar Sistem(Environment System)
Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem. Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara. Lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan. Kalau tidak, maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem tersebut. Dan lingkungan luar yang menguntungan merupakan energi bagi sistem tersebut.
-
Penghubung Sistem (Interface System)
Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface. Penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem melalui penghubung tersebut. Dengan demikian, dapat terjadi suatu intergrasi sistem yang membentuk satu kesatuan.
-
Masukan Sistem (Input System)
Energi yang dimasukkan ke dalam sistem disebut masukan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input). Contoh, di dalam suatu unit sistem computer. “Program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
-
Pengolahan Sistem (Processing System)
Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain. Contoh, sistem informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi. Informasi ini dapat digunakan sebagai masukan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal lain yang menjadi input bagi subsistem lain.
-
Keluaran Sistem (Output System)
Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran. Contoh, sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh manajemen.
-
Sasaran Sistem (Objective)dan tujuan (Goals)
Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic. Kalau suatu sistem tidak memiliki sasaran, maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.
Konsep Dasar Data
Definisi Data
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data atau item. Menurut McLeod dalam bukunya Yakub (Yakub,2012: 5).“ Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai”. Data dapat berbentuk nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.
-
Citra (image), adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.
-
Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu; misalnya data dengan suatu yang menyatakan tanggal atau jam, atau menyatakan nilai mata uang.
-
Audio, adalah data dalam bentuk suara. Instrumen musik, suara orang atau suara binatang, gemercik air, detak jantung merupakan beberapa contoh data audio.
-
Video, adalah menyatakan data dalam bentuk sejumlah ganbar yang bergerak dan biasa saja dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk mengabdikan suatu kejadian atau aktivitas.
-
Teks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusus (misalnya + dan $) yang kombinasi nya tak tergantung masing-masing item secara individual. Contoh teks adalah artikel koran.
Konsep Dasar Sistem Informasi
Definisi Sistem Informasi