SI1012464722

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

ABSTRAKSI

 

Seiring banyaknya gangguan listrik di lapangan, membuat material harus selalu tersedia, sedangkan banyak kekurangan stok material di saat petugas lapangan meminta material yang di butuhkan, hal ini di sebabkan tidak adanya kesiapan dalam perhitungan kebutuhan stok material, agar meminimalisir kesalahan pengadaan material listrik maka di buatlah Sistem Penunjang Keputusan Pengadaan Material Listrik Berbasis Web. Dengan di buatnya sistem ini, diharapkan kebutuhan pengadaan material listrik terpenuhi dan dapat menunjang keputusan dalam pengadaan material listrik kedepannya. Berdasarkan masalah diatas maka peneliti menganalisis kendala yang ada dengan metode analisis PIECES dengan didasarkan pada kinerja sistem (performance), analisis informasi (information), analisis ekonomi (economy), analisis pengendalian (control), analisis efesiensi (efficiency), dan analisis pelayanan (service) menentukan sistem baru layak atau tidak karena enam aspek dalam kerangka PIECES harus mengalami peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya, selain itu sistem ini dirancang menggunakan UML (Unified Modeling language) dan pengujian program dan diusulkan menggunakan Blackbox Testing. Ada pun perancangan aplikasinya menggunakan bahasa pemograman PHP (Personal Home Page) dan pembuatan database pada MYSQL.

Kata kunci:      Material Listrik, Sistem Penunjang Keputusan, Website.

 


KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Skripsi dengan judul SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENGADAAN MATERIAL LISTRIK PADA PT. PLN TELUKNAGA BERBASIS WEB”.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Sistem Informasi di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak, maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesai tepat waktu.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Raharja, M.T.I., selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK RAHARJA dan juga sebagai Dosen Pembimbing I yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  3. Ibu Nur Azizah,M.Akt,M.Kom, selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  4. Ibu Erna Astriyani, S.Kom, sebagai dosen Pembimbing II yang telah membantu, membimbing dan membina dalam pembuatan laporan skripsi ini.

5.Triyonostakeholder, yang telah membantu dalam memberikan data-data dan membimbing penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi.

6.Para Dosen STMIK Raharja yang telah banyak membantu dan membimbing serta memberikan ilmu pengethuanya kepada penulis selama perkuliahan.

7.Kepada Orang Tua yang selama ini telah setia memberikan dorongan semangat, perhatian, dan doa.

8.Calon Istri yang selama ini menemani, memberikan semangat  dan doa.

9.Para sahabat dan rekan-rekan penulisBate, Jagad Kusumayudha, S.Kom, Muhamad Utama Wiputra dimana penulis tidak dapat menyebut satu persatu.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin.

 

 Tangerang,  Januari 2016

                                                                                  

               

                                                                                                                                                                            Fery Maulana


DAFTAR  TABEL  

Tabel 2.1. Tipe Data Pada MYSQL.............................................................................34

Tabel 2.2. Perbedaan Antara Terapan, dasar, dan Evaluasi....................................................63

Tabel 3.1. Hasil Analisa Kerja..............................................................................85

Tabel 3.2. Hasil Analisa Informasi..........................................................................86

Tabel 3.3. Hasil Analisa Ekonomi............................................................................87

Tabel 3.4. Hasil Analisa Control............................................................................87

Tabel 3.5. Hasil Efesiensi..................................................................................88

Tabel 3.6. Hasil Analisa Pelayanan..........................................................................88

Tabel 3.7. Hasil Elisitasi Tahap I..........................................................................94

Tabel 3.8. Hasil Elisitasi Tahap II........................................................................ 96

Tabel 3.9. Hasil Elisitasi Tahap III .......................................................................99

Tabel 3.10. Elisitasi Final.................................................................................94

 

 


DAFTAR GAMBAR                              

                                                                                              

Gambar 2.1.   Petugas Pelayanan Teknik Menangani Gangguan SUTM........................................ 54

Gambar 3.1.  Struktur Organisasi........................................................................... 76

Gambar 3.2.  Use Case Diagram Sistem Yang Berjalan............................................. ...80

Gambar 3.3.   Activity Diagram Yang Berjalan.........................................82

Gambar 3.4. Sequence Diagram Yang Sedang Berjalan............................................. 83

Gambar 4.1. Use Case Diagram yang di Usulkan....................................................... ....87

Gambar 4.2.  Activity Diagram pada sistem yang di Usulkan..........................................88

Gambar 4.3.   State Diagram pada sistem yang Diusulkan....................................... 89

Gambar 4.4.  Sequence Diagram yang diusulkan...................................................... 90

 


DAFTAR SIMBOL

Daftar Simbol UML

 

  1. Simbol UseCase Diagram

 

<tbody> </tbody>
                     
   
 
   
 
   
 
   
 
   
 
 
 
 
 
 

 

 

 

<tbody> </tbody>

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN

1

 

 

Actor

Menspesifikasikan himpuan peran yang pengguna mainkan ketika berinteraksi dengan use case.

2

 

Dependency

Hubungan dimana perubahan yang terjadi pada suatu elemen  mandiri (independent) akan mempengaruhi elemen yang bergantung padanya elemen yang tidak mandiri (independent).

3

 

Generalization

Hubungan dimana objek anak (descendent) berbagi perilaku dan struktur data dari objek yang ada di atasnya objek induk (ancestor).

4

 

Include

Menspesifikasikan bahwa use case sumber secara eksplisit.

5

 

Extend

Menspesifikasikan bahwa use case target memperluas perilaku dari use case sumber pada suatu titik yang diberikan.

6

Association

Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan objek lainnya.

7

 

 

 

 

System

Menspesifikasikan paket yang menampilkan sistem secara terbatas.

 

8

 

Use Case

Deskripsi dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu aktor

9

 

Collaboration

Interaksi aturan-aturan dan elemen lain yang bekerja sama untuk menyediakan prilaku yang lebih besar dari jumlah dan elemen-elemennya (sinergi).

10

 

Note

Elemen fisik yang eksis saat aplikasi dijalankan dan mencerminkan suatu sumber daya komputasi

 

 

  1. Simbol Class diagram

 

<tbody> </tbody>
                     
   
 
   
 
   
 
 
 
   
 
   

 

 

 

<tbody> </tbody>

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN

1

Generalization

Hubungan dimana objek anak (descendent) berbagi perilaku dan struktur data dari objek yang ada di atasnya objek induk (ancestor).

2

 

Nary Association

Upaya untuk menghindari asosiasi dengan lebih dari 2 objek.

 

3

 

Class

Himpunan dari objek-objek yang berbagi atribut serta operasi yang sama.

4

 

Collaboration

Deskripsi dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu aktor

5

 

Realization

Operasi yang benar-benar dilakukan oleh suatu objek.

 

6

 

Dependency

Hubungan dimana perubahan yang terjadi pada suatu elemen mandiri (independent) akan mempegaruhi elemen yang bergantung padanya elemen yang tidak mandiri

7

 

Association

Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan objek lainnya

 

 

 

  1. Simbol Simbol Sequance Diagram

 

<tbody> </tbody>
 
 

 

 

 

<tbody> </tbody>

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN

1

 

LifeLine

Objek entity, antarmuka yang saling berinteraksi.

 

 

2

Message

Spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi

3

 

Message

Spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi

 

 

d.Simbol Simbol State Chart Diagram

<tbody> </tbody>

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN

1

 

State

Nilai atribut dan nilai link pada suatu waktu tertentu, yang dimiliki oleh suatu objek.

2

Initial Pseudo State

Bagaimana objek dibentuk atau diawali

3

Final State

Bagaimana objek dibentuk dan dihancurkan

4

 

Transition

Sebuah kejadian yang memicu sebuah state objek dengan cara memperbaharui satu atau lebih nilai atributnya

5

Association

Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan objek lainnya.

6

 

Node

Elemen fisik yang eksis saat aplikasi dijalankan dan mencerminkan suatu sumber daya komputasi.

 

 

 

  1.  Simbol Simbol Activity Diagram
<tbody> </tbody>

NO

GAMBAR

NAMA

KETERANGAN

1

 

Activity

Memperlihatkan bagaimana masing-masing kelas antarmuka saling berinteraksi satu sama lain

2

 

Action

 

State dari sistem yang mencerminkan eksekusi dari suatu aksi

 

3

 

Initial Node

 

Bagaimana objek dibentuk atau diawali.

 

4

 

Activity

Final Node

 

Bagaimana objek dibentuk dan dihancurkan

5

 

Fork Node

 

Satu aliran yang pada tahap tertentu berubah menjadi beberapa aliran

 

Contributors

Fery maulana