SI1121469076: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB II)
(BAB II)
Baris 427: Baris 427:
 
====Unsur-Unsur Desain Grafis====
 
====Unsur-Unsur Desain Grafis====
 
====Prinsip-Prinsip Desain Grafis====
 
====Prinsip-Prinsip Desain Grafis====
 +
===Definisi Typografy===
 +
===Definisi Tentang Psikologi Warna===
 +
===Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk===
 +
===Definisi Citra atau Image===
 +
===Layout===
 +
====Jenis Layout====
 +
===Teori Desain Komunikasi Visual===
  
2.6.2. Definisi Typografy
+
==Multimedia Audio Visual and Broadcasting==
2.6.3 Definisi Tentang Psikologi Warna
+
===Definisi Multimedia===
2.6.4 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk
+
===Definisi Audio Visual===
2.6.5 Definisi Citra atau Image
+
====Konsep Dasar Audio Visual======
2.6.6 Layout
+
===Definisi Broadcasting===
2.6.6.1 Jenis Layout
+
===Pengertian Sinopsis===
2.6.7 Teori Desain Komunikasi Visual
+
===Pengertian Naskah (Script Writting)===
2.7. Multimedia Audio Visual and Broadcasting
+
===Pengertian Storyboard===
2.7.1 Definisi Multimedia
+
2.7.2 Definisi Audio Visual
+
2.7.2.1 Konsep Dasar Audio Visual
+
2.7.3 Definisi Broadcasting
+
2.7.4 Pengertian Sinopsis
+
2.7.5 Pengertian Naskah (Script Writting)
+
2.7.6 Pengertian Storyboard
+
2.8. Tahapan Produksi Audio Visual
+
2.8.1. Pra Produksi
+
2.8.2. Produksi
+
2.8.3. Pasca Produksi
+
2.9. Pengertian Video
+
2.9.1. Definisi Video
+
2.10. Program Aplikasi Penunjang Media Iklan
+
2.10.1. Adobe Photoshop
+
2.10.2. Aplikasi Adobe After Effect CS6
+
2.11. Elisitasi
+
2.12. Literatur Review
+
  
BAB III IDENTIFIKASI MASALAH
+
 
 +
==Tahapan Produksi Audio Visual==
 +
===Pra Produksi===
 +
===Produksi===
 +
===Pasca Produksi===
 +
 
 +
 
 +
==Pengertian Video==
 +
===Definisi Video===
 +
 
 +
 
 +
==Program Aplikasi Penunjang Media Iklan==
 +
===Adobe Photoshop===
 +
===Aplikasi Adobe After Effect CS6===
 +
 
 +
==Elisitasi==
 +
 
 +
==Literatur Review==
 +
 
 +
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB III'''</div>=
 +
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''IDENTIFIKASI MASALAH'''</div>
 
3.1. Gambaran Umum
 
3.1. Gambaran Umum
 
3.1.1. Sejarah Singkat
 
3.1.1. Sejarah Singkat

Revisi per 31 Januari 2015 03.07

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
NAMA  : Dedy Junaedi

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2014/2015

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2015

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)         (Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, 22 Januari 2015

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat,S.I.Kom)     (Wahyu Hidayat,SE)
NID : 12002     NID : 10010

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, 22 Januari 2014

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(_______________)   (_______________)   (_______________)
NID :   NID :   NID :

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 


PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2015

 
 
 
 
 
(Dedy Junaedi)
NIM : 1121469076

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

 

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi komputer khususnya bidang multimedia audio visual dan broadcasting sudah sangat berkembang pesat saat ini serta semakin luasnya kebutuhan akan informasi pada masyarakat, maka semakin banyak terobosan-terobosan baru dalam menyajiakan informasi baik sebagai media informasi maupun sebagai media promosi. Salah satu contoh media adalah dimana perusahaan dan lembaga berlomba-lomba membuat promosi dalam bentuk digital video yang kemudian disaksikan oleh masyarakat melalui media audio visual. Setelah masyarakat melihat promosi lembaga atau perusahaan yang dikemas dengan digital video yang menarik maka masyarakat merasa penasaran. Promosi dalam bentuk video merupakan terobosan yang sudah lama digunakan oleh banyak perusahaan dan lembaga karena media ini cukup ampuh dalam menyampaikan informasi dan promosi yang tepat, cepat dan akurat. Penyajian media iklan yang menarik dan menghibur akan mendorong masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail dan memiliki minat untuk bergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga tersebut. hal ini bukti bahwa perancangan suatu karya seni meningkat sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. CV. YUKA PRODUCTION sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa burning dan videography dinilai perlu memiliki sebuah media iklan yang menarik dan dapat menjadi media informasi serta media promosi khususnya bagi para calon konsumen.

Kata Kunci: media audio visual, informasi, promosi

 

 

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.

Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :

  1. Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat, ridha, kepada penulis.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Wahyu Hidayat,S.I.Kom, selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak Wahyu Hidayat,SE, selaku pembimbing dua yang dengan sabarnya meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  8. Orang tua tercinta, kakak, adik, dan keluarga besar yang selalu memberi motivasi dan dukungan terhebat, yang tidak pernah lelah membantu, serta do’a yang selalu mengalir kepada penulis.
  9. Ria Julyanti, selaku orang terkasih yang dengan hebatnya mampu setia dan menjadi motivator selama masa pendidikan penulis.
  10. Padeh, Ncus, Madan, Dwi Babon, Jasmintul, Deprok, Lele, Abbe, Tedy, Imam, Resti, Dian, Vita, Taki, Ade, Fifit, Bayong, Ovi, Engkos, Gagas, Ray, Jalu, Arduy, Komunitas MAVIB I, II, III, IV, V, dan semua penghuni kampus yang senantiasa menghibur dikala penulis merasa jenuh.
Tangerang, 22 Januari 2014
Rivai Sungkowo
NIM. 1222473399

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Ruang lingkup Penelitian

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan

Manfaat

Metode Penelitian

Sistematika Penulisan


BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Proses Perancangan Secara Umum

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Jenis-jenis Media

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Data

Pengertian Informasi

Jenis-jenis Informasi

Kualitas Informasi

Nilai Informasi

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Tujuan Promosi

Bentuk Promosi

Konsep Dasar Iklan

Definisi Iklan

Fungsi Iklan

Unsur-unsur Iklan

Prinsip-prinsip Dasar Iklan

Konsep Dasar Desain

Definisi Desain

Fungsi-Fungsi Desain

Unsur-Unsur Desain Grafis

Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Definisi Typografy

Definisi Tentang Psikologi Warna

Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Definisi Citra atau Image

Layout

Jenis Layout

Teori Desain Komunikasi Visual

Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Definisi Multimedia

Definisi Audio Visual

Konsep Dasar Audio Visual==

Definisi Broadcasting

Pengertian Sinopsis

Pengertian Naskah (Script Writting)

Pengertian Storyboard

Tahapan Produksi Audio Visual

Pra Produksi

Produksi

Pasca Produksi

Pengertian Video

Definisi Video

Program Aplikasi Penunjang Media Iklan

Adobe Photoshop

Aplikasi Adobe After Effect CS6

Elisitasi

Literatur Review

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

3.1. Gambaran Umum 3.1.1. Sejarah Singkat 3.1.2. Visi dan Misi 3.2. Struktur Organisasi 3.2.1. Tugas dan Fungsi Pokok 3.3 Informasi Produk 3.3.1. Produk 3.3.2. Produki 3.3.3. Latar Belakang Produk 3.3.4. Material Produk 3.3.5. Spesifikasi Produk 3.3.6. Harga Produk 3.3.7. Perkembangan Media Promosi 3.3.8. Informasi Harga 3.4. Market analisys 3.4.1. Market Positioning 3.4.2. Conditions of Competitor 3.5. Market Segmentation 3.6. Marketing Objecktive (Tujuan Pemasaran) 3.7. Marketing Strategi (Strategi Pemasaran) 3.8. Konfigurasi Sistem 3.8.1. Spesifikasi Hardware 3.8.2. Aplikasi yang digunakan (Software)3.8.3. Hak Akses (Brainware)


BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA 4.1. Preproduction 4.1.1. Observasi 4.1.2. Pengumpulan Data 4.1.3. Analisa Data 4.1.4. Ide atau Gagasan 4.1.5. Pesan yang disampaikan 4.1.6. Visualisasi Berdasarkan Konteks 4.1.7. Sinopsis 4.1.8. Layout 4.1.9. Script Breakdown Sheet 4.1.10 Time Schedulling 4.1.11 Peralatan yang digunakan 4.1.12 Produksi team (crew) & talent 4.2. Production 4.2.1. Perencanaan Multimedia 4.2.1.1. Tujuan Multimedia 4.2.1.2. Strategi Multimedia 4.2.1.3. Program Multimedia 4.2.2. Perencanaan Audio 4.2.2.1. Tujuan Audio 4.2.2.2. Strategi Audio 4.2.2.3. Program Audio 4.2.3. Perencanaan Visual 4.2.3.1. Tujuan Visual 4.2.3.2. Strategi Visual 4.2.3.3. Program Visual 4.2.4. Perencanaan Broadcasting 4.2.4.1. Tujuan Broadcasting 4.2.4.2. Strategi Broadcasting 4.2.4.3. Program Broadcasting 4.3. Postproduction 4.3.1. Digitizing 4.3.2. Editting 4.3.3. Mixing 4.3.4. Finishing


BAB V PENUTUP 5.1. KESIMPULAN 5.2. SARAN

Contributors

Dedy Junaedi