SI1521490211: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 379: Baris 379:
  
 
{{pagebreak}}<hr/>
 
{{pagebreak}}<hr/>
 +
 +
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>=
 +
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 +
 +
==Latar Belakang==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pesatnya perkembangan teknologi pada era globalisasi dan era komunikasi ditandai dengan banyaknya pelaku bisnis bahkan juga perusahan manufaktur yang memanfaatkan teknologi informasi berbasiskan komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam mencapai porduktifitas yang tinggi.
 +
Banyak perindustrian yang memanfaatkan teknologi komputasi dalam
 +
berbagai hal. Salah satunya adalah langkah sebuah solusi dalam memilih
 +
berbagai alternatif pemecahan masalah untuk menunjang kualitas produk yang
 +
baik. Sistem informasi berbasis komputer juga diperlukan untuk
 +
meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja pada perusahan manufaktur.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">PT. Shyang Yao Fung adalah perusahaan industri manufaktur yang
 +
bergerak di bidang sepatu olahraga yang bermerek Adidas yang memproduksi
 +
sepatu untuk pria, wanita, dan anak-anak. Dengan menggunakan bahan dasar
 +
yang terbuat dari kulit, kulit sintetis dan textile. Produksi sepatu yang
 +
dihasilkan akan diekspor keluar negeri seperti ''Jerman, Spanyol, Italia, Afrika
 +
Selatan, Amerika, Mexico, Brazil, Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong'' dan
 +
Negara-negara lainnya. namun permasalahan yang ditemui dalam proses
 +
produksi adalah sering terdapat ''reject;; akibat kecacatan produk selama proses
 +
''Cutting, Sewing, Assembling (CSA).'' Padahal perusahaan tersebut mempunyai
 +
tujuan mutu yang salah satunya adalah memuaskan konsumen dengan kualitas
 +
yang sangat baik.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Selama ini pengendalian kualitas dilakukan oleh ''operator QC (Quality
 +
Control).'' Namun tindakan yang diambil untuk mengatasi permasalahan dalam
 +
proses seringkali tidak tepat. Hal ini disebabkan karena keterbatasan jumlah
 +
dan pengetahuan ''operator QC.'' Selain itu jumlah teknikal yang benar-benar
 +
ahli proses ''CSA'' juga terbatas. Sedangkan untuk mendapatkan seseorang yang
 +
ahli ini diperlukan waktu yang lama dan membutuhkan biaya yang sangat
 +
mahal untuk melatihnya. Sama halnya dengan proses ''Stock Fitting,''
 +
pengendalian kualitas juga dilakukan oleh ''operator QC.'' Namun tidak jarang
 +
juga keputusan yang diambil kurang tepat sebagai akibat kurangnya
 +
pengetahuan dan keahlian operator. Akibatnya proses produksi mengalami
 +
penundaan dan tidak tercapainya target produktifitas pada proses produksi.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dirancang
 +
suatu sistem pakar ''(expert system)'' yang dapat memberikan informasi dalam
 +
menganalisa masalah mengenai kecacatan produk sepatu yang diakibatkan
 +
oleh kesalahan pada saat proses produksi. Sehingga demikian ''operator QC''
 +
dapat dengan cepat dalam mencari langkah solusi untuk menanganinya.
 +
</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Diharapkan dengan adanya apliksi sistem pakar ini, maka dalam proses
 +
produksi pada PT.Shyang Yao Fung dapat berjalan dengan lebih baik dan bisa
 +
mencapai target yang di inginkan perusahaan dalam mencapai produktifitas
 +
yang tinggi. Dalam penelitian ini penulis memberi judul '''” APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI DALAM MENUNJANG KUALITAS PRODUK PADA PT. SHYANG YAO FUNG INDUSTRI”'''</p></div>
 +
 +
==Rumusan Masalah==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Berdasarkan penjelasan latar belakang yang telah diuraikan diatas, terdapat beberapa rumusan masalah dalam membangun sistem informasi. diantaranya:</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Bagaimana sistem pengendalian kualitas dalam proses produksi yang
 +
berjalan saat ini pada PT.Shyang Yao Fung Industri?
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Apakah sistem pengendalian kualitas dalam proses produksi yang berjalan saat ini pada PT. Shyang Yao Fung Industri dapat membantu ''operator QC'' untuk menganalisa masalah pada kecacatan produk sepatu?
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Hal-hal apa saja yang perlu dianalisis sebelum perancangan dan setelah aplikasi berhasil dibangun?
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Bagaimana merancang suatu aplikasi sistem pakar yang dapat menunjang kualiatas produk dalam pengendalian proses produksi yang berjalan saat ini pada PT. Shyang Yao Fung Industri ?
 +
</ol>
 +
 +
==Tujuan dan Manfaat==
 +
 +
===Tujuan Penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk memperoleh data dan
 +
informasi yang mana akan digunakan untuk mencari solusi dalam
 +
permasalahan sesuai dengan rumusan masalah yang telah dijabarkan
 +
sebelumnya. Dalam penulisan skripsi ini penulis memiliki tujuan penelitian
 +
yaitu :
 +
</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Membuat atau menciptakan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Pengendalian
 +
Proses Produksi Dalam menunjang Kualitas Produk Pada PT. Shyang
 +
Yao Fung Industri.
 +
</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Menganalisa jenis-jenis kecacatan produk saat proses produksi pada PT.
 +
Shyang Yao Fung Industri.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kecacatan
 +
pada produk saat proses produksi pada PT. Shyang Yao Fung Industri.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Memberikan solusi pemecahan masalah dari identifikasi factor-faktor
 +
penyebab kecacatan produk pada PT. Shyang Yao Fung Industri.</p>
 +
</li></ol>
 +
 +
===Manfaat Penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Bagi Pakar
 +
Aplikasi sistem pakar ini dapat memberikan sebuah kontribusi besar dalam
 +
membantu tugas seorang pakar atau teknikal untuk mendeteksi lebih dini
 +
masalah saat proses produksi untuk menunjang kualitas produk.
 +
</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Bagi User
 +
Aplikasi sistem pakar ini dapat digunakan oleh operator QC sebagai acuan
 +
dalam pemecahan setiap masalah yang ditemukan saat proses produksi
 +
demi menunjang kualitas produk sesuai dengan standarisasi produk yang
 +
telah ditentukan.
 +
</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Bagi Penulis
 +
Dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama masa
 +
perkuliahan. Hasil dari perancangan sistem pakar ini juga akan menambah
 +
wawasan dan pengetahuan bagi penulis mengenai sistem pakar.
 +
</p>
 +
</li></ol>
 +
 +
==Ruang Lingkup Penelitian==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Didalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang sistem pakar ''(expert system)'' yang dapat memberikan informasi dalam menganalisa masalah mengenai kecacatan produk sepatu yang diakibatkan oleh kesalahan pada saat proses produksi. Agar penulisan skripsi ini mencapai sasaran maka penulis membuat ruang lingkup pembahasan yang meliputi menganalisa penyebab dan memberi solusi terhadap masalah setiap kecacatan produk sepatu pada PT. Shyang Yao Fung Industri. </p></div>
 +
 +
==Metode Penelitian==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan beberapa metode penelitian untuk mendapatkan data yang berisi informasi yang nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk penelitian. Berikut adalah beberapa metode penelitian yang penulis gunakan:</p></div>
 +
 +
===Metode Pengumpulan Data===
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2"> Pengamatan
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Melakukan peninjauan atau pengamatan secara langsung kelapangan
 +
pada lini produksi PT.Shyang Yao Fung Industri dengan cara
 +
mengumpulkan data, informasi, dan mempelajari faktor-faktor
 +
kecacatan atau masalah produk serta solusinya.</p></div>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Wawancara
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Melakukan kegiatan tanya jawab dengan Supervisor QC PT.Shyang
 +
Yao Fung Industri yang berperan sebagai ''stakeholder'' pada penelitian
 +
ini, guna memperoleh informasi agar data yang diperoleh lebih akurat.
 +
</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Study Pustaka
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Dilakukan dengan cara mempelajari referensi-referensi buku, artikel
 +
berhubungan dengan aplikasi sistem pakar untuk pengendalian kualitas
 +
produk. Pengumpulan data dengan memanfaatkan daftar pustaka ini
 +
adalah agar dapat lebih mendukung objek suatu penelitian dengan
 +
melakukan perbandingan teori-teori yang sudah ada dengan praktek
 +
yang ada di lokasi sumber data</p></div>
 +
</ol>
 +
===Metode Analisa===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Metode analisa yang digunakan yaitu ''fishbone diagram''. Diagram ''fishbone'' merupakan metode yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas, khususnya dalam industri manufaktur.</p></div>
 +
 +
===Metode Perancangan===
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada metode perancangan ini penulis menggunakan ''Program Visual Paradigm for UML 14.1 Enterprise Edition'' untuk membuat ''Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram.''</p></div>
 +
 +
===Metode Pengembangan Perangkat Lunak===
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">''Prototyping''
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Prototype adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan. Dengan menggunakan Metode ''prototyping'' ini , penulis dan stakeholder dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Sering terjadi ''stakeholder'' hanya mendefinisikan secara umum apa yang dibutuhkan , pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan . Sebaliknya , disisi pengembang kurang memperhatikan efisiensi Algoritma. Kemampuan sistem operasi dan ''interface'' yang menghubungkan manusia dengan komputer.</p></div>
 +
</ol>
 +
 +
===Metode Pengujian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">''Black-Box Testing'' merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi ''input'' dan melakukan pengetesan pada spesifikasi ''fungsional program.'' Penulis memilih metode ''Black-Box Testing'' karena melakukan pengujian berdasarkan apa yang dilihat, hanya fokus terhadap fungsionalitas dan ''output.'' Pengujian lebih ditujukan pada desain ''software'' sesuai standar dan reaksi apabila terdapat celah-celah dan kesalahan performa. </p></div>
 +
 +
==Sistematika Penulisan==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Untuk mempermudah dalam menjelaskan pembahasan masalah, maka materi yang terdapat dalam laporan Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa bab dan sistematika penyampaiannya adalah sebagai berikut:</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB I PENDAHULUAN'''</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Dalam bab ini menjelaskan secara umum tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup atau batasan masalah, metode penelitian, metode analisa yang digunakan dan sistematika penulisan</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB II LANDASAN TEORI'''</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab 2 membahas tentang beberapa teori yang mendukung ''literature review'' dan penganalisaan. Landasan teori meliputi teori umum dan khusus. Dalam teori umum berisikan teori yang bersifat umum yang digunakan sebagai acuan mengenai konsep dasar sistem. Sedangkan teori khusus berisi teori penunjang secara teknis yang digunakan sebagai acuan.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB III PEMBAHASAN'''</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab ini membahas gambaran umum perusahaan, permasalahan yang ada dalam perusahaan, sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan struktur organisasi perusahaan, tujuan dan fungsi instansi yang terkait dengan bidang kajian permasalahan yang ada dalam perusahaan, prosedur sistem berjalan, rancangan sistem berjalan menggunakan ''Unified Modeling Language'' (UML), analisa sistem berjalan, metode analisa, analisa masukan proses dan keluaran, ''Framework'', konfigurasi sistem berjalan, permasalahan yang dihadapi, analisa kebutuhan, analisa masalah, dan elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta ''final draft'' elisitasi.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN'''</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab IV membahas tentang perancangan sistem usulan. Selain itu, dalam bab IV juga membahas Analisa sistem yang diusulkan mulai dari perancangan proses ''Unified Modelling Language'' (UML), rancangan database, ''layout'' atau tampilan program, pengujian program dan implementasi sistem yang diusulkan.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB V PENUTUP'''</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini merupakan kesimpulan hasil analisa dari penelitian yang telah dilakukan, dan memberikan jawaban dari tujuan penelitian, dan memberikan saran-saran yang bersifat membangun sebagai masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam penyusunan sekaligus akhir dari laporan ini.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">DAFTAR PUSTAKA</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">LAMPIRAN</p></div>
 +
 +
{{Pagebreak}}<hr/>

Revisi per 7 Februari 2020 13.00


PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI

BERUPA MAJALAH DAN BROSUR

UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1521490211

NAMA : YULIAN DWI GUSTANTO


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Dekan Fakultas
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja Informatika
       
Program Studi Teknik
           
           
           
                       
       
(Ruli Supriati,S.Kom.,M.T.I.)
NIP : 006095
       
NIP : 073009
       
Rektor
       
Universitas Raharja
       
           
           
           
                       
(Dr. Po. (Abas Sunarya, M.Si)
NIP : 000603

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Junaidi, S.Kom.., M.kom)
   
(Wahyu Hidayat S.I..,Kom)
NID : 05062
   
NID : 12002



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2019 / 2020

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

 

Tangerang, Januari 2020
Yulian Dwi Gustanto
NIM : 1521490211

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

Pada dasarnya perkembangan dan kemajuan teknologi informasi kian hari semakin pesat. Saat ini informasi bisa didapat dari mana saja, dan salah satunya melalui media cetak seperti majalah dan juga brosur. Informasi berperan sangat penting dikehidupan masyarakat saat ini, dengan adanya informasi memudahkan masyarakat dalam mencari info-info yang ingin mereka cari. Khususnya media cetak berbentuk desain, dan salah satu media desain yang nantinya bisa digunakan sebagai media informasi dan promosi adalah majalah dan brosur. Oleh karena itu penulis membuat media desain majalah dan brosur pada SMK AL-Ijtihad Tangerang agar bisa digunakan untuk memberikan informasi dan juga promosi yang mudah diketahui oleh masyarakat, promosi pun menjadi lebih efektif dan menarik dengan desain majalah dan brosur tersebut. Untuk nantinya diharapkan dapat meningkatkan citra sekolah dan bisa dipromosikan kepada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan SMK. Perancangan desain majalah dan brosur ini sendiri dibuat menggunakan software desain Adobe Photoshop cs6, oleh karena itu penulis melakukan perancangan media desain majalah dan brosur yang dirangkum dalam laporan skripsi ini. Dan semoga bisa diimplementasikan sekolah sebagai media informasi maupun promosi untuk menarik calon siswa-siswi baru.

Kata kunci : [Informasi, Majalah,Promosi]


ABSTRACT


Basically, the development and progress of information technology is increasingly rapid. At present information can be obtained from anywhere, and one of them through print media such as magazines and brochures. Information plays a very important role in people's lives today, with information making it easier for people to find the information they want to find. Especially print media in the form of design, and one of the design media that can later be used as information and promotional media is magazines and brochures. Therefore, the authors make the media design of magazines and brochures at the AL-Ijtihad Tangerang Vocational School so that they can be used to provide information and also promotions that are easily known by the public, and the promotion becomes more effective and attractive with the design of the magazine and brochure. For later it is hoped that it can improve the image of the school and can be promoted to students who wish to continue their education to a vocational level. The design of the magazine and brochure design itself was created using Adobe Photoshop cs6 design software, therefore the authors did the design of the magazine and brochure design media summarized in this thesis report. And hopefully the school can be implemented as a medium of information and promotion to attract prospective new students.

Keywords: [Information,Magazine, stock, Promotion]



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pesatnya perkembangan teknologi pada era globalisasi dan era komunikasi ditandai dengan banyaknya pelaku bisnis bahkan juga perusahan manufaktur yang memanfaatkan teknologi informasi berbasiskan komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam mencapai porduktifitas yang tinggi. Banyak perindustrian yang memanfaatkan teknologi komputasi dalam berbagai hal. Salah satunya adalah langkah sebuah solusi dalam memilih berbagai alternatif pemecahan masalah untuk menunjang kualitas produk yang baik. Sistem informasi berbasis komputer juga diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja pada perusahan manufaktur.

PT. Shyang Yao Fung adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang sepatu olahraga yang bermerek Adidas yang memproduksi sepatu untuk pria, wanita, dan anak-anak. Dengan menggunakan bahan dasar yang terbuat dari kulit, kulit sintetis dan textile. Produksi sepatu yang dihasilkan akan diekspor keluar negeri seperti Jerman, Spanyol, Italia, Afrika Selatan, Amerika, Mexico, Brazil, Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong dan Negara-negara lainnya. namun permasalahan yang ditemui dalam proses produksi adalah sering terdapat reject;; akibat kecacatan produk selama proses Cutting, Sewing, Assembling (CSA). Padahal perusahaan tersebut mempunyai tujuan mutu yang salah satunya adalah memuaskan konsumen dengan kualitas yang sangat baik.

Selama ini pengendalian kualitas dilakukan oleh operator QC (Quality Control). Namun tindakan yang diambil untuk mengatasi permasalahan dalam proses seringkali tidak tepat. Hal ini disebabkan karena keterbatasan jumlah dan pengetahuan operator QC. Selain itu jumlah teknikal yang benar-benar ahli proses CSA juga terbatas. Sedangkan untuk mendapatkan seseorang yang ahli ini diperlukan waktu yang lama dan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk melatihnya. Sama halnya dengan proses Stock Fitting, pengendalian kualitas juga dilakukan oleh operator QC. Namun tidak jarang juga keputusan yang diambil kurang tepat sebagai akibat kurangnya pengetahuan dan keahlian operator. Akibatnya proses produksi mengalami penundaan dan tidak tercapainya target produktifitas pada proses produksi.

Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dirancang suatu sistem pakar (expert system) yang dapat memberikan informasi dalam menganalisa masalah mengenai kecacatan produk sepatu yang diakibatkan oleh kesalahan pada saat proses produksi. Sehingga demikian operator QC dapat dengan cepat dalam mencari langkah solusi untuk menanganinya.

Diharapkan dengan adanya apliksi sistem pakar ini, maka dalam proses produksi pada PT.Shyang Yao Fung dapat berjalan dengan lebih baik dan bisa mencapai target yang di inginkan perusahaan dalam mencapai produktifitas yang tinggi. Dalam penelitian ini penulis memberi judul ” APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI DALAM MENUNJANG KUALITAS PRODUK PADA PT. SHYANG YAO FUNG INDUSTRI”

Rumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan latar belakang yang telah diuraikan diatas, terdapat beberapa rumusan masalah dalam membangun sistem informasi. diantaranya:

  1. Bagaimana sistem pengendalian kualitas dalam proses produksi yang berjalan saat ini pada PT.Shyang Yao Fung Industri?
  2. Apakah sistem pengendalian kualitas dalam proses produksi yang berjalan saat ini pada PT. Shyang Yao Fung Industri dapat membantu operator QC untuk menganalisa masalah pada kecacatan produk sepatu?
  3. Hal-hal apa saja yang perlu dianalisis sebelum perancangan dan setelah aplikasi berhasil dibangun?
  4. Bagaimana merancang suatu aplikasi sistem pakar yang dapat menunjang kualiatas produk dalam pengendalian proses produksi yang berjalan saat ini pada PT. Shyang Yao Fung Industri ?

Tujuan dan Manfaat

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk memperoleh data dan informasi yang mana akan digunakan untuk mencari solusi dalam permasalahan sesuai dengan rumusan masalah yang telah dijabarkan sebelumnya. Dalam penulisan skripsi ini penulis memiliki tujuan penelitian yaitu :

  1. Membuat atau menciptakan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Pengendalian Proses Produksi Dalam menunjang Kualitas Produk Pada PT. Shyang Yao Fung Industri.

  2. Menganalisa jenis-jenis kecacatan produk saat proses produksi pada PT. Shyang Yao Fung Industri.

  3. Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kecacatan pada produk saat proses produksi pada PT. Shyang Yao Fung Industri.

  4. Memberikan solusi pemecahan masalah dari identifikasi factor-faktor penyebab kecacatan produk pada PT. Shyang Yao Fung Industri.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagi Pakar Aplikasi sistem pakar ini dapat memberikan sebuah kontribusi besar dalam membantu tugas seorang pakar atau teknikal untuk mendeteksi lebih dini masalah saat proses produksi untuk menunjang kualitas produk.

  2. Bagi User Aplikasi sistem pakar ini dapat digunakan oleh operator QC sebagai acuan dalam pemecahan setiap masalah yang ditemukan saat proses produksi demi menunjang kualitas produk sesuai dengan standarisasi produk yang telah ditentukan.

  3. Bagi Penulis Dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan. Hasil dari perancangan sistem pakar ini juga akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis mengenai sistem pakar.

Ruang Lingkup Penelitian

Didalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang sistem pakar (expert system) yang dapat memberikan informasi dalam menganalisa masalah mengenai kecacatan produk sepatu yang diakibatkan oleh kesalahan pada saat proses produksi. Agar penulisan skripsi ini mencapai sasaran maka penulis membuat ruang lingkup pembahasan yang meliputi menganalisa penyebab dan memberi solusi terhadap masalah setiap kecacatan produk sepatu pada PT. Shyang Yao Fung Industri.

Metode Penelitian

Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan beberapa metode penelitian untuk mendapatkan data yang berisi informasi yang nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk penelitian. Berikut adalah beberapa metode penelitian yang penulis gunakan:

Metode Pengumpulan Data

  1. Pengamatan

    Melakukan peninjauan atau pengamatan secara langsung kelapangan pada lini produksi PT.Shyang Yao Fung Industri dengan cara mengumpulkan data, informasi, dan mempelajari faktor-faktor kecacatan atau masalah produk serta solusinya.

  2. Wawancara

    Melakukan kegiatan tanya jawab dengan Supervisor QC PT.Shyang Yao Fung Industri yang berperan sebagai stakeholder pada penelitian ini, guna memperoleh informasi agar data yang diperoleh lebih akurat.

  3. Study Pustaka

    Dilakukan dengan cara mempelajari referensi-referensi buku, artikel berhubungan dengan aplikasi sistem pakar untuk pengendalian kualitas produk. Pengumpulan data dengan memanfaatkan daftar pustaka ini adalah agar dapat lebih mendukung objek suatu penelitian dengan melakukan perbandingan teori-teori yang sudah ada dengan praktek yang ada di lokasi sumber data

Metode Analisa

Metode analisa yang digunakan yaitu fishbone diagram. Diagram fishbone merupakan metode yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas, khususnya dalam industri manufaktur.

Metode Perancangan

Pada metode perancangan ini penulis menggunakan Program Visual Paradigm for UML 14.1 Enterprise Edition untuk membuat Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram.

Metode Pengembangan Perangkat Lunak

  1. Prototyping

    Prototype adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan. Dengan menggunakan Metode prototyping ini , penulis dan stakeholder dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Sering terjadi stakeholder hanya mendefinisikan secara umum apa yang dibutuhkan , pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan . Sebaliknya , disisi pengembang kurang memperhatikan efisiensi Algoritma. Kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia dengan komputer.

Metode Pengujian

Black-Box Testing merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program. Penulis memilih metode Black-Box Testing karena melakukan pengujian berdasarkan apa yang dilihat, hanya fokus terhadap fungsionalitas dan output. Pengujian lebih ditujukan pada desain software sesuai standar dan reaksi apabila terdapat celah-celah dan kesalahan performa.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam menjelaskan pembahasan masalah, maka materi yang terdapat dalam laporan Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa bab dan sistematika penyampaiannya adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini menjelaskan secara umum tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup atau batasan masalah, metode penelitian, metode analisa yang digunakan dan sistematika penulisan

BAB II LANDASAN TEORI

Bab 2 membahas tentang beberapa teori yang mendukung literature review dan penganalisaan. Landasan teori meliputi teori umum dan khusus. Dalam teori umum berisikan teori yang bersifat umum yang digunakan sebagai acuan mengenai konsep dasar sistem. Sedangkan teori khusus berisi teori penunjang secara teknis yang digunakan sebagai acuan.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini membahas gambaran umum perusahaan, permasalahan yang ada dalam perusahaan, sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan struktur organisasi perusahaan, tujuan dan fungsi instansi yang terkait dengan bidang kajian permasalahan yang ada dalam perusahaan, prosedur sistem berjalan, rancangan sistem berjalan menggunakan Unified Modeling Language (UML), analisa sistem berjalan, metode analisa, analisa masukan proses dan keluaran, Framework, konfigurasi sistem berjalan, permasalahan yang dihadapi, analisa kebutuhan, analisa masalah, dan elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Pada bab IV membahas tentang perancangan sistem usulan. Selain itu, dalam bab IV juga membahas Analisa sistem yang diusulkan mulai dari perancangan proses Unified Modelling Language (UML), rancangan database, layout atau tampilan program, pengujian program dan implementasi sistem yang diusulkan.

BAB V PENUTUP

Pada bab ini merupakan kesimpulan hasil analisa dari penelitian yang telah dilakukan, dan memberikan jawaban dari tujuan penelitian, dan memberikan saran-saran yang bersifat membangun sebagai masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam penyusunan sekaligus akhir dari laporan ini.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


Contributors

Yulian Dwi Gustanto

Diperoleh dari "https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1521490211&oldid=369567"