SI1121469076: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(←Membuat halaman berisi '<div style="font-family: 'times new roman';text-align: center"> <p style="line-height: 1;font-size: 16pt">'''PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG'''</p> <p styl...')
 
Baris 287: Baris 287:
 
<div style="font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<div style="font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
  <p style="line-height: 2; text-align: center; font-size: 14pt">ABSTRAKSI</p>
 
  <p style="line-height: 2; text-align: center; font-size: 14pt">ABSTRAKSI</p>
  <p style="line-height: 1; font-size: 12pt">Isi abstraksi dengan bahasa indonesis.</p>
+
  <p style="line-height: 1; font-size: 12pt">Perkembangan teknologi komputer khususnya bidang multimedia audio visual dan broadcasting sudah sangat berkembang pesat saat ini serta semakin luasnya kebutuhan akan informasi pada masyarakat, maka semakin banyak terobosan-terobosan baru dalam menyajiakan informasi baik sebagai media informasi maupun sebagai media promosi. Salah satu contoh media adalah dimana perusahaan dan lembaga berlomba-lomba membuat promosi dalam bentuk digital video yang kemudian disaksikan oleh masyarakat melalui media audio visual. Setelah masyarakat melihat promosi lembaga atau perusahaan yang dikemas dengan digital video yang menarik maka masyarakat merasa penasaran. Promosi dalam bentuk video merupakan terobosan yang sudah lama digunakan oleh banyak perusahaan dan lembaga karena media ini cukup ampuh dalam menyampaikan informasi dan promosi yang tepat, cepat dan akurat. Penyajian media iklan yang menarik dan menghibur akan mendorong masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail dan memiliki minat untuk bergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga tersebut. hal ini bukti bahwa perancangan suatu karya seni meningkat sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. CV. YUKA PRODUCTION sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa burning dan videography dinilai perlu memiliki sebuah media iklan yang menarik dan dapat menjadi media informasi serta media promosi khususnya bagi para calon konsumen.</p>
<p style="line-height: 1; font-size: 12pt">''Kata Kunci: ........''</p>
+
  <p style="line-height: 1; font-size: 12pt">Kata Kunci: ''media audio visual, informasi, promosi''</p>
<p style="line-height: 2">&nbsp;</p>
+
 
+
 
+
<p style="line-height: 2; text-align: center; font-size: 14pt">ABSTRACT</p>
+
  <p style="line-height: 1; font-size: 12pt">Isi abstraksi dengan bahasa indonesis.</p>
+
 
+
<p style="line-height: 1; font-size: 12pt">''Kata Kunci: ........''</p>
+
 
</div>
 
</div>
  
Baris 305: Baris 298:
 
  <p style="line-height: 2; text-align: center; font-size: 14pt">'''KATA PENGANTAR'''</p>
 
  <p style="line-height: 2; text-align: center; font-size: 14pt">'''KATA PENGANTAR'''</p>
 
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt">Bismillahirrahmanirrahim.</p>
 
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt">Bismillahirrahmanirrahim.</p>
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.</p>
+
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.</p>
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.
+
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.</p>
</p>
+
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.</p>
 
+
<p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :</p>
  <p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :</p>
+
 
  <div style="line-height: 2;font-size: 12pt">
 
  <div style="line-height: 2;font-size: 12pt">
 +
 +
# Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat, ridha, kepada penulis.
 
# Bapak Ir. [[Untung Rahardja]], M.T.I selaku Ketua STMIK [[Perguruan Tinggi Raharja]].
 
# Bapak Ir. [[Untung Rahardja]], M.T.I selaku Ketua STMIK [[Perguruan Tinggi Raharja]].
 +
# Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
 
# Bapak [[Junaidi]], M.Kom selaku Kepala Jurusan [[Teknik Informatika]].
 
# Bapak [[Junaidi]], M.Kom selaku Kepala Jurusan [[Teknik Informatika]].
# Bapak Ary Budi Warsito, M.Kom dan Bapak Muhamad Yusup, M.Kom selaku dosen pembimbing yang telah banyak membantu dalam penyusunan laporan Skripsi.
+
# Bapak Wahyu Hidayat,S.I.Kom, selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
# Hormat dan bakti penulis khususkan pada orang tua tercinta yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil serta do'a sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan dengan baik.
+
# Bapak Wahyu Hidayat,SE, selaku pembimbing dua yang dengan sabarnya meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis.
# Ely Susanti yang telah banyak memberikan semangat kepada penulis.
+
# Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
# Seluruh Team Naga Hitam
+
# Orang tua tercinta, kakak, adik, dan keluarga besar yang selalu memberi motivasi dan dukungan terhebat, yang tidak pernah lelah membantu, serta do’a yang selalu mengalir kepada penulis.
# Teman-teman seperjuangan yaitu: Ade Setiadi, Ahmad Nur Firdaus, Bayu Porsea Yudha, Dhimas Pradipta, Dwi Fitri Parmania, Dedy Junaedi, Fifit Alfiah, Imam Firmansyah, Jasmine Dara Assyifa, Muhammad Arba Adnandi, Rafif Tri Widiarso, Ramadhan Adi Saputra dan Rokhimudin Bastomy yang saling bekerja sama dalam pembuatan laporan Skripsi ini.
+
# Ria Julyanti, selaku orang terkasih yang dengan hebatnya mampu setia dan menjadi motivator selama masa pendidikan penulis.
# Teman-teman yang berada di kantin yaitu: Anggi Anggriani, Allyufi Fazril Rasyidin, Devi Nurfilah, Iman Nurjaman, Khanna Tiara, S.Kom, Muhammad Alfian, Muhammad RIfqi Attaqi, Nursalim, Lely Suryani, Septian Tedy Wibowo, Yody Ibram Julianto, Yudi Prastiawan, Zakiatu Rofingah yang selalu memberikan dukungan dan motivasi.
+
# Padeh, Ncus, Madan, Dwi Babon, Jasmintul, Deprok, Lele, Abbe, Tedy, Imam, Resti, Dian, Vita, Taki, Ade, Fifit, Bayong, Ovi, Engkos, Gagas, Ray, Jalu, Arduy, Komunitas MAVIB I, II, III, IV, V, dan semua penghuni kampus yang senantiasa menghibur dikala penulis merasa jenuh.
# Rekan-rekan Komunitas Software Engineering yaitu: Angga Bahtiar Rizky, Deddy Pratama, Eka Purnama Harahap, Baiq Anezy Pahad
+
# Team Basket MAMS yaitu: Ade Kosashi, Deden Bagja Sudrajat, Rochman Gagas Wicaksono
+
# Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah ikut membantu dalam penyusunan laporan Skripsi ini.
+
 
  </div>
 
  </div>
<p style="line-height: 2; font-size: 12pt; text-indent: 0.5in">Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.</p>
 
 
  <div align="right" style="font-size: 12pt">
 
  <div align="right" style="font-size: 12pt">
 
   {| width="100%" align="right"
 
   {| width="100%" align="right"
Baris 383: Baris 374:
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
 +
 +
1.1. Latar Belakang
 +
1.2. Rumusan Masalah
 +
1.3. Ruang lingkup Penelitian
 +
1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
 +
1.4.1 Tujuan
 +
1.4.2 Manfaat
 +
1.5. Metode Penelitian
 +
1.6. Sistematika Penulisan
 +
 +
BAB II LANDASAN TEORI
 +
2.1. Konsep Dasar Perancangan
 +
2.1.1. Pengertian Perancangan
 +
2.1.2. Proses Perancangan Secara Umum
 +
2.2. Konsep Dasar Media
 +
2.2.1. Pengertian Media
 +
2.2.2. Jenis-jenis Media
 +
2.3. Konsep Dasar Informasi
 +
2.3.1. Pengertian Data
 +
2.3.2. Pengertian Informasi
 +
2.3.3. Jenis-jenis Informasi
 +
2.3.4. Kualitas Informasi
 +
2.3.5. Nilai Informasi
 +
2.4. Konsep Dasar Promosi
 +
2.4.1. Pengertian Promosi
 +
2.4.2. Tujuan Promosi
 +
2.4.3. Bentuk Promosi
 +
2.5. Konsep Dasar Iklan
 +
2.5.1. Definisi Iklan
 +
2.5.2. Fungsi Iklan
 +
2.5.3. Unsur-unsur Iklan
 +
2.5.4. Prinsip-prinsip Dasar Iklan
 +
2.6. Konsep Dasar Desain
 +
2.6.1. Definisi Desain
 +
2.6.1.1 Fungsi – Fungsi Desain
 +
2.6.1.2 Unsur-Unsur Desain Grafis
 +
2.6.1.3 Prinsip-Prinsip Desain Grafis
 +
2.6.2. Definisi Typografy
 +
2.6.3 Definisi Tentang Psikologi Warna
 +
2.6.4 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk
 +
2.6.5 Definisi Citra atau Image
 +
2.6.6 Layout
 +
2.6.6.1 Jenis Layout
 +
2.6.7 Teori Desain Komunikasi Visual
 +
2.7. Multimedia Audio Visual and Broadcasting
 +
2.7.1 Definisi Multimedia
 +
2.7.2 Definisi Audio Visual
 +
2.7.2.1 Konsep Dasar Audio Visual
 +
2.7.3 Definisi Broadcasting
 +
2.7.4 Pengertian Sinopsis
 +
2.7.5 Pengertian Naskah (Script Writting)
 +
2.7.6 Pengertian Storyboard
 +
2.8. Tahapan Produksi Audio Visual
 +
2.8.1. Pra Produksi
 +
2.8.2. Produksi
 +
2.8.3. Pasca Produksi
 +
2.9. Pengertian Video
 +
2.9.1. Definisi Video
 +
2.10. Program Aplikasi Penunjang Media Iklan
 +
2.10.1. Adobe Photoshop
 +
2.10.2. Aplikasi Adobe After Effect CS6
 +
2.11. Elisitasi
 +
2.12. Literatur Review
 +
 +
BAB III IDENTIFIKASI MASALAH
 +
3.1. Gambaran Umum
 +
3.1.1. Sejarah Singkat
 +
3.1.2. Visi dan Misi
 +
3.2. Struktur Organisasi
 +
3.2.1. Tugas dan Fungsi Pokok
 +
3.3 Informasi Produk
 +
3.3.1. Produk
 +
3.3.2. Produki
 +
3.3.3. Latar Belakang Produk
 +
3.3.4. Material Produk
 +
3.3.5. Spesifikasi Produk
 +
3.3.6. Harga Produk
 +
3.3.7. Perkembangan Media Promosi
 +
3.3.8. Informasi Harga
 +
3.4. Market analisys
 +
3.4.1. Market Positioning
 +
3.4.2. Conditions of Competitor
 +
3.5. Market Segmentation
 +
3.6. Marketing Objecktive (Tujuan Pemasaran)
 +
3.7. Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)
 +
3.8. Konfigurasi Sistem
 +
3.8.1. Spesifikasi Hardware
 +
3.8.2. Aplikasi yang digunakan (Software)3.8.3. Hak Akses (Brainware)
 +
 +
 +
BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA
 +
4.1. Preproduction
 +
4.1.1. Observasi
 +
4.1.2. Pengumpulan Data
 +
4.1.3. Analisa Data
 +
4.1.4. Ide atau Gagasan
 +
4.1.5. Pesan yang disampaikan
 +
4.1.6. Visualisasi Berdasarkan Konteks
 +
4.1.7. Sinopsis
 +
4.1.8. Layout
 +
4.1.9. Script Breakdown Sheet
 +
4.1.10 Time Schedulling
 +
4.1.11 Peralatan yang digunakan
 +
4.1.12 Produksi team (crew) & talent
 +
4.2. Production
 +
4.2.1. Perencanaan Multimedia
 +
4.2.1.1. Tujuan Multimedia
 +
4.2.1.2. Strategi Multimedia
 +
4.2.1.3. Program Multimedia
 +
4.2.2. Perencanaan Audio
 +
4.2.2.1. Tujuan Audio
 +
4.2.2.2. Strategi Audio
 +
4.2.2.3. Program Audio
 +
4.2.3. Perencanaan Visual
 +
4.2.3.1. Tujuan Visual
 +
4.2.3.2. Strategi Visual
 +
4.2.3.3. Program Visual
 +
4.2.4. Perencanaan Broadcasting
 +
4.2.4.1. Tujuan Broadcasting
 +
4.2.4.2. Strategi Broadcasting
 +
4.2.4.3. Program Broadcasting
 +
4.3. Postproduction
 +
4.3.1. Digitizing
 +
4.3.2. Editting
 +
4.3.3. Mixing
 +
4.3.4. Finishing
 +
 +
 +
BAB V PENUTUP
 +
5.1. KESIMPULAN
 +
5.2. SARAN

Revisi per 31 Januari 2015 02.40

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
NAMA  : Dedy Junaedi

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2014/2015

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2015

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)         (Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, 22 Januari 2015

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat,S.I.Kom)     (Wahyu Hidayat,SE)
NID : 12002     NID : 10010

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, 22 Januari 2014

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(_______________)   (_______________)   (_______________)
NID :   NID :   NID :

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 


PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1121469076
Nama  : Dedy Junaedi
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2015

 
 
 
 
 
(Dedy Junaedi)
NIM : 1121469076

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

 

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi komputer khususnya bidang multimedia audio visual dan broadcasting sudah sangat berkembang pesat saat ini serta semakin luasnya kebutuhan akan informasi pada masyarakat, maka semakin banyak terobosan-terobosan baru dalam menyajiakan informasi baik sebagai media informasi maupun sebagai media promosi. Salah satu contoh media adalah dimana perusahaan dan lembaga berlomba-lomba membuat promosi dalam bentuk digital video yang kemudian disaksikan oleh masyarakat melalui media audio visual. Setelah masyarakat melihat promosi lembaga atau perusahaan yang dikemas dengan digital video yang menarik maka masyarakat merasa penasaran. Promosi dalam bentuk video merupakan terobosan yang sudah lama digunakan oleh banyak perusahaan dan lembaga karena media ini cukup ampuh dalam menyampaikan informasi dan promosi yang tepat, cepat dan akurat. Penyajian media iklan yang menarik dan menghibur akan mendorong masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail dan memiliki minat untuk bergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga tersebut. hal ini bukti bahwa perancangan suatu karya seni meningkat sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. CV. YUKA PRODUCTION sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa burning dan videography dinilai perlu memiliki sebuah media iklan yang menarik dan dapat menjadi media informasi serta media promosi khususnya bagi para calon konsumen.

Kata Kunci: media audio visual, informasi, promosi

 

 

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.

Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :

  1. Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat, ridha, kepada penulis.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Wahyu Hidayat,S.I.Kom, selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak Wahyu Hidayat,SE, selaku pembimbing dua yang dengan sabarnya meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  8. Orang tua tercinta, kakak, adik, dan keluarga besar yang selalu memberi motivasi dan dukungan terhebat, yang tidak pernah lelah membantu, serta do’a yang selalu mengalir kepada penulis.
  9. Ria Julyanti, selaku orang terkasih yang dengan hebatnya mampu setia dan menjadi motivator selama masa pendidikan penulis.
  10. Padeh, Ncus, Madan, Dwi Babon, Jasmintul, Deprok, Lele, Abbe, Tedy, Imam, Resti, Dian, Vita, Taki, Ade, Fifit, Bayong, Ovi, Engkos, Gagas, Ray, Jalu, Arduy, Komunitas MAVIB I, II, III, IV, V, dan semua penghuni kampus yang senantiasa menghibur dikala penulis merasa jenuh.
Tangerang, 22 Januari 2014
Rivai Sungkowo
NIM. 1222473399

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

1.1. Latar Belakang 1.2. Rumusan Masalah 1.3. Ruang lingkup Penelitian 1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.4.1 Tujuan 1.4.2 Manfaat 1.5. Metode Penelitian 1.6. Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Konsep Dasar Perancangan 2.1.1. Pengertian Perancangan 2.1.2. Proses Perancangan Secara Umum 2.2. Konsep Dasar Media 2.2.1. Pengertian Media 2.2.2. Jenis-jenis Media 2.3. Konsep Dasar Informasi 2.3.1. Pengertian Data 2.3.2. Pengertian Informasi 2.3.3. Jenis-jenis Informasi 2.3.4. Kualitas Informasi 2.3.5. Nilai Informasi 2.4. Konsep Dasar Promosi 2.4.1. Pengertian Promosi 2.4.2. Tujuan Promosi 2.4.3. Bentuk Promosi 2.5. Konsep Dasar Iklan 2.5.1. Definisi Iklan 2.5.2. Fungsi Iklan 2.5.3. Unsur-unsur Iklan 2.5.4. Prinsip-prinsip Dasar Iklan 2.6. Konsep Dasar Desain 2.6.1. Definisi Desain 2.6.1.1 Fungsi – Fungsi Desain 2.6.1.2 Unsur-Unsur Desain Grafis 2.6.1.3 Prinsip-Prinsip Desain Grafis 2.6.2. Definisi Typografy 2.6.3 Definisi Tentang Psikologi Warna 2.6.4 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk 2.6.5 Definisi Citra atau Image 2.6.6 Layout 2.6.6.1 Jenis Layout 2.6.7 Teori Desain Komunikasi Visual 2.7. Multimedia Audio Visual and Broadcasting 2.7.1 Definisi Multimedia 2.7.2 Definisi Audio Visual 2.7.2.1 Konsep Dasar Audio Visual 2.7.3 Definisi Broadcasting 2.7.4 Pengertian Sinopsis 2.7.5 Pengertian Naskah (Script Writting) 2.7.6 Pengertian Storyboard 2.8. Tahapan Produksi Audio Visual 2.8.1. Pra Produksi 2.8.2. Produksi 2.8.3. Pasca Produksi 2.9. Pengertian Video 2.9.1. Definisi Video 2.10. Program Aplikasi Penunjang Media Iklan 2.10.1. Adobe Photoshop 2.10.2. Aplikasi Adobe After Effect CS6 2.11. Elisitasi 2.12. Literatur Review

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH 3.1. Gambaran Umum 3.1.1. Sejarah Singkat 3.1.2. Visi dan Misi 3.2. Struktur Organisasi 3.2.1. Tugas dan Fungsi Pokok 3.3 Informasi Produk 3.3.1. Produk 3.3.2. Produki 3.3.3. Latar Belakang Produk 3.3.4. Material Produk 3.3.5. Spesifikasi Produk 3.3.6. Harga Produk 3.3.7. Perkembangan Media Promosi 3.3.8. Informasi Harga 3.4. Market analisys 3.4.1. Market Positioning 3.4.2. Conditions of Competitor 3.5. Market Segmentation 3.6. Marketing Objecktive (Tujuan Pemasaran) 3.7. Marketing Strategi (Strategi Pemasaran) 3.8. Konfigurasi Sistem 3.8.1. Spesifikasi Hardware 3.8.2. Aplikasi yang digunakan (Software)3.8.3. Hak Akses (Brainware)


BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA 4.1. Preproduction 4.1.1. Observasi 4.1.2. Pengumpulan Data 4.1.3. Analisa Data 4.1.4. Ide atau Gagasan 4.1.5. Pesan yang disampaikan 4.1.6. Visualisasi Berdasarkan Konteks 4.1.7. Sinopsis 4.1.8. Layout 4.1.9. Script Breakdown Sheet 4.1.10 Time Schedulling 4.1.11 Peralatan yang digunakan 4.1.12 Produksi team (crew) & talent 4.2. Production 4.2.1. Perencanaan Multimedia 4.2.1.1. Tujuan Multimedia 4.2.1.2. Strategi Multimedia 4.2.1.3. Program Multimedia 4.2.2. Perencanaan Audio 4.2.2.1. Tujuan Audio 4.2.2.2. Strategi Audio 4.2.2.3. Program Audio 4.2.3. Perencanaan Visual 4.2.3.1. Tujuan Visual 4.2.3.2. Strategi Visual 4.2.3.3. Program Visual 4.2.4. Perencanaan Broadcasting 4.2.4.1. Tujuan Broadcasting 4.2.4.2. Strategi Broadcasting 4.2.4.3. Program Broadcasting 4.3. Postproduction 4.3.1. Digitizing 4.3.2. Editting 4.3.3. Mixing 4.3.4. Finishing


BAB V PENUTUP 5.1. KESIMPULAN 5.2. SARAN

Contributors

Dedy Junaedi