Pembicaraan:SI1322476895: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
(SI1322476895)
(SI1322476895)
Baris 442: Baris 442:
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
 +
__TOC__
 +
{{pagebreak}}
 +
 +
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>=
 +
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 +
 +
==Latar Belakang==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini sangat pesat dan sangat mempengaruhi manusia di seluruh dunia. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan zaman manusia berusaha menciptakan alat dan teknik yang dapat mempermudah pengolahan dan penyampaian informasi, sehingga menghasilkan informasi yang terbaru. Dari sekian banyak teknologi, komputer adalah salah satu alat untuk membantu menyempurnakan pengolahan dan penyampaian informasi. Teknologi komputer dapat mempermudah kegiatan untuk menghasilkan informasi sebagai penunjang dalam pengambilan keputusan dan keutuhan data lebih terjamin.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">PT. Modelatama Banteng Sejati adalah perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor mekanikal elektrikal, projeknya adalah meliputi pabrik, kantor, gedung, bank, mall, dan beragam gedung serbaguna lainnya. PT. Modelatama Banteng Sejati menyediakan solusi komprehensif untuk jasa dan elektrikal mulai dari desain yang simple hinggan proses instalasi. Seiring berkembangnya usaha pada PT. Modelatama Banteng Sejati, perlu adanya manajemen yang baik dalam mengelola bisnis. Sistem komputerisasi merupakan penunjang yang sangat berarti dalam aktivitas kerja dalam menghemat waktu dan tenaga. Hal ini dapat mempermudah proses pengolahan data dan dapat mengurangi adanya kesalahan pada saat pengolahan data.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah proses pembuatan peta digital dengan menggunakan komputer. Namun, SIG tidak hanya digunakan untuk membuat peta saja, melainkan lebih dari itu, SIG digunakan dalam pengolahan data letak ruangan dengan menggunakan komputer. Dengan SIG, pekerjaan yang terkait dengan pemetaan menjadi lebih efektif dan efisien karena dapat menghemat ruang, waktu dan biaya. Peta digital yang dihasilkan bisa diperbesar, didetailkan, digeser dan ditandai secara mudah. Peta dapat dibagi dalam zona-zona pemetaan tergantung kebutuhan sistem. Penggunaan data geografis ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah disegala bidang, dalam bidang proyek GIS dapat digunakan untuk mengetahui lokasi-lokasi proyek yang ada di PT. Modelatama Banteng Sejati. </p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Berdasarkan alasan diatas, peneliti tertarik untuk mengambil judul “Perancangan Sistem Informasi Geografis Memetakan Lokasi Proyek di PT. Modelatama Banteng Sejati”'''.</p></div>
 +
 +
==Rumusan Masalah==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini anatara lain : </p></div>
 +
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2"> Bagaimana sistem informasi lokasi proyek yang sedang berjalan pada PT. Modelatama Banteng Sejati?</p></li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2"> Apakah sistem informasi lokasi proyek pada PT. Modelatama Banteng Sejati saat ini sudah berjalan dengan akurat dan cepat?</p></li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2"> Bagimana menciptakan suatu sistem yang mampu membantu mengurangi tingkat kerugian pada PT. Modelatama Banteng Sejati?</p></li>
 +
</ol>
 +
 +
==Ruang Lingkup==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Agar pembahasan permasalahan dapat lebih terarah, maka penulis memberi batasan hanya pada web gis memetakan lokasi proyek yang ada pada PT. Modelatama Banteng Sejati. Hal dimaksudkan agar masalah yang diteliti tidak melebar ke masalah-masalah diluar penelitian.</p></div>
 +
 +
==Tujuan dan Manfaat Penelitian==
 +
===Tujuan Penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Adapun tujuan didalam Laporan Skripsi ini terbagi dalam 3 (tiga) jenis yaitu sebagai berikut :</p></div>
 +
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Tujuan Individual, yaitu untuk menambah pengetahuan, pengalaman, pengenalan, dan pengamatan pada sebuah sistem informasi lokasi proyek pada PT. Modelatama Banteng Sejati.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Tujuan Operasional, yaitu untuk menganalisa sistem informasi lokasi proyek pada PT. Modelatama Banteng Sejati.</p>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Tujuan Fungsional, yaitu untuk melihat lebih jauh kelebihan dan kekurangan informasi lokasi proyek agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi didalam mengolah data pada sistem lokasi proyek di PT. Modelatama Banteng Sejati.</p></li></ol>
 +
 +
===Manfaat penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Adapun manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Bagi Peneliti</p></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Dapat menambah pengetahuan dan pengalaman terutama dalam bidang sistem informasi lokasi proyek.</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Bagi Perusahaan</p></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Bagi PT. Modelatama Banteng Sejati dapat memberikan informasi untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam mengolah dan mengontrol data lokasi proyek dimasa yang akan datang.</p></div>
 +
 +
</ol>
 +
 +
==Metodologi Penelitian==
 +
===Metode Pengumpulan Data===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode penelitian yang digunakan yaitu mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai keadaan secara langsung untuk mendaparkan data secara relevan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mencari, mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan yaitu sebagi berikut :</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode Observasi (Pengamatan)</p></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Mengamati dan mengadakan pencatatan terhadap kejadian atau peristiwa yang terjadi. Penelitian dilakukan secara langsung untuk melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh karyawan PT. Modelatama Banteng Sejati untuk mengetahui sistem informasi lokasi proyek.</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode Wawancara</p></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Mengadakan wawancara langsung, terkait untuk kejelasan hasil temuan observasi sekaligus mendapatkan informasi bagimana prosedur lokasi proyek  yang terjadi saat ini pada PT. Modelatama Banteng Sejati.</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode Studi Pustaka</p></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan data dari beberapa sumber-sumber literature seperti buku, majalah, internet, artikel, jurnal dan referensi lainnya yang berkaitan dalam penyusunan laporan ini.</p></div>
 +
</ol>
 +
 +
===Metode Analisa Sistem===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Analisa sistem mengenai analisa organisasi seperti sejarah singkat dan struktur organisasi, analisa kontrol, analisa kebutuhan sistem serta analisa tentang sistem yang sedang berjalan dengan menggunakan UML (Unified modeling Language). </p></div>
 +
 +
===Metode Perancangan Sistem===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada metode perancangan ini, metode yang digunakan yaitu UML (Unified Modelling Language), dimana diagram UML yang digunakan adalah Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram, untuk mengambarkan suatu rancangan yang diusulkan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP serta database yang digunakan adalah MYSQL.</p></div>
 +
 +
===Metode Pengujian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperlun fungsional software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input atau data uji yang akan menguji fungsional dan output suatu program. Metode pengujian blackbox digunakan untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, anatara lain fungsi-fugsi yang salah atau hilang, kesalahan tampilan luar, kesalahan output, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal.</p></div>
 +
 +
==Sistematika Penulisan==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Untuk lebih mempermudah dalam membaca dan mengikuti penulisan, maka peneliti mengelompokan laporan skripsi  ini menjadi beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>BAB I : PENDAHULUAN</b></p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini menjelaskan tentang latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat peelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>BAB II : LANDASAN TEORI</b></p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini dijelaskan serta diuraikan secara teori langkah-langkah serta definisi ilmu yang berkaitan dengan permasalahan yang berhubungan dengan penelitian.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>BAB III : PEMBAHASAN</b></p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini menjelaskan tentang gambaran umum perusahaan, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan dan alternatif pemecahan masalah, user requirement (elisitasi) yang terdiri dari 3 (tiga) tahap elisitasi, yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>BAB IV : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN</b></p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini menjelaskan tentang rancangan sistem yang diusulkan, rancangan database, tampilan program serta implementasi sistem yang diusulkan.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>BAB V : PENUTUP</b></p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini akan menjelaskan mengenai kesimpulan dan saran berdasarkan pada bab-bab yang telah diuraikan sebelumnya.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>DAFTAR PUSTAKA</b></p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2"><b>LAMPIRAN</b></p></div>

Revisi per 3 Februari 2018 08.41

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN ANGGOTA

DAN KEANGGOTAAN KI AIKIDO INDONESIA BERBASIS WEB

PADA YAYASAN KI SOCIETY INDONESIA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

1322476895
RAFLI ZAINUDIN


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN ANGGOTA

DAN KEANGGOTAAN KI AIKIDO INDONESIA BERBASIS WEB

PADA YAYASAN KI SOCIETY INDONESIA


Disusun Oleh :

NIM
: 1322476895
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 18 Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN ANGGOTA

DAN KEANGGOTAAN KI AIKIDO INDONESIA BERBASIS WEB

PADA YAYASAN KI SOCIETY INDONESIA


Disusun Oleh :

NIM
: 1322476895
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Oleh :

Tangerang, 18 Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sutrisno, M.Kom)
   
(Dedy Iskandar, S.Kom.,MTI)
NID : 10020
   
NID : 05060

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN ANGGOTA

DAN KEANGGOTAAN KI AIKIDO INDONESIA BERBASIS WEB

PADA YAYASAN KI SOCIETY INDONESIA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1322476895
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknk Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang, 18 Januari 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

NIM
: 1322476895
Nama
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, 18 Januari 2018

 
 
 
 
 
NIM : 1322476895

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Sistem yang digunakan Ki Aikido Indonesia pada Yayasan Ki Society Indonesia masih menjalankan fungsinya dengan manual, terutama dalam program penerimaan anggota baru. Belum dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan untuk administrasi anggota dan manajemen Yayasan Ki Society Indonesia. Untuk menghasilkan laporan yang dibutuhkan dan untuk dapat mempermudah pengoperasian penerimaan anggota baru Ki Aikido Indonesia, maka dibutuhkan pengembangan terhadap sistem tersebut dengan mengganti menjadi Sistem penerimaan anggota baru Ki Aikido Indonesia berbasis web. Tujuan dari penulisan Laporan Skripsi ini adalah untuk mengetahui sistem penerimaan anggota baru dan keanggotaan Ki Aikido Indonesia Pada Yayasan Ki Society Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti melakukan kegiatan observasi atau pengamatan langsung ke Yayasan Ki Society Indonesia, melakukan wawancara dengan pihak terkait, dan membaca literature-literature yang berkaitan dengan penelitian. Untuk menganalisis sistem yang berjalan saat ini, penulis menggunakan metode analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan internal dan eksternal yayasan, sedangkan untuk menganalisis perogram yang sedang berjalan menggunakan Unified Modelling Language (UML) sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Adapun hasil dari analisis yang penulis lakukan, pada sistem penerimaan anggota baru Ki Aikido Indonesia pada Yayasan Ki Society Indonesia dapat diketahui tentang sistem yang berjalan saat ini masih bersifat manual. Pada perancangan sistem penerimaan anggota baru yang terkomputerisasi, dapat mempermudah penerimaan anggota dalam mengontrol data, mencari informasi dan pendaftaran calon anggota baru secara online sehingga penerimaan anggota baru dapat mempersingkat waktu untuk menghasilkan laporan akhir yang akan dilaporkan kepada Ketua Umum dan Pengurus secara akurat dan tepat waktu. Perancangan sistem penerimaan anggota baru ini dapat dilakukan dengan menerapkan ilmu pendidikan komputer yang telah peneliti dapat pada Perguruan Tinggi Raharja.


Kata Kunci : Sistem Penerimaan, Anggota Baru, Web.

ABSTRACT

The system used by Ki Aikido Indonesia in Ki Society Indonesia Foundation still performs its function by manual, especially in new member admission program. Not yet able to produce the required report for member administration and management of Yayasan Ki Society Indonesia. To generate the required reports and to facilitate the operation of new members of Ki Aikido Indonesia, it is necessary to develop the system by replacing the new web-based member of Ki Aikido Indonesia. The purpose of writing this Thesis Report is to know the system of acceptance of new members and membership Ki Aikido Indonesia On Foundation Ki Society Indonesia is currently running. To obtain the required data, the researcher conducted observation or direct observation to the Indonesian Society Ki Foundation, conducted interviews with related parties, and read the literature-literature related to the research. To analyze the current system, the author uses SWOT analysis method to know the internal and external strength of the foundation, while to analyze the ongoing perogram using Unified Modeling Language (UML) as a tool that can be used in object oriented programming language. The results of the analysis that the authors do, the system acceptance of new members Ki Aikido Indonesia on the Foundation Ki Society of Indonesia can be known about the current system is still manual. In designing a new computerized member enrollment system, it can facilitate the acceptance of members in controlling the data, searching for information and registration of new prospective members online so that the recruitment of new members can shorten the time to produce a final report which will be reported to the Chairman and Management in an accurate and timely manner . The design of this new member admissions system can be done by applying computer science education that researchers have been able to at Raharja College.


Keywords : Acceptance System, New members, Web.

KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga Laporan Skirpsi penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai pada waktunya. Tujuan darii penulisan Laporan Skirpsi ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) pada jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, penyusun Laporan Skripsi ini akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Dr. Po Abas Sunarya, M.Si, selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.

2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK).

3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK).

4. Bapak junaidi M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.

5. Bapak Sutrisno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan, motivasi dan pengarahannya.

6. Bapak Dedy Iskandar, S.Kom.,MTI selaku Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.

7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

8. Bapak atau Sensei Dondy Bratha Sudjono dan Sensei Abu Harun selaku pembimbing lapangan yang telah memberikan data-data yang penulis butuhkan.

9. Kedua orang tua, kakak dan semua keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materiil maupun doanya dalam keberhasilan penulis.

10. Muhammad Faqih, Dyah Wardani, Glaniar Kautsar, Seni Susilowati, Septiani Puji Lestari, Nurul Aini, dan teman-teman lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu yang telah memberikan dukungan dan semangat kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang,15 Januari 2018

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini sangat pesat dan sangat mempengaruhi manusia di seluruh dunia. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan zaman manusia berusaha menciptakan alat dan teknik yang dapat mempermudah pengolahan dan penyampaian informasi, sehingga menghasilkan informasi yang terbaru. Dari sekian banyak teknologi, komputer adalah salah satu alat untuk membantu menyempurnakan pengolahan dan penyampaian informasi. Teknologi komputer dapat mempermudah kegiatan untuk menghasilkan informasi sebagai penunjang dalam pengambilan keputusan dan keutuhan data lebih terjamin.

PT. Modelatama Banteng Sejati adalah perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor mekanikal elektrikal, projeknya adalah meliputi pabrik, kantor, gedung, bank, mall, dan beragam gedung serbaguna lainnya. PT. Modelatama Banteng Sejati menyediakan solusi komprehensif untuk jasa dan elektrikal mulai dari desain yang simple hinggan proses instalasi. Seiring berkembangnya usaha pada PT. Modelatama Banteng Sejati, perlu adanya manajemen yang baik dalam mengelola bisnis. Sistem komputerisasi merupakan penunjang yang sangat berarti dalam aktivitas kerja dalam menghemat waktu dan tenaga. Hal ini dapat mempermudah proses pengolahan data dan dapat mengurangi adanya kesalahan pada saat pengolahan data.

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah proses pembuatan peta digital dengan menggunakan komputer. Namun, SIG tidak hanya digunakan untuk membuat peta saja, melainkan lebih dari itu, SIG digunakan dalam pengolahan data letak ruangan dengan menggunakan komputer. Dengan SIG, pekerjaan yang terkait dengan pemetaan menjadi lebih efektif dan efisien karena dapat menghemat ruang, waktu dan biaya. Peta digital yang dihasilkan bisa diperbesar, didetailkan, digeser dan ditandai secara mudah. Peta dapat dibagi dalam zona-zona pemetaan tergantung kebutuhan sistem. Penggunaan data geografis ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah disegala bidang, dalam bidang proyek GIS dapat digunakan untuk mengetahui lokasi-lokasi proyek yang ada di PT. Modelatama Banteng Sejati.

Berdasarkan alasan diatas, peneliti tertarik untuk mengambil judul “Perancangan Sistem Informasi Geografis Memetakan Lokasi Proyek di PT. Modelatama Banteng Sejati”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini anatara lain :

  1. Bagaimana sistem informasi lokasi proyek yang sedang berjalan pada PT. Modelatama Banteng Sejati?

  2. Apakah sistem informasi lokasi proyek pada PT. Modelatama Banteng Sejati saat ini sudah berjalan dengan akurat dan cepat?

  3. Bagimana menciptakan suatu sistem yang mampu membantu mengurangi tingkat kerugian pada PT. Modelatama Banteng Sejati?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan dapat lebih terarah, maka penulis memberi batasan hanya pada web gis memetakan lokasi proyek yang ada pada PT. Modelatama Banteng Sejati. Hal dimaksudkan agar masalah yang diteliti tidak melebar ke masalah-masalah diluar penelitian.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan didalam Laporan Skripsi ini terbagi dalam 3 (tiga) jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Tujuan Individual, yaitu untuk menambah pengetahuan, pengalaman, pengenalan, dan pengamatan pada sebuah sistem informasi lokasi proyek pada PT. Modelatama Banteng Sejati.

  2. Tujuan Operasional, yaitu untuk menganalisa sistem informasi lokasi proyek pada PT. Modelatama Banteng Sejati.

  3. Tujuan Fungsional, yaitu untuk melihat lebih jauh kelebihan dan kekurangan informasi lokasi proyek agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi didalam mengolah data pada sistem lokasi proyek di PT. Modelatama Banteng Sejati.

Manfaat penelitian

Adapun manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :

  1. Bagi Peneliti

  2. Dapat menambah pengetahuan dan pengalaman terutama dalam bidang sistem informasi lokasi proyek.

  3. Bagi Perusahaan

  4. Bagi PT. Modelatama Banteng Sejati dapat memberikan informasi untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam mengolah dan mengontrol data lokasi proyek dimasa yang akan datang.

Metodologi Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Metode penelitian yang digunakan yaitu mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai keadaan secara langsung untuk mendaparkan data secara relevan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mencari, mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan yaitu sebagi berikut :

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

  2. Mengamati dan mengadakan pencatatan terhadap kejadian atau peristiwa yang terjadi. Penelitian dilakukan secara langsung untuk melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh karyawan PT. Modelatama Banteng Sejati untuk mengetahui sistem informasi lokasi proyek.

  3. Metode Wawancara

  4. Mengadakan wawancara langsung, terkait untuk kejelasan hasil temuan observasi sekaligus mendapatkan informasi bagimana prosedur lokasi proyek yang terjadi saat ini pada PT. Modelatama Banteng Sejati.

  5. Metode Studi Pustaka

  6. Metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan data dari beberapa sumber-sumber literature seperti buku, majalah, internet, artikel, jurnal dan referensi lainnya yang berkaitan dalam penyusunan laporan ini.

Metode Analisa Sistem

Analisa sistem mengenai analisa organisasi seperti sejarah singkat dan struktur organisasi, analisa kontrol, analisa kebutuhan sistem serta analisa tentang sistem yang sedang berjalan dengan menggunakan UML (Unified modeling Language).

Metode Perancangan Sistem

Pada metode perancangan ini, metode yang digunakan yaitu UML (Unified Modelling Language), dimana diagram UML yang digunakan adalah Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram, untuk mengambarkan suatu rancangan yang diusulkan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP serta database yang digunakan adalah MYSQL.

Metode Pengujian

Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperlun fungsional software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input atau data uji yang akan menguji fungsional dan output suatu program. Metode pengujian blackbox digunakan untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, anatara lain fungsi-fugsi yang salah atau hilang, kesalahan tampilan luar, kesalahan output, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal.

Sistematika Penulisan

Untuk lebih mempermudah dalam membaca dan mengikuti penulisan, maka peneliti mengelompokan laporan skripsi ini menjadi beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini menjelaskan tentang latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat peelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Pada bab ini dijelaskan serta diuraikan secara teori langkah-langkah serta definisi ilmu yang berkaitan dengan permasalahan yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III : PEMBAHASAN

Pada bab ini menjelaskan tentang gambaran umum perusahaan, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan dan alternatif pemecahan masalah, user requirement (elisitasi) yang terdiri dari 3 (tiga) tahap elisitasi, yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi.

BAB IV : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Pada bab ini menjelaskan tentang rancangan sistem yang diusulkan, rancangan database, tampilan program serta implementasi sistem yang diusulkan.

BAB V : PENUTUP

Pada bab ini akan menjelaskan mengenai kesimpulan dan saran berdasarkan pada bab-bab yang telah diuraikan sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Contributors

Rafli