Sl1821497471

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PENGEMBANGAN IKLAN HOME LIVING PADA PT. SUKSES SELALU PRIMA

KOTA TANGERANG SELATAN (STUDI IKLAN ONLINE TIKTOK SHOP)


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1821497471
NAMA



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2023/2024



ABSTRAK

Media Iklan ialah memperkenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli. Media Iklan digunakan untuk menyampaikan iklan kepada konsumen yang membawa pesan, cerita atau poin mengenai produk yang di iklankan. TikTok tidak hanya menyuguhkan hiburan, ada juga fitur TikTok Shop berbasis Marketplace yang memudahkan para-Seller untuk mempromosikan produknya melalui video yang di unggah melalui platform TikTok. Berdasarkan data yang saya dapat, PT. Sukses Selalu Prima Brand GM Bear saat ini membutuhkan sebuah Media Iklan yang berbentuk konten ter-up to date dan menarik para konsumen. Oleh karena itu, sebagai penulis terinovasi untuk Membuat konten iklan dengan judul “Perancangan Iklan Home Living Pada PT. Sukses Selalu Prima Kota Tangerang Selatan (Studi Iklan Online Tiktok Shop)”.Media promosi iklan pada PT. Sukses Selalu Prima Brand GM Bear akan diimplementasikan melalui media sosial yaitu Tiktok Marketplace. Melalui media implementasi ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan jumlah konsumen dan rating penjualan produk dari tahun ke tahun. .

Kata kunci : media,tiktok,produk dan video



ABSTRACT

Advertising media is introducing and offering products or services to potential buyers. Advertising media is used to deliver advertisements to consumers that carry messages, stories or points about the advertised product. TikTok not only presents entertainment, there is also a Marketplace-based TikTok Shop feature that makes it easy for para-sellers to promote their products through videos uploaded through the TikTok platform. Based on the data I got, PT. GM Bear's brand today requires an advertising media in the form of up to date content and attracts consumers. Therefore, as an innovative writer to create advertising content with the title "Home Living Ad Design at PT. Success is Always Excellent South Tangerang City (Tiktok Shop Online Advertising Study)". Advertising promotion media at PT. Success is Always Excellent Brand GM Bear will be implemented through social media, namely Tiktok Marketplace. Through this implementation media, it is expected to help companies in increasing the number of consumers and product sales ratings from year to year.

Keywords : media, tiktok, products and videos

.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Surepi, L., Rahmat, A., & Julita, R. (2021). Peranan Administrasi Bisnis dalam Strategi Pengembangan Usaha. Jurnal Aghniya, 4(1), 1-10.

  2. Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. YUME: Journal of Management, 4(2).

  3. Suryani, T. I., Hidayatullah, A., Mayangsari, Y. R., & Rahmi, R. (2020). Representasi Perempuan Tangguh Dalam Iklan Shampo †œPantene Pro-Vitamin Seriesâ€. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan, 7(1), 158-167.

  4. Edwar, A., & Danti, R. (2021). Akhlak Perilaku Iklan Dalam Prespektip Bisnis Islam. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(1), 23-34.

  5. Suwangsit, S., & Wathoni, S. (2020). Pemberdayaan Umat Di Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Ponorogo (Studi Atas Bintang Swalayan). Journal of Community Development and Disaster Management, 2(1), 49-61.

  6. Hermawan, F., Stephani, S. D., & Hapsari, Y. D. (2021). Analisa peramalan penjualan produk retailer pada pt. abc menggunakan laporan penjualan 2018 dan 2019. JURNAL MANAJEMEN, 13(1), 47-54.

  7. Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

  8. Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran.

  9. Mujahidin, A. A., Hasanah, A. L., Andani, M., & Kurniawan, M. A. (2021). Urgensi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid-19. MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, 6(2), 183-196.

  10. Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363-372.

  11. Delicia, C., & Paramita, S. (2022). Konten tiktok untuk meningkatkan umkm di masa pandemi covid-19 (studi kasus rude basic dan agate deluxe). Koneksi, 6(1), 218-225.

  12. Patrisia, A. P., Nurhidayah, N., & Ramadhan, T. S. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Perilaku Konsumen Dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Avoskin Di Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01).

  13. Purnomo, V., Tejasukmana, S., & Juniarti, J. (2021). Pengaruh Digital Leadership terhadap Kinerja Perusahaan Startup di Jawa Timur. Business Accounting Review, 9(2), 112-134.

  14. Karina, D., Sa’diyah, S. A., Nabilah, H., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1), 156-166. .

  15. Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

  16. Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47-66.

  17. Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M., & Marlyna, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: Sma Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu). Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 127-136.

  18. Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).

  19. Sipahutar, D. W., & Mesran, M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teknisi Broadcasting Pada TVRI Medan Menerapkan Metode MABAC. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(2), 55-63.

  20. Siahaan, R. D. (2021). Implementasi Algoritma Zhu Takaoka Pada Aplikasi Sinopsis Film Bioskop Berbasis Mobile. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(12), 587-590.

  21. Fadilla, I. R., Bella, A., Khairunnisa, U., & Ningsih, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6417-6420.

  22. Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 66-81.

  23. Sunarya, L., Septiani, M. I., & Setiawan, A. (2022). Media Video Sebagai Sarana Informasi Pada Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia. Technomedia Journal, 7(1 Juni), 53-67.

  24. Sunarya, L., Abdurachman, B., & Ningsih, P. R. (2021). Video Profile Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang. Technomedia Journal, 5(2 Februari), 206-219.

  25. Alatas, S. S., & Wahyudi, A. (2020). Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Aplikasi Garuda Kasir Sebagai Media Promosi di Sosial Media. Journal Of Applied Multimedia and Networking, 4(2), 76-85.

  26. Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904-2910.

  27. Ziveria, M., Samosir, R. S., & Rusli, M. (2020). Pelatihan desain grafis menggunakan perangkat adobe photoshop untuk manipulasi foto bagi tim teknologi informasi ypu. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11.

  28. Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349-361.

  29. Prandawa, B. L. (2020, November). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Sarana Dan Prasarana Berbasis Web (Studi Kasus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta). In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 1, No. 2, pp. 123-135).

  30. santos, I., Yusril, A. N., & Al Zukri, P. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. SISTEMASI, 10(2), 369-380.

  31. Dina, Y., & Feriani, P. (2021). Efektifitas Pemberian Aromaterapi Lavender terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Post Sectio Caesarea: Metode Literature Review.

  32. Sari, V. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker dalam Pembelajaran Daring Sebagai Sumber Belajar pada Teks Iklan, Slogan, Atau Poster pada Siswa SMP Kelas VIII.

  33. Margahana, H. M. (2020). Analisis Pengaruh Iklan Online Terhadap Minat Beli: Studi Kasus Pengguna Aplikasi E-Commerce Di Oku Timur. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 145-154.

  34. Putri, N. L. I., Al Maidah, F., Rizki, V. L., & Anggraeni, Y. (2022, November). Pelatihan Pembuatan Iklan berbasis Digital Marketing untuk Pengembangan Produk UMKM. In Progress Conference (Vol. 5, No. 2, pp. 461-467).

  35. Rahman, D. K., & Adiwibawa, B. A. P. (2020). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Mengenai Panduan Pemberian Pendidikan Seks Pada Anak Umur 10-12 Tahun. CITRAKARA, 2(3), 258-271.

  36. Alatas, S. S., & Wahyudi, A. (2020). Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Aplikasi Garuda Kasir Sebagai Media Promosi di Sosial Media. Journal Of Applied Multimedia and Networking, 4(2), 76-85.

  37. Hardoyo, A. B., Albar, D., Haq, M. S., Soegoto, E. S., Warlina, L., Tarmawan, I., & Maryati, M. (2022). “Perancangan Video Promosi Produk Pusat Penelitian Teh Dan Kina (Pptk) Gambung.” Indonesian Community Service And Empowerment Journal (Icomse), 3(2), 274-279.

  38. Yang, J., Zhang, J., & Zhang, Y. (2021). First law of motion: Influencer video advertising on tiktok. Available at SSRN 3815124.

  39. Idris, I., Pangaribuan, H. R., & Khair, R. (2022). Perancangan Motion Graphic Video Animasi Sebagai Sarana Iklan Promosi Dan Informasi. Data Sciences Indonesia (DSI), 2(2), 60-66.

  40. Ramadani, F., & Rajagukguk, J. (2020, March). The design of video technology based on scientific experimental for geometrical optics subject as ict implementation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1485, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.

  41. Fadli, F., Suryadi, S., Tambarta, E., & Sinta, I. (2022). Improvement Of Marketing Strategy With Training Of Gayo Arabica Coffee Promotion Video Design. IRPITAGE JOURNAL, 2(1), 33-38.

  42. Wardhana, M. I., Susilo, G., & Ramadhani, F. D. (2020). Designing Digital Advertising with Scribble Animated Video Techniques. KnE Social Sciences, 291-297.

  43. Siahaan, M., & Oktavina, O. (2022, April). PROMOTIONAL VIDEO DESIGN ABOUT TOURISM INFORMATION IN KARIMUN. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 2, No. 1, pp. 200-205).

Contributors

Admin, Dimas Widi Nugroho