SI1822499532

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PENGEMBANGAN APLIKASI BERITA BERBASIS ANDROID (KOMPAS.ID) MENGGUNAKAN CLEAN CODE ARCHITECTURE DI PT. KOMPAS MEDIA NUSANTARA


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1822499532
NAMA
: HENDRAWAN WIBOWO JATMIKO

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2022/2023





ABSTRAK

Dalam membuat atau mengembangkan Aplikasi, Perusahaan pasti menginginkan sebuah aplikasi dengan kualitas terbaik dan mampu menjadi pendukung bisnis. salah satu indikator adalah semua fitur aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tentunya dapat dengan mudah beradaptasi pada kedinamisan kebutuhan bisnis dengan upaya (effort) seminimal mungkin. Maka dari itu penulisan kode dengan struktur yang baik adalah hal yang penting dan menjadi kewajiban bagi setiap Programmer atau Developer. Clean Architecture adalah filosofi Software Design yang memisahkan beberapa Layer, ada Data Layer, Domain Layer, dan Presentation Layer. Tujuan dari menerapkan Clean Architecture adalah untuk memisahkan beberapa kode menjadi beberapa bagian-bagian atau bisa disebut separation of concern. ini berguna untuk bisa membaca kode yang ada di dalam project menjadi lebih mudah. Maka dari itu penulis merancang struktur Clean Architecture untuk aplikasi Android Kompas.id. dengan menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Eficiency, dan Service), dan metode analisis berorientasi objek nya menggunakan Unified Modelling Language (UML). Untuk Implementasi Rancangan dari Clean Architecture menggunakan Bahasa pemrograman kotlin dan Android Studio sebagai Integrated Development Environment (IDE). Untuk itu penulis mengusulkan agar aplikasi menggunakan Clean Architecture agar Aplikasi dapat dikembangkan dengan mudah, dan juga cepat.


Kata Kunci: Clean Architecture, Android, Kompas.id

ABSTRACT

In creating or developing an Application, the Company definitely wants an application with the best quality and is able to support the business. one of the indicators is that all application features can run properly and of course can easily adapt to dynamic business needs with minimum effort. Therefore writing code with a good structure is important and is an obligation for every programmer or developer. Clean Architecture is a Software Design philosophy that separates several Layers, there are Data Layer, Domain Layer, and Presentation Layer. The purpose of implementing Clean Architecture is to separate some code into several parts or it can be called separation of concerns. This is useful to be able to read the code in the project more easily. Therefore the authors designed a Clean Architecture structure for the Kompas.id Android application. using the PIECES analysis method (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, and Service), and the object-oriented analysis method uses the Unified Modeling Language (UML). The implementation of the Clean Architecture design uses the Kotlin programming language and Android Studio as the Integrated Development Environment (IDE). For this reason, the author proposes that applications use Clean Architecture so that applications can be developed easily and quickly.


Keywords: Clean Architecture, Android, Kompas.id.




DAFTAR PUSTAKA
  1. Nurmayanti, Parida, M., & Malina, D. (2022). SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERCERAIAN DI PENGADILAN NEGERI KOTABUMI DENGAN METODE SAW. JURNAL INFORMASI DAN KOMPUTER, 10(2), 143-154.
  2. Widianingsih, W., & Yulianeu, A. (2018). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) ZARADIKA STMIK DCI TASIKMALAYA. JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNIK INFORMATIKA, 02(01), 181-190.
  3. Riswanti, V. L., Sutrisno, & Kristiadi, D. P. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JEMAAT GEREJA KRISTEN JAWA TANGERANG BERBASIS WEB. JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI (S I N T E K), 01(02), 14-19.
  4. Hasbiyalloh, M., & Ahmad, D. Z. (2018). APLIKASI PENJUALAN BARANG PERLENGKAPAN HANDPHONE DI ZILDAN CELL SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA. JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNIK INFORMATIKA, 1(1), 61-70.
  5. Nursyanti, R., Alamsyah, Y. R., & Perdana, S. (2019). PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK MEMBANTU PENGUJIAN KUALITAS KAIN TEKSTIL OTOMOTIF (STUDI KASUS PADA PT. ATEJA MULTI INDUSTRI). Explore – Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 10(2), 153-159.
  6. Sari, I. P., Azzahrah, & Qathrunada, I. F. (2022). PERANCANGAN SISTEM ABSENSI PEGAWAI KANTORAN SECARA ONLINE PADA WEBSITE BERBASIS HTML DAN CSS. BLEND SAINS JURNAL TEKNIK, 1(1), 9-15.
  7. Yusnanto, T., Wahyudiono, S., & Wicaksono, H. A. (2022). ANALISA KINERJA SISTEM OPERASI WINDOWS 10 DENGAN LINUX MINT MENGGUNAKAN APLIKASI ZXT CAM, GNOME SYSTEM MONITOR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 288-296.
  8. Watrianthos, R., & Purnama, I. (2018). BUKU AJAR SISTEM OPERASI. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
  9. Nurhidayati, N., & Nur, A. M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur. Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi, 4(1), 51-62.
  10. Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. G., Atmaja, K. J., & Wirayudi, P. A. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE SISKA BERBASIS ANDROID. SINTECH (Science and Information Technology),1(2),100-107
  11. Monica, N., Sarkum, S., & Purnama, I. (2018). APLIKASI DATA MAHASISWA BERBASIS ANDROID: STUDI PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LABUHAN BATU. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, 3(1), 43-53.
  12. Google Developer. (2019). PENGEMBANGAN ANDROID YANG MENGUTAMAKAN KOTLIN. Diambil dari: https://developer.android.com/kotlin/. Diakses pada 14 Januari 2023.
  13. Dicoding Indonesia. (2023). PENGENALAN ANDROID | BELAJAR MEMBUAT APLIKASI ANDROID UNTUK PEMULA. Diambil dari: https://www.dicoding.com/academies/51/tutorials/1164. Diakses pada 14 Januari 14 2023.
  14. Dicoding Indonesia. (2023). PENGENALAN S.O.L.I.D | BELAJAR PRINSIP PEMROGRAMAN SOLID. Diambil dari: https://www.dicoding.com/academies/169/tutorials/7807. Diakses pada Januari 14 2023.
  15. Dicoding Indonesia. (2023). Object Oriented Programming | Belanjar Prinsip PEMROGRAMAN SOLID. Diambil dari: https://www.dicoding.com/academies/169/tutorials/7776. Diakses pada 14 Januari 2023.
  16. Refactoring Guru. (2023). Design Patterns. Diambil dari: https://refactoring.guru/design-patterns/what-is-pattern. Diakses pada 14 Januari 2023.
  17. Al-Hawari, F. (2022). SOFTWARE DESIGN PATTERNS FOR DATA MANAGEMENT FEATURES IN WEB-BASED INFORMATION SYSTEMS. Journal of King Saud University – Computer and Information Sciences, 34(10), 10028-10043.
  18. Refactoring Guru. (2023). The Catalog of Design Patterns. Diambil Dari: https://refactoring.guru/design-patterns/catalog. Diakses pada 14 Januari 2023.
  19. Indonesia, D. (2023). MODERN ANDROID DEVELOPMENT | BELAJAR FUNDAMENTAL APLIKASI ANDROID. Diambil dari: https://www.dicoding.com/academies/14/tutorials/19557. Diakses pada 14 Januari 2023.
  20. PluralSight. (2022). 10 Tips for Writing Clean Code. Diambil dari: https://www.pluralsight.com/blog/software-development/10-steps-to-clean-code. Diakses pada 14 Januari 2023.
  21. Dicoding Indonesia. (2023). TEORI CLEAN ARCHITECTURE | MENJADI ANDROID DEVELOPER EXPERT. Diambil dari: https://www.dicoding.com/academies/165/tutorials/10289. Diakses pada 14 Januari 2023.
  22. Rahayu, S., Alfeno, S., & Wahyono, K. N. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PENGOLAHAN DATA PEMBUATAN AKTA TANAH PADA KANTOR DESA CANGKUDU TANGERANG. ICIT JOURNAL , 5(1), 1-11.
  23. Voutama, A. (2022). SISTEM ANTRIAN CUCIAN MOBIL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN KONSEP CRM DAN PENERAPAN UML. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 103-11.
  24. Heriyanto, Y. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA PT.APM RENT CAR. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64-77.
  25. Londjo, M. F. (2021). IMPLEMENTASI WHITE BOX TESTING DENGAN TEKNIK BASIS PATH PADA PENGUJIAN FORM LOGIN. Jurnal Siliwangi , 7(2), 35-40.
  26. Setiawan, R. (2021). WHITE BOX TESTING UNTUK MENGUJI PERANGKAT LUNAK. Diambil dari: https://www.dicoding.com/blog/white-box-testing/. Diakses pada 14 Januari 2023.
  27. Hasibuan, A. N., & Dirgahayu, T. (2021). PENGUJIAN DENGAN UNIT TESTING DAN TEST CASE PADA PROYEK PENGEMBANGAN MODUL MANAJEMEN PENGGUNA. AUTOMATA, 2(1).
  28. Chasidim, H., Almog, D., & Sohacheski, D. B. (2018). THE UNIT TEST: FACING CICD – ARE THEY ELUSIVE DEFINITIONS? Journal of Information Technology Management , 29(2), 40-54.
  29. Suhari, A. F., & F. M. (2022). SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN METODE AGILE DEVELOPMENT DI CV. ANGKASA RAYA. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 12(1), 30-45.
  30. Hikmah, N., Suradika, A., & Gunadi, R. A. (2021). METODE AGILE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MELALUI BERBAGI PENGETAHUAN (KNOWLEDGE SHARING). Jurnal Instruktional, 3(1), 30-39.
  31. Agile Alliance. (2022). What is the Agile Manifesto? Diambil dari: https://www.agilealliance.org/agile101/the-agile-manifesto/. Diakses 14 Januari 2023.
  32. Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). METODE PENELITIAN EKONOMI SYARIAH. Kulon Progo: Penerbit Gawe Buku.
  33. Cahyono, E. A., Sutomo, & Hartono, A. (2019). LITERATUR REVIEW ; PANDUAN PENULISAN DAN PENYUSUNAN. Jurnal Keperawatan, 12(2).
  34. Ilham, N. A., & Naziro. (2019). IMPLEMENTASI KONSEP PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK PADA APLIKASI SISTEM PARKIR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA. Jurnal Edukasi Elektro, 3(2), 63-69.
  35. Thohari, A. N., & Amalia, A. E. (2018). IMPLEMENTASI TEST DRIVEN DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB. JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI, 1(1), 1-10.
  36. Sondha , A. T., Sa’adah , U., & Hardiansyah , F. F. (2020). FRAMEWORK AND CODE GENERATOR FOR ANDROID DEVELOPMENT WITH CLEAN ARCHITECTURE PRINCIPLES IMPLEMENTATION. JURNAL NASIONAL TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNOLOGI INFORMASI, 9(4), 327-335.
  37. Anhar, F. F., & Anggraeny, F. T. (2022). IMPLEMENTASI CLEAN ARCHITECTURE MVVM DAN REPOSITORY PATTERN UNTUK PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID JUAL BELI BARANG BEKAS “SECONDHAND". SCAN Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 17(2), 19-24.
  38. Fajri, A. R., & Rani, S. (2022). PENERAPAN DESIGN PATTERN MVVM DAN CLEAN ARCHITECTURE PADA PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID (STUDI KASUS: APLIKASI AGREE PARTNER). JURNAL AUTOMATA, 3(2).
  39. PENERAPAN CLEAN ARCHITECTURE PADA PENGEMBANGAN SISTEM PAYMEN POINT ONLINE BANK. (2022). TEKNO Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan, 32(2), 324-333.
  40. Prawira, A. F., Nugraha Putra, W. H., & Purnomo, W. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE ANGREEK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CLEAN ARCHITECTURE (STUDI KASUS: PT. JAVA INDO ARJUNA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(8), 3606-3612.
  41. Inayah, F. I., & Idris, M. (2021). IMPLEMENTASI CLEAN CODE PADA PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB. JURNAL AUTOMATA, 2(2).
  42. Silva, L. d., Ravagnani Disperati, G. F., & Tartaglia, A. d. (2022). SOURCE CODE READABILITY, CLEAN CODE, AND BEST PRATICES: A CASE STUDY. SSRG International Journal of Computer Science and Engineering, 9(4), 7-13.
  43. Filazzola, A., & Lortie, C. (2022). A CALL FOR CLEAN CODE TO EFFECTIVELY COMMUNICATE SCIENCE. Methods in Ecology and Evolution, 13(10), 2119-2128.


Contributors

Admin, Hendrawanwibj