SI1621495215

Dari widuri
Revisi per 11 Februari 2020 15.59 oleh Bisma Abdurachman (bicara | kontrib) (Teori Umum)


Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :


NIM
: 1621495259
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi



Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Dekan
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Sugeng Santoso, M.Kom.)
       
(Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I)
NIP : 006095
       
NIP : 073009


Rektor
       
       
           
           
           
           
       
NIP : 000603
       




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama



Telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif


Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

Disetujui Oleh :


Tangerang, January 2020

Pembimbing I
 
Pembimbing II
         
         
         
         
(Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si.)
 
(Desy Apriani, S.Kom., M.T.I)
NID : 06124
 
NID : 010817




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

TA. 2019/2020


Disetujui Penguji :

Tangerang, 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Dibuat Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Jarunari 2020
Bisma Abdurachman
NIM. 1621495215


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAK

Perkembangan teknologi membuat dunia kerja yaitu perusahaan ataupun instansi bersaing dalam mencari Sumber Daya Manusia yang baru dan berkualitas. Dinas Ketenagakerjaan membantu para tenaga kerja yang baru lulus ataupun yang ingin mempunyai skill dalam dunia kerja, dengan membantu para tenaga kerja, melalui pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang.Permasalahan yang terdapat pada Balai Latihan Kerja yaitu, kurangnya media dalam penyampaian informasi yang saat ini masih menggunakan media cetak dan seminar tentang pelatihan yang diberikan oleh Balai Latihan Kerja, sehingga dibutuhkan media yang dapat menyampaikan informasi secara lengkap, interaktif, dan menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan dapat menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap bersaing atau terjun di dunia kerja melalui Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan. Adapun manfaat yang didapatkan masyarakat Kota Tangerang yaitu dengan mudah mendapatkan informasi tentang Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, dan pelatihan yang disediakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu : Pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan adobe premiere cc, after effect cc, photoshop cc dan audition cc, Konsep Produksi Media yaitu preproduction, production, dan postproduction. Hasil Dari Penelitian ini yaitu perancangan media video profile yang dapat digunakan sebagai peningkatan informasi Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang. Melalui perancangan media video profile ini membantu Disnaker dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang.”.

Kata Kunci : Video Profile, Informasi, Sumber Daya Manusia

ABSTRACT

The development of technology makes the world of work is a company that competes in finding new and quality Human Resources. The Manpower Office helps new graduates who want to have skills in the world of work, by assisting the workforce, through trainings provided by the City of Tangerang Manpower Office. Problems needed at the Vocational Training Center, hoping the media in the delivery of information currently still using print media and seminars on training provided by the Vocational Training Center, media that can convey complete, interactive and interesting information are needed. The purpose of this study is to improve human resources and be able to create workers (HR) who are ready to compete or enter the workforce through the Job Training Center at the Department of Manpower. The benefits obtained by the people of Tangerang City are easily getting information about the Disnaker Profile, the information profile of the Job Training Center as a training ground, and the training provided. The research methods used are: Data collection, SWOT analysis, Media Design with adobe premiere cc, after the effects of cc, photoshop cc and cc auditions, Media Production Concepts namely pre-production, production, and postproduction. The results of this study are the design of media video profile that can be used as information enhancement for the City of Manpower Office of Tangerang. Through designing a video media profile, this helps Disnaker improve the capability Tangerang City of Human Resources. ".

Keywords : Technology, Video Profile, Information, Human Resources





KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, segala puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT senantiasa membantu serta melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik. Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visua and Broadcasting pada Universitas Raharja.”.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.
  3. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si. selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, masukan dan semangat kepada penulis sehingga Larporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan penuh perhatian.
  5. Ibu Desy Apriani, S.Kom., M.T.I., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, masukan dan semangat kepada penulis sehingga Laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan lancar dan baik.
  6. Bapak Dr. Ir. H. Moh. Rakhmansyah, M.Si., selaku stakeholder Disnaker yang telah memberikan masukan informasi dan semangat.
  7. Bapak Drs. Deden Suliana. selaku stakeholder BLK yang telah memberikan informasi tentang BLK dan semangat.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta Ayah, Ibu dan adik-adik tercinta, yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
  10. Terima kasih juga pada teman-teman seperjuangan, yang telah membantu dalam project perancangan Laporan Skripsi ini dan selama perkuliah telah memberikan motivasi serta pembelajaran hidup.


Tangerang, Januari 2020
Bisma Abdurachman
NIM. 1621495215





Daftar isi




DAFTAR TABEL




DAFTAR GAMBAR

Gambar 4.1. Storyboard Opening Logo Kota Tangerang

Gambar 4.2. Storyboard Profile Disnaker

Gambar 4.3. Storyboard Profile BLK

Gambar 4.4. Storyboard Suasana BLK

Gambar 4.5. Storyboard Visi dan Misi

Gambar 4.6. Storyboard Pembukaan

Gambar 4.7. Storyboard Pelatihan Menjahit

Gambar 4.8. Storyboard Pelatihan Montir Motor

Gambar 4.9. Storyboard Pelatihan Montir Mobil

Gambar 4.10. Storyboard Pelatihan Las

Gambar 4.11. Storyboard Pelatihan Pendingin

Gambar 4.12. Storyboard Pelatihan Perhotelan

Gambar 4.13. Storyboard Pelatihan Komputer

Gambar 4.14. Storyboard Pelatihan Desain Grafis

Gambar 4.15. Storyboard Hasil Pelatihan

Gambar 4.16. Storyboard Penutupan Pelatihan

Gambar 4.17. Storyboard Closing Logo Kota Tangerang

Gambar 4.18. Canon 100 D

Gambar 4.19. Sony a6000

Gambar 4.20. Opening Logo Kota Tangerang

Gambar 4.21. Menampilkan Gedung Disnaker

Gambar 4.22. Menampilkan Gedung BLK

Gambar 4.23. Menampilkan Suasana BLK

Gambar 4.24. Visi dan Misi

Gambar 4.25. Menampilkan Pembukaan Pelatihan

Gambar 4.26. Menampilkan Pelatihan Menjahit

Gambar 4.27. Menampilkan Pelatihan Montir Motor

Gambar 4.28. Menampilkan Pelatihan Montir Mobil

Gambar 4.29. Menampilkan Pelatihan Las

Gambar 4.30. Menampilkan Pelatihan Pendingin

Gambar 4.31. Menampilkan Pelatihan Perhotelan

Gambar 4.32. Menampilkan Pelatihan Komputer

Gambar 4.33. Menampilkan Pelatihan Desain Grafis

Gambar 4.34. Menampilkan Hasil Pelatihan

Gambar 4.35. Menampilkan Penutupan Pelatihan

Gambar 4.36. Closing Logo Kota Tangerang

Gambar 4.37. Digitizing

Gambar 4.38. Editing

Gambar 4.39. Mixing

Gambar 4.40. Finishing

Gambar 4.41. Tahap Keluaran




DAFTAR BAGAN






BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi membuat dunia kerja yaitu perusahaan ataupun instansi bersaing dalam mencari SDM yang baru dan berkualitas. Dengan persaingan yang ketat saat ini, belum lagi persaingan dengan robot yang sudah bisa otomatis dalam melakukan pekerjaan dengan menghemat biaya dan waktu dalam pekerjaan, yang memang di butuhkan setiap kantor, akan tetapi sumber daya manusia juga masih tetap dibutuhkan didunia kerja karena tidak semua kerjaan dilakukan oleh robot atau semua kerjaan dilakukan secara otomatis.

Dinas Ketenagakerjaan membantu pada pekerja baru yang baru lulus ataupun yang ingin mempunyai skill dalam dunia kerja, dengan membantu para pekerja baru, melalui pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan, agar dapat meningkatkan skill atau ilmu setiap SDM untuk siap terjun di dunia kerja nyata.

Dinas Ketenagakerjaan mempunyai Balai Latihan Kerja yang berlokasi di Kota Tangerang. Balai Latihan Kerja siap menampung para lulusan baru atau pekerja yang butuh binaan dalam meningkatkan skill, agar dapat bersaing di dunia kerja. Dengan memberikan informasi kepada masyarakat luas, mengenai pembinaan SDM yang dilakukan oleh Dinas Ketenagakerjaan, agar masyarakat khususnya SDM yang siap kerja, untuk dapat bergabung dalam mencari ilmu dan meningkatkan skill yang dimilikinya agar mampu bersaing di dunia kerja dan menjadi SDM yang professional.

Dinas Ketenagakerjaan mempunyai pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan skill SDM yang ingin siap kerja dan Balai Latihan Kerja sebagai sarana tempat pelatihan yang disiapkan oleh Disnaker dan pelatihan yang diberikan Disnaker adalah pelatihan-pelatihan yang memang menjadi minat masyarakat, pelatihan yang diberikan merupakan Montir Motor, Montir Mobil, Menjahit, Las, Pendingin, Perhotelan, Komputer, dan Desain Grafis, 8 Pelatihan yang diberikan oleh Disnaker untuk meningkatkan skill SDM di Kota Tangerang.

Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang ingin meningkatkan Skill SDM yang berdomisili di Kota Tangerang pada tahun 2018 jumlah penduduknya di Kota Tangerang yang berusia 15 tahun keatas 1.648.817 juta jiwa dan pada tahun 2019 jumlah meningkat 1.686.520 juta jiwa dan dengan banyak penduduk Dinas Ketangakerjaan Kota Tangerang ingin mengurangi pengangguran di Kota Tangerang dan pada tahun 2018 pengangguran di Kota Tangerang 77.702 (7.40%) dan pada tahun 2019 pengangguran menurun menjadi 79.115 (7.14%) Target yang dirahapkan Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang ingin mengurangi pengangguran 6.75% dengan diberikannya pelatihan di Balai Latihan Kerja.

Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia di Kota Tangerang Dinas Ketenangakerjaan Kota Tangerang memberikan informasi secara door to door, media cetak dan seminar tentang pelatihan yang diberikan di Balai Latihan Kerja, dengan meningkatkan informasi yang secara interaktif dan menarik dibuat video profile sebagai penunjang informasi untuk Balai Latihan Kerja agar menjadi menarik secara visual dan audio dalam pemberikan informasi pada acara-acara atau seminar.

Informasi yang diberikan dalam Media Video ini merupakan profile Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, profile Balai Latihan Kerja dan informasi pelatihan apa saja yang diberikan Dinas Ketangakerjaan Kota Tangerang pada Balai Latihan Kerja, dan video profile ini bisa digunakan sebagai penambahan pada seminar-seminar yang diberikan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang dan dapat di upload pada website Disnaker dan Platform sosial media sebagai penunjang informasi yang lebih luas lagi.

Dalam perancangan video profile ini memudahkan Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang dalam memberikan informasi secara luas tentang Pelatihan di Balai Latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan dan masyarakat mendapatkan informasi yang lebih jelas karena mendapatkan informasi pelatihan secara visual dan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk berani mendaftar untuk meningkatkan skill dan siap terjun di dunia kerja.

Pemberiaan informasi Balai Latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan ini, membutuhkan sebuah Video profile yang akan digunakan sebagai penunjang informasi mengenai pelatihan - pelatihan yang dilakukan oleh Balai Latihan Kerja, agar masyarakat berani untuk terus mencari ilmu supaya bisa bersaing di dunia kerja yang memang sangat ketat di era teknologi.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang yang disampaikan, dapat dirumuskan beberapa point yang akan dibahas

  1. Bagaimana konsep video yang dibutuhkan Dinas Ketenagakerjaan dalam upaya memberikan informasi pelatihan Balai Latihan Kerja ?
  2. Apa saja informasi yang ingin disampaikan oleh Dinas Ketenagakerjaan melalui video informasi Balai Latihan Kerja ini ?
  3. Apa yang ingin dicapai oleh Dinas Ketenagakerjaan melalui perancangan video informasi Balai Latihan Kerja ini ?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, maka diperlukan pembatasan ruang lingkup dari Perancangan video profile sebagai sarana informasi dalam pelatihan BLK pada Dinas Ketenagakerjaan yang akan dibuat. Adapun Perancangan Video Informasi pada Dinas Ketenagakerjaan meliputi hal-hal yang akan digunakan sebagai media informasi dengan ruang lingkup BLK di antaranya informasi-informasi yang menunjang pelatihan-pelatihan yang ada pada Balai Latihan Kerja yang meliputi : informasi Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, visi dan misi, pembukaan pelatihan, pelatihan-pelatihan seperti Montir Motor, Montir Mobil, Menjahit Pakaian, Las, Pendingin, Perhotelan, Komputer, Desain Grafis, dan pentupan pelatihan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk menghasilkan konsep video profile yang menarik melalui audio visual dan effect visual, serta informasi yang lengkap, sehingga memberikan informasi yang jelas tentang pelatihan yang berada pada Balai Latihan Kerja.
  2. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Dinas Ketenagakerjaan yaitu Balai Latihan Kerja yang informasi Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, visi dan misi, pembukaan pelatihan, pelatihan-pelatihan seperti Montir Motor, Montir Mobil, Menjahit Pakaian, Las, Pendingin, Perhotelan, Komputer, Desain Grafis, dan pentupan pelatihan.
  3. Untuk mencapai hal yang dinginkan oleh Dinas Ketenagakerjaan dalam video informasi adalah upaya meningkatkan sumber daya manusia yang telah bergabung di Balai Latihan Kerja, dan dapat menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap bersaing atau terjun di dunia kerja.

Manfaat Penelitian

  1. Agar melalui konsep video profile yang terdapat audio visual, effect visual, serta informasi yang lengkap ini, dan dapat lebih memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat luas tentang Balai Latihan Kerja.
  2. Agar dengan adanya media informasi Balai Latihan Kerja ini, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, visi dan misi,pembukaan pelatihan, pelatihan-pelatihan seperti Montir Motor, Montir Mobil, Menjahit Pakaian, Las, Pendingin, Perhotelan, Komputer, Desain Grafis, dan pentupan pelatihan.
  3. Agar mendapatkan hal yang diinginkan Dinas Kentenagakerjaan penyampaian informasi tentang Balai Latihan Kerja kepada masyarakat untuk menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap kerja, dan dapat bersaing dengan yang lain.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh dan elengkapi data-data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan Perancangan Media Video Profile Balai Latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan, menggunakan beberapa metode penelitian, adapun metode - metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Metode Observasi yang dilakukan untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk perancangan media video profile Balai latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan, guna mendapatkan bagian-bagian yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannyan. Agar informasi yang diberikan kepada masyarakat luas dapat di cermati dengan baik.

  2. Wawancara

    Metode wawancara dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pihak stakeholder yaitu dengan Bapak Dr. Ir. H. Moh. Rakhmansyah, M.Si,. Sebagai Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Tangerang di BLK Kota Tangerang, untuk menanyakan materi-materi yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan skripsi dan apa saja yang meliputi isi dari pembuatan media video profile Balai Latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan.

  3. Studi Pustaka

    Studi pustaka ini dibutuhkan sebagai landasan yang digunakan, sebagai materi yang diperolah dari berbagai sumber, yaitu dari jurnal, buku, dan referensi lainnya yang diperlukan untuk penyusunan laporan skripsi yang terkait dengan topik penelitian.

Analisis SWOT

Analisa SWOT adalah identifikasi sebagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang, bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman.

Perancangan Media

Perancangan media video profile ini, merupakan media penunjang informasi Balai Latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan, untuk kebutuhan sebagai sarana informasi untuk masyarakat, selain itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, yang dirancang dengan aplikasi program komputer grafis yaitu : Adobe Premiere Pro CC 2015, Adobe After Effect CC 2015, Adobe Photoshop CC 2015, Adobe Audition CC 2015.

Konsep Produksi Media (KPM)

Perancangan media informasi Balai Latihan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan ini dengan menggunakaan konsep produksi media (KPM) yaitu sebagai berikut :

  1. Preproduction

    Preproduction adalah proses persiapan dalam melakukan kegiatan produksi. Preproduction merupakan proses pembuatan konsep yang akan dilakukan saat produksi, tahap ini berisi ide atau gagasan, sinopsis, narasi, storyboard, script writing, rundown, penyusun crew, time schedule, budget dan peralatan yang akan digunakan.

  2. Production

    Production adalah tahap dimana bentuk kerjasama tim atau crew untuk mewujudkan konsep dari storyboard pada tahap preproduction. Tahap ini berisikan tentang perencanaan multimedia, tujuan multimedia, strategi multimedia, program multimedia, perencanaan audio, tujuan audio, strategi audio, program audio, perencanaan visual, tujuan visual, strategi visual, program visual, perencanaan broadcasting, tujuan broadcasting, strategi broadcasting, program broadcasting.

  3. Postproduction

    Postproduction adalah tahap terakhir setelah preproduction dan production. Tahap ini merupakan tahapan finishing, mixing, dan pendistribusian kedalam berbagai format. Bagian postproduction, digitizing, editing, mixing, finishing, tahap keluar, dan segmen pasar.

Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab I menjelaskan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan, yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab II membahas tentang Teori Umun dan Teori Khusus yang berkaitan dengan penulisan laporan penelitian skripsi, serta Literature review sebagai landasan dalam penelitian.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab III menjelaskan tentang gambaran umum obyek yang diteliti, meliputi Sejarah Singkat, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potential Market, Market Segmentation, Marketing Objective, Marketing Strategy, Budget Produksi Media, configurasi Perancangan yang meliputi : Konfigurasi Hardware, Software yang digunakan dan Elisitasi.

BAB IV KONSEP DESAIN

Pada Bab IV menjelaskan Konsep Produksi Media (KPM) ialah tahapan untuk mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) ehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi. Uraian yang terdapat pada bab ini meliputi : Preproduction, Production, dan Postproduction

BAB V PENUTUP

Pada Bab V menjelaskan tentang kesimpulan dan saran yang diberikan kepada Dinas Ketenagakerjaan dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan Tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan Skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.



BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Hutahaean, dkk (2016:8)[1]“Perancangan merupakan proses pemecahan masalah yang disertai dengan pemikiran yang kreatif guna mencapai hasil yang optimal. Merencanakan atau mengatur segala sesuatu agar menjadi lebih baik”.

Nugroho (2016:718)[2]“Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi baru berdasarkan rekomendasi hasil analisis sistem”.

Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah mengatur sesuatu agar mendapatkan hasil yang baik dalam proses hasil analisis.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Wibowo, dkk (2017:62)[3] proses perancangan secara umum mempunyai beberapa tahapan yaitu :

  1. Persiapan Data

    Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali.

  2. Idea

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  3. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  4. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain-lain.

  5. Visualisasi

    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing

  6. Produksi

    Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.

Pengertian Project

Menurut Sunarya, dkk (2017:4)[4]“Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timeline atau storyboard yang sedang dalam pengeditan.”

Sedangkan Sunarya dan Lisa Anisa (2018:77)[5]“Project merupakan semua informasi berupa karya yang menarik seperti gambar, urutan klip, audio, narasi dan efek lain yang ditambahkan dalam storyboard atau timeline.”

Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa project merupakan karya seperti gambar, musik, atau video dengan pengeditan isi timeline atau storyboard.


Konsep Dasar Informasi

Pengertian Data

Menurut Pangerang (2016:62)[6]”Data dapat didefinisikan sebagai bahan keterangan tentang kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam sekelompokan lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan atau hal.”

Sedangkan Waruwu, dkk (2017:177)[7]“Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.”

Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa data merupakan kumpulan fakta-fakta yang dikelompokan agar dapat diterima secara apa adanya.

Pengertian Informasi

Jenis-Jenis Informasi

Kualitas Informasi

Nilai Informasi

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Alternatif Media

Konsep Dasar Desain

Definisi Desain

Fungsi-fungsi Desain

Definisi Tentang Psikologi Warna

Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Definisi Citra atau Image

Teori Khusus

Definisi Media Komunikasi Visual

Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2015:78)[8], Media Komunikasi Visual diyakini mudah untuk dilihat masyarakat luas. Komunikasi Visual ( Komunikasi melalui penglihatan ) adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Contoh dari Media Komunikasi visual yaitu iklan surat kabar, iklan majalah, brosur, spanduk, poster, billboard, katalog, paper bag, flyer maupun merchandise

Dengan adanya Media Komunikasi Visual banyak perusahaan maupun lembaga pendidikan berlomba-lomba dalam mempromosikan maupun menginformasikan dalam bentuk media cetak khususnya dalam bentuk desain majalah yang akan penulis buat untuk lembaga perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang ini.

Konsep Dasar Majalah

Pengertian Majalah

Menurut Anthonius Golung (2015:4)[9], majalah adalah terbitan berkala yang berisi artikel-artikel dan terbitan untuk waktu tidak terbatas yang mempunyai nomor urut, majalah yang sifatnya umum berisi artikel-artikel dari berbagai macam bidang. Sedangkan majalah yang sifatnya khusus biasanya artikel didalamnya juga disekitar bidang yang bersangkutan.

Bentuk-Bentuk Majalah

Dalam kutipan Dominick, (2015:3)[10], Sucie Nella Ardilla mengategorikan majalah kedalam 5 (lima) kategori utama yaitu :

  1. Majalah Konsumen Umum (General Customer Magazine)
  2. Majalah konsumen ini menyajikan informasi tentang produk dan jasa yang di iklankan pada halaman-halaman tertentu.

  3. Majalah Bisnis (Business Publication)
  4. Majalah ini melayani secara khusus informasi bisnis, industri atau profesi. Media ini tidak dijual di mall ataupun supermall, pembacanya terbatas pada kaum professional atau pelaku bisnis. Produk-produk yang diiklankan umumnya hanya dibeli oleh organisasi bisnis atau kaum professional.

  5. Kritis Sastra dan Majalah Ilmiah (Literacy Reviews and Academic Journal)
  6. Pada umumnya memiliki sirkulasi dibawah sepuluh ribu dan banyak diterbitkan oleh organisasi non-profit, universitas, Yayasan atau organisasi professional. Mereka menerbitkan empat edisi atau kurang dari setiap tahunnya, dan kebanyakan tidak menerima iklan.

  7. Majalah Khusus Terbitan Berkala (Newsletter)
  8. Media ini dipublikasikan dalam bentuk khusus, 4 – 8 halaman dengan perwajahan khusus. Media ini di distribusikan secara gratis atau dijual secara langganan

  9. Majalah Hubungan Masyarakat (Public Relations Magazine)
  10. Majalah ini diterbitkan oleh perusahan dan dirancang untuk sirkulasi para karyawan perusahaan, agen, pelanggan, dan pemegang saham.

Aplikasi Penunjang Desain

Adobe Photoshop

  1. Definisi Adobe Photoshop
  2. Menurut Azis Solechul (2015:6)[11]Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan adobe system yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar pembuatan efek.

    Menurut Hartono Dody Suryo dan Daniel Rudjiono (2015:4)[12]Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra bautan Adobe System yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar / foto, dan bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi kesembilan disebut Adobe Photshop CS2, versi kesepuluh adalah Adobe Photshop CS3, versi kesebelas adalah Adobe Photshop CS4, versi keduabelas adalah Adobe Phtoshop CS5, dan versi ketigabelas adalah Adobe Photoshop CS6.

    Konsep Dasar Elisitasi

    Menurut Dade Bachtiar dan Atikah (2015)[13] elistasi berisi rancangan system baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis dan dieksekusi. Elistasi dilakukan melalui 3 (tiga) tahap yaitu :

    1. Elisitasi tahap I
    2. Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

    3. Elisitasi tahap II
    4. Merupakan hasil pengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

      • “M” pada MDI itu artinya Mandatory (penting). Maksudnya requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.
      • “D” pada MDI itu artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.
      • “I” pada MDI itu artinya Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.
    5. Elisitasi tahap III
    6. Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu sebagai berikut:

      1. T artinya Technical, maksudnya bagaimana tata cara/teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.
      2. O artinya Operational, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.
      3. E artinya Economy, maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem. Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu:
        • High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.
        • Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan
        • Low (L) : Mudah untuk dikerjakan
    7. Final Draft Elisitasi
    8. Merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

    Literature Review

    Menurut Aris Martono, dkk (2017:164)[14]literature review atau tujuan pustaka adalah kumpulan teks yang bertujuan untuk meninjau titik – titik saat ini pengetahuan dan atau pendekatan metodologis pada topik tertentu.

    Penulis mendapatkan beberapa Literature Review diantaranya sebagai berikut :

    Aveyard Helen dalam bukunya yang berjudul “Doing Literture Review in Health and Social Care: A Practical Guide”. (2014:2)[15]menegaskan bahwa, “A Literature riview is the comprehensive study and interpretation of literature that relate to particular topic. When you undertake a literature review, you identify a research question and then seek to answer this question by searching for and analyzing relevants literature using systematic approach. “

    (Sebuah tinjauan literatur adalah studi dan interprestasi literatur yang berkaitan dengan topik tertentu. Ketika anda melakukan tinjauan literatur, anda mengidentifikasi pertanyaan penelitian dan kemudian berusaha menjawab pertanyaanya dengan mencari dan menganalisis literatur yang relevan dengan menggunakan pendekatan sistematis.)

    Berdasarkan hasil penelitian terhadap perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja Maka dengan ini disimpulkan bahwa :

    1. Penelitian yang dilakukan oleh Yuliati dkk, (2014)[16] yang berjudul ”Perancangan Mobile Augmented Dengan Metode Interactive Multimedia System Design Development (Studi Kasus: Brosur Disekolah Tinggi Teknologi Dumai”. menjelaskan tentang meningkatkan media promosi brosur yang selama ini dipakai untuk menarik minat calon siswa dan memberikan informasi terkait dengan promosi yang ditawarkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Dumai yang dikembangkan media brosur Mobile Augmented Reality Secara real time dengan menggunakan metode Interactive Multimedia system design Development (IMSDD) Menggunakan andoid secara offline.
    2. Penelitian yang dilakukan oleh Ivoni Putri Damayanti dan Bijaksana Prabawa (2017)[17] yang berjudul “Perancangan Media Promosi Objek Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Di Cirebon“ Cirebon memiliki kekayaan warisan budaya dan sejarah yang begitu tinggi akan tetapi potensi tersebut sampai saat ini masih belum dimaksimalkan untuk mendongkrak wisatawan datang ke kota Cirebon dikarenakan promosi yang kurang sepenuhnya maksimal yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung.
    3. Penelitian yang dilakukan oleh Giandari Maulani, dkk (2017)[18] yang berjudul “Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2 “ Dalam penelitian tersebut, dijelaskan tentang promosi sekolah beserta informasi lainnya yang bertujuan untuk memperkenalkan sekolah tersebut kepada masyarakat. Dengan membuat media komunikasi visual berupa tabloid dinilai efektif karena memberikan berbagai informasi pada sekolah SMK Mandiri 2.
    4. Penelitian yang dilakukan Lusyani Sunarya, dkk (2016)[8] dengan judul “Desain Majalah Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Tk Putra 1 Jakarta”. penelitian ini menjelaskan TK putra 1 adalah sebuah Lembaga Pendidikan khusus anak usia dini. Terdapat banyaknya sekolah TK dijakarta serta pesatnya dunia Pendidikan dan informasi saat ini, menyadari perlunya sebuah desain majalah yang akan menjadi sumber informasi pada TK Putra 1 Jakarta, Tujuan desain majalah ini, agar dapat menyampaikan informasi dan promosi yang lebih detail tentang aktifitas, sarana dan prasarana, serta berbagai keunggulan yang disarankan oleh sekolah, sehingga mudah dipahami dan menjadi daya Tarik bagi calon siswa dan siwi baru untuk bersekolah diTK Putra 1 Jakarta.
    5. Penelitian yang dilakukan oleh Dewi Immaniar, dkk (2014)[19] yang berjudul ” Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book-Store” Penelitian ini membahas tentang media promosi yang kreatif dan variative yang dibutuhkan perusaan tersebut,
    6. Research done Mustagfirin (2015:1)[20] “Company Profile Distro DEVGRU CLOTHING using Multimedia Method”. Now it needs the information or announcement ease in information technology in search of desired information as well as reduce error flags caused by human error . The developers of the internet now have started to grow very rapidly. Because almost all people around the world use the internet, that serves as aspects of a communication, information and facilities for the promotion of providers. Distro business “DEVGRU CLOTHING” is a company move in production and sale of a garment (clothes, a jacket, pants , hat ) asesoris and other. But in the selling process still use manual way and promotion and have not had a system information that supports. The use of information technology in the form of information systems can be used to improve their performance in terms of promotion or sale."
      (Kini dibutuhkan informasi atau pengumuman dalam teknologi informasi untuk mencari informasi yang diinginkan serta mengurangi kesalahan akibat manusia. Perkembangan internet sekarang sudah tumbuh dengan sangat pesat. Karena hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan internet, itu berfungsi sebagai aspek komunikasi, informasi dan fasilitas untuk promosi provider. Bisnis Distro "DEVGRU CLOTHING" adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi dan penjualan garmen (pakaian, jaket, celana, topi) aksesoris dan lainnya. Tapi dalam proses penjualan masih menggunakan cara dan promosi manual dan belum memiliki informasi yang memadai. Penggunaan teknologi informasi dalam bentuk sistem informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kinerjanya dalam hal promosi atau penjualan.)
    7. Research done Hamdani Nurvivi and Ananda Risya Triani (2017)[21] “The Design of Klettern Media Promotion” The use of the Internet as a promotional and business media grows higher. Internet makes it easy for businesses to market their products or services. A brand named Klettern that sell outdoor gear products, market their products through online promotional media such as Facebook and Instagram. But, marketing is done through the media is not able to attract these consumers, because not every community or target market used the social media. Therefore, optimizing the strategy of content is very important for marketing the product. In marketing, it takes a strategy for the products offered to align with the needs of consumers. One of the route that can be used is the inbound marketing technique that comprised of content marketing and social media participation. In this study, the author conducted several data collection methods, such as literature studies, observation, interviews, questionnaire, and documentation. Through the research, it is expected that Klettern brand can devise a grand plan to promote and expand their market nation wide and overseas.
      (Penggunaan Internet sebagai media promosi dan bisnis semakin tinggi. Internet memudahkan bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Sebuah merek bernama Klettern yang menjual produk outdoor gear, memasarkan produknya melalui media promosi online seperti Facebook dan Instagram. Tapi, pemasaran yang dilakukan melalui media tidak mampu menarik konsumen ini, karena tidak setiap komunitas atau target pasar menggunakan media sosial. Karena itu, mengoptimalkan strategi konten sangat penting untuk memasarkan produk. Dalam pemasaran, dibutuhkan strategi untuk produk yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah teknik pemasaran inbound yang terdiri dari konten pemasaran dan partisipasi media sosial. Dalam penelitian ini, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data, seperti studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Melalui penelitian ini, diharapkan merek Klettern dapat merancang rencana besar untuk mempromosikan dan memperluas pasarnya secara nasional dan luar negeri.)
    8. Research done Yan Jiang and Wenlong Liu (2015:49)[22] "Application of Mind Mapping in Poster Design Classroom Teaching and Practice Guiding". Based on the characteristics of the radioactive brain thinking, British educator Tony Buzan first proposed two concepts“Radiant Thinking” and “Mind Mapping”. And the Mind Map is the external manifestation of radioactive brain thinking. With mastery of the mind map, this way of thinking has been widely used in various aspects of life and work, including learning, communication, management, etc. Because it can effectively stimulate human creativity, in recent years, this way of thinking is also increasingly being recognized and adopted in the field of art and design.For the learner of design, mind maps can help the brain’s active thinking brain active thinking and to break conventional thinking. Within the scope of the confirmed concept, mind Maps provide a guide to the direction of thinking. And, a lot of inspiration subsequently emerges in minds. This process is so interesting and effective; for instructors, good use of mind maps to guide the students make the classroom active and significantly improve the quality and quantity of design. Therefore, the proper use of mind maps improves the efficiency and quality of teaching.
      (Berdasarkan karakteristik pemikiran otak radioaktif, pendidik Inggris Tony Buzan pertama kali mengajukan dua konsep - "Radiant Thinking" dan "Mind Mapping". Peta Pikiran adalah manifestasi eksternal pemikiran otak radioaktif. Dengan penguasaan peta pikiran, cara berpikir ini telah banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan dan pekerjaan, termasuk pembelajaran, komunikasi, manajemen, dan sebagainya. Karena secara efektif dapat merangsang kreativitas manusia, dalam beberapa tahun terakhir, cara berpikir ini juga semakin diakui dan diadopsi di bidang seni dan desain. Bagi pelajar desain, peta pikiran dapat membantu pemikiran otak otak aktif berpikir aktif dan untuk memecahkan pemikiran konvensional. Dalam lingkup konsep yang telah dikonfirmasi, peta pikiran memberikan panduan menuju arah pemikiran. Dan, banyak inspirasi kemudian muncul dalam pikiran. Proses ini sangat menarik dan efektif; Bagi instruktur, penggunaan peta pikiran yang baik untuk membimbing siswa membuat kelas aktif dan secara signifikan memperbaiki kualitas dan kuantitas desain. Oleh karena itu, penggunaan peta pikiran yang tepat meningkatkan efisiensi dan kualitas pengajaran.)
    9. Research conducted by Young-Min Kim and Young-Sam Kim (2016:111 – 127)[23] with the title “Analysis of Vogue Magazine on Form of Image Expression and Utillization of Model Poses in Fashion Photos” The Study aims to examine the forms of”Image expression” and Utillization of model poses in fashion photos, and to delve into the characteristics and the intens that make certain model poses effective in expression an image. The study used the fashion photos in the fashion magazine. Vogue, to analyze the different model poses used to express different images.
      (Penelitian ini bertujuan untuk menguji bentuk “ekspresi gambar” dan pemanfaatan pose model dalam foto mode, dan untuk menyelidiki karakteristik dan maksud yang membuat model tertentu berpose efektif dalam mengekspresikan gambar. Studi ini menggunakan foto-foto mode dimajalah mode. Vogue, untuk menganalisis berbagai pose model yang digunakan untuk mengekspresikan gambar yang berbeda).
    10. Research Conducted by Tobiasson (2015)[24] with the title “Designing For Active Life: Moving And Being Moved Together with Demantia Patients”Life for older people with dementia tends to be inactive. The paper reports on two case studies in which exercise games (exergames) were introduced in dementia special care units with a focus on patients’ well-being. The first case used a participatory design (PD) approach to engage the patients as users in the process. The results highlight the patients’ enjoyment in playing these games in a socially encouraging environment. We have found that axargames in dementia care provide patients with the well documented health benefits, social interactions, physical activity and challenges are valuable ingresients when designing for the well being of older people who suffer from moderature to serverse dementia.
      (Hidup untuk orang tua dengan demendia cenderung tidak aktif. Makalah ini melaporkan dua studi kasus dalam latihan yang permainan diperkenalkan di unit perawatan khusus demensia dengan focus pada kesejahteraan pasien. Khusus pertama digunakan pendekatan partipatif desain (PD) untuk terlibat pasien sebagai pengguna dalam proses. Hasil ini menyoroti pasien kenikmatan dalam permainan ini dalam lingkungan social mendorong. Kami telah menemukan exergames dalam perawatan demensia memberikan pasien dengan manfaat kesehatan yang terakomodasi dengan baik dan aktifitas fisik dan juga mengakibatkan manfaat social dan kognitif. Hsil menunjkan bahwa pengertian tentang permainan kompetisi, interaksi social, aktifitas fisik, dan tantangan yang bahan berhagra ketika merancang untuk kesejahteraan orang tua yang menderita moderat dengan demensia yang berat)




    BAB III

    PEMBAHASAN

    Gambaran Umum Objek Yang Diteliti

    Sejarah Singkat PT Prabayaksa Surya Albantani

    PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang merupakan salah satu perusahaan jasa travel umroh dan haji yang berada di kabupaten Tangerang, yang dimiliki oleh Hj. Maman Suryaman, S.T.

    Didirikan pada April 25 2017, yang berlokasi di Ruko Garden Boulevard S. 02/168, Citra Raya Kabupaten Tangerang, Prabayaksa Adalah perusahaan jasa yang tergolong perusahaan muda tapi bisa dikatakan perusahaan jasa ini sangat dikenal oleh masyarakat Kabupaten Tangerang dan. Sebagai contoh setiap tahun selalu ada peserta jamaah umroh yang ingin memakai jasa travel umroh dari PT Prabayaksa Surya Albantani.

    PT Prabayaksa Surya Albantani adalah Perusahaan yang mengedepankan Motto perusahaan yaitu amanah dan melayani

    Visi-Misi PT Prabayaksa Surya Albantani

    • Visi
      1. Memberikan Kemudahan dan Perlindungan bagi Masyarakat dalam Mendapatkan Jasa Layanan Wisata yang Baik dan Amanah, Khususnya Perjalanan Ibadah ke Tanah Suci
    • Misi
      1. Membuat Biro Jasa Wisata atau Agen Travel dengan merek Prabayaksa Tour & Travel, yang menyediakan jasa layanan: Paket Wisata & Ziarah Domestik & Internasional Tiketing Pesawat Voucher Hotel Umroh, dan Haji Mandiri
      2. Menerapkan prinsip kerja dengan motto Amanah, Melayan dan Mudahkan Urusan Orang,
      3. Bekerjasama dengan perusahaan lain seperti Maskapai Penerbangan dan Jaringan Hotelhotel yang baik dan dipercaya untuk mendapatkan harga terbaik dan bersaing dengan faisiltas yang prima.

    Struktur Organisasi

    Struktur Organisasi PT Prabayaksa Surya Albantani Sebagai Berikut

    Bagan 3.1 Struktur Organisasi PT Prabayaksa Surya Albantani

    Wewenang Dan Tanggung Jawab

    Berikut wewenang serta tanggung jawab bagian–bagian yang ada pada PT. Prabayaksa Surya Albantani sebagai berikut:

    1. DIREKTUR OPERASIONAL
    2. Wewenang

      • Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.

      Tanggung Jawab

      • Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
      • Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
    3. GENERAL MANAGER
    4. Wewenang

      • Mengambil keputusan tertinggi pada seiap manager fungsional

      Tanggung Jawab

      • Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
      • Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategi.
    5. MANAGER ACCOUNTING
    6. Wewenang

      • Mengatur alur kas

      Tanggung Jawab

      • Membuat laporan keuangan.
    7. MANAGER MARKETING
    8. Wewenang

      • Melakukan planning dan analisi pemasaran

      Tanggung Jawab

      • Menjalin relasi dengan konsumen.
      • Membimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran
    9. MANAGER PERSONALIA
    10. Wewenang

      • Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.

      Tanggung Jawab

      • Melayani dalam proses perekrutan
      • Mengawasi dan evaluasi kinerja.
    11. SALES TOUR AND TRAVEL
    12. Wewenang

      • Memantau kompetitor.

      Tanggung Jawab

      • Melayani feedback konsumen.
      • Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen
      • Menjual produk dan jasa Parawisata
    13. TICKETING
    14. Wewenang

      • Menjaga dan memantau stock.

      Tanggung Jawab

      • Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
    15. MASENGGER
    16. Wewenang

      • Bekerjasama dengan ticketing

      Tanggung Jawab

      • Memproses data dan pengriman tiket.
    17. KARYAWAN
    18. Wewenang

      • Melakukan Pekerjaan sesuai dengan aturan yang ditentukan

      Tanggung Jawab

      • Dapat melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai rencana kerja yang telah ditentukan

    Produk Informasi

    Produk

    Media informasi untuk kebutuhan promosi dan informasi PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang, agar lebih efektif dan efisien perancangan yang diusulkan dan di sepakati oleh Stakeholder yaitu media komunikasi visual dalam bentuk desain majalah, untuk merancang desain majalah penulis memperhatikan desain layout dan warna yang dibuat menarik agar nantinya bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa travel PT Prabayaksa Surya Albantani

    Dalam merancang desain majalah yang memuat profil Perusahaan, tarif harga paket dan bonus yang diberikan, keunggulan, fasilitas, serta kegiatan, diharapkan dapat memuat informasi secara lebih jelas, desain majalah nantinya akan diinformasikan kepada tamu kunjungan maupun tamu dari calon customer yang ingin menggunakan jasa travel dari PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang, agar informasi lengkap lebih mudah diketahui.

    Latar Belakang Produk

    Media informasi dan promosi yang digunakan PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang hanya berupa brosur dan banner yang belum efektif dalam menyampaikan informasi secara menyeluruh, dengan merancang desain majalah sebagai penunjang informasi dan promosi dapat menyampaikan informasi secara lebih lengkap agar target yang diharapkan akan tercapai.

    Perkembangan Produk

    Untuk menginformasikan dan mempromosikan PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, banner dan seiring berkembangnya teknologi di bidang komunikasi visual PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang berkeinginan membuat media cetak yang lebih efektif seperti desain majalah yang diharapkan dapat meningkatkan citra perusahan dan ketertarikan calon customer sehingga dapat meningkatkan customer baru


    Material Produk

    Dengan penelitian ini material produk yang ingin penulis sampaikan dalam merancang media komunikasi visual dalam bentuk desain majalah PT Prabayaksa Surya Albantani Kabpuaten Tangerang, yaitu sebagai berikut.

    Tabel 3.1 Material Produk

    Spesifikasi Produk

    Didalam dunia Traveling banyak sekali perusahaan travel yang mengedepankan kepuasan customer, harga terjangkau, dan fasilitas memadai yang juga ada di PT Prabayaksa Surya Albantani.

    1. Kelebihan
      • Mengedepankan prioritas customer
      • Amanah dan melayani
    2. Kekurangan
      • Sistem informasi yang belum efektif. – masih banyaknya calon customer yang belum mengetahui kegiatan dan keunggulan perusahaan.

    Harga Produk

    Didalam dunia jasa travel harga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan, karena banyak sekali perusahaan jasa travel yang berlomba-lomba dalam menentukan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

    Namun banyak masyarakat yang beranggapan bahwa harga tinggi kualitas tinggi dan sebaliknya. Oleh karena itu PT Prabayaksa Surya Albantani selalu mengedepankan kualitas dari fasilitas yang diberikan dengan harga yang terjangkau serta bonus dari paket yang diberikan untuk calon customer.

    Market Analysis

    Market analisis merupakan investigasi terdokumentasi dari pasar yang akan ditawarkan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dan digunakan untuk menginformasikan suatu lembaga perusahaan jasa tour dan travel dari fasilitas, harga serta bonus, sampai kegiatan yang ada pada lembaga tersebut agar dapat meningkatkan daya tarik masyarakat.

    Market Positioning

    Dengan dirancangnya media desain majalah ini bertujuan untuk lebih mengenalkan secara menyeluruh PT Prabayaksa Surya Albantani, dari aspek informasi, fasilitas. Dan juga menentukan target pasar khususnya calon customer.

    Kondisi Pesaing

    Kondisi Pesaing PT Prabayaksa Surya Albantani saat ini memiliki banyak pesaing pada bidangnya. Maka dari itu diperlukannya media promosi dan informasi dengan tampilannya yang lebih menarik dari sebelumnya. Perusahaan yang menjadi pesaing saat ini diantaranya sebagai berikut :

    Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

    Potensial Market

    Informasi yang dimuat dalam bentuk majalah pada PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang ini yaitu memuat tentang profile perusahaan sambutan Direktur Operasional, sejarah singkat ,visi-misi, tarif harga paket serta bonus, fasilitas, keunggulan, kegiatan, dan kontak alamat lengkap. Yang nantinya akan menjadi kegiatan promosi yang lebih efektif dan efisien agar dapat meningkatkan minat calon customer.

    Market Segmentation

    Dari Market Segmentasion terdapat Geografi, Demografi dan Psikografi Geografi meliputi : Tangerang dan sekitarnya

    Demografi Meliputi :

    • Jenis Kelamin : Pria dan Wanita
    • Umur : Semua Umur
    • Kelas Ekonomi : Menengah
    • Sasaran :
      1. Masyarakat khususnya muslim

    Psikografi meliputi : Perancangan media desain majalah ini akan ditunjukan kepada calon customer baru, dan masyarakat agar lebih mengetahui lebih lengkap tentang PT Prabayaksa Surya Albantani.

    Marketing Objective

    Dari market objective ini informasi dan promosi yang dibuat dalam bentuk desain majalah , diharapkan PT Prabayaksa Surya Albantani dapat lebih dikenal oleh calon customer agar nantinya dapat menraik minat para calon customer. Oleh karena itu dengan dirancangnya media desain majalah di PT Prabayaksa Surya Albantani dapat menjadi lebih efektif dalam mempromosikannya, dan desain yang dibuat menarik dengan layout maupun warna serta isi dari majalah agar calon Customer tertarik untuk menggunakan jasa travel PT Prabayaksa Surya Albantani.

    Marketing Strategy

    Dengan perancangan desain majalah ini diharapkan dapat meningkatkan target pasar dan informasi yang dimuat dapat tersampaikan dengan baik kepada calon customer serta masyarakat, agar nantinya dapat meningkatkan jumlah customer baru.

    Dari perancangan ini penulis menggunakan metode Analisa SWOT pada tabel dibawah ini diharapkan dapat memperjelas dari pembuatan desain majalah.

    Tabel 3.3. Analisis SWOT

    Konfigurasi Perancangan

    Spesifikasi Hardware

    Perancangan majalah menggunakan 1 unit laptop dengan spesifikasi sebagai berikut:

    1. Processor : Intel Corei5-8250U, up to 3,4 GHz
    2. Monitor : 14” FHD LCD
    3. Mouse : Logitecth
    4. RAM : 4 GB
    5. Hardisk : 1 TB

    Software yang digunakan

    Didalam merancang media desain majalah ini, perancangan menggunakan software sebagai berikut :

    • Adobe Photoshop Cs6

    Budget Produksi Media

    Didalam merancanag media penunjang promosi dan informasi bentuk desain majalah terdapat pembiayaan produksi media, untuk tahap awal penulis berkeinginan produksi 1pcs melalui produksi printing. Berikut budget produksi dari perancangan desain majalah :

    Tabel 3.4. Budget Produksi

    Elisitasi

    1. Elisitasi Tahap I
    2. Elisitasi tahap 1 berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

      Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I

    3. Elisitasi Tahap II
    4. Elisitasi tahap II berisi hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

      Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II

      Keterangan :
      M = Mandatory (yang diinginkan)
      D = Desirable (yang diperlukan)
      I = Inessential (yang tidak mutlak diinginkan) .

    5. Elisitasi Tahap III
    6. Elisitasi tahap III merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI.

      Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III

      Keterangan :
      T = Technical.   H = High (Sulit untuk dikerjakan)
      O = Operational.   M = Middle (Mampu untuk dikerjakan)
      E = Economy.   L = Low (Mudah untuk dikerjakan)

    7. Final Draft Elisitasi
    8. Final draft elisitasi merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar perancangan media yang akan dikembangkan.

      Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi


    BAB IV

    HASIL PENELITIAN

    Perencanaan Media

    Dalam penelitian ini, penulis membuat konsep perancangan media promosi dan informasi berbentuk desain majalah, perancangan desain majalah yang berisikan cover depan dan belakang, profile Perusahaan, keunggulan Perusahaan, Sambutan, tarif harga, kegiatan, fasilitas,serta alamat dan kontak perusahaan. Perancangan akan di buat berbentuk buku yang dirancang melalui desain komunikasi visual yang kreatif dan menarik.

    Tujuan Media

    Tujuan perancangan desain majalah ini yaitu untuk penunjang promosi dan informasi perusahaan dan menjadikan sistem promosi yang lebih efektif dan jelas diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dari masyarakat khusunya calon customer yang mendaftar ke PT Prabayaksa Surya albantani.

    Strategi Media

    Sebelum melakukan proses desain, penulis merumuskan strategi media. Sasaran media komunikasi visual yang dirancang memiliki tiga aspek sasaran, yaitu:

    1. Geografi meliputi :Kabupaten Tangerang.
    2. Demografi meliputi :
      • Jenis Kelamin : Pria dan Wanita
      • Umur : Semua Umur
      • Kelas Ekonomi : Menengah
      • Sasaran : Masyarakat umum. Khususnya Muslim
      • Psikografi meliputi :
      • Perancangan media desain majalah ini akan ditunjukan kepada calon customer baru, dan masyarakat agar lebih mengetahui lebih lengkap tentang PT Prabayaksa Surya Albantani

    Program Media

    Program media dari desain majalah yang telah di sepakati oleh stakeholder dan, penulis mengusulkan program media desain majalah sebagai penunjang informasi dan promosi yang digunakan pada tahun 2019 dan mengalami up to date disetiap tahunnya agar lebih banyak yang mengetahui tentang PT Prabayaksa Surya Albantani.

    Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif)

    Perencanaan pesan atau konsep kreatif dari media desain majalah yang dibuat penulis memuat informasi dalam bentuk data, tata letak yang tertata rapih serta gambar-gambar yang menarik agar informasi mudah dipahami, desain dibuat berkesan minimalis, dan elegan

    Tujuan Kreatif

    Dari tampilan bentuk-bentuk pesan peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran tampilan dan isi majalah sebagai daya tarik dan tambahan wawasan dalam media iklan yang akan digunakan sebagai media Informasi dan promosi

    Strategi Kreatif

    Perancangan media desain majalah yang memuat profile PT Prabayaksa Surya Albantani, tarif harga serta bonus yang diberikan, keunggulan, fasilitas, kegiatan, kontak dan alamat lengkat dibuat menggunakan pesan visual dari unsur grafis yang disusun secara rapih, agar desain terlihat menarik yang berkesan minimalis dan elegan tetap mengandung pesan yang baik dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca.

    Perencanaan Visual (Konsep Visual)

    Image yang ingin disampaikan oleh penulis dengan menampilkan buku majalah dengan kesan simple, dan diantaranya tata letak (layout), warna, dan gambar. Penyajian desain majalah dengan tetap mempertahankan warna - warna asli seperti warna hitam adalah warna yang berasal dari warna identik Ka’bah

    Tujuan Visual

    Kesederhanaan tampilan visual pada setiap rancangan bertujuan untuk memperkenalkan sebuah majalah memudahkan dalam penyampaian pesannya kepada publik. Nuansa yang ingin disampaikan peneliti pada setiap rancangan ini yaitu terkesan menarik.

    Strategi Visual

    Gaya Penyajian Visualisasi menggunakan gaya minimalis tapi masih terkesan modern. Rancangan nedia majalah dibuat dengan penataan objek-objek gambar dan redaksi orientasi setiap kegiatan, tata letak gambar dan teks sebagai pendukung redaksi kegiatan tata kelola menggunakan adobe photoshop cs6

    Penulis Naskah

    Dalam media desain majalah sebagai penunjang promosi dan informasi PT Prabayaksa Surya Albantani, penulis membuat desain berisikan gambar yang disertakan teks (tulisan), teks yang dibuat melalui pemiihan font teks (jenis tulisan ).

    Teks (tulisan) sangat penting dalam penyampaian pesan promosi dan informasi, teks (tulisan) yang berkarakter sangat mempengaruhi dari desain yang dibuat, teks (tulisan) yang dimaksud yaitu Judul, Sub Judul, (logo type) dan naskah (body copy).

    Pengarahan Visualisasi (Art Directing)

    Perancangan media desain majalah agar lebih menarik dan dapat meningkatkan citra perusahaan, diperlukan arahan dalam merancanag tampilan desain majalah mulai dari pengarahan tata letak, jenis huruf, gaya tampilan visual dan warna yang selaras

    Dengan unsur grafis perancangan desain majalah segabai penunjang informasi dan promosi menjadi lebih kreatif, jelas dan terarah. Rancangan media tersebut mengikuti kaidah-kaidah sebagai berikut:

    1. Totalitas warna yang dipilih adalah:
      • Hitam
      • Melambangkan Ketabahan, kekuatan, ketegasan.

      • Kuning Emas / Gold
      • Melambangkan Kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual

    2. Jenis huruf yang digunakan dalam media desain majalah diantaranya.
    3. Garde, Magneto, Calibri, Ceria Lebaran.

    4. Tata letak atau layout perhalaman dibuat berbeda agar informasi yang disampaikan tepat dan terarah
    5. Gaya penampilan yang dibuat minimalis dan elegan agar terkesan profesional dan jelas dilihat
    6. Model yang dipakai dari media desain majalah ini yaitu foto-foto direktur operasional, ka’bah, jamaah/customer Prabayaksa

    Proses Desain (Designing)

    Didalam proses perancangan media desain majalah, melalui beberapa tahap agar hasil yang dibuat terlihat menarik dan jelas. Tahapannya itu terbagi menjadi 3(tiga) tahapan diantaranya yaitu (Layout kasar, Layout komprehensif, dan Final Artwork).

    • Layout Kasar
    • Layout Kasar adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual. Dengan dibuatnya layout kasar untuk diperlukan panduan pada saat desain melalui aplikasi komputer. Tahapan dari perancangan media desain majalah PT Prabayaksa Surya Albantani sebagai berikut :

      1. Layout kasar cover depan dan belakang
      2. Gambar 4.1 Layout kasar Cover Depan dan Cover Belakang

      3. Layout Kasar Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat
      4. Gambar 4.2 Layout Kasar Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat


      5. Layout kasar daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet
      6. Gambar 4.3 Layout kasar daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet


      7. Layout kasar Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma
      8. Gambar 4.4 Layout kasar Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma


      9. Layout kasar Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf
      10. Gambar 4.5 Layout kasar Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf


      11. Layout kasar Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah
      12. Gambar 4.6 Layout kasar Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah


      13. Layout kasar Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor
      14. Gambar 4.7 Layout kasar Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor


      15. Layout kasar Fasilitas dan Keunggulan Perusahaan
      16. Gambar 4.8 Layout kasar Fasilitas dan Keunggulan Perusahaan


    • Layout Komprehensif
    • Layout Komprehensif adalah suatu gambar yang sudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambar yang pada umumnya disajikan dalam bentuk warna

      1. Layout komprehensif cover depan dan cover belakang
      2. Gambar 4.9 Layout Komprehensif Cover Depan dan Cover Belakang

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      3. Layout komprehensif Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat
      4. Gambar 4.10 Layout Komprehensif Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      5. Layout komprehensif daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet
      6. 'Gambar 4.11 Layout Komprehensif daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      7. Layout komprehensif Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma
      8. Gambar 4.12 Layout Komprehensif Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      9. Layout komprehensif Sejarah Singkat Dan Kegiatan Tawaf
      10. Gambar 4.13 Layout Komprehensif Sejarah Singkat Dan Kegiatan Tawaf

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      11. Layout komprehensif Visi Misi Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah
      12. Gambar 4.14 Layout Komprehensif Visi Misi Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      13. Layout komprehensif Tarif Harga Dan City Tour Ke Soruq El Tumoor
      14. Gambar 4.15 Layout Komprehensif Tarif Harga Dan City Tour Ke Soruq El Tumoor

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


      15. Layout komprehensif Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan
      16. Gambar 4.16 Layout Komprehensif Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan

        Spesifikasi :
        Ukuran Media : A3 Landscape
        Warna : Hitam, Kuning Emas
        Bahan : Art Papper


    • Final Artwork
    • Final Artwork adalah Merupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain

      1. Final Artwork Cover Depan Dan Belakang
      2. Final Artwork adalah Merupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain

        Gambar 4.17 Final Artwork Cover Depan dan Cover Belakang


      3. Final Artwork CoverDalam dan Kontak Dan Alamat
      4. Desain dari cover dalam ini berisi Nama Perusahaan, Text Umroh dan Haji 2019 serta Foto Jamaah Prabayaksa Dan Halaman 12 berisi Alamat Perusahaan, Gambar Maps, Kontak, Facebook dan Email. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.18 Final Artwork Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat


      5. Final Artwork Daftar Isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet
      6. Desain dari daftar isi ini berisi Text-Text Perhalaman dan halaman 11 berisi Foto-Foto Kegiatan Jamaah Prabayaksa, dan Keterangan Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.19 Final Artwork daftar isi city tour ke jabbal magnet


      7. Final Artwork Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma
      8. Desain dari Halaman 1 ini berisi Foto Direktur Operasional, dan Kata Sambutan. Dan halaman 10 berisi Foto-Foto kegiatan Jamaah Prabayaksa, dan Keterangan Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.20 Final Artwork Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma


      9. Final Artwork Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf
      10. Desain dari Halaman 2 ini berisi gambar kantor PT Prabayaksa Surya Albantani, dan Text Sejarah. Dan halaman 9 berisi Foto-Foto kegiatan Jamaah Prabayaksa dan Keterangan tentang Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.21 Final Artwork Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf


      11. Final Artwork Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah
      12. Desain dari Halaman 3 ini berisi Foto Jamaah Prabayaksa, Foto Ka’bah dan penjelasan dari visi dan misi. Dan halaman 8 berisi Foto-Foto kegiatan Jamaah Prabayaksa dan Keterangan tentang Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.22 Final Artwork Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah


      13. Final Artwork Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor
      14. Desain dari Halaman 4 ini berisi Foto Souvenir dan Keterangan Harga Paket Umroh. Dan halaman 7 berisi Foto-Foto Jamaah Prabayaksa dan Keterangan tentang Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.23 Final Artwork Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor


      15. Final Artwork Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan
      16. Desain dari Halaman 5 ini berisi Foto-Foto Jamaah Prabayaksa, Fasilitas dan keterangan tentang foto. Dan halaman 6 berisi tentang Keunggulan dari Perusahaan. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

        Gambar 4.24 Final Artwork Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan



    BAB V

    PENUTUP

    Kesimpulan

    Berdasarkan analisa permasalahan yang dilakukan pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, khususnya media video profile Balai Latihan Kerja (BLK), sebagai penunjang informasi Dinas Ketenagakerjaan kepada masyarakat, untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia. Sesuai dengan point-point permasalahan yang disampaikan pada rumusan masalah yang terdapat pada laporan BAB I, beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :

    1. Konsep Video yang dibutuhkan Dinas Ketenagkerjaan dalam upaya memberikan informasi pelatihan BLK ini adalah dengan menghasilkan konsep video profile yang menarik, yaitu dengan menampilkan audio visual dan effect visual, serta informasi yang lengkap dan jelas, sehingga dapat lebih memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat luas tentang Balai Latihan Kerja.
    2. Informasi yang ingin disampaikan oleh Dinas Ketenagakerjaan melalui video profile Balai Latihan Kerja ini yaitu meliputi ruang lingkup di antaranya informasi Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, visi dan misi, pembukaan pelatihan, pelatihan-pelatihan seperti Montir Motor, Montir Mobil, Menjahit Pakaian, Las, Pendingin, Perhotelan, Komputer, Desain Grafis, dan pentupan pelatihan.
    3. Pencapaian yang didapat melalui perancangan video profile Balai Latihan Kerja ini yaitu, memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai berbagai pelatihan yang dilakukan oleh Balai Latihan Kerja (BLK), dan dapat menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap bersaing di dunia kerja.

    Saran

    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, adapun beberapa saran yang dapat diberikan yaitu sebagai berikut :

    1. Disarankan agar kedepannya Dinas Ketenagakerjaan dapat mengembangkan konsep video Balai Latihan Kerja yang lebih kreatif dan menarik lagi, yang tidak hanya terdapat audio visual dan effect visual, namun dapat berkembang menjadi video profile berbentuk animasi atau dapat menyampaikan informasi pelatihan BLK ini, melalui media televisi sehingga masyarakat dapat lebih tertarik untuk mengetahui informasi dan melakukan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Balai Latihan Kerja.
    2. Disarankan agar Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, selalu melakukan update informasi sesuai dengan kebutuhan, yaitu dengan memberikan informasi-informasi terbaru yang sesuai dengan perkembangan yang ada di BLK pada Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang.
    3. Untuk mendapatkan pencapaian yang lebih efektif, disarankan agar Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, dapat memberikan informasi pelatihan BLK ini, tidak hanya pada acara-acara atau kunjungan desa akan tetapi dapat juga melalui media sosial, agar dapat berkembang dengan luas dan dapat memberikan informasi kepada seluruh masyarakat di Kota Tangerang.



    DAFTAR PUSTAKA

    1. Hutahaean, Harvei Desmon. Bosker Sinaga dan Anastasya Aritonang Rajagukguk. 2016. Analisa dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori untuk Korelasi Penjualan Produk (Studi Kasus : Apotik Diory Farma). Medan : STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Informatics Pelita Nusantara. ISSN : 2541-3724.Vol.1 No.1 : 8.
    2. Nugroho, Fauyhi Eko. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Tangerang : Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Simetris. ISSN : 2252-4983.Vol.7 No.2 : 718.
    3. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta : Universitas Amikom Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 62-63.
    4. Sunarya, Lusyani. Della Nurasiah dan Firmansyah Agustian. 2017. Video Profile Sebagai Saranan Informasi dan Promosi Studio Satu PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Tangerang : STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.3 No.1 : 4-5.
    5. Sunarya, Po Abas dan Lisa Anisa. 2018. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada DITJEN APTIKA Kementrian Komunikasi dan Informatika Jakarta. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.4 No.1 : 77.
    6. Pangerang, Fitriaty. 2016. Rancangan Bangun Sistem Informasi Data Agunan dan Data Legalitas Usaha di BNI Cabang Mamuju. Padang : Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Teknologi ELEKTERIKA. ISSN : 1412-8764. Vol.13 No.1 : 62.
    7. Waruwu, Fince Tinus. Efiro Buulolo dan Eferoni Ndruru. 2017. Implementasi Algoritma Apriori Pada Analisa Pola Data Penyakit Manusia yang Disebabkan oleh Rokok. Medan : STMIK Budi Darma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). ISSN : 2597-4610. Vol.1 No.1 : 177.
    8. 8,0 8,1 Sunarya, Lusyani. Budiarto, Mukti. Jasmine, Dara, Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.1 : 80-81
    9. Golung, Anthonius. 2015. Studi Tentang Pemanfaatan Majalah Ilmiah Di UPT Perpustakaan Unsrat Oleh Mahasiswa Unsrat Manado. Manado. Unsrat. Journal “ Acta Diurna “ Vol. IV No. 1:4
    10. Ardilla, Nella, Sucie. 2015. Pengaruh Rubrik Fashion Majalah GoGirl! Terhadap Prilaku Meniru Trend Fashion Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Riau. Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. ISSN: 2355-6919. Vol. 2 No. 2
    11. Solechul, Azis. 2015. Master Of Brush Photshop. Jakarta: Lembar Langit Indonesia
    12. Suryo, Dody, Hartono. Rudjiono, Daniel. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Bahasa Inggris “Theme I Have A Pet” Untuk Kelas 4 SD Negeri Randu Gunting. Semarang. STEKOM Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis Pixel. ISSN: 1979-0414. Vol. 8 No. 1
    13. Bachtiar, Dade. Atikah. 2015. Sistem Informasi Dashboard Kependudukan Dikelurahan Manis Jaya Kota Tangerang. Tangerang. STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088-1762 Vol. 5. No. 1.
    14. Martono, Aris. Solehudin, Solehudin. Putra, Eka, Januar, Fajar. 2017. Project Application Untuk Sistem Pemesanan dan Pengiriman Barang Berbasis Web Pada PT. Arai Rubber Seal Indonesia. Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja. Journal Cerita. ISSN: 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 164.
    15. Helen, Aveyard. 2014. Doing Literture Review in Health and Social Care: A Practical Guide. England: MC Graw-Hill.
    16. Yuliati, Tri, Utami, Ema. Fatta, Al, Hanif. 2014. Perancangan Mobile Augmented Reality Dengan Metode Interactive Multimedia System Design Development (Studi Kasus: Brosur Di Sekolah Tinggi Teknologi Dumai). Yogyakarta. SMTIK AMIKOM. Jurnal DASI ISSN: 1411-3201 Vol. 15. No. 1
    17. Damayanti, Putri, Ivoni. Prabawa, Bijaksana, S.Ds., M.M. 2017. Perancangan Media Promosi Objek Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Di Cirebon. Universitas Telkom. Jurnal e-Proceeding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol. 4 No. 3
    18. Maulani, Giandari. Janah, Nur, Siti. Yuri, Mahbubi, Alam. 2017. Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Tangerang. STMIK Raharja. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA ISSN: 2087-7897 Vol. 7 No. 1
    19. Immaniar, dewi. Sudaryono. Ningrum, Ayu, Dwi. 2014. Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book-Store. Tangerang. STMIK Raharja. Jurnal CCIT. ISSN: 1978-8282 Vol. 7 No. 3
    20. Mustagfirin. 2015. Company Profile Distro Devgru Clothing using Multimedia Method. Semarang: University Of Wahid Hasyim. In Proceeding Of The International Seminar and Conference. Vol. 1 No. 1 : 1
    21. Nurvivi, Hamdani. Triani, Risya, Ananda. 2017. The Design of Klettern Media Promotion. Bandung : Telkom University. Visual Communication Design Journal. Vol.1 Issue.1:34.
    22. Jiang, Yan. Wenlong Liu. 2015. Application of Mind Mapping in Poster Design Classroom Teaching and Practice Guiding. International Journal of Sociology Study. China: Dalian University of Technology.Vol 3 No.1:49
    23. Kim, Young-Min. Young-Sam Kim. 2016. Analysis of Vogue Magazine on Forms of Image Expression and Utillization of Model Poses in Fashion Photos. Korean. Chung-Ang University. Journal of the Korean Society of Custome. ISSN: 2287-7827 Vol. 66. No. 4
    24. Tobiasson, Helena, Yngve Sundblad, Ake Walldius, Andres Helman. 2015. Designing For Active Life: Moving And Being Moved Together with Demantia Patients. Stockholm Kunglia Tekniska Hogskolan (KTH) Engelska KTH Royale Institute of Technology Internasional Journal of Design Vol. 9. No. 3.




    LAMPIRAN

    [ File Lampiran]