SI1621495215: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB I)
Baris 618: Baris 618:
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
  
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Latar Belakang'''</div>==
+
<!-- ==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Latar Belakang'''</div>==
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
Baris 756: Baris 756:
  
 
{{pagebreak}}<hr />
 
{{pagebreak}}<hr />
 +
-->
  
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=

Revisi per 5 November 2020 08.21


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :


NIM
: 1621495259
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi



Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Dekan
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Sugeng Santoso, M.Kom.)
       
(Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I)
NIP : 006095
       
NIP : 073009


Rektor
       
       
           
           
           
           
       
NIP : 000603
       




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama



Telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif


Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

Disetujui Oleh :


Tangerang, January 2020

Pembimbing I
 
Pembimbing II
         
         
         
         
(Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si.)
 
(Desy Apriani, S.Kom., M.T.I)
NID : 06124
 
NID : 010817




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

TA. 2019/2020


Disetujui Penguji :

Tangerang, 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Dibuat Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Jarunari 2020
Bisma Abdurachman
NIM. 1621495215


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAK

Perkembangan teknologi membuat dunia kerja yaitu perusahaan ataupun instansi bersaing dalam mencari Sumber Daya Manusia yang baru dan berkualitas. Dinas Ketenagakerjaan membantu para tenaga kerja yang baru lulus ataupun yang ingin mempunyai skill dalam dunia kerja, dengan membantu para tenaga kerja, melalui pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang.Permasalahan yang terdapat pada Balai Latihan Kerja yaitu, kurangnya media dalam penyampaian informasi yang saat ini masih menggunakan media cetak dan seminar tentang pelatihan yang diberikan oleh Balai Latihan Kerja, sehingga dibutuhkan media yang dapat menyampaikan informasi secara lengkap, interaktif, dan menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan dapat menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap bersaing atau terjun di dunia kerja melalui Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan. Adapun manfaat yang didapatkan masyarakat Kota Tangerang yaitu dengan mudah mendapatkan informasi tentang Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, dan pelatihan yang disediakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu : Pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan adobe premiere cc, after effect cc, photoshop cc dan audition cc, Konsep Produksi Media yaitu preproduction, production, dan postproduction. Hasil Dari Penelitian ini yaitu perancangan media video profile yang dapat digunakan sebagai peningkatan informasi Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang. Melalui perancangan media video profile ini membantu Disnaker dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang.”.

Kata Kunci : Video Profile, Informasi, Sumber Daya Manusia

ABSTRACT

The development of technology makes the world of work is a company that competes in finding new and quality Human Resources. The Manpower Office helps new graduates who want to have skills in the world of work, by assisting the workforce, through trainings provided by the City of Tangerang Manpower Office. Problems needed at the Vocational Training Center, hoping the media in the delivery of information currently still using print media and seminars on training provided by the Vocational Training Center, media that can convey complete, interactive and interesting information are needed. The purpose of this study is to improve human resources and be able to create workers (HR) who are ready to compete or enter the workforce through the Job Training Center at the Department of Manpower. The benefits obtained by the people of Tangerang City are easily getting information about the Disnaker Profile, the information profile of the Job Training Center as a training ground, and the training provided. The research methods used are: Data collection, SWOT analysis, Media Design with adobe premiere cc, after the effects of cc, photoshop cc and cc auditions, Media Production Concepts namely pre-production, production, and postproduction. The results of this study are the design of media video profile that can be used as information enhancement for the City of Manpower Office of Tangerang. Through designing a video media profile, this helps Disnaker improve the capability Tangerang City of Human Resources. ".

Keywords : Technology, Video Profile, Information, Human Resources





KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, segala puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT senantiasa membantu serta melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik. Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visua and Broadcasting pada Universitas Raharja.”.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.
  3. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si. selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, masukan dan semangat kepada penulis sehingga Larporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan penuh perhatian.
  5. Ibu Desy Apriani, S.Kom., M.T.I., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, masukan dan semangat kepada penulis sehingga Laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan lancar dan baik.
  6. Bapak Dr. Ir. H. Moh. Rakhmansyah, M.Si., selaku stakeholder Disnaker yang telah memberikan masukan informasi dan semangat.
  7. Bapak Drs. Deden Suliana. selaku stakeholder BLK yang telah memberikan informasi tentang BLK dan semangat.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta Ayah, Ibu dan adik-adik tercinta, yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
  10. Terima kasih juga pada teman-teman seperjuangan, yang telah membantu dalam project perancangan Laporan Skripsi ini dan selama perkuliah telah memberikan motivasi serta pembelajaran hidup.


Tangerang, Januari 2020
Bisma Abdurachman
NIM. 1621495215





Daftar isi




DAFTAR TABEL




DAFTAR GAMBAR

Gambar 4.1. Storyboard Opening Logo Kota Tangerang

Gambar 4.2. Storyboard Profile Disnaker

Gambar 4.3. Storyboard Profile BLK

Gambar 4.4. Storyboard Suasana BLK

Gambar 4.5. Storyboard Visi dan Misi

Gambar 4.6. Storyboard Pembukaan

Gambar 4.7. Storyboard Pelatihan Menjahit

Gambar 4.8. Storyboard Pelatihan Montir Motor

Gambar 4.9. Storyboard Pelatihan Montir Mobil

Gambar 4.10. Storyboard Pelatihan Las

Gambar 4.11. Storyboard Pelatihan Pendingin

Gambar 4.12. Storyboard Pelatihan Perhotelan

Gambar 4.13. Storyboard Pelatihan Komputer

Gambar 4.14. Storyboard Pelatihan Desain Grafis

Gambar 4.15. Storyboard Hasil Pelatihan

Gambar 4.16. Storyboard Penutupan Pelatihan

Gambar 4.17. Storyboard Closing Logo Kota Tangerang

Gambar 4.18. Canon 100 D

Gambar 4.19. Sony a6000

Gambar 4.20. Opening Logo Kota Tangerang

Gambar 4.21. Menampilkan Gedung Disnaker

Gambar 4.22. Menampilkan Gedung BLK

Gambar 4.23. Menampilkan Suasana BLK

Gambar 4.24. Visi dan Misi

Gambar 4.25. Menampilkan Pembukaan Pelatihan

Gambar 4.26. Menampilkan Pelatihan Menjahit

Gambar 4.27. Menampilkan Pelatihan Montir Motor

Gambar 4.28. Menampilkan Pelatihan Montir Mobil

Gambar 4.29. Menampilkan Pelatihan Las

Gambar 4.30. Menampilkan Pelatihan Pendingin

Gambar 4.31. Menampilkan Pelatihan Perhotelan

Gambar 4.32. Menampilkan Pelatihan Komputer

Gambar 4.33. Menampilkan Pelatihan Desain Grafis

Gambar 4.34. Menampilkan Hasil Pelatihan

Gambar 4.35. Menampilkan Penutupan Pelatihan

Gambar 4.36. Closing Logo Kota Tangerang

Gambar 4.37. Digitizing

Gambar 4.38. Editing

Gambar 4.39. Mixing

Gambar 4.40. Finishing

Gambar 4.41. Tahap Keluaran




DAFTAR BAGAN






BAB I

PENDAHULUAN


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Hutahaean, dkk (2016:8)[1]“Perancangan merupakan proses pemecahan masalah yang disertai dengan pemikiran yang kreatif guna mencapai hasil yang optimal. Merencanakan atau mengatur segala sesuatu agar menjadi lebih baik”.

Nugroho (2016:718)[2]“Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi baru berdasarkan rekomendasi hasil analisis sistem”.

Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah mengatur sesuatu agar mendapatkan hasil yang baik dalam proses hasil analisis.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Wibowo, dkk (2017:62)[3] proses perancangan secara umum mempunyai beberapa tahapan yaitu :

  1. Persiapan Data

    Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali.

  2. Idea

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  3. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  4. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain-lain.

  5. Visualisasi

    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing

  6. Produksi

    Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.

Pengertian Project

Menurut Sunarya, dkk (2017:4)[4]“Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timeline atau storyboard yang sedang dalam pengeditan.”

Sedangkan Sunarya dan Lisa Anisa (2018:77)[5]“Project merupakan semua informasi berupa karya yang menarik seperti gambar, urutan klip, audio, narasi dan efek lain yang ditambahkan dalam storyboard atau timeline.”

Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa project merupakan karya seperti gambar, musik, atau video dengan pengeditan isi timeline atau storyboard.


Konsep Dasar Informasi

Pengertian Data

Menurut Pangerang (2016:62)[6]”Data dapat didefinisikan sebagai bahan keterangan tentang kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam sekelompokan lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan atau hal.”

Sedangkan Waruwu, dkk (2017:177)[7]“Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.”

Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa data merupakan kumpulan fakta-fakta yang dikelompokan agar dapat diterima secara apa adanya.

Pengertian Informasi

Menurut Hidayat, dkk (2016:37)[8]“Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi disebut juga data yang diproses atau data yang memiliki arti.”

Sedangkan Riswanto, dkk (2017:14)[9]“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan.”

Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan kumpulan data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berguna dan bermanfaat untuk penerimanya.

Jenis-Jenis Informasi

Menurut Riswanto, dkk (2017:14-15)[9]informasi mempunyai beberapa jenis diantaranya :

  1. Informasi Penyejuk

    Informasi keadaan sekarang yang merangkum keadaan umum bisnis.

  2. Peringatan

    Berisi penunjuk terhadap sesuatu yang tidak biasa atau barangkali memerlukan tindakan manajerial atau perubahan-perubahan rencana.

  3. Indikator Kunci

    Berisi ukuran aspek-aspek penting yang berkaitan dengan kinerja organisasi.

  4. Informasi Situasional

    Informasi terkini tentang proyek, masalah, atau isu penting yang memerlukan perhatian manager.

  5. Gosip

    Informasi informal yang berasal dari sumber seperti pihak industri yang terkadang berguna untuk menangani suatu masalah.

  6. Informasi Eksternal

    Informasi yang berasal dari luar departemen atau perusahaan. Kadangkala informasi ini masih hangat dan berjangka pendek (misalnya adanya penandatanganan kontrak oleh pesaing), tetap kadangkala berjangka panjang (misalnya studi lingkungan yang dilakukan lima tahun terakhir).

Kualitas Informasi

Menurut Rukmiyati dan Ketut (2016:122)[10]“Kualitas informasi adalah tingkat dimana informasi memiliki karakteristik isi, bentuk, dan waktu, yang memberikannya nilai buat para pemakai akhir tertentu.”

Sedangkan Pawirosumarto (2016:419)[11]“Kualitas informasi mempunyai atribut-atribut seperti informasi yang diperoleh dari sebuah sistem, keakuratan informasi, relevansi informasi, ketepatan waktu, dan kelengkapan informasi. Kualitas Informasi sering merupakan dimensi kunci menyangkut instrumen kepuasan pengguna akhir.”

Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa kualitas Informasi suatu yang mempunyai informasi yang relevansi yang memiliki karakteristik isi, bentuk dan waktu untuk menyangkut kepuasan pengguna akhir.

Nilai Informasi

Menurut Supriatna (2018:130)[12]“Nilai Informasi adalah nilai yang terkait dengan potensi dalam memberikan keuntungan masyarakat di masa depan.”

Sedangkan Fauzi (2017:12)[13]“Nilai dari informasi ditentukan dua hal yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya.”

Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa nilai informasi adalah suatu yang memberi keuntungan di masa dengan suatu informasi yang manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Menurut Putra dan Vella Carisa (2019:65)[14] “Media adalah alat, sarana, perantara dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan suatu pesan dan gagasan kepada penerima.”

Sedangkan Menurut Sanni, dkk (2019:23)[15] “Penyimpangan pesan atau salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct mail.”

Berdasarkan dua penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa media adalah alat sarana yang digunakan sebagai perantara atau penghubung pada komunikasi periklanan.

Alternatif Media

Menurut Wahyuni, dkk (2017:20)[16] secara umum media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang dan media lini bawah.

  1. Media Cetak

    Media yang statis dan mengutamakan pesan dengan jumlah kata, gambar atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentuk iklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display, pariwara dan iklan masyarakat. Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, buku profil, majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.

  2. Media Elektronik

    Media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan di tengah-tengah film atau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas televisi dan radio.

  3. Media Luar Ruangan (outdoor)

    Media iklan (berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi billboard, baliho, poster, spanduk umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa dan lain-lain.

  4. Media Dalam Ruangan (Indoor)

    Media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang dipasang didalam ruangan. Jenis media dalam ruangan adalah panel indoor, poster, poster session dan lain-lain.

  5. Media Lini Atas

    Media lini atas adalah media komunikasi yang dapat dicerna atau ditangkap dengan indera penglihatan sekaligus indera pendengaran seperti televisi.

  6. Media Lini Bawah

    Media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk. Umumnya ada empat macam media yang digunakan dalam media lini bawah, yaitu pameran, direct mail, point of purchase, merchandising schemes dan kalender.

  7. Konsep Dasar Desain

    Definisi Desain

    Menurut Sunarya, dkk (2016:60)[17] “Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final artwork (FAW).”

    Sedangkan Wahyuni, dkk (2017: 20)[16] “Desain grafis adalah seni komunikasi visual, seni berbicara dalam bahasa visual. Komunikasi visual, adalah komunikasi yang menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual ialah segala sesuatu yang dapat dilihat dan dapat dipakai untuk menyampaikan arti, makna, atau pesan.”

    Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa desain merupakan seni yang dapat dipakai untuk menyampaikan arti makna atau pesan.

    Fungsi-fungsi Desain

    Wahyuni, dkk (2017:21)[16] mengatakan desain mempunyai fungsi- fungsi sebagai berikut :

    1. Fungsi Informasi

      Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.

    2. Fungsi Identifikasi

      Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.

    3. Fungsi Persuasi

      Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.

    4. Fungsi Rekreasi

      Merupakan pameran yang berfungsi untuk memberikan nilai psikis dan spiritual sehingga dapat menghibur penikmat karya seni dan mendapatkan rasa senang, tenang dan bahagia.

    5. Definisi Tentang Psikologi Warna

      1. Teori Warna

        Menurut Fatmawati dan Sri (2016:2)[18] “Warna adalah suatu keindahan yang terbentuk dari tiga unsur yaitu cahaya, objek dan observer.”

      2. Sedangkan Hidajat dan Helen (2016:162)[19] “Warna merupakan suatu pelengkap gambar yang memiliki arti suasana, komunikasi, kekuatan dimana mampu mempengaruhi orang-orang yang melihatnya. Setiap warna mampu memberikan respons secara psikologis.”

        Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa warna merupakan suatu bentuk keindahan yang dapat memberikan respons secara psikologis.

        Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

        Definisi Citra atau Image

        Teori Khusus

        Literature Review


        BAB III

        PEMBAHASAN

        Gambaran Umum Objek Yang Diteliti

        Sejarah Singkat Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang

        Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tangerang Tentang Organisasi Perangkat Daerah Kota Tangerang. Tugas, Fungsi dan tata kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang berdasarkan Peraturan Walikota Tangerang Nomor 64 Tahun 2016 adalah “Melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah di bidang ketenagakerjaan”.

        Dinas Ketenagakerjaan bertugas membantu Walikota melaksanakan Urusan Pemerintahan di Bidang Ketenagakerjaan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan pada Daerah sesuai Visi, Misi dan Program Walikota yaitu Misi 3 yaitu “Mengembangkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial demi terwujudnya masyarakat yang berdaya saing di era globalisasi”.

        Indikator Sasaran Misi yang ingin dicapai melalui Urusan Ketenagakerjaan adalah “Terwujudnya penciptaan dan perluasan lapangan kerja” akan dicapai melalui Indikator Kinerja Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka dan Jumlah Lowongan Kerja.

        Untuk Melaksanakan urusan tenaga kerja, Dinas Ketenagakerjaan memiliki Sasaran Strategis Terwujudnya penciptaan dan perluasan lapangan kerja, terwujudnya penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan terwujudnya peningkatan kesejahteraan pekerja.

        Visi-Misi PT Prabayaksa Surya Albantani

        • Visi
          1. Memberikan Kemudahan dan Perlindungan bagi Masyarakat dalam Mendapatkan Jasa Layanan Wisata yang Baik dan Amanah, Khususnya Perjalanan Ibadah ke Tanah Suci
        • Misi
          1. Membuat Biro Jasa Wisata atau Agen Travel dengan merek Prabayaksa Tour & Travel, yang menyediakan jasa layanan: Paket Wisata & Ziarah Domestik & Internasional Tiketing Pesawat Voucher Hotel Umroh, dan Haji Mandiri
          2. Menerapkan prinsip kerja dengan motto Amanah, Melayan dan Mudahkan Urusan Orang,
          3. Bekerjasama dengan perusahaan lain seperti Maskapai Penerbangan dan Jaringan Hotelhotel yang baik dan dipercaya untuk mendapatkan harga terbaik dan bersaing dengan faisiltas yang prima.

        Struktur Organisasi

        Struktur Organisasi PT Prabayaksa Surya Albantani Sebagai Berikut

        Bagan 3.1 Struktur Organisasi PT Prabayaksa Surya Albantani

        Wewenang Dan Tanggung Jawab

        Berikut wewenang serta tanggung jawab bagian–bagian yang ada pada PT. Prabayaksa Surya Albantani sebagai berikut:

        1. DIREKTUR OPERASIONAL
        2. Wewenang

          • Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.

          Tanggung Jawab

          • Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
          • Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
        3. GENERAL MANAGER
        4. Wewenang

          • Mengambil keputusan tertinggi pada seiap manager fungsional

          Tanggung Jawab

          • Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
          • Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategi.
        5. MANAGER ACCOUNTING
        6. Wewenang

          • Mengatur alur kas

          Tanggung Jawab

          • Membuat laporan keuangan.
        7. MANAGER MARKETING
        8. Wewenang

          • Melakukan planning dan analisi pemasaran

          Tanggung Jawab

          • Menjalin relasi dengan konsumen.
          • Membimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran
        9. MANAGER PERSONALIA
        10. Wewenang

          • Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.

          Tanggung Jawab

          • Melayani dalam proses perekrutan
          • Mengawasi dan evaluasi kinerja.
        11. SALES TOUR AND TRAVEL
        12. Wewenang

          • Memantau kompetitor.

          Tanggung Jawab

          • Melayani feedback konsumen.
          • Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen
          • Menjual produk dan jasa Parawisata
        13. TICKETING
        14. Wewenang

          • Menjaga dan memantau stock.

          Tanggung Jawab

          • Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
        15. MASENGGER
        16. Wewenang

          • Bekerjasama dengan ticketing

          Tanggung Jawab

          • Memproses data dan pengriman tiket.
        17. KARYAWAN
        18. Wewenang

          • Melakukan Pekerjaan sesuai dengan aturan yang ditentukan

          Tanggung Jawab

          • Dapat melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai rencana kerja yang telah ditentukan

        Produk Informasi

        Produk

        Media informasi untuk kebutuhan promosi dan informasi PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang, agar lebih efektif dan efisien perancangan yang diusulkan dan di sepakati oleh Stakeholder yaitu media komunikasi visual dalam bentuk desain majalah, untuk merancang desain majalah penulis memperhatikan desain layout dan warna yang dibuat menarik agar nantinya bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa travel PT Prabayaksa Surya Albantani

        Dalam merancang desain majalah yang memuat profil Perusahaan, tarif harga paket dan bonus yang diberikan, keunggulan, fasilitas, serta kegiatan, diharapkan dapat memuat informasi secara lebih jelas, desain majalah nantinya akan diinformasikan kepada tamu kunjungan maupun tamu dari calon customer yang ingin menggunakan jasa travel dari PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang, agar informasi lengkap lebih mudah diketahui.

        Latar Belakang Produk

        Media informasi dan promosi yang digunakan PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang hanya berupa brosur dan banner yang belum efektif dalam menyampaikan informasi secara menyeluruh, dengan merancang desain majalah sebagai penunjang informasi dan promosi dapat menyampaikan informasi secara lebih lengkap agar target yang diharapkan akan tercapai.

        Perkembangan Produk

        Untuk menginformasikan dan mempromosikan PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, banner dan seiring berkembangnya teknologi di bidang komunikasi visual PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang berkeinginan membuat media cetak yang lebih efektif seperti desain majalah yang diharapkan dapat meningkatkan citra perusahan dan ketertarikan calon customer sehingga dapat meningkatkan customer baru


        Material Produk

        Dengan penelitian ini material produk yang ingin penulis sampaikan dalam merancang media komunikasi visual dalam bentuk desain majalah PT Prabayaksa Surya Albantani Kabpuaten Tangerang, yaitu sebagai berikut.

        Tabel 3.1 Material Produk

        Spesifikasi Produk

        Didalam dunia Traveling banyak sekali perusahaan travel yang mengedepankan kepuasan customer, harga terjangkau, dan fasilitas memadai yang juga ada di PT Prabayaksa Surya Albantani.

        1. Kelebihan
          • Mengedepankan prioritas customer
          • Amanah dan melayani
        2. Kekurangan
          • Sistem informasi yang belum efektif. – masih banyaknya calon customer yang belum mengetahui kegiatan dan keunggulan perusahaan.

        Harga Produk

        Didalam dunia jasa travel harga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan, karena banyak sekali perusahaan jasa travel yang berlomba-lomba dalam menentukan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

        Namun banyak masyarakat yang beranggapan bahwa harga tinggi kualitas tinggi dan sebaliknya. Oleh karena itu PT Prabayaksa Surya Albantani selalu mengedepankan kualitas dari fasilitas yang diberikan dengan harga yang terjangkau serta bonus dari paket yang diberikan untuk calon customer.

        Market Analysis

        Market analisis merupakan investigasi terdokumentasi dari pasar yang akan ditawarkan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dan digunakan untuk menginformasikan suatu lembaga perusahaan jasa tour dan travel dari fasilitas, harga serta bonus, sampai kegiatan yang ada pada lembaga tersebut agar dapat meningkatkan daya tarik masyarakat.

        Market Positioning

        Dengan dirancangnya media desain majalah ini bertujuan untuk lebih mengenalkan secara menyeluruh PT Prabayaksa Surya Albantani, dari aspek informasi, fasilitas. Dan juga menentukan target pasar khususnya calon customer.

        Kondisi Pesaing

        Kondisi Pesaing PT Prabayaksa Surya Albantani saat ini memiliki banyak pesaing pada bidangnya. Maka dari itu diperlukannya media promosi dan informasi dengan tampilannya yang lebih menarik dari sebelumnya. Perusahaan yang menjadi pesaing saat ini diantaranya sebagai berikut :

        Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

        Potensial Market

        Informasi yang dimuat dalam bentuk majalah pada PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang ini yaitu memuat tentang profile perusahaan sambutan Direktur Operasional, sejarah singkat ,visi-misi, tarif harga paket serta bonus, fasilitas, keunggulan, kegiatan, dan kontak alamat lengkap. Yang nantinya akan menjadi kegiatan promosi yang lebih efektif dan efisien agar dapat meningkatkan minat calon customer.

        Market Segmentation

        Dari Market Segmentasion terdapat Geografi, Demografi dan Psikografi Geografi meliputi : Tangerang dan sekitarnya

        Demografi Meliputi :

        • Jenis Kelamin : Pria dan Wanita
        • Umur : Semua Umur
        • Kelas Ekonomi : Menengah
        • Sasaran :
          1. Masyarakat khususnya muslim

        Psikografi meliputi : Perancangan media desain majalah ini akan ditunjukan kepada calon customer baru, dan masyarakat agar lebih mengetahui lebih lengkap tentang PT Prabayaksa Surya Albantani.

        Marketing Objective

        Dari market objective ini informasi dan promosi yang dibuat dalam bentuk desain majalah , diharapkan PT Prabayaksa Surya Albantani dapat lebih dikenal oleh calon customer agar nantinya dapat menraik minat para calon customer. Oleh karena itu dengan dirancangnya media desain majalah di PT Prabayaksa Surya Albantani dapat menjadi lebih efektif dalam mempromosikannya, dan desain yang dibuat menarik dengan layout maupun warna serta isi dari majalah agar calon Customer tertarik untuk menggunakan jasa travel PT Prabayaksa Surya Albantani.

        Marketing Strategy

        Dengan perancangan desain majalah ini diharapkan dapat meningkatkan target pasar dan informasi yang dimuat dapat tersampaikan dengan baik kepada calon customer serta masyarakat, agar nantinya dapat meningkatkan jumlah customer baru.

        Dari perancangan ini penulis menggunakan metode Analisa SWOT pada tabel dibawah ini diharapkan dapat memperjelas dari pembuatan desain majalah.

        Tabel 3.3. Analisis SWOT

        Konfigurasi Perancangan

        Spesifikasi Hardware

        Perancangan majalah menggunakan 1 unit laptop dengan spesifikasi sebagai berikut:

        1. Processor : Intel Corei5-8250U, up to 3,4 GHz
        2. Monitor : 14” FHD LCD
        3. Mouse : Logitecth
        4. RAM : 4 GB
        5. Hardisk : 1 TB

        Software yang digunakan

        Didalam merancang media desain majalah ini, perancangan menggunakan software sebagai berikut :

        • Adobe Photoshop Cs6

        Budget Produksi Media

        Didalam merancanag media penunjang promosi dan informasi bentuk desain majalah terdapat pembiayaan produksi media, untuk tahap awal penulis berkeinginan produksi 1pcs melalui produksi printing. Berikut budget produksi dari perancangan desain majalah :

        Tabel 3.4. Budget Produksi

        Elisitasi

        1. Elisitasi Tahap I
        2. Elisitasi tahap 1 berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

          Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I

        3. Elisitasi Tahap II
        4. Elisitasi tahap II berisi hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

          Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II

          Keterangan :
          M = Mandatory (yang diinginkan)
          D = Desirable (yang diperlukan)
          I = Inessential (yang tidak mutlak diinginkan) .

        5. Elisitasi Tahap III
        6. Elisitasi tahap III merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI.

          Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III

          Keterangan :
          T = Technical.   H = High (Sulit untuk dikerjakan)
          O = Operational.   M = Middle (Mampu untuk dikerjakan)
          E = Economy.   L = Low (Mudah untuk dikerjakan)

        7. Final Draft Elisitasi
        8. Final draft elisitasi merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar perancangan media yang akan dikembangkan.

          Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi


        BAB IV

        HASIL PENELITIAN

        Perencanaan Media

        Dalam penelitian ini, penulis membuat konsep perancangan media promosi dan informasi berbentuk desain majalah, perancangan desain majalah yang berisikan cover depan dan belakang, profile Perusahaan, keunggulan Perusahaan, Sambutan, tarif harga, kegiatan, fasilitas,serta alamat dan kontak perusahaan. Perancangan akan di buat berbentuk buku yang dirancang melalui desain komunikasi visual yang kreatif dan menarik.

        Tujuan Media

        Tujuan perancangan desain majalah ini yaitu untuk penunjang promosi dan informasi perusahaan dan menjadikan sistem promosi yang lebih efektif dan jelas diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dari masyarakat khusunya calon customer yang mendaftar ke PT Prabayaksa Surya albantani.

        Strategi Media

        Sebelum melakukan proses desain, penulis merumuskan strategi media. Sasaran media komunikasi visual yang dirancang memiliki tiga aspek sasaran, yaitu:

        1. Geografi meliputi :Kabupaten Tangerang.
        2. Demografi meliputi :
          • Jenis Kelamin : Pria dan Wanita
          • Umur : Semua Umur
          • Kelas Ekonomi : Menengah
          • Sasaran : Masyarakat umum. Khususnya Muslim
          • Psikografi meliputi :
          • Perancangan media desain majalah ini akan ditunjukan kepada calon customer baru, dan masyarakat agar lebih mengetahui lebih lengkap tentang PT Prabayaksa Surya Albantani

        Program Media

        Program media dari desain majalah yang telah di sepakati oleh stakeholder dan, penulis mengusulkan program media desain majalah sebagai penunjang informasi dan promosi yang digunakan pada tahun 2019 dan mengalami up to date disetiap tahunnya agar lebih banyak yang mengetahui tentang PT Prabayaksa Surya Albantani.

        Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif)

        Perencanaan pesan atau konsep kreatif dari media desain majalah yang dibuat penulis memuat informasi dalam bentuk data, tata letak yang tertata rapih serta gambar-gambar yang menarik agar informasi mudah dipahami, desain dibuat berkesan minimalis, dan elegan

        Tujuan Kreatif

        Dari tampilan bentuk-bentuk pesan peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran tampilan dan isi majalah sebagai daya tarik dan tambahan wawasan dalam media iklan yang akan digunakan sebagai media Informasi dan promosi

        Strategi Kreatif

        Perancangan media desain majalah yang memuat profile PT Prabayaksa Surya Albantani, tarif harga serta bonus yang diberikan, keunggulan, fasilitas, kegiatan, kontak dan alamat lengkat dibuat menggunakan pesan visual dari unsur grafis yang disusun secara rapih, agar desain terlihat menarik yang berkesan minimalis dan elegan tetap mengandung pesan yang baik dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca.

        Perencanaan Visual (Konsep Visual)

        Image yang ingin disampaikan oleh penulis dengan menampilkan buku majalah dengan kesan simple, dan diantaranya tata letak (layout), warna, dan gambar. Penyajian desain majalah dengan tetap mempertahankan warna - warna asli seperti warna hitam adalah warna yang berasal dari warna identik Ka’bah

        Tujuan Visual

        Kesederhanaan tampilan visual pada setiap rancangan bertujuan untuk memperkenalkan sebuah majalah memudahkan dalam penyampaian pesannya kepada publik. Nuansa yang ingin disampaikan peneliti pada setiap rancangan ini yaitu terkesan menarik.

        Strategi Visual

        Gaya Penyajian Visualisasi menggunakan gaya minimalis tapi masih terkesan modern. Rancangan nedia majalah dibuat dengan penataan objek-objek gambar dan redaksi orientasi setiap kegiatan, tata letak gambar dan teks sebagai pendukung redaksi kegiatan tata kelola menggunakan adobe photoshop cs6

        Penulis Naskah

        Dalam media desain majalah sebagai penunjang promosi dan informasi PT Prabayaksa Surya Albantani, penulis membuat desain berisikan gambar yang disertakan teks (tulisan), teks yang dibuat melalui pemiihan font teks (jenis tulisan ).

        Teks (tulisan) sangat penting dalam penyampaian pesan promosi dan informasi, teks (tulisan) yang berkarakter sangat mempengaruhi dari desain yang dibuat, teks (tulisan) yang dimaksud yaitu Judul, Sub Judul, (logo type) dan naskah (body copy).

        Pengarahan Visualisasi (Art Directing)

        Perancangan media desain majalah agar lebih menarik dan dapat meningkatkan citra perusahaan, diperlukan arahan dalam merancanag tampilan desain majalah mulai dari pengarahan tata letak, jenis huruf, gaya tampilan visual dan warna yang selaras

        Dengan unsur grafis perancangan desain majalah segabai penunjang informasi dan promosi menjadi lebih kreatif, jelas dan terarah. Rancangan media tersebut mengikuti kaidah-kaidah sebagai berikut:

        1. Totalitas warna yang dipilih adalah:
          • Hitam
          • Melambangkan Ketabahan, kekuatan, ketegasan.

          • Kuning Emas / Gold
          • Melambangkan Kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual

        2. Jenis huruf yang digunakan dalam media desain majalah diantaranya.
        3. Garde, Magneto, Calibri, Ceria Lebaran.

        4. Tata letak atau layout perhalaman dibuat berbeda agar informasi yang disampaikan tepat dan terarah
        5. Gaya penampilan yang dibuat minimalis dan elegan agar terkesan profesional dan jelas dilihat
        6. Model yang dipakai dari media desain majalah ini yaitu foto-foto direktur operasional, ka’bah, jamaah/customer Prabayaksa

        Proses Desain (Designing)

        Didalam proses perancangan media desain majalah, melalui beberapa tahap agar hasil yang dibuat terlihat menarik dan jelas. Tahapannya itu terbagi menjadi 3(tiga) tahapan diantaranya yaitu (Layout kasar, Layout komprehensif, dan Final Artwork).

        • Layout Kasar
        • Layout Kasar adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual. Dengan dibuatnya layout kasar untuk diperlukan panduan pada saat desain melalui aplikasi komputer. Tahapan dari perancangan media desain majalah PT Prabayaksa Surya Albantani sebagai berikut :

          1. Layout kasar cover depan dan belakang
          2. Gambar 4.1 Layout kasar Cover Depan dan Cover Belakang

          3. Layout Kasar Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat
          4. Gambar 4.2 Layout Kasar Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat


          5. Layout kasar daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet
          6. Gambar 4.3 Layout kasar daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet


          7. Layout kasar Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma
          8. Gambar 4.4 Layout kasar Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma


          9. Layout kasar Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf
          10. Gambar 4.5 Layout kasar Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf


          11. Layout kasar Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah
          12. Gambar 4.6 Layout kasar Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah


          13. Layout kasar Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor
          14. Gambar 4.7 Layout kasar Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor


          15. Layout kasar Fasilitas dan Keunggulan Perusahaan
          16. Gambar 4.8 Layout kasar Fasilitas dan Keunggulan Perusahaan


        • Layout Komprehensif
        • Layout Komprehensif adalah suatu gambar yang sudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambar yang pada umumnya disajikan dalam bentuk warna

          1. Layout komprehensif cover depan dan cover belakang
          2. Gambar 4.9 Layout Komprehensif Cover Depan dan Cover Belakang

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          3. Layout komprehensif Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat
          4. Gambar 4.10 Layout Komprehensif Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          5. Layout komprehensif daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet
          6. 'Gambar 4.11 Layout Komprehensif daftar isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          7. Layout komprehensif Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma
          8. Gambar 4.12 Layout Komprehensif Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          9. Layout komprehensif Sejarah Singkat Dan Kegiatan Tawaf
          10. Gambar 4.13 Layout Komprehensif Sejarah Singkat Dan Kegiatan Tawaf

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          11. Layout komprehensif Visi Misi Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah
          12. Gambar 4.14 Layout Komprehensif Visi Misi Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          13. Layout komprehensif Tarif Harga Dan City Tour Ke Soruq El Tumoor
          14. Gambar 4.15 Layout Komprehensif Tarif Harga Dan City Tour Ke Soruq El Tumoor

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


          15. Layout komprehensif Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan
          16. Gambar 4.16 Layout Komprehensif Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan

            Spesifikasi :
            Ukuran Media : A3 Landscape
            Warna : Hitam, Kuning Emas
            Bahan : Art Papper


        • Final Artwork
        • Final Artwork adalah Merupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain

          1. Final Artwork Cover Depan Dan Belakang
          2. Final Artwork adalah Merupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain

            Gambar 4.17 Final Artwork Cover Depan dan Cover Belakang


          3. Final Artwork CoverDalam dan Kontak Dan Alamat
          4. Desain dari cover dalam ini berisi Nama Perusahaan, Text Umroh dan Haji 2019 serta Foto Jamaah Prabayaksa Dan Halaman 12 berisi Alamat Perusahaan, Gambar Maps, Kontak, Facebook dan Email. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.18 Final Artwork Cover Dalam dan Kontak Dan Alamat


          5. Final Artwork Daftar Isi dan City Tour Ke Jabbal Magnet
          6. Desain dari daftar isi ini berisi Text-Text Perhalaman dan halaman 11 berisi Foto-Foto Kegiatan Jamaah Prabayaksa, dan Keterangan Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.19 Final Artwork daftar isi city tour ke jabbal magnet


          7. Final Artwork Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma
          8. Desain dari Halaman 1 ini berisi Foto Direktur Operasional, dan Kata Sambutan. Dan halaman 10 berisi Foto-Foto kegiatan Jamaah Prabayaksa, dan Keterangan Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.20 Final Artwork Sambutan Direktur Operasional dan City Tour Ke Kebun Kurma


          9. Final Artwork Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf
          10. Desain dari Halaman 2 ini berisi gambar kantor PT Prabayaksa Surya Albantani, dan Text Sejarah. Dan halaman 9 berisi Foto-Foto kegiatan Jamaah Prabayaksa dan Keterangan tentang Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.21 Final Artwork Sejarah Singkat Perusahaan dan Kegiatan Tawaf


          11. Final Artwork Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah
          12. Desain dari Halaman 3 ini berisi Foto Jamaah Prabayaksa, Foto Ka’bah dan penjelasan dari visi dan misi. Dan halaman 8 berisi Foto-Foto kegiatan Jamaah Prabayaksa dan Keterangan tentang Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.22 Final Artwork Visi Misi Perusahaan Dan City Tour Ke Jabbal Rahmah


          13. Final Artwork Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor
          14. Desain dari Halaman 4 ini berisi Foto Souvenir dan Keterangan Harga Paket Umroh. Dan halaman 7 berisi Foto-Foto Jamaah Prabayaksa dan Keterangan tentang Foto. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.23 Final Artwork Tarif Harga dan City Tour Ke Soruq El Tumoor


          15. Final Artwork Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan
          16. Desain dari Halaman 5 ini berisi Foto-Foto Jamaah Prabayaksa, Fasilitas dan keterangan tentang foto. Dan halaman 6 berisi tentang Keunggulan dari Perusahaan. Desain ini berwarna Hitam dan Gradasi Kuning Emas, font yang digunakan yaitu Calibri, Magneto

            Gambar 4.24 Final Artwork Fasilitas Dan Keunggulan Perusahaan



        BAB V

        PENUTUP

        Kesimpulan

        Berdasarkan analisa permasalahan yang dilakukan pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, khususnya media video profile Balai Latihan Kerja (BLK), sebagai penunjang informasi Dinas Ketenagakerjaan kepada masyarakat, untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia. Sesuai dengan point-point permasalahan yang disampaikan pada rumusan masalah yang terdapat pada laporan BAB I, beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :

        1. Konsep Video yang dibutuhkan Dinas Ketenagkerjaan dalam upaya memberikan informasi pelatihan BLK ini adalah dengan menghasilkan konsep video profile yang menarik, yaitu dengan menampilkan audio visual dan effect visual, serta informasi yang lengkap dan jelas, sehingga dapat lebih memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat luas tentang Balai Latihan Kerja.
        2. Informasi yang ingin disampaikan oleh Dinas Ketenagakerjaan melalui video profile Balai Latihan Kerja ini yaitu meliputi ruang lingkup di antaranya informasi Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, visi dan misi, pembukaan pelatihan, pelatihan-pelatihan seperti Montir Motor, Montir Mobil, Menjahit Pakaian, Las, Pendingin, Perhotelan, Komputer, Desain Grafis, dan pentupan pelatihan.
        3. Pencapaian yang didapat melalui perancangan video profile Balai Latihan Kerja ini yaitu, memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai berbagai pelatihan yang dilakukan oleh Balai Latihan Kerja (BLK), dan dapat menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap bersaing di dunia kerja.

        Saran

        Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, adapun beberapa saran yang dapat diberikan yaitu sebagai berikut :

        1. Disarankan agar kedepannya Dinas Ketenagakerjaan dapat mengembangkan konsep video Balai Latihan Kerja yang lebih kreatif dan menarik lagi, yang tidak hanya terdapat audio visual dan effect visual, namun dapat berkembang menjadi video profile berbentuk animasi atau dapat menyampaikan informasi pelatihan BLK ini, melalui media televisi sehingga masyarakat dapat lebih tertarik untuk mengetahui informasi dan melakukan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Balai Latihan Kerja.
        2. Disarankan agar Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, selalu melakukan update informasi sesuai dengan kebutuhan, yaitu dengan memberikan informasi-informasi terbaru yang sesuai dengan perkembangan yang ada di BLK pada Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang.
        3. Untuk mendapatkan pencapaian yang lebih efektif, disarankan agar Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, dapat memberikan informasi pelatihan BLK ini, tidak hanya pada acara-acara atau kunjungan desa akan tetapi dapat juga melalui media sosial, agar dapat berkembang dengan luas dan dapat memberikan informasi kepada seluruh masyarakat di Kota Tangerang.



        DAFTAR PUSTAKA

        1. Hutahaean, Harvei Desmon. Bosker Sinaga dan Anastasya Aritonang Rajagukguk. 2016. Analisa dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori untuk Korelasi Penjualan Produk (Studi Kasus : Apotik Diory Farma). Medan : STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Informatics Pelita Nusantara. ISSN : 2541-3724.Vol.1 No.1 : 8.
        2. Nugroho, Fauyhi Eko. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Tangerang : Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Simetris. ISSN : 2252-4983.Vol.7 No.2 : 718.
        3. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta : Universitas Amikom Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 62-63.
        4. Sunarya, Lusyani. Della Nurasiah dan Firmansyah Agustian. 2017. Video Profile Sebagai Saranan Informasi dan Promosi Studio Satu PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Tangerang : STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.3 No.1 : 4-5.
        5. Sunarya, Po Abas dan Lisa Anisa. 2018. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada DITJEN APTIKA Kementrian Komunikasi dan Informatika Jakarta. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.4 No.1 : 77.
        6. Pangerang, Fitriaty. 2016. Rancangan Bangun Sistem Informasi Data Agunan dan Data Legalitas Usaha di BNI Cabang Mamuju. Padang : Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Teknologi ELEKTERIKA. ISSN : 1412-8764. Vol.13 No.1 : 62.
        7. Waruwu, Fince Tinus. Efiro Buulolo dan Eferoni Ndruru. 2017. Implementasi Algoritma Apriori Pada Analisa Pola Data Penyakit Manusia yang Disebabkan oleh Rokok. Medan : STMIK Budi Darma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). ISSN : 2597-4610. Vol.1 No.1 : 177.
        8. Hidayat, Wahyu. Fauzi Maafuf dan Saeful Bahari. 2016. Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi dan Informasi di PT. Wans Desain Group. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.2 No.1 : 37.
        9. 9,0 9,1 Riswanto. Asti Ideliana dan Siti Kholipah M. 2017. Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.3 No.1 : 14-15.
        10. Rukmiyati, Ni Made Sri dan I Ketut Budiartha. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefullness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). Bali : Universitas Udayana. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2580-5312. Vol.5 No.1 : 122.
        11. Pawirosumarto, Suharto. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jakarta Barat : Universitas Mercu Buana. MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen. ISSN : 2088-1231. Vol.6 No.3 : 419.
        12. Supriatna, Jatna. 2018. Konservasi Biodeversitas: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta Pusat : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
        13. Fauzi, Rizki Ahmad, 2017. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta : Deepublish.




        LAMPIRAN

        [ File Lampiran]