SI1621495215: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Teori Umum)
(BAB V)
 
(15 revisi antara oleh 2 pengguna tidak ditampilkan)
Baris 618: Baris 618:
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
  
 +
<!--
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Latar Belakang'''</div>==
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Latar Belakang'''</div>==
  
Baris 756: Baris 757:
  
 
{{pagebreak}}<hr />
 
{{pagebreak}}<hr />
 +
-->
  
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''LANDASAN TEORI'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''LANDASAN TEORI'''</div>
 
+
<!--
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Teori Umum'''</div>==
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Teori Umum'''</div>==
  
Baris 807: Baris 809:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<p style="line-height:2">Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa project merupakan karya seperti gambar, musik, atau video dengan pengeditan isi timeline atau storyboard.</p></div>
 
<p style="line-height:2">Berdasarkan dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa project merupakan karya seperti gambar, musik, atau video dengan pengeditan isi timeline atau storyboard.</p></div>
 +
  
  
Baris 813: Baris 816:
 
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Data</div>====
 
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Data</div>====
  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Informasi</div>====
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Menurut Pangerang (2016:62)<ref name="Pangerang">Pangerang, Fitriaty. 2016. Rancangan Bangun Sistem Informasi Data Agunan dan Data Legalitas Usaha di BNI Cabang Mamuju. Padang : Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Teknologi ELEKTERIKA. ISSN : 1412-8764. Vol.13 No.1 : 62.</ref>”Data dapat didefinisikan sebagai bahan keterangan tentang kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam sekelompokan lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan atau hal.”</p></div>  
  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Jenis-Jenis Informasi</div>====
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Sedangkan Waruwu, dkk (2017:177)<ref name="Waruwu">Waruwu, Fince Tinus. Efiro Buulolo dan Eferoni Ndruru. 2017. Implementasi Algoritma Apriori Pada Analisa Pola Data Penyakit Manusia yang Disebabkan oleh Rokok. Medan : STMIK Budi Darma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). ISSN : 2597-4610. Vol.1 No.1 : 177.</ref>“Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.”</p></div>
  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Kualitas Informasi</div>====
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa data merupakan kumpulan fakta-fakta yang dikelompokan agar dapat diterima secara apa adanya.</p></div>
  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Nilai Informasi</div>====
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Informasi</div>====
  
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Konsep Dasar Media'''</div>===
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
+
<p style="line-height:2">Menurut Hidayat, dkk (2016:37)<ref name="Hidayat">Hidayat, Wahyu. Fauzi Maafuf dan Saeful Bahari. 2016. Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi dan Informasi di PT. Wans Desain Group. Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.2 No.1 : 37.</ref>“Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi disebut juga data yang diproses atau data yang memiliki arti.”</p></div>  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Media</div>====
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Alternatif Media</div>====
+
 
+
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Konsep Dasar Desain'''</div>===
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Desain</div>====
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Fungsi-fungsi Desain</div>====
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Tentang Psikologi Warna</div>====
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk</div>====
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Citra atau Image</div>====
+
 
+
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Teori Khusus'''</div>==
+
 
+
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Definisi Media Komunikasi Visual'''</div>===
+
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">
+
<p style="line-height:2">Sedangkan Riswanto, dkk (2017:14)<ref name="Riswanto">Riswanto. Asti Ideliana dan Siti Kholipah M. 2017. Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.3 No.1 : 14-15.</ref>“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan.</p></div>
Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2015:78)<ref name="
+
Lusyani">Sunarya, Lusyani. Budiarto, Mukti. Jasmine, Dara, Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.1 : 80-81</ref>, Media Komunikasi Visual diyakini mudah untuk dilihat masyarakat luas. Komunikasi Visual ( Komunikasi melalui penglihatan ) adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Contoh dari Media Komunikasi visual yaitu iklan surat kabar, iklan majalah, brosur, spanduk, poster, ''billboard'', katalog, ''paper'' bag, ''flyer'' maupun ''merchandise''</p></div>
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
+
Dengan adanya Media Komunikasi Visual banyak perusahaan maupun lembaga pendidikan berlomba-lomba dalam mempromosikan maupun menginformasikan dalam bentuk media cetak khususnya dalam bentuk desain majalah yang akan penulis buat untuk lembaga perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang ini.</p></div>
+
 
+
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Konsep Dasar Majalah'''</div>===
+
 
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Majalah</div>====
+
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">Menurut Anthonius Golung (2015:4)<ref name="Golung">Golung, Anthonius. 2015. Studi Tentang Pemanfaatan Majalah Ilmiah Di UPT Perpustakaan Unsrat Oleh Mahasiswa Unsrat Manado. Manado. Unsrat. Journal “ Acta Diurna “ Vol. IV No. 1:4</ref>, majalah adalah terbitan berkala yang berisi artikel-artikel dan terbitan untuk waktu tidak terbatas yang mempunyai nomor urut, majalah yang sifatnya umum berisi artikel-artikel dari berbagai macam bidang. Sedangkan majalah yang sifatnya khusus biasanya artikel didalamnya juga disekitar bidang yang bersangkutan.</p></div>
+
<p style="line-height:2">Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan kumpulan data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berguna dan bermanfaat untuk penerimanya.</p></div>
  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Bentuk-Bentuk Majalah</div>====
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Jenis-Jenis Informasi</div>====
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">Dalam kutipan Dominick, (2015:3)<ref name="Sucie">Ardilla, Nella, Sucie. 2015. Pengaruh Rubrik Fashion Majalah GoGirl! Terhadap Prilaku Meniru Trend Fashion Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Riau. Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. ISSN: 2355-6919. Vol. 2 No. 2</ref>, Sucie Nella Ardilla mengategorikan majalah kedalam 5 (lima) kategori utama yaitu :</p></div>
+
<p style="line-height:2">Menurut Riswanto, dkk (2017:14-15)<ref name="Riswanto">Riswanto. Asti Ideliana dan Siti Kholipah M. 2017. Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.3 No.1 : 14-15.</ref>informasi mempunyai beberapa jenis diantaranya :</p></div>
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';">
 
<ol>
 
<ol>
<li style="line-height:2">Majalah Konsumen Umum (''General  Customer Magazine'')</li>
+
<li style="line-height:2">Informasi Penyejuk
<p style="line-height:2">Majalah konsumen ini menyajikan informasi tentang produk dan jasa yang di iklankan pada halaman-halaman tertentu.</p>
+
<p style="line-height:2">Informasi keadaan sekarang yang merangkum keadaan umum bisnis.</p>
<li style="line-height:2">Majalah Bisnis (''Business Publication'')</li>
+
<li style="line-height:2">Peringatan
<p style="line-height:2">Majalah ini melayani secara khusus informasi bisnis, industri atau profesi. Media ini tidak dijual di mall ataupun supermall, pembacanya terbatas pada kaum professional atau pelaku bisnis. Produk-produk yang diiklankan umumnya hanya dibeli oleh organisasi bisnis atau kaum professional.</p>
+
<p style="line-height:2">Berisi penunjuk terhadap sesuatu yang tidak biasa atau barangkali memerlukan tindakan manajerial atau perubahan-perubahan rencana.</p></li>
<li style="line-height:2">Kritis Sastra dan Majalah Ilmiah (''Literacy Reviews and Academic Journal'')</li>
+
<li style="line-height:2">Indikator Kunci
<p style="line-height:2">Pada umumnya memiliki sirkulasi dibawah sepuluh ribu  dan banyak diterbitkan oleh organisasi non-profit, universitas, Yayasan atau organisasi professional. Mereka menerbitkan empat edisi atau kurang dari setiap tahunnya, dan kebanyakan tidak menerima iklan.</p>
+
<p style="line-height:2">Berisi ukuran aspek-aspek penting yang berkaitan dengan kinerja organisasi.</p></li>
<li style="line-height:2">Majalah Khusus Terbitan Berkala (''Newsletter'')</li>
+
<li style="line-height:2">Informasi Situasional
<p style="line-height:2">Media ini dipublikasikan dalam bentuk khusus, 4 – 8 halaman dengan perwajahan khusus. Media ini di distribusikan secara gratis atau dijual secara langganan</p>
+
<p style="line-height:2">Informasi terkini tentang proyek, masalah, atau isu penting yang memerlukan perhatian manager.</p></li>
<li style="line-height:2">Majalah Hubungan Masyarakat (''Public Relations Magazine'')</li>
+
<li style="line-height:2">Gosip
<p style="line-height:2">Majalah ini diterbitkan oleh perusahan dan dirancang untuk sirkulasi para karyawan perusahaan, agen, pelanggan, dan pemegang saham.</p>
+
<p style="line-height:2">Informasi informal yang berasal dari sumber seperti pihak industri yang terkadang berguna untuk menangani suatu masalah.</p></li>
 +
<li style="line-height:2">Informasi Eksternal
 +
<p style="line-height:2">Informasi yang berasal dari luar departemen atau perusahaan. Kadangkala informasi ini masih hangat dan berjangka pendek (misalnya adanya penandatanganan kontrak oleh pesaing), tetap kadangkala berjangka panjang (misalnya studi lingkungan yang dilakukan lima tahun terakhir).</p></li>
 
</ol>
 
</ol>
 
</div>
 
</div>
  
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Aplikasi Penunjang Desain'''</div>===
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Kualitas Informasi</div>====
  
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">''Adobe Photoshop''</div>====
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Menurut Rukmiyati dan Ketut (2016:122)<ref name="Rukmiyati">Rukmiyati, Ni Made Sri dan I Ketut Budiartha. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefullness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). Bali : Universitas Udayana. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2580-5312. Vol.5 No.1 : 122.</ref>“Kualitas informasi adalah tingkat dimana informasi memiliki karakteristik isi, bentuk, dan waktu, yang memberikannya nilai buat para pemakai akhir tertentu.”</p></div>  
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<ol>
+
<p style="line-height:2">Sedangkan Pawirosumarto (2016:419)<ref name="Pawirosumatro">Pawirosumarto, Suharto. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jakarta Barat : Universitas Mercu Buana. MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen. ISSN : 2088-1231. Vol.6 No.3 : 419.</ref>“Kualitas informasi mempunyai atribut-atribut seperti informasi yang diperoleh dari sebuah sistem, keakuratan informasi, relevansi informasi, ketepatan waktu, dan kelengkapan informasi. Kualitas Informasi sering merupakan dimensi kunci menyangkut instrumen kepuasan pengguna akhir.”</p></div>
<li style="line-height:2">Definisi ''Adobe Photoshop''</li>
+
<p style="line-height:2">Menurut Azis Solechul (2015:6)<ref name="Solechul">Solechul, Azis. 2015. Master Of Brush Photshop. Jakarta: Lembar Langit Indonesia </ref>''Adobe Photoshop'' adalah perangkat lunak editor citra buatan adobe system yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar pembuatan efek.</p>
+
  
<p style="line-height:2">Menurut Hartono  Dody Suryo dan Daniel Rudjiono (2015:4)<ref name="Hartono">Suryo, Dody, Hartono. Rudjiono, Daniel. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Bahasa Inggris “Theme I  Have A Pet” Untuk Kelas 4 SD Negeri Randu Gunting. Semarang. STEKOM Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis Pixel. ISSN: 1979-0414. Vol. 8 No. 1</ref>''Adobe Photoshop'' adalah perangkat lunak editor citra bautan ''Adobe System'' yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (''market leader'') untuk perangkat lunak pengolah gambar / foto, dan bersama ''Adobe Acrobat'', dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh ''Adobe System''. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama ''Photoshop CS (Creative Suite)'', versi kesembilan disebut Adobe Photshop CS2, versi kesepuluh adalah ''Adobe Photshop CS3'', versi kesebelas adalah ''Adobe Photshop CS4'', versi keduabelas adalah ''Adobe Phtoshop CS5'', dan versi ketigabelas adalah ''Adobe Photoshop CS6.''</p>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa kualitas Informasi suatu yang mempunyai informasi yang relevansi yang memiliki karakteristik isi, bentuk dan waktu untuk menyangkut kepuasan pengguna akhir.</p></div>
  
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Konsep Dasar Elisitasi'''</div>===
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Nilai Informasi</div>====
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">Menurut Dade Bachtiar dan Atikah (2015)<ref name="Dade">Bachtiar, Dade. Atikah. 2015. Sistem Informasi Dashboard Kependudukan Dikelurahan Manis Jaya Kota Tangerang. Tangerang. STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN: 2088-1762 Vol. 5. No. 1.</ref> elistasi berisi rancangan system baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis dan dieksekusi. Elistasi dilakukan melalui 3 (tiga) tahap yaitu :</p></div>
+
<p style="line-height:2">Menurut Supriatna (2018:130)<ref name="Supriatna">Supriatna, Jatna. 2018. Konservasi Biodeversitas: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta Pusat : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.</ref>“Nilai Informasi adalah nilai yang terkait dengan potensi dalam memberikan keuntungan masyarakat di masa depan.</p></div>  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
+
<ol>
+
<li style="line-height:2">Elisitasi tahap I</li>
+
<p style="line-height:2">Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.</p>
+
<li style="line-height:2">Elisitasi tahap II</li>
+
<p style="line-height:2">Merupakan hasil pengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.</p>
+
<ul>
+
<li style="line-height:2">“M” pada MDI itu artinya Mandatory (penting). Maksudnya requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.</li>
+
<li style="line-height:2">“D” pada MDI itu artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.</li>
+
<li style="line-height:2">“I” pada MDI itu artinya Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.</li>
+
</ul>
+
<li style="line-height:2">Elisitasi tahap III</li>
+
<p style="line-height:2">Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu sebagai berikut:</p>
+
<ol>
+
<li style="line-height:2">T artinya Technical, maksudnya bagaimana tata cara/teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.</li>
+
<li style="line-height:2">O artinya Operational, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.</li>
+
<li style="line-height:2">E artinya Economy, maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem. Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu:</li>
+
<ul>
+
<li style="line-height:2">High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.</li>
+
<li style="line-height:2">Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan </li>
+
<li style="line-height:2">Low (L) : Mudah untuk dikerjakan</li>
+
</ul>
+
</ol>
+
<li style="line-height:2">Final Draft Elisitasi</li>
+
<p style="line-height:2">Merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.</p>
+
</ol>
+
</div>
+
  
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Literature Review'''</div>==
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Sedangkan Fauzi (2017:12)<ref name="Fauzi">Fauzi, Rizki Ahmad, 2017. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta : Deepublish.</ref>“Nilai dari informasi ditentukan dua hal yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya.”</p></div>
  
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa nilai informasi adalah suatu yang memberi keuntungan di masa dengan suatu informasi yang manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya.</p></div>
  
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Konsep Dasar Media'''</div>===
 +
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Pengertian Media</div>====
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">Menurut Aris Martono, dkk (2017:164)<ref name="Martono">Martono, Aris. Solehudin, Solehudin. Putra, Eka, Januar, Fajar. 2017. Project Application Untuk Sistem Pemesanan dan Pengiriman Barang Berbasis Web Pada PT. Arai Rubber Seal Indonesia. Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja. Journal Cerita. ISSN: 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 164.</ref>literature review atau tujuan pustaka adalah kumpulan teks yang bertujuan untuk meninjau titik – titik saat ini pengetahuan dan atau pendekatan metodologis pada topik tertentu.</p>
+
<p style="line-height:2">
 +
Menurut Putra dan Vella Carisa (2019:65)[14] “Media adalah alat,
 +
sarana, perantara dan penghubung untuk menyebar, membawa atau
 +
menyampaikan suatu pesan dan gagasan kepada penerima.” </p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Sedangkan Menurut Sanni, dkk (2019:23)[15] “Penyimpangan pesan
 +
atau salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan media tertentu,
 +
seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar
 +
ruangan, iklan transit dan direct mail.”</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Berdasarkan dua penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa media
 +
adalah alat sarana yang digunakan sebagai perantara atau penghubung pada
 +
komunikasi periklanan.</p></div>
 +
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Alternatif Media</div>====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Menurut Wahyuni, dkk (2017:20)[16] secara umum media yang
 +
tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik,
 +
media luar ruang dan media lini bawah.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';">
 +
<ol>
 +
<li style="line-height:2">
 +
Media Cetak
 +
<p style="line-height:2">
 +
Media yang statis dan mengutamakan pesan dengan jumlah kata,
 +
gambar atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentuk
 +
iklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display,
 +
pariwara dan iklan masyarakat. Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat
 +
kabar, buku profil, majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.</p></li>
 +
<li style="line-height:2">
 +
Media Elektronik
 +
<p style="line-height:2">
 +
Media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi
 +
siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa
 +
sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan di tengah-tengah film atau
 +
acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara
 +
dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas televisi dan radio.</p></li>
 +
<li style="line-height:2">
 +
Media Luar Ruangan (outdoor)
 +
<p style="line-height:2">
 +
Media iklan (berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka
 +
seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus
 +
lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya.
 +
Jenis-jenis media luar ruang meliputi billboard, baliho, poster, spanduk
 +
umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa dan lain-lain.</p></li>
 +
<li style="line-height:2">
 +
Media Dalam Ruangan (Indoor)
 +
<p style="line-height:2">
 +
Media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang dipasang
 +
didalam ruangan. Jenis media dalam ruangan adalah panel indoor,
 +
poster, poster session dan lain-lain.</p></li>
 +
<li style="line-height:2">
 +
Media Lini Atas
 +
<p style="line-height:2">
 +
Media lini atas adalah media komunikasi yang dapat dicerna atau
 +
ditangkap dengan indera penglihatan sekaligus indera pendengaran
 +
seperti televisi.</p></li>
 +
<li style="line-height:2">
 +
Media Lini Bawah
 +
<p style="line-height:2">
 +
Media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk.
 +
Umumnya ada empat macam media yang digunakan dalam media lini
 +
bawah, yaitu pameran, direct mail, point of purchase, merchandising
 +
schemes dan kalender.</p></li>
  
<p style="line-height:2">Penulis mendapatkan beberapa ''Literature Review'' diantaranya sebagai berikut :</p></div>
+
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Konsep Dasar Desain'''</div>===
  
 +
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Desain</div>====
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">Aveyard Helen dalam bukunya yang berjudul “Doing Literture Review in Health and Social Care: A Practical Guide”. (2014:2)<ref name="Helen">Helen, Aveyard. 2014. Doing Literture Review in Health and Social Care: A Practical Guide. England: MC Graw-Hill.</ref>menegaskan bahwa, ''“A Literature riview is the comprehensive study and interpretation of literature that relate to particular topic. When you undertake a literature review, you identify a research question and then seek to answer this question by searching for and analyzing relevants literature using systematic approach. “''</p>
 
 
<p style="line-height:2">
 
<p style="line-height:2">
(Sebuah tinjauan literatur adalah studi dan interprestasi literatur yang berkaitan dengan topik tertentu. Ketika anda melakukan tinjauan literatur, anda mengidentifikasi pertanyaan penelitian dan kemudian berusaha menjawab pertanyaanya dengan mencari dan menganalisis literatur yang relevan dengan menggunakan pendekatan sistematis.)</p></div>
+
Menurut Sunarya, dkk (2016:60)[17] “Desain merupakan art
 
+
direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja
 +
sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual)
 +
dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu
 +
membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final
 +
artwork (FAW).”</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<p style="line-height:2">
 
<p style="line-height:2">
Berdasarkan hasil penelitian terhadap perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja Maka dengan ini disimpulkan bahwa :</p></div>
+
Sedangkan Wahyuni, dkk (2017: 20)[16] “Desain grafis adalah seni
 
+
komunikasi visual, seni berbicara dalam bahasa visual. Komunikasi visual,
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
+
adalah komunikasi yang menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar
 +
bahasa visual ialah segala sesuatu yang dapat dilihat dan dapat dipakai untuk
 +
menyampaikan arti, makna, atau pesan.”</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa desain
 +
merupakan seni yang dapat dipakai untuk menyampaikan arti makna atau
 +
pesan.</p></div>  
 +
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Fungsi-fungsi Desain</div>====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Wahyuni, dkk (2017:21)[16] mengatakan desain mempunyai fungsi-
 +
fungsi sebagai berikut : </p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';">
 
<ol>
 
<ol>
<li style="line-height:2">Penelitian yang dilakukan oleh Yuliati dkk, (2014)<ref name="Yuliati">Yuliati, Tri, Utami, Ema. Fatta, Al, Hanif. 2014. Perancangan Mobile Augmented Reality Dengan Metode Interactive Multimedia System Design Development (Studi Kasus: Brosur Di Sekolah Tinggi Teknologi Dumai). Yogyakarta. SMTIK AMIKOM. Jurnal DASI ISSN: 1411-3201 Vol. 15. No. 1</ref> yang berjudul '''”Perancangan Mobile Augmented Dengan Metode Interactive Multimedia System Design Development (Studi Kasus: Brosur Disekolah Tinggi Teknologi Dumai”.''' menjelaskan tentang meningkatkan media promosi brosur yang selama ini dipakai untuk menarik minat calon siswa dan memberikan informasi terkait dengan promosi yang ditawarkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Dumai yang dikembangkan media brosur Mobile Augmented Reality Secara real time dengan menggunakan metode Interactive Multimedia system design Development (IMSDD) Menggunakan andoid secara offline.</li>
+
<li style="line-height:2">Fungsi Informasi
 +
<p style="line-height:2">Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara
 +
visual.
 +
</p></li>
  
<li style="line-height:2">Penelitian yang  dilakukan oleh Ivoni Putri Damayanti dan Bijaksana Prabawa (2017)<ref name="Bijaksana">Damayanti, Putri, Ivoni. Prabawa, Bijaksana, S.Ds., M.M. 2017. Perancangan Media Promosi Objek Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Di Cirebon. Universitas Telkom. Jurnal e-Proceeding of Art & Design. ISSN: 2355-9349. Vol. 4 No. 3</ref> yang berjudul '''“Perancangan Media Promosi Objek Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Di Cirebon“''' Cirebon memiliki kekayaan warisan budaya dan sejarah yang begitu tinggi akan tetapi potensi tersebut sampai saat ini masih belum dimaksimalkan untuk mendongkrak wisatawan datang ke kota Cirebon dikarenakan promosi yang kurang sepenuhnya maksimal yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung.</li>
+
<li style="line-height:2">Fungsi Identifikasi
 +
<p style="line-height:2">Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim
 +
pesannya lewat karakter visual.
 +
</p></li>
  
<li style="line-height:2">Penelitian yang dilakukan oleh Giandari Maulani, dkk (2017)<ref name="Giandari">Maulani, Giandari. Janah, Nur, Siti. Yuri, Mahbubi, Alam. 2017. Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2. Tangerang. STMIK Raharja. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA ISSN: 2087-7897 Vol. 7 No. 1</ref> yang berjudul '''“Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2 “''' Dalam penelitian tersebut, dijelaskan tentang promosi sekolah beserta informasi lainnya yang bertujuan untuk memperkenalkan sekolah tersebut kepada masyarakat. Dengan membuat media komunikasi visual berupa tabloid dinilai efektif karena memberikan berbagai informasi pada sekolah SMK Mandiri 2.</li>
+
<li style="line-height:2">Fungsi Persuasi
 +
<p style="line-height:2">Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan
 +
resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi
 +
dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.
 +
</p></li>
  
<li style="line-height:2">Penelitian yang dilakukan Lusyani Sunarya, dkk (2016)<ref name="Lusyani">Sunarya, Lusyani. Nugroho, Septianto, Rudi. Mujahid, Arif, Muhamad. 2016. Desain Majalah Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Tk Putra 1 Jakarta. Jakarta. Jurnal JUSITI. ISSN: 2252-6102 Vol. 5 No. 2</ref> dengan judul '''“Desain Majalah Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Tk Putra 1 Jakarta”'''. penelitian ini menjelaskan TK putra 1 adalah sebuah Lembaga Pendidikan khusus anak usia dini. Terdapat banyaknya sekolah TK dijakarta serta pesatnya dunia Pendidikan dan informasi saat ini, menyadari perlunya sebuah desain majalah yang akan menjadi sumber informasi pada TK Putra 1 Jakarta, Tujuan desain majalah ini, agar dapat menyampaikan informasi dan promosi yang lebih detail tentang aktifitas, sarana dan prasarana, serta berbagai keunggulan yang disarankan oleh sekolah, sehingga mudah dipahami dan menjadi daya Tarik bagi calon siswa dan siwi baru untuk bersekolah diTK Putra 1 Jakarta.</li>
+
<li style="line-height:2">Fungsi Rekreasi
 +
<p style="line-height:2">
 +
Merupakan pameran yang berfungsi untuk memberikan nilai psikis dan
 +
spiritual sehingga dapat menghibur penikmat karya seni dan
 +
mendapatkan rasa senang, tenang dan bahagia.
 +
</p></li>
  
<li style="line-height:2">Penelitian yang dilakukan oleh Dewi Immaniar, dkk (2014)<ref name="Dewi">Immaniar, dewi. Sudaryono. Ningrum, Ayu, Dwi. 2014. Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book-Store. Tangerang. STMIK Raharja. Jurnal CCIT. ISSN: 1978-8282 Vol. 7 No. 3</ref> yang berjudul '''” Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book-Store”''' Penelitian ini membahas tentang media promosi yang kreatif dan variative yang dibutuhkan perusaan tersebut,</li>
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Tentang Psikologi Warna</div>====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';">
 +
<ol>
 +
<li style="line-height:2">Teori Warna
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Menurut Fatmawati dan Sri (2016:2)[18] “Warna adalah suatu
 +
keindahan yang terbentuk dari tiga unsur yaitu cahaya, objek dan
 +
observer.
 +
</p></div></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Sedangkan Hidajat dan Helen (2016:162)[19] “Warna merupakan
 +
suatu pelengkap gambar yang memiliki arti suasana, komunikasi,
 +
kekuatan dimana mampu mempengaruhi orang-orang yang melihatnya.
 +
Setiap warna mampu memberikan respons secara psikologis.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Berdasarkan dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa
 +
warna merupakan suatu bentuk keindahan yang dapat memberikan
 +
respons secara psikologis.</p></div>
  
<li style="line-height:2">Research done Mustagfirin (2015:1)<ref name="Mustagfirin">Mustagfirin. 2015. Company Profile Distro Devgru Clothing using Multimedia Method. Semarang: University Of Wahid Hasyim. In Proceeding Of The International Seminar and Conference. Vol. 1 No. 1 : 1</ref> '''''“Company Profile Distro DEVGRU CLOTHING using Multimedia Method”'''. Now it needs the information or announcement ease in information technology in search of desired information as well as reduce error flags caused by human error . The developers of the internet now have started to grow very rapidly. Because almost all people around the world use the internet, that serves as aspects of a communication, information and facilities for the promotion of providers. Distro business “DEVGRU CLOTHING” is a company move in production and sale of a garment (clothes, a jacket, pants , hat ) asesoris and other. But in the selling process still use manual way and promotion and have not had a system information that supports. The use of information technology in the form of information systems can be used to improve their performance in terms of promotion or sale."''<br>
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk</div>====
(Kini dibutuhkan informasi atau pengumuman dalam teknologi informasi untuk mencari informasi yang diinginkan serta mengurangi kesalahan akibat manusia. Perkembangan internet sekarang sudah tumbuh dengan sangat pesat. Karena hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan internet, itu berfungsi sebagai aspek komunikasi, informasi dan fasilitas untuk promosi provider. Bisnis Distro "DEVGRU CLOTHING" adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi dan penjualan garmen (pakaian, jaket, celana, topi) aksesoris dan lainnya. Tapi dalam proses penjualan masih menggunakan cara dan promosi manual dan belum memiliki informasi yang memadai. Penggunaan teknologi informasi dalam bentuk sistem informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kinerjanya dalam hal promosi atau penjualan.)
+
</li>
+
  
<li style="line-height:2">Research done Hamdani Nurvivi and Ananda Risya Triani (2017)<ref name="Hamdani">Nurvivi, Hamdani. Triani, Risya, Ananda. 2017. The Design of Klettern Media Promotion. Bandung : Telkom University. Visual Communication Design Journal. Vol.1 Issue.1:34.</ref> ''“The Design of Klettern Media Promotion” The use of the Internet as a promotional and business media grows higher. Internet makes it easy for businesses to market their products or services. A brand named Klettern that sell outdoor gear products, market their products through online promotional media such as Facebook and Instagram. But, marketing is done through the media is not able to attract these consumers, because not every community or target market used the social media. Therefore, optimizing the strategy of content is very important for marketing the product. In marketing, it takes a strategy for the products offered to align with the needs of consumers. One of the route that can be used is the inbound marketing technique that comprised of content marketing and social media participation. In this study, the author conducted several data collection methods, such as literature studies, observation, interviews, questionnaire, and documentation. Through the research, it is expected that Klettern brand can devise a grand plan to promote and expand their market nation wide and overseas.''<br>
+
====<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">Definisi Citra atau Image</div>====
(Penggunaan Internet sebagai media promosi dan bisnis semakin tinggi. Internet memudahkan bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Sebuah merek bernama Klettern yang menjual produk outdoor gear, memasarkan produknya melalui media promosi online seperti Facebook dan Instagram. Tapi, pemasaran yang dilakukan melalui media tidak mampu menarik konsumen ini, karena tidak setiap komunitas atau target pasar menggunakan media sosial. Karena itu, mengoptimalkan strategi konten sangat penting untuk memasarkan produk. Dalam pemasaran, dibutuhkan strategi untuk produk yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah teknik pemasaran inbound yang terdiri dari konten pemasaran dan partisipasi media sosial. Dalam penelitian ini, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data, seperti studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Melalui penelitian ini, diharapkan merek Klettern dapat merancang rencana besar untuk mempromosikan dan memperluas pasarnya secara nasional dan luar negeri.)
+
</li>
+
  
<li style="line-height:2">Research done Yan Jiang and Wenlong Liu (2015:49)<ref name="Jiang">Jiang, Yan. Wenlong Liu. 2015. Application of Mind Mapping in Poster Design Classroom Teaching and Practice Guiding. International Journal of Sociology Study. China: Dalian University of Technology.Vol 3 No.1:49</ref> ''"Application of Mind Mapping in Poster Design Classroom Teaching and Practice Guiding". Based on the characteristics of the radioactive brain thinking, British educator Tony Buzan first proposed two concepts“Radiant Thinking” and “Mind Mapping”. And the Mind Map is the external manifestation of radioactive brain thinking. With mastery of the mind map, this way of thinking has been widely used in various aspects of life and work, including learning, communication, management, etc. Because it can effectively stimulate human creativity, in recent years, this way of thinking is also increasingly being recognized and adopted in the field of art and design.For the learner of design, mind maps can help the brain’s active thinking brain active thinking and to break conventional thinking. Within the scope of the confirmed concept, mind Maps provide a guide to the direction of thinking. And, a lot of inspiration subsequently emerges in minds. This process is so interesting and effective; for instructors, good use of mind maps to guide the students make the classroom active and significantly improve the quality and quantity of design. Therefore, the proper use of mind maps improves the efficiency and quality of teaching.''<br>
+
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Teori Khusus'''</div>==
(Berdasarkan karakteristik pemikiran otak radioaktif, pendidik Inggris Tony Buzan pertama kali mengajukan dua konsep - "Radiant Thinking" dan "Mind Mapping". Peta Pikiran adalah manifestasi eksternal pemikiran otak radioaktif. Dengan penguasaan peta pikiran, cara berpikir ini telah banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan dan pekerjaan, termasuk pembelajaran, komunikasi, manajemen, dan sebagainya. Karena secara efektif dapat merangsang kreativitas manusia, dalam beberapa tahun terakhir, cara berpikir ini juga semakin diakui dan diadopsi di bidang seni dan desain. Bagi pelajar desain, peta pikiran dapat membantu pemikiran otak otak aktif berpikir aktif dan untuk memecahkan pemikiran konvensional. Dalam lingkup konsep yang telah dikonfirmasi, peta pikiran memberikan panduan menuju arah pemikiran. Dan, banyak inspirasi kemudian muncul dalam pikiran. Proses ini sangat menarik dan efektif; Bagi instruktur, penggunaan peta pikiran yang baik untuk membimbing siswa membuat kelas aktif dan secara signifikan memperbaiki kualitas dan kuantitas desain. Oleh karena itu, penggunaan peta pikiran yang tepat meningkatkan efisiensi dan kualitas pengajaran.)
+
</li>
+
  
<li style="line-height:2">Research conducted by Young-Min Kim and Young-Sam Kim (2016:111 – 127)<ref name="Young-min">Kim, Young-Min. Young-Sam Kim. 2016. Analysis of Vogue Magazine on Forms of Image Expression and Utillization of Model Poses in Fashion Photos. Korean. Chung-Ang University. Journal of the Korean Society of Custome. ISSN: 2287-7827 Vol. 66. No. 4</ref> ''with the title '''“Analysis of Vogue Magazine on Form of Image Expression and Utillization of Model Poses in Fashion Photos”''' The Study aims to examine the forms of”Image expression” and Utillization of model poses in fashion photos, and to delve into the characteristics and the intens that make certain model poses effective in expression an image. The study used the fashion photos in the fashion magazine. Vogue, to analyze the different model poses used to express different images.''
+
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Literature Review'''</div>==
<br>
+
(Penelitian ini bertujuan untuk menguji bentuk “ekspresi gambar” dan pemanfaatan pose model dalam foto mode, dan untuk menyelidiki karakteristik dan maksud yang membuat model tertentu berpose efektif dalam mengekspresikan gambar. Studi ini menggunakan foto-foto mode dimajalah mode. Vogue, untuk menganalisis berbagai pose model yang digunakan untuk mengekspresikan gambar yang berbeda).</li>
+
 
+
<li style="line-height:2">Research Conducted by Tobiasson (2015)<ref name="Tobiasson">Tobiasson, Helena, Yngve Sundblad, Ake Walldius, Andres Helman. 2015. Designing For Active Life: Moving And Being Moved Together with Demantia Patients. Stockholm Kunglia Tekniska Hogskolan (KTH) Engelska KTH Royale Institute of Technology Internasional Journal of Design Vol. 9. No. 3.</ref> ''with the title '''“Designing For Active Life: Moving And Being Moved Together with Demantia Patients”'''Life for older people with dementia tends to be inactive. The paper reports on two case studies in which exercise games (exergames) were introduced in dementia special care units with a focus on patients’ well-being. The first case used a participatory design (PD) approach to engage the patients as users in the process. The results highlight the patients’ enjoyment in playing these games in a socially encouraging environment. We have found that axargames in dementia care provide patients with the well documented health benefits, social interactions, physical activity and challenges are valuable ingresients when designing for the well being of older people who suffer from moderature to serverse dementia.
+
''<br>
+
(Hidup untuk orang tua dengan demendia cenderung tidak aktif. Makalah ini melaporkan dua studi kasus dalam latihan yang permainan diperkenalkan di unit perawatan khusus demensia dengan focus pada kesejahteraan pasien. Khusus pertama digunakan pendekatan partipatif desain (PD) untuk terlibat pasien sebagai pengguna dalam proses. Hasil ini menyoroti pasien kenikmatan dalam permainan ini dalam lingkungan social mendorong. Kami telah menemukan exergames dalam perawatan demensia memberikan pasien dengan manfaat kesehatan yang terakomodasi dengan baik dan aktifitas fisik dan juga mengakibatkan manfaat social dan kognitif. Hsil menunjkan bahwa pengertian tentang permainan kompetisi, interaksi social, aktifitas fisik, dan tantangan yang bahan berhagra ketika merancang untuk kesejahteraan  orang tua yang menderita moderat dengan demensia yang berat)
+
</li>
+
</ol>
+
</div>
+
  
  
Baris 978: Baris 1.038:
  
 
{{pagebreak}}<hr/>
 
{{pagebreak}}<hr/>
 +
-->
  
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB III'''</div>=
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB III'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PEMBAHASAN'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PEMBAHASAN'''</div>
 
+
<!--
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">'''Gambaran Umum Objek Yang Diteliti'''</div>==
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">'''Gambaran Umum Objek Yang Diteliti'''</div>==
  
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">Sejarah Singkat PT Prabayaksa Surya Albantani</div>===
+
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">Sejarah Singkat Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang</div>===
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang merupakan salah satu perusahaan jasa travel umroh dan haji yang berada di kabupaten Tangerang, yang dimiliki oleh Hj. Maman Suryaman, S.T.</p></div>
+
<p style="line-height:2">Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang dibentuk berdasarkan
 +
Peraturan Daerah Kota Tangerang Tentang Organisasi Perangkat Daerah
 +
Kota Tangerang. Tugas, Fungsi dan tata kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota
 +
Tangerang berdasarkan Peraturan Walikota Tangerang Nomor 64 Tahun
 +
2016 adalah “Melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah di
 +
bidang ketenagakerjaan”.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">Didirikan pada April 25 2017, yang berlokasi di Ruko Garden Boulevard S. 02/168, Citra Raya Kabupaten Tangerang, Prabayaksa Adalah perusahaan jasa yang tergolong perusahaan muda tapi bisa dikatakan perusahaan jasa ini sangat dikenal oleh masyarakat Kabupaten Tangerang dan. Sebagai contoh setiap tahun selalu ada peserta jamaah umroh yang ingin memakai jasa travel umroh dari PT Prabayaksa Surya Albantani.</p></div>
+
<p style="line-height:2">Dinas Ketenagakerjaan bertugas membantu Walikota melaksanakan
 +
Urusan Pemerintahan di Bidang Ketenagakerjaan yang menjadi
 +
kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan pada Daerah
 +
sesuai Visi, Misi dan Program Walikota yaitu Misi 3 yaitu
 +
“Mengembangkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial
 +
demi terwujudnya masyarakat yang berdaya saing di era globalisasi”.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
<p style="line-height:2">PT Prabayaksa Surya Albantani adalah Perusahaan yang mengedepankan Motto perusahaan yaitu amanah dan melayani</p></div>
+
<p style="line-height:2">
 +
Indikator Sasaran Misi yang ingin dicapai melalui Urusan
 +
Ketenagakerjaan adalah “Terwujudnya penciptaan dan perluasan lapangan
 +
kerja” akan dicapai melalui Indikator Kinerja Penurunan Tingkat
 +
Pengangguran Terbuka dan Jumlah Lowongan Kerja.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 +
<p style="line-height:2">
 +
Untuk Melaksanakan urusan tenaga kerja, Dinas Ketenagakerjaan
 +
memiliki Sasaran Strategis Terwujudnya penciptaan dan perluasan lapangan kerja, terwujudnya penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan terwujudnya peningkatan kesejahteraan pekerja.</p></div>
  
 
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">Visi-Misi PT Prabayaksa Surya Albantani</div>===
 
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">Visi-Misi PT Prabayaksa Surya Albantani</div>===
Baris 1.336: Baris 1.415:
  
 
{{pagebreak}}<hr/>
 
{{pagebreak}}<hr/>
 +
-->
  
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB IV'''</div>=
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB IV'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''HASIL PENELITIAN'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''HASIL PENELITIAN'''</div>
 
+
<!--
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">'''Perencanaan Media'''</div>==
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">'''Perencanaan Media'''</div>==
  
Baris 1.655: Baris 1.735:
  
 
{{pagebreak}}<hr/>
 
{{pagebreak}}<hr/>
 +
-->
  
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB V'''</div>=
 
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB V'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENUTUP'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENUTUP'''</div>
 
+
<!--
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">'''Kesimpulan'''</div>==
 
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left">'''Kesimpulan'''</div>==
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
Baris 1.687: Baris 1.768:
  
 
{{pagebreak}}<hr/>
 
{{pagebreak}}<hr/>
 +
-->
  
 
=<div style="font-size:14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR PUSTAKA'''</div>=
 
=<div style="font-size:14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR PUSTAKA'''</div>=

Revisi terkini pada 5 November 2020 08.24


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


SKRIPSI



Disusun Oleh :


NIM
: 1621495259
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi



Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Dekan
       
Ketua Program Studi
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Sugeng Santoso, M.Kom.)
       
(Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I)
NIP : 006095
       
NIP : 073009


Rektor
       
       
           
           
           
           
       
NIP : 000603
       




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama



Telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif


Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

Disetujui Oleh :


Tangerang, January 2020

Pembimbing I
 
Pembimbing II
         
         
         
         
(Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si.)
 
(Desy Apriani, S.Kom., M.T.I)
NID : 06124
 
NID : 010817




UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

TA. 2019/2020


Disetujui Penguji :

Tangerang, 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________





UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI

PENUNJANG INFORMASI BALAI LATIHAN KERJA

PADA DINAS KETENAGAKERJAAN

KOTA TANGERANG


Dibuat Oleh :


NIM
: 1621495215
Nama
Fakultas
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Jarunari 2020
Bisma Abdurachman
NIM. 1621495215


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAK

Perkembangan teknologi membuat dunia kerja yaitu perusahaan ataupun instansi bersaing dalam mencari Sumber Daya Manusia yang baru dan berkualitas. Dinas Ketenagakerjaan membantu para tenaga kerja yang baru lulus ataupun yang ingin mempunyai skill dalam dunia kerja, dengan membantu para tenaga kerja, melalui pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang.Permasalahan yang terdapat pada Balai Latihan Kerja yaitu, kurangnya media dalam penyampaian informasi yang saat ini masih menggunakan media cetak dan seminar tentang pelatihan yang diberikan oleh Balai Latihan Kerja, sehingga dibutuhkan media yang dapat menyampaikan informasi secara lengkap, interaktif, dan menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan dapat menciptkankan para pekerja (SDM) yang siap bersaing atau terjun di dunia kerja melalui Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan. Adapun manfaat yang didapatkan masyarakat Kota Tangerang yaitu dengan mudah mendapatkan informasi tentang Profile Disnaker, informasi profile Balai Latihan Kerja sebagai tempat pelatihan, dan pelatihan yang disediakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu : Pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan adobe premiere cc, after effect cc, photoshop cc dan audition cc, Konsep Produksi Media yaitu preproduction, production, dan postproduction. Hasil Dari Penelitian ini yaitu perancangan media video profile yang dapat digunakan sebagai peningkatan informasi Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang. Melalui perancangan media video profile ini membantu Disnaker dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang.”.

Kata Kunci : Video Profile, Informasi, Sumber Daya Manusia

ABSTRACT

The development of technology makes the world of work is a company that competes in finding new and quality Human Resources. The Manpower Office helps new graduates who want to have skills in the world of work, by assisting the workforce, through trainings provided by the City of Tangerang Manpower Office. Problems needed at the Vocational Training Center, hoping the media in the delivery of information currently still using print media and seminars on training provided by the Vocational Training Center, media that can convey complete, interactive and interesting information are needed. The purpose of this study is to improve human resources and be able to create workers (HR) who are ready to compete or enter the workforce through the Job Training Center at the Department of Manpower. The benefits obtained by the people of Tangerang City are easily getting information about the Disnaker Profile, the information profile of the Job Training Center as a training ground, and the training provided. The research methods used are: Data collection, SWOT analysis, Media Design with adobe premiere cc, after the effects of cc, photoshop cc and cc auditions, Media Production Concepts namely pre-production, production, and postproduction. The results of this study are the design of media video profile that can be used as information enhancement for the City of Manpower Office of Tangerang. Through designing a video media profile, this helps Disnaker improve the capability Tangerang City of Human Resources. ".

Keywords : Technology, Video Profile, Information, Human Resources





KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, segala puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT senantiasa membantu serta melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik. Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visua and Broadcasting pada Universitas Raharja.”.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.
  3. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si. selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, masukan dan semangat kepada penulis sehingga Larporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan penuh perhatian.
  5. Ibu Desy Apriani, S.Kom., M.T.I., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, masukan dan semangat kepada penulis sehingga Laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan lancar dan baik.
  6. Bapak Dr. Ir. H. Moh. Rakhmansyah, M.Si., selaku stakeholder Disnaker yang telah memberikan masukan informasi dan semangat.
  7. Bapak Drs. Deden Suliana. selaku stakeholder BLK yang telah memberikan informasi tentang BLK dan semangat.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta Ayah, Ibu dan adik-adik tercinta, yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Laporan Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
  10. Terima kasih juga pada teman-teman seperjuangan, yang telah membantu dalam project perancangan Laporan Skripsi ini dan selama perkuliah telah memberikan motivasi serta pembelajaran hidup.


Tangerang, Januari 2020
Bisma Abdurachman
NIM. 1621495215








DAFTAR TABEL




DAFTAR GAMBAR

Gambar 4.1. Storyboard Opening Logo Kota Tangerang

Gambar 4.2. Storyboard Profile Disnaker

Gambar 4.3. Storyboard Profile BLK

Gambar 4.4. Storyboard Suasana BLK

Gambar 4.5. Storyboard Visi dan Misi

Gambar 4.6. Storyboard Pembukaan

Gambar 4.7. Storyboard Pelatihan Menjahit

Gambar 4.8. Storyboard Pelatihan Montir Motor

Gambar 4.9. Storyboard Pelatihan Montir Mobil

Gambar 4.10. Storyboard Pelatihan Las

Gambar 4.11. Storyboard Pelatihan Pendingin

Gambar 4.12. Storyboard Pelatihan Perhotelan

Gambar 4.13. Storyboard Pelatihan Komputer

Gambar 4.14. Storyboard Pelatihan Desain Grafis

Gambar 4.15. Storyboard Hasil Pelatihan

Gambar 4.16. Storyboard Penutupan Pelatihan

Gambar 4.17. Storyboard Closing Logo Kota Tangerang

Gambar 4.18. Canon 100 D

Gambar 4.19. Sony a6000

Gambar 4.20. Opening Logo Kota Tangerang

Gambar 4.21. Menampilkan Gedung Disnaker

Gambar 4.22. Menampilkan Gedung BLK

Gambar 4.23. Menampilkan Suasana BLK

Gambar 4.24. Visi dan Misi

Gambar 4.25. Menampilkan Pembukaan Pelatihan

Gambar 4.26. Menampilkan Pelatihan Menjahit

Gambar 4.27. Menampilkan Pelatihan Montir Motor

Gambar 4.28. Menampilkan Pelatihan Montir Mobil

Gambar 4.29. Menampilkan Pelatihan Las

Gambar 4.30. Menampilkan Pelatihan Pendingin

Gambar 4.31. Menampilkan Pelatihan Perhotelan

Gambar 4.32. Menampilkan Pelatihan Komputer

Gambar 4.33. Menampilkan Pelatihan Desain Grafis

Gambar 4.34. Menampilkan Hasil Pelatihan

Gambar 4.35. Menampilkan Penutupan Pelatihan

Gambar 4.36. Closing Logo Kota Tangerang

Gambar 4.37. Digitizing

Gambar 4.38. Editing

Gambar 4.39. Mixing

Gambar 4.40. Finishing

Gambar 4.41. Tahap Keluaran




DAFTAR BAGAN






BAB I

PENDAHULUAN


BAB II

LANDASAN TEORI

BAB III

PEMBAHASAN

BAB IV

HASIL PENELITIAN

BAB V

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA





LAMPIRAN

[ File Lampiran]