SI1531489298

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PROTOTYPE SISTEM OTOMATISASI KERANJANG PINTAR

MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS COMPUTER

VISION PADA PT.INDOMARCO PRISMATAMA


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1531489298
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020



ABSTRAK

Di era globalisasi saat ini penyebaran teknologi robitika sangat pesat untuk dipergunakan di kehidupan sehari-hari Sehingga memepermudah manusia dalam melakukan kebutuhannya, terutama di dunia Retail. Pada INDOMARET teknologi robotika masih belum maksimal terutama dalam sector alat pendukung untuk belanja para konsumen, maka dari itu penerapan teknologi robotika diterapkan agar memudahkan para karyawan indomaret dalam pengecekan isi keranjang para konsumen secara real time dan dapat menghitung jumlah isi barang dalam kerjang. Untuk memebantu permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka.Perancangan system menggunakan Flowchart. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah merancang sebuah system automatisasi menggunakan Raspberry Pi dengan metode Computer Vision sehingga dapat memudahkan pengecekan.

Kata Kunci : : Flowchart, Monitoring, Automatisai, Raspberry Pi, Computer Vision


ABSTRACT

In the current era of globalization, the spread of robitika technology is very rapid to be used in everyday life so that it makes it easier for humans to do their needs, especially in the retail world. In INDOMARET robotics technology is not optimal, especially in the sector of supporting tools for consumer spending, therefore the application of robitika technology is applied to facilitate indomeret employees in checking the contents of the basket of consumers in real time and can calculate the number of contents in the work. To help these problems, researchers conducted data collection using the method of observation, interviews, and literature study. The design of the system uses Flowcharts. The results obtained from this research are designing an automation system using Raspberry Pi with the Computer Vision method so that it can facilitate checking.

Keywords: Flowchart, Monitoring, Automation, Raspberry Pi, Computer Vision



DAFTAR PUSTAKA
  1. Edyanti, A. N., Sutrisno W. (2017). Pengembangan Media Materi Menggunakan Kamera Digital Mata Pelajaran Produktif Multimedia Untuk Siswa Kelas Xi Multimedia SMK Nu Trate Gresik. Surabaya : Universitas Negeri Semarang. E-journal UNESA Vol. 10 No. 1 : 3.
  2. Febriyanto, E., Handayani, I., & Suprayogi, Danang., (2019). Aplikasi Sistem Penilaian Penguji Berbasis YII Framework Sebagai Media Input Nilai Mahasiswa Sidang Tugas Akhir Dan Skripsi Pada Perguruan Tinggi. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 10(2), 113-125. [3] Irfandi. 2015. Pengembangan Model Latihan Sepak Bola dan Bola Voli: Studi Penelitian pada Atlet Putra-Putri di Banda Aceh. Yogyakarta : Deepublish.
  3. Tulanggow, Sharen G., Tinneke, M., & Tumbel, Olivia Walingitan. 2019. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Manado : Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). ISSN : 2338-9605. Vol. 9 No. 3 : 35.
  4. Siahaan, Matdio. 2019. Analisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Tiket Pada PT. XYZ Tours & Travel.  Vol.1 No.1 Hal. 34.
  5. Hidayat, W., Wandayana, A,B., & Ferdiansyah, Recha., 2016. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di SMK Aviciena Rajeg Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 2 No. 1 : 58.
  6. Batubara, A., Rahmat. H. 2016. Pengaruh Penetapan Harga Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada PSA Mihin Lanka Airlines. Medan : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman. ISSN : 2355-1488. Vol. 4 No. 1 : 39.
  7. Desrianti, Immaniar, D., Sudaryono., Dwi, A. N. 2014. Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book-Store. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. Vol. 7 No. 3 : 425-426.
  8. Rochman, A., Rahmat, T. Aditya, R. 2019. Perancangan Sistem Informasi Data Pasien Di Klinik Aulia Medika Pasar Kemis. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal SISFOTEK GLOBAL. ISSN : 2088-1762. Vol. 9 No. 1 : 2. [10] Kurniawan, Rahmad. Septidian Marhamelda. 2019. Sistem Pengolahan Data Peserta Didik Pada LKP Prima Tama Komputer Dumai Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP. Vol. 11 No. 1 Hal. 38.
  9. Wildaningsih, W., Aneu. Y. 2018. Sistem Informasi Pengolahan Data Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Zaradika STMIK DCI Tasikmalaya. Tasikmalaya : STMIK DCI Tasikmalaya. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA). ISSN : 2613-9138. Vol. 2 No. 1 : 182.
  10. Maulana, Alief. Muhammad Sadikin. Arief Izzudin. 2018. Implementasi Bebasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi – BPPT. Banten : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer (SETRUM). ISSN : 2301-4652. Vol. 7 No. 1 : 184.
  11. Sunarya, L., Sunarya. Po. A., Jasmine, D. A. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol. 9 No. 1 : 80-81.
  12. Nugraha, A. R., Gati, P. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Tasikmalaya : STMIK DCI Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika. ISSN : 2541- 6375. Vol. 4 No. 2 : 4.
  13. Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
  14. Triyono. S., Hendi, S. 2016. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol. 10 No. 1
    102.
  15. Sunarya, L., Desi, W. K. S., & Pajrin, W. S. 2016. Perancangan Media Iklan Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi Pada Hotel Sitaminang 2 Bogor. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195. Vol. 2 No. 1 : 17.
  16. Wahyuni, S., Afina, M., Ellen, N. P. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 20.
  17. Akbar, M. R. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni SMA 2 Padang Ar-Rozak (Kopasmanda Ar-Rozak). Padang : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Majalah Ilmiah. ISSN : 1413- 5854. Vol. 32 No. 2 : 85.
  18. Sunarya, L. Ogi, D., Muhammad, H. A. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN : 2461-1409. Vol. 2 No. 1.
  19. Sidik, A., Hafiz, A. A., & Andar, B. S. 2017. Studi Faktor Usability Pada Desain Layout Website Berita Mobile Indonesia. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 32.
  20. Anto, P., Sjafei, A. M., Taufiq, A. 2017. Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indoensia Sebagai Media Pembelajaran Ejaan Di Sekolah. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. ISSN : 2339-0107. Vol. 4 No. 2.
  21. Murtono, Taufik. 2014. Penguatan Citra Merek Batik Dengan Tipografi Vernacular. Surakarta : ISI Surakarta. Jurnal Penelitian Seni Budaya. Vol. 6 No.2 Hal. 117.
  22. Fatmawati, Ririn. Sri Widayati. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balon Pada Anak Kelompok Bermain. Journal PAUD Teratai. Vol. 5 No. 3. Surabaya : Universitas Negri Surabaya.
  23. Nugroho, Sarwo. 2015. Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta : CV Andi Offset.
  24. Bimantara, Afif. Mohamad Suyanto. Eko Boedijanto. 2015. Implementasi Aplikasi Game Autisme “AHADA” Di SLB Bina Anggita Yogyakarta. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Journal Ilmiah DASI. ISSN : 1411-3201. Vol. 16 No.2 : 2.
  25. Rasyid, Anuar. Amiruddin Saleh. Hafied Cangara. Wahyu Budi Priatna. 2015. Komunikasi Dalam CSR Perusahaan Perbedayaan Masyarakat Dan Membangun Citra Positif. Bandung
    UNISBA. Jurnal MIMBAR Sosial dan Pembangunan. ISSN :
    0215-8175. Vol. 31 No. 2 : 510.
  26. Muzammil, Abdul. Mukhlis Yunus. Nurdasila Darsono. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indiehome PT. Telkom Indonesia Di Banda Aceh Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala. Jurnal Manajemen dan Inovasi. ISSN : 2086-924X. Vol. 8 No. 3 : 108.
  27. Hendratman, Hendri. 2015. Computer Graphic Design. Bandung : Informatika.
  28. Prasetyo, Gunawan Adhi. Yanuar Herlambang. 2018. Perancangan Perahu “Pontoon” Berdasarkan Aspek Rupa Pada Area Perairan Wisata Situ Patenggang. Bandung : Universitas Telkom. E-Proceeding of Art & Design. ISSN : 2355 : 9349. Vol. 5 No. 3 : 2-3.
  29. Suyatno, Dimas Sasongko. 2016. Pembangunan Kamera Pemantau Ruang Teknisi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar. Indonesia. Journal Speed. Vol. 8 No. 3 : 12.
  30. Hendrawan, Setya. Septo Wibowo. 2017. Penerapan Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Pukulan Drop Short Dalam Pembelajaran Bulutangkis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Journal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 5 No. 3 : 727.
  31. Agustiningsih. 2015. Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jember: Universitas Jember. Vol. 4 No. 1 : 55.
  32. Gunawan, Dedi. dan Fitri Kurniawan. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Pengenalan Satwa Bagi Anak Usia Dini. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal Duta.com . Vol. 1 No. 10 : 70..
  33. Rahman, Ridwan Arif. dan Dewi Tresnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Garut : Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Journal Algoritma. Vol. 13 No. 1 : 185.
  34. Hasanah, Uswatun. Sutardi. dan Rahmat Ramadhan. 2017. Implementasi Algoritma Arithmetic Coding Pada Kompresi File Audio Via FTP (File Transfer Protocol). Kendari: Universitas Halu Oleo. Journal SemanTIK. Vol. 3 No. 2 : 81.
  35. Fiqar, Tegar Palyus. dan Tohari Ahmad. 2017. Peningkatan Kapasitas Penyisipan Audio Data Hiding Berbasiskan Modifikasi Metode Least Significant Digit. Indonesia. Journal JNTETI. Vol. 6 No. 3 : 316.
  36. Fajrin, Syarah Aini. dan Tati Hermawati. 2017. Media Komik Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunarungu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Journal JASSI_anakku. Vol. 18 No. 2 : 64.
  37. Budiman, Agus. Carma Suryana. dan Ratri Ratna Dewi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Ular Tangga Untuk Sekolah Dasar Kelas Satu. Tangerang: STMIK Bina Sarana Global. E-Journal Seminar Nasional Informatika. Vol. 1 No. 1 : 541.
  38. Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia. dan Siti Isnaini. 2016. Desain Video Profile Based Multimedia Audio Visual And Broadcasting As A Media Promotion. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT. Vol. 9 No. 3 : 320.
  39. Rismana, Diky. dan Sri Marini. 2015. Sistem Pengaturan Pada Mesin Switcher Type SE 600 Di RODJA TV. Bekasi: Universitas Islam (UNISMA). Journal of Electrical and Electronics. Vol. 2 No. 1 : 3.
  40. Fatoni, Ahmad. dan Nofi Puspitarasari. 2016. Perancangan Simulasi Pengembangan Sistem Programming Penyaluran Dana Zakat Di Badan Amil Zakat Kota Serang Berbasis Multimedia. Serang: Universitas Serang Raya. Journal PROSISKO. Vol. 3 No. 2 : 58.
  41. Destrianti, Dewi Immaniar. Ahmad Nur Firdaus. dan Deny Pangestu Gunawan. 2016. Animasi Dengan Gambar Bergerak Meningkatkan Daya Tarik Program Promosi. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Vol. 10 No. 1 : 120.
  42. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika. dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi Dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta: STMIK AMIKOM. Journal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia. Vol.5 No. 1 : 65.
  43. Sutrisno, Bambang. Aziz Fathoni. Djamaludin Malik. 2019. Studi Kualitatif : Pemberdayaan Karyawan Di Sekolah Maria Regina Semarang. Semarang : Univesitas Pandanaran Semarang.
  44. Japar, Muhammad. Suhadi. Desca Paridana. 2018. Pembentukan Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan OSIS Di Sekolah Menengah Atas. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. ISSN : 1412- 3835. Vol. 28 No. 1 : 87.
  45. Yulandina, Aldilla. Condra antoni. dan Ardiman Firmanda. 2018. Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. Batam: Politeknik Negeri Batam. Journal of digital education, comunication, and arts. Vol.1 No.1 : 5.
  46. Putra, I Putu Andika Subagya. I Gede Mahendra Darwawiguna. dan I Made Putrama. 2017. Film Seri Animasi 3D “Belajar Bahasa Indonesia Bersama Made” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing Di Undiksha. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Journal KARMAPATI. Vol. 6 No. 1 : 3.
  47. Basuki, Rochman. Aziz Fathoni. Maria Magdalena. 2018. Pengembangan Kinerja Sumber Daya Manusia Di Honda Semarang Center Berdasarkan Analisis SWOT. Vol. 4 No. 4.
  48. Khanifah, Umi. Aziz Fathoni Maria Magdalena Minarsih. 2018. Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pengrajin Mebel Limbah Kayu Dengan Analisa SWOT (EFAS-IFAS). Semarang : Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689. Vol. 5 No. 5 : 7.
  49. Hermanto, Ahmad Rizki K. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Obat Batuk Prospan Dengan Menggunakan Metode SWOT Pada PT. Soho Global Health. Tangerang : Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Teknik UMT. ISSN : 2302- 8734. Vol. 5 No. 1 : 71.
  50. Anas, Fadilah. Cicik Harini. Aziz F. 2018. Marketing Strategy Through SWOT Analysis On Dealer Honda Prima Jaya Abadi Branch Tembalang Semarang. Semarang : Universitas Pandanaran. Journal of management. ISSN : 2502-7689. Vol. 4 No. 4 : 3.
  51. Rangkuti, Freddy. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisa SWOT. Jakarta : Gramedia.
  52. Hanafri, Muhammad Iqbal. Triono. Imam Luthfiudin. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal SISFOTEK GLOBAL. ISSN : 2088-1762. Vol. 8 No. 1 : 82.
  53. Ariawan, Jesa. Sri Wahyuni. 2015. Aplikasi Pengajuan Lembur Karyawan Bebasis Web. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal SISFOTEK GLOBAL. ISSN : 2088-1762. Vol. 5 No. 1 : 63.
  54. Immaniar, Dewi. Reni Mulyani. Fitria Arnita. 2017. Desain Komunuikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT. ISSN : 1978-8282. Vol. 10 No. 2 : 281.
  55. Martono, Aris. Solehudin. Fajar Januar Eka Putra. 2017. Project Application Untuk Sistem Pemesanan Dan Pengiriman Barang Berbasis Web Pada PT. Arai Rubber Seal Indonesia. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol. 3 No. 2 : 164.
  56. Surya, Yenni Fitria. 2018. Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Riau : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu. ISSN
    2580-3735. Vol. 2 No. 1 : 137.
  57. Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.
  58. Palguna, Kadek Dwi Yoga Adi. I Made Gede Sunarya. dan I Made Putrama. 2016. Pengembangan Media Promosi Berbasis Aransemen Musik Dan Video Profil Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Journal KARMAPATI. Vol. 5 No. 1 : 3.
  59. Hedynata, Marceline Livia. dan Wirawan E.D Radianto. 2016. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Universita Ciputra. Journal Manajemen dan Start-up bisnis. Vol. 1 No. 1 : 87.
  60. Damayanti, Ivoni Putri. dan Bijaksana Prabawa. 2017. Perancangan Media Promosi Objek Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Di Cirebon. Universitas Telkom. E-Proceeding of art & design. Vol. 4 No. 3 : 325.
  61. Susanto, Herri. Rizky Pramudiningtyas. dan Muri Mukhrianto. 2014. Optimalisasi Perancangan Video Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web. Kalimantan Timur: Sekolah Tinggi Teknologi Bontang. Vol. 14 No. 2 : 216.
  62. Irawan, Andi. Sihkabuden. dan Sulthoni. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe Dan Yoghurt. Malang: Universitas Negeri Malang. Journal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol. 3 No. 2 : 105.
  63. Choi, Hak Hyun. Seung Ae Lim. and Jung Hee Kim. 2014. Promotional Video Editing Techniques Utilizing Color. Journal Advanced Science and Technology Latters. Vol. 47 : 167.
  64. Fong, Yang Lai. Dyuty Firoz. and Wan Idros Wan Sulaiman. 2017. The Impact Of Tourism Advertisement Promotial Videos On Young Adults. Journal of social sciences and humanities.Vol. 12 No. 3 : 1.
  65. Haddad, Nafl A. 2014. Heritage Multimedia and Children Edutainment: Assessment and Recommendations. Journal Hindawi- Advances in Multimedia Vol. 2014 Jordan : The Hashemite Universty.
  66. Kim, Jung Hee. Seung Ae Lim. and Hak Hyun Choi. 2016. An Efficient Expression Technique For Promotional Video Production Based On IoT (the internet of things) In Cultural Art Institutions. Journal Multimedia tools and applications. Vol. 75 No. 22 : 14111.
  67. Tiwari, Anshuja. and Swati Yadav. 2017. Emerging Trends In Advertising Media Consumption: A Source Of Business Promotion. Journal International of management research review. Vol. 7 No. 10

Contributors

Admin, Andi Johan Pakan