SI1522489440

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN SISTEM E-SERVICE MENGGUNAKAN

FRAMEWORK CODEIGNITER DI PT. INDOFOOD

FRITOLAY MAKMUR


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1522489440

NAMA : NURDIN SURYANA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2018/2019



UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN SISTEM E-SERVICE

MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

DI PT. INDOFOOD FRITOLAY MAKMUR

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1522489440
Nama
: Nurdin Suryana
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Ruli Supriati,S.Kom.,M.T.I.)
NIP : 000603
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN SISTEM E-SERVICE

MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

DI PT. INDOFOOD FRITOLAY MAKMUR

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1522489440
Nama
: Nurdin Suryana

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering


Disetujui Oleh :

Tangerang, 15 Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Dedy Iskandar, M.kom)
   
(H.Haris, M.Kom)
NID : 05060
   
NID : 11017




UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN SISTEM E-SERVICE

MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

DI PT. INDOFOOD FRITOLAY MAKMUR

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1522489440
Nama
: Nurdin Suryana

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

TA. 2018/2019

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, September 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM E-SERVICE

MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

DI PT. INDOFOOD FRITOLAY MAKMUR

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1522489440
Nama
: Nurdin Suryana
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

 

Tangerang, 15 Juli 2019

 
 
 
 
 
(Nurdin Suryana)
NIM : 1522489440

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

Pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kualitas suatu perusahaan semakin baik pelayanan yang di berikan maka akan semakin baik pula perusahaan tersebut. Maka agar suatu perusahaan memiliki pelayanan yang baik, di perlukanlah sebuah sistem yang mengukur kinerja pegawai berdasarkan pelayanan yang ia berikan. Di Pt. Indofood Fritolay Makmur sampai saat ini belum memiliki sistem untuk mengukur pelayanan yang diberikan kepada tamu ataupun antar para pegawai lainnya. Oleh karena itu peneliti membuat sistem E-SERVICE (Elearning Service) dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP Framework Codeigniter tujuannya untuk mempermudah penilaian kinerja pelayanannya yang nantinya bisa di jadikan sebagai bahan acuan evaluasi dari masing-masing pelayanan yang di berikan.

Kata kunci : [E-SERVICE, Pelayanan, evaluasi, kinerja pegawai]


ABSTRACT


Service is one of the important factors in measuring the quality of a company the better the service provided, the better the company will be. So that a company has good service, in need of a system that measures employee performance based on the services he provides. At Pt. Indofood Fritolay Makmur has yet to have a system to measure services provided to guests or among other employees. Therefore the researcher makes the E-SERVICE (Elearning Service) system by using the PHP Framework Codeigniter programming language the purpose is to facilitate the assessment of its service performance which later can be used as an evaluation reference material for each of the services provided.

Keywords: [E-SERVICE, Service, evaluation, employee performance]




KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tesis/ Skripsi/ Tugas Akhir (Disesuaikan) dengan judul "PERANCANGAN SISTEM E-SERVICE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI PT. INDOFOOD FRITOLAY””.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Sistem Informasi pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  4. Ruli Supriati, S.Kom,.M.T.I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  5. Bapak Dedy Iskandar,S.Kom.,MTI selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan maupun, arahan, serta motivasi.
  6. Bapak H.Haris.,M.Kom selaku dosen pembimbing II yang juga telah memberikan bimbingan serta arahan juga motivasi kepada penulis.
  7. Bapak Dwi Pratomo,S.Kom selaku stakeholder di PT. Indofood Fritolay Makmur yang sudah memberikan data yang dibutuhkan penulis..
  8. Bapak / Ibu Dosen di STMIK Raharja.
  9. Kedua orang tua yang telah memberikan doa, dukungan, serta motivasi agar peneliti mampu melaksanakan serta menyelesaikan sesuai dengan yang diharapkan

Peneliti menyadari bahwa di dalan pelaksanaan maupun penyusunan ini masihlah terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karna itu dengan tangan terbuka peneliti mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca yang budiman, guna penyempurnaan laporan peneliti di karya ilmiah yang selanjutnya agar dapat menjadi lebih baik.Akhir kata semoga laporan ini dapat memberi manfaat bagi pembaca umumnya dan bagi peneliti pada khususnya.


   

Tangerang, 15 Juli 2019

 
 
 
 
 
(Nurdin Suryana)
NIM : 1522489440

DAFTAR TABEL

  1. Tabel 3.1. Pieces
  2. Tabel 3.2. Elisitasi Tahap I
  3. Tabel 3.3. Elisitasi Tahap II
  4. Tabel 3.4. Elisitasi Tahap III
  5. Tabel 3.5. Final Draf Elisitasi
  6. Tabel 4.1. Perbadaan Prosedur Antara Sistem Berjalan Dan Sistem Usulan
  7. Tabel 4.2 Plant
  8. Tabel 4.3 Users
  9. Tabel 4.4 Departement
  10. Tabel 4.5 Master service
  11. Tabel 4.6 Service
  12. Tabel 4.7 Pelayanan
  13. Tabel 4.8 Kuisioner
  14. Tabel 4.9 Kategori
  15. Tabel 4.10 Master Kategori
  16. Tabel 4.11 Master Kuisioner
  17. Tabel 4.12 Jabatan
  18. Tabel 4.13 Black Box Testing

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 2.1 Ilustrasi Model Waterfall
  2. Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT.Indofood Fritolay Makmur Cikupa
  3. Gambar 3.2 Struktur Organisasi HR Manager
  4. Gambar 3.3 Use case diagram sistem yang berjalan
  5. Gambar 3.4 Activity diagram sistem yan berjalan
  6. Gambar 4.1 Use Case Diagram Costumer
  7. Gambar 4.2 Use Case Diagram Pegawai Pelayanan
  8. Gambar 4.3 Use Case Diagram Admin
  9. Gambar 4.4 Use Case Diagram Super Admin
  10. Gambar 4.5 Activity Diagram Costumer
  11. Gambar 4.6 Activity Diagram Pegawai Pelayanan
  12. Gambar 4.7 Activity Diagram Admin
  13. Gambar 4.8 Activity Diagram Super Admin
  14. Gambar 4.9
  15. Gambar 4.10
  16. Gambar 4.11
  17. Gambar 4.12
  18. Gambar 4.13
  19. Gambar 4.14

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kualitas suatu perusahaan semakin baik pelayanan yang di berikan, maka akan semakin baik pula perusahaan tersebut. Agar suatu perusahaan memiliki pelayanan yang baik, di perlukanlah sebuah sistem yang mengukur kinerja pegawai berdasarkan pelayanan yang ia berikan.

Di PT.Indofood Fritolay Makmur sampai saat ini belum memiliki sistem untuk mengukur pelayanan yang diberikan kepada tamu ataupun antar para pegawai lainnya. Tujuan dibuatnya sistem ini adalah untuk mengukur semua pelayanan yang diberikan kepada para pegawai untuk nantinya dievaluasi.

Di PT.Indofood Fritolay Makmur memiliki beberapa jasa pelayanan di antaranya jasa office boy, driver, satpam dll. Sebagai contoh berikut disini peneliti menggambarkan alur yang terjadi jika ingin menggunakan jasa office boy:

  1. misalkan pegawai di bagian produksi ingin melakukan rapat. maka bagian produksi akan melakukan konfirmasi ke bagian resepsionis.
  2. lalu bagian resepesionis akan meminta office boy untuk menyiapkan ruangan yang hendak di pakai untuk rapat.
  3. Setelah ruangan sudah di bersihkan tidak ada penilaian yang deberikan terkait kinerja office boy tersebut.


Oleh karena itu peneliti membuat sistem E-Service (Elearning Service) dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP Framework Codeigniter tujuannya untuk mempermudah penilaian kinerja pelayanannya. Berikut merupakan alur sistem yang akan berjalan di pelayanan office boy:

  1. Ada 2 pilihan jika ingin memesan pelayanan : 1). Pihak pegawai bagian produksi melakukan konfirmasi ke resepsionis untuk menyiapakan ruangan rapat. lalu resepsionis melakukan proses input dan menghubingi office boy. 2). Pihak pegawai bisa langsung melakukan pemesanan pelayanan melalui websitenya secara online untuk menyiapkan ruangan rapat. Lalu resepsionis akan melakuakan konfirmasi terkait tempat ruangan rapat dan menghubungi office boy.
  2. Setelah itu office boy menyiapkan dan membersihkan ruang yang akan di pakai rapat
  3. setelah selesai office boy melakukan konfirmasi ke resepsionis
  4. lalu resepsionis akan melakukan konfirmasi bahwa office boy sudah melakuakn pelayanan nya
  5. setelah konfirmasi berhasil maka pegawai bagian produksi yang meminta ruangan rapat akan mendapatkan email kuisioner.
  6. Setelah itu pegawai tersebut di wajibkan untuk mengisi kuisoner tersebut untuk mengetahui kinerja pelayanannya dan sebagai bahan evaluasi di masa mendatang

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang sudah dikemukakan diatas, maka permasalahan yang sedang dihadapi dan yang akan dibahas dalam penelitian ini  :

  1. Apa saja kendala yang di alami dalam sistem E-SERVICE yang berjalan saat ini ?
  2. Bagaimana meningkatkan pelayan di PT.Indofood Fritolay Makmur ?
  3. Bagaimana cara mengetahui kekurangan dari pelayanan yang diberikan ?

Ruang Lingkup Penelitian

Untuk agar lebih dapat memfokuskan penelitian pada pokok permasalahan yang sedang terjadi dan tidak menyimpang dari permasalahan yang diteliti, batasan masalah yang dibahas adalah untuk merancang sistem informasi kompetensi manajerial karyawan pada PT.Indofood Fritolay Makmur.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

  1. Memenuhi syarat kelulusan untuk jenjang Strata Satu (S1).
  2. Mengimplementasikan ilmu yang penulis dapatkan di dalam kelas ketika KBM.
  3. Melatih keterampilan peneliti dalam membuat sistem yang efektif dan efisien.
  4. Melatih sikap tanggung jawab penulis dalam melakukan penelitian sampai selesai dalam membuat laporan.
  5. Mempermudah evaluasi kinerja kerja pelayanan di PT.Indofood Fritolay Makmur.

Manfaat Penelitian

Adapun beberapa manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini antara lain :

  1. Meningkatkan kemampuan berfikir tentang konsep seperti apa yang harus penulis angkat kedalam penelitian, tentunya berkaitan dekat dengan keadaan di sekolah yang menjadi tempat penelitian.

  2. Meningkat kemampuan untuk memecahkan masalah yang timbul dari konsep yang sebelumnya disusun.

  3. Meningkatkan wawasan mengenai langkah-langkah dan tata cara membuat sistem yang berguna bagi sekolah yang dapat diukur melalui keefektifan dalam penggunaan dan keefisienan dalam biaya pembuatan.

  4. Menciptakan mahasiswa dan mahasiswi yang mampu menerapkan hasil KBM di perusahaan/instansi yang menjadi tempat penelitian

  5. Dapat membuat Perguruan Tinggi Raharja dikenal luas oleh institusi swasta atau negeri yang dijadikan objek penelitian.

  6. Manfaat bagi peneliti yaitu memberikan wawasan, menambah ilmu serta pengalaman dalam merancang sebuah permasalahan yang ada.

  7. Manfaat bagi perusahaan yaitu memudahkan admin untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan para pegawai untuk nantinya bisa di evaluasi.

  8. Dengan sistem yang sudah terkomputerisasi hasil pengolahan data yang ada akan lebih efisien dan akurat.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu ::

  1. Metode Wawancara (Interview).

    Metode wawancara atau dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka dengan selaku Stakeholder di PT.Indofood Fritolay Makmur Wawancara itu sendiri adalah suatu proses pengumpulan data guna untuk melengkapi suatu penelitian.

  2. Metode Observasi

    Metode ini penelitian dilakukan secara langsung dengan cara datang ke lapangan dan melakukan pengmatan-pengamatan secara langsung guna mendapatkan data yang sesuai fakta yang ada.

  3. Metode Studi Pustaka

    Selain melakukan kegiatan di atas, peneliti juga melakukan studi pustaka melalui referensi-referensi yang ada di perpustakaan Akademik Sistem Informasi atau Informatika UNIVERSITAS RAHARJA maupun di perpustakaan lainnya, juga melalu media internet untuk memperoleh data yang berkaitan guna menunjang kelengkapan data.

Analisa Sistem

Setelah melakukan proses pengumpulan data dan selanjutnya data yang sudah di peroleh dapat diolah dan di analisa. Di sini peneliti menggunakan metode analisa sistem yang dilakukan yaitu, analisa PIECES. Analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency, Services). Teknik ini merupakan analisa sistem yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan sistem yang berjalan untuk menjadi rekomendasi perbaikan-perbaikan yang harus dibuat pada sistem yang akan dibuat/ dikembangkan.

Metode Perancangan Sistem

Perancangan sistem dilakukan setelah tahap analisa selesai. Pada tahap perancangan atau tahap dalam mendesain merupakan tahap yang menentukan proses sistem yang baru. Oleh karena itu dalam perancangan sistem yang digunakan yaitu menggunakan model SDLC. SDLC sendiri memiliki beberapa model dalam penerapan tahapan prosesnya. Ada beberapa model dan jenis-jenis SDLC yang berbeada-beda tetapi peneliti memilih menggunakan model waterfall karena model waterfall menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara terurut. Menurut Rosa A.S dan M. Shalahuddin (2018) Berikut merupakan alur pendekat model waterfall :

  1. Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
  2. Desain
  3. Pembuatan Kode Program
  4. Pengujian

Metode Prototipe

Dalam menyusun laporan Skripsi ini peneliti mempergunakan metode throw-away prototyping. Dengan menggunakan metode ini, spesifikasi awal dari sistem sudah dapat diketahui di awal, sehingga proses prototyping ini ditujukan untuk mengurangi resiko kebutuhan yang tidak terpenuhi

Metode Pengujian Sistem

Metode pengujian ini digunakan pada saat menguji atau mendeteksi kesalahan yang ada pada sistem baru yang telah selesai dibuat. Pada metode pengujian ini yang digunakan adalah Black-Box Testing. Ada pula Black-Box testing itu sendiri adalah metode uji coba yang memfokuskan pada fungsional software yang ada. Metode pengujian ini berusaha untuk menemukan kesalahan dari beberapa kategori, di antaranya : fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi dan terminasi.

Sistematika Penulisan

Agar penulisan laporan penelitian ini menjadi lebih mudah di mengerti, maka peneliti mengelompokkan materi menjadi beberapa sub bab dengan aturan penyampaiannya yang sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini memuat tentang latar belakang penulisan, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini memuat beberapa teori dasar dan beberapa definisi serta literature review yang mendukung pembahasan masalah, sesuai dengan penelitian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah dan memiliki daya guna.
BAB III PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang sejarah singkat tentang perusahaan, struktur organisasi, tugas dan wewenang yang ada pada perusahaan, analisa sistem saat ini, serta permasalahan atau kendala yang ada pada sistem kompetensi karyawan yang sedang berjalan saat ini dan solusi dari permasalahan yang ada.
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan dalam bentuk Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari usecase diagram, class diagram, statechart diagram sequance diagram dan spesifikasi database, tampilan layar dari sistem yang di implementasikan, serta prototype sistem yang akan dibuat.
BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan, agar dapat berkembang untuk sistem yang lebih lanjut lagi.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB II

Landasan Teori

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Definisi Perancangan

Berikut di bawah in merupakan defines perancangan menurut para ahli: Menurut Maimunah, dkk (2017) menjelaskan bahwa, “Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini”. Menurut Wahyu dkk dalam Jurnal CERITA (2016) mengatakan, “Perancangan adalah proses merencanakan segala sesuatu terlebih dahulu. Perancangan merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Perancangan merupakan penggambaran, perencanaan, pembuatan sketsa dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”. Dari beberapa pendapat di atas bisa peneliti simpulkan bahwa perancangan adalah proses merencanakan segala sesuatu terlebih dahulu agar nantinya bias memenuhi kebutuhan pengguna serta dapat berfungsi dengan baik.

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Berikut ini beberapa pengertian tentang sistem menurut beberapa ahli yang dijabarkan di bawah ini : menurut Randi V. Palit dkk dalam E-Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 4 No. 7 (2015), “sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari elemen atau komponen yang dihubungkan bersama agar memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”. Menurut Julitta Dewayani dan Fitri Wahyuningsih (2016) mendefinisikan, “Sistem adalah kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi perusahaan”. Menurut Priyo Sutopo dkk (2016) Kata sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang artinya adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Berdasarkan pendapat yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen dan memiliki prosedur-prosedur tertentu yang saling berhubungan sesuai dengan skema suatu kegiatan tertentu untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi

Karakteristik Sistem

Menurut J Hutahaean (2015) bahwa supaya sistem itu dikatakan sistem yang baik memiliki karakteristik yaitu:
  1. Komponen Sistem (Components)

    Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang saling berinteraksi yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen sistem terdiri dari komponen yang berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

  2. Batasan Sistem (Boundary)

    Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batasan suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

  3. Lingkungan Luar Sistem (Environtment)

    Lingkungan luar sistem (Environment) adalah diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan dapat bersifat menguntungkan yang harus tetap dijaga dan yang merugikan yang harus dijaga dan dikendalikan, kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.

  4. Penghubung Sistem (Interface)

    Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari subsistem ke subsistem lain.

  5. Masukan Sistem (Input)

    Masukan adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem, yang dapat berupa perawatan (maintenance input), dan masukkan sinyal (signal input).

  6. Pengolah Sistem (Procces)

    Suatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Sistem produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, sistem akuntansi akan mengolah data menjadi laporan-laporan keuangan.

  7. Keluaran Sistem (Output)

    Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan

  8. Sasaran Sistem (Objective)

    Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran dari sistem sangat menentukan input yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.

  9. Pengolahan ( Proses Sistem)

    Suatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan mengubah masukan menjadi pengeluaran.

  10. Sasaran (Objective) atau Tujuan (Goal)

    Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (Goal) atau saran (Objective)

Klasifikasi Sistem

Komponen Sistem Informasi

Konsep Dasar Perancangan Sistem

Definisi Perancangan Sistem

Tujuan Perancangan Sistem

Konsep Dasar E-Service

Definisi Service(Pelayanan)

Kualitas Pelayanan

Konsep Dasar Framework

Definisi Framework

Keuntungan Framework

Definisi Codeigniter

Keuntungan Codeigniter

Teori Khusus

Konsep Dasar Analisa Sistem

Konsep Dasar Prototype

Konsep Dasar Analisa Pieces

Konsep Dasar UML

Konsep Dasar SDLC

Konsep Dasar Elisitasi

Literatu review


Categor: lock