SI1221473551: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 864: Baris 864:
 
==Konsep Dasar Pengembangan==
 
==Konsep Dasar Pengembangan==
 
===Pengertian Pengembangan===
 
===Pengertian Pengembangan===
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Menurut Hasibuan (2012 : 1) <ref name="[12]">Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara. Edisi Revisi. Cetakan Kelima.</ref>, Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Menurut Hasibuan (2012 : 1) <ref name="Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara. Edisi Revisi. Cetakan Kelima.">Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara. Edisi Revisi. Cetakan Kelima.</ref>, Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.</p></div>
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Menurut Marwansyah (2012 : 208)<ref name="[23]">Marwansyah. 2012. Prespektif Integrative, Malang : UIN Malang Press.</ref>, pengembangan adalah kegiatan – kegiatan pengembangan diri yang ditempuh oleh seseorang untuk mewujudkan rencana pribadinya.</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Menurut Marwansyah (2012 : 208)<ref name="Marwansyah. 2012. Prespektif Integrative, Malang : UIN Malang Press.">Marwansyah. 2012. Prespektif Integrative, Malang : UIN Malang Press.</ref>, pengembangan adalah kegiatan – kegiatan pengembangan diri yang ditempuh oleh seseorang untuk mewujudkan rencana pribadinya.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dari beberapa pendapat ahli, dapat disimpulkan bahwa pengembangan yaitu peningkatan kemampuan mental yang terjadi, yang terjadi seiring penambahan zaman.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dari beberapa pendapat ahli, dapat disimpulkan bahwa pengembangan yaitu peningkatan kemampuan mental yang terjadi, yang terjadi seiring penambahan zaman.</p></div>

Revisi per 19 September 2016 06.40

PENGEMBANGAN VIDEO PEROMOSI PARIWISATA KOTA

TANGERANG PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA,

PARIWISATA, DAN EKONOMI KREATIF

(DISPORPAREKRAF)

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM
: 1221473551
NAMA

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN VIDEO PEROMOSI PARIWISATA KOTA

TANGERANG PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA,

PARIWISATA, DAN EKONOMI KREATIF

(DISPORPAREKRAF)

Disusun Oleh :

NIM
: 1221473551
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, September 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom.)
NIP : 000594
       
NIP : 001405


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PENGEMBANGAN VIDEO PEROMOSI PARIWISATA KOTA

TANGERANG PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA,

PARIWISATA, DAN EKONOMI KREATIF

(DISPORPAREKRAF)

Dibuat Oleh :

NIM
: 1221473551
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, September 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Lusyani Sunarya, S.Sn, M.Si)
   
(Giandari Maulani, M.Kom.)
NID : 06124
   
NID : 08175

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PENGEMBANGAN VIDEO PEROMOSI PARIWISATA KOTA

TANGERANG PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA,

PARIWISATA, DAN EKONOMI KREATIF

(DISPORPAREKRAF)

Dibuat Oleh :

NIM
: 1221473551
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN VIDEO PEROMOSI PARIWISATA KOTA

TANGERANG PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA,

PARIWISATA, DAN EKONOMI KREATIF

(DISPORPAREKRAF)

Disusun Oleh :

NIM
: 1221473551
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


 


Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, September 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1221473551

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

The development of the information and promotion is currently very important to influential people. Proven by the large number of government agencies that use information and media promotion, television, radio, internet or telephone. Office of youth, sport, tourism and Creative Economy (DISPORPAREKRAF) the city of Tangerang, give information and promotion in the form of a video tourism through some media i.e. in the form of social media, as well as websites that still lacks sufficient to meet the needs of tourism promotion and information less up to date. Porparekraf service must have the means of media information and promotion support for advancement of tourism objects in Tangerang, Tangerang because it has a lot of tourism potential that was quite interesting to visit communities, if such potential can be managed properly and correctly. In addition, the pattern of the promotion is up to date and interesting did not escape being the problem to lack on previous promotional videos. We used in this study, namely the problems of the analysis method, data collection, analysis of the design and concept of media production (KPM) i.e.: Pre Production, Production and Post Production. The purpose of this research is to create a media information in the form of a video tourism "development of tourism promotion Video city of Tangerang Office of youth, Sport, tourism, And the Creative Economy (Disporparekraf)". Through the development of the media are expected to give the shape a more attractive tourism information, up to date and easily ditterima by people in Tangerang city and visitors alike.

Keywords: Video, Promotion, Tangerang Tourism

ABSTRAK

Perkembangan informasi dan promosi saat ini sangat berpengaruh penting untuk masyarakat luas. Terbukti dengan banyaknya instansi pemerintahan yang menggunakan media informasi dan promosi, baik televisi, radio, internet maupun telepon. Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang, memberikan informasi dan promosi berupa video pariwisata melalui beberapa media yaitu berupa media sosial, maupun website yang masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan promosi pariwisata dan informasinya kurang up to date. Dinas Porparekraf harus memiliki sarana media informasi dan promosi yang menunjang untuk kemajuan objek pariwisata Kota Tangerang, karena Kota Tangerang memiliki banyak potensi pariwisata yang cukup menarik untuk dikunjungi masyarakat, jika potensi tersebut bisa dikelola dengan baik dan benar. Selain itu, pola promosi yang up to date dan menarik tidak luput menjadi masalah untuk kekurangan pada Video promosi sebelumnya. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan dan konsep produksi media (KPM) yakni: Pre Production, Production dan Post Production. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat media informasi yang berupa video pariwisata “Pengembangan Video Promosi Pariwisata Kota Tangerang Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Dan Ekonomi Kreatif (Disporparekraf)”. Melalui pengembangan media tersebut sangat diharapkan dapat memberikan bentuk informasi pariwisata yang lebih menarik, up to date dan mudah ditterima oleh masyarakat Kota Tangerang dan juga wisatawan.

Kata Kunci : Video, Promosi, Pariwisata Kota Tangerang

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PENGEMBANGAN VIDEO PARIWISATA KOTA TANGERANG PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, PARIWISATA, DAN EKONOMI KREATIF (DISPORPAREKRAF)”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini yaitu sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja.

Terealisasinya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu baik dalam segi moril, materil ataupun spiritual. Untuk itu, pada kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalam nya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  5. Ibu Giandari Maulani, M.Kom., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  6. Ibu Katrina Iswandari, S.Stp., selaku stakeholder yang selalu memberi monitafi semangat serta pengarahan yang diberikan saat penelitian.
  7. Seluruh dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis.
  8. Seluruh staff dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas kerjasamanya.
  9. Ayah, Ibu, dan Adik tersayang yang selalu memberikan kasih sayang, perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan penulis.
  10. Intan Fauziah beserta keluarga, yang selalu ada untuk memberikan semangat, perhatian dan masukan dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi ini.
  11. Ardi mulyana, Ray Tri Nugroho, saudara-saudara Warpang Kopi, Rizal pambudi, Zahra Baidha Syara, Aji Trianggono dan seluruh sahabat yang sudah memberikan dukungan dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi ini.
  12. Rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan dukungan.
  13. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.

Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.

Tangerang, September 2016
Noviar Jalu Sasongko
NIM. 1221473551

DAFTAR TABEL

 

Tabel 3.1 Material Produk

Tabel 3.2 Budget Produksi Media

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 3

Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1 Script Writing

Tabel 4.2 Rundown

Tabel 4.3 Susunan Crew and Talent

Tabel 4.4 Time Schedule Produksi

Tabel 4.4 Anggaran / Budget Produksi

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 2.1 Tampilan Project di Adobe Premiere CS6

Gambar 2.2 Tampilan Project di Adobe After Effect CS6

Gambar 2.3 Tampilan Project di Adobe Photoshop CS6

Gambar 2.4 Tampilan Project di Adobe Illustrator CS6

Gambar 3.1 Struktur Organisasi

Gambar 4.1 Bagan Tahap Preproduction

Gambar 4.2 Time Lapse Sun Rise Matahari

Gambar 4.3 Video Ayam Berkokok

Gambar 4.4 Video Pesawat Terbang Landing

Gambar 4.5 Video Perlombaan Beksi

Gambar 4.6 Video Perahu Cisadane

Gambar 4.7 Video Bendungan Pintu Air Sepuluh

Gambar 4.8 Video Time Lapse kubah Masjid Al-A’zhom

Gambar 4.9 Video Masjid Jami’Kalipasir

Gambar 4.10 Video Gapura Bun San Bio

Gambar 4.11 Video spanduk Benteng Haritage

Gambar 4.12 Video Icon Taman Potret

Gambar 4.13 Video spanduk Kawasan Kuliner Laksa Tangerang

Gambar 4.14 Video Green House

Gambar 4.15 Video Time Lapse Tugu Adipura

Gambar 4.16 Camera Canon 5D Mark II

Gambar 4.17 Camera Drone DJI Phantom 3 pro

Gambar 4.18 Tascam

Gambar 4.19 Shotgun Mic

Gambar 4.20 Slider

Gambar 4.21 Tripod

Gambar 4.22 Handle Rig Camera

Gambar 4.23 Bagan Tahap Production

Gambar 4.24 Time Lapse Sun Rise

Gambar 4.25 Video Ayam BerKokok

Gambar 4.26 Video Pesawat Terbang Landing

Gambar 4.27 Video Perlombaan Beksi

Gambar 4.28 Video Perahu Cisadane

Gambar 4.29 Video Bendungan Pintu Air Sepuluh

Gambar 4.30 Video Time Lapse kubah Masjid Al-A’zhom

Gambar 4.31 Video Masjid Jami’Kalipasir

Gambar 4.32 Video Gapura Bun San Bio

Gambar 4.33 Video spanduk Benteng Haritage

Gambar 4.34 Video Icon Taman Potret

Gambar 4.35 Video spanduk Kawasan Kuliner Laksa Tangerang

Gambar 4.36 Video Green House

Gambar 4.37 Video Time Lapse

Gambar 4.38 Bagan Tahap Postproduction

 


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang sangat cepat, khususnya di bidang teknologi informasi. Perkembangan di bidang teknologi informasi ini sangat mendukung dalam perkembangan sektor-sektor lainnya, seperti perdagangan, pendidikan, komunikasi, perindustrian, pariwisata dan lain sebagainya. Salah satu fungsi teknologi informasi bagi sektor komunikasi yaitu sebagai media iklan dan promosi. Sebagai contoh salah satu penerapan teknologi multimedia dalam bidang promosi yakni dalam bentuk Video pariwisata.

Kota Tangerang memiliki potensi pariwisata yang cukup menarik dan prospektif. Manakala potensi tersebut dapat dikelola dengan baik, termasuk pola promosi yang gigih dan canggih serta mendunia, maka mata rantai obyek-obyek pariwisata di Kota Tangerang akan dapat menjadi salah satu andalan sumber pendapatan daerah sekaligus promosi daerah yang strategis.

Kota Tangerang sedang bergerak menjadi live city, yaitu Kota yang layak di tempati, layak investasi, layak dikunjungi dan E-city (Smart City). Sebagaimana kita ketahui sektor pariwisata memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan daerah dan mewujudkan cita-cita Kota yang layak dikunjungi.

Sektor pariwisata dapat dijadikan entry point untuk mendorong aspek sektoral karena pariwisata bersinggungan dengan banyak aspek. Aspek sosial, budaya, perekonomian dan lain-lain. Maka tidak mengherankan jika sejumlah negara maju bahkan negara berkembang menempatkan sektor pariwisata sebagai salah satu lambung devisa yang memiliki value ekspektasi yang tinggi dibandingkan dengan lainnya.

Nama Tangerang, berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Tanda”. Kota Tangerang semula merupakan bagian dari Kabupaten Tangerang, seiring dengan pertumbuhan kawasan, pemerintah melalui UU. Nomor 22 Tahun 1999 tentang perubahan Kota Madya menjadi Kota Tangerang.

Letak Kota Tangerang sangat strategis karena berada di antara Ibu Kota Negara DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang, Depok, dan Bogor. Dengan luas kawasan mencapai 17.730 HA, Kota Tangerang merupakan Kota terbesar di Provinsi Banten dan Kota terbesar ketiga di kawasan perkotaan JABOTABEK setelah Kota Jakarta. Saat ini Kota Tangerang dipimpin oleh WaliKota H. Arief R. Wismansyah, B. Sc., M. Kes.

Kawasan yang memiliki sejarah panjang ini menyimpan beragam potensi Pariwisata. Baik wisata alam, wisata religi, wisata budaya, maupun wisata kuliner, yang menarik untuk menjadi tujuan destinasi wisata.

Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang merupakan Dinas yang mempunyai wewenang untuk mempromosikan aset wisata Kota Tangerang. Adapun Dinas tersebut terletak di Gedung Cisadane Lt.II yang beralamatkan di Jl. KS. Tubun No. I Kota Tangerang. Dinas ini dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, serta terdapat satu Sekretariat dan tiga bidang, diantaranya : Bidang Kepemudaan, Bidang Olahraga dan Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Saat ini Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) secara berkelanjutan menata dan mempromosikan aset pariwisata Kota Tangerang sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan warga Kota Tangerang dan meningkatkan peran Kota Tangerang dalam konsentrasi kepariwisataan nasional. Terbukti dengan adanya video pariwisata Kota Tangerang sebelumnya, namun seiring berkembangnya informasi mengenai Pariwisata yang ada di Kota Tangerang, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) membutuhkan video yang baru dengan informasi yang up to date sesuai perkembangan Kota Tangerang saat ini, agar melalui pengembangan video pariwisata ini masyarakat atau wisatawan lebih mengenal obyek-obyek pariwisata yang ada di Kota Tangerang dan dapat menarik wisatawan dan investor lokal, sehingga dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah, dimana sektor pariwisata sebagai salah satu lambung devisa yang memiliki value ekspektasi yang tinggi. Oleh karena itu, agar dapat menyampaikan informasi destinasi pariwisata terbaru yang lebih efektif setidaknya Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) harus memiliki sarana media yang dapat menunjang efektivitas dalam mempromosikan destinasi pariwisata di Kota Tangerang.

Dengan demikian, maka dalam penelitian ini dilakukan Pengembangan Video Promosi Pariwisata Kota Tangerang Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF), sehingga melalui pengembangan media tersebut diharapkan dapat memberikan bentuk informasi pariwisata yang lebih menarik, efektif, serta mudah diterima oleh wisatawan dan khususnya oleh masyarakat Kota Tangerang.

Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan terhadap DISPORPAREKRAF, dibutuhkan media informasi yang menarik dan juga up to date untuk memudahkan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) dalam memberikan informasi tentang pariwisata Kota Tangerang.

Berdasarkan analisa di atas, maka penelitian ini mengangkat tema Skripsi dengan judul: “Pengembangan Video Peromosi Pariwisata Kota Tangerang Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Dan Ekonomi Kreatif (DISPORPAREKRAF)”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang ada dan hasil pengamatan yang dilakukan, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang ada pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang yakni, sebagai berikut :

  1. Bagaimana menyajikan sebuah video pariwisata Kota Tangerang yang informatif serta dapat menjadi media promosi untuk Kota Tangerang?

  2. Bagaimana membuat media audio visual yang terkonsep menarik dan dapat memenuhi kebutuhan promosi daerah Kota Tangerang?

  3. Target seperti apa yang dicapai melalui pengembangan video promosi pariwisata Kota Tangerang?

Ruang Lingkup Penelitian

Dalam ruang lingkup penelitian ini dilakukan pembatasan masalah yang akan di teliti yaitu Pengembangan Media Video Promosi Pariwisata Kota Tangerang yang meliputi profil Kota Tangerang khususnya pada destinasi wisata yang ada di Kota Tangerang meliputi wisata alam, wisata religi, wisata budaya maupun wisata kuliner, yang menarik untuk menjadi tujuan destinasi wisata.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini yakni:

  1. Untuk mempermudah Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) dalam menyajikan sebuah video pariwisata Kota Tangerang yang informatif dan untuk menunjang promosi pariwisata yang ada di Kota Tangerang.

  2. Untuk membuat media audio visual yang bermanfaat dan menjadi daya tarik wisatawan terutama dalam penyampaian informasi mengenai hal – hal yang up to date berkaitan dengan destinasi pariwisata Kota Tangerang.

  3. Untuk mencapai Target Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF), dalam hal menyampaikan informasi dan promosi pariwisata Kota Tangerang kepada masyarakat serta meningkatkan daya tarik wisatawan setiap tahunnya.

Manfaat Penelitian

Manfaat dari pembuatan video pariwisata Kota Tangerang yakni:

  1. Dengan menggunakan media promosi audio visual, masyarakat akan mendapatkan informasi lebih jelas tentang apa saja destinasi pariwisata yang ada di Kota Tangerang.

  2. Sebagai media penunjang informasi dan promosi untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi pariwisata Kota Tangerang.

  3. Melalui video pariwisata Kota Tangerang ini diharapkan dapat meningkatkan potensi wisatawan yang berkunjung di Kota Tangerang.

Metodologi Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Metode Analisa Permasalahan, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan Media dan Metode Konsep Produksi Media (KPM).

Metode Analisis Permasalahan

Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi, maka dilakukan wawancara pada hari Selasa tanggal 08 Maret 2016 pada bagian Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang dengan Ibu Katrina Iswandari, S.Stp. sebagai Kepala Pemberdayaan Wisata Kota Tangerang, dengan daftar pertanyaan wawancara yang terlampir dalam penelitian Skripsi ini.

Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Observasi adalah pengambilan data yang diperlukan untuk penyusunan penelitian Skripsi melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang.

  2. Wawancara (Interview)

    Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai konsep video seperti apa yang diinginkan, dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada narasumber atau stakeholder untuk bidang promosi dan Destinasi Pariwisata dengan Ibu Katrina Iswandari, S.Stp. pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang dan juga pihak-pihak yang terkait dengan judul penelitian.

  3. Studi Pustaka

    Selain melakukan observasi dan wawancara, pengumpulan data dengan cara studi pustaka dilakukan untuk melengkapi data-data yang relevan dalam pemilihan judul yang berkaitan dengan video promosi pariwisata Kota Tangerang pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF).

Metode Analisa Perancangan Media

Media video Pariwisata yang dibutuhkan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan ekonomi kreatif (DISPORPAREKRAF) Kota Tangerang, akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer Video diantaranya : Adobe Premiere Pro Cs6, Adobe After Effects Cs6, Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Illustrator Cs6.

Metode Konsep Produksi Media

Konsep Produksi Media yang digunakan didalam penelitian Skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Pre-Production merupakan proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi (shooting) film/ video.

  2. Production merupakan proses pelaksanaan produksi (shoting) yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan dari proses Pre-Production.

  3. Post Production merupakan proses penyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian produksi (shoting) yang meliputi mengeditan gambar, penambahan title, grafik, animasi dan special effects, musik, sound effects, audio dubing dan output ke media video.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan penelitian Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam penelitian Skripsi ini.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan judul penelitian yang dibuat dalam penyusunan penelitian Skripsi, ini yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum, Teori Khusus dan Literature Review.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti, meliputi Sejarah Singkat, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang destinasi pariwisata yang ada di Kota Tangerang, luas wilayah Kota Tangerang, pariwisata apasaja yang baru di Kota Tangerang, Segmentasi promosi, Tujuan promosi, Strategi promosi, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware, Elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Konsep produksi media dalam penelitian ini menggunakan Konsep Produksi Media MAVIB, atau konsep produksi media yang berbasis video. Dalam konsep produksi tersebut terdapat tahapan-tahapan diantaranya: Preproduction, Production dan Postproduction.

BAB V PENUTUP

Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran dan Kesan yang diberikan untuk DISPORPAREKRAF sebagai salahsatu alternatif pemecahan masalah dengan pengembangan video promosi pariwisata.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

DAFTAR LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Pengembangan

Pengertian Pengembangan

Menurut Hasibuan (2012 : 1) [1], Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

Menurut Marwansyah (2012 : 208)[2], pengembangan adalah kegiatan – kegiatan pengembangan diri yang ditempuh oleh seseorang untuk mewujudkan rencana pribadinya.

Dari beberapa pendapat ahli, dapat disimpulkan bahwa pengembangan yaitu peningkatan kemampuan mental yang terjadi, yang terjadi seiring penambahan zaman.


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

Noviar jalu sasongko