Pembicaraan:Kelvin Pangaribuan

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

E-BOOK MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS

TEKNOLOGI BLOCKCHAIN


   

SKRIPSI

   

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1712499951
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI BUSSINESS INTELLIGENCE

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021



ABSTRAKSI

ABSTRAK

Sistem Perbukuan adalah tata kelola perbukuan yang dapat dipertanggungjawabkan secara menyeluruh dan terpadu yang mencakup pendistribusian, penyediaan, pengawasan, dan pengembangan buku elektronik. Berdasarkan pengertian tersebut diperlukan adanya peraturan untuk memperkuat sistem perbukuan. Berlandaskan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 mengenai Sistem Perbukuan yang dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan sebuah manajemen buku elektronik didasari juga dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2019 terkait Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2017. Dasar hukum tersebut didasari karena plagiarism yang tidak dapat dihindari terjadi antar penerbit berupa kesamaan isi maupun materi dalam sebuah buku. Dengan adanya payung hukum yang krusial, UU ini juga memperkuat peran para pelaku perbukuan, mulai dari penulis, penerjemah, editor, pencetak, pengembang buku elektronik untuk mencegah plagiarism. Hal tersebut menjadi dasar dari terciptanya sebuah inovasi platform gamifikasi e-commerce yang memanfaatkan teknologi revolusioner dari blockchain. Produk inovasi Pandawan dirancang khusus dengan melihat masalah yang dihadapi, dengan berupa platform berbasis gamifikasi e-commerce yang memberikan kemudahan bagi penerbit buku dalam sebuah layanan eBook guna mewujudkan manajemen buku elektronik dengan mengadopsi teknologi revolusioner blockchain yang berkualitas dan menjamin pengecekan keaslian buku elektronik. Manfaat Pandawan sebagai inovasi platform e-commerce, dapat mempermudah penerbit buku dalam mewujudkan manajemen buku elektronik yang aman dan dapat mendorong perkembangan pendidikan modern, menjadi nilai lebih dalam prototype yang akan dikembangkan melalui program CPPBT PT ini. Pandawan telah memiliki Mitra yaitu Big Indonesia, Ngampooz, APTISI, APTIKOM, dan ADI. Untuk mewujudkan Produk Inovasi platform berbasis gamifikasi e-commerce diperlukan beberapa metode seperti Analisis Mind Mapping, Prototype, Testing, BMC (Business Model Canvas). Output kegiatan yang ditargetkan Pandawan adalah sebagai wadah dalam mewujudkan manajemen buku elektronik yang dapat dipercaya penerbit buku maupun Lembaga atau instansi pendidikan dan dapat memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berupa Hak Cipta.


Kata kunci : Sistem Perbukuan, buku elektronik, blockchain, Plagiarism.




ABSTRACT

The Bookkeeping System is a book governance that can be accounted for thoroughly and integratedly that includes the distribution, provision, supervision, and development of electronic books. Based on this understanding, regulations are needed to strengthen the bookkeeping system. Based on Law No. 3 of 2017 concerning Bookkeeping System which is used as a reference in developing an electronic book management based also on Government Regulation no. 75 of 2019 related to The Implementation Regulation of Law No. 3 of 2017. The legal basis is based on plagiarism that can not be avoided between publishers in the form of similar content and material in a book. With a crucial legal umbrella, this Law also strengthens the role of bookkeeper actors, ranging from authors, translators, editors, printers, electronic book developers to prevent plagiarism. This became the basis of the creation of an innovation of e-commerce gamification platform that utilizes revolutionary technology from blockchain. Pandawan's innovation products are specially designed by looking at the problems faced, in the form of an e-commerce gamification-based platform that makes it easy for book publishers in an eBook service to realize e-book management by adopting revolutionary blockchain quality technology and ensuring the authenticity of electronic books. The benefits of Pandawan as an innovation of e-commerce platform, can facilitate book publishers in realizing safe e-book management and can encourage the development of modern education, becoming more value in prototypes that will be developed through CPPBT PT program. Pandawan already has partners namely Big Indonesia, Ngampooz, APTISI, APTIKOM, and ADI. To realize innovation products based on e-commerce gamification platform required several methods such as Mind Mapping Analysis, Prototype, Testing, BMC (Business Model Canvas). The output of pandawan targeted activities is as a forum in realizing the management of electronic books that can be trusted by book publishers and institutions or educational institutions and can obtain Intellectual Property Rights (HKI) in the form of Copyright.


Keywords : Bookkeeping System, Electronic books, blockchain, Plagiarism.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Rahardja, U., & Lutfiani, N. (2020, March). The Strategy of Improving Project Management Using Indicator Measurement Factor Analysis (IMF) Method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 3, p. 032023). IOP Publishing.

  2. Rahardja, U., Harahap, E. P., & Christianto, D. D. (2020). PENGARUH TEKNOLOGI BLOCKCHAIN TERHADAP TINGKAT KEASLIAN IJAZAH. Technomedia Journal, 4(2), 211-222.

  3. Sudaryono, S., Aini, Q., Lutfiani, N., Hanafi, F., & Rahardja, U. Application of Blockchain Technology for iLearning Student Assessment. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(2), 209-218.

  4. Dardiri, M. H. (2020). Data sharing penilaian destinasi wisata Kota Malang menggunakan blockchain (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

  5. Putra, G. D., Sumaryono, S., & Widyawan, W. (2018). Rancang Bangun Identity and Access Management IoT Berbasis KSI dan Permissioned Blockchain. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(4), 384-390.

  6. Harahap, E. P., Aini, Q., & Anam, R. K. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI BLOCKCHAIN PADA PLATFORM CROWDFUNDING. Technomedia Journal, 4(2), 199-210.

  7. Fatmawati, R. (2020). EDUKASI BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) PADA KONTRAKTOR KECIL. Jurnal Pasopati, 2(3).

  8. Argani, A., & Taraka, W. (2020). Pemanfaatan Teknologi Blockchain Untuk Mengoptimalkan Keamanan Sertifikat Pada Perguruan Tinggi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 10-21.

  9. Lutfiani, N., Oganda, F. P., Lukita, C., Aini, Q., & Rahardja, U. (2020). Desain dan Metodologi Teknologi Blockchain Untuk Monitoring Manajemen Rantai Pasokan Makanan yang Terdesentralisasi. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 5(1).

  10. Firdaus, D. H. (2020). Aplikasi Smart Contract dalam E-Commerce Prespektif Hukum Perjanjian Syariah. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 6(1), 37-54.

  11. Nugraha, A. C. (2020). Penerapan Teknologi Blockchain dalam Lingkungan Pendidikan. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 15-20.

  12. Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

  13. Legowo, M. B., Subanidja, S., & Sorongan, F. A. (2020). Model Mekanisme FinTech untuk Inovasi Teknologi pada Industri Keuangan dan Perbankan Indonesia. Prosiding SISFOTEK, 4(1), 322-330.

  14. Zetira, N. V. (2020). Eksistensi Blog Pribadi Sebagai Sumber Informasi Dan Referensi Dalam Ruang Lingkup Pendidikan. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 14(1), 119-129.

  15. Rahardja, U., Aini, Q., & Khoirunisa, A. (2017). Implementasi Business Intelligence Menggunakan Highchart pada Sistem Penilaian Absensi berbasis YII Framework. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 9(2), 115-124.

  16. Aini, Q., Sunarya, P. A., & Bein, A. S. (2019). The Implementation Of Viewboard Of The Head Of Department As A Media For Student Information Is Worth Doing Final Research. IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation, 1(1), 18-25.

  17. Aini, Q., Riza, B. S., Santoso, N. P. L., Faturahman, A., & Rahardja, U. (2020). Digitalization of Smart Student Assessment Quality in Era 4.0. International Journal, 9(1.2).

  18. Febriyanto, E., Rahayu, N., Pangaribuan, K., & Sunarya, P. A. (2020, October). Using Blockchain Data Security Management for E-Voting Systems. In 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-4). IEEE.

  19. Nurhaeni, T., Handayani, I., Budiarty, F., Apriani, D., & Sunarya, P. A. (2020, November). Adoption of Upcoming Blockchain Revolution in Higher Education: Its Potential in Validating Certificates. In 2020 Fifth International Conference on Informatics and Computing (ICIC) (pp. 1-5). IEEE.

  20. Rahardja, U., Lutfiani, N., Harahap, E. P., & Wijayanti, L. (2020). iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0. Technomedia Journal, 4(2), 261-276.

  21. Julfianti, R. D. (2020). Penggunaan Mata Uang Virtual Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Ditinjau Dari Aspek Perlindungan Hukum Konsumen (Doctoral dissertation).

  22. Heryanto, Y. (2020). Purwarupa Sistem Verifikasi Sertifikat Pelatihan Kerja Berbasis Blockchain Pada Bbplk Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).


Contributors

Kelvin Pangaribuan