KP1321477138: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Konsep Dasar Perancangan)
(Konsep Dasar Perancangan)
Baris 514: Baris 514:
 
<ol>
 
<ol>
  
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Konsep<br>adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau ''audience'' yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin  menterjemahkan ke dalam bentuk visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.</p></li>
  
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Media<br>Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik.</p></li>
  
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Konsep<br>adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau ''audience'' yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin  menterjemahkan ke dalam bentuk visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.</p></li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Ide<br>Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.</p></li>
  
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Media<br>Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik.</p></li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Persiapan data<br>Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali.</p></li>
  
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Ide<br>Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.</p></li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Visualisasi<br>Menentukan komponen desain, pemilihan warna, ''layout'' sampai ''finishing''.</p></li>
  
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Persiapan data<br>Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali.</p></li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">Produksi<br>Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (''testing'') untuk memastikan produk tidak ada kesalahan..</p></li>
 
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Visualisasi<br>Menentukan komponen desain, pemilihan warna, ''layout'' sampai ''finishing''.</p></li>
+
 
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Produksi<br>Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (''testing'') untuk memastikan produk tidak ada kesalahan..</p></li>
+
  
 
</ol>
 
</ol>

Revisi per 13 Januari 2017 16.50

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING SEKSI PENGEMBANGAN

MULTIMEDIA DAN KELEMBAGAAN KOMUNIKASI PADA

DISKOMINFO PEMERINTAH KOTA TANGERANG


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Logo stmik raharja.jpg


OLEH:

1321477138     IRFAN YAFI


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)


LEMBAR PERSETUJUAN


MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING SEKSI PENGEMBANGAN

MULTIMEDIA DAN KELEMBAGAAN KOMUNIKASI PADA

DISKOMINFO PEMERINTAH KOTA TANGERANG


Diajukan guna melengkapi sebagai syarat untuk mengikuti Skripsi

Pada Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja



Tangerang, Januari 2017



Dosen Pembimbing



( Lusyani Sunarya S.Sn.,M.Si )

NID. 06124



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM  : 1321477138
Nama  : Irfan Yafi
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.



Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sangsi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Januari 2017
Irfan Yafi
NIM. 1321477138


ABSTRAK

Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu kurikulum yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa STMIK Raharja Tangerang sebelum menempuh Skripsi, dapat diartikan kuliah kerja praktek adalah sebagai suatu program yang mengacu pada sarana pelatihan untuk menerapkan dan memperluas berbagai wawasan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal sebagai pribadi yang siap menjadi lulusan sebagai Sarjana Komputer yang profesional. Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik berupa magang atau observasi di perusahaan atau lembaga pendidikan secara terbimbing. Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang merupakan salah satu lembaga pemerintah yang berada di Kota Tangerang yang berdiri pada tahun 2008. Dengan terus berkembangnya teknologi multimedia, maka penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang dengan membuat video berbentuk news yang nantinya akan dijadikan sebagai media informasi pemerintah Kota Tangerang. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Instansi Pemerintahan tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bagian yang mencakup video dalam pembuatan media informasi. Dan pada akhirnya, setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan penulis selama proses Kuliah Kerja Praktek ini, akan dirangkum kedalam “Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual And Broadcasting Seksi Pengembangan Multimedia Dan Kelembagaan Komunikasi Pada Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang”

Kata Kunci: Kuliah Kerja Praktek (KKP), Video, Informasi.



ABSTRACT

College job training curriculum is one that must be followed by all students of STMIK Raharja Tangerang before sitting for thesis, Practicum lecture can be defined as a program that refers to a means of training to implement and expand the range of insights, attitudes, and skills within the framework of the establishment of private start as ready to graduate as Bachelor of computer professionals. Thus the College job practice is an activity that must be followed by all students, either in the form of internships or observation in the company or institution in social interactions. Diskominfo the Government of Tangerang city was one of the Government agencies that are located in the town of Tangerang who stand in 2008. With continued development of multimedia technologies, then the writers carry out Practicum Lecture at Diskominfo Government of Tangerang city by making video-shaped news that would later serve as a medium of information the Government of Tangerang. The reason the authors implement College Work practices in the Government Agencies is to gain knowledge and experience of work in the field being studied, in particular in the section includes video in making media information. And in the end, each task and the work done during the process of College writers Work these practices, it will be summarized to "Lecture Practicum Report Audio Visual Multimedia And Broadcasting Of Multimedia Development And Institutional Section Communications On Diskominfo Government Of Tangerang City".

Keywords: Lecture Practicum (CTF), Video, Information.


KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas Rahmat dan Hidayah yang diberikan Allah SWT kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, dengan judul“ Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual and Broadcasting Seksi Pengembangan Multimedia Dan Kelembagaan Komunikasi Pada Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang”

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.

Namun demikian berkata dan bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya terutama kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK RAHARJA.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK RAHARJA.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si selaku Pembimbing I, yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaga nya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Tisna Wijaya selaku stakeholder dari bagian Pemasaran yang telah membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis selama berlangsungnya KKP.
  6. Seluruh Dosen dan Staff STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
  7. Staff Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang yang telah member masukan, saran serta pembelajaran sehingga setiap pengambilan gambar dapat berjalan dengan lancar.
  8. Kedua Orang Tua saya yang telah memberikan semangat dan motivasi dalam menyelesaikan KKP.
  9. Dan semua sahabat, rekan-rekan mahasiswa/i yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini.

Akhir kata, besar harapan penulis mudah-mudahan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian.



Tangerang, Januari 2017
Irfan Yafi
NIM. 1321477138

DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1. Tampilan Jendela Program Adobe Premier Pro Cs3

Gambar 2.2. Tampilan Jendela Program Sony Vegas Pro 12

Gambar 3.1. Struktur Organisasi Dinas Kominfo Kota Tangerang

Gambar 3.2. Skema Alur Kerja

Gambar 3.3. Aktifitas Alun – alun Kota Tangerang

Gambar 3.4. Alun – alun Kota Tangerang

Gambar 3.5. Bantaran Sungai Cisadane

Gambar 3.6. Bantaran Sungai Cisadane

Gambar 3.7. Eco Park

Gambar 3.8. Aktifitas Eco Park

Gambar 3.9. Suasana Hutan Kota

Gambar 3.10. Permainan anak Hutan Kota

Gambar 3.11. Bentuk Buslane

Gambar 3.12. Halte Buslane

Gambar 3.13. Jembatan Kota Tangerang

Gambar 3.14. Full View Jembatan Kota Tangerang

Gambar 3.15. Jembatan Tanah Gocap

Gambar 3.16. View Aktifitas Jembatan Tanah Gocap

Gambar 3.17. View Depan Masjd Raya Al-Adzom

Gambar 3.18. Pintu Masuk Masjid Raya Al-Adzom

Gambar 3.19. View Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

Gambar 3.20. Aktifitas Depan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

Gambar 3.21. Full View Pintu Air 10

Gambar 3.22. View Samping Pintu Air 10

Gambar 3.23. View Depan RSUD Kota Tangerang

Gambar 3.24. View Depan IGD RSUD Kota Tangerang

Gambar 3.25. View Depan Rusunawa

Gambar 3.26. Lingkungan Rusunawa

Gambar 3.27. View Situ Cipondoh

Gambar 3.28. Perahu Bebek Situ Cipondoh

Gambar 3.29. View Bagian Depan Taman Potrey

Gambar 3.30. Taman Bermain Taman Potret

Gambar 3.31. View Depan Taman Prestasi

Gambar 3.32. Fasilitas Taman Prestasi

Gambar 3.33. View Tangcity Mall dari bawah

Gambar 3.34. View Aktifitas Tangcity

Gambar 3.35. Tugu Adipura

Gambar 3.36. View aktifitasTugu Adipura

Gambar 3.37. View Dari Samping Kawasan Kuliner Laksa

Gambar 3.38. View Depan Kawasan Kuliner Laksa

Gambar 3.39. View Depan Klenteng Boen Tek Bio

Gambar 3.40. View Dalam Klenteng Boen Tek Bio

DAFTAR TABEL


Tabel 3.1. Daftar Relasi Dinas Kominfo Kota Tangerang

Tabel 3.2. Daftar Project



DAFTAR LAMPIRAN


LAMPIRAN A :

A.1. Surat Pengantar KKP

A.2. Form Validasi Kuliah Kerja Praktek (KKP)

A.3. Form Pergantian Judul

A.4. Kartu Study Tetap Final (KSTF)

A.5. Kwitansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek (KKP)

A.6. Kartu Bimbingan

A.7. Daftar Nilai

A.8. Daftar Mata Kuliah Yang Belum Diambil

A.9. Formulir Seminar Proposal KKP/TA/Skripsi

A.10. Sertifikat Prospek

A.11. Sertifikat TOEFL

A.12. Sertifikat IT Internasional (Minimal 1 sertifikat)

A.13. Sertifikat IT Nasional (Minimal 4 sertifikat)

LAMPIRAN B :

Pada lampiran B ini berisi berkas-berkas yang berhubungan dengan penelitian dll.

B.1. Bukti Observasi (Surat Keterangan KKP)

B.2. Bukti Magang (Uraian Pekerjaan)

LAMPIRAN C :

Pada lampiran C ini berisi tentang berkas/bukti pada saat observasi yang ada pada BAB III.

C.1. Berkas Absensi (Tabel Kegiatan KKP)

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

Dengan adanya mata kuliah Kerja Praktek yang diadakan untuk persyaratan menempuh Skripsi di STMIK Raharja, maka mahasiswa dituntut untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Praktek untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan. Pada kesempatan KKP ini, diberikan tugas untuk merancang media audio visual dalam bentuk video dokumenter, video promosi dan informasi, dengan konsep produksi media yang meliputi praproduksi, produksi serta pasca produksi.

Video Dokuemnter adalah suatu bentuk produk audio visual yang menceritakan suatu fenomena keseharian. Fenomena tersebut cukup pantas diangkat menjadi perenungan bagi penonton. Materi dokumenter dapat berupa cerita tentang keprihatinan sosial, pengalaman dan pergaulatan hidup yang memberikan inspirasi dan semangat hidup bagi penonton, atau kilas balik dan kupasan tentang peristiwa yang pernah terjadi dan ada kaitannya dengan masa sekarang

Promosi pada video dokumenter ditunjukkan untuk mempromosikan promosi perusahaan maupun instansi pemerintah. Pemasaran dan pengiklan harus tahu bagaimana menggunakan iklan, promosi, penjualan, publisitas, dan penjualan personal, untuk mengkomunikasikan suatu produk beserta nilainya kepada konsumen yang dituju/target.

Kuliah Kerja Praktek adalah akumulasi dari seluruh program di sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer, maka Kuliah Kerja Praktek dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan sarana pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal untuk menjadi sarjana komputer profesional.

Perihal informasi tersebut, dapat digunakan untuk menciptakan suatu produksi perancangan pada Dinas Kominfo. Dinas Kominfo adalah suatu lembaga instansi pemerintahan yang membidangi pengolahan data komunikasi dan informasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Adapun lembaga tersebut terletak di Gedung Pusat Pemerintahan Lt. 4 yang beralamatkan di Jl. Satria Sudirman Kota Tangerang. Lembaga ini di pimpin oleh seorang kepala Dinas, serta terdapat satu sekretariat dan tiga bidang, diantaranya : bidang pengolahan data dan desiminasi informasi, bidang pos dan telekomunikasi dan bidang telematika. Lembaga ini di bentuk pada tahun 2008, berdasarkan peraturan Walikota Tangerang Nomor 28 tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informasi.

Seksi Pengembangan Multimedia dan Kelembagaan Komunikasi pada Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengatur pelaksanaan sebagian tugas Bidang Pengolahan Data dan Diseminasi Informasi yang berkenaan dengan pembinaan dan penyebarluasan informasi melalui multimedia serta promosi Daerah melalui media televisi dan radio.

Kuliah Kerja Praktek merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh Mahasiswa sebelum mengambil Skripsi. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang Multimedia Audio Visual dan Broadcasting ( MAVIB )

Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

Maksud Kuliah Kerja Praktek

  1. Mahasiswa dapat memperoleh kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dalam perkuliahan untuk diterapkan dalam lapangan kerja.

  2. Mahasiswa dapat membandingkan antara teori yang dikerjakan di kampus dengan praktek kerja di lapangan.

  3. Mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan terhadap sistem kerja interdisiplin secara profesional, serta pengalaman dalam pengerjaan desain promosi di masyarakat.

  4. Sedangkan bagi instansi tempat kerja praktek, analisis dalam karya tulis ini dapat berguna dan bermanfaat bagi evaluasi kerja, sehingga dapat mempertahankan hal – hal yang baik dan mengurangi semua kesalahan di kemudian hari.

Tujuan Kuliah Kerja Praktek

  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja, baik secara individu maupun kelompok dalam dunia kerja.

  2. Mahasiswa mampu bekerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam pembuatan ide – ide maupun karya, sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan dalam dunia kerja.

  3. Melatih mahasiswa dan mahasiswi untuk berfikir aktif dan kreatif dalam mengerjakan tugas, baik dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja.

  4. Mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan – permasalahan dalam dunia kerja.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek

Kuliah Kerja Praktek ini akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi mahasiswa sebelum memulai karir yang sebenarnya sebagai seorang sarjana komputer yang berbasis multimedia yaitu :

  1. Agar mahasiswa dapat mengerti antara salah maupun benar dalam prakteknya untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

  2. Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berguna dan lebih siap sebelum terjun ke lingkungan masyarakat.

  3. Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok (team work).

  4. Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang didapat selama masa perkuliahan, maupun pada saat mempraktekkan sebelum masuk pada dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek

Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Observasi (Observation Research)
    Observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan. Para ilmuwan hanya dapat bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi. Dalam observasi, mahasiswa terlibat dengan kegiatan sehari – hari objek dan subjek yang sedang diamati atau digunakan sebagai sumber data penelitian. Sambil melakukan pengamatan, peneliti ikut melakukan apa yang dikerjakan oleh sumber data, dan ikut merasakan suka dukanya. Pada KKP ini penulis melakukan observasi pada Dinas KOMINFO Bagian Dokumentasi Videografi

  2. Wawancara (Interview)
    Wawancara dilakukan secara terstruktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait pada Dinas Kominfo Pemkot Tangerang. Wawancara ini dilakukan dengan Bapak Tisna Wijaya Sebagai Kasi Pengolahan Data dan Informasi Selasa, 11 Oktober 2016.

  3. Studi Pustaka
    Pengumpulan teori – teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku, jurnal, dan berbagai referensi lainnya yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.

Sistematika Penulisan

Untuk memberikan laporan yang jelas dari penulisan Kuliah Kerja Praktek ini, maka penulisan laporan ini dibagi menjadi beberapa sub dengan sistematika penyampaiannya adalah sebagai berikut :

BAB 1 PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek, Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek, Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek dan Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini terdiri dari Teori Umum, Teori Khusus, dan Literature Review.

BAB III PEMBAHASAN
Bab ini berisikan Pembahasan yang terdiri dari Profil Perusahaan yang meliputi : Sejarah Instansi, Ruang Lingkup, Visi dan Misi Instansi, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban Tiap Departemen dan Daftar Relasi, Tinjauan Umum yang meliputi : Skema Alur Kerja, Alur Kerja, serta Tinjauan Khusus yang meliputi : Daftar Project, Latar Belakang dan Konsep Produksi Media.

BAB IV PENUTUP
Bab ini berisi tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP).

DAFTAR PUSTAKA
Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP).

LAMPIRAN
Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

1. Pengertian Perancangan

Menurut Soepadmo(2013: 10)[1] “Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

2. Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman (2012:09-12)[2], Proses Perancangan Secara Umum dapat dibagi kedalam beberapa bagian :

  1. Konsep
    adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau audience yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin menterjemahkan ke dalam bentuk visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  2. Media
    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik.

  3. Ide
    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  4. Persiapan data
    Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali.

  5. Visualisasi
    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

  6. Produksi
    Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan produk tidak ada kesalahan..

3. Pengertian Project

Menurut Nugroho(2014 : 35)[3].Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timeline atau storyboard yang sedang dalam pengeditan, seperti video, gambar atau musik dibuat melalui proses desain yang menarik yang sesuai diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi projek yang mewakili nilai visual.

Konsep Dasar Promosi

1. Pengertian Promosi

Menurut Usmara (2012: 29)[4],Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut, selain dirinya sendiri.

2. Tujuan Promosi

Menurut Tiyani (2012: 20)[5], berikut dijelaskan beberapa tujuan promosi yakni:


  1. Memodifikasi Tingkah Laku

    Merupakan kegiatan perusahaan dalam promosi, dimana perusahaan berusaha menciptakan kesan yang baik terhadap dirinya atau mendorong pembelian barang dan jasa perusahaan melalui promosi. Dimana dulunya konsumen tidak terlalu menyukai produk perusahaan tersebut, maka dengan bantuan promosi akan merubah tingkah laku konsumen.

  2. Memberi Tahu

    Kegiatan promosi yang ditunjukan untuk memberitahu pasar yang dituju tentang penawaran perusahaan, sebab tanpa diketahui oleh konsumen dan masyarakat luas meskipun produk yang dihasilkan berkualitas tinggi dan terjangkau oleh konsumen tidak akan berarti banyak, sebab tidak diketahui oleh konsumen atau masyarakat luas.

  3. Membujuk (Persuasif)

    Hal ini sebenarnya kurang disukai oleh sebagian masyarakat, akan tetapi dalamkenyataan sekarang justru banyak promosi yang bersifat persuasif. Promosi semacam ini untuk mendorong para konsumen untuk membeli barang yang dipromosikan.


BAB III

ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

BAB IV

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

  1. Soepadmo. 2013. Panduan Mudah Merancang Bangunan. Bandung : Griya Kreasi.
  2. Hendratman, Hendi. 2012:09-12. “The Magic of Adobe Premiere Pro”, Bandung : Informatika.
  3. Nugroho, Sarwo. 2014. Teknik Dasar Videografi, Yogyakarta : Graha Ilmu
  4. Usmara. 2012. Motivasi Kerja. Yogyakarta : Graha Ilmu
  5. Tiyani. 2012. Analisa Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Makassar : Universitas Hasanuddin.

Contributors

IrfanYafi