SI1621493885

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

'

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA



SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(TA.2019/2020)




LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: ADITYA ROMDHONI
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, September 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Ruli Supriati, M.Kom)
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: Aditya Romdhoni

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, September 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Al Husain , M.Kom.)
   
NID : 13002
   
NID : 17002


UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: Aditya Romdhoni


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2019/2020

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: Aditya Romdhoni
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, September 2019
 
 
(Aditya Romdhoni)
NIM : 1621493885

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

Dalam bidang promosi dan publikasi, [i]audio visual[/i] menjadi salah satu media pendukung dalam penyampaian informasi yang efektif, serta lebih menarik dalam penyajiannya. Saat ini PT. Berkah Kelola Dana memerlukan perancangan media berupa [i]audio visual[/i] karena dalam penyajian informasi dan promosi PT. Berkah Kelola Dana yang ada sampai saat ini baru berupa media cetak seperti pamflet, brosur, spanduk, poster, dan [i]x-banner[/i]. Adapun metodologi penelitian yang dilakukan selama penelitian ini berlangsung yaitu metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa perancangan dan metode konsep produksi media yang didalamnya terdapat [i]preproduction, production[/i] dan [i]postproduction[/i]. Tujuan dari penelitian ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui PT. Berkah Kelola Dana.

Kata Kunci : Keuangan, Promosi, Animasi Video.

ABSTRACT

In the field of promotion and publicity, audio visual equipment into one media support in effective information delivery, as well as more attractive in its presentation. Currently the brand as the official carrier PT. Berkah Kelola Dana design in the form of audio-visual media for the presentation of information and promotion of PT. Berkah Kelola Dana that there has been only in the form of print media such as pamphlets, brochures, banners, posters, and x-banner. The methodology of research conducted during the study period is the method of problem analysis, data collection methods, methods of design analysis and methods of media production concept in which there preproduction, production and postproduction. The purpose of this study is expected to communities can be more aware of PT. Berkah Kelola Dana

Finance, Promotion, Animation, Video.




KATA PENGANTAR

Tak ada kata lain selain mengucapkan segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat terselesaikannya penyusunan Skripsi ini, dengan judul ”Perancangan Media Design Promosi Berbentuk Motion Graphic Pada PT. Berkah Kelola Dana”.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini sebagai syarat dalam menyelesaikan Porgram Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.

Dalam proses penyelesaian Skripsi ini tak luput dari bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, baik dalam segi moril, materil maupun spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu penulis sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu, terutama kepada  :  

  1. Bapak Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.

  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.

  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja.

  5. Bapak Al Husain, M.Kom., selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.

  6. Bapak Achman Zainudin, S.Kom., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  7. Nugroho Iman Panuju, S.E., selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.

  8. Seluruh Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna.

  9. Orangtua saya, juga segenap keluarga besar yang selalu memberikan perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan skripsi ini.
  10. Rekan-rekan seperjuangan mahasiswa Universitas Raharja, dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun, diharapkan penulisan ini dapat dapat menjadi pemicu untuk berkarya lebih baik lagi, dan laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan



Tangerang, Januari 2019
Aditya Romdhoni
NIM. 1621493885

 



DAFTAR LAMPIRAN





BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Dalam bidang promosi dan publikasi, audio-visual menjadi salah satu media pendukung dalam penyampaian informasi yang efektif, serta lebih menarik dalam penyajiannya. Promosi tidak akan berjalan baik apabila tidak ada suatu media penunjang yang kuat untuk mempromosikan produknya.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat telah membawa perubahan terhadap pola kehidupan masyarakat Indonesia. Perubahan pola kehidupan tersebut terjadi di semua bidang, baik sosial, budaya, ekonomi, maupun bidang lainnya. Perkembangan teknologi informasi tersebut antara lain ditandai dengan berkembangnya teknologi internet.

Peranan Internet dalam teknologi informasi telah digunakan untuk mengembangkan industri keungan (financial industry) melalui modifikasi dan efisiensi layanan jasa keungan yaitu dikenal dengan istilah Financial Technology atau Fintech. Fintech memiliki banyak jenis, antara lain startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan dan lain lain. Fintech jenis pinjam-miminjam uang berbasis teknologi atau peer to peer lending (P2P-lending) merupakan jenis Fintech yang tumbuh pesat di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 2017 sudah lebih dari 20 pendana yang berinvestasi pada PT. Berkah Kelola Dana dan sekitar 50 peminjam dari berbagai daerah di Indonesia yang meminjam untuk kebutuhan usaha-usaha mereka. Tentunya masih jauh dari target, semoga dengan adanya video promosi ini, Kaspia dapat dikenal oleh masyarak luar dan masyarakatpun dapat mengetahui program-program apa saja yang ada pada Kaspia ini.

Video merupakan media yang paling lengkap, karena video mempunyai unsur gerak, visualisasi yang nyata, gambar, suara, dan juga banyak unsur musik. Namun menurut Stakeholder yang saya wawancarai, dalam penyajian informasi dan promosi Kaspia yang ada sampai saat ini baru berupa pamflet, brosur, spanduk, poster, dan x-banner. Selebaran atau brosur yang dibagikan biasanya tidak pernah terbaca sampai habis dan usianya kurang dari 15 menit begitu sampai di tangan masyarakat.

Media informasi dan promosi merupakan sarana yang sangat penting dalam penyampaian informasi yang lengkap dan terperinci dalam bentuk video promosi mengenai apa itu Kaspia? Apa itu P2P-lending dan bagaimana cara kerjanya?

Selain itu video promosi ini dapat dijadikan aset bagi pendana ataupun peminjam, dalam memperoleh informasi tatacara bagaimana menjadi pendana, bagaimana menjadi peminjam, keuntungan apa saya yang mereka dapat. Video promosi ini dapat pula menjadi solusi dalam pemecahan masalah pada masyarakat dengan informasinya, dimana video ini akan di sebarluaskan melalusi social media ataupun setiap sosialiasasi yang sedang berjalan di PT. Berkah Kelola Dana dan dapat juga dipakai pada acara pameran Fintech yang menjamur di beberapa daerah se-Indonesia bahkan sampai ke mancanegara Dari hal tersebut, penulis mengangkat penelitian skripsi dengan judul : “Perancangan Media Design Promosi Berbentuk Motion Graphic Pada PT. Berkah Kelola Dana”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan hal-hal yang telah diuraikan diatas, maka dapat ditarik beberapa perumusan masalah yang akan menjadi inti pembahasan dari penelitian ini sebagai berikut :

  1. Media apa yang dapat digunakan untuk mempromosikan Kaspia?
  2. Video promosi seperti apa yang dapat menarik perhatian pendana dan peminjam, agar dapat bekerjasama dengan Kaspia?
  3. Target seperti apa yang akan dicapai melalui perancangan media video promosi pada aplikasi Kaspia?

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup animasi interaktif yang dibuat hanya sebatas materi pada semester 1 (satu) di TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang seperti pengenalan tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk merancang media berbasis video motion graphic agar dapat bermanfaat dan menjadi daya tarik bagi pendana dan peminjam mengenai hal – hal yang berkaitan dengan Kaspia.
  2. Untuk mempermudah pihak perusahaan dalam menarik perhatian masyarakat untuk pendana berinvestasi pada Kaspia.
  3. Melakukan promosi kepada pengusaha mikro maupun pengusaha menengah keatas untuk bekerjasama dalam memberi pinjaman kepada mereka dengan keuntungan yang ada pada video promosi ini.

Manfaat Penelitian

  1. Melalui video promosi ini, perusahaan dapat memperkenalkan program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia kepada masyarakat.
  2. Melalui perancangan media video promosi ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target pada PT. Berkah Kelola Dana dengan program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia.
  3. Sebagai media penunjang informasi dan promosi untuk menarik minat masyarakat baik lokal maupun mancanegara untuk menjadi pendana atau peminjam pada Kaspia.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh dan melengkapi data – data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan video promosi wisata ini, dengan menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :</p>

Analisa Permasalahan

Analisis permasalahan didapatkan pada saat penulis melakukan pertemuan dengan stakeholder yaitu Nugroho Iman Panugu, S. Ak sebagai Bussiness Development pada PT. Berkah Kelola Dana.

Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Observasi dilakukan untuk pengambilan data yang diperlukan untuk perancangan video promosi melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada PT. Berkah Kelola Dana dalam Program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan stakeholder, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai media penunjang video promosi motion graphic seperti apa yang diinginkan oleh PT. Berkah Kelola Dana.

  3. Studi Pustaka

    Studi Pustaka adalah pengumpulan data – data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku – buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berkaitan dengan penulisan laporan skripsi Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), sebagai panduan secara teoritis.

Metode Analisa Perancangan Media

Perancangan video promosi motion graphic pada PT. Berkah Kelola Dana dalam Program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia sebagai sarana informasi dan promosi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang menggunakan aplikasi program komputer grafis. Media – media yang akan digunakan sebagai sarana promosi video motion graphic dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CC, Adobe After Effect CC, Adobe Audition CC dan Corel Draw.


Konsep Produksi Media (KPM)

Akan disampaikan tahapan dari proses Konsep Produksi Media yaitu :

  1. Preproduction
  2. Production
  3. Postproduction


Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi, yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum dan Konsep Dasar Teori Khusus.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur, Visi dan Misi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Konsep Produksi MAVIB ialah tahapan – tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) sehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi maupun teoritisnya. Dalam bab ini diuraikan tentang Perencanaan Media, Perencanaan Broadcasting (Konsep Broadcasting), Perencanaan Audio (Konsep Audio), dan Perencanaan Visual (Konsep Visual).

BAB V PENUTUP

Pada bab ini berisikan tentang Kesimpulan dan Saran yang diberikan penulis kepada perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Gambaran Objek Yang Diteliti

Sejarah Singkat PT. Berkah Kelola Dana

PT. Berkah Kelola Dana adalah perusahaan keuangan pinjam meminjam berbasis teknologi, yang menyediakan platform pendanaan gotong royong atau peer to peer lending yang mengkhususkan diri untuk mempertemukan pemilik dana (lender) dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (borrower) yang membutuhkan tambahan permodalan untuk mengembangkan usahanya.

Platform kami bernama Kaspia berbasis web dan mobile apps yang bisa diakses oleh global lender (dalam dan luar negeri), dan akan membantu permodalan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun fokus utama kami untuk pembiayaan sektor pertanian dan retail, yang skala usahanya saat ini kurang mendapat akses permodalan dari Lembaga Perbankan.

Visi dan Misi

Visi PT. Berkah Kelola Dana :

Menjadi Fintech lending pilihan pertama dan terpercaya

Misi PT. Berkah Kelola Dana :

Menyediakan platform terbaik kepada pemberi dan penerima pinjaman, serta kemudahaan layanan keuangan bagi masyarakat yang belum memiliki akses ke lembaga perbankan

Struktur Organisasi

Perusahaan atau organisasi harus memiliki struktur organisasi untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha, guna menunjukan kerangka hubungan diantara fungsi, bagian maupun tugas juga wewenang serta tanggung jawab. PT. Berkah Kelola Dna memiliki struktur organisasi sebagai berikut :

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Kaspia

Wewenang dan Tanggung Jawab

  1. Komisaris
    1. Merencanakan, mengelola, dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran.
    2. Merencanakan dan mengelola kinerja pada sumber daya manusia agar sumber daya manusia yang berkompeten teridentifikasi dan dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai sehingga dapat memaksimalkan kinerja.
    3. Merencanakan, mengelola, dan mengeksekusi perencanaan strategi bisnis untuk jangka waktu menengah maupun panjang dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan.
    4. Memberikan arah kebijakan dalam pengembangan organisasi sesuai dengan AD/ART dan Visi Misi Perusahaan.
  2. Direktur Utama

    Bagian Direktur Utama mempunyai wewenang dan tanggung jawab berikut ini:

    1. Memimpin perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya.
    2. Mengelola operasional harian.
    3. Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan mengalisis semua aktivitas bisnis.
    4. Mengelola perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
    5. Merencanakan dan mengeksekusi rencana strategis perusahaan jangka menengah dan jangka panjang untuk kemajuan perusahaan.
  3. HRD

    Bagian HRD mempunyai wewenang dan tanggung jawab berikut ini:

    1. Mengkoordinir penyusunan rencana program/kegiatan jangka pendek dan menengah yang akan berlangsung.
    2. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan secara berkala.
    3. Menghubungi client tentang penjadwalan dan pelaksanaan program
    4. Mengembangkan tujuan-tujuan penjualan untuk tim dan memastikannya terpenuhi.
  4. Risk Management

    Bagian Risk mempunyai wewenang dan tanggung jawab berikut ini :

    1. Melaksanakan manajemen kantor setiap hari.
    2. Mengatur keperluan pelaksanaan kegiatan yang berlangsung.
    3. Melakukan pemantauan/pendataan atas peminjam.
  5. Finance

    Bagian Finance mempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut :

    1. Memeriksa semua data yang masuk.
    2. Membuat faktur pajak.
    3. Membuat laporan keuangan.
    4. Membuat laporan piutang mingguan dan bulanan.
  6. Marketing

    Bagian Marketing mempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut :

    1. Mempromosikan semua kegiatan dan fasilitas melalui media cetak maupun elektronik .
    2. Menciptakan dan memelihara citra yang baik dan menguntungkan bagi organisasi, baik itu yang berkenaan dengan kebijakan, produk atau jasa
    3. Berupaya dapat selalu menginformasikan segala sesuatu yang khususnya berhubungan dengan perusahaan dan client.
    4. Menyusun dan mendistribusikan sajian berita (news release, press release), foto-foto, photo release, dan berbagai artikel untuk konsumsi kalangan public dan media massa.

    Product Information(Informasi Produk)

    Produk

    PT. Berkah Kelola Dana sangat berupaya untuk menciptakan generasi pencipta yang dapat tumbuh dengan jujur, percaya diri dan bertanggung jawab, terbukti dengan program yang terus berlangsung. Video promosi dengan durasi yang singkat dan memperkenalkan program-program Kaspia, dapat mempromosikan program secara menarik, sehingga diharapkan melalui video promosi ini masyarakat dapat lebih mengenal program yang ada di Kaspia serta dapat meningkatkan jumlah pendana maupun peminjam yang ingin berkerjasama.

    Latar Belakang Produk

    Saat ini media informasi juga promosi yang digunakan Kaspia masih berupa media cetak seperti brosur dan pamflet, serta penggunaan sosial media diantaranya, Aplikasi mobile, Instagram, juga Website, sehingga selain itu pada tahun 2018 terjadi penurunan, sehingga melatarbelakangi pembuatan media promosi berupa video promosi dengan harapan dapat menambah citra dan menarik minat masyarakat yang ingin berkerjasama dengan Kaspia di tahun ini.

    Perkembangan Produk

    Dengan program-program kunjungan yang menarik juga mengedukasi di Kaspia, agar semakin banyak terlahirnya generasi pencipta yang tumbuh dengan percaya diri, jujur dan bertanggung jawab, membuat Kaspia berinisiatif meningkatkan jumlah dengan promosi dan memperluas jangkauan. Sebelumnya media yang digunakan brosur, website, dan media sosial Instagram berupa postingan desain dan foto, maka media informasi mendatang perlu dirancang dalam bentuk audio visual dan diupload di youtube, sebab marak sekali yang menggunakan youtube untuk keperluan promosi. Dilihat dari aspek penyampaian informasi yang lebih menarik, lebih kaya akan unsur gambar, effect, audio, musik dan lainnya

    Material Produk

    Dalam penelitian ini penggunaan material produk berupa media audio visual yang didalamnya terdapat media sebagai berikut :

    Tabel 3.1 Material Produk

    Spesifikasi Produk

    Perancangan media video iklan berupa video promosi PT. Berkah Kelola Dana dalam platform Kaspia yang berdurasi 03:00 menit dibuat berdasarkan data yang telah didapat saat pelaksanaa observasi ini. Terdapat manfaat, kelebihan, dan juga kekurangan, diantaranya :

    1. Manfaat
      1. Memiliki media informasi dan promosi yang lebih efektif, kreatif, juga menarik.
      2. Dapat menarik minat masyarakat, untuk menjadi pendana maupun peminjam.
      3. Memperoleh kerjasama dengan perusahaan lain.
      4. Dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.
    2. Kelebihan
      1. Media promosi memiliki daya tarik dengan penyajian informasi yang ada Kaspia
      2. Dapat lebih menghemat waktu dalam proses penyampaian informasi.
      3. Program yang tersedia projek dapat dipahami oleh audience.
      4. Masyarakat menjadi lebih mengetahui tentang iklan tersebut, dan mudah diakses melalui internet, menggunakan akun youtube, dan social media sebagai strategi promosi.
    3. Kekurangan
      1. Biaya produksi media video iklan yang tidak murah dan membutuhkan banyak biaya.
      2. Membutuhkan peralatan, hardware dan software yang memadai.
      3. Proses produksi video memakan waktu yang cukup lama.

    Harga Produk

    Untuk membuat video promosi motion Graphic ini saya mematok harga Rp. 500.000.00 per 1 menit, sudah dengan design untuk animasi dan dubbingnya untuk keperluan video. Setelah video selesai saya memberikan semua data termasuk design-design animasi akan saya berikan berupa softcopy dengan menggunakan flashdisk.

    Market Analysis(Analisa Pasar)

    Kaspia menawarkan berbagai macam program kunjungan yang menarik, dan program pendidikan dan kegiatan kebaikan yang bebas biaya lainnya, yang ditawarkan kepada masyarakat. Ulasan mengenai Kaspia akan dikemas ke dalam perancangan media video promosi. Diharapkan dengan adanya perancangan media video iklan dapat membuat media promosi yang efektif agar dapat menjadi daya tarik masyarakat luas

    Mitra usaha Kaspia adalah pemilik usaha mikro dan kecil di pelosok pedesaan. Dalam memberikan pendanaan, Kaspia tidak meminta agunan melainkan menekankan kepada pembentukan kelompok. Jumlah modal yang dapat diajukan ke Kaspia, mulai dari 500 ribu.

    Selain memanfaatkan pembiayaan kelompok, Kaspia juga menerapkan sistem yang dikenal dengan tanggung renteng sehingga ketika seorang anggota dari mitra usaha gagal membayar dana pinjaman, anggota yang lain bisa ikut patungan. Untuk mencari Mitra Borrower, Kaspia melakukan seleksi dan edukasi yang terstruktur sebelum memberikan pemodalan.

    Pendana di Kaspia melakukan pendaftaran yang sepenuhnya dilakukan secara online. Dimulai dengan melakukan registrasi dan melengkapi data pribadi, lalu melakukan transfer dana sebesar 3 juta rupiah. Investor bisa memilih sendiri usaha mikro yang ingin ia danai berdasarkan informasi yang disediakan pada situs Kaspia, yakni jenis usaha, jumlah pinjaman, tenor, serta bagi hasil. Kaspia juga aktif mengembangkan pada proprietary technology platform ini akan membangun alat bantu analitis untuk memastikan peminjam atau investor memiliki informasi yang lengkap dalam membuat keputusan dan menilai portfolio.

    Market Positioning

    Positioning adalah tindakan untuk merancang produk dan juga bauran pemasaran supaya dapat tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen. Dengan konsumen yang terdiri dari masyarakat, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, dan perusahaan, memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya.

    Dengan konsentrasi pasar mengarah kepada semua kalangan khususnya anak muda yang ingin memulai usahanya tentu Kaspia senantiasa membantu mereka. Media video promosi Kaspia ini nantinya diimplementasikan melalui Berbagai media sosial seperti Youtube, Instagram, Juga di proyektor yang ada di PT. Berkah Kelola Dana.

    Kondisi Pesaing

    Pesaing yang ada dalam bidang ini, tidak begitu berpengaruh dikarenakan Kaspia memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pesaing lainnya, dari program yang menarik, fasilitas yang tersedia, dan jasa yang ditawarkan berbasis pada kegiatan belajar, dan beramal. Tentunya Kaspia sendiri sudah berizin masuk dalam daftar fintech di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentunya menambah kepercayaan terhadan Kaspia. Pesaing perusahaan yang bergerak dibidang yang sama yang berada di Jabodetabek, diantaranya :

    Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

    Potential Market

    Video promosi ini, sebagai sarana informasi juga promosi yang ditujukan kepada seluruh lembaga pendidikan, perusahaan yang berkepentingan, instansi masyarakat, dan seluruh masyarakat Indonesia. Video ini juga bertujuan untuk membantu Kaspia memperkenalkan programnya.

    Video ini akan menjangkau potential market khususnya pada Jabodetabek, wilayah Indonesia bahkan dunia yang tertarik akan program di Kaspia.

    Dengan implementasi selama satu tahun, target market pada tahun-tahun berikutnya diperkirakan akan meningkat 30% dari sebelumnya 30 pendana yang berinvestasi pada PT. Berkah Kelola Dana dan sekitar 50 peminjam dari berbagai daerah di Indonesia yang meminjam untuk kebutuhan usaha-usaha mereka, Kaspia berusaha meningkatkan minat masyarakat, untuk mengikuti program yang ada di Kaspia dengan membuat Video promosi sebagai media promosi yang menarik.

    Market Segmentation

    Geografi :Wilayah Kota Jakarta, Jabodetabek, dan Indonesia

    Demografi :

    • Jenis Kelamin : Pria & Wanita
    • Kelas Ekonomi : Menengah dan menengah ke bawah
    • Usia : 18 tahun keatas
    • Sasaran :
    1. Masyarakat
    2. Lembaga Pendidikan
    3. Instansi Pemerintah
    4. Perusahaan

    Psikografi : Masyarakat Jabodetabek, Masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputar fasilitas, keunggulan, dan program-program menarik yang ada di Kaspia secara lebih detail.

    Marketing Objective (Tujuan Pemasaran)

    Tujuan perancangan media video promosi yaitu dengan memberikan media promosi dan informasi mengenai program-program yang ada di Kaspia kepada masyarakat dengan konsep audio visual yang bertujuan meningkatkan citra Kaspia, dalam hal menyampaikan informasi dan promosi kepada masyarakat, dengan sasaran masyarakat, lembaga pendidikan, instansi pemerintahan, dan perusahaan, diharapkan dapat meningkatkan 30% yang sebelumnya 20 pendana yang berinvestasi pada PT. Berkah Kelola Dana dan sekitar 50 peminjam dari berbagai daerah di Indonesia yang meminjam untuk kebutuhan usaha-usaha mereka.

    Marketing Strategy (Strategi Pemasaran)

    Dengan program-program paket wisata pendidikan, dan juga kelas-kelas bebas biaya yang ada. PT. Berkah Kelola Dana menggunakan brosur, website, aplikasi dan foto kegiatan yang di unggah ke Instagram, sebagai media promosi dan informasi, untuk menambah jumlah client tidaklah mudah maka diperlukan berbagai strategi promosi yang dapat meningkatkan jumlah client. Dengan adanya media video promosi, diharapkan dapat mendukung promosi yang dilakukan sekaligus dapat meningkatkan image Kaspia. Konsep yang digunakan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, diantaranya:

    1. Product (Produk)

      Produk yang dimiliki Kaspia meliputi pinjaman dan pendanaan . Kaspia juga memilik program paket edukasi pinjaman terhadap layanan Pendidikan yang kekurangan pendanaannya.

    2. Place (Lokasi Usaha)

      Kaspia yang berlokasi di Jakarta, dimana mobilitas sekitarnya yang sangat padat, terdapat berbagai macam ruang publik, Kaspia berlokasi yang sangat strategis dengan perkotaan.

    3. Price (Harga)

      Untuk menentukan harga, Kaspia menggunakan metode orientasi biaya, permintaan dan pesaing. Biaya program yang ada di Kaspia dinyatakan efektif dan efisien dengan paket lengkap yang ditawarkan, dibandingkan dengan kompetitornya,

    4. Promotion (Strategi Promosi)

      Bauran promosi yang digunakan adalah Personal Selling, Mass Selling, Public Relations, dan Direct Marketing, elemen bauran promosi yang paling efektif adalah Public Relations , karena dengan menciptakan opini publik sebagai input, menguntungkan kedua belah pihak, sehingga tertanamnya citra yang baik dan lebih efektif dilakukan.

    5. Physical Evidences (Bukti Fisik Perusahaan)

      Bukti fisik yang dimiliki Kaspia berupa gedung yang memiliki berbagai macam fasilitas, seperti gedung kantor Kaspia, receptionis, ruang meeting, kantin, musola, dan ada pula ruang santai karyawan sehingga memberikan pengalaman dan nilai tambah kepada pengunjung, bukti fisik yang disatukan dengan pemasaran meliputi, nameboard, brosur, pamflet, yang dimiliki.

    Tabel 3.3 Analisis SWOT

    Budget Produksi Media

    Budget Produksi Media

    Berikut adalah budget produksi media yang dikeluarkan untuk pembuatan video promosi sebagai media promosi Kaspia.

    Tabel 3.4 Budget Produksi Media

    Konfigurasi Hardware

    Spesifikasi Hardware

    Pembuatan media video iklan tersebut menggunakan 1 unit laptop dengan spesifikasi sebagai berikut :

    1. Processor : Intel core i5 7400
    2. Mouse : Logitech G102 wired gaming
    3. RAM : 8 GB
    4. VGA : AMD Graphic Radeon 520 4 GB
    5. Hardisk : ITB
    6. Headset : Sades SA-903 Gaming 7.1

    Software yang digunakan

    Perancangan media video company profile tersebut menggunakan konsep yang dibuat dengan software sebagai berikut :

    1. Adobe Illustrator CC 2019
    2. Adobe After Effect CS 6
    3. Adobe Audition CC 2019

    Elisitasi

    Elisitasi Tahap 1

    Elisitasi tahap 1 berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

    1. Elisitasi Tahap I Video Promosi Kaspia

    Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 1

    Elisitasi Tahap 2

    Elisitasi tahap II berisi hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

    1. Elisitasi tahap II Video Promosi Kaspia

    Tabel 3.6 Elisitasi Tahap 2

    Keterangan :

    M : Mandatory (yang diinginkan), harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat rancangan media yang dibutuhkan

    D : Desirable (diperlukan), tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan

    I : Inessential (yang tidak mutlak diinginkan), bukanlah bagian dari rancangan media yang dibahas dan merupakan bagian dari luar perancangan media.

    Elisitasi Tahap 3

    1. Elisitasi Tahap III Video Promosi Kaspia

    Tabel 3.7 Elisitasi Tahap 3

    Keterangan :

    T (Technical) – H (High)

    O (Operational) – M (Middle)

    E (Economi) – L (Low)

    Final Draft Elisitasi

    1. 1. Final Draft Elisitasi Video Promosi Kaspia

    Tabel 3.8 Final Draft Elisitasi

Contributors

Aditya Romdhoni