SI1621493885

Dari widuri
Revisi per 3 Januari 2020 05.41 oleh Aditya Romdhoni (bicara | kontrib) (Latar Belakang Penelitian)


Lompat ke: navigasi, cari

'

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA



SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(TA.2019/2020)




LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: ADITYA ROMDHONI
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, September 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Ruli Supriati, M.Kom)
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: Aditya Romdhoni

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, September 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Al Husain , M.Kom.)
   
NID : 13002
   
NID : 17002


UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: Aditya Romdhoni


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2019/2020

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN PROMOSI

BERBENTUK MOTION GRAPHIC PADA

PT. BERKAH KELOLA DANA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493885
Nama
: Aditya Romdhoni
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, September 2019
 
 
(Aditya Romdhoni)
NIM : 1621493885

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

Dalam bidang promosi dan publikasi, [i]audio visual[/i] menjadi salah satu media pendukung dalam penyampaian informasi yang efektif, serta lebih menarik dalam penyajiannya. Saat ini PT. Berkah Kelola Dana memerlukan perancangan media berupa [i]audio visual[/i] karena dalam penyajian informasi dan promosi PT. Berkah Kelola Dana yang ada sampai saat ini baru berupa media cetak seperti pamflet, brosur, spanduk, poster, dan [i]x-banner[/i]. Adapun metodologi penelitian yang dilakukan selama penelitian ini berlangsung yaitu metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa perancangan dan metode konsep produksi media yang didalamnya terdapat [i]preproduction, production[/i] dan [i]postproduction[/i]. Tujuan dari penelitian ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui PT. Berkah Kelola Dana.

Kata Kunci : Keuangan, Promosi, Animasi Video.

ABSTRACT

In the field of promotion and publicity, audio visual equipment into one media support in effective information delivery, as well as more attractive in its presentation. Currently the brand as the official carrier PT. Berkah Kelola Dana design in the form of audio-visual media for the presentation of information and promotion of PT. Berkah Kelola Dana that there has been only in the form of print media such as pamphlets, brochures, banners, posters, and x-banner. The methodology of research conducted during the study period is the method of problem analysis, data collection methods, methods of design analysis and methods of media production concept in which there preproduction, production and postproduction. The purpose of this study is expected to communities can be more aware of PT. Berkah Kelola Dana

Finance, Promotion, Animation, Video.




KATA PENGANTAR

Tak ada kata lain selain mengucapkan segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat terselesaikannya penyusunan Skripsi ini, dengan judul ”Perancangan Media Design Promosi Berbentuk Motion Graphic Pada PT. Berkah Kelola Dana”.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini sebagai syarat dalam menyelesaikan Porgram Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.

Dalam proses penyelesaian Skripsi ini tak luput dari bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, baik dalam segi moril, materil maupun spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu penulis sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu, terutama kepada  :  

  1. Bapak Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.

  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.

  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja.

  5. Bapak Al Husain, M.Kom., selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.

  6. Bapak Achman Zainudin, S.Kom., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  7. Nugroho Iman Panuju, S.E., selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.

  8. Seluruh Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna.

  9. Orangtua saya, juga segenap keluarga besar yang selalu memberikan perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan skripsi ini.
  10. Rekan-rekan seperjuangan mahasiswa Universitas Raharja, dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun, diharapkan penulisan ini dapat dapat menjadi pemicu untuk berkarya lebih baik lagi, dan laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan



Tangerang, Januari 2019
Aditya Romdhoni
NIM. 1621493885

 



DAFTAR LAMPIRAN





BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Dalam bidang promosi dan publikasi, audio-visual menjadi salah satu media pendukung dalam penyampaian informasi yang efektif, serta lebih menarik dalam penyajiannya. Promosi tidak akan berjalan baik apabila tidak ada suatu media penunjang yang kuat untuk mempromosikan produknya.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat telah membawa perubahan terhadap pola kehidupan masyarakat Indonesia. Perubahan pola kehidupan tersebut terjadi di semua bidang, baik sosial, budaya, ekonomi, maupun bidang lainnya. Perkembangan teknologi informasi tersebut antara lain ditandai dengan berkembangnya teknologi internet.

Peranan Internet dalam teknologi informasi telah digunakan untuk mengembangkan industri keungan (financial industry) melalui modifikasi dan efisiensi layanan jasa keungan yaitu dikenal dengan istilah Financial Technology atau Fintech. Fintech memiliki banyak jenis, antara lain startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan dan lain lain. Fintech jenis pinjam-miminjam uang berbasis teknologi atau peer to peer lending (P2P-lending) merupakan jenis Fintech yang tumbuh pesat di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 2017 sudah lebih dari 20 pendana yang berinvestasi pada PT. Berkah Kelola Dana dan sekitar 50 peminjam dari berbagai daerah di Indonesia yang meminjam untuk kebutuhan usaha-usaha mereka. Tentunya masih jauh dari target, semoga dengan adanya video promosi ini, Kaspia dapat dikenal oleh masyarak luar dan masyarakatpun dapat mengetahui program-program apa saja yang ada pada Kaspia ini.

Video merupakan media yang paling lengkap, karena video mempunyai unsur gerak, visualisasi yang nyata, gambar, suara, dan juga banyak unsur musik. Namun menurut Stakeholder yang saya wawancarai, dalam penyajian informasi dan promosi Kaspia yang ada sampai saat ini baru berupa pamflet, brosur, spanduk, poster, dan x-banner. Selebaran atau brosur yang dibagikan biasanya tidak pernah terbaca sampai habis dan usianya kurang dari 15 menit begitu sampai di tangan masyarakat.

Media informasi dan promosi merupakan sarana yang sangat penting dalam penyampaian informasi yang lengkap dan terperinci dalam bentuk video promosi mengenai apa itu Kaspia? Apa itu P2P-lending dan bagaimana cara kerjanya?

Selain itu video promosi ini dapat dijadikan aset bagi pendana ataupun peminjam, dalam memperoleh informasi tatacara bagaimana menjadi pendana, bagaimana menjadi peminjam, keuntungan apa saya yang mereka dapat. Video promosi ini dapat pula menjadi solusi dalam pemecahan masalah pada masyarakat dengan informasinya, dimana video ini akan di sebarluaskan melalusi social media ataupun setiap sosialiasasi yang sedang berjalan di PT. Berkah Kelola Dana dan dapat juga dipakai pada acara pameran Fintech yang menjamur di beberapa daerah se-Indonesia bahkan sampai ke mancanegara Dari hal tersebut, penulis mengangkat penelitian skripsi dengan judul : '“Perancangan Media Design Promosi Berbentuk Motion Graphic Pada PT. Berkah Kelola Dana”.'

Rumusan Masalah

Berdasarkan hal-hal yang telah diuraikan diatas, maka dapat ditarik beberapa perumusan masalah yang akan menjadi inti pembahasan dari penelitian ini sebagai berikut :

  1. Media apa yang dapat digunakan untuk mempromosikan Kaspia?
  2. Video promosi seperti apa yang dapat menarik perhatian pendana dan peminjam, agar dapat bekerjasama dengan Kaspia?
  3. Target seperti apa yang akan dicapai melalui perancangan media video promosi pada aplikasi Kaspia?

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup animasi interaktif yang dibuat hanya sebatas materi pada semester 1 (satu) di TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang seperti pengenalan tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk merancang media berbasis video motion graphic agar dapat bermanfaat dan menjadi daya tarik bagi pendana dan peminjam mengenai hal – hal yang berkaitan dengan Kaspia.
  2. Untuk mempermudah pihak perusahaan dalam menarik perhatian masyarakat untuk pendana berinvestasi pada Kaspia.
  3. Melakukan promosi kepada pengusaha mikro maupun pengusaha menengah keatas untuk bekerjasama dalam memberi pinjaman kepada mereka dengan keuntungan yang ada pada video promosi ini.

Manfaat Penelitian

  1. Melalui video promosi ini, perusahaan dapat memperkenalkan program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia kepada masyarakat.
  2. Melalui perancangan media video promosi ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target pada PT. Berkah Kelola Dana dengan program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia.
  3. Sebagai media penunjang informasi dan promosi untuk menarik minat masyarakat baik lokal maupun mancanegara untuk menjadi pendana atau peminjam pada Kaspia.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh dan melengkapi data – data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan video promosi wisata ini, dengan menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :</p>

Analisa Permasalahan

Analisis permasalahan didapatkan pada saat penulis melakukan pertemuan dengan stakeholder yaitu Nugroho Iman Panugu, S. Ak sebagai Bussiness Development pada PT. Berkah Kelola Dana.

Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Observasi dilakukan untuk pengambilan data yang diperlukan untuk perancangan video promosi melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada PT. Berkah Kelola Dana dalam Program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan stakeholder, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai media penunjang video promosi motion graphic seperti apa yang diinginkan oleh PT. Berkah Kelola Dana.

  3. Studi Pustaka

    Studi Pustaka adalah pengumpulan data – data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku – buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berkaitan dengan penulisan laporan skripsi Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), sebagai panduan secara teoritis.

Metode Analisa Perancangan Media

Perancangan video promosi motion graphic pada PT. Berkah Kelola Dana dalam Program Financial Technologi (Fintech) dengan nama Kaspia sebagai sarana informasi dan promosi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang menggunakan aplikasi program komputer grafis. Media – media yang akan digunakan sebagai sarana promosi video motion graphic dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CC, Adobe After Effect CC, Adobe Audition CC dan Corel Draw.


Konsep Produksi Media (KPM)

Akan disampaikan tahapan dari proses Konsep Produksi Media yaitu :

  1. Preproduction
  2. Production
  3. Postproduction


Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi, yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum dan Konsep Dasar Teori Khusus.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur, Visi dan Misi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Konsep Produksi MAVIB ialah tahapan – tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) sehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi maupun teoritisnya. Dalam bab ini diuraikan tentang Perencanaan Media, Perencanaan Broadcasting (Konsep Broadcasting), Perencanaan Audio (Konsep Audio), dan Perencanaan Visual (Konsep Visual).

BAB V PENUTUP

Pada bab ini berisikan tentang Kesimpulan dan Saran yang diberikan penulis kepada perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

Contributors

Aditya Romdhoni