SI1421477647
PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY
(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN
INFORMASI PADA PT. ARKA
MAHESA PRATAMA
JAKARTA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1421477647
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MAVIB
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2017/2018
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY
(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN
INFORMASI PADA PT. ARKA
MAHESA PRATAMA
JAKARTA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1421477647
|
Nama |
: Arsa Nugraha
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Juli 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM.) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 00594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY
(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN
INFORMASI PADA PT. ARKA
MAHESA PRATAMA
JAKARTA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1421477647
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Wahyu Hidayat, S.I. Kom.) |
(Sendy Zulfiandy, S.Kom.)
| ||
NID : 12002 |
NID : 05078
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY
(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN
INFORMASI PADA PT. ARKA
MAHESA PRATAMA
JAKARTA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1421477647
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Tangerang, September 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY
(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN
INFORMASI PADA PT. ARKA
MAHESA PRATAMA
JAKARTA
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM |
: 1421477647
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Januari 2018
NIM : 1421477647
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak atupun media elektronik berbentuk multimedia, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta yang terbilang baru dan masih mnggunakan media lisan dan tulisan, pameran, event dan website namun media tersebut kurang efektif untuk menginformasikan dan memperkenalkan PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta, maka pihak PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta membutuhkan media iklan informasi untuk menunjang berbagai kegiatan seperti menginformasikan kepada masyarakat luas website, design advertising, jurnalis, dan juga event. Pada konsep tersebut terdapat tahapan preproduction, production dan postproduction. Agar menghasilkan rancangan media berbasis video iklan yang menarik dan berkualitas digunakan aplikasi penunjang Adobe Illustrator CC 2017, Audition CC 2017, dan Adobe After Effect CC 2017, Adobe Media Encoder CC 2017, Maka dari itu karena kebutuhan tersebut penulis melakukan perancangan video yang dituangkan dalam laopran skripsi yang berjudul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY (GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN INFORMASI PADA PT. ARKA MAHESA PRATAMA JAKARTA”.
Kata Kunci: Informasi, Media dan Program Promosi
ABSTRACT
The development of information technology is advancing so rapidly a business entity is more likely to take advantage of developments in information technology as a means of socialization of the program of promotion of the products you want to offer to the public, for it takes the form of media that can be used as visual appeal. As in SMK Kusuma Bansga Tangerang which until now has means of supporting information promotion programs in accordance with the results of interviews conducted by researchers that the media used today considered not provide communication functions effectively to it as the need to support programs upcoming promotions willed form media-shape design that can address the needs of means of information that is effective, efficient, and well targeted. In a research opportunities Thesis I as students of Informatics Engineering Program Concentration MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) that dominate the field of multimedia and graphic design take on a research topic with the title "Design Media Design Shaped Magazine For Media Information and Promotion On SMK Kusuma Banga Tangerang". From the results of the draft media if it has been implemented is expected from the school can improve the effectiveness of the promotion program information so that there is an increase of approximately 20% per year.
Keywords: Information, Media and Promotion Program
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan anugerah-Nya serta senantiasa melimpahkan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO
IKLAN SPORT PARTY (GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN INFORMASI PADA PT. ARKA MAHESA PRATAMA JAKARTA”.
Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa tersusunnya skripsi ini
bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
- Bapak Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM. selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika dan Stakeholder Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi penulis.
- Bapak Wahyu Hidayat, S.I. Kom., selaku Pembimbing I yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak Sendy Zulfiandy S.Kom., MM selaku pembimbing II yang telah memberikan arahan serta motivasi demi terselesainya laporan skripsi.
- Bp. Yoga Pratama S.I.Kom selaku Stakeholder yang telah membantu berjalannya projek skripsi.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
- Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah ikut membantu dalam penyusunan laporan Skripsi ini.
Tangerang, Juli 2018 | |
Arsa Nugraha | |
NIM. 1421477647 |
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 3 BAB III
- 4 BAB IV
- 5 BAB V
- 6 DAFTAR PUSTAKA
Tabel 3.1. Material Produk
Tabel 3.2. Kondisi Pesaing
Tabel 3.3. Analisis SWOT
Tabel 3.4. Budget Produksi Media
Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I
Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II
Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III
Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi
Gambar 3.1. Struktur Organisasi
Gambar 3.2. Skema Alur Kerja
Gambar 4.1. Layout Kasar Halaman 1
Gambar 4.2. Layout Kasar Halaman 2
Gambar 4.3. Layout Kasar Halaman 3
Gambar 4.4. Layout Kasar Halaman 4
Gambar 4.5. Layout Kasar Halaman 5
Gambar 4.6. Layout Kasar Halaman 6
Gambar 4.7. Layout Kasar Halaman 7
Gambar 4.8. Layout Kasar Halaman 8
Gambar 4.9. Layout Kasar Halaman 9
Gambar 4.10. Layout Kasar Halaman 10
Gambar 4.11. Layout Kasar Halaman 11
Gambar 4.12. Layout Kasar Halaman 12
Gambar 4.13. Layout Kasar Halaman 13
Gambar 4.14. Layout Kasar Halaman 14
Gambar 4.15. Layout Kasar Halaman 15
Gambar 4.16. Layout Kasar Halaman 16
Gambar 4.17. Layout Kasar Halaman 17
Gambar 4.18. Layout Kasar Halaman 18
Gambar 4.19. Layout Kasar Halaman 19
Gambar 4.20. Layout Kasar Halaman 20
Gambar 4.21. Layout Kasar Halaman 21
Gambar 4.22. Layout Kasar Halaman 22
Gambar 4.23. Layout Kasar Halaman 23
Gambar 4.24. Layout Kasar Halaman 24
Gambar 4.25. Layout Komprehensif Halaman 1
Gambar 4.26. Layout Komprehensif Halaman 2
Gambar 4.27. Layout Komprehensif Halaman 3
Gambar 4.28. Layout Komprehensif Halaman 4
Gambar 4.29. Layout Komprehensif Halaman 5
Gambar 4.30. Layout Komprehensif Halaman 6
Gambar 4.31. Layout Komprehensif Halaman 7
Gambar 4.32. Layout Komprehensif Halaman 8
Gambar 4.33. Layout Komprehensif Halaman 9
Gambar 4.34. Layout Komprehensif Halaman 10
Gambar 4.35. Layout Komprehensif Halaman 11
Gambar 4.36. Layout Komprehensif Halaman 12
Gambar 4.37. Layout Komprehensif Halaman 13
Gambar 4.38. Layout Komprehensif Halaman 14
Gambar 4.39. Layout Komprehensif Halaman 15
Gambar 4.40. Layout Komprehensif Halaman 16
Gambar 4.41. Layout Komprehensif Halaman 17
Gambar 4.42. Layout Komprehensif Halaman 18
Gambar 4.43. Layout Komprehensif Halaman 19
Gambar 4.44. Layout Komprehensif Halaman 20
Gambar 4.45. Layout Komprehensif Halaman 21
Gambar 4.46. Layout Komprehensif Halaman 22
Gambar 4.47. Layout Komprehensif Halaman 23
Gambar 4.48. Layout Komprehensif Halaman 24
Gambar 4.49. Final Artwork Halaman 1
Gambar 4.50. Final Artwork Halaman 2
Gambar 4.51. Final Artwork Halaman 3
Gambar 4.52. Final Artwork Halaman 4
Gambar 4.53. Final Artwork Halaman 5
Gambar 4.54. Final Artwork Halaman 6
Gambar 4.55. Final Artwork Halaman 7
Gambar 4.56. Final Artwork Halaman 8
Gambar 4.57. Final Artwork Halaman 9
Gambar 4.58. Final Artwork Halaman 10
Gambar 4.59. Final Artwork Halaman 11
Gambar 4.60. Final Artwork Halaman 12
Gambar 4.61. Final Artwork Halaman 13
Gambar 4.62. Final Artwork Halaman 14
Gambar 4.63. Final Artwork Halaman 15
Gambar 4.64. Final Artwork Halaman 16
Gambar 4.65. Final Artwork Halaman 17
Gambar 4.66. Final Artwork Halaman 18
Gambar 4.67. Final Artwork Halaman 19
Gambar 4.68. Final Artwork Halaman 20
Gambar 4.69. Final Artwork Halaman 21
Gambar 4.70. Final Artwork Halaman 22
Gambar 4.71. Final Artwork Halaman 23
Gambar 4.72. Final Artwork Halaman 24
BAB I
Latar Belakang Penelitian
Dunia teknologi khususnya dalam bidang informasi dan promosi di Indonesia ini semakin berkembang. Oleh karena itu setiap perusahaan atau lembaga dalam mempromosikan produknya membutuhkan media yang dapat memberikan nilai tambah terhadap perusahaan atau lembaga dalam program promosi tersebut. Banyak cara yang dilakuakan perusahaan atau lembaga dalam menyampaikan informasi dan promosi kepada masyarakat, antara lain melalui media cetak, diantaranya dengan brosur, pamflet, majalah, spanduk dan lain sebagainya. Sampai saat ini, cara tersebut masih banyak ditemui di sekitar. Terbukti bahwa cara tersebut mampu menginformasikan dan mempromosikan produk kepada masyarakat secara luas.
Media merupakan sarana perantara yang efektif untuk menyampaikan pesan berupa informasi. Pemilihan media merupakan hal terpenting yang harus dilakukan agar suatu pesan atau informasi dapat sampai pada target. Media Informasi memiliki beberapa macam diantaranya media cetak, media massa, media elektronik, media film, dan lain sebagainya. Media juga bisa sebagai bahasa yang berfungsi untuk penyebaran informasi, memperkuat eksistensi informasi, dan menghibur. Media adalah salah satu penyebaran informasi terpenting dalam menyediakan informasi secara lengkap dan mendalam mengenai pesan yang disampaikan.
SMK Kusuma Bangsa Tangerang adalah sebuah lembaga pendidikan yang beralamatkan di Jl. Aster Iv Perum. Bumi Indah Tahap 1 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Saat ini SMK Kusuma Bangsa Tangerang masih menggunakan media brosur dan spanduk untuk menyampaikan informasi dan promosi kepada calon siswa-siswi baru yang hendak bergabung di SMK Kusuma Bangsa Tangerang. Media brosur dan spanduk dirasa masih kurang lengkap dan jelas dalam menyampaikan informasi dan promosi. Sehingga pihak sekolah membutuhkan media baru yang dapat menyampaikan informasi dan promosi menjadi lebih lengkap dan jelas.
Majalah adalah sebuah bentuk media cetak yang dirasa mampu menyampaikan informasi dan promosi lebih lengkap dan jelas dibanding dengan brosur atau spanduk. Sementara itu, SMK Kusuma Bangsa juga belum memiliki sebuah media desain informasi dan promosi berbentuk majalah. Maka dari itu, dengan dibuatnya media desain majalah, informasi dan promosi yang biasanya hanya dituangkan dalam brosur, nantinya dapat dimuat dengan lebih lengkap dan jelas di majalah. Seperti halnya, latar belakang sekolah, visi & misi, jurusan, sarana & pra sarana, ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah. Beberapa hal tersebut akan dituangkan dan dibalut dengan desain semenarik mungkin, agar dapat menambah minat pembacanya untuk bergabung dengan SMK Kusuma Bangsa Tangerang.
Maka dari itu, dikarenakan media informasi dan promosi yang dimiliki oleh SMK Kusuma Bangsa Tangerang masih kurang lengkap dan jelas dalam penyampaiannya. Penulis menyimpulkan dan menentukan topik penelitian yang diberi judul “PERANCANGAN MEDIA DESAIN BERBENTUK MAJALAH GUNA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK KUSUMA BANGSA TANGERANG”
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah tertulis diatas, maka penulis mengemukakan hal-hal yang akan dibahas pada topik ini sebagai berikut:
-
Media desain seperti apa yang mampu menyampaikan informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang secara lebih lengkap dan jelas?
-
Bagaimana merancang sebuah desain majalah yang mampu memberikan informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang secara lebih lengkap dan jelas?
-
Setelah perancangan media desain majalah dapat diimplementasikan, berapa target yang diinginkan oleh SMK Kusuma Bangsa Tangerang?
Ruang Lingkup Penelitian
Agar pembahasan lebih terarah tidak menyimpang dari topik penelitian, penulis dalam hal ini membatasi permasalahan yang akan dibahas. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang yang akan dibuat pada media desain berbentuk majalah. Seperti, latar belakang sekolah, visi & misi, jurusan, sarana & pra sarana, ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah. Sehingga, dapat digunakan sebagai penunjang informasi dan promosi yang lebih lengkap dan jelas. Serta, diharapkan mampu meningkatkan perolehan penerimaan siswa baru di setiap tahunnya.
Tujuan Dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
-
Merancang media desain yang menyajikan informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang secara lebih lengkap dan jelas.
-
Untuk meningkatkan kualitas SMK Kusuma Bangsa dalam meyampaikan informasi dan promosi.
-
Untuk meningkatkan minat calon siswa-siswi baru untuk bergabung dengan SMK Kusuma Bangsa Tangerang.
Manfaat Penelitian
-
Melalui perancagan media desain majalah, informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang dapat disampaikan dengan lebih lengkap dan jelas.
-
Dengan adanya media desain majalah, mampu meningkatkan daya tarik SMK Kusuma Bangsa Tangerang di mata masyarakat khususnya para calon siswa-siswi baru.
-
Dengan melihat isi dari desain majalah, dapat meningkatkan minat para calon siswa-siswi yang hendak bergabung dengan SMK Kusuma Bangsa Tangerang.
Metodologi Penelitian
Analisa Permasalahan
Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada hari Jumat, 13 April 2018 di SMK Kusuma Bangsa Tangerang dengan Bpk. Taopiq Ermawan, SS. sebagai stakeholder.
Pengumpulan Data
-
Metode Observasi
-
Metode Wawancara (Interview)
-
Studi Pustaka
Penulis melakukan peninjauan langsung dengan cara mendatangi SMK Kusuma Bangsa Tangerang yang berada di Jl. Aster IV Perum. Bumi Indah Tahap 1 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang untuk memperoleh data yang diperlukan berkaitan dengan penelitian.
Penulis melakukan tanya jawab langsung dengan pihak SMK Kusuma Bangsa Tangerang untuk memperoleh informasi guna mendukung perlengkapan penulisan laporan penelitian dan pengembangan dalam perancangan media desain majalah.
Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian.
Sumber Data
-
Data Internal
-
Data Eksternal
Data yang menggambarkan keadaan atau kejadian di dalam suatu instansi atau lembaga, agar mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk pembuatan laporan skripsi ini.
Data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan diluar suatu instansi atau lembaga.
Analisa Perancangan Media
Media komunikasi visual dirancang berdasarkan analisa kebutuhan stakeholder dengan pengolahan data, informasi yang didapatkan dan diproduksi menggunakan aplikasi program computer grafis seperti Adobe Illustrator CS6 dan Adobe Photoshop CS6.
Konsep Desain
Dalam konsep desain akan disampaikan tahapan-tahapan proses desain media yaitu :
-
Perencanaan Media
-
Perencanaan Pesan
-
Perencanaan Visual
Perencanaan Media adalah proses penyusunan rencana penjadwalan yang menunjukkan bagaimana waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan pemasaran, perencanaan media yang dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian lebih besar dari target audiensi.
Pada tahap perencanaan pesan. Menjelaskan informasi serta isi konsep yang berisikan pesan yang akan disampaikan kepada para calon siswa dan siswi baru, bahwa didalam informasi tersebut harus menjelaskan pesan yang akan disampaikan kepada audience.
Pada tahap perencanaan visual. Terlebih dahulu menyiapkan konsep dari desain yang akan dirancang seperti tujuan dan image yang akan ditunjukan. Visual strategi yang dibuat untuk menyampaikan informasi kepada audience.
Sistematika Penulisan
Pada sistematika penulisan terbagi menjadi lima bab dan setiap bab terbagi dalam sub bab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:
Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat, Metode Penelitian serta Sistematika Penulisan.
Dalam bab ini penulis menjelaskan teori-teori umum dan khusus yang berkaitan dengan judul pengembangan yang dapat dijadikan sebagai dasar acuan untuk penulisan bab selanjutnya.
Dalam bab ini penulis menggambarkan objek yang dibuat mengenai sejarah singkat sekolah, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab tiap-tiap bagian, Product Information, Market Analysis, Market Potential, Market Segmentation dan Marketing Objective.
Berisi tahapan-tahapan : Perencanaan Media berisi Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Perencanaan Pesan, yang berisi Tujuan Pesan dan Strategi Pesan. Perencanaan Visual, yang berisi Tujuan Visual, Strategi Visual dan Proses Desain. Pada Proses Desain terdapat Layout Kasar, Layout Komprehensif dan Final Art Work.
Berisikan tentang kesimpulan, saran, dan kesan yang dapat di berikan oleh penulis dari hasil penelitian selama observasi.
Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.
Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.
BAB II
Teori Umum
Konsep Dasar Perancangan
-
Pengertian Perancangan
-
Proses Perancangan Secara Umum
Konsep Dasar Media
-
Pengertian Media
-
Alternatif Media
Konsep Dasar Promosi
-
Pengertian Promosi
-
Tujuan Promosi
-
Bentuk Promosi
Konsep Dasar Informasi
-
Pengertian Data
-
Pengertian Informasi
-
Kualitas Informasi
-
Nilai Informasi
Konsep Dasar Analisis SWOT
-
Pengertian Analisis SWOT
-
Faktor Analisis SWOT
Teori Khusus
Konsep Dasar Desain
-
Definisi Desain
-
Fungsi-fungsi Desain
-
Prinsip Desain Grafis
Konsep Dasar Majalah
-
Definisi Majalah
-
Sifat Majalah
-
Bentuk-bentuk Majalah
Pengertian Tipografi
Pengertian Warna
Konsep Dasar Layout
-
Pengertian Layout
-
Jenis-jenis Layout
Teori Desain Komunikasi Visual
Program Aplikasi Penunjang Produksi Media
-
Adobe Photoshop CS6
-
Adobe Illustrator CC
Konsep Dasar Elisitasi
Literature Review
BAB III
Gambaran Umum
Sejarah Singkat SMK Kusuma Bangsa Tangerang
Visi, Misi dan Tujuan SMK Kusuma Bangsa Tangerang
Struktur Organisasi SMK Kusuma Bangsa Tangerang
Wewenang dan Tanggung Jawab
Informasi Produk
Produk
Produksi
Latar Belakang Produk
Perkembangan Produk
Material Produk
Spesifikasi Produk
Harga Produk
Market Analysis
Market Positioning
Kondisi Pesaing
Market Potential
Market Segmentation
Marketing Objective
Marketing Strategy
Konfigurasi Perancangan
Spesifikasi Hardware
Software yang Digunakan
Budget Produksi Media
Elisitasi
Elisitasi Tahap I
Elisitasi Tahap II
Elisitasi Tahap III
Final Draft Elisitasi
BAB IV
Perancangan Media
Tujuan Media
Strategi Media
Perancangan Pesan
Tujuan Kreatif
Strategi Kreatif
Perancangan Visual
Tujuan Visual
Strategi Visual
Penulisan Naskah
Pengarahan Visualisasi
Proses Desain (Designing)
BAB V
Kesimpulan
Setelah penulis melakukan observasi dan wawancara dengan stakeholder di SMK Kusuma Bangsa Tangerang didapat beberapa kesimpulan yaitu:
- Dengan adanya media desain majalah, informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang dapat disajikan lebih lengkap dan jelas. Serta mampu meningkatkan minat calon siswa - siswi baru untuk bergabung.
- Media desain majalah yang menyajikan latar belakang sekolah, visi & misi, jurusan, sarana & pra sarana, ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah. Serta dibalut dengan desain yang menarik. Mampu menambah pemahaman calon siswa – siswi tentang SMK Kusuma Bangsa Tangerang.
- Setelah media desain majalah SMK Kusuma Bangsa Tangerang diimplementasikan, target yang diinginkan adalah meningkatkan pemahaman dan kualitas SMK Kusuma Bangsa Tangerang kepada calon siswa-siswi baru. Dari hal tersebut, diharapkan untuk angka pendaftaran siswa - siswi baru meningkat sekitar 20% dari tahun sebelumnya.
Saran
Berdasarkan penelitian yang telah disimpulkan, terdapat beberapa saran untuk SMK Kusuma Bangsa Tangerang, diantaranya:
- Agar kedepannya media desain majalah terus diperbarui setiap tahunnya dan sebaiknya SMK Kusuma Bangsa melakukan penerapan yang lebih efektif agar dapat dilihat oleh masyarakat luas.
- Agar SMK Kusuma Bangsa membentuk suatu tim yang beranggotakan siswa – siswi untuk memperbarui media desain majalah di setiap tahunnya. Dengan demikian akan lebih mengasah kemampuan siswa – siswi dalam hal desain dan jurnalistik.
- Agar SMK Kusuma Bangsa terus melakukan pengembangan yang mampu menambah nilai jual dan kualitas, misalnya dalam hal program studi, tenaga pengajar, sarana dan prasarana, kegiatan, prestasi sekolah dan lain sebagainya.