Perancangan Corporate Identity dan GSM (Graphic Standard Manual) Sebagai Panduan Setiap Aplikasi Media Dalam Meningkatkan Efektifitas Image Perusahaan Pada CV. Italik Komunika Tangerang Selatan: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Proses Perancangan Secara Umum)
(Proses Perancangan Secara Umum)
Baris 320: Baris 320:
 
<div style="font-size: 120%;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 120%;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">  
 
<p style="line-height: 2">  
Data dapat berupa text atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah datatersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang pentingsehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samara tau ditiadakan sama sekali. Datadapat berupa data informative yaitu berupa foto atau teks dan judul serta dataEstetis yaitu berupa bingkai, background,efek grafis garis atau bidang.</p></div>
+
::Data dapat berupa text atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah datatersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang pentingsehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samara tau ditiadakan sama sekali. Datadapat berupa data informative yaitu berupa foto atau teks dan judul serta dataEstetis yaitu berupa bingkai, background,efek grafis garis atau bidang.</p></div>

Revisi per 1 Februari 2015 11.31

PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY DAN GSM (GRAPHIC STANDARD MANUAL)

SEBAGAI PANDUAN SETIAP APLIKASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN

EFEKTIFITAS IMAGE PERUSAHAAN PADA CV. ITALIK KOMUNIKA

TANGERANG SELATAN


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1021464933
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING (MAVIB)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014 / 2015)



   

ABSTRAKSI

Pada persaingan bisnis, pihak yang ingin mengembangkan usaha. Tentu membutuhkan identitas usaha yang diharapkan dapat memper mudah untuk mengenal jenis usaha yang ingin ditawarkan kepada masyarakat, selain bentuk identitas usaha juga dibutuhkan standarisasi visual yang dapat digunakan sebagai panduan setiap kebutuhan aplikasi media-media yang dibutuhkan, sehingga perusahaan dapat mengetahui fungsi dan kegunaan corporate identity yang penerapannya dibakukan melalui panduan yang disebut GSM (Graphic Standard Manual) dan Agar setiap penerapan terhadap setiap aplikasi media yang dibutuhkan perusahaan dapat terjaga nilai konsistensinya. hasil observasi mahasiswa pada CV. Italik Komunika yang bergerak dibidang jasa layanan desain grafis dan printing, bahwa diketahui belum terdapat coporate identity dan GSM (Graphic Standard Manual). Maka sesuai kebutuhan CV. Italik Komunika yang belum terdapatnya sarana penunjang efektifitas dalam meningkatkan image identitas perusahaan, maka saya sebagai mahasiswa mengangkat judul “PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY DAN GSM (GRAPHIC STANDARD MANUAL) SEBAGAI PANDUAN SETIAP APLIKASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS IMAGE PERUSAHAAN PADA CV. ITALIK KOMUNIKA TANGERANG SELATAN " . Rancangan aplikasi media yang dihasilkan diantaranya : aplikasi media kartu nama, aplikasi media Id card , aplikasi media kop surat, aplikasi media amplop, aplikasi media kwitansi pesanan order,aplikasi media kwitansi pembayaran, aplikasi media papan nama, aplikasi media stempel. Aplikasi media tersebut dibantu menggunakan software Adobe Illustrator CS6. Dari hasil rancangan aplikasi media jika telah diimplementasikan harapannya dapat meningkakan jumlah pesanan yang telah ditargetkan oleh perusahaan CV. Italik Komunika.

Kata kunci : corporate identity, GSM (Graphic Standard Manual), identitas perusahaan, aplikasi media.

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Pada persaingan bisnis, pihak yang ingin mengembangkan usaha, tentu membutuhkan identitas usaha yang diharapkan dapat mempermudah untuk mengenal jenis usaha yang ingin ditawarkan kepada masyarakat. Selain bentuk identitas usaha juga dibutuhkan standarisasi visual yang dapat digunakan sebagai panduan setiap kebutuhan aplikasi media-media yang dibutuhkan.


Dari permasalahan yang disampaikan,dapat dipahami begitu pentingnya sebuah identitas usaha yang dapat diterapkan kepada tiap-tiap rancangan media yang akan dibutuhkan dalam operasional perusahaan. Pada permasalahan identitas usaha perlu dipersiapkan corporate identity berupa rancangan logo yang disertai perencanaan filosofi yang disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan. Agar setiap penerapan logo sebagai identitas perusahaan memiliki konsistensi bentuk ataupun pewarnaan maka akan direncanakan mengenai standarisasi warna logo dan standarisasi penempatan logo untuk tiap-tiap media yang dibutuhkan. Selanjutnya perencanaan aplikasi media-media yang dibutuhkan yang disertai penempatan corporate identity yang konsisten sehingga kapanpun dan siapapun yang akan memproduksi media-media yang dibutuhkan akan mengacu pada panduan yang telah dibakukan oleh pihak perusahaan.


Identifikasi Masalah

1. Setiap badan usaha Belum tentu memiliki dasar-dasar teoritis corporate identity dan GSM (Graphic Standar Manual) yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

2. Setiap badan usaha Belum mengetahui arti pentingnya corporate identity dan GSM (GraphicStandar Manual).

3. Sering terjadi kesalahan ataupun pergeseran mengenai penggunaan identitas usaha.

4. Sering terjadi kesalahan ataupun pergeseran pewarnaan logo sebagai identitas perusahaan.

5. Sering terjadi tidak konsisten penempatan logo sebagai identitas usaha.

6. Sering terjadi kesalahan warna pada tiap-tiap logo yang dipergunakan.

7. Sering terjadinya perubahan identitas usaha dikarenakan adanya perubahan fungsi pelayanan yang diberikan.

8. Image corporate identity terhadap CV. Italik Komunika masih lemah

9. Kebutuhan akan perancangan identitas usaha dianggap penting sebagai salah satu proses pengenalan kepada pelanggan dan khalayak luas khususnya CV. Italik komunika membutuhkannya.

10. Identitas CV. Italik Komunika kurang mendapatkan perhatian dimata masyarakat.

11. Bentuk dan filosofi belum dapat menjadi sarana meningkatkan motivasi etos kerja.


Pembatasan Masalah

Dari permasalahan yang disampaikan di atas, sehubungan dengan keterbatasan referensi pengetahuan dan keterampilan maka permasalahan yang ingin di selesaikan dalam skripsi ini adalah:

1. Dari bentuk visual logo sebagai corporate identity usaha akan diberikan makna filosofi berdasarkan visi misi yang dimiliki CV. Italik Komunika.

2. Panduan Warna logo sebagai identitas usaha.

3. Panduan penerapan logo sebagai identitas perusahaan terhadap setiap kebutuhan Aplikasi media yang dibutuhkan.


Ruang Lingkup

Berdasarkan pembatasan masalah yang ditemukan, agar pembahasan menjadi fokus dan terarah, permasalahan dibatasi mengenai pemberian makna filosofi logo sebagai identitas usaha, membuat panduan penerapan identitas usaha yang dibakukan sebagai pedoman dalam merancang aplikasi media yang dibutuhkan dalam operasional usaha CV. Italik Komunika diantaranya: rancangan media kartu nama, rancangan media kop Surat, rancangan media amplop,rancangan media memo, rancangan tanda pesanan order, rancangan lembar kwitasi pembayaran, rancangan media Id card,rancangan media papan nama dan rancangan media stempel.


Rumusan Masalah

a. Perancangan aplikasi media apa saja yang dapat dijadikan sarana peningkatan pencitraan dalam sosialisasi berupa informasi usaha CV. Italik Komunika?

b. Media panduan seperti apa yang dapat dijadikan pedoman yang dibakukan setiap kebutuhan rancangan media yang dibutuhkan CV. Italik Komunika?

c. Dari implementasi corporate identity yang telah di bakukan dan di berikan panduan berupa GSM (Graphic Standard Manual) target apa yang diinginkan oleh CV. Italik Komunika?


Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan corporate identityyang penerapannya telah dibakukan melalui panduan yang disebut GSM (Graphic Standard Manual) dalam operasional jenis usaha.

2. Agar setiap penerapan terhadap setiap aplikasi media yang dibutuhkan perusahaan dapat terjaga nilai konsistensinya.

3. Memiliki panduan yang telah dibakukan oleh perusahaan.

Manfaat Penelitian

1. Konsistensi penerapan logo sebagai identitas perusahaan, dalam penerapan posisi maupun pewarnaan selalu dapat terjaga.

2. Aplikasi media yang dibutuhkan siapapun, kapanpun dan dimanapun akan selalu dapat konsisten, formatnya, komposisi dan pewarnaanya.

3. Dengan terdapat konsistensi penggunaan logo sebagai identitas perusahaan pencitraan usaha semakin meningkat.


Metodologi Penelitian

1. Analisa Permasalahan

Permasalahan ditentukan berdasarkan hasil interview dengan Bpk. Agus K. Palupi selaku Direktur Italik Komunika yang dilakukan pada tanggal 02 September 2014 bertempat dikantor CV. Italik Komunika dengan diperkuat dengan penggunaan bentuk pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan pihak terkait perusahaan kurang lebih sepuluh orang yang dijadikan responden.

2. Pengumpulan Data

a. Metode Pengamatan Langsung (Observasi)

Adalah pengumpulan data melalui pengamatan langsung atau peninjauan secara cermat dan langsung di lapangan atau lokasi penelitian. Dalam hal ini, peneliti dengan berpedoman kepada desain penelitiannya perlu mengunjungi lokasi penelitian untuk mengamati langsung berbagai hal atau kondisi yang ada pada CV.Italik Komunika kantor Permata Green Residance Kav.3.

b. Metode Wawancara (Interview)

Adalah metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara pada pihak perusahaan khususnya bagian pemasaran mengenai pemilihan desain yang sebelumnya ada pada CV. Italik Komunika kantor Permata Green Residance Kav.3.

c. Metode Studi Pustaka)

Segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yangakan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari buku – bukuilmiah, laporan penelitian, karangan – karangan ilmiah, tesis dan disertasi,peraturan – peraturan, ketetapan – ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia, dansumber – sumber tertilis baik tercetak maupun elektronik.

3. Analisa Perancangan Media

Pengolahandata atau informasi yang akan diangkat dan akan dianalisa, dengan menggunakan software dalam proses desain yaitu AdobeIllustrator.

4. Konsep Desain

Bagian ini menjelaskan mengenai :

a. Perencanaan Media

b. Perencanaan Pesan

c. Perencanaan Visual

5. Penutup

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan skripsi ini saya kelompokkan menjadi beberapa bab dan sub-bab yang secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Dalam bab ini, berisi tentang pengertian desain, pengertian grafis, pengertian media, unsur-unsur komunikasi grafis, dan definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.

BAB III : IDENTIFIKASI MASALAH

Pada bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, informasi tentang produk, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective, marketing strategi, budget produksi, konfigurasi hardware.

BAB IV : KONSEP DESAIN

Bab ini membahas mengenai perancanagan(konsep media), tujuan media, strategi media, program media, konsep kreatif yang meliputi tujuan kreatif, strategi kreatif, dan, konsep visual.

BAB V : PENUTUP

Pada bab ini merupakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, memberikan saran-saran yang bersifat membangun sebagai bahan masukan untuk melakukan perbaikan bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


BAB II

LANDASAN TEORI


 

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

MenurutIwan Binanto dalam buku Multimedia Dasar (Teori dan Pengembangannya) yangditerbitkan oleh Andi tahun 2010: hal.260-261) “Perancangan adalah tahapanpembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dankebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambar deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan alirandari satu scene ke scene lain”.

Menurut Hendratman, Hendi, dalam bukunya yang berjudul Tips N Trix Computer Graphics Design yang diterbitkan oleh Informatika Bandung, tahun 2010 hal.9-12 “Perancangan adalahmerupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telahdirencanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yangtidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapandan pengolahan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yangsudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik”.

Dari teori dasar yang dikemukakan diataspengertian Perancangan pada topicpenelitian tugas akhir ini dapat disimpulkan Perancangan adalah perwujudanrancangan visual dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan berdasarkanhasil analisa permasalahan yang telah dilakukan berupa gagasan dan ide-idemelalui proses pengolahan secara sistematis yang akan menghasilkan hal-hal yangteratur.


Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman dalambukunya Tips N Trix Computer GraphicsDesign yang diterbitkan oleh Informatika Bandung, tahun 2010: hal.09-12:

a. PersiapanData

Data dapat berupa text atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah datatersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang pentingsehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samara tau ditiadakan sama sekali. Datadapat berupa data informative yaitu berupa foto atau teks dan judul serta dataEstetis yaitu berupa bingkai, background,efek grafis garis atau bidang.

Contributors

Adityuda