SI1521490211: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB I)
Baris 470: Baris 470:
 
<p style="line-height: 2">Pada bab ini berisikan tentang kesimplan dan saran yang ditunjukan untuk instansi yang telah di observasi.</p></div>
 
<p style="line-height: 2">Pada bab ini berisikan tentang kesimplan dan saran yang ditunjukan untuk instansi yang telah di observasi.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
<p style="line-height: 2">Daftar Pustaka</p></div>
+
<p style="line-height: 2">'''Daftar Pustaka'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan skripsi ini.</p></div>
 
<p style="line-height: 2">Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan skripsi ini.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
<p style="line-height: 2">Lampiran</p></div>
+
<p style="line-height: 2">'''Lampiran'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Berisikan tentang daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.</p></div>
 
<p style="line-height: 2">Berisikan tentang daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.</p></div>
 
  
 
=='''Teori Umum'''==
 
=='''Teori Umum'''==

Revisi per 8 Februari 2020 11.20


PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI

BERUPA MAJALAH DAN BROSUR

UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG


SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1521490211

NAMA : YULIAN DWI GUSTANTO


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Dekan Fakultas
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja Informatika
       
Program Studi Teknik
           
           
           
                       
       
(Ruli Supriati,S.Kom.,M.T.I.)
NIP : 006095
       
NIP : 073009
       
Rektor
       
Universitas Raharja
       
           
           
           
                       
(Dr. Po. (Abas Sunarya, M.Si)
NIP : 000603

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Junaidi, S.Kom.., M.kom)
   
(Wahyu Hidayat S.I..,Kom)
NID : 05062
   
NID : 12002



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2019 / 2020

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA

MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD

TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521490211
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

 

Tangerang, Januari 2020
Yulian Dwi Gustanto
NIM : 1521490211

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

Pada dasarnya perkembangan dan kemajuan teknologi informasi kian hari semakin pesat. Saat ini informasi bisa didapat dari mana saja, dan salah satunya melalui media cetak seperti majalah dan juga brosur. Informasi berperan sangat penting dikehidupan masyarakat saat ini, dengan adanya informasi memudahkan masyarakat dalam mencari info-info yang ingin mereka cari. Khususnya media cetak berbentuk desain, dan salah satu media desain yang nantinya bisa digunakan sebagai media informasi dan promosi adalah majalah dan brosur. Oleh karena itu penulis membuat media desain majalah dan brosur pada SMK AL-Ijtihad Tangerang agar bisa digunakan untuk memberikan informasi dan juga promosi yang mudah diketahui oleh masyarakat, promosi pun menjadi lebih efektif dan menarik dengan desain majalah dan brosur tersebut. Untuk nantinya diharapkan dapat meningkatkan citra sekolah dan bisa dipromosikan kepada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan SMK. Perancangan desain majalah dan brosur ini sendiri dibuat menggunakan software desain Adobe Photoshop cs6, oleh karena itu penulis melakukan perancangan media desain majalah dan brosur yang dirangkum dalam laporan skripsi ini. Dan semoga bisa diimplementasikan sekolah sebagai media informasi maupun promosi untuk menarik calon siswa-siswi baru.

Kata kunci : [Informasi, Majalah,Promosi]


ABSTRACT


Basically, the development and progress of information technology is increasingly rapid. At present information can be obtained from anywhere, and one of them through print media such as magazines and brochures. Information plays a very important role in people's lives today, with information making it easier for people to find the information they want to find. Especially print media in the form of design, and one of the design media that can later be used as information and promotional media is magazines and brochures. Therefore, the authors make the media design of magazines and brochures at the AL-Ijtihad Tangerang Vocational School so that they can be used to provide information and also promotions that are easily known by the public, and the promotion becomes more effective and attractive with the design of the magazine and brochure. For later it is hoped that it can improve the image of the school and can be promoted to students who wish to continue their education to a vocational level. The design of the magazine and brochure design itself was created using Adobe Photoshop cs6 design software, therefore the authors did the design of the magazine and brochure design media summarized in this thesis report. And hopefully the school can be implemented as a medium of information and promotion to attract prospective new students.

Keywords: [Information,Magazine, stock, Promotion]



Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Multimedia juga mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerak. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran, data rahasia perusahaan dan informasi mengenai klien bisnis.
Sekitar tahun 1970 bebeerapa ulama dan tokoh masyarakat yang concern dalam hal pendidikan, dakwah dan sosial kemasyarakatan khususnya diwilayah Kota Tangerang yang tergabung dalam wadah DKM Masjid Agung Al-Ittihad mereka diantaranya : H. Somawinata (tokoh masyarakat dan mantan pegawai Pemda Kab. Tangerang), H.A. Tohiruddin Abdullah Amin (tokoh masyarakat Tangerang), K.H. Abdul Fattah Sulaeman (tokoh masyarakat Kota Tangerang), H.A Supri Shahib (tokoh masyarakat Kota Tangerang), H.A. Bajuri (tokoh masyarakat Tangerang).
Dengan majalah yang akan penulis buat untuk SMK AL-ijtihad Tangerang akan membuat majalah dan brosur sedetail dan semenarik mungkin seperti halnya, profil sekolah, visi & misi, fasilitas, keunggulan, serta kegiatan, dengan beberapa hal tersebut akan dimuat dengan desain semenarik mungkin. Agar dapat menambah pemahaman bagi calon siswa baru tentang informasi SMK AL-ijtihad Tangerang.
Maka dari itu, dikarenakan media informasi dan promosi yang dimiliki oleh SMK AL-ijtihad Tangerang masih kurang lengkap dan kurang jelas dalam penyampaiannya. Telah disimpulkan dari topik penelitian ini berjudul “Perancangan desain informasi dan promosi berupa majalah dan brosur untuk SMK AL-Ijtihad Tangerang.”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah tertulis diatas, maka penulis mengemukakan hal-hal yang akan dibahas pada topik ini sebagai berikut:
  1. Bentuk media seperti apa yang dapat melengkapi informasi dan promosi pada SMK AL-ijtihad Tangerang? berjalan saat ini pada PT.Shyang Yao Fung Industri?
  2. Bagaimana merancang media majalah dan brosur yang dapat meningkatkan pencitraan terhadap SMK AL-ijtihad Tangerang?
  3. Manfaat seperti apa yang akan dicapai melalui media majalah dan brosur agar berpengaruh terhadap SMK AL-ijtihad Tangerang?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan lebih terarah dan tidak menyimpang dari topik penelitian, penulis dalam hal ini membatasi masalah yang akan dibahas, adapun permasalahan yang akan dibahas adalah informasi dan promosi pada SMK AL-ijtihad Tangerang yang akan dibuat pada media desain berbentuk majalah dan brosur. Seperti profil sekolah, visi & misi, keunggulan, fasilitas serta kegiatan dan prestasi. Sehingga dapat digunakan sebagai penunjang informasi dan promosi yang lebih lengkap, jelas dan menarik. Serta mampu meningkatkan minat calon siswa baru disetiap tahunnya.

Tujuan Penelitian

  1. Menciptakan bentuk media yang dapat melengkapi informasi dan promosi pada SMK AL-ijtihad Tangerang.
  2. Menciptakan rancangan media majalah dan brosur yang dapat meningkatkan pencitraan terhadap SMK AL-ijtihad Tangerang.
  3. Mengetahui manfaat apa saja yang dapat dicapai melalui media majalah dan brosur agar berpengaruh terhadap SMK AL-ijtihad Tangerang.

Manfaat Penelitian

  1. Adanya sebuah media yang dapat melengkapi informasi dan promosi SMK AL-ijtihad Tangerang.
  2. Adanya media majalah dan brosur yang dapat meningkatkan pencitraan SMK AL-ijtihad Tangerang.
  3. SMK AL-ijtihad Tangerang memiliki majalah dan brosur yang dapat meningkatkan daya tarik sekolah sehingga jumlah siswa baru meningkat.

Metode Penelitian

Metode Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapat pada saat penulis melakukan pertemuan dengan Bpk Hasan Basri, S.pd.i sebagai Kepala Sekolah melalui tanya jawab dan interview.

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Penulis melakukan peninjauan langsung dengan cara mendatangi kantor SMK AL-ijtihad Tangerang yang berada di jalan Assalam Grendeng Kota Tangerang. Untuk memperoleh data yang diperlukan sebagai bahan penelitian.

  2. Wawancara

    Penulis melakukan tanya jawab langsung dengan stakeholder untuk memperoleh informasi guna mendukung penulisan pembahasan penelitian dan pengembangan dalam perancangan media desain majalah dan brosur.

  3. Study Pustaka

    Materi yang digunakan sebagai dasar pembahasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis yaitu buku-buku yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian.

Metode Analisa Perancangan Media

Media komunikasi visual (komunikasi melalui penglihatan) adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran, berdasarkan analisa kebutuhan perusahaan dengan pengumpulan data informasi yang didapatkan akan diproduksi menggunakan software grafis seperti adobe photoshop cs6.

Metode Konsep Desain

Dalam konsep desain akan disampaikan tahap-tahap proses desain media yaitu:

  1. Perancangan Media

    Perancangan media merupakan kegiatan yang sangat penting dalam periklanan dan promosi. Sering kali terjadi iklan dan promosi menjadi kegiatan penghamburan dana namun tidak memberikan hasil yang diharapkan. Perencanaan media yang dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian lebih besar dari audien sasaran.

  2. Perancanaan Pesan

    Pada tahap perencanaan pesan, akan menjelaskan informasi konsep yang berisikan isi pesan yang akan disampaikan kepada calon siswa, sehingga calon siswa akan mudah memahami.

  3. Perencanaan Visual

    Pada tahap perencanaan visual, pertama tama akan menyiapkan konsep dari desain yang akan dirancang dan diterapkan oleh SMK AL-ijtihad Tangerang dengan tujuan untuk menarik minat calon siswa baru.

    Sistematika Penulisan

    Untuk mempermudah dalam menjelaskan pembahasan masalah, maka materi yang terdapat dalam laporan Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa bab dan sistematika penyampaiannya adalah sebagai berikut:

    BAB I PENDAHULUAN

    Dalam bab ini berisi tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Metode Penelitian, dan Sistematika Penulis.

    BAB II Landasan Teori

    Dalam bab ini penulis menunjukan teori-teori umum dan khusus yang berkaitan dengan judul sebagai dasar acuan untuk melanjutkan bab berikutnya.

    BAB III Identifikasi Masalah

    Dalam bab ini penulis menggambarkan object yang dibuat mengenai sejarah singkat SMK AL-ijtihad Tangerang, Struktur Organisasi, wewenang dan tanggung jawab tiap-tiap bagian, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective (Tujuan Pemasaran), Marketing Strategi ( Strategi Pemasaran), Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan, dan Elisitasi.

    BAB IV Konsep Desain

    Pada bab ini berisikan tentang perancangan mengenai media yang akan penulis buat dan lakukan.

    BAB V Penutup

    Pada bab ini berisikan tentang kesimplan dan saran yang ditunjukan untuk instansi yang telah di observasi.

    Daftar Pustaka

    Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan skripsi ini.

    Lampiran

    Berisikan tentang daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

    Teori Umum

    Konsep Dasar Perancangan

    Pengertian Perancangan

    Menurut Maimunah, dkk(2017:38) dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia ISSN : 2302-3805 Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.
    Ambon Saragih, dkk dalam Jurnal TIMES, Vol. IV No.1(2015:33) menjelaskan “Perancangan adalah satu langkah untuk memberikan gambaran secara umum kepada manusia atau pengguna tentang sistem yang diusulkan. Perancangan sistem atau desain secara umum mendefinisikan komponen-komponen sistem in formasi pemetaan yang akan dirancang”.
    Didalam perancangan ini penulis ingin membuat media promosi berbentuk desain majalah untuk SMK Karya Bangsa Kota Tangerang. Dengan Layout yang dan warna yang menarik melalui proses desain bertahap yang nantinya akan menghasilkan desain majalah yang menarik.

    Konsep Dasar Promosi

    Pengertian Promosi

    Menurut Wira Saniartawan Indera Wijaya, dkk (2017:80)[29] dalam Jurnal TIMES Vol.VI No.2 Promosi adalah memperkenalkan suatu produk yang dibuat melalui suatu media seperti media telekomunikasi, internet, radio, televisi, media cetak, dan lain sebagainya.</div>

    Sedangkan promosi adalah kegiatan memberitahukan produk atau jasa yang hendak ditawarkan kepada calon konsumen atau wisatawan yang dijadikan terget pasar. ( Qodrat Hardiansyah, dkk (2018:76) dalam ICIT Jurnal Vol.4 No.1 ).</div>







    BAB III PEMBAHASAN

    Bab ini membahas gambaran umum perusahaan, permasalahan yang ada dalam perusahaan, sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan struktur organisasi perusahaan, tujuan dan fungsi instansi yang terkait dengan bidang kajian permasalahan yang ada dalam perusahaan, prosedur sistem berjalan, rancangan sistem berjalan menggunakan Unified Modeling Language (UML), analisa sistem berjalan, metode analisa, analisa masukan proses dan keluaran, Framework, konfigurasi sistem berjalan, permasalahan yang dihadapi, analisa kebutuhan, analisa masalah, dan elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi.

    BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

    Pada bab IV membahas tentang perancangan sistem usulan. Selain itu, dalam bab IV juga membahas Analisa sistem yang diusulkan mulai dari perancangan proses Unified Modelling Language (UML), rancangan database, layout atau tampilan program, pengujian program dan implementasi sistem yang diusulkan.

    BAB V PENUTUP

    Pada bab ini merupakan kesimpulan hasil analisa dari penelitian yang telah dilakukan, dan memberikan jawaban dari tujuan penelitian, dan memberikan saran-saran yang bersifat membangun sebagai masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam penyusunan sekaligus akhir dari laporan ini.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN


    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Teori Khusus

    Studi Pustaka (Literature Review)

    Menurut Nur Azizah dkk dalam Jurnal SENSI (2017)[1], “Literatur review adalah suatu tindakan untuk meninjau dan memeriksa kembali sebuah kepustakaan atau kesusastraan. Literatur review berisi tanggapan, rangkuman, dan pemikiran penulis yang dikutip dari sumber pustaka (dapat berupa artikel, buku, slide, informasi dari internet, dan lain-lain) tentang topik yang dibahas, dan ditempatkan pada bab awal.

    Berikut adalah literature review terhadap penelitian-penelitian sebelumnya berdasarkan studi pustaka pada Perpustakaan Universitas Raharja dan jurnal nasional atau internasional.

    1. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Aris, Tiya Puspita Firdauz, Nesa Nurseha (2018)[2] dalam journal CERITA dengan judul “Aplikasi Program Quality Control Barang Untuk Menunjang Pelaporan Pada Bagian Teknik Perguruan Tinggi Raharja”.

    2. Dalam penelitian ini menjelaskan Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan sistem pengolahan data yang terintegrasi untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan dan menciptakan standar pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menunjang pelaporan quality control barang pada bagian teknik dengan aplikasi berbasis web menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya. Untuk metode perancangan yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini menggunakan metode perancangan model UML (Unified Modeling Language).

    3. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dedy Iskandar,Taviv Prahasta, Ardi Rahmadani (2018)[3] dalam journal CERITA dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Model Penentuan Siswa Teladan Pada SMK Bonavita Dengan Pendekatan Logika Fuzzy”.

    4. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengaplikasikan logika fuzzy untuk membantu dalam menentukan suatu keputusan pada tingkat manajemen. Bagi Kepala Sekolah sebagai pembuat keputusan memudahkan untuk menentukan siswa teladan pada sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode prototyping. Prototype adalah bentuk fisik pertama dari satu objek yang direncanakan dibuat dalam satu proses produksi, mewakili bentuk dan dimensi dari objek yang diwakilinya dan digunakan untuk objek penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Sehinnga dengan menggunakan metode ini penelitian dapat selesai tepat waktu.

    5. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hasby Ibrahim Rachman (2019)[4] dalam skripsinya dengan judul “Aplikasi Pengolahan Data Member Fitness Berbasis Web Pada New Star Gym”. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pelayanan dalam mengelola data member. Dalam penelitian ini menggunakan metode rancangan program RAD (Rapid Aplication Development). Salah satu Kelebihan dari metode RAD yaitu mengikuti tahapan pengembangan sistem sepeti umumnya, tetapi mempunyai kemampuan untuk menggunakan kembali komponen yang ada (reusable object) sehingga pengembang pengembang tidak perlu membuat dari awal lagi dan waktu lebih singkat .

    6. Dalam Penelitian yang dilaksanakan oleh Junaidi, M Yusuf Effendy dan Hamzah Hartono (2015)[5] dalam Jurnal CERITA dengan judul “Rekayasa Model Aplikasi Sistem Product Knowledge Untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Kinerja Karyawan.”. Dalam penelitian ini menjelaskan perlunya peranan teknologi dalam perusahaan, khususnya dalam divisi pengembangan sumber daya manusia. Teknologi komputer diperlukan untuk membantu dalam pengambilan keputusan dalam menentukan kinerja karyawan. Sistem ini diharapkan mampu melakukan proses penciptaan kuis product knowledge dengan cepat dan sesuai kebutuhan bagian atau posisi, selain itu sistem juga harus mampu melakukan random soal dan sharing soal dengan beberapa kebutuhan, setelah itu sistim juga harus mampu melakukan proses penilaian dan rekapitulasi dengan cepat dan akurat, serta tersimpan dengan baik sebagai basis data yang dapat digunakan dan kemudian ketika dibutuhkan untuk keperluan proses penilaian kinerja karyawan.

    7. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sugeng Santoso, Sutrisno, dan Ikma Afrisha (2018)[6] dalam Junal SENSI dengan judul “Pengontrolan Pengecekan Kualitas Barang Hasil Produksi Dengan Aplikasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Backward Chaining”. Dalam penelitian ini dijelaskan. Masih banyaknya kesalahan dalam pengecekan yang dilakukan para pekerja tidak sesuai hasil kualitasnya dengan barang yang ada. Untuk itu pengecekan kualitas barang dengan aplikasi sistem pakar dapat membantu menyimpulkan hasil pengecekan kualitas barang hasil produksi tersebut.. Metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah Metode Backward Chaining. Cara penalaran dengan memulai dari hipotesis (ekspektasi apa yang diinginkan terjadi) terlebih dahulu, dan untuk menguji kebenaran hipotesis tersebut harus dicari fakta-fakta yang ada dalam basis pengetahuan. penalaran dengan mencocokan fakta atau pernyataan yang dimulai dari bagian sebelah kanan (THEN dulu). Backward Chaining cocok digunakan untuk suatu aplikasi yang menghasilkan tree yang sempit dan cukup dalam, menurut Anik Andriani (2016).

    8. Dalam Penelitian yang dilaksanakan oleh Atik Makrifah, Wahyu Prasetyo, Nia Kusniawati (2015)[7] dalam Jurnal ICIT dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Studi Kasus: PT. Asia Dwi Mitra Industri”. Sistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS) didefinisikan sebagai sekumpulan prosedur berbasis model untuk data pemrosesan dan penilaian guna membantu para manajer untuk mengambil keputusan (Little,1970). Oleh karenanya untuk mendukung sistem informasi kepegawaian yang efektif perlu dirancang suatu sistem basis data kepegawaian yang lebih komprehensif sehingga akan memudahkan dalam mengolah data-data yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu dalam proses penerimaan karyawan agar lebih efektif, mentingkatkan kecepatan dan validitas pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan operasional, dan meningkatkan kualitas SDM. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menghindari subjektivitas pengambilan keputusan dalam penerimaan karyawan.

    9. Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh Mario Coccia (2018)[8] dalam jurnal Journal of Social and Administrative Sciences dengan judul “The Fishbone Diagram to Identify, Systematize and Analyze the Sources of General Purpose Technologies”. Studi ini menyarankan diagram tulang ikan untuk analisis teknologi. Diagram tulang ikan adalah alat umum yang digunakan untuk analisis sebab dan akibat untuk mengidentifikasi interaksi saling sebab yang kompleks untuk masalah atau peristiwa tertentu.

    10. Diagram Fishbone diterapkan di sini sebagai representasi grafis baru untuk mengidentifikasi, mengeksplorasi, dan menganalisis jika memungkinkan, akar penyebab potensial dari sumber dan evolusi General Purpose Technologies (GPTs). Secara keseluruhan, kemudian, diagram tulang ikan tampaknya menjadi teknik umum yang sesuai dan teknik yang umum dari representasi grafis untuk mengeksplorasi dan mengkategorikan, secara jelas dan sederhana, akar penyebab potensial dari evolusi inovasi teknologi untuk manajemen teknologi yang tepat.

    11. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Santri W Pasaribu dkk. (2018)[9] dalam Jurnal Riset Komputer dengan judul Implementasi Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) Untuk Menentukan Kualitas Buah Mangga Terbaik. Dalam penelitian ini menjelaskan sistem penunjang keputusan berbasis komputer untuk menentukan kualitas buah manga menggunakan metode MOORA. Metode ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan suatu kasus akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode MOORA ini hanya yang menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik.

    12. Research done Mohammed (2016:1)[10] “Dummy the Sketch of a Newspaper Page Layout (Visual Communication Design and Creativity)”. Any newspaper or magazine around the world cannot be or become the best design newspaper, or newspaper assessment cannot be done without good layout of the newspaper, which was the foundation of any print media industry to give significant appearance of their publication. The layout which also judge the value of the paper, give visual of the paper unique identity the creative concept design, layout and paper make up. Dummy sheet: is one of the most important aspects of newspaper or magazine production and the entire edition of newspaper to be made with an excellent design. In reality good Fitrianti newspaper design is more important today than ever.Dummy sheet can be define as a way or concept of placing photos, illustrations and stories on a page, which is very important for professional designers to bring their ideas and hypotheses on readers visual communication, which convey a message from a client to a particular audience. The pressure is on for newspapers editors, page planners and newspaper designers, which identity how important it is for any media house to have a good dummy layout and the dummy become even more sophisticated in their use of the grid, typography, alternate story forms and layouts. Good newspaper design doesn’t cost money; it can actually save money by making your presentation of news more efficient as well as attractive. Attention is everything in newspaper advertising, your ad therefore must be beautifully designed, stand out in contrast to all of the others on the pages. Try to create a good professionally designed advertisement, because ad is one of the investment returns in newspaper industry. You need visual impact, a distinctive border, font, angel, placement to stand out on the page and make it very easily readable, and at the same time boost reading speed, and readers to buy your paper because the design or headlines, which include pictures, attract them from far away. A good dummy layout can help. How? With good strategies of workflow from the beginning of your layout, I believed that can make the paper visually appealing to the eye, but also tell/show the importance of the story through good design page layout.

      (Setiap koran atau majalah di seluruh dunia tidak dapat menjadi koran dengan desain terbaik, atau penilaian surat kabar tidak dapat dilakukan tanpa tata letak koran yang baik, yang merupakan dasar dari industri media cetak untuk memberikan tampilan publikasi yang signifikan. Tata letak yang juga menilai nilai kertas, memberi visual dari kertas identitas unik desain konsep kreatif, layout dan kertas make up. Lembar kerja : adalah salah satu aspek terpenting dari produksi surat kabar atau majalah dan keseluruhan edisi surat kabar dibuat dengan desain yang sangat bagus. Pada kenyataannya desain surat kabar yang baik lebih penting saat ini daripada sebelumnya. Lembar kerja dapat didefinisikan sebagai cara atau konsep untuk menempatkan foto, ilustrasi dan cerita di halaman, yang sangat penting bagi perancang profesional untuk membawa ide dan hipotesis mereka pada pembaca komunikasi visual, yang menyampaikan pesan dari klien ke khalayak tertentu. Tekanannya ada pada editor surat kabar, perencana halaman dan perancang surat kabar, yang identitasnya betapa pentingnya rumah media memiliki tata letak dummy yang bagus dan dummy menjadi lebih canggih dalam penggunaan grid, tipografi, bentuk cerita alternatif dan Tata letak. Desain surat kabar yang bagus tidak memerlukan biaya; Sebenarnya bisa menghemat uang dengan membuat presentasi berita Anda lebih efisien sekaligus atraktif. Perhatian adalah segala sesuatu dalam iklan surat kabar, iklan Anda karenanya harus dirancang dengan indah, menonjol berlawanan dengan yang lainnya di halaman. Cobalah untuk membuat iklan yang dirancang secara profesional dengan baik, karena iklan merupakan salah satu hasil investasi di industri surat kabar. Anda memerlukan dampak visual, batasan, font, angle, penempatan yang menonjol untuk tampil di halaman dan membuatnya mudah dibaca, dan pada saat bersamaan meningkatkan kecepatan membaca, dan pembaca membeli kertas Anda karena desain atau tajuk utama, termasuk Gambar, menarik mereka dari jauh. Tata letak dummy yang bagus bisa membantu. Bagaimana? Dengan strategi alur kerja yang baik sejak awal tata letak Anda, saya yakin dapat membuat kertas menarik secara visual pada mata, namun juga memberi tahu / menunjukkan pentingnya cerita melalui tata letak halaman desain yang baik.)

    13. Tinjauan Studi dari penelitian Sutrisno, Dedy Prasetya Kristiadi, Dedeh Supriyanti, 2017, Sensi Journal, Agustus 2017 Issn 2461-1409[11] Berjudul APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA GANGGUAN JARINGAN LAN BERBASIS ANDROID DI SEKOLAH KEMURNIAN JAKARTA LAN merupakan jaringan di dalam sebuah gedung atau suatu area yang luas wilayahnya berukuran sampai beberapa kilometer. Jangkauan lan yang luas menyebabkan kesulitan dalam mencari kerusakan atau kesalahan yang menyebabkan gangguan pada lan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknologi yang memungkinkan manusia mengetahui penyebab dari gangguan-gangguan yang terjadi pada jaringan tersebut. Sistem pakar (expert system) adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik. Dengan sistem pakar, seseorang bisa menganalisa dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada jaringan LAN.

      Berdasarkan literatur review diatas dapat disimpulkan bahwa setiap metodelogi perancangan sistem memiliki waktu dan penyajian yang berbeda-beda dalam penyelesaiannya. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis memutuskan untuk menggunakan metodelogi pengembangan sistem RAD dikarenakan metode RAD merupakan metode pengembangan sistem yang sifatnya sangat cepat dan dapat menghemat waktu Menghemat biaya, terutama pada bagian analisa, karena hanya mencatat poin – point penting saja.

      Karena sistem yang akan dibangun berorientasi pada objek maka metode perancangan yang akan digunakan yaitu UML. Dengan menggunakan metode perancangan UML dapat memudahkan dalam memvisualisasikan rancangan suatu sistem dan rancangan suatu sistem dapat terdokumentasi dengan baik. Selain itu, UML dapat digunakan sebagai alat untuk analisis dan desain berorientasi objek.

      Sedangkan metode yang digunakan untuk analisa permasalahan adalah Fishbone Diagram. Dengan menggunakan metode Fishbone Diagram dapat mencari akar permasalahan. Selain itu, metode ini cocok di implementasikan dalam dunia industri manufaktur.


    BAB III

    PEMBAHASAN

    Gambaran Umum Perusahaan

    Sejarah Singkat SMK Al-Ijtihad Tangerang

    Berawal pada sekitar tahun 1970 beberapa ulama dan tokoh masyarakat yang concern dalam hal pendidikan, dakwah dan sosial kemasyarakatan khususnya di wilayah Kota Tangerang yang tergabung dalam Wadah DKM Masjid Agung Al-Ittihad mereka diantaranya : H. Somawinata (tokoh masyarakat dan mantan Kepala Daerah Kab. Tangerang), H.A. Tohiruddin (tokoh masyarakat dan mantan pegawai Pemda Kab. Tangerang), H. Abdullah Amin (tokoh masyarakat Tangerang), K.H. Sya’ban Salim (tokoh masyarakat Tangerang), K.H. Abdul Fattah Sulaeman (tokoh masyarakat Kota Tangerang), H.A. Supri Shahib (tokoh masyarakat Kota Tangerang), H.A. Bajuri (tokoh masyarakat Tangerang), dll.

    Yang menjadi program DKM Masjid Agung Al-Ittihad diantaranya adalah Program Bidang Pendidikan dan Dakwah yang di ketua oleh K.H. Abdul Fattah Sulaeman dan beberapa pengurus sub bidang kegiatan diantaranya : Drs. H.A. Subari Rasyidi (Ketua IKRIMAT), Moh. Arsyad Yasin, BA. (Ketua Permata), Hj. Maryam Bajuri (Sub bidang kegiatan pendidikan ibu-ibu), selain itu juga menyelenggarakan kursus-kursus dakwah bagi para calon mubaligh dengan mendatangkan para instruktur diantaranya adalah : DR. H.Hamzah Ya’kub (alm), KH. Mustofa Harahap (alm), Husein Umar (alm), Yusril Ihza Mahendra, SH.

    Pada tahun 1981 Pengurus Masjid Agung Al-Ittihad bersama pengurus Permata, Pengurus Majelis Ta’lim Kaum ibu se-Kabupaten Tangerang menggagas berdirinya Lembaga Pendidikan yang berada di lingkungan Masjid Agung Al-Ittihad Tangerang, seperti Masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Diawali dengan studi banding ke YPI Al-Azhar dan Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami Jakarta Selatan, karena melihat perkembangan Lembaga Pendidikan Islam yang memprihatinkan pada saat itu.

    Dinamika kegiatan DKM Masjid Agung Al-Ittihad ini ternyata mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan baik masyarakat maupun pemerintah. Pada tahun 1982 dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Lembaga Pendidikan Islam Al-Ittihad, oleh Ketua Masjid Agung Al-Ittihad Bapak H. Somawinata, yang sekarang menjadi jalan sisi Cisadane.

    Tahun 1983 Bupati baru saat itu H. Tadjus Sobirin melihat ada pembangunan Gedung Sekolah di lingkungan Masjid Agung dengan gagahnya melarang membangun sekolah di masjid. Saat itu juga Bupati Kabupaten Tangerang memberikan ganti rugi sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) dan dari pribadi H. Tadjus Sobirin sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)

    Dengan modal awal sebesar Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah) mantan Pengurus Masjid Agung Al-Ittihad, Pengurus Permata , Pengurus Majlis Ta’lim Kaum Ibu meminjam tanah kepada YPI Al-Husna, H. Abdullah Amin.

    Dengan modal awal sebesar Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah) mantan Pengurus Masjid Agung Al-Ittihad, Pengurus Permata , Pengurus Majlis Ta’lim Kaum Ibu meminjam tanah kepada YPI Al-Husna, H. Abdullah Amin.

    Pada tahun 1983 dimulai pembangunan peletakan batu pertama Raudhatul Athfal (RA) Al-Ittihad oleh Walikota Administratif Tangerang Bapak Drs. Karso Permana. Selanjutnya nama tersebut disamarkan dari Yayasan Pendidikan dan Sosial Islam Al-Ittihad menjadi Yayasan Pendidikan dan Sosial Islam Al-Ijtihad Tangerang. Dan Taman Kanak-kanak / Raudhatul Athfal di ubah menjadi RA Al-Ijtihad yang sebagai kepalanya adalah Hj. Maryam Bajuri.

    Visi-Misi SMK Al – Ijtihad Tangerang

    Adapun Visi SMK Al – Ijtihad Tangerang

    “Berusaha Mencerdaskan Putra Bangsa Yang Berakhlakul Karimah Serta Siap Dan Mampu Bersaing Di Dunia Usaha”.

    Adapun Misi SMK Al – Ijtihad Tangerang

    1. Memberikan Pendidikan Agama Yang Berakhlakul Karimah, Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

    2. Menanamkan Sikap Disiplin Dan Rasa Tanggung Jawab

    3. Menanamkan Jiwa Dan Sikap Kreatif, Dinamis Dan Inovatif

    4. Menanamkan Sifat Yang Berbudi Luhur Dan Berakhlaq Mulia

    5. Mengutamakan Kebersamaan Dan Kekeluargaan

    6. Menyiapkan Tenaga Terampil Yang Siap Bersaing Di Dunia Kerja

    Struktur Organisasi Perusahaan

    Struktur Organisasi SMK Al – Ijtihad Sebagai Berikut

    Bagan 3.1 Struktur Organisasi SMK Al – Ijtihad

    Wewenang Dan Tanggung Jawab

    Berikut wewenang serta tanggung jawab bagian–bagian yang ada pada SMK Al Ijtihad Tangerang sebagai berikut:

    1. KEPALA SEKOLAH SMK AL IJTIHAD TANGERANG

    2. Tugas dan wewnang adalah :

      1. Mengangkat dan menetapkan personal struktur organisasi.

      2. Merevisi personal struktur organisasi.

      3. Mermbuat DP3 Guru dan pegawai.

      4. Memberi pembinaan kepada manajemen.

      5. Mengesahkan perubahan kebijakan mutu organisasi.

      6. Melakukan supervisi mengenai KBM, BP/BK, Kokurikuler, Ekstrakurikuler, Ketatausahaan, dan melakukan kerja sama dengan masyarakat dan DU/DI.

      7. Memberikan sanksi terhadap guru dan staf yang melanggar tata tertib. Tanggung Jawab

      8. Membuat program kerja organisasi.

      9. Membuat Pedoman Mutu organisasi.

      10. Menjabarkan, melaksanakan dan mengembangkan Peserta Didik.

      11. Meningkatkan kualitas SDM.

      12. Mengusahakan kebutuhan Sumber Daya.

      13. Membuat surat keputusan yang dibutuhkan.

      14. Membuat surat tugas yang dibutuhkan.

      15. Membuat kebijakan mutu organisasi.

      16. Melakukan pengawasan dan supervisi tugas guru dan staf.

      17. Mengelola keuangan sekolah.

      18. Melakukan penyesuaian kurikulum menurut ketentuan yang berlaku.

      19. Menerima, memindahkan dan mengeluarkan siswa.

      20. Mencari sponsor untuk membantu penyelenggaraan pendidikan.

      21. Mempromosikan guru serta mengusulkan untuk menjadi guru teladan.

      22. Menentukan / mengusulkan siswa memperoleh bea siswa.

      23. Mengadakan kerjasama dengan pihak luar, seperti orang tua, pengguna produk (tamatan), jajaran pemerintah, dll.

    3. WAKIL KEPALA SEKOLAH BAGIAN KURIKULUM

    4. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Mengontrol pelaksanaan KBM sehari-hari.

      2. Melakukan koordinasi dengan bidang keahlian terkait dalam mengembangkan kurikulum.

      3. Mengembangkan kurikulum sesuai tuntutan perkembangan teknologi.

      4. Mengikuti pemantapan/Work shop untuk meningkatkan kompetensi.

      5. Memberikan masukan/pertimbangan tentang kenaikan tingkat/pelulusan siswa.

      6. Memberikan masukan/pendapat untuk peningkatan mutu dan peningkatan pelayanan pendidikan.

      7. Tanggung Jawab.

      8. Membuat program kerja urusan kurikulum.

      9. Menganalisis dan mengembangkan kurikulum sesuai tuntutan perkembangan teknologi.

      10. Mensosialisasikan hasil pengembangan kurikulum.

      11. Melaksanakan singkronisasi kurikulum.

      12. Menyusun pembagian tugas guru.

      13. Menyediakan perangkat pengoperasionalan pendukung pendidikan dan pelatihan.

      14. Menyusun program pelaksanaan ujian (sekolah, nasional, kompetensi).

      15. Mengelola pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.

      16. Mengembangkan perangkat pembelajaran.

      17. Menyediakan format-format administrasi guru mengajar.

      18. Menyusun laporan pelaksanaan pengajaran secara berkala.

      19. Membuat analisa data dengan menggunakan teknik statistik.

      20. Membuat proposal pengembangan program pendidikan dan pelatihan.

      21. Bersama-sama dengan wakil Kepala Sekolah lainnya menyusun RAPBS sekolah.

      22. Mensosialisasikan kebijakan Kepala Sekolah.

      23. Membantu guru dalam penyusunan satuan acara pembelajaran.

      24. Menyusun kriteria dan persyaratan naik/tidak naik, serta lulus/tidak lulus.

    5. KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

    6. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Menyelenggarakan rapat koordinasi sebulan sekali

      2. Mengadakan koordinasi dengan Guru Akuntansi dalam mendistribusikan siswa ke industri.

      3. Menentukan personil dalam struktur organisasi Kompetensi Keahlian Akuntansi

      4. Mengusulkan personil uji kompetgensi keahlian Akuntansi.

      5. Mengusulkan kebutuhan bahan dan alat pembelajaran di Kompetensi Keahlian Akuntansi.

      6. Mengusulkan kegiatan Kunjungan Industri

      7. Mengusulkan anggaran kompetensi keahlian Akuntansi

      8. Mengusulkan guru tamu.

      9. Mengusulkan pembelajaran di luar sekolah

      10. Memberikan masukan dalam kenaikan tingkat/ kelulusan siswa Tanggung Jawab.

      11. Menyusun program kerja Kompetensi Keahlian Akuntansi.

      12. Mengembangkan program pendidikan dan pelatihan Akuntansi.

      13. Mengembangkan perangkat pembelajaran di Kompetensi Keahlian Akuntansi.

      14. Mengelola pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di Kompetensi Keahlian Akuntansi.

      15. Mengatur pembagian tugas guru mengajar, memberikan masukan ke waka kurikulum untuk penyusunan jadwal kbm.

      16. Mengadakan koordinasi dengan guru BP/BK, dan wali kelas.

      17. Mengusahakan pengembangan tempat praktek kerja industri.

      18. Mensosialisasikan kebijakan Kepala Sekolah.

      19. Mengontrol keterlaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.

      20. Menyeleksi tamatan yang diminta atas kebutuhan DU/DI

    7. KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

    8. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Menyelenggarakan rapat koordinasi sebulan sekali.

      2. Mengadakan koordinasi dengan Guru Pemasaran dalam mendistribusikan siswa ke industri.

      3. Menentukan personil dalam struktur organisasi Kompetensi Keahlian Multimedia.

      4. Mengusulkan personil uji kompetgensi keahlian Multimedia.

      5. Mengusulkan kebutuhan bahan dan alat pembelajaran di Kompetensi Keahlian Multimedia.

      6. Mengusulkan kegiatan Kunjungan Industri

      7. Mengusulkan anggaran kompetensi keahlian Multimedia.

      8. Mengusulkan guru tamu.

      9. Mengusulkan pembelajaran di luar sekolah.

      10. Memberikan masukan dalam kenaikan tingkat/ kelulusan siswa Tanggung Jawab.

      11. Menyusun program kerja Kompetensi Keahlian Multimedia.

      12. Mengembangkan program pendidikan dan pelatihan Multimedia.

      13. Mengembangkan perangkat pembelajaran di Kompetensi Keahlian Multimedia.

      14. Mengelola pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di Kompetensi Keahlian Multimedia.

      15. Mengatur pembagian tugas guru mengajar, memberikan masukan ke waka kurikulum untuk penyusunan jadwal kbm.

      16. Mengadakan koordinasi dengan guru BP/BK, dan wali kelas.

      17. Mengusahakan pengembangan tempat praktek kerja industri.

      18. Mensosialisasikan kebijakan Kepala Sekolah.

      19. Mengontrol keterlaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.

      20. Menyeleksi tamatan yang diminta atas kebutuhan DU/DI

    9. GURU PIKET

    10. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Menyampaikan ide, gagasan, pertimbangan dan saran-saran kepada Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan mutu diklat dan kinerja sekolah.

      2. Mengajukan kebutuhan anggaran untuk kegiatan Piket.

      3. Mengatur pendistribusian tugas staf bidang Piket.

      4. Mengajukan kandidat untuk mengisi suatu jabatan dalam rangka promosi.

      5. Mewakili Kepala Sekolah bila Kepala Sekolah tidak berada ditempat terutama yang terkait dengan masalah Piket.

      6. Mengembangkan kemampuan profesi malalui jalur formal maupun informal Tanggung Jawab.

      7. Menyiapkan Perangkat Piket berikut perangkat evaluasi.

      8. Melakukan Absensi Kehadiran guru melalui ttd kehadiran tiap jam pelajaran.

      9. Melakukan Absensi terhadap keterlambatan siswa melalui absensi piket.

      10. Melakukan koordinasi dengan guru di jam terakhir dan mengecek kebersihan kelas di tiap akhir pembelajaran jam terakhir tiap harinya.

      11. Mengkoordinir tindakan korektif dan pencegahan untuk bidang piket.

      12. Melakukan rekap bulanan kehadiran siswa dan di koordinasikan dengan Walikelas, BK dan Waka Kesiswaan.

      13. Meningkatkan kemampuan leadership dan manajerial sesuai dengan tuntutan tugas dan tanggung jawab.

      14. Mematuhi dan melaksanakan kebijakan sekolah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab .

      15. Menyusun laporan berkala dan insidentil bidang Piket.

    11. TATA USAHA BAGIAN KEPEGAWAIAN

    12. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Mengkoordinasikan kegiatan Administrasi Sekolah.

      2. Mengawasi pelaksanaan tugas staf yang ada di bawah pengawasannya.

      3. Menerima dan membagikan untuk diselesaikan surat-surat yang telah diberikan disposisi oleh Kepala Sekolah.

      4. Meminta data-data kepada guru/pegawai Tanggung Jawab.

      5. Melaksanakan ketatausahaan sekolah.

      6. Menyiapkan penyusunan program kerja tata usaha sekolah sebagai bahan penyusunan Program Kerja UPT (Unit Pelaksana Teknis).

      7. Melaksanakan pengelolaan urusan umum, perlengkapan dan kepegawaian sekolah.

      8. Bersama-sama dengan wakil kepala sekolah menyusun RAPBS sekolah.

      9. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

      10. Mensosialisasikan kebijakan Kepala Sekolah Melaksanakan penertiban penggunaan sarana/prasarana kantor.

      11. Mengawasi penyusunan laporan periodik dari masing-masing bagian.

      12. Menyiapkan daftar absen guru dan pegawai.

      13. Membuat dan mengadministrasikan Absensi Bulanan Guru

      14. Membuat program kepegawaian.

      15. Membuat data/laporan kepegawaian.

      16. Membuat rekapitulasi keadaan pegawai.

      17. Pembuatan DP3 Guru dan Staf Tata Usaha.

      18. Mengusulkan pembuatan Karpeg, Karis, Cuti Pegawai dan Pensiun.

    13. TATA USAHA BAGIAN KESISWAAN

    14. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Meminta, menerima dan memberi data siswa yang diperlukan.

      2. Memberi dan meminta kembali data siswa.

      3. Memberi dan meminta kembali absen siswa.

      4. Meminta data siswa dari wali kelas/BP bila akan memanggil orang tua siswa/kunjungan ke orang tua siswa.

      5. Meminta foto copy akte kelahiran bagi siswa yang usia muda/tua

      6. Memberi danmeminta leger kepada wali kelas

      7. Meminta data siswa bila akan membuat surat-surat yang diperlukan oleh siswa

      8. Memberikan ijazah kepada siswa yang telah disidik jari dan telah ditanda tangan Kepala Sekolah Tanggung Jawab

      9. Menangani Buku Induk Siswa

      10. Menyiapkan rekapitulasi siswa.

      11. Membuat identitas siswa.

      12. Menjilid ijazah, Transkrip dan SKHUN ( Foto Copy ).

      13. Mencatat dan memindahkan Nilai dari Leger ke Buku Induk.

      14. Membuat dan mengadministrasikan Absensi Bulanan Siswa.

      15. Membuat dan mengadministrasikan surat panggilan orang tua.

      16. Membuat dan mengadministrasikan surat home visit.

      17. Membuat dan mengadministrasikan surat dispensasi siwa.

      18. Membuat dan mengadministrasikan surat keterangan masih sekolah.

      19. Membuat dan mengadministrasikan surat keterangan kelakuan baik.

      20. Membuat dan mengadministrasikan surat keterangan telah mengikuti ujian

    15. BAGIAN KERUMAH TANGGA/PESURUH

    16. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Melaporkan pemakaian alat alat kerumah tanggaan kepada Kepala Tata Usaha Tanggung Jawab

      2. Mengurus kebersihan kapling yang menjadi tanggung jawabnya

      3. Mengurus Ruang Kepala Sekolah dan WC Kantor

      4. Menyediakan air minum

      5. Dan lain-lain ( yang sesuai dengan pekerjaan pembantu pelaksana/pesuruh)

    17. BAGIAN KEAMANAN ( SATPAM )

    18. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Melaporkan keadaan situasi keamanan setiap bulan kepada Kepala Tata Usaha Tanggung Jawab

      2. Menjaga keamanan Sekolah yang menjadi tanggung jawabnya

      3. Menjaga keluar masuk kendaraan yang menjadi tanggung jawabnya

      4. Dan lain-lain yang sesuai dengan pekerjaan Satpam

    19. BAGIAN TEKNISI LAB. KOMPUTER

    20. Tugas dan Wewenang adalah :

      1. Mendokumentasikan laporan penggunaan alat laboratorium Tanggung Jawab

      2. Menyiapkan alat dan bahan untuk keperluan praktik di Lab

      3. Mengurus/merawat alat inventaris yang ada di ruang Lab./ Praktik

      4. Melaporkan keadaan/kondisi alat inventaris Lab. Ke Bagian sarana/prasarana

    Produk Informasi

    Produk

    SMK AL-ijtihad Tangerang adalah salah satu sekolah yang sangat antusias untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara penuh, sampai saat ini SMK AL-ijtihad Tangerang sudah memiliki berbagai sarana penunjang seperti Ruang Praktek Multimedia, Ruang Bisnis Manajemen (Manajemen Perkantoran), Ruang Praktek Akutansi serta diimbangi dengan peningkatan profesionalisme para pengajar.

    Media yang dirancang dalam media komunikasi visual pada SMK AL-ijtihad Tangerang antara lain: Media cover, daftar isi, sejarah, fasilitas, keunggulan, prestasi. serta tambahan media brosur. Sehingga agar calon siswa/siswi baru, orang tua dan masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Latar Belakang Produk

    Media informasi dan promosi yang digunakan SMK AL-ijtihad Tangerang hanya berupa spanduk dan banner yang belum efektif dalam menyampaikan informasi secara menyeluruh, dengan merancang desain majalah dan brosur sebagai penunjang informasi dan promosi dapat menyampaikan informasi secara lebih lengkap agar target yang diharapkan akan tercapai.

    Perkembangan Produk

    Untuk menginformasikan dan mempromosikan SMK AL-ijtihad Tangerang sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti spanduk, banner dan seiring berkembangnya teknologi di bidang komunikasi visual SMK AL-ijtihad Tangerang berkeinginan membuat media cetak yang lebih efektif seperti desain majalah dan brosur yang diharapkan dapat meningkatkan citra SMK AL-ijtihad Tangerang dan ketertarikan calon siswa yang ingin masuk SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Material Produk

    Dengan penelitian ini material produk yang ingin penulis sampaikan dalam merancang media komunikasi visual dalam bentuk desain majalah dan brosur SMK AL-ijtihad Tangerang, yaitu sebagai berikut.

    Tabel 3.1 Material Produk

    Spesifikasi Produk

    Dari keseluruhan desain yang telah dirancang dan digunakan, diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi SMK AL-ijtihad Tangerang. Di dalam proses pembuatannya terdapat manfaat, kelebihan dan kekurangan.

    1. Manfaat :

      1. Dapat menarik calon siswa/siswi agar bergabung dan mendaftar di SMK AL-ijtihad Tangerang.

      2. Dapat menjadi media penunjang promosi yang menarik, efektif dan dapat diterima oleh masyarakat Tangerang terutama calon siswa/siswi baru.

      3. Meningkatkan citra/image SMK AL-ijtihad Tangerang.

    2. Kelebihan :

      1. Menarik dari segi tampilan visual

      2. Mudah dimengerti oleh calon siswa/siswi baru

      3. Mudah diterima oleh masyarakat

    3. Kekurangan :

      1. Membutuhkan biaya yang lumayan besar dalam biaya produksinya

      2. Bersifat terbatas, karena hanya menggambarkan secara visual

      3. Mudah rusak dan kotor

    Harga Produk

    Didalam dunia pendidikan swasta harga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan, karena banyak sekali sekolah swasta yang berlomba-lomba dalam menentukan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

    Namun banyak masyarakat yang beranggapan bahwa harga tinggi kualitas tinggi dan sebaliknya. Oleh karena itu SMK AL-ijtihad Tangerang selalu mengedepankan kualitas dari fasilitas yang diberikan dengan harga yang terjangkau.

    Market Analysis

    Market analisis merupakan investigasi terdokumentasi dari pasar yang akan ditawarkan kepada masyarakat Tangerang dan digunakan untuk menginformasikan suatu lembaga pendidikan SMK AL-ijtihad Tangerang dari fasilitas, harga, sampai kegiatan yang ada pada lembaga tersebut agar dapat meningkatkan daya tarik masyarakat.

    Market Positioning

    Dengan dirancangnya media desain majalah dan brosur ini bertujuan untuk lebih mengenalkan secara menyeluruh SMK AL-ijtihad Tangerang, dari aspek informasi, fasilitas. Dan juga menentukan target pasar khususnya calon siswa siswi yang ingin mendaftar di SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Kondisi Pesaing

    Kondisi Pesaing SMK AL-ijtihad Tangerang saat ini memiliki banyak pesaing pada bidangnya. Maka dari itu diperlukannya media promosi dan informasi dengan tampilannya yang lebih menarik dari sebelumnya. Perusahaan yang menjadi pesaing saat ini diantaranya sebagai berikut :Kondisi Pesaing SMK AL-ijtihad Tangerang saat ini memiliki banyak pesaing pada bidangnya. Maka dari itu diperlukannya media promosi dan informasi dengan tampilannya yang lebih menarik dari sebelumnya. Perusahaan yang menjadi pesaing saat ini diantaranya sebagai berikut :

    Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

    Potensial Market

    Informasi yang dimuat dalam bentuk majalah pada SMK AL-ijtihad Tangerang ini yaitu memuat tentang profile Sekolah sambutan kepala sekolah, Daftar Isi, sejarah singkat,keunggulan sekolah, fasilitas sekolah, jurusan sekolah. dan kontak alamat lengkap. Yang nantinya akan menjadi kegiatan promosi yang lebih efektif dan efisien agar dapat meningkatkan minat calon siswa dan siswi SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Market Segmentation

    1. Geografi  : Wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang

    2. Demografi  :

      1. Jenis Kelamin  : Pria & Wanita

      2. Usia  : 15-16 Tahun

    3. Kelas Ekonomi  : Menengah Atas Menengah Bawah

    4. Sasaran  :

      1. Siswa/siswi SMP atau sederajat

      2. Siswa/siswi Pindahan

      3. Relasi dari Sekolah tertentu

    Psikografi  : Calon siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama, siswa/siswi pindahan, relasi dari sekolah tertentu serta masyarakat yang umumnya khususnya di wilayah kota Tangerang.

    Marketing Objective

    Dari market objective ini informasi dan promosi yang dibuat dalam bentuk desain majalah , diharapkan SMK AL-ijtihad Tangerang dapat lebih dikenal oleh masyarakat agar nantinya dapat menraik minat para calon siswa dan siswi. Oleh karena itu dengan dirancangnya media desain majalah di SMK AL-ijtihad Tangerang dapat menjadi lebih efektif dalam mempromosikannya, dan desain yang dibuat menarik dengan layout maupun warna serta isi dari majalah agar calon siswa dan siswi tertarik untuk mendaftar di SMK AL-ijtihad Tangerang.

    MarketingStrategi

    Dengan perancangan desain majalah ini diharapkan dapat meningkatkan target pasar dan informasi yang dimuat dapat tersampaikan dengan baik kepada calon siswa dan siswi serta masyarakat, agar nantinya dapat meningkatkan jumlah siswa dan siswi baru.

    Dari perancangan ini penulis menggunakan metode Analisa SWOT pada tabel dibawah ini diharapkan dapat memperjelas dari pembuatan desain majalah.

    Tabel 3.3 Analisa Swot

    Konfigurasi Perancangan

    Spesifikasi Hardware

    Perancangan majalah menggunakan 1 unit laptop dengan spesifikasi sebagai berikut:

    1. Processor : intel(R) core(TM) i3-2348M

    2. Monitor  : Monitor 14 Inch

    3. RAM  : 6,00 GB

    4. Harddisk  : 320 GB

    5. Mouse  : Optick

    Spesifikasi software

    Didalam merancang media desain majalah ini, perancangan menggunakan software sebagai berikut :

    1. Adobe Photoshop Cs6

    Budget Produksi Media

    Didalam merancang media penunjang promosi dan informasi bentuk desain majalah terdapat pembiayaan produksi media, untuk tahap awal penulis berkeinginan produksi 1pcs melalui produksi printing. Berikut budget produksi dari perancangan desain majalah :

    Tabel 3.4 Budged Produksi

    Elisitasi Tahap I

    Merupakan daftar yang diperoleh dari hasil pengumpulan data dari lapangan yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mengenai kekurangan dari sistem yang sedang berjalan, dan kebutuhan pengguna sistem yang belum terpenuhi. Berikut Lampiran Elisitasi tahap I yang telah dibuat:

    Tabel 3.5. Tabel Elisitasi Tahap I

    Pada tabel 3.5 diatas merupakan tabel elisitasi tahap 1 yang disusun berdasarkan hasil wawancara dengan stakeholder perihal perancangan aplikasi sistem penunjang keputusan pengendalian mutu produk kabel berbasis web pada PT. Sumi Indo Kabel Tbk.

    Elisitasi Tahap II

    Merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

    Tabel 3.6. Tabel Elisitasi Tahap II

    Keterangan: M (Mandatory): Dibutuhkan / penting

    D (Desirable): Diinginkan / tidak terlalu penting

    I (Inessential): Diluar sistem / dieliminasi

    Elisitasi Tahap III

    Merupakan hasil penyusutan elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI. Selanjutnya, semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE

    Tabel 3.7. Tabel Elisitas Tahap III

    Final Draft ElisitasiI

    Hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

    Tabel 3.8. Tabel Final Draf Elisitasi


    BAB IV

    RANCANGAN SISTEM USULAN

    Perencanaan Media

    Dalam penelitian ini, penulis membuat konsep perancangan media informasi dan promosi berbentuk desain majalah, perancangan desain majalah yang berisikan cover depan dan belakang, profile sekolah, Sambutan, fasilitas, kegiatan, sarana dan prasarana, ekstrakulikuler serta alamat dan kontak SMK AL-ijtihad Tangerang. Perancangan akan di buat berbentuk buku yang dirancang melalui desain komunikasi visual yang kreatif dan menarik.

    Tujuan Media

    Tujuan perancangan desain majalah ini yaitu untuk penunjang informasi dan promosi instansi dan menjadikan sistem promosi yang lebih efektif dan jelas yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dari masyarakat khusunya calon siswa siswi yang akan mendaftar ke SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Strategi Media

    Sebelum melakukan proses desain, penulis merumuskan strategi media. Sasaran media komunikasi visual yang dirancang memiliki tiga aspek sasaran, yaitu :

    1. Geografi meliputi  : Kota dan Kabupaten Tangerang

    2. Demografi meliputi :

      1. Jenis Kelamin  : Pria & Wanita

      2. Umur  : Semua Umur

      3. Pada halaman utama administrator terdapat menu seperti data gejala, data masalah, data solusi, data analisa masalah, menu informasi, menu bantuan dan logout.

      4. Kelas Ekonomi  : Menengah

      5. Sasaran  : Masyarakat umum khusus calon siswa/siswi yang ingin mendaftar SMK AL-ijtihad Tangerang

    3. Psikografi meliputi  :

    4. Perancangan media desain majalah ini akan ditunjukan kepada calon siswa siswi baru, dan masyarakat agar lebih mengetahui lebih lengkap tentang SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Program Media

    Program media dari desain majalah yang telah di sepakati oleh stakeholder dan penulis mengusulkan program media desain majalah sebagai penunjang informasi dan promosi yang digunakan pada tahun 2020 dan mengalami up to date disetiap tahunnya agar lebih banyak yang mengetahui tentang SMK AL-ijtihad Tangerang.

    Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif)

    Perencanaan pesan atau konsep kreatif dari media desain majalah yang dibuat penulis memuat informasi dalam bentuk data, tata letak yang tertata rapih serta gambar-gambar yang menarik agar informasi mudah dipahami, desain yang dibuat berkesan minimalis, dan elegan.

    Tujuan Kreatif

    Dari tampilan bentuk-bentuk pesan peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran tampilan dan isi majalah sebagai daya tarik dan tambahan wawasan dalam media iklan yang akan digunakan sebagai media Informasi dan promosi.

    Perencanaan Visual (Konsep Visual)

    Image yang ingin disampaikan oleh penulis dengan menampilkan buku majalah dengan kesan simple, dan diantaranya tata letak (layout), warna, dan gambar. Penyajian desain majalah dengan tetap mempertahankan warna - warna asli.

    Tujuan Visual

    Kesederhanaan tampilan visual pada setiap rancangan bertujuan untuk memperkenalkan sebuah majalah memudahkan dalam penyampaian pesannya kepada publik. Nuansa yang ingin disampaikan peneliti pada setiap rancangan ini yaitu terkesan menarik.

    Strategi Visual

    Gaya Penyajian Visualisasi menggunakan gaya minimalis tapi masih terkesan modern. Rancangan media majalah dibuat dengan penataan objek-objek gambar dan redaksi orientasi setiap kegiatan, tata letak gambar dan teks sebagai pendukung redaksi kegiatan tata kelola menggunakan adobe photoshop cs6.

    Penulis Naskah

    Dalam media desain majalah sebagai penunjang promosi dan informasi SMK AL-ijtihad Tangerang, penulis membuat desain berisikan gambar yang disertakan teks (tulisan), teks yang dibuat melalui pemiihan font teks (jenis tulisan ).

    Teks (tulisan) sangat penting dalam penyampaian pesan promosi dan informasi, teks (tulisan) yang berkarakter sangat mempengaruhi dari desain yang dibuat, teks (tulisan) yang dimaksud yaitu Judul, Sub Judul, (logo type) dan naskah (body copy).

    Penulis Naskah

    Perancangan media desain majalah agar lebih menarik dan dapat meningkatkan citra perusahaan, diperlukan arahan dalam merancang tampilan desain majalah mulai dari pengarahan tata letak, jenis huruf, gaya tampilan visual dan warna yang selaras.

    Dengan unsur grafis perancangan desain majalah segabai penunjang informasi dan promosi menjadi lebih kreatif, jelas dan terarah. Rancangan media tersebut mengikuti kaidah-kaidah sebagai berikut:

    1. Totalitas warna yang dipilih adalah

      1. Putih

      2. Melambangkan kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman

      3. Hijau

      4. Pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian

      5. Orange

      6. Kemajuan, semangat, perkembangan, energi

    2. Jenis huruf yang digunakan dalam media desain majalah diantaranya. Gabriola, Magneto, dan Calibri.

    3. Tata letak atau layout perhalaman dibuat berbeda agar informasi yang disampaikan menjadi menarik.

    4. Gaya penampilan yang dibuat minimalis dan elegan agar terkesan profesional dan jelas dilihat.

    5. Model yang dipakai dari media desain majalah ini yaitu foto-foto kepala sekolah, guru, siswa dan siswi

    Proses Desain (Designing)

    Didalam proses perancangan media desain majalah, melalui beberapa tahap agar hasil yang dibuat terlihat menarik dan jelas. Tahapannya itu terbagi menjadi 3(tiga) tahapan diantaranya yaitu (Layout kasar, Layout komprehensif, dan Final Artwork).

    1. Layout Kasar

    2. Layout Kasar adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual. Dengan dibuatnya layout kasar untuk diperlukan panduan pada saat desain melalui aplikasi komputer. Tahapan dari perancangan media desain majalah SMK AL-ijtihad Tangerang sebagai berikut :

      BAB V

      PENUTUP

      Kesimpulan

      Penulis berkesimpulan bahwa “PERANCANGAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI BERUPA MAJALAH DAN BROSUR UNTUK SMK AL-IJTIHAD TANGERANG” sangat di perlukan bagi SMK Al-Ijtihad Tangerang. Dengan adanya media informasi dan promosi berbentuk majalah tersebut dapat meningkatkan suatu image atau citra dari masyarakat khususnya calon siswa dan siswi untuk mendaftar di SMK Al-Ijtihad Tangerang.

      Dalam pembuatan media informasi dan promosi majalah yang baik, harus memperhatikan faktor - faktor yang berhubungan dengan SMK Al-Ijtihad Tangerang yang bersangkutan. Dalam hal ini penulis menyesuaikan dengan keinginan stakeholder, mulai dari pembuatan tampilan, isi majalah dan penutup. Hal ini bertujuan untuk memperkuat media desain berbentuk majalah dalam hal mempromosikan.

      Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah

      1. Bentuk media untuk melengkapi informasi dan promosi pada SMK Al-Ijtihad Tangerang dalam project ini adalah media informasi dan promosi dalam bentuk majalah.

      2. Dari hasil rancangan media agar dapat meningkatkan pencitraan SMK Al-Ijtihad Tangerang, tahapan - tahapan pada konsep produksi media.

      3. hendaknya ditujukan pada hal - hal yang diminati oleh calon siswa dan siswi dan kreatifitas yang dapat memanjakan calon siswa dan siswi diantaranya media tersebut terdapat unsur - unsur Visual. Dalam merancang media majalah menampilkan secara jelas identitas SMK Al-Ijtihad Tangerang, Visi misi, keunggulan, dengan di dukung informasi yang detail, jelas dan up to date, Seperti rancangan media majalah berisikan fasilitas sekolah, prestasi yang di raih, sampai jurusan SMK Al-Ijtihad Tangerang dengan tampilan yang menarik, sehingga dapat meningkatkan image SMK Al-Ijtihad Tangerang di mata calon siswa dan siswi yang melihatnya.

      4. Penerapan sebuah media informasi dan promosi berbentuk majalah serta dikemas dengan efektif, menarik, dalam bentuk visual dapat meningkatkan citra, image positif dan mempermudah SMK Al-Ijtihad Tangerang dalam menunjang informasi dan promosi kepada masyarakat.

      Saran

      Setelah menganalisa dan mempelajari permasalahan media promosi dan informasi yang digunakan oleh SMK Al-Ijtihad Tangerang, maka saya selaku penulis memberikan saran atau usulan sebagai berikut:

      Untuk memenuhi target-target promosi yang diinginkan oleh SMK Al-Ijtihad Tangerang untuk tiap – tiap periode tahunnya hendaknya terus dikembangkan ide - ide yang menarik yang dikemas dalam bentuk - bentuk media yang selalu mengikuti perkembangan teknologi multimedia yang ada. Dengan adanya media desain majalah ini penulis menyarankan agar lebih ditingkatkan kualitas produk sesuai perkembangan teknologi agar menarik minat calon siswa dan siswi untuk mendaftar di SMK Al-Ijtihad Tangerang, sehingga dapat meningkatkan image atau citra bagi SMK Al-Ijtihad Tangerang.


      Daftar Pustaka

      1. Capah Aisyah Nur, Siti, dkk. 2018. Penerapan Metode Median Filter Untuk Mereduksi Noise Pada Citra Ultraviolet. Medan : STMIK Budi Darma. Jurnal Pelita Informatika Vol.17 No.1 : 21 ISSN 2301-9425.
      2. Davies, Susanna. 2016. Introduction Information. Knowledg and Power. UK : Institute Of Development Studies.IDS bulletin Vol.47 No.6:137.
      3. Everlin, Shierly. dan Andersen, Reinhard. 2016. Kajian Visual Desain Tentang Jeans Dalam Bentuk Buku. :Universitas Bunda Mulia Jurnal Rupa-rupa Vol.4 No.2 : 160-161.
      4. Enterprise, Jubilee. 2018. Adobe InDesign Komplet. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
      5. Fathansyah. 2015. Basis Data. Bandung : Informatika.
      6. Fitri Yulia, Nana. dan Nurhadi. 2017. Analisis Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada SMK Yadika Jambi. Jambi :STIKOM Dinamika Bangsa Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol.2 No.1:319 ISSN : 2528-0082.
      7. Golung, M Anthonius. 2015. Sudi Tentang Pemanfaatan Majalah Ilmiah Di UPT Perpustakaan Unsrat . Manado : Unsrat. Jurnal Acta Diurnam Vol. IV No.1 : 4.
      8. Hardiansyah,Qodrat. Hermawan, kurnia Dinny. dan Mustakim, Tajul. 2018. Video Profile Sebagai Media Penunjang Informasi Dan Promosi Pada SMK Putra Tama Mandiri. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal ICIT Vol.4 No.1:76 ISSN : 2356-5195.
      9. Hidayat,Wahyu. Andriansyah. dan Wulandari, Reni. 2018. Rancang Bangun Media Desain Katalog Penunjang Informasi Dan Promosi PT.Global Bangun Mandiri. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal Cerita Vol.4 No.1 : 45 ISSN : 2461-1417.
      10. Hendratman,Hendi. 2015. Computer Graphic Design. Bandung : Informatika.
      11. Khusna Khotimatul, Galu. dan Oktafani, Farah. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin’donats Bandung. Bandung : Universitas Telkom. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol.11 No.1:30 ISSN 2443-0633.
      12. Llopart, Mariona. and Guitart-Esteban Moised . 2016. Funds of Knowledge in 21st century societies: Inclusive educational practices for under-repsented students. A literature review. Journal of Curiculum Studies.11.
      13. Maimunah, David dan Dian. 2017. Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagi Media Informasi Dan Promosi Pada PT.Sulindafin. Yogyakarta : STMIK Amikom. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805 : 38.
      14. Maimunah dan Syaputra,Adi,Rifki. 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol.11 No.2:193 ISSN : 1978 -8282.
      15. Manurung Arizona, Nicholas. dan Nugroho, Agung. 2018. Implementasi Customer Relationship Management Di Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Otomotif. Jakarta : Universitas Indonesia. Jurnal Terapan Abdimas Vol.3 No.2 : 101.
      16. Nae-Hye-Jin. 2017. Typography education in an Interdiscillinary Program Through Inclusive Projects. Typography and Diversity USA:Rochester Institute of technology.
      17. Oladumiye, E. Bankole dan Ebenezer, Odji. 2018. Emotion and Colour Perception: A psychoanalytical Theory Of Graphic Design In Consumer Of Goods. Nigeria : Federal University of Technology Akure. Journal of Fine and Studio Art vol.7(1): 5 ISSN 2141-6524.
      18. Pratama Eka Agus Putu, I. 2015. Integrasi Dan Migrasi Sistem Teori Dan Praktik. Bandung : Informatika.
      19. Purwanto dan Pawirosumarto,Suharno. 2017. Pngaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan Sistem E-Lerning Di Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Jakarta : Universitas Mercu Buana. Jurnal Manajemen Vol.XXI No.02:287.
      20. Purwanto, Agus Erwan. dan Sulistyastuti Ratih,Dyah. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Gava Media.
      21. Permana, Budi dan Ukar, Kurweni. 2015. 36Jam Belajar Komputer Adobe Photoshop Cs5 Extended. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
      22. Saragih, Ambon. Emma dan Maslan Jhoni. 2015. Perancangan Aplikasi E-Library Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia. Medan : Universitas Methodist Indonesia. Jurnal TIMES Vol.IV No.1 : 33 ISSN : 2337 - 3601.
      23. Sunarya,Lusyani. dkk. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol.9 No.1:80-81.
      24. Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : CV Pustaka Setia.
      25. Sunarya Abas,PO. dan Anisah,Lisa. 2018. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi Dan Informatika Jakarta. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal Cerita Vol.4 No.1 : 77 ISSN : 2461-1417.
      26. Sangwaranatee, Nisakorn. Dkk. 2016. Graphic Design Using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal Vol.13 No.7:66-71.
      27. Triyono. Salahuddin, Kemal. dan Setiawan, Hendi. 2016. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal CCIT Vol.10 No.1:101 ISSN : 1978 -8282.
      28. Triyono, Agus. dkk. 2016. Peningkatan Kapasitas Wartawan Siswa Dalam Penerbitan Majalah Sekolah Di SMP Muhammadiyah Pk AL-Kautsar Kartasura. Surakarta : Universitas Muhammadiyah. WARTA LPM Vol .19 No.2 : 134.
      29. Wijaya Indera, Saniartawan Wira. dan Hendri. 2017. Perancangan Sistem Informasi Periklanan Voucher Berbasis Web. Medan : STMIK TIME. Jurnal Times Vol.VI No.2 : 80 ISSN:2337 – 3601.
        1. Azizah, Nur, Sri Rahayu dan Nova Adhista. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan SPG Berstatus Kontrak Pada PT Softex Indonesia Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal SENSI. Vol. 3 nomor 2, Agustus 2017.
        2. Aris, A., Firdaus, T., & Nurseha, N. 2018. Aplikasi program quality control barang untuk menunjang pelaporan pada bagian teknik perguruan tinggi raharja. Journal CERITA, 4(2), 159-168.
        3. Iskandar, D., Prahasta, T., & Rahmadani, A. 2018. Sistem pendukung keputusan model penentuan siswa teladan pada SMK Bonavita dengan pendekatan logika fuzzy. Journal CERITA, 4(1), 1-6.
        4. Rachman, H. I. 2019. Aplikasi pengolahan data member fitness berbasis web pada New Star Gym.
        5. Junaidi, J., Effendy, M. Y., & Hartono, H. 2015. REKAYASA MODEL APLIKASI SISTEM PRODUCT KNOWLADGE UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KINERJA KARYAWAN. Creative Education Of Research in Information Technology And Artificial Informatics (CERITA). ISSN : 2461-1417 Vol. 1 No.1.
        6. Santoso, S., Albar, F., & Afrisha, I. 2018. 2018.PENGONTROLAN PENGECEKAN KUALITAS BARANG HASIL PRODUKSI DENGAN APLIKASI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINNING .Strategic of Education In Information System (SENSI). ISSN : 2461-1409 Vol. 4 No.2.
        7. Bachtiar, Dede dan Atikah. 2015. Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis jaya Kota Tangerang. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762 Vol. 5 No.1.
        8. Coccia, M. 2018. The Fishbone Diagram to Identify, Systematize and Analyze the Sources of General Purpose Technologies. Journal of Social and Administrative Sciences, vol. 4, n. 4, pp. 291-303
        9. Pasaribu, S.W, Rajagukguk, E. Y., & Sitanggang, M. 2018. Implementasi Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) Untuk Menentukan Kualitas Buah Mangga Terbaik. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM)
        10. Mohammed, Hussaini Garba. 2016. Dummy the Sketch of a Newspaper Page Layout (Visual Communication Design And Creativity. Nigeria: Utako Jabi Abuja Nigeria. International Journal on Human Machine Interaction Vol.1 No.1:1.
        11. Sutrisno, Dedy Prasetya Kristiadi, Dedeh Supriyanti, 2017, Sensi Journal, Agustus 2017 Issn 2461-1409 [Sutrisno, Dedy Prasetya Kristiadi, Dedeh Supriyanti 2017] dalam Sensi Journal, Agustus 2017 Issn 2461-1409

Contributors

Yulian Dwi Gustanto

Diperoleh dari "https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1521490211&oldid=371169"