SI1321475564: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 577: Baris 577:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu :</p></div>
 
<p style="line-height: 2">Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu :</p></div>
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">1. Redesain media event RAKER 2016 dan WISUDA 2017 seperti apa yang efektif sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja ?</li>
+
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Redesain media event RAKER 2016 dan WISUDA 2017 seperti apa yang efektif sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja ?</li>
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">2. Konsep desain seperti apa yang dapat menarik para audience yang mengikuti event tersebut ?</li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Konsep desain seperti apa yang dapat menarik para audience yang mengikuti event tersebut ?</li>
  
  
Baris 591: Baris 591:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in"><p style="line-height: 2">Tujuan penelitian ini adalah:</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in"><p style="line-height: 2">Tujuan penelitian ini adalah:</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family:'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in"><p style="line-height: 2">1. Untuk me-redesain media komunikasi visual dalam menunjang event RAKER 2016 dan WISUDA 2017 yang lebih efektif dan bermanfaat sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja. </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family:'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.0in"><p style="line-height: 2">1. Untuk me-redesain media komunikasi visual dalam menunjang event RAKER 2016 dan WISUDA 2017 yang lebih efektif dan bermanfaat sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja. </p></div>
 +
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in"><p style="line-height: 2">2. Untuk merancang kembali konsep desain yang lebih kreatif secara visualisasi dengan informasi terbaru, sehingga mampu menarik audience dalam upaya memberikan informasi yang up to date.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in"><p style="line-height: 2">2. Untuk merancang kembali konsep desain yang lebih kreatif secara visualisasi dengan informasi terbaru, sehingga mampu menarik audience dalam upaya memberikan informasi yang up to date.</p></div>
  
Baris 601: Baris 602:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in"><p style="line-height: 2">2. Memberikan value dan kesan terbaik melalui konsep redesain agar event selalu diingat para audience.''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in"><p style="line-height: 2">2. Memberikan value dan kesan terbaik melalui konsep redesain agar event selalu diingat para audience.''</p></div>
  
===Metodologi Penelitian===
+
==Metodologi Penelitian==
  
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">1.5.1. Metode Analisa Permasalahan''<br>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
Analisa permasalahan ditetapkan melalui hasil wawancara dengan stakeholder yaitu Bapak Ir. Mukti Budiarto, selaku Ketua Pelaksana RAKER XIII Tahun 2016 dan Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika  Tahun 2017, dan Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom., selaku Bendahara RAKER dan WISUDA.</li>
+
<p style="line-height: 2">
 +
Dalam penelitian skripsi yang dilakukan ini, menggunakan beberapa tahapan metode, diantaranya adalah sebagai berikut:
 +
</p></div>
 +
 
 +
===Metode Analisa Permasalahan===
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Analisa permasalahan ditetapkan melalui hasil wawancara dengan stakeholder yaitu Bapak Ir. Mukti Budiarto, selaku Ketua Pelaksana RAKER XIII Tahun 2016 dan Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika  Tahun 2017, dan Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom., selaku Bendahara RAKER dan WISUDA.
 +
</p></div>
 +
 
 +
===Metode Pengumpulan Data===
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Observasi<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in"> Pada penelitian ini, observasi dilakukan di Perguruan Tinggi Raharja Jl. Jenderal Sudirman No.40 Modern Cikokol Tangerang. Selama 6 bulan Untuk mendapatkan data observasi mengenai redesain media dan informasi seperti apa yang akan diterapkan pada event tersebut.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Wawancara (Interview) <p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">
 +
Wawancara ini dilakukan peneliti dengan Bapak Ir. Mukti Budiarto , selaku Ketua Pelaksana RAKER XIII Tahun 2016, Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika  Tahun 2017, dan Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom., selaku Bendahara RAKER dan WISUDA. Sebagai pelengkap wawancara dibutuhkan alat pendukung dan beberapa pertanyaan yang akan diajukan mengenai penelitian
 +
</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Studi Pustaka<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">Metode studi pustaka ini dilakukan untuk memperoleh teori-teori yang berhubungan dengan penelitian dan penulisan, meliputi buku, jurnal, dan media lainnya berkaitan dengan redesain media event.</p></li>
 +
</ol>
 +
 
 +
 
 +
===Metode Analisa Perencanaan Media===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Untuk melakukan redesain media event agar tercipta karya desain yang mempunyai illustrasi, teks, gambar, dan warna menjadi kesatuan yang balance. Diperlukannya  aplikasi penunjang yaitu Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Illustrator CS6.</p></div>
 +
 
 +
 
 +
===Metode Konsep Desain===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Konsep desain penelitian ini yang akan digunakan adalah untuk menyampaikan beberapa tahapan yaitu : </p></div>
 +
 
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
 
 +
Perencanaan Media
 +
 
 +
</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
 
 +
Perencanaan Pesan
 +
 
 +
</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Perencanaan Visual
 +
</p>
 +
 
 +
</ol>
 +
 
 +
 
 +
 
 +
==Sistematika Penulisan==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Dalam penyusunan penelitian ini dibagi menjadi 5 (lima) bab, yaitu :
 +
</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB I PENDAHULUAN'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Dalam bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan.
 +
</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''BAB II LANDASAN TEORI'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Dalam bab ini berisikan tentang Teori Dasar Umum, Teori Khusus, dan Literature Review yang mendasari penelitian Skripsi.
 +
</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''BAB III IDENTIFIKASI MASALAH'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
 
 +
Dalam bab ini diuraikan tentang Gambaran Umum Obyek yang Diteliti terdiri dari : Sejarah Singkat, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective (Tujuan Pemasan), Marketing Strategi (Strategi Pemasaran), Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan yaitu : Konfigurasi Hardware, Software yang digunakan dan Elisitasi.
 +
</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''BAB IV KONSEP DESAIN'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Dalam bab ini berisi tentang Perancangan Media (Konsep Media) yaitu, Tujuan Media, Strategi Media, Program Media, Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif) yang meliputi, Tujuan Kreatif, Strategi Kreatif, Perencanaan Visual (Konsep Visual) yaitu, Tujuan Visual (Visual Objective), Strategi Visual (Visual Strategy), Penulisan Naskah (Copy Writing), Pengarahan Naskah (Copy Writing), Pengarahan Visualisasi (Art Directing), Proses desain (Designing).
 +
 +
</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''BAB V PENUTUP'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Dalam bab ini berisi tentang Kesimpulan dan Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan.
 +
\.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''DAFTAR PUSTAKA'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil penelitian Skripsi.
 +
.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''DAFTAR LAMPIRAN'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">
 +
Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi penelitian sebagai lampiran.
 +
.</p></div>

Revisi per 15 Januari 2017 10.31

REDESAIN MEDIA EVENT RAKER DAN WISUDA

SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA

PERGURUAN TINGGI RAHARJA

SEMESTER GANJIL TA. 2016/2017



Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1321475564
NAMA


KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

TANGERANG

2016/2017



LEMBAR PENGESAHAN



REDESAIN MEDIA EVENT RAKER DAN WISUDA

SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA

PERGURUAN TINGGI RAHARJA

SEMESTER GANJIL TA. 2016/2017



Disusun oleh :

NIM
: 1321475564
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disahkan oleh :





Tangerang, Februari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
NIP : 000594
       
NIP : 079010



LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

REDESAIN MEDIA EVENT RAKER DAN WISUDA

SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA

PERGURUAN TINGGI RAHARJA

SEMESTER GANJIL TA. 2016/2017

Disusun oleh :

NIM
: 1321475564
Nama
: Meliyana

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 06124
   
NID : 10001



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

REDESAIN MEDIA EVENT RAKER DAN WISUDA

SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA

PERGURUAN TINGGI RAHARJA

SEMESTER GANJIL TA. 2016/2017


Disusun oleh :

NIM
: 1321475564
Nama
: Meliyana


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017


Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

REDESAIN MEDIA EVENT RAKER DAN WISUDA

SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA

PERGURUAN TINGGI RAHARJA

SEMESTER GANJIL TA. 2016/2017


Disusun Oleh :

NIM
: 1321475564
Nama
: Meliyana
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan

merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan

untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan

Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain,

serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta

bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, Januari 2017
Meliyana
NIM. Meliyana


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Event adalah suatu kegiatan yang didalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai media komunikasi visual untuk menyampaikan informasi atau pesan dari sebuah instansi lembaga secara langsung dengan maksud dan tujuan sesuai dengan target yang ditentukan. Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu lembaga pendidikan unggulan yang bergerak dibidang IT di kota Tangerang. Sebelumnya media komunikasi visual penunjang event tersebut sudah di rancang dan masuk kedalam penelitian sebelumnya, akan tetapi dalam penyelenggaraan event Raker XIII dan Wisuda 2017 setiap tahunnya Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan informasi terbaru dalam media komunikasi visual agar tampilan visualisasinya selalu fresh dan tidak membosankan untuk itu dirancanglah redesain media event Raker XIII dan wisuda 2017 dengan menggunakan konsep yang berbeda namun tidak merubah warna karakter dan dikemas secara menarik dengan komposisi warna, ilustrasi gambar, tipografi, dan lain-lain. Rancangan redesain media event disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan media setiap tahunnya. Adapun metodologi penelitian yang dilakukan adalah metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa perencanaan media, dan metode konsep desain yang didalamnya terdapat perencanaan media, perencanaan pesan, dan perencanaan visual. Penelitian ini bertujuan untuk me-redesain media komunikasi visual dalam menunjang event Raker XIII dan Wisuda 2017 yang lebih efektif dan bermanfaat sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja dan untuk merancang kembali konsep desain yang lebih kreatif secara visualisasi dengan informasi terbaru, sehingga mampu menarik audience dalam upaya memberikan informasi yang up to date.

Kata Kunci: Redesain, Event, Informasi

ABSTRACT

The event is an activity that is in it’s implementation requires a range of visual communications media to convey information or a message from an agency directly institution with the intent and purpose in accordance with the target set. Raharja College is one of the superior educational institution in the field of IT in the city of Tangerang. Previous visual communications media supporting the event has been designed and entered into the previous study, but in the organization of the event Raker XIII and Graduation 2017 annually raharja College need the latest information in visual communication media in order to see the visualization is always fresh and not monotonous, therefore it was designed re-designing media event Raker XIII and graduation in 2017 using a different concept but does not change the color of the character and attractively packaged with color composition, illustration, typography, and others. the draft media event be adapted to the needs of media development annually. The methodology of the research is the problem analysis methods, data collection methods, methods of analysis media planning, concepts design and methods in which there are media planning, messages planning, and visual planning. This study aims to redesign visual communication media in supporting the event Raker XIII and Graduation 2017 more effective and useful as a means of information on raharja college and to redesign the concept design more creative visualization with the latest information, so as to attract the audience in an effort to provide information that is up to date.

Keywords: Redesign, Event, Information



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini, dengan judul “Redesain Media Event Raker dan Wisuda Sebagai Sarana Informasi Pada Perguruan Tinggi Raharja Semester Ganjil TA. 2016/2017”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam materil maupun moril. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :

1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.

2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja dan Stakeholder 1 yang telah bersedia meluangkan waktunya

memberikan arahan dan saran dalam proses desain Wisuda 2017.

3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.

4. Bapak Ir. Mukti Budiarto, selaku Assisten Direktur Operasi dan Stakeholder 2 yang telah bersedia meluangkan waktunya memberikan arahan dan saran dalam proses

desain Raker XIII tahun 2016.

5. Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom., selaku Kabiro Keuangan dan Pengadaan yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan informasi mengenai biaya produksi.

6. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si., selaku Dosen Pembimbing I yang selalu memberikan masukkan, pemahaman, ilmu, dan support yang sangat bermanfaat

dalam menyelesaikan skripsi ini.

7. Bapak Ferry Sudarto,S.Kom., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak memberikan bimbingan, motivasi, dan semangat dalam menyelesaikan skripsi.

ini.

8. Kedua orang tua tercinta, yang selalu memberikan doa, kasih sayang, dan semangat kepada penulis.

9. Kedua saudara tersayang teteh Dwi dan adikku Lia Rahmalia yang selalu memberikan motivasi, semangat, dan selalu menghibur.

10. Fahmy Kurniawan yang selalu memberikan semangat dan motivasi selama proses skripsi ini.

11. Dwi Rahmadhiani sahabat tercinta yang selalu memberikan semangat dan selalu menghibur.

12. Teman-teman seperjuangan Rindang Kusumaninggar, Titik Nofitasari, Lusiana Dewi yang saling membantu dan memberikan saran dalam menyelesaikan laporan.

skripsi ini.

13. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan skripsi

ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan penelitian skripsi ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan skripsi ini.

Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan pembaca umum laporan skripsi ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan. Aamin.

Tangerang, Januari 2017
Meliyana
NIM. Meliyana



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Event adalah suatu kegiatan yang didalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai media komunikasi visual untuk menyampaikan informasi atau pesan dari sebuah instansi lembaga secara langsung dengan maksud dan tujuan sesuai dengan target yang ditentukan. Target dalam penyampaian informasi yang spesifik, fokus pada sasaran yang dituju, mudah dimengerti, menarik. Desain kreatif memerlukan target audience yang akan menjadi fokus dalam kegiatan-kegiatan event. Melihat pasar audience sangat penting dalam menentukan ide-ide kreatif dalam tahap pembuatan desain yang bersifat unik, dan fresh.

Redesain adalah proses mendesain kembali atau merubah sesuatu yang sudah ada dalam sisi penampilan, informasi, dan fungsi dari desain tersebut.Kreativitas seni yang besar bergantung kepada pola fikir seseorang. Berfikir kreatif tanpa batas usia mempengaruhi kemajuan generasi muda untuk menciptakan dan mengembangkan keinginan untuk maju dengan hasil kreativitas masing-masing. Ruang lingkup masyarakat semakin luas dan bebas khususnya di lembaga pendidikan dalam merespon sesuatu hal dengan visual. Memberi kesan terbaik melalui indera penglihatan, rasa ingin tahu, kesan natural, bahkan emosional semua tergambarkan oleh visual.

Perguruan Tinggi Raharja bertempat di Jl. Jendral Sudirman No.40 Modern Cikokol Tangerang merupakan salah satu lembaga pendidikan unggulan di Kota Tangerang yang memiliki motto Get the Better Future by Computer Science terinspirasi dari keyakinan pribadi Raharja bahwa tuntutan komputerisasi di seluruh sektor kehidupan menjadi nyata. Kerja nyata diperlukan dalam tahap redesain pada setiap media yang dibutuhkan dalam suatu event yang diadakan oleh Perguruan Tinggi Raharja disetiap tahunnya, yaitu event Rapat Kerja XIII Perguruan Tinggi Raharja Tahun 2016 (RAKER XIII) dan WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika Tahun 2017.

Pada saat ini untuk menutup atau membuka air masih dilakukan secara manual di berbagai tempat salah satunya pada Perguruan Tinggi Raharja. Sehingga membutuhkan sebuah teknologi untuk menggantikan menutup dan membuka air secara manual dan dapat memonitoring penggunaan air agar lebih efisien. Peneliti akan menerapkan metode menutup dan membuka air secara otomatis berbasis IOT (Internet Of Things) yang artinya dapat dikendalikan atau dimonitoring dari jarak jauh melalui jaringan yang ada dan dapet diakses melalui smartphone. Keuntungan dari sistem ini adalah pengunaan air tidak ada yang berlebihan menjadi lebih efisien, tidak lagi dilakukan secara manual melainkan secara otomatis, kemudahan dalam penggunaan nya dan data penggunaan air dapet dimonitoring secara lebih akurat dan realtime.

Media event komunikasi visual bertujuan untuk mencapai suatu tujuan dalam mensukseskan event RAKER 2016 dan Wisuda 2017. Segala bentuk informasi berupa media komunikasi visual yang diperlukan adalah undangan, spanduk, backdrop, banner, umbul-umbul, dan sebagainya. Sebelumnya media komunikasi visual penunjang event tersebut sudah di rancang dan masuk kedalam penelitian sebelumnya, akan tetapi dalam penyelenggaraan event RAKER 2016 dan Wisuda 2017 setiap tahunnya Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan informasi terbaru dalam redesain media komunikasi visual agar tampilan visualisasinya selalu fresh dan tidak membosankan, serta rancangan media event disesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan perkembangan media setiap tahunnya.


Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini dilakukan untuk me-redesain media event dalam bentuk media komunikasi visual, sebagai sarana informasi yang lebih menarik dan fresh, dengan konsep yang berbeda namun tidak merubah warna karakter dan dikemas secara menarik dengan komposisi warna, ilustrasi gambar, tipografi, dan sebagainya sehingga penelitian ini berjudul “REDESAIN MEDIA EVENT RAKER DAN WISUDA SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA.2016/2017”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu :

  1. Redesain media event RAKER 2016 dan WISUDA 2017 seperti apa yang efektif sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja ?
  2. Konsep desain seperti apa yang dapat menarik para audience yang mengikuti event tersebut ?

  3. Ruang Lingkup Penelitian

    Dari rumusan masalah yang telah diuraikan diatas, maka ruang lingkup penelitian lebih di fokuskan pada proses redesain media event RAKER XIII Tahun 2016, WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika Tahun 2017dalam bentuk media komunikasi visual Desain RAKER XIII meliputi : Amplop, Undangan, Cover Buku Renstra, Memo, Pin, Spanduk, Umbul-umbul, Banner Keunggulan, Banner Raker XIII 2016 untuk web: www.raharja.ac.id, Banner RAKER XIII 2016 untuk tampilan layar multimedia, dan Tas Raker. Dan media event Wisuda 2017 meliputi : Spanduk, Sertifikat Ucapan Selamat & Sukses, Amplop, Undangan, Umbul-umbul, Poster Selamat Datang Orang Tua/Wali, Poster, PIN, Backdrop, Cover buku, Label CD, Cover Proposal, Tanda VIP dan Tanda VVIP, ID Card Photography, Desain Jubah Program Pasca Sarjana (S2) Wisuda 2017, Desain Jubah Senat Wisuda 2017, Banner Wisuda 2017 untuk web: www.raharja.ac.id, Banner Wisuda 2017 untuk tampilan layar multimedia sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja.

    Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    Tujuan penelitian ini adalah:

    1. Untuk me-redesain media komunikasi visual dalam menunjang event RAKER 2016 dan WISUDA 2017 yang lebih efektif dan bermanfaat sebagai sarana informasi pada Perguruan Tinggi Raharja.

    2. Untuk merancang kembali konsep desain yang lebih kreatif secara visualisasi dengan informasi terbaru, sehingga mampu menarik audience dalam upaya memberikan informasi yang up to date.

    Manfaat Penelitian

    Manfaat penelitian ini adalah:

    1. Menghasilkan media komunikasi visual sebagai sarana informasi yang efektif dan bermanfaat bagi audience.

    2. Memberikan value dan kesan terbaik melalui konsep redesain agar event selalu diingat para audience.

    Metodologi Penelitian

    Dalam penelitian skripsi yang dilakukan ini, menggunakan beberapa tahapan metode, diantaranya adalah sebagai berikut:

    Metode Analisa Permasalahan

    Analisa permasalahan ditetapkan melalui hasil wawancara dengan stakeholder yaitu Bapak Ir. Mukti Budiarto, selaku Ketua Pelaksana RAKER XIII Tahun 2016 dan Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika Tahun 2017, dan Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom., selaku Bendahara RAKER dan WISUDA.

    Metode Pengumpulan Data

    1. Observasi

      Pada penelitian ini, observasi dilakukan di Perguruan Tinggi Raharja Jl. Jenderal Sudirman No.40 Modern Cikokol Tangerang. Selama 6 bulan Untuk mendapatkan data observasi mengenai redesain media dan informasi seperti apa yang akan diterapkan pada event tersebut.

    2. Wawancara (Interview)

      Wawancara ini dilakukan peneliti dengan Bapak Ir. Mukti Budiarto , selaku Ketua Pelaksana RAKER XIII Tahun 2016, Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana WISUDA XVII AMIK Raharja Informatika, WISUDA XIV STMIK Raharja, dan WISUDA II Magister Teknik Informatika Tahun 2017, dan Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom., selaku Bendahara RAKER dan WISUDA. Sebagai pelengkap wawancara dibutuhkan alat pendukung dan beberapa pertanyaan yang akan diajukan mengenai penelitian

    3. Studi Pustaka

      Metode studi pustaka ini dilakukan untuk memperoleh teori-teori yang berhubungan dengan penelitian dan penulisan, meliputi buku, jurnal, dan media lainnya berkaitan dengan redesain media event.


    Metode Analisa Perencanaan Media

    Untuk melakukan redesain media event agar tercipta karya desain yang mempunyai illustrasi, teks, gambar, dan warna menjadi kesatuan yang balance. Diperlukannya aplikasi penunjang yaitu Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Illustrator CS6.


    Metode Konsep Desain

    Konsep desain penelitian ini yang akan digunakan adalah untuk menyampaikan beberapa tahapan yaitu :

    1. Perencanaan Media

    2. Perencanaan Pesan

    3. Perencanaan Visual


    Sistematika Penulisan

    Dalam penyusunan penelitian ini dibagi menjadi 5 (lima) bab, yaitu :

    BAB I PENDAHULUAN

    Dalam bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Dalam bab ini berisikan tentang Teori Dasar Umum, Teori Khusus, dan Literature Review yang mendasari penelitian Skripsi.

    BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

    Dalam bab ini diuraikan tentang Gambaran Umum Obyek yang Diteliti terdiri dari : Sejarah Singkat, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective (Tujuan Pemasan), Marketing Strategi (Strategi Pemasaran), Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan yaitu : Konfigurasi Hardware, Software yang digunakan dan Elisitasi.

    BAB IV KONSEP DESAIN

    Dalam bab ini berisi tentang Perancangan Media (Konsep Media) yaitu, Tujuan Media, Strategi Media, Program Media, Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif) yang meliputi, Tujuan Kreatif, Strategi Kreatif, Perencanaan Visual (Konsep Visual) yaitu, Tujuan Visual (Visual Objective), Strategi Visual (Visual Strategy), Penulisan Naskah (Copy Writing), Pengarahan Naskah (Copy Writing), Pengarahan Visualisasi (Art Directing), Proses desain (Designing).

    BAB V PENUTUP

    Dalam bab ini berisi tentang Kesimpulan dan Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan. \.

    DAFTAR PUSTAKA

    Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil penelitian Skripsi. .

    DAFTAR LAMPIRAN

    Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi penelitian sebagai lampiran. .

Contributors

Meliyana, Siti Nurhayati