SI1822490645

Dari widuri
(Dialihkan dari TI1822490645)
Lompat ke: navigasi, cari


IMPLEMENTASI KONSULTAN IT KREATIF BERBASIS APLIKASI MOBILE


SKRIPSI





Disusun Oleh :


NIM
: 1822490645
NAMA


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

TANGERANG

TA. 2021/2022




ABSTRAK

Berlandaskan pada Rencana Induk Riset Nasional tahun 2017-2045 (RIRN 2045), bahwa pada tahun 2045 Indonesia dapat menjadi negara yang berdaya saing tinggi, serta memiliki kemandirian sosial dan ekonomi berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo, pengembangan riset Indonesia akan berfokus pada salah satunya adalah Digital Economy. Universitas Raharja mendukung pengembangan Digital Economy dengan menciptakan ekonomi kreatif berbasiskan teknologi, hal tersebut berdasarkan pada Fishbone Universitas Raharja yang merujuk pada RIRN 2045 dan Rencana Induk Riset Raharja (RIRR 5.0). Pemanfaatan teknologi pada usaha mikro kecil sangat didukung oleh pemerintah agar mampu bersaing di tengah perkembangan ekonomi digital. Berdasarkan undang-undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Bab V Bagian Kelima Pasal 89 poin 6, menjelaskan bahwa pemerintah memberikan dukungan sumber daya, diantaranya berupa fasilitas yang mendukung digitalisasi. Oleh karena itu, adanya sebuah platform konsultasi IT menjadi sangat relevan mengingat pentingnya peranan teknologi di era digital. Permasalahan yang ada saat ini, salah satunya adalah Minimnya inovasi aplikasi mobile untuk melakukan konsultasi IT di Indonesia. Hal tersebut tentunya berdampak pada terhambatnya perkembangan perusahaan pemula atau startup yang ingin mengadopsi teknologi pada usaha mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah platform konsultasi IT, sehingga memudahkan perusahaan pemula atau startup melakukan konsultasi IT dan mulai mengadopsi teknologi pada usaha mereka. Hal tersebut sejalan dengan target Universitas Raharja yang tertulis pada RIRR 5.0, yaitu membangun dan mengembangkan sumber daya manusia yang berwawasan pada bidang teknologi informasi, ekonomi bisnis, dan bisnis digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah dengan metode pengembangan perangkat lunak Agile Scrum. Dengan terciptanya platform konsultasi IT diharapkan dapat membantu perusahaan pemula atau startup dalam mengadopsi teknologi pada usaha mereka, serta mendukung pengembangan Digital Economy di Indonesia. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) pada penelitian ini adalah skala 3 untuk luaran tahun I dan tahun II. Pada tahun I akan dilakukan pembuatan aplikasi mobile untuk konsultasi IT, dan menghasilkan 1 (satu) luaran wajib berupa Artikel di Jurnal Nasional Sinta 3, serta 1 (satu) luaran tambahan berupa Artikel pada Conference/Seminar Internasional. Pada tahun II akan dilakukan penambahan fitur pada aplikasi mobile untuk konsultasi IT, dan akan menghasilkan 1 (satu) luaran wajib berupa Artikel di Jurnal Internasional Scopus Q3, serta 1 (satu) luaran tambahan berupa Artikel di Jurnal Nasional Sinta 2.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Lunak, Aplikasi Konsultasi, Aplikasi Mobile


ABSTRACT

Based on the 2017-2045 National Research Master Plan (RIRN 2045), that in 2045 Indonesia can become a highly competitive country, and have social and economic independence based on science and technology. In accordance with the direction of President Joko Widodo, the development of Indonesian research will focus on one of them, namely the Digital Economy. Raharja University supports the development of the Digital Economy by creating a technology-based creative economy, this is based on Raharja University's Fishbone which refers to RIRN 2045 and the Raharja Research Master Plan (RIRR 5.0). The use of technology in micro and small businesses is strongly supported by the government in order to be able to compete in the midst of the development of the digital economy. Based on law no. 11 of 2020 concerning Job Creation, Chapter V Fifth Part Article 89 point 6, explains that the government provides resource support, including facilities that support digitization. Therefore, the existence of an IT consulting platform is very relevant given the important role of technology in the digital era. The current problems, one of which is the lack of mobile application innovation to conduct IT consulting in Indonesia. This of course has an impact on the development of startup companies or startups that want to adopt technology in their businesses. This study aims to create an IT consulting platform, making it easier for start-up companies or startups to conduct IT consulting and start adopting technology in their businesses. This is in line with the University of Raharja's target written in RIRR 5.0, which is to build and develop human resources with an insight into the fields of information technology, business economics, and digital business to improve people's welfare. The method used to achieve the objectives of this research is the Agile Scrum software development method. With the creation of an IT consulting platform, it is hoped that it can help start-up companies or startups to adopt technology in their businesses, as well as support the development of the Digital Economy in Indonesia. The Technological Readiness Level (TKT) in this study is a scale of 3 for the outputs of year I and year II. In the first year, a mobile application for IT consultation will be made, and produce 1 (one) mandatory output in the form of an article in the Sinta 3 National Journal, and 1 (one) additional output in the form of an article at an International Conference/Seminar. In year II there will be additional features on the mobile application for IT consulting, and will produce 1 (one) mandatory output in the form of an article in the Scopus Q3 International Journal, and 1 (one) additional output in the form of an article in the Sinta 2 National Journal.

Keywords : Software Development, Consulting Applications, Mobile Applications



DAFTAR PUSTAKA

[1] F. E. Nastiti and A. R. Ni’mal‘Abdu, “Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 61–66, 2020.

[2] Rencana, “RINGKASAN EKSEKUTIF.”

[3] “RIRR 2021-2025 Universitas Raharja 5.0 Watermark V1”.

[4] N. F. Chikmawati, “PENGANGKATAN UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HUKUM DAN PEMBERDAYAAN,” Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, vol. 10, no. 1, pp. 1–19, 2022.

[5] “SALINAN Menimbang PRESIDEN REPUEL|K INDONESIA UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2O2O.”

[6] M. Kusmadiani, J. Jenih, and T. Sugiarso, “PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN E-KONSULTASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS RESPATI INDONESIA,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2021.

[7] H. I. Hakam, A. B. Malkan, J. Pratama, I. G. Husein, and S. Suryatiningsih, “Aplikasi Konsultasi Kesehatan Kulit Online Berbasis Website,” eProceedings of Applied Science, vol. 7, no. 5, 2021.

[8] E. S. Octaviani, Y. Sari, and E. Suhandono, “PERANCANGAN APLIKASI KONSULTASI ONLINE UNTUK GANGGUAN JIWA BERBASIS WEB,” Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, pp. 9–16, 2019.

[9] N. Upadhyay, M. Singh, M. Shrivastava, and A. Mishra, “Analysis And Comparison With Modern Software Development Approaches,” NVEO-NATURAL VOLATILES & ESSENTIAL OILS Journal| NVEO, pp. 7553–7559, 2021.

[10] Y. Nugraha, “Information System Development With Comparison of Waterfall and Prototyping Models,” JURNAL RISTEC: Research in Information Systems and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 126–131, 2020.

[11] T. Pricillia, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” Jurnal Bangkit Indonesia, vol. 10, no. 1, pp. 6–12, 2021.

[12] N. Lutfiani, E. P. Harahap, Q. Aini, A. Ahmad, and U. Rahardja, “Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban,” InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, vol. 5, no. 1, pp. 96–101, 2020.

[13] H. R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Analisis penerapan metode scrum pada sistem informasi manajemen proyek dalam industri & organisasi digital,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 19, no. 2, p. 203, 2020.

[14] A. A. Kurniawan, “Analisis Performa Progressive Web Application (PWA) Pada Perangkat Mobile,” Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, vol. 25, no. 1, pp. 18–31, 2020.

[15] M. Z. Zahid, “Aplikasi berbasis android untuk pembelajaran: Potensi dan metode pengembangan,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2018, vol. 1, pp. 910–918.

[16] F. A. Nurdi and D. Tricahyono, “Pengaruh Faktor-Faktor Kesuksesan Agile System Development terhadap Efektifitas Pengembangan Produk Perangkat Lunak di PT XYZ dengan Menggunakan Metode Scrum,” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 7, no. 1, pp. 1839–1853, 2022.

[17] S. R. Hartono, B. Praptono, and I. Y. Arini, “Perancangan Aplikasi Pencatatan Persediaan Gudang Berbasis Website Pada Cv. wahana Langgeng Sembada Dengan Metode Agile Scrum Development,” eProceedings of Engineering, vol. 8, no. 5, 2021.

[18] K. R. Yudistira, B. Praptono, and I. Y. Arini, “Perancangan Aplikasi Pencatatan Persediaan Gudang Pada Bengkel Muara Jaya Motor Dengan Menggunakan Metode Agile Scrum,” eProceedings of Engineering, vol. 8, no. 5, 2021.

Contributors

Admin