TI1121469079

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

Latar Belakang

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari kian meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi,dimana dalam hal ini perkembangantumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan di bidang komputer saja,salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi,mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai yang di inginkan. Akan tetapi untuk saat ini sumber daya manusia di bidang multimedia audio visual and broadcasting belum terpenuhi,oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologi komputer secara optimal perlu di adakan Kuliah Kerja Praktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagipermasalahan di atas.

CV ERA BARU adalah produk pintu kamar mandi di indonesia yang terletak di jalan karet 1 No.88 Cadas Kabupaten Tangerang. CV ERA BARU mulai di dirikan pada tahun 2006 dengan awalnama Pintu Kita.Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu syarat waji yang di penuhi oleh mahasiswa untukmencapai kelulusan, dengan mengikuti waktu yang telah di tetapkan yaitu minimal satu semester 168 jam,dimana dalam prosesnya masih dalam pengawasan Perguruan. Tinggi sebagi pelaksan pendidikan.Dalam Kuliah Kerja Praktek ini penulis mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan ilmu serta mampu mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari,agar kelak penulis memiliki pengalaman yang nantinya dapat di gunakan dalam dunia pekerjaan khususnya di bidang IT.

Maksud & Tujuan

Maksud Kuliah Kerja Praktek

Maksud Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah di pelajari pada masa perkuliahan kedalam dunia kerja, Selain itu mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi dan mempertanggung jawabkan suatu permasalahan yang ada dalam pekerjaan tersebut di bidang Teknik Informatiak, yang secara pribadi melalui Kuliah Kerja Praktek, dapat menambah pengalaman serta meningkatkan kemampuan dalam berkratifitas yang lebih banyak lagi dalam membuat suatu desain yang diinginkan.

Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah di dapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja baik secara individu maupun secara kelompok kedalam dunia kerja.

2. Mahasiswa mampu bekerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan dalam dunia kerja.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek

Kuliah Kerja Praktek ini akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi mahasiswa sebelum memulai karir yang sebenarnya sebagai seorang sarjana komputer yang berbasismultimedia. Manfaat Kuliah Kerja Praktek ;

1. Agar mahasiswa dapat mengerti apa yang salah dan apa yang benar dalam prakteknya untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

2.Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berguna dan lebih siap sebelum terjun kelingkungan masyarakat.

3.Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu bersolisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok (team work).

4.Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang di dapat selama perkuliahan,maupun pada saat mempraktekan sebelum masuk pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan guna menyusun laporan Kuliah Kerja Praktek ini, maka penulis melakukan penelitian menggnakan beberapa metode, diantaranya:

1. Metode ObservasiPenulis melakukan pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatansecara sistematik terhadap unsure-unsur yang di teliti dengan terjun langsung pada bagian desain didivisi media promosi CV. Era Baru Product.

2. Metode Interview (Wawancara) Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang di wawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang diteliti.

3. Studi PustakaPenulis membaca buku-buku atau makalah yang berhubungan dengan kosentrasi Muktimedia Audio Visual And Broadcasting sebagai bahan referensi.

Sistem Matika Penulisan

Penulis mengelompokan pembahasan laporan ini kedalam 4 (Empat) Bab yaitu : Bab I Pendahuluan, Bab II Landasan teori, Bab III Pembahasan , Bab IV Kesimpulan dan Saran,dimana masing-masing bab tersebut menjelaskan :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini menjelaskan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian yang digunakan, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini menerangkan konsep dasar mengenai judul laporan dandefinisi-definisi yang berhubungan dengan desain promosi.

BAB III PEMBAHASAN

Dalam bab ini berisi tentang gambaran sejarah CV.ERA BARU,vis misi,ruang lingkup serta struktur organisasi.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil Kuliah Kerja Praktek (KKP) serta saran-saran untuk mengembangkan promosi perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

BAB II

Teori Umum

Laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan yangberkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada pelapor. Laporan berdasarkan isinya dibedakan menjadi sebagi berikut :

1. Laporan Ilmiah

Laporan ilmiah adalah laporan yang di susun melalui tahapan-tahapan tertentu serta metode dan teori tertentu.

2. Laporan Teknis

Laporan teknis adalah laporan tentang hal teknis penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instasi. Misalnya,laporan keadaan personil ,keadaan yang lain dan sebagainya. Jenis fakta yang digunakan dalam laporan pelaksanaan tugas lain, dan sebagainya. Jenis fakta yang digunakan dalam laporan adalah benda, kesaksian, tabel, pristiwa, grafik, dan data matrikulasi.


Fungsi laporan antara lain sebagaiberikut:

A. Fungsi pertanggung jawaban.

B. Fungsi informasi.

C. Fungsi dokumentasi.

Ada beberapa bentuk laporan antara lain :

1. Bentuk formulir adalah laporan yang biasa di buat dalam jumlah besar pelapor tinggal mencantumkan ketreangan yang lengkap sesuai kolom yang tersedia Misalnya,formulir riwayat hidup, formulir perjalanan dinas, formulir kegiatan, formulir rapat.

2. Bentuk artikel atau risalah adalah laporan yang dibuat seperti karangan dalam surat kabar.

3. Bentuk surat adalah laporan yang dibuat dengan surat. Tata cara penulisannya tidak berbeda dengan penulisan surat-surat resmi.

4. Bentuk buku adalah laporan dalam bentuk buku, jumlah halaman, rellatif banyak, tebal, dan rapi. Laporan ini dibuat dalam kegiatan yang berskala besar.

Konsep Dasar

Pengertian Kuliah Kerja Praktek

Praktek kerja lapangan di pandang perlu karenamelihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang bergerak cepat. Kuliah KerjaPraktek (KKP) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilaiantara teori dan kenyataan yang terjadi di lapangan yang pada akhirnya dapatmeningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan, baikdalam bentuk teori, maupun kenyataan yang ada.


Tujuan Kuliah Kerja Praktek

Tujuan dari diselenggarakannya Kuliah Kerja Praktek, antara lain:

a. Praktek kerja memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mengenal dan mengetahui secara langsung instansi sebagai salah satu penerapan disiplin dan pengembangan karir. Ketika turun langsung ke lapangan melaksanakan praktek kerja, mahasiswa dapat menilai tentang pengembangan dari ilmu yang mereka miliki.

b. Menjadi media penerapan teori yang diperoleh dari bangku kuliah.

c. Meningkatkan kerja sama antara perguruan tinggi dengan instansi.

d. Memperoleh wawasan tentang dunia kerja.

Klasifikasi Sistem

Definisi Desain

Desain merupankan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copy writer. Berupa konsep verbal dan visual di padukan secara sinergis kedalam desain melalui proses standart.


KonsepDasarInformasi

1. Fungsi Informasi.


Selalu menyampaikan informasi dan pengirim secara visual.


2. Fungsi Identikas


Desain selalu mengambarkan idetintas pengirim pesannya lewat karakter visual. 3. Fungsi PersuasiDesain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya, seperti emosi dalam bahasa musikal sehingga dapat menibulakn perusasi.

Konsep Dasar Promosi

Program Aplikasi Penunjang Design

Literture Review

BAB III

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Yudi dian pratama