TA1931426557

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


Pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang Interaktif

pada Platform Digital Blue Ocean dengan Metode Framework Laravel

dalam Upaya Peningkatan Aksesibilitas Navigasi


TUGAS AKHIR





Disusun Oleh :


NIM
: 1931426557
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2023/2024




ABSTRAK

Di era revolusi industri keempat, perkembangan teknologi telah menjadi fokus penelitian yang mendesak, didukung oleh undang-undang terbaru, yaitu Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Bab V Bagian Kelima Pasal 89 poin 6, menjelaskan bahwa pemerintah memberikan dukungan sumber daya, diantaranya berupa fasilitas yang mendukung digitalisasi. Adanya sebuah platform Digital Library menjadi sangat relevan mengingat pentingnya peranan teknologi di era digital. Oleh karena itu, pengembangan Digital Blue Ocean (DBO) sebagai platform perpustakaan digital di Universitas Raharja memiliki relevansi tinggi, memenuhi tuntutan pemanfaatan teknologi di era digital. Namun, perlu adanya peningkatan dan pengembangan DBO untuk memastikan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan pengetahuan di lingkungan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengembangkan DBO melalui penerapan metode Indicator Measurement Factor Analysis (IMF) dan Agile Scrum. Pengembangan DBO tidak hanya memaksimalkan strategi yang diperoleh tetapi juga memastikan implementasi yang jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DBO, dengan fitur yang ditingkatkan seperti halaman viewboard yang interaktif dan UI/UX yang lebih ramah pengguna, mengatasi tantangan dalam pengelolaan pengetahuan akademis secara efektif. Secara keseluruhan, penelitian ini berupaya mendukung transformasi digital di lingkungan pendidikan melalui peran sentral DBO sebagai platform terkini dalam pengelolaan dan akses sumber daya ilmiah, dengan penekanan pada peningkatan fitur seperti halaman viewboard yang interaktif, UI/UX yang lebih ramah pengguna, dan aksesibilitas navigasi yang lebih mudah untuk pengembangan dan pembaharuan situs web, dengan memanfaatkan Laravel untuk backend dan Bootstrap CSS untuk frontend.

Kata Kunci: Platform, UI/UX, Digital Library, Teknologi, Laravel


ABSTRACT

In the era of the fourth industrial revolution, technological development has become a pressing focus of research, supported by the latest law, Law No. 11 of 2020 concerning Job Creation, Chapter V, Fifth Part, Article 89 point 6, explains that the government provides resource support, including facilities supporting digitization. The existence of a Digital Library platform is highly relevant, given the importance of technology's role in the digital era. Therefore, the development of Digital Blue Ocean (DBO) as a digital library platform at Universitas Raharja holds high relevance, meeting the demands for technological utilization in the digital age. However, there is a need for enhancement and development of DBO to ensure the effectiveness and efficiency of knowledge management in the academic environment. This research aims to comprehend and innovate DBO through the application of the Indicator Measurement Factor Analysis (IMF) method and Agile Scrum. The development of DBO maximizes the obtained strategies and ensures clear implementation. The results indicate that DBO, with improved features such as interactive viewboard pages and a more user-friendly UI/UX, addresses the challenges in academic knowledge management effectively. Overall, this research endeavors to support digital transformation in the educational environment through the pivotal role of DBO as the latest platform in managing and accessing scholarly resources, emphasizing enhanced features like interactive viewboards, user-friendly UI/UX, and easier navigation accessibility for website development and updates, leveraging Laravel for backend and Bootstrap CSS for frontend.

Keywords : Platform, UI/UX, Digital Library, Teknologi, Laravel



DAFTAR PUSTAKA

[1] Wibowo, A. P. S. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Paska Berlakunya UndangUndang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Jurnal Budget: Isu dan Masalah Keuangan Negara, 7(1).

[2] Pambudi, A., Lutfiani, N., Hardini, M., Zahra, A. R. A., & Rahardja, U. (2023, December). The Digital Revolution of Startup Matchmaking: AI and Computer Science Synergies. In 2023 Eighth International Conference on Informatics and Computing (ICIC) (pp. 1-6). IEEE.

[3] Saputra, A. S. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi Pada Koperasi Di Era Industri 4.0. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(5), 505-510.

[4] Guustaaf, E., Rahardja, U., Aini, Q., Santoso, N. A., & Santoso, N. P. L. (2021). Desain Kerangka Blockchain terhadap pendidikan: A Survey. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 6(2), 236-245.

[5] Fakhrurrozi, H., & Al Azam, M. N. (2021). E-Library Sebagai Sumberdaya Informasi dan Pengetahuan di Lingkungan PLN UID Jawa Timur Berbasis Android dengan Fingerprint Authentication. Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), 4(2), 98-103.

[6] Herman, D. A., & Frederick, F. (2022, September). Pengembangan Dan Implementasi Frontend Dan Backend Website Perpustakaan Di SMA Maitreyawira Batam Menggunakan Model Addie. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 4, No. 1, pp. 1058-1064).

[7] Aini, Q. (2023). Pengaruh Learning Agility dan Dukungan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Inovatif Karyawan melalui Technostress sebagai Variabel Mediasi (Doctoral dissertation).

[8] Nurhaeni, T., Handayani, I., Nurcahya, R. A., & Rifaldi, A. (2021). Sistem Penilaian Sidang Komprehensif Tugas Akhir Skripsi dan Tesis Berbasis Yii Framework Menggunakan Business Intelligence Methodology. TMJ (Technomedia Journal) Vol, 5, 82.

[9] Girinda, M. J. (2022). TA: Penerapan Metode Goal Directed Design untuk Evaluasi dan Perbaikan User Interface dalam Meningkatkan User Experience pada Aplikasi Hestibell (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

[10] Pinho, C., Franco, M., & Mendes, L. (2020). Exploring the conditions of success in e-libraries in the higher education context through the lens of the social learning theory. Information & Management, 57(4), 103208.

[11] Ferdiantoro, A. K., Rokhmawati, R. I., & Fanani, L. (2020). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(5), 1446-1454.

[12] Arief, I., Muluk, A., Indrapriyatna, A. S., & Falevy, M. (2021). Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 5(6), 1052-1061.

[13] Thabit, R., Mahmood, Z. H., Anaam, E. A., Abdullah, A., & Mohammed, J. E-Library Application for Institutional Uses.

[14] Kato, A., Kisangiri, M., & Kaijage, S. (2021). A review development of digital library resources at university level. Education Research International, 2021, 1-13.

[15] Prasetyo, M. F., & Widayati, Q. (2020). Aplikasi E-Library Pada Perpustakaan Pt. Pusri Palembang Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 1(2), 69-79.

[16] Pakarbudi, A., Adipratama, A. Y., Ardianto, D. E., & Jaya, Z. A. A. (2022). PENINGKATAN EFEKTFITAS USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) MELALUI PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN PADA WEBSITE E–LIBRARY BPSDMP KOMINFO SURABAYA. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 76-87.

[17] Hamzah, M. L., Hultari, L. A., Purwati, A. A., & Nazaruddin, N. (2022). Analysis of E-Library Based on Level of User Satisfaction Using EUCS and IPA Methods. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(1), 599-610.

[18] Atika, M., & Sayekti, R. (2023). Studi Literatur Review Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence (AI) Library Information System Based on Artificial Intelligence (AI): Literatur Review. Journal of Information and Library Science, 14(1), 39-52.

[19] Lutfiani, N., Rahardja, U., & Khasanah, K. T. (2022). The development viewboard as an information media at official site asosiation. APTISI Transactions on Management (ATM), 6(1), 10-18.

[20] Purbo, O. W. (2021). A Systematic Analysis: Website Development using Codeigniter and Laravel Framework. Enrichment: Journal of Management, 12(1), 1008-1014.

[21] Rahardja, U., & Lutfiani, N. (2020, March). The strategy of improving project management using indicator measurement factor analysis (imf) method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 3, p. 032023). IOP Publishing.

[22] Kartinah, D. (2023). IMPLEMENTASI METODE SCRUM PADA MANAJEMEN PROYEK APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi).

[23] Rahardja, U., Aini, Q., Lutfiani, N., Harahap, E. P., & Nabila, E. A. (2021). Business intelligence and sinta analytics to improve indonesian national research in education 4.0 era. In Proc. Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag (pp. 4744-4756).

[24] Lukita, C., Chakim, M. H. R., Supriati, R., Santoso, N. P. L., & Kamil, M. F. (2023). Exploration of perceived use of technology using a digital business perspective. ADI Journal on Recent Innovation, 5(1Sp), 87-96.

[25] Rahardja, U., Lutfiani, N., & Amelia, S. (2019). Creative content marketing in scientific publication management in industrial era 4.0. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(2), 168-177.

Contributors

Admin, Ahmad Bayu Yadila