TA1411382018

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP

PADA SMA PGRI BALARAJA

BERBASIS WEB

TUGAS AKHIR

Disusun Oleh :

NIM : 1411382018
: '
NAMA : Siti Nurmah
: '


JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2017/2018



AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP

PADA SMA PGRI BALARAJA

BERBASIS WEB

Disusun Oleh :

NIM
: 1411382018
Nama
Jenjang Studi
: Diploma
Jurusan
: Manajemen Informatika
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
AMIK RAHARJA
       
Jurusan Manajemen Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po Abas Sunarya, M. Si)
       
(Ruli Supriati, Skom. MTI)
NIP : 000603
       
NIP : 073009

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP

PADA SMA PGRI BALARAJA

BERBASIS WEB

Dibuat Oleh :

NIM
: 1411382018
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Manajemen Informatika

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Disetujui Oleh :

Tangerang,23 Januari 2018

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP

PADA SMA PGRI BALARAJA

BERBASIS WEB

Dibuat Oleh :

NIM
: 1411382018
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Manajemen Informatika

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Januari 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP

PADA SMA PGRI BALARAJA

BERBASIS WEB

Disusun Oleh :

NIM
: 1411382018
Nama
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Manajemen Informatika
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, ..... 2018

 
 
 
 
 
NIM : 1411382018

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

SMA PGRI Balaraja Sebagai lembaga pendidikan tanggap dengan perkembangan teknologi tersebut. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk berkompetisi dengan sekolah lain dalam pelayanan informasi publik. Teknologi Informasi Web khususnya, menjadi sarana bagi SMA PGRI Balaraja untuk memberi pelayanan informasi secara cepat, jelas, dan akuntable. Dari layanan ini pula, sekolah siap menerima saran dari semua pihak yang akhirnya dapat menjawab Kebutuhan masyarakat. Selama penelitian menggunakan analisa SWOT yaitu melakukan analisa terhadap kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (treatment) dari perancangan sistem informasi pembayaran SPP yang akan diaplikasikan pada SMA PGRI Balaraja agar diketahui bagaimana metode yang cocok agar tercapai tujuan dalam pembayaran SPP yang baik serta menjadi bahan pertimbangan dalam keputusan strategis dan operasional. Dalam bagian ini penelitian yang diteliti Pada sekolah SMA PGRI Balaraja yaitu mengenai perkembangan teknologi pada sistem pembayaran SPP siswa. Dimana sistem pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja memiliki sistem administrasi pembayaran sekolah yang belum mampu bekerja secara optimal karna belum terkomputerisasi. sehingga kurang efisien dalam pencarian data dan pembuatan laporan. Sistem pembayaran SPP di SMA PGRI Balaraja ini masih dibukukan dalam buku besar sehingga belum mampu menghasilkan suatu sistem informasi pembayaran SPP yang efektif untuk menangani berbagai masalah atau kendala yang terjadi. Maka dari itu dibutuhkan sistem informasi pembayaran SPP berbasis Web dengan Bahasa Pemrograman PHP,Mysql, dan Phpmyadmin sebagai penyimpanan databasenya dan dalam merancang tampilan interface pada website dengan menggunakan Adobe Dreamweavercs3 yang bertujuan untuk mempermudah dalam pencarian data dan pembuatan laporan biaya SPP.


Kata Kunci: ........

ABSTRACT

SMA PGRI Balaraja As an educational institution responsive to the development of such technology. With the support of human resources in the school is ready to compete with other schools in public information services. Information Technology Web in particular, a means for SMA PGRI Balaraja to provide information services quickly, clearly, and accountable. From this service too, the school is ready to receive suggestions from all parties who can finally answer the needs of the community. During the research using SWOT analysis is to analyze the strength, weakness, opportunity and threat from the design of SPP payment information system which will be applied to SMA PGRI Balaraja to know how the suitable method to be achieved objectives in the payment of good tuition fees as well as consideration in strategic and operational decisions. In this section of research studied At SMA PGRI Balaraja school that is about technological developments in the student fee payment system. Where payment system of SPP at SMA PGRI Balaraja have administration system of school payment which not yet able to work optimally because not yet computerized. making it less efficient in data search and report generation. Tuition payment system in SMA PGRI Balaraja is still booked in the ledger so it has not been able to produce an effective payment information system SPP to deal with various problems or obstacles that occur. Therefore, we need a Web-based SPP payment information system with PHP, Mysql, and Phpmyadmin Programming Languages as database storage and in designing interface display on website by using Adobe Dreamweavercs3 which aims to simplify the data search and preparing of SPP cost report..


Keywords : ............

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulisan, akhirnya Tugas Akhir yang berjudul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP PADA SMA PGRI BALARAJA BERBASIS WEB” dapat diselesaikan. .

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program Pendidikan Ahli Madya Jurusan Manajemen Informatika. Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karna itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika
  2. Bapak Padeli, M.Kom selaku pembantu Direktur I (Pudir I) Pada AMIK Raharja Informatika.
  3. Ibu Ruli Supriati S.Kom, MTi selaku Kepala Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Diploma dan Dosen Pembimbing II.
  4. Bapak Al Bahra Bin Ladjamudin M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  6. Kedua orang tua, kakak dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Tugas Akhir ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, diharapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.


Tangerang, ..... 2018
Siti Nurmah
NIM. 1411382018

Daftar isi


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam era globalisasi dimana informasi menjadi kunci utama, maka pertukaran informasi baik intra maupun antar perusahaan atau organisasi menjadi sebuah keharusan. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, semakin banyak perusahaan atau instansi yang bermunculan.

Untuk mendukung sistem pendidikan yang bermutu, dibutuhkan sebuah sistem untuk mengelola sistem pembayaran SPP yang terkomputerisasi agar dapat menangani berbagai masalah atau kendala yang terjadi. Hal ini juga yang akan memperlancar aktivitas pada sekolah tersebut dalam kegiatan sehari-harinya..

Pada sekolah SMA PGRI Balaraja memiliki sistem administrasi pembayaran sekolah belum mampu bekerja secara optimal karna belum terkomputerisasi. sehingga kurang efisien dalam pencarian data dan pembuatan laporan. Sistem pembayaran SPP di SMA PGRI Balaraja ini masih dibukukan dalam buku besar. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dalam penelitian ini dapat mengambil judul “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Pada SMA PGRI Balaraja Berbasis Web”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :

  1. Mengapa perlu dilakukan pengambilan data sebelum membentuk sistem yang baru ?

  2. Apa kegunaan dari penerapan sistem informasi pembayaran SPP ini ?

  3. Bagaimana cara mempermudah dan mempercepat dalam proses pembayaran SPP ? ?

Ruang Lingkup

Sesuai dari judul di atas, masalah yang akan dibahas dalam penelitian di batasi hanya pada masalah-masalah sistem pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja sehingga dapat memberikan gambaran yang di mulai dari penerimaan pembayaran, mencetak stempel, pencatatan data pembayaran siswa, hingga pembuatan laporan pembayaran pada kepala sekolah.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui prosedur dan pelaksanaan pembayaran SPP yang lebih baik untuk diterapkan pada SMA PGRI Balaraja

  2. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja

  3. Dengan merancang sebuah sistem yang baru agar proses pembayaran SPP dapat berjalan dengan baik

Manfaat Penelitian

  1. Mempermudah pihak sekolah untuk menangani pembayaran biaya-biaya sekolah.
  2. Menghasilkan rekomendasi informasi yang berkaitan guna mendukung laporan.
  3. Memberikan solusi yang mampu meminimalisir kesalahan dalam proses pembayaran SPP sehingga berjalan dengan baik

Metode Penelitian

Untuk mendapatkan data yang di perlukan dalam penulisan laporan TA, peneliti menggunakan beberapa metode yang digunakan, adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

Metode Pengumpulan Data

Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah, sebagai berikut :

  1. Metode Observasi (Interview)

    Pada metode ini dilakukan penelitian terhadap masalah yang ada dengan cara mengamati sumber dan pengolahan data serta mengumpulkan data dari bagian-bagian yang berhubungan dengan sistem pembayaran SPP di SMA PGRI Balaraja yang beralamatkan di Jalan Raya Serang Km 24,5 Cibadak Cikupa Tangerang Banten, baik berupa dokumen, formulir, catatan, maupun laporan.

  2. Wawancara (Observation)

    Dalam metode ini dalam mendapatkan data dengan melakukan wawancara atau tanya jawab secara lisan kepada Pirman Muhammad Wahyudi S.T bagian Kurikulum.

  3. Studi Pustaka(Library Pustaka)

    Pengumpulan informasi yang dilakukan yaitu dengan membaca dan mempelajari beberapa referensi yang berhubungan dengan teori yang dibahas..

Metode Perancangan

Perancangan sistem informasi pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja berbasis web menggunakan beberapa software dalam perancangannya, antara lain : PHP myAdmin, merupakan bahasa pemrograman yang dipakai, Adobe Dreamweaver CS3 merupakan software yang digunakan untuk mendesign dan membuat model web, dan Xampp untuk terhubung dengan localhostnya .

Metode Prototipe

Proses prototype akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, dan representasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS3. ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya.

Metode Testing

Pada metode testing menggunakan blackbox. Blackbox testing adalah metode pengujian perangkat lunak yang tes fungsionalitas dari aplikasi yang berkenaan dengan struktur internal atau kerja.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada penelitian ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut : :

BAB I PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian, metode analisa, metode perancangan, metode testing dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku, jurnal dan referensi internet yang berkaitan dengan penelitian ini serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

Bab ini membahas mengenai gambaran umum SMA PGRI Balaraja, Sejarah singkat perusahaan, Visi misi dan Tujuan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung jawab, Tata laksana sistem yang berjalan, Analisa masukan, Analisa Proses, dan Analisa Keluaran , Analisa Konfigurasi Sistem , Elisitasi Tahap I, Tahap II, Tahap III sampai dengan pembuatan Final Elisitasi, dan membahas hasil dari sistem yang diusulkan mulai dari Use Case diagram, Sequence, dan Activity,Spesifikasi Basis Data , Prototype Program sampai Dengan Implementasi Program.

BAB IV PENUTUP

Bab ini berisikan kesimpulan dan saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan generalisasi perbaikan yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Definisi sistem menurut beberapa ahli, diantaranya:

Jurnal Manajemen Informatika Volume 6 Nomor 1 108-116[1] “Sistem adalah kumpulan atau himpunan dari unsur atau variable-variabel yang saling terkait, saling berinteraksi, dan saling tergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan”.

Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1[2] "Sistem mempunyai tujuan yaitu target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem dan agar target tersebut bisa tercapai maka harus diketahui terlebih dahulu ciri ciri atau kriterianya".

Karakteristik Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:20)[3], sebuah sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  1. Komponen Sistem (Components) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem, setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan, suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar atau sering disebut “supra sistem”.

  2. Batasan Sistem (Boundary) Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antar sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya, batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

  3. Lingkungan Luar Sistem (Environtment) Bentuk apapun yang ada diluar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem, lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara, lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan, jika tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.

  4. Penghubung Sistem (Interface) Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface, penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui penghubung tersebut, dengan demikian dapat terjadi suatu integrasi sistem yang membentuk suatu kesatuan.

  5. Masukkan Sistem (Input) Energi yang dimasukkan ke dalam sistem disebut masukkan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal Input). Contoh, di dalam suatu unit sistem komputer “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

  6. Keluaran Sistem (Output) Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna, kaluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain seperti sistem informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi, informasi ini dapat digunakan sebagai masukkan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal yang menjadi input bagi subsistem lain.

  7. Pengolahan Sistem (Proses) Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran, contohnya adalah sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

  8. Sasaran Sistem (Objective) Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic, jika suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

Klasifikasi Sistem

Menurut Sutabri (2012:22), “Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lainnya karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada di dalam sistem tersebut”.

Oleh karena itu, sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya :
  1. Sistem abstrak adalah sistem yang berupapemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnya sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya.

  2. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang disebut human machine sistem. Sistem informasi berbasis komputer merupakan contoh human machine sistem karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

  3. Sistem yang berinteraksi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem deterministic. Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem yang bersifat probabilistik adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistic..

  4. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk sub sistem lainnya.

Konsep Dasar Informasi

Definisi Informasi

Dibawah ini adalah sebagian definisi informasi dari beberapa ahli yaitu :

Menurut Kholid, S. L. (2016)[4], Informasi adalah kumpulan atau himpunan data yang telah diolah menjadi sesuatu yang memiliki arti dan manfaat yang lebih banyak dan lebih luas.

Definisi Data

Dikutip dari Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1[2]Data adalah fakta-fakta yang belum memiliki makna tujuan”. Informasi tanpa adanya data maka informasi tersebut tidak akan terbentuk. Peranan data dalam menghasilkan suatu informasi yang berkualitas dan akurat sangatlah penting, sehingga informasi tersebut dapat mendukung pengambilan keputusan.

Definisi Sistem Informasi

Dikutip dari Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1[2] Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input ( data, intruksi) dan output ( laporan, kalkulasi).

Konsep Dasar Teknologi Informasi

Definisi Teknologi Informasi

Dikutip dari Jurnal MIX Volume 7 Nomor 1[5]Sebuah informasi yang berkualitas adalah informasi yang secara umum bisa dikatakan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pengguna sedangkan secara umum pengguna membutuhkan sebuah informasi yang lengkap, saat dibutuhkan selalu ada, tepat waktu, dan lain-lain tergantung personalnya.

Teori Khusus

Konsep Dasar UML

Definisi UML

Dikutip dari Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2[6] UML adalah bahasa spesifikasi standar yang dipergunakan untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun perangkat lunak atau alat untuk pendukung pengembangan sistem. Langkah-langkah penggunaan Unified Modeling Language (UML) sebagai berikut :

1. Buatlah daftar business process dari level tertinggi untuk mendefinisikan aktivitas dan proses yang mungkin muncul.
2. Petakan use case untuk setiap business process untuk mendefinisikan dengan tepat fungsional yang harus disediakan oleh sistem, kemudian perhalus
use case
diagram dan lengkapi dengan requirement, constraints dan catatan-catatan lain.
3. Buatlah deployment diagram secara kasar untuk mendefinisikan arsitektur fisik sistem.
4. Definisikan requirement lain non fungsional, security dan sebagainya yang juga harus disediakan oleh sistem.
5. Berdasarkan use case diagram, mulailah membuat activity diagram.
6. Definisikan obyek-obyek level atas package atau domain dan buatlah sequence dan atau collaboration untuk tiap alur pekerjaan, jika sebuah use case
memiliki
kemungkinan alur normal dan error, buat lagi satu diagram untuk masing-masing alur.
7. Buatlah rancangan user interface model yang menyediakan antar muka bagi pengguna untuk menjalankan skenario use case.
8. Berdasarkan model-model yang sudah ada, buatlah class diagram. Setiap package atau domian dipecah menjadi hirarki class lengkap dengan atribut
dan
metodenya. Akan lebih baik jika untuk setiap class dibuat unit test untuk menguji fungsionalitas class dan interaksi dengan class lain.
9. Setelah class diagram dibuat, kita dapat melihat kemungkinan pengelompokkan class menjadi komponen-komponen karena itu buatlah component
diagram
pada tahap ini mendefinisikan test integrasi untuk setiap komponen meyakinkan ia bereaksi dengan baik.
10. Perhalus deployment diagram yang sudah dibuat. Detilkan kemampuan dan requirement piranti lunak, sistem operasi, jaringan dan sebagainya.
Petakan
komponen ke dalam node.
11. Mulailah membangun sistem. Ada dua pendekatan yang tepat digunakan yaitu, Pendekatan use case dengan mengassign setiap use case kepada
tim
pengembang
tertentu untuk mengembangkan unit kode yang lengkap dengan test dan pendekatan komponen yaitu mengassign setiap komponen kepada tim
pengembang tertentu.
2. Dikutip dari Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2.[7]UML adalah salah satu standar bahasa visual yang banyak digunakan di dunia
industri untuk mengidentifikasi requirement, membuat analisis dan desain serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek

Definisi Web

Dikutip dari Indonesian Journal On Software Engineering (IJSE) Volume 1 Nomor 1[8]Web adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dari sebuah domain yang mengandung informasi.

Definisi HTML

Dikutip dari Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2.[9]Hypertext Markup Language atau disingkat dengan HTML merupakan bahasa standar yang digunakan menampilkan halaman web. Yang bisa dilakukan dengan HTML yaitu mengatur tampilan dengan halaman web dan isinya, membuat table dengan halaman web, mempublikasikan halaman web secara online, membuat form yang bisa digunakan untuk menangani registrasi dan transaksi via web, menambahkan objek-objek seperti citra, audio, video, animasi serta menampilkan area gambar (canvas) di browser.”

Literature Review

Literatur Review ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui landasan awal dan sebagai pendukung bagi kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, sehingga dapat menghindari pengulangan hal yang sama dalam penelitian dan dapat melakukan pengembangan ketingkat yang lebih tinggi dalam rangka menyempurnakan atau melengkapi penelitian yang nantinya akan dikembangkan lagi untuk kedepannya. Literature Review berfungsi untuk memperoleh informasi melalui referensi-referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan melalui studi pustaka maupun melalui media internet.
Terdapat beberapa penelitian yang memiliki korelasi yang searah dengan penelitian yang akan dibahas dalam Laporan Tugas Akhir yang disusun, antara lain :
1. Penelitian ini dilakukan oleh Anggi Anggriani (2014), yang Berjudul "Penerapan Sistem Pembayaran Spp Dengan Laporan Sms Gateway Pada Smk Sakti School. Sistem pembayaran SPP di SMK Sakti School saat ini proses transaksi, penyajian informasi dan hasil laporannya masih berjalan manual. Notifikasi untuk pembayaran yang harus dilakukan serta tunggakan pembayaran masih merepotkan pihak wali siswa maupun pihak sekolah, karena wali siswa masih harus datang atau telepon ke sekolah untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga memakan waktu dan biaya.Hal ini menjadi dasar kekuatan dalam merancang sebuah sistem pembayaran terkomputerisasi dengan menggunakan laporan sms gateway. untuk sistem rancangan yang dibangun menggunakan software Adobe Dreamwaver CS6, XAMPP dan Gammu.
2. Penelitian ini dilakukan oleh Oktaviani Marsaulina Simanjuntak (2015), yang Berjudul Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Pada Sma Agape Bk-3 Tangerang. Metode yang diusulkan pada penelitian ini menggunakan Macromedia Dreamweaver MX sebagai penulisan listing program PHP dan mysql sebagai databasenya. Dan untuk Memperbaiki sistem pembayaran SPP guna meningkatkan kualitas pelayanan keuangan yang diberikan kepada seluruh siswa 3. Penelitian Ini Dilakukan Oleh Meri Mayang Sari (2014), yang Berjudul Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web Dan Sms Gateway Pada Smp Puspita Tangerang. Untuk metode rancangan UML menggunakan software Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise Edition, untuk sistem rancangan yang dibangun menggunakan software Adobe Dreamwaver CS6, XAMPP dan Gammu. Notifikasi untuk pembayaran yang harus dilakukan serta tunggakan pembayaran masih merepotkan pihak wali siswa maupun pihak sekolah, karena wali siswa masih harus datang atau telepon ke sekolah untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga memakan waktu dan biaya. untuk meminimalkan tingkat keterlambatan pembayaran SPP, pembuatan sistem notifikasi untuk dapat mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada siswa/wali siswa dengan Gammu SMS Gateway agar siswa/wali siswa dapat mengetahui apakah mereka sudah melakukan pembayaran atau belum.
4. Penelitian Ini Dilakukan Oleh Siti Ropiah (2014), yang Berjudul Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web Pada Smk Plus Blm. Pada Metode ini dibutuhkan Sistem Informasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web dengan bahasa pemrograman PHP, MySql dan PhpMyAdmin sebagai penyimpanan database-nya dan dalam merancang tampilan interface pada website dengan menggunakan Adobe Dreamweaver CS3. Yang bertujuan untuk mempermudah dalam pencatatan data dan pembuatan laporan biaya SPP siswa perbulan.
5. Penelitian ini dilakukan oleh Lalu Satriawan Kholid (2016), yang Berjudul Pengembangan Sistem informasi pembayaran SPP berbasis web dan SMS Gateway. Di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan ini masih memiliki keterbatasan di antaranya adalah desain UI/UX yang masih sangat sederhana, belum ada fiturauto reply untuk SMS, pengguna hanya sebatas admin saja, dan fitur SMS Gateway hanya bisa berjalan di server lokal atau offline. Sehingga pengelolaan datanya masih konvensional yang menyebabkan rawan rusak dan hilang. Maka dari itu dirancang sistem informasi yang membantu dalam pengelolaan data pembayaran SPP yangmeliputi pencarian, penyimpanan, dan keamanan data. Serta dengan fitur SMS Gateway dapat memberitahukan kepada orangtua bahwa siswa telah melakukan pembayaran SPP.
6. Penelitian ini dilakukan oleh tri setyawati (2014), yang Berjudul sistem informasi pencatatan pembayaran uang sekolah berbasis multiuser. Metode yang digunakan berbasis multiuser dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan menggunakan database Microsoft SQL Server 2000. Perencanaan bertujuan untuk mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pengembangan sistem lama sehingga rumus-rumus dan proses penghitungan yang akan digunakan dapat sesuai dengan sistem yang baru. Perlu pembuatan program baru dengan program aplikasi Multiuser untuk membantu menanggulangi permasalahan yang dialami SMK Perintis 2-01 Semarang yaitu kendala-kendala yang timbul dari penggunaan sistem lama dalam pengolahan data sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi

BAB III

ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Gambaran Umum Perusahaan

Sejarah Singkat SMA PGRI Balaraja

SMA PGRI Balaraja berdiri sejak tanggal 1 November tahun 1877. Terletak di Jalan Bodjong 149 (Jl. Pemuda 149). Mula-mula adalah HBS (Hogere Bunger School). Pada tahun 1930 dipergunakan untuk HBS dan AMS (Algemene Meddelbare School), kemudian tahun 1937 HBS pindah di jalan Oei Tong Ham (sekarang Jl Menteri Supeno No. 1 / SMU 1 Harapan), Sedangkan bangunan di jalan Bodjong dipergunakan untuk AMS dan MULO. Pada zaman pendudukan Jepang bangunan ini dipergunakan untuk SMT (Sekolah Menengah Tinggi).

Struktur Organisasi SMA PGRI Balaraja

bagan%2Bstruktur%2Bsekolah.jpg

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas Kepala Sekolah

a) Memonitor dan membina pengelolaan KBM
b) Menyelenggarakan administrasi sekolah
c) Mengkoordinir pengembangan kurikulum
d) Mengevaluasi kegiatan Program Kerja Sekolah
e) Membuat program berskala/insidentil
f) Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan siswa baru
g) Merencanakan pengembangan,pendayagunaan
h) Pemeliharaan sarana atau prasana sekolah.

Wewenang Kepala Sekolah

a) Mengatur pembagian tugas Guru dan Staff
b) Membuat supervisi pelaksanaan tugas Guru dan Staff
c) Menandatangani berkas-berkas dokumen yang berlaku baik intern maupun ekstern.

Tugas Wakasek UR. Kurikulum

a) Memasyarakatkan dan mengembangkan kurikulum
b) Menyusun program pengajaran dan mengkoordinasikan pelaksanaannya
c) Menganalisis tercapainya target kurikulum
d) Menyusun roster Pembina upacara
e) Membuat data guru (pendidikan dan pelatihan)
f) Membuat rekapitulasi absensi guru setiap bulan.

Wewenang Wakasek UR. Kurikulum

a) Mewakili kepala sekolah apabila tidak ada ditempat
b) Menyusun jadwal pelajaran
c) Memberikan data tentang guru/pegawai kepada kepala sekolah.

Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

Rancangan Prosedur

Prosedur dalam pembayaran administrasi sekolah adalah sebagai berikut :
1. Siswa datang dengan membawa kartu iuran siswa yang diberikan kepada TU untuk membayar biaya administrasi sekolah
2. Setelah siswa memberikan kartu iuran siswa kepada TU, TU mencatat setiap pembayaran ke buku penerimaan administrasi dan menstempel kartu iuran siswa
Prosedur dalam pencatatan transaksi untuk pembuatan laporan :
1. Penerima iuran akan merekapitulasi transaksi penerimaan pembayaran administrasi ke daftar iuran.
2. Penerima iuran akan melaporkan jumlah penerimaan dan pengeluaran ke kepala sekolah dalam bentuk laporan.

Rancangan Sistem Yang Berjalan

Untuk menganalisa sistem yang berjalan, penelitian ini menggunakan program Unified Modeling Language (UML) untuk menggunakan prosedur dan proses yang berjalan saat ini.

Usecase Diagram Sistem Yang Berjalan

Gambar 3.2 Use Case Diagram Sistem Yang Berjalan
Berdasarkan Gambar 3.2 Use Case Diagram yang berjalan Di SMA PGRI Balaraja Dijelaskan sebagai berikut :
1. (tiga) actor yang dapat melakukan diantaranya : Kepala sekolah, Staff TU, dan Siswa

2. (tujuh) Use Case yang dapat dilakukan oleh actor tersebut, yaitu : Menyiapkan kartu SPP, memberikan kartu SPP dan Uang, Mencatat dan Menstempel kartu SPP, mengembalikan kartu SPP, merekap Laporan SPP, laporan SPP.

Squence Diagram Sistem Yang Berjalan

Gambar 3.3 Sequence Diagram Sistem Yang Berjalan
Berdasarkan Gambar 3.3 Squence Diagram yang berjalan Di SMA PGRI Balaraja Dijelaskan sebagai berikut :
1.(tiga) actor yang melakukan kegiatan yaitu, Siswa, Staff TU dan Kepala sekolah
2.(dua) lifeline yang merupakan objek entity antara muka yang saling berkaitan

3.(enam) message yang memuat informasi tentang aktifitas yang terjadi yaitu Siswa memberikan kartu beserta uangnya kepada kasir, lalu kasir menstempel kartu dan merekap laporan bayaran dan memberikannya kepada Staff TU.

Activity Diagram Sistem Yang Berjalan

Gambar 3.4 Activity Diagram Sistem Yang Berjalan
Berdasarkan gambar 3.4 Activity Diagram yang berjalan Di SMA PGRI Balaraja Dijelaskan sebagai berikut :

1. (satu) Initial Node, objek yang diawali.

2. (enam) activity dari sistem yang mencerminkan eksekusi dari suatu aksi diantaranya : datang langsung membawa uang SPP dan kartu pembayaran,
menerima uang dan kartu pembayaran, mengembalikan uang dan kartu pembayaran SPP, mencatat di buku besar, memberikan ttd dan stempel kartu
pembayaran SPP, merekap laporan, menyerahkan kartu pembayaran SPP yang sudah di acc.
3.(satu) final node, objek yang diakhiri.

4.(tiga) vertical swimlane yaitu Siswa, Staff TU, dan kepala sekolah.

Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran

a) Analisa Masukan
Nama Masukan : Kartu Bayaran SPP
Fungsi : Digunakan sebagai bukti untuk melakukan pembayaran pada setiap Siswa
Sumber : TU, Siswa
Media : Kertas
Frekuensi  : Dilakukan pada saat membayar SPP
Format : Lihat lampiran
Keterangan : Berisi no.induk siswa, nama siswa, tanggal pembayaran, bulan pembayaran, jumlah pembayaran, paraf petugas.
b) Analisa Proses
Nama Masukan : Form Pembayaran SPP
Fungsi : untuk melakukan pembayaran SPP
Sumber : TU
Media : Kertas
Frekuensi  : Dilakukan pada saat membayar SPP
Format : Lihat lampiran
Keterangan : Berisi no.induk siswa, nama siswa, tanggal pembayaran, bulan pembayaran, jumlah pembayaran, paraf petugas.
c) Analisa Keluaran
Nama Masukan : Kwitansi
Fungsi : Sebagai bukti telah melakukan pembayaran SPP
Sumber : TU
Media : Kertas
Frekuensi  : Dilakukan setelah melakukan pembayaran SPP
Format : Lihat Lampiran
Keterangan : No induk siswa, nama siswa, tanggal pembayaran, bulan pembayaran, jumlah pembayaran.

User Requirement

a7abd917fa0ddfdff4dd35b1f866fd3b-0.jpg

TAHAP2.jpg

TAHAP3.jpg

FNL.jpg

Rancangan Basis Data

Normalisasi

normalisasi.png

Tampilan layar yang diusulkan

1. Tampilan Layar Halaman Menu Login

1.JPG

2. Tampilan Layar Halaman Menu Pembayaran SPP

2.JPG

3. Tampilan Layar Halaman Menu Siswa

siswa.png

4. Tampilan Layar Halaman Menu Daftar Ulang

DU.png

5. Tampilan Layar Halaman Cetak Laporan SPP

CETAK.png

Konfigurasi Sistem Usulan

Spesifikasi Hardware

Perangkat keras yang dibutuhkan oleh sistem adalah suatu unit personal komputer. Perangkat keras yang diusulkan ini dibuat berdasarkan kebutuhan sistem saat ini dan antisipasi kabutuhan di masa yang akan datang. Konfigurasi yang dibutuhkan pada design sistem yang diusulkan, yaitu :
a) Processor : Intel Core B950
b) Monitor : ACER 802.11
c) Mouse : Logitech
d) RAM : 2GB
e) Hardisk : 500GB

Aplikasi Yang Digunakan

Perangkat lunak merupakan penunjang dari peralatan komputer yang akan digunakan sebagai penghubung dalam instruksi yang diinginkan, agar komputer dapat menghasilkan informasi yang diharapkan, maka perangkat lunak yang diusulkan dalam rancangan sistem ini adalah sebagai berikut:
a) Sistem Operasi Windows 7 Profesional
b) Microsoft Office 2007
c) Xampp Control Panel
d) Visual Paradigm for UML
e) Web Browser
f) Adobe Dreamweaver
g) Php myadmin

Hak Akses

1. Staff TU
bertugas untuk mencatat pembayaran spp, pembayaran pendaftaran, pembayaran tour dan pembayaran lainnya
2. Kepala Sekolah

Bertugas untuk melihat laporan pembayaran siswa.

Testing

Evaluasi

untuk mengetahui kesalahan dan kekurangan dari program yang dibuat maka dari itu perlu dilakukan evaluasi program . kegiatan ini dilakukan selama 2 minggu

Implementasi

Schedule

Berisi tentang waktu proses pembuatan sistem anda mulai dari

awal hingga selesai. Bentuk time schedule seperti time table. Bukti dari time schedule ini dimulai dari observasi sampai dengan dokumentasi.

schedule.png

Penerapan

Perancangan program merupakan bentuk penerapan dari hasil analisa dalam pengambilan data yang telah dilakukan oleh seorang analisa sehingga menghasilkan suatu rancangan yang mudah dipahami oleh seorang pembuat program. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan.

Estimasi Biaya

BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang dilaksanakan tentang sistem informasi pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja dapat ditarik beberapa kesimpulan berupa :
Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan buku dan belum mampu bekerja secara optimal karna belum terkomputerisasi. sehingga kurang efisien dalam penanganan pelayanan pembayaran dan pencarian data serta pembuatan laporan SPP. Sistem informasi pembayaran SPP yang dirancang diharapkan dapat memberikan solusi yang mampu meminimalisir kesalahan dalam proses pembayaran SPP sehingga berjalan dengan baik, serta menggunakan database sehingga proses yang dilakukan lebih baik, mudah dan cepat.
Keuntungan yang terdapat pada rancangan sistem baru ini diantaranya adalah :
1. Proses pembuatan laporan yang tersistem memudahkan bagi bagian tata useha untuk menyajikan laporan tepat waktu.
2. Tersedianya sistem yang dapat memenuhi kegiatan dalam proses pembayaran SPP.
3. Pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja telah memberikan hasil yang akurat dan ketepatan dalam membuat laporan

Saran

Untuk meningkatkan dan menanggulangi masalah yang terjadi pada proses pembayaran SPP pada SMA PGRI Balaraja, maka penulis bermaksud memberikan saran-saran sebagai bahan pertimbangan :
1. Perlu ditambahkan fitur backup data secara otomatis agar meminimalkan kerusakan dan kehilangan data.
2. Setelah sistem usulan berhasil diimplementasikan dengan
baik maka perlu adanya perawatan secara berkesinambungan sehingga dapat digunakan dengan maksimal.
3. Agar selalu menggunakan proteksi file, karena hal ini sangat berguna untuk menghindari pemakai (user) lain yang tidak berkepentingan mengakses file
tersebut


DAFTAR PUSTAKA

  1. Rochmawati, Naim. (2016) “Jurnal Manajemen Informatika Volume 6 Nomor 1 108-116",
  2. 2,0 2,1 2,2 Wagiu, A. C. (2016)"Jurnal Teika Volume 6 Nomor 1",
  3. Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset
  4. Kholid, S. L. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Berbasis Web Dan Sms Gateway : Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Hakim, Adnan. (2016)"Jurnal MIX Volume 7 Nomor 1".
  6. Hendini, Ade. (2016)"Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2"
  7. Mahdiati, Tias. (2016)"Jurnal Khatulistiwa Informatika Volume 4 Nomor 2"
  8. Safitri, Yulia (2015).Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis .
  9. Mahdiati, Tias (2016)."Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet Pada Kejaksaan Negeri Rangkasbitung .

Contributors

Nurmah, Siti nurmah