SI1921494027: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(←Membuat halaman berisi '<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height: 1">'''MEDIA EDUKASI BAHAYA BULLYING'''</p></div> <div style="fo...')
 
Baris 1: Baris 1:
 +
 +
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<p style="line-height: 1">'''MEDIA EDUKASI BAHAYA BULLYING'''</p></div>
 
<p style="line-height: 1">'''MEDIA EDUKASI BAHAYA BULLYING'''</p></div>

Revisi per 2 Agustus 2020 14.09


MEDIA EDUKASI BAHAYA BULLYING

MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC PADA

SMK CENGKARENG 1

JAKARTA BARAT


SKRIPSI



Disusun Oleh :


NIM
: 1921494027
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2019/2020





ABSTRAKSI

Bullying di sekolah kerap kali menjadi suatu hal yang memperhatinkan dengan adanya kekerasan, ancaman atau menyalah gunakan atau menintimidasi orang lain, tindakan bullying ini bisa berefek negatif pada kesehatan mentalnya salah satunya menjadi depresi. SMK Cengkareng 1 Jakarta Barat sangat begitu peduli kepada siswa-siswinya untuk menghindari perilaku bullying di sekolah. Permasalahan yang terjadi pada SMK Cengkareng 1 Jakarta Barat yaitu, kurangnya edukasi secara media didalam penyampaian edukasinya yang saat ini dilakukan masih menggunakan secara lisan atau tilisan di papan tulis yang dinilai kurang efektif dan memiliki daya tarik yang kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan edukasi bahaya bullying yang menarik seperti menggunakan motion graphic sehingga siswa-siswi dapat mudah memahami bahaya bullying. Adapun manfaat yang di dapat siswa-siswi SMK Cengkareng 1 Jakarta Barat yaitu dengan mudah mengetahui tentang bahaya bullying, pengertian bullying, macam-macam bullying, dampak bullying, faktor bullying dan yang terpenting mengetahui nilai positif yang dimiliki SMK Cengkareng 1 Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu, Analisa permasalahan, Pengumpulan data, Perancangan Media dengan menggunakan adobe illustrator cc 2018, adobe audition cc 2018, adobe after effect cc 2019. Kosep produksi media yaitu melalui preproduction, production dan postproduction. Hasil dari penelitian ini yaitu media edukasi bahaya bullying menggunakan motion graphic dapat digunakan sebagai edukasi kepada siswa-siwi SMK Cengkareng 1 Jakarta Barat, melalui media edukasi bahaya bullying ini membantu siswa-siswi mengerti tentang apa itu bahaya bullying dengan cara yang menarik menggunakan motion graphic dan bisa menarik calon siswa-siswi baru setelah mengetahui informasi tentang sekolah SMK Cengkareng 1 Jakarta Barat.

Kata Kuinci : Bullying, Edukasi, Motion Graphic


ABSTRACT


Bullying at school is often a thing of concern with violence, threats or misusing or intimidating others, these bullying actions can negatively affect the mental health of one of them being depressed. SMK Cengkareng 1 West Jakarta is very so concerned about its students to avoid bullying behaviour in schools. The problem that occurs in SMK Cengkareng 1 West Jakarta is that the lack of media education in the present educational is still using verbally or ticks on the chalkboard which is assessed less effective and has less appeal. The purpose of this research is to produce interesting educational bullying hazards such as using motion graphics so that students can easily understand the dangers of bullying. The benefits that can be students SMK Cengkareng 1 West Jakarta is easily know about the dangers of bullying, the notion of bullying, bullying, the impact of bullying, bullying factors and the most important thing to know the positive value of SMK Cengkareng 1 West Jakarta. The research methods used are analysis of problems, data collection, Media planning using Adobe Illustrator CC 2018, Adobe audition cc 2018, Adobe after effect cc 2019. Konsep Media production is through preproduction, production and postproduction. The result of this research is the educational media hazard bullying use motion graphic can be used as education to students-Siwi SMK Cengkareng 1 West Jakarta, through the educational media the danger of bullying helps students understand about what danger bullying in an interesting way using motion graphic and can attract new students after knowing information about the school SMK Cengkareng 1 West Jakarta.

Keywords : Bullying, education, Motion graphic



DAFTAR PUSTAKA

  1. Hutahaean, Harvei Desmon. Bosker Sinaga dan Anastasya Aritonang Rajagukguk. 2016. Analisa dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori untuk Korelasi Penjualan Produk (Studi Kasus : Apotik Diory Farma). Medan : STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Informatics Pelita Nusantara. ISSN : 2541-3724.Vol.1 No.1 : 8.

  2. Rusdi, Nur dan Muhammad Arsyad Suyuti. 2018. Perancangan Mesin – Mesin Industri. Deepublish.

  3. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta : Universitas Amikom Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 62.

  4. Iswandy, Eka. 2016. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus Pada CV. Vertical Cipta Relasi Padang Dengan Metode Centralized Data Processing. Padang : STMIK Jayanusa Padang. Jurnal TEKNOIF. ISSN: 2338-2724. Vol.4 No.2 : 108.

  5. Lubis, Adyanata. 2016. BASIS DATA DASAR. Yogyakarta : Deepublish.

  6. DWibowo, Koko Mukti. Indra Kanedi, Juju Jumadi. 2015. Sistem Informasi Geografis (SIG) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara di Provinsi Bengkulu Berbasis Website. Bengkulu : Universitas Dehasen Bengkulu. Jurnal Media Infotama. ISSN 1858 – 2680. Vol.11 No.1 : 52.

  7. Ramadhan, Azim. Ika Purwanti Ningrum dan Muh. Yamin. 2016. Siaset Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Dengan Menggunakan Sistem Penunjang Keputusan Metode Weighted Product dan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web. Kendari : Universitas Halu Oleo, Kendari. semanTIK. ISSN : 2502-8928. Vol.2 No.2 : 67.

  8. Riswanto. Asti Ideliana dan Siti Kholipah M. 2017. Media Iklan Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect Guna Penunjang Informasi dan Promosi di CV. Yuka Production Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.3 No.1 : 14.

  9. Rukmiyati, Ni Made Sri dan I Ketut Budiartha. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). Bali : Universitas Udayana (Unud), Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2337-3067. Vol.5 No.1 : 122.

  10. Tulodo, Bernadeta Asri Rejeki dan Achmad Solichin. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Jakarta : Universitas Budi Luhur. (JRMSI) Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia . ISSN : 2301-8313. Vol.10 No.1 : 28.

  11. Dewi, Ni Wayan Landya dan I Gusti Ayu Intan Saputra Rini. 2018. Pengaruh Pengawasan Keuangan, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan. Bali : Universitas Warmadewa. Jurnal KRISNA : Kumpulan Riset Akuntansi. ISSN: 2599-1809. Vol.10 No.1 : 65.

  12. Hutahaean, Japerson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish

  13. Budiman, Edy. Rofilde Hasudungan dan Akhmad Khoiri. 2017. Online Game “PICS AND WORDS” Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Berbasis HTML. Samarinda : Universitas Mulawarman. Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi). ISSN 2540-7902. Vol. 2 No. 1 : 381.

  14. Sidin, Udin Sidik. 2016. Media Edukasi Pengenalan Huruf Lontara Makassar Berbasis HTML5. Makassar : Universitas Negeri Makassar. SemanTIK. ISSN : 2502-8928. Vol. 2 No.2 : 116.

  15. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachman dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.5 No.1 : 20.

  16. Hamzah, Muchammad Ismail. 2017. Desain Implementasi Web SMP ISLAM NGEBRUK Menggunakan PHP dan MYSQL. Mataram : Universitas Bumigora Mataram. Jurnal MATRIK. ISSN : 1858-4144. Vol.16. No.2 : 1-2.

  17. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam ATTAQWA. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2 No.1 : 60.

  18. Toybah, Nur Rizky. 2016. Dakwah Komunikasi Visual Melalui Instagram Akun @HADITSKU. Banjarmasin : UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah AL-HIWAR. ISSN : 2579-9851. Vol.4 No.7 : 61.

  19. Wijayanti, Nadia S. Sutirman. Purwanto. Moch. Hanafi. Wahyuni Rusdiyanto. 2018. Analisis Kebutuhan Keterampilan Desain Grafis Perkantoran Bagi Mahasiswa D3 Sekretari UNY. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal EFISIENSI Kajian Ilmu Administrasi. ISSN : 2528-5750. Vol.15 No.2 : 4.

  20. Sulistiyawati, Puri. Dwi Puji Prabowo dan Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin. 2017. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Mata Kuliah Tipografi Pada Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro. ANDHARUPA Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. ISSN : 2477-3913. Vol.3 No.1 : 71.

  21. Rahman, Nadya Nur. Rahayu Sri Utami dan Agung Zainal Muttakin Raden. 2018. Analisis Tipografi Pada Spanduk Pemasaran Perumahan. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI. JURNAL DESAIN. ISSN : 2339-0115. Vol.5 No.3 : 252.

  22. Listy, Ariefika. 2018. Konsep dan Penggunaan Warna Dalam Infografis. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI. JURNAL DESAIN. ISSN : 2339-0115. Vol.6 No.1 : 12.

  23. Everlin, Shierly dan Reinhard Andersen. 2015. Kajian Visual Desain Tentang Jeans Dalam Bentuk buku. Jakarta : Universitas Bunda Mulia. Jurnal Rupa Rupa. ISSN : 2086-1060. Vol.4 No.2 : 160.

  24. Artika, Basten Yuni. Gunarhadi dan Muhammad Akhyar. 2017. Batik Ciprat Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Warna Bagi Siswa Tunarungu Kelas 5 di SLB NEGERI GROBOGAN. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. ISSN : 2549-5607. Vol.1 No.1 : 1012-1013.

  25. Hanapi, Mazarul Hasan Mohamad. Norazimah Zakaria dan Abdul Halim Ali. 2017. Fungsi dan Simbol dalam Mantera Mengikuti Konteks Budaya Melayu. Malaysia : Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. EDUCATUM Juournal of Social Sciences. ISSN : 2462-2443. Vol.3 No.1 : 22.

  26. Saefullah, Hilmansyah. 2018. Cyborg Sebagai Simbol Dalam Frankenstein Karya Mary Shelley. Karawang : Universitas Singaperbangsa Karawang. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika). ISSN : 2528-6978. Vol. 6 No.2 : 40.

  27. Prasetyo, Iwan Joko. 2017. Brand Image Tri Rismaharini dalam Pilkada Serentak 2015 di Media Jawa Pos Edisi Oktober – Desember 2015. Surabaya : Universitas Dr. Soetomo. Jurnal Kajian Media. ISSN : 2579-9436. Vol.1 No.1 : 18.

  28. Marieski, Tikki Capriati. Dr. Ir Bambang Hidayat, DEA dan Irma Safitri ST, M.I.T. 2017. Perancangan Aplikasi Deteksi Kemacetan Berdasarkan Pengolahan Video Digital Menggunakan Metode Frame Difference Berbasis Android. Bandung : Universitas Telkom. e-Proceeding of Engineering. ISSN : 2355-9365. Vol.4 No.1 : 481.

  29. Ramli. Muhammad Taufik Batubara dan Billy Mariza Akbar Saragih. 2018. Perancangan Layout dan Grafis Aplikasi Game Edukasi Tebak Gambar Berbasis Android. Medan : Universitas Prima Indonesia (UNPRI). JutiKomp Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima. ISSN : 2541-2019. Vol.1 No.1 : 17.

  30. Akbar, Muhammad Rio. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni SMK 2 Padang AR’ROZAK (KOPASMANDA AR’ROZAK). Padang : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Jurnal Majalah Ilmiah. ISSN : Vol.23 No.2 : 87.

  31. Kusniyanti, Harni dan Nicky Saputra Pangondian Sitanggang. 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Banjarmasin : Universitas Islam Negeri Antasari. Jurnal Teknik Informatika. ISSN : 2549-7901. Vol.9 No.1 : 11.

  32. Arief, Saiful dan Anggraeni Dyah Sulistiowati. 2018. Perancangan Kawasan Wisata Edukasi Vivarium Arsitektur Futuristik di Bandung. Jakarta : Universitas Budi Luhur. Jurnal MAESTRO Arsitektur & Teknik Elektro. ISSN : 2655-3430. Vol.1 No.1 : 169.

  33. Santoso, Adi. 2018. Pendidikan Anti Bullying. Jember : STIA Pembangunan Jember. Jurnal Majalah Ilmiah “PELITA ILMU” ISSN :2656-4467. Vol.1 No.2 : 53.

  34. Sukarno, Triwibowo Probo dan Dany Moenindyah Handarini. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Creative Problem Solving Untuk Mencegah Bullying di SMP. Malang : Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. ISSN : 2503-3417. Vol.1 No.1 : 34.

  35. Lasaufan, Elsa. Muhammad Faris Firmansyah dan Refi Setiawan Dandi. 2017. Video Alat Bantu Cek Proses Produksi di PT. RODA PRIMA LANCAR. Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195. Vol.3 Nol.1 : 92.

  36. Apriani, Desy. Haerul dan Yanuar Arif Febriana. 2016. Media Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada SMK BINA AM MA’MUR. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.2 No.1 : 14.

  37. Ahmad dan Rahmi. 2017. Korelasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Video Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gejala Alam Dikelas V SD NEGRI 1 PEUSANGAN. Aceh : Universitas Almuslim Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim. Vol.5 No.1 : 32.

  38. Algiffari, Muhammad. 2015. Perancangan Motion Graphic (Bumper In) dan Video Dokumenter Permainan Tradisional Jawa Barat (Analisis Deskriptif Permainan Tradisional Pada Sanggar Seni Tikukur Majalengka). Bandung : Universitas BSI Bandung. Jurnal Sketsa. ISSN : 2355-6595. Vol.2 No.1 : 51.

  39. Fauzyah, Resty dan Elda Franzia. 2018. Motion Graphic Promosi Pasar Paringan di Temanggung, Jawa Tengah. Jakarta : Universitas Trisakti. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain. ISSN : 2549-7766. Vol.3 No.2 : 161.

  40. Sunarya, Lusyani. Della Nurasiah dan Firmansyah Agustian. 2017. Video Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Studio Satu PT. Media Televisi Indonesia (METRO TV). Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.3 No.1 : 5.

  41. Maulana, Rizki. 2016. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Budaya Tentang Pakai Adat di Aceh Menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aceh : Universitas Almuslim. Jurnal TIKA. ISSN : 2503-1171. Vol.1 No.3 : 43.

  42. Sulfemi, Wahyu Bagja dan Nova Mayasari. 2019. Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Tangerang : Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan. ISSN 2443-3586. Vol.20 No.1 : 58.

  43. Dzulfadli. Syafruddin dan Haslinda. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Murid Pada Mata Pelajar Bahasa Indonesia Kelas V SD INPRES KELAPA TIGA 1 MAKASSAR. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar). ISSN 2622-5123. Vol.2 No.1 : 180./p></li>

  44. <p style="line-height: 2"> Suryadi, Jendi. Muhammad Arief dan Winoto. 2017. Multimedia Audio Visual And Broadcasting Bagian Detik TV PT. AGRANET MULTICITRA SIBERKOM Jakarta Selatan. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN :2356-5209. Vol.3 No.2 :233.

  45. Immaniar, Dewi. Reni Mulyani dan Fitra Arnita. 2017. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi. Tangerang : STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.10 No.2 : 286.

  46. Mahdi, Sutiono dan Ade Kosasih. 2018. Pelestarian Naskah-Naskah Kuno di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang. Bandung : Universitas Padjadjaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN : 2620-8431. Vol.2 No.2 : 2.

  47. Desrianti, Dewi Immaniar. Giandari Maulani dan Dana Krisdiana. 2019. Video Profile Sebagai Media Penunjang Promosi Pada sdk Penabur Gading Serpong. Tangerang : Universitas Raharja. CCIT Journal. ISSN : 2655-4275. Vol.12 No.2 : 152.

  48. Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata. 2018. Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintah Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN 2461-1409. Vol.4 No.2 : 173.

  49. Diniah, Zouhrotun dan Maya May Syarah. 2019. Analisis Produksi Program Khazanah Trans7 Episode Khazanah Etalase. Bogor : Universitas Ibn Khaldun Bogor. Komunika : Journal of Communication Science and Islamic Da’wah. ISSN : 2614-2163. Vol. 3 No.1 : 162.

  50. Harahap, Arifin S. 2017. Kiat Menyusun Organisasi Bidang Pemberitaan Televisi. Jakarta : Universitas Esa Unggul. KOMUNIKOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. ISSN : 2528-3243. Vol.14 No.1 : 56.

  51. Ningsih, Listiana Nadhia. Ray Tri Nugroho dan I Nyoman Lingga Anjana. 2017. Produksi Program Musik Chamber Dalam Bentuk Video Dokumenter pada PT. Mata Air Inspirasi (SWARNA FMTV). Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356-5195. Vol.3 No.1 : 49.

  52. Widada, Sugeng. Adi Kusuma Widya Tama dan Nanda Lestari. 2020. Video Profile Sebagai Media Promosi Pada MTS AL-HUSNA YPIHN CURUG KABUPATEN TANGERANG. Tangerang : Universitas Raharja. CCIT Journal. ISSN : 2655-2574. Vol.6 No.1 : 43.

  53. Handani, Sitaresmi Wahyu. M. Suyanto dan Amir Fatah Sofyan. 2016. Penerapan Konsep Gamifikasi pada E-Learning Untuk Pembelajaran Animasi 3 Dimensi. Purwokerto : Universitas AMIKOM Purwokerto. Jurnal Telematika. ISSN : 2442-4528. Vol.9 No.1 : 42-43.

  54. Sastrawan, Putu Virgo. I Ketut Resika Arthana dan I Gede Partha Sindu. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal KARMAPATI Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. ISSN : 2252-9063. Vol.6 No.1 : 117.

  55. Purwanto, Riyadi. 2017. Membangun Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Animasi Sebagai Metode Pembelajaran Sejak Usia Dini Studi Kasus TK Aisyah Brebes. Cilacap : Politeknik Negri Cilacap. Jurnal INOVTEK Polbeng – Seri Informatika. ISSN : 2527-9866. Vol.2 No.2 : 77-78.

  56. Ahyanuardi. Hambali dan Krismadinata. 2018. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertifikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Padang : Universitas Negri Padang. INVOTEK Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. ISSN :2549-9815. Vol.18 No.1 : 68.

  57. Fadli, Rima Pratiwi. Alizamar dan Afdal. 2017. Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Padang : Universitas Negri Padang. KONSELOR. ISSN : 2541-5948. Vol.6 No.2 : 75.

  58. Maulana, Hata dan Dhea Zarassita. 2017. Pembuatan Brand Mark dan Motion Graphic Logo pada Rebranding Project PT Astra Graphia Information Techology. Jakarta : Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal MULTINETICS. ISSN : 2443-2334. Vol.3 No.2 : 20.

  59. Tejawati, Andi. Hanif Aulia. Muhammad Bambang Firdaus. Fadli Suandi. Lathifah dan M. Khairul Anam. 2019. Pemanfaatan Video dan Animasi dengan Karakter Hela pada Pandangan Umum Terhadap Anak Pengidap Autistik. Lombok : STMIK Lombok. JIRE Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronik. ISSN : 2620-6900. Vol.2 No.2 : 64.

  60. Ramadhan, Syaipul. Rahmat Tullah dan Siti Nur Janah. 2019. Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negri Cibadak II Berbasis Multimedia. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762. Vol.9 No.2 : 7.

  61. Bachtiar, Dede dan Atikah. 2015. Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis Jaya Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088-1762. Vol.5 No.1 : 74.

  62. Rahardja, Untung. Qurotul Aini dan Made Bunga Thalia. 2017. Penerapan Menu Konfirmasi Pembayaran Online Berbasis Yii pada Perguruan Tinggi. Tangerang : STMIK Raharja. CITEC Journal. ISSN : 2460-4259. Vol.4 No.3 : 176.

  63. Wirapraja, Alexander dan Erni Halim. 2017. Pengaruh OPAQUE PRICING Sebagai Strategi Pemasaran Industri Perhotelan (Sebuah Studi Literatur). Surabaya : STIE IBMT Surabaya. Jurnal EKSEKUTIF. ISSN : 2579-5856. Vol.14 No.2 : 224.

  64. Alfianika, Ninit. 2018. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.

  65. Sarassati, Renovita. Amrullah dan Ahmad Saipullah. 2018. Media Video Animasi 3D Sebagai Salah Satu Pembelajaran. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.4 No.1.

  66. Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono dan Rahma Diana. 2019. Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Islam. Tangerang : STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN :2655-4275. Vol.12 No.1

  67. Febriyanto, Erick. Wahyu Hidayat dan Rendy Angga Saputra. 2018. Pembuatan Video Bumper Logo 3D Animasi Almados Buana Utama Dengan Adobe After Effect. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Technomedia Journal (TJM). ISSN : 2528-6544. Vol.3 No.1.

  68. Hidayat, Wahyu. Rochman Gagas Wicaksono dan Reza Julian. 2016. Media Pembelajaran Perakitan PC Dengan Animasi 3D Menggunakan 3DS MAX Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2 No.1.

  69. Sunarya, Lusyani. Nesya Elviana Ayundita dan Satria Agung Prabawa. 2018. Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasis Motion Graphic Pada STMIK Raharja Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.4 No.1.

  70. Desrianti, Dewi Immaniar. Ahmad Nur Firdaus dan Deny Pangestu Gunawan. 2017. Animasi Dengan Gambar Bergerak Meningkatkan Daya Tarik Program Promosi. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.10 No.1.

  71. Eun Young Oh. Donggil Song and Hyeonmi Hong. 2020. Interactive Computing Technology in Anti-Bullying Education: The Effects of Conversation-Bot’s Role on K-12 Students’ Attitude Change Toward Bullying Problems. Journal of Educational Computing Research. (pp. 201-219).

  72. Mukherjee, Sukhendu. 2019. Role of Multimedia in Education. Edelweiss Applied Science and Technology. (pp. 245-246).

  73. Winwin Wiana. 2017. Application Design Of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic On Making Fashion Design Learning In Digital Format. Internasional Journal of Scientific & Technology Research. (pp. 102-108)

  74. Fandy Neta. Rini Yulis and Muchamad Fajri Amirul Nasrullah. 2020. Effectiveness of Using 2D Animation Video with Live Shoot Motion Graphic. ATLANTIS PRESS Advances in Social Science, Education and Humanities Research. (pp. 119-127)

  75. Angganingrum Shinta Hapsari. Muhammad Hanif. Gunarhadi and Roemintoyo. 2019. Motion Graphic Animation Videos to Improve the Learning Outcomes of Elementary School Students. European Journal of Educational Research. (pp. 1245-1255)