SI1921424666

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANAN VIDEO PERFORMANCE DALAM MENINGKATKAN VALUE DAN MARKET

DI TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO HATTA


SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM
: 1921424666
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA.2023/2024



ABSTRAK

Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta merupakan salah satu dari ketiga terminal yang dimiliki Angkasa Pura 2 pada Bandar Udara Soekarno Hatta yang berletak di Tangerang. Dalam peningkatan kualitas baik dari segi value maupun market bandar udara, Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta belum memiliki sebuah media sebagai penyampaian informasi secara menyeluruh. Maka dari itu dibuatlah satu media video performance untuk menyampaikan informasi pelayanan yang ada di Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta. Penelitian ini untuk membantu menyampaikan informasi perusahaan berupa parade budaya, spot fotogenik, pengenalan area Bandar Udara yang dikemas dalam satu media video. Metodologi yang digunakan yaitu metode pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media menggunakan software Adobe Premiere Pro 2024, Adobe After Effects 2024 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pra-Production, Production, Post-Production. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menarik para passengers untuk meningkatkan value dan market Terminal 3..Sublime Text dan XAMPP.

Kata Kunci : video performance, terminal 3, value, market.

ABSTRACT

Terminal 3 of Soekarno-Hatta Airport is one of the three terminals owned by Angkasa Pura 2 at Soekarno Hatta Airport which is located in Tangerang. In terms of improving quality both in terms of value and airport market, Terminal 3 of Soekarno-Hatta Airport does not yet have a media to convey information as a whole. Therefore, a video performance media was created to convey information about services at Terminal 3 of Soekarno-Hatta Airport. This research is to help convey company information in the form of cultural parades, photogenic spots, introductions to airport areas packaged in one video medium. The methodology used is data collection methods, SWOT analysis, media design using Adobe Premiere Pro 2024 software, Adobe After Effects 2024 and the Media Production Concept (KPM) which consists of Pre-Production, Production, Post-Production. The aim of this research is to attract passengers to increase the value and market of Terminal 3.

Keywords: video performance, terminal 3, value, market.




DAFTAR PUSTAKA


[1] Alfaris S. 2020. ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI PENYEWAAN GELANGGANG OLAH RAGA BERBASIS WEB. Jurnal JUSIBI. 2 (2) : 298-307.

[2] Widodo, P., K. A. Wijayanti. 2020. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BESI BERBASIS WEB PADA CV. MULYA JAYA YOGYAKARTA. Jurnal Bianglala Informatika. 8 (1) : 48-57.

[3] Nurannisaa, S., Andreas, J. A. Nugroho. 2021. PENGEMBANGAN “JURNAL PROSES DESAIN” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERANCANGAN DESAIN. Jurnal Desain. 9 (1) : 131-142.

[4] Hardiansyah Q., D. K. Hermawan, T. Mustakim. 2018. VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK PUTRA TAMA MANDIRI. Jurnal ICIT. 4 (1) : 75-86.

[5] Yeni Arfah, SE.,M.AK. 2022. KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK. Padang : PT. Inovasi Pratama Internasional.

[6] Arisandy, Y., R. Satriawan. 2018. PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TINJAUAN MANAJEMEN SYARIAH. Jurnal AL-INTAJ. 4 (1) : 74-88.

[7] Arisandy, Y., R. Satriawan. 2018. PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TINJAUAN MANAJEMEN SYARIAH. Jurnal AL-INTAJ. 4 (1) : 74-88.

[8] Putra, A. A., V. Carisa. 2019. VIDEO KABUPATEN TANGERANG PADA DINAS DISPORABUDPAR PARIWISATA. Jurnal ICIT. 5 (1) : 64-73.

[9] Khusna G. K., F. Oktafani. 2019. PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DUNKIN’DONATS BANDUNG. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. 11 (1) : 134-146.

[10] Bakti L. A., Suherman, Asmiati. 2020. PENYEBARAN INFORMASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal Ilmiah Perpusatakaan dan Informasi. 7 (1) : 40-48.

[11] Amarin S., T. I. Wijaksana. 2021. PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI BERRYBENKA DI KOTA BANDUNG). Business Management Analysis Journal (BMAJ). 4 (1) : 37-52.

[12] Ais Zakiyudin, SE., MM. 2020. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN EDISI 2. Jakarta : Mitra Wacana Media.

[13] Sunarya Po. A., L. Anisah. 2018. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA DITJEN APTIKA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA JAKARTA. Jurnal CERITA. 4 (1) : 76-85.

[14] Syafnidawati, Sella. 2019. MEDIA VIDEO INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMA ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG. Jurnal CICES. 5 (1) : 99-106.

[15] Wulandari A. P., A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, Z. Ulfiah. 2023. PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Journal on Education. 5 (2) : 3928-3936.

[16] Aslan. 2019. PERAN POLA ASUH ORANGTUA DI ERA DIGITAL. Jurnal Stidia Insania. 7 (1) : 20-34.

[17] Tindangen M., D. S. M. Engka, P. C. Wauran. 2020. PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS : PEREMPUAN PEKERJA SAWAH DI DESA LEMOH BARAT KECAMATAN TOMBARIRI TIMUR KABUPATEN MINAHASA). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 20 (3) : 79-87.

[18] Syarifuddin H., A. Jabbar, M. Ikbal. 2021. PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA TALAWE KECAMATAN WATANG SIDENRENG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Jurnal PRAJA. 9 (3) : 113-121.

[19] Ristianah N. 2020. INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PERSPEKTIF SOSIAL KEMASYARAKATAN. Jurnal PAI. 3 (1) : 1-13.

[20] Rambe U. K. 2020. KONSEP DAN SISTEM NILAI DALAM PERSFEKTIF AGAMA-AGAMA BESAR DI DUNIA. Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam. 2 (1) : 91-106.

[21] Siregar J. E., A. I. Sinaga, Neliwati. 2019. IMPLEMENTASI NILAI DAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH MEDAN AREA. Jurnal At-Tazakki. 3 (1) : 159-175.

[22] Zahrudin M., S. Ismail, A. Hasanah. 2020. PENANAMAN NILAI INTI PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Jurnal JPA. 21 (1) : 157-172.

[23] Dartono, Holimin, D. Prihantoro. 2021. PENDIDIKAN NASIONALISME DI ERA SOCIETY 5.0 : REVITALISASI PERAN KELUARGA DAN MASYARAKAT. Jurnal Senastindo. 3 (1) : 291-302.

[24] Nurngaeni A. 2021. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX. Jurnal Manajemen dan Ekonomi. 4 (2) : 192-202.

[25] Indrasari, Meithina. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press.

[26] Sari Y. P., S. Y. Sari, D. P. Sari. 2022. IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN ANYAMAN DALAM MEMAKSIMALKAN LABA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA TOKO AMSKISHOP. Jurnal Pustaka Mitra. 2 (1) : 50-53.

[27] Arifin S. 2020. STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Tadris. 14 (1) : 112-123.

[28] Musyawarah, I. Y., D. Idayanti. 2022. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA IBU BAGAS DI KECAMATAN MAMUJU. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. 1 (1) : 1-13.

[29] Khairunnisa C. M. 2022. PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN: CONCEPTUAL PAPER. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. 5 (1) : 98-102.

[30] Setyawan M. F., U. Khabibah. 2022. PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING DENGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA CV. PUTRA PANJI KEDIRI. Jurnal Aplikasi Bisnis. 8 (1) : 43-48.

[31] Apriyansyah M. R., K. A. Sambowo, A. Maulana. 2020. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 9 (1) : 8-18.

[32] Institut Seni Indonesia Surakarta. (2021). Diakses pada 28 November 2023 dari https://sipadu.isi-ska.ac.id/sidos/rpp/2021/rpp_111185.pdf

[33] Sapriyah. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2 (1) : 470-477.

[34] Effendi Z., Murinto. 2019. APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA PENGENALAN MONUMEN YOGYA KEMBALI YOGYAKARTA. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. 2(1) : 1039-1049.

[35] Yulia N. A., Ainol, L. D. Pratama, W. Lestari. 2023. PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Journal Mandalika Mathematics and Education. 5 (1) : 70-78.

[36] Syamsiah. 2019. PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal SAP. 2 (1) : 53-63.

[37] Saraka M. Y., L. Amalia. 2023. ANALISIS PRODUKSI SIARAN BERITA CNN INDONESIA NEWSROOM; STUDI HIERARKI PENGARUH LEVEL RUTINITAS MEDIA. Jurnal Mediakita. 7 (1) : 15-35.

[38] Enterprise, Jubilee. (2020). Otodidak Adobe After Effects dan Adobe Premiere. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

[39] Enterprise, Jubilee. (2019). Adobe Premiere Pro dan CC untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

[40] Hendrawan I. R., A. D. Indraswari, P. Antara, A. F. Widihasani. 2022. ELISITASI KEBUTUHAN SMART TOURISM UNTUK REKOMENDASI PARIWISATA YOGYAKARTA. Jurnal Informatika dan Komputer. 6 (2) : 176-184.

[41] Noftianto E. F. N., W. A. Kusuma. 2021. TEKNIK ITERASI USER PERSONA DALAM PENGGALIAN KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Sosial dan Teknologi. 1 (7) : 634-643.

[42] Cahyono E. A., Sutomo, A. Hartono. 2019. LITERATUR REVIEW ; PANDUAN PENULISAN DAN PENYUSUNAN. Jurnal Keperawatan. 1 (1) : 1-12.

[43] Amarullah A. K. 2023. KAJIAN LITERATUR DALAM MENYUSUN REFERENSI KUNCI, STATE OF TE ART, DAN KETERBAHARUAN PENELITIAN (NOVELTY). Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. 13 (1) : 37-52.

[44] Sunarya L., P. A. Sunarya, A. A. Fajar. 2021. MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA DAYS HOTEL & SUITES TANGERANG. Journal Technomedia. 6 (1) : 52-69.

[45] Maulani G., S. Widada, N. G. Amir. 2020. MEDIA SISTEM INFORMASI VIDEO PROFILE SMA PERMATA INSANI MENGGUNAKAN ADOBE CREATIVE CLOUD. Journal SENSI. 6 (1) : 24-37.

[46] Desrianti D. I., R. Suprianti, K. Herdiana. 2021. PEMANFAATAN FILM SEBAGAI PENINGKATAN MEDIA PROMOSI PADA TEMPAT WISATA. Journal MAVIB. 2 (2) : 143-155.

[47] Sunarya P. A., G. Maulani, F. Husaini. 2020. MEDIA INFORMASI PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF PADA SMK AVICENA TANGERANG. Journal MAVIB. 1 (2) : 190-202.

[48] Sunarya L., N. E. Ayudita, S. A. Prabawa. 2018. VIDEO PROMOSI JURUSAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA STMIK RAHARJA TANGERANG. Journal SENSI. 4 (1) : 35-45.

[49] Arini K. A., N. Wibisono. 2022. PERANCANGAN VIDEO PROMOSI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS ROMANTIC GARDEN PINUS DI INSTAGRAM. Jurnal Prosiding. ¬4 (2) : 972-976.

[50] Kusumo F., Sulartopo. 2019. PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA TOKO CITRA MEUBEL SEMARANG. Jurnal PIXEL : Ilmiah Komputer Grafis. 12 (1) : 33-41.

[51] Dhahir M. Q., M. A. M. Al-Hakeem, H. A. A. Alshadoodee. 2022. AUTOMATIC CAMERA CONTROL AND ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN THE FUTURE OF CINEMATOGRAPHY. International Journal of Mechanical Engineering. 7 (1) : 1911-1920.

[52] Satia F. B., D. A. Wahab. 2019. MARKETING SERVICES IN THE FIELD OF PHOTOGRAPHY AND VIDEOGRAPHY USING INFORMATION TECHNOLOGY. International of Paper Conference Series: Materials Science and Engineering. 1-5.

[53] Sahrul B., Fathahillah, Yasdin. 2023. CINEMATOGRAPHY DESIGN OF INTEGRATED SERVICE VIDEO DOCUMENTATION. Journal of Research and Innovation. 1 (2) : 25-36.



Contributors

Admin, Yaserfadilla13