SI1921424149

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENI BELADIRI “BE SI”

PADA SANGGAR PERGURUAN BE SI KEBON JEMALI


SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1921424149
NAMA
: Ijhar Ahmad Fauzi



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2023/2024




ABSTRAK

Seni beladiri merupakan bagian penting dari budaya dan warisan budaya masyarakat betawi. Salah satu bentuk seni beladiri khas betawi adalah Bhe si (salah satu aliran maen pukul). Sanggar Perguruan Be-si Kebon Jemali adalah salah satu perguruan yang berada di Kota Tangerang yang berkomitmen untuk memperkenalkan dan melestarikan seni beladiri ini. Dalam konteks ini, perancangan audio visual menjadi aspek kunci untuk mengenalkan seni beladiri khas betawi ini kepada masyarakat luas. Perancangan Audio Visual ini bertujuan untuk memperkenalkan seni beladiri khas betawi dengan cara yang informatif dan edukatif. Media ini di harapkan dapat menginspirasi penonton untuk memahami, menghargai dan ikut serta dalam mempraktekan seni beladiri ini. Media ini akan dapat diakses melalui platform online dan media sosial untuk mencapai audiens yang lebih luas guna membantu mempromosikan dam mendorong minat masyarkat untuk terlibat dalam melestarikan warisan budaya yang berharga ini.

Kata Kunci: Budaya, beladiri, media, informasi.




ABSTRACT

Martial arts are an important part of the culture and cultural heritage of the Betawi people. One of the typical Betawi martial art forms is Bhe si (one of the maen punch genres). Sanggar Perguruan Be-si Kebon Jemali is one of the universities in Tangerang City that is committed to introducing and preserving this martial art. In this context, audio-visual design is a key aspect to introduce this Betawi martial art to the wider community. This Audio Visual Design aims to introduce Betawi martial arts in an informative and educational way. This media is expected to inspire the audience to understand, appreciate and participate in practicing this martial art. This media will be accessible through online platforms and social media to reach a wider audience to help promote and encourage public interest in engaging in preserving this precious cultural heritage

Keywords: Culture, martial arts, media, information





DAFTAR PUSTAKA

  1. Wina, Abidin. Zaenal Dodo dan Rasywir, Errissya. 2021. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Anjing Menggunakan Metode Certainty Factor. Jambi: Universitas Dinamika Bangsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika. Vol. 3, No. 1.
  2. Supriati, Ruli. Agus Salim Saputra dan Siti Shuhaibatul Islamiah. 2019. Aplikasi Sistem Pengiriman Barang Ekspor Berbasis Web Pada Pt. Tuntex Garment Indonesia Tangerang Guna Meningkatkan Mutu Proses Pengiriman Ekspor Barang. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Jurnal Sensi. ISSN: 2461- 1409. Vol. 4, No.1.
  3. Sunarya, Lusyani. Ayunda Dwi P. dan Nadya Handayani. 2019. Media Video Promosi Pada Roofpark Café & Restaurant Puncak Bogor Jawa Barat. Tangerang : Universitas Raharja. TMJ (Technomedia Journal). ISSN : 2620- 3383. Vol.5, No.2
  4. Ardiana, R. (2023). Implementasi pada TIK untuk pembelajaran anak usia dini’’. Murhum : jurnal pendidikan anak pada usia dini, E-ISSN :2723-6390. Vol. 4, No.1:103-111.
  5. Putra, Azwar Aditya dan Vella Carisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1.
  6. Wahyuningsih, M. G. S. (2019). Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SMPN 3 Bawen) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
  7. Maimunah, dan Muhamad Abiyyu Rifqi Adi Syahputra. 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Jurnal CCIT. ISSN :1978-8282. Vol.11, No.2.
  8. Kurniasih, F., & Setiawan, N. (2018). Pengembangan media film dokumenter sebagai pendukung pembelajaran akuntansi pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang bagi siswa SMK Kelas X Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.2 No.1. 21 – 36.
  9. Supriati, Ruli. Agus Salim Saputra dan Siti Shuhaibatul Islamiah. 2019. Aplikasi Sistem Pengiriman Barang Ekspor Berbasis Web Pada Pt. Tuntex Garment Indonesia Tangerang Guna Meningkatkan Mutu Proses Pengiriman Ekspor Barang. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Jurnal Sensi. ISSN: 2461- 1409. Vol. 4, No.1.
  10. Yulianjani, A., Martono, A. Apriyani, D. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Raykat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356 – 5195. Vol.5 No.1.
  11. Rochmawati, Irma. 2020. Fungsi-fungsi Desain. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. Jurnal UNIKOM.
  12. Wina, Abidin. Zaenal Dodo dan Rasywir, Errissya. 2021. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Anjing Menggunakan Metode Certainty Factor. Jambi: Universitas Dinamika Bangsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika. Vol. 3, No. 1.
  13. Nugraini, S. H. (2021). Perancangan Film Pendek “Simbah” sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Audio Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 401-410.
  14. Maulana, Azhari Ridho dan Winny Gunarti Widya. 2019. Desain Sampul Buku Cerita Bergambar Sejarah Kerajaan Demak. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. ISSN : 2623-0305. Vol.1, No.03
  15. Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.
  16. Setyanto, Daniar Wikan dan Bernardus Andang Prasetya A. 2018. Membaca Warna Pada Karakter Superhero Marvel. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan. ISSN : 2477-6106. Vol.3, No.2.
  17. Oktavianus, Y., Kamal, M. N. (2019). Video Promosi Wisata Kuau Kuliek Nagari Sungai Buluah. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol. 8, No. 4.
  18. Supriyadi. 2019. Pemanfaatan Plugin After Effect Untuk Produksi Film. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Komunikasi. ISSN 2579-3292. Vol.10, No.1.
  19. Wardana, Pebrian Adi. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Analisis SWOT Pada CV RJM. Sidoarjo : Universitas Maarif Hasyim Latif. Posiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UMAHA. ISSN: 27212662. Vol. 1., No.1.
  20. Sudjana (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.
  21. Yuliani, 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Raykat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356 – 5195. Vol.5 No.1.
  22. Rifki. 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Jurnal CCIT. ISSN :1978-8282. Vol.11, No.2.
  23. Kurniasih, F., & Setiawan, N. (2018). Pengembangan media film dokumenter sebagai pendukung pembelajaran akuntansi pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang bagi siswa SMK Kelas X Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.2 No.1. 21 – 36.
  24. Siregar, Helmi Fauzi, Yustria Handika Siregar dan Melani, 2018. Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Sumatera Utara : Program Studi Teknik Informatika Universitas Asahan. Jurnal Teknologi Informasi. P-ISSN 2580-7927. E-ISSN 215-2738 Vol. 2 No. 2 : 113 – 114.
  25. Nugraini, S. H. (2021). Perancangan Film Pendek “Simbah” sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Audio Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 401-410.
  26. Sulfemi, Wahyu Bagja. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Singkawang: STKIP Singkawang Street. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia ISSN: 2477-8427. Vol.4, No.1.
  27. Ahmad dan Mohammad Taufan A. Z. 2020. Penyusunan Blueprint Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Analisis SWOT pada STMIK Lombok. Lombok : STMIK Lombok. ISSN: 2614-1701. Vol. 2., No.2.
  28. Sunarya, Lusyani. Ayunda Dwi P. dan Nadya Handayani. 2021. Media Video Promosi Pada Roofpark Café & Restaurant Puncak Bogor Jawa Barat. Tangerang : Universitas Raharja. TMJ (Technomedia Journal). ISSN : 2620- 3383. Vol.5, No.2.
  29. Yulianjani, Arsi. Aris Martono dan Dwika Apriyani. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2654:8704. Vol.5, No.1 : 85.
  30. Sunarya, Lusyani. Ayunda Dwi P. dan Nadya Handayani. 2021. Media Video Promosi Pada Roofpark Café & Restaurant Puncak Bogor Jawa Barat. Tangerang : Universitas Raharja. TMJ (Technomedia Journal). ISSN : 2620- 3383. Vol.5, No.2
  31. Sunarya, Lusyani. Ayunda Dwi P. dan Nadya Handayani. 2021. Media Video Promosi Pada Roofpark Café & Restaurant Puncak Bogor Jawa Barat. Tangerang : Universitas Raharja. TMJ (Technomedia Journal). ISSN : 2620- 3383. Vol.5, No.2
  32. Arianto, Kukoh M., Achmad Zainudin M. dan Alfie Aulia F. 2020. Media Promosi Animasi Motion Graphic pada PT Tirta Karya Buana. Tangerang : Universitas Raharja. MAVIB Journal. ISSN : 2723-1992. Vol.1, No. 2.
  33. Wibowo, T., & Manelsi, D. P. (2022, April). DESIGN AND DEVELOPMENT OF HALAL INDUSTRY DOCUMENTARY VIDEOS USING MDLC. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 2, No. 1, pp. 17-28).
  34. Wibowo, T., & Manelsi, D. P. (2022, April). DESIGN AND DEVELOPMENT OF HALAL INDUSTRY DOCUMENTARY VIDEOS USING MDLC. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 2, No. 1, pp. 17-28).
  35. Ariyanto, Kukoh M., Achmad Zainudin M. dan Alfie Aulia F. 2020. Media Promosi Animasi Motion Graphic pada PT Tirta Karya Buana. Tangerang : Universitas Raharja. MAVIB Journal. ISSN : 2723-1992. Vol.1, No. 2.
  36. Supriyadi. 2019. Pemanfaatan Plugin After Effect Untuk Produksi Film. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Komunikasi. ISSN 2579-3292. Vol.10, No.1.
  37. Wardana, Pebrian Adi. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Analisis SWOT Pada CV RJM. Sidoarjo : Universitas Maarif Hasyim Latif. Posiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UMAHA. ISSN: 27212662. Vol. 1., No.
  38. Tantoni, Ahmad dan Mohammad Taufan A. Z. 2019. Penyusunan Blueprint Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Analisis SWOT pada STMIK Lombok. Lombok : STMIK Lombok. ISSN: 2614-1701. Vol. 2., No.2.
  39. Tantoni, Ahmad dan Mohammad Taufan A. Z. 2019. Penyusunan Blueprint Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Analisis SWOT pada STMIK Lombok. Lombok : STMIK Lombok. ISSN: 2614-1701. Vol. 2., No.2.
  40. Wardana, Pebrian Adi. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Analisis SWOT Pada CV RJM. Sidoarjo : Universitas Maarif Hasyim Latif. Posiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UMAHA. ISSN: 27212662. Vol. 1., No.1.
  41. Rahayu, Sri. Handy Januar P dan Syahrul Mubarok. 2019. Perancangan Sistem Informasi Penunjang Keputusan Rekam Jejak Pemeliharaan Sarana Operasional Berbasis Web Pada Blud Puskesmas Kecamatan Cengkareng. Tangerang : Universitas Raharja. Jurnal SENSI. ISSN: 2461-1409. Vol. 5., No.2.
  42. Martono, Aris. Sucipto dan Ryan Maulana. 2019. Sistem Ujian Online Lisensi Untuk Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran. Tangerang : Universitas Raharja. Jurnal SENSI. ISSN: 2461-1409. Vol. 5., No.2.
  43. Maulani, Azhari Ridho dan Winny Gunarti Widya. 2019. Desain Sampul Buku Cerita Bergambar Sejarah Kerajaan Demak. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. ISSN : 2623-0305. Vol.1, No.03
  44. Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Raykat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356 – 5195. Vol.5 No.1.
  45. Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.
  46. Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.
  47. Sulistiyawati, P., Prabowo, D. P., & Ihya'Ulumuddin, D. I. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Kuliah Tipografi pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 69-80.
  48. Putra, Y. S., Purnomo, M. E., & Mukmin, S. (2022). Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 198-210.
  49. Nugraini, S. H. (2021). Perancangan Film Pendek “Simbah” sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Audio Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 401-410.
  50. Shino, Y., Kenta, H., & Mertayasa, I. K. (2022). Media promotional for art in tangerang city with audio visual adobe creative. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 4(2), 192-204.
  51. Rohayati, N., Hodiyah, I., & Marwan, I. (2022). Development of Three-Dimensional Virtual Reality Technology for Learning Languages in Pencak Silat Curriculum. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 8(2), 283-290.
  52. Mustofa, H. A., Gunawan, G., & Kosim, K. (2021). Validity of documentary video learning media based on local content traditional musical instruments on sound waves. Jurnal Pijar Mipa, 16(5), 576-582.
  53. Wibowo, T., & Manelsi, D. P. (2022, April). DESIGN AND DEVELOPMENT OF HALAL INDUSTRY DOCUMENTARY VIDEOS USING MDLC. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 2, No. 1, pp. 17-28).
  54. Yandi, S., Utami, S. P., & Yunika, N. (2023). Effect of Audiovisual Media on the Level of Knowledge of Boarding Students of the West Sumatra Student Coaching and Sports Training Center about the Occurrence of Avulsion. e-GiGi, 11(2), 206-212.




Contributors

Admin, Ijhar Ahmad Fauzi