SI1721498517: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi terperiksa][revisi terperiksa]
(abstrak)
k (Melindungi "SI1721498517": Permintaan Pengguna ([Sunting=Hanya untuk pengurus] (selamanya) [Pindahkan=Hanya untuk pengurus] (selamanya)))
 
(Tidak ada perbedaan)

Revisi terkini pada 12 November 2022 02.55

 

PERANCANGAN MEDIA ANIMASI BERBENTUK

VIDEO PROMOSI GUNA PENUNJANG PROMOSI

PADA PT. CASTRA ADHI CEMERLANG


   

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1721498517
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2021/2022





ABSTRAK

Perkembangan teknologi di era modernisasi saat ini membuat banyak perusahaan khususnya yang bergerak dibidang jasa layanan konsultasi untuk dapat memberikan suatu informasi dalam bentuk media promosi animasi yang kreatif, informatif dan menarik. PT. Castra Adhi Cemerlang adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan konsultasi yang beralamat di Jl. KH. Hasyim Ashari No. 20 Kota Tangerang, Banten 15119, yang saat ini membutuhkan media video promosi untuk membantu dalam penyebaran informasi dan promosi serta keunggulan layanan konsultasi di PT. Castra Adhi Cemerlang. Permasalahannya yaitu, dalam kegiatan promosi sebelumnya hanya menggunakan media cetak seperti brosur, majalah, flyer, secara sederhana dan kurang lengkap dan update informasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk membantu PT. Castra Adhi Cemerlang dalam menyampaikan informasi dan promosi mengenai profil, sejarah, serta beberapa jenis layanan konsultasi yang ada di perusahaan secara efektif, menarik dan informatif, yang memiliki manfaat agar dapat menarik minat masyarakat dan meningkatkan jumlah klien setiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data, analisis SWOT, Perancangan Media dengan menggunakan software Adobe After Effect CC 2018, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Ilustrator 2015 dan Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Melalui perancangan media video animasi ini customer dan masyarakat dapat mengetahui informasi dengan mudah mengenai profil dan jenis layanan konsultasi secara efektif, dapat menarik minat masyarakat untuk berkonsultasi di PT. Castra Adhi Cemerlang.

Kata kunci : Animasi, Informasi, Promosi


ABSTRACT

The development of technology in the current modernization era has made many companies, especially those engaged in consulting services, to be able to provide information in the form of creative, and informative animation promotion media that are interesting. PT Castra Adhi Cemerlang is a company that provides consulting services located at Jl. KH. Hashim Ashari No. 20 Tangerang City, Banten 15119, who currently needs promotional video media to assist in the dissemination of information and promotion as well as the excellence of consulting services at PT. Castra Adhi Brilliant. The problem is, in previous promotional activities only used print media such as brochures, magazines, flyers, in a simple and incomplete manner and updated the information. The purpose of this study is to help PT. Castra Adhi Cemerlang in conveying information and promotions regarding the profile, history, and several types of consulting services in the company effectively, interestingly and informatively, which have benefits in order to attract public interest and increase the number of clients every year. The research methods used are data collection, SWOT analysis, Media Design using Adobe After Effect CC 2018, Adobe Photoshop CC 2018, Adobe Illustrator 2015 and Media Production Concepts (KPM) consisting of Pre-Production, Production, Post-Production. Through the design of this animated video media, customers and the public can find out information easily about profiles and types of consulting services effectively, can attract people to consult at PT. Castra Adhi Brilliant.

Keywords : Animation, Information, Promotion





DAFTAR PUSTAKA

  1. Alkhulaniah, N. K. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN CIPTA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal PAUD Teratai, 3.

  2. Chrismantya Dwi Satriya Nugroho, E. S. (2017). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN (Studi Pada Unit Pusat PT. Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 116.

  3. Forster, M. (2015). “Refining the definition of information literacy: the experience of contextual knowledge creation”. Journal of Information Literacy. London: University of West London. (Vol. 9 (1). pp. 62-73. ISSN 1750-5968 - November 2015). London, England.

  4. ISEU SYNTHIA PERMATASARI, N. H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HANDS MOVE DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN PADA MAPEL IPS ISEU SYNTHIA PERMATASARI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

  5. Izomi Awalia, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. -ISSN: 2086- 2334; e-ISSN: 2442-4218

  6. Koko Mukti Wibowo, I. K. (2015). 2015. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) MENENTUKAN LOKASI PERTAMBANGAN BATU BARA DI PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE, 52.

  7. Kurniawan, S. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.

  8. Lidya. (2015). Sentiment Analysis Pada Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (K-NN). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:2089- 9815:4. Medan.

  9. Made Windu Cahyadi, K. R. (2020, July 2). PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI ”DISIPLIN LALU LINTAS”. Bali.

  10. Maimunah. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta.

  11. Maimunah, D., & Ericson, D. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Sulindafin. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017 ISSN : 2302-3805. 37-39. Yogyakarta, Indonesia.

  12. Padila, A. Y. (2019). TERAPI STORY TELLING DAN MENONTON ANIMASI KARTUN TERHADAP ANSIETAS. Journal of Telenursing (JOTING).

  13. Prihantana, M. A. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ANIMASI STOP MOTION UNTUK SISWA SMK. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali, Indonesia.

  14. Rani Winarni, E. R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019, 70.

  15. Sangwaranatee, N. (2016). Graphic Design using Cartesian Geometric Transformation Based STEM Education. Life Science Journal, 66. Thailand.

  16. Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis. Jurnal Pendidikan Multimedia.

  17. Sunarya, L. (2016). Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. ISSN:2461 - 1409. Vol.2, No.1 : 61. Tangerang, Banten, Indonesia.

  18. Taufan Yusuf Aslah, H. F. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetenga. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017) , 2.

  19. Tommy Gunawan, A. P. (2020). PERANCANGAN ANIMASI DENGAN MOTION CAPTURE SEBAGAI SARANA EDUKASI COVID-19.

  20. Yorizal Tri M.Gulo, A. K. (2021). Koncokelas: Animation-Based Learning Video Application as an Effort to Empower School Dropouts through Learning Houses. pelita masyarakat.

Contributors

Admin, Ariq F Putra