SI1721497735

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA HUTAN KERTASDI KABUPATEN KARAWANG

Skripsi



Disusun Oleh :


NIM
: 1721497735
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFOMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021




ABSTRAK

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan potensi wisata/rekreasi. Karya cipta manusia yang memiliki nilai jual untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha dibidang kepariwisataan. Kabupaten karawang memili banyak tempat wisata/rekreasi yang bisa dikunjungi salah satunya adalah Hutan Kertas. Hutan Kertas ini terletak di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara dengan pengelola Hutan Kertas, jumlah kunjungan setiap bulan mengalami fluktuasi. Permasalahannya yaitu kurangnya promosi, sebelumnya Hutan Kertas hanya melakukan promosi web,dan Instagram. Untuk memberikan informasi dan promosi kepada calon wisatawan dan masyarakat, maka diperlukan sebuah rancangan dalam bentuk media video. Dengan media video informasi dan promosi yang disampaikan akan lebih menarik dan efektif untuk meningkatkan jumalah pengunjung. Metode Perancangan Media dengan menggunakan aplikasi : Adobe Premiere Pro CS6, dan Konsep Produksi Media (KPM) yang meliputi : Preproduction, Production, dan Postproduction. Melalui perancangan media promosi ini memudahkan calon wisatawan dan masyarakat mendapatkan informasi mengenai potensi wisata/rekreasi yang ada di Hutan Kertas secara efektif, lebih dikenal masyarakat luas dan menunjang kemajuan Hutan Kertas.


Kata kunci : Hutan Kertas, Video, Promosi.


ABSTRACT

Indonesia is a country rich in natural beauty and tourism/recreation potential. Human creations that have a selling value to be developed into a business in the field of tourism. Karawang Regency has many tourist/recreational places that can be visited, one of which is the Paper Forest. This Paper Forest is located in Kutamekar Village, Ciampel District, Karawang Regency. Based on the results of research and interviews with Paper Forest managers, the number of visits each month fluctuates. The problem is the lack of promotion, previously Hutan Kertas only did web promotions, and Instagram. To provide information and promotions to potential tourists and the public, a design in the form of video media is needed. With video media, information and promotions delivered will be more attractive and effective to increase the number of visitors. Media Design Method using the application: Adobe Premiere Pro CS6, and the Media Production Concept (KPM) which includes: Preproduction, Production, and Postproduction. Through the design of this promotional media, it is easier for potential tourists and the public to get information about the tourism/recreation potential in the Paper Forest effectively, be better known to the wider community and support the progress of the Paper Forest.


Keywords: Paper Forest, Video, Promotion




DAFTAR PUSTAKA


  1. 1. Wina, Abidin. Zaenal Dodo dan Rasywir, Errissya. 2021. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Anjing Menggunakan Metode Certainty Factor. Jambi: Universitas Dinamika Bangsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika. Vol. 3, No. 1..
  2. Supriati, Ruli. Agus Salim Saputra dan Siti Shuhaibatul Islamiah. 2018. Aplikasi Sistem Pengiriman Barang Ekspor Berbasis Web Pada Pt. Tuntex Garment Indonesia Tangerang Guna Meningkatkan Mutu Proses Pengiriman Ekspor Barang. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Jurnal Sensi. ISSN: 2461-1409. Vol. 4, No.1.
  3. Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika Bandung.
  4. Aris Jatmika Diyatma, 2017, Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro, eProceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Telkom..
  5. Hasugian, Penda Sudarto. 2018. Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Medan : STMIK Pelita Nusantara. Journal Of Informatic Pelita Nusantara. ISSN : 2541-3724. Vol.3 No.1.
  6. Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa. 2017. Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa. Malang : Universitas Widyagama Malang. Jurnal JOINTECS. ISSN : 2541-3619. Vol.1, No.2.
  7. Dewi, Masita Dian dan Wahdi Anis. 2020. Bisnis dan Perencanaan Bisnis Baru. Yogyakarta : Deepublish.
  8. Sumarsid dan Atik Budi Paryanti. 2019. Analisa Promosi Penjualan dan Periklanan Terhadap Hasil Penjualan Air Mineral. Jakarta Selatan : Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics. ISSN : 2536-4849.Vol.6 No.1.
  9. Maimunah, Maimunah dan Rifki Adi Syahputra. 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten. Tangerang : STMIK Raharja Tangerang. Jurnal CCIT. ISSN : 1978-8282. Vol.11, No.2.
  10. Putra, Azwar Aditya dan Vella Carisa. 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas DISPORABUDPAR Pariwisata. Tangerang : STMIK Raharja. CICES Journal. ISSN : 2356-5209. Vol.5 No.1.
  11. Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachman dan Ellen Nindya Purwa. 2017. Media Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dalam Meningkatkan Efektifitas Program Pemasaran Pada Hotel Narita Tangerang. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 23023805. Vol.5 No.1.
  12. Lestari, Sefty. 2017. Perancangan Merchandise Guna Menunjang Efektivitas Promosi. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.3 No.1.
  13. Apriyani, D. 2019. Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Raykat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN : 2356 – 5195. Vol.5 No.1.
  14. Rochmawati, Irma. 2020. Fungsi-fungsi Desain. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. Jurnal UNIKOM.
  15. Maghfira Maulani. 2019. Studi Tentang Pembuatan Desain Motif Baik Lontara. Makassar : Universitas Negeri Makassar. Jurnal Imajinasi. ISSN : 1693 - 3990. Vol.3, No.2.
  16. Muhammad Agus. 2019. KAJIAN DESAIN KEMASAN TOLAK ANGIN DAN ANTANGIN. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal Seni dan Desain. ISSN : 2685 – 2780 Vol. 1 No.1.
  17. Winny Gunarti Widya. 2019. Desain Sampul Buku Cerita Bergambar Sejarah Kerajaan Demak. Jakarta : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. ISSN : 2623-0305. Vol.1, No.03.
  18. Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika Bandung.
  19. Bernardus Andang Prasetya A. 2018. Membaca Warna Pada Karakter Superhero Marvel. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan. ISSN : 2477-6106. Vol.3, No.2.
  20. Huda, Asrul. 2019. Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop dan Sablon Digital). Padang : UNP PRESS.
  21. Setiawan Dandi. 2017. Video Alat Bantu Cek Proses Produksi di PT. Roda Prima Lancar. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal. ISSN: 2356-5195. Vol.3, No.1.
  22. Deni Erlangga Saragih. 2018. Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC Channel Indovision Dengan Adobe Premiere Pro. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. SEMNASTEKNOMEDIA Online. ISSN : 2302-3805. Vol.6 No.1.
  23. Putri, Meilina Nanda. 2017. Pengaruh Format Video Terhadap Kualitas Video Streaming Berbasis Digital Living Networl Alliance. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
  24. Armaini. 2019. Media Video ANIMASI DALAM PENDIDIKAN SEKS ANAK DENGAN HAMBATAN KECERDASAN RINGAN. Padang. Universitas Negeri Padang. JUPPEKhu Jurnal penelitian pendidikan khusus. E-ISSN : 26225077. Vol. 7, No 1.
  25. Oktavianus, Y., & Kamal, M. N. (2019). Video Promosi Wisata Kuau Kuliek Nagari Sungai Buluah. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol. 8, No. 4.
  26. Lakoro, R. (2017). Perancangan Video promosi wisata pantai Kabupaten Jember dengan konsep sinematik infografis. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 6, No. 2.
  27. Melani. 2018. Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia.Sumatera Utara : Program Studi Teknik Informatika Universitas Asahan. Jurnal Teknologi Informasi. ISSN 2615-2738 Vol.2 No.2.
  28. Limbong, Tonni dan Janner Simarmata. 2020. Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Medan : Yayasan Kita Menulis.
  29. Sulfemi, Wahyu Bagja. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Singkawang: STKIP Singkawang Street. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia ISSN: 2477-8427. Vol.4, No.1

Contributors

Admin, Muhamad Firmansyah