SI1631490439: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 57: Baris 57:
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
<p style="line-height: 1">Pada PT Fajar Mitra Krida Abadi, Penerapan teknologi disuatu perusahaan tersebut belum terlalu terealisasi walaupun perusahaan tersebut bekerja atau bergerak dibidang teknologi sekalipun, namun perkembangan dibidang <i>Internet of Think</i> (IOT) bergerak begitu sangat cepat, perusahaan harus mau untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Tujuan peneliti adalah memudahan atasan serta jajaran  perusahaan dapat mengetahui keadaan karyawannya yang setiap hari, minggu, bulan, maupun tahunan dan masih banyak pula karyawan yang masih bekerja pada saat perusahaan baru berdiri untuk proses alat sendiri akan mendeteksi ketika hanya dalam keadaan sedang senang, sedih, dan netral yang dimana senang berarti berekpresi senyum, sedih berarti berekpresi cemberut atau murung dan netral yang dimana berarti harus keadaan biasa-biasa saja. Dijaman sekarang banyak perusahaan yang tidak peduli kepada keadaan karyawannya supaya dapat mengembalikan kinerja berkerjanya baik kembali, semoga alat tersebut dapat bekerja sebagai mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, kepustakaan, <i>System Development Life Cycle</i> (SDLC), Prototype, dan BlackBox Testing. Hasil peneliti  menemukan bahwa atasan tidak mengetahui karyawan yang sedang tidak baik atasan hanya mengetahui kinerja kerjanya tidak baik dan langsung menegur karyawan tersebut. Diharapkan dengan dibuatnya Prototype Sistem Pengukuran Emosi Karyawan Menggunakan Raspberry Pi 3 Model B ini dapat membantu atasan dalam mengetahui karyawan yang sedang tidak baik dan dapat di data untuk dapat menegurnya lebih cepat</p></div>
+
<p style="line-height: 1">Pada PT FAJAR MITRA KRIDA ABADI, Penerapan teknologi disuatu perusahaan tersebut belum terlalu terealisasi walaupun perusahaan tersebut bekerja atau bergerak dibidang teknologi sekalipun, namun perkembangan dibidang <i>Internet of Think</i> (IOT) bergerak begitu sangat cepat, perusahaan harus mau untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Tujuan peneliti adalah memudahan atasan serta jajaran  perusahaan dapat mengetahui keadaan karyawannya yang setiap hari, minggu, bulan, maupun tahunan dan masih banyak pula karyawan yang masih bekerja pada saat perusahaan baru berdiri untuk proses alat sendiri akan mendeteksi ketika hanya dalam keadaan sedang senang, sedih, dan netral yang dimana senang berarti berekpresi senyum, sedih berarti berekpresi cemberut atau murung dan netral yang dimana berarti harus keadaan biasa-biasa saja. Dijaman sekarang banyak perusahaan yang tidak peduli kepada keadaan karyawannya supaya dapat mengembalikan kinerja berkerjanya baik kembali, semoga alat tersebut dapat bekerja sebagai mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, kepustakaan, <i>System Development Life Cycle</i> (SDLC), <i>Prototype</i>, dan <i>BlackBox Testing</i>. Hasil peneliti  menemukan bahwa atasan tidak mengetahui karyawan yang sedang tidak baik atasan hanya mengetahui kinerja kerjanya tidak baik dan langsung menegur karyawan tersebut. Diharapkan dengan dibuatnya <i>Prototype</i> Sistem Pengukuran Emosi Karyawan Menggunakan <i>Raspberry Pi 3 Model B</i> ini dapat membantu atasan dalam mengetahui karyawan yang sedang tidak baik dan dapat di data untuk dapat menegurnya lebih cepat</p></div>
  
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Kata kunci : <i>Prototype, Flowchat, Raspberry Pi Model B, Pengukuran Emosi</i>''</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Kata kunci : <i>Prototype, Flowchart, Raspberry Pi Model B,</i> Pengukuran Emosi''</p></div>
  
  
Baris 76: Baris 76:
  
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''<i>Keywords : Prototype, Flowchat, Raspberry Pi Model B, emotion measurement</i>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''<i>Keywords : Prototype, Flowchart, Raspberry Pi Model B, emotion measurement</i>
 
  ''</p></div>
 
  ''</p></div>
  

Revisi per 29 Juli 2020 04.10

 

PROTOTYPE SISTEM PENGUKURAN EMOSI

KARYAWAN MENGGUNAKAN RASPBERRY

PI 3 MODEL B

   

SKRIPSI

   

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1631490439
NAMA


FAKULTAS SAINT DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020



ABSTRAKSI

ABSTRAK

Pada PT FAJAR MITRA KRIDA ABADI, Penerapan teknologi disuatu perusahaan tersebut belum terlalu terealisasi walaupun perusahaan tersebut bekerja atau bergerak dibidang teknologi sekalipun, namun perkembangan dibidang Internet of Think (IOT) bergerak begitu sangat cepat, perusahaan harus mau untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Tujuan peneliti adalah memudahan atasan serta jajaran perusahaan dapat mengetahui keadaan karyawannya yang setiap hari, minggu, bulan, maupun tahunan dan masih banyak pula karyawan yang masih bekerja pada saat perusahaan baru berdiri untuk proses alat sendiri akan mendeteksi ketika hanya dalam keadaan sedang senang, sedih, dan netral yang dimana senang berarti berekpresi senyum, sedih berarti berekpresi cemberut atau murung dan netral yang dimana berarti harus keadaan biasa-biasa saja. Dijaman sekarang banyak perusahaan yang tidak peduli kepada keadaan karyawannya supaya dapat mengembalikan kinerja berkerjanya baik kembali, semoga alat tersebut dapat bekerja sebagai mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, kepustakaan, System Development Life Cycle (SDLC), Prototype, dan BlackBox Testing. Hasil peneliti menemukan bahwa atasan tidak mengetahui karyawan yang sedang tidak baik atasan hanya mengetahui kinerja kerjanya tidak baik dan langsung menegur karyawan tersebut. Diharapkan dengan dibuatnya Prototype Sistem Pengukuran Emosi Karyawan Menggunakan Raspberry Pi 3 Model B ini dapat membantu atasan dalam mengetahui karyawan yang sedang tidak baik dan dapat di data untuk dapat menegurnya lebih cepat


Kata kunci : Prototype, Flowchart, Raspberry Pi Model B, Pengukuran Emosi




ABSTRACT

At PT Fajar Mitra Krida Abadi, application of technology in a company is not too realized even though the company is working or moving in the field of technology, but the development of the field of Internet of Think (IOT) moves so very fast, the company must want to follow the development of the technology. The aim of the researcher is to expand the employer and the ranks of the company to know the state of its employees every day week, month, or yearly and there are many employees who still work when new companies stand for their own tool process will detect when only in the state of being happy, sad, and neutral which is pleased to mean the expression of the smile, sad to mean the frown or moody and neutral which means that the situation must be mediocre. Nowadays many companies that do not care about the state of the employees to be able to restore their working performance well again, hopefully the tool can work as it should. The methods used in the study are observations, interviews, libraries, System Development Life Cycle (SDLC), Prototype, and BlackBox Testing. The results of the researcher found that the employer did not know the employee who was not good superiors only know his work performance is not good and immediately rebuked the employee. Expected by the Prototype employee emotion measurement system using Raspberry Pi 3 Model B can help the employer in knowing the employees who are not good and can be in the data to be able to remodel it faster.


Keywords : Prototype, Flowchart, Raspberry Pi Model B, emotion measurement




DAFTAR PUSTAKA

  1. Indonesia, Undang-Undang RI No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Cipta Jaya, 2003. Diakses 15 Februari 2020: http://www.kemenperin.go.id/kompetensi/uu_13_2003.pdf

  2. Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 15 Februari 2020 : https://kbbi.web.id/

  3. Muarie, M. S. 2015. Rancang Bangun Sistem Ujian Online Pada Smp Negeri 8 Sekayu. Jurnal Tips: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 2(1), 28-40.

  4. Buchari, M. Z., Sentinuwo, S. R., & Lantang, O. A. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi Dan Informasi. Jurnal Teknik Informatika, 6(1).

  5. Aslah, Taufan Yusuf., Hans F. Wowor., Dan Virginia Tulenan. 2017 Perancangan Animasi 3d Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. E-Journal Teknik Informatika. 11(1)

  6. Wikipedia, Definisi Sistem. Diakses 15 Februari 2019 Dari Definisi Sistem: https://id.wikipedia.org/wiki/sistem

  7. Romney, Marshall B., Dan Paul John Steinbart. 2015. Accounting Informasi Systems, 13 Th Edition. England: Pearson Educational Limited.

  8. Maniah. 2017. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish

  9. Muslihudin, Muhamad, Oktafianto. 2016. Analisi Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml. Yogyakarta: Cv. Andi Offset

  10. Mulyadi, 2016. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Komputer Pada PT. Ladang Makmur. Palembang : Politeknik Negeri Sriwijaya.

  11. Hutahaean, Jeperson. 2015 “Konsep Sistem Informasi”. Jakarta : Deepublish

  12. Wikipedia, Definisi Informasi. Diakses 15 Februari 2019. Dari Definisi Informasi: https://id.wikipedia.org/wiki/informasi

  13. Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish

  14. Krismiaji, 2015, Sistem Informasi Akuntansi, Unit Penerbit, Yogyakarta.

  15. Utari, M. I., Ningrum, I. P., & Yamin, M. (2016). Sistem Informasi Kepegawaian Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Sub-Sistem Utility Dan Penggajian. Semantik, 2(1).

  16. Lusyani, Sunarya., Po. Abas Sunarya Dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal Stmik Raharja. 9(1).

  17. Rachmadi, B., Triono, T., Hanni, F. (2017). Sistem Informasi Nilai Mata Pelajaran Dengan Metodologi Berbasis Objek. Jurnal Sisfotek Global, 7(1)

  18. Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Sensi Journal, 2(2), 184-197

  19. Rahayu, Sri., Ai Ratna Sari Dan Tri Sendra Saputra. 2018. Analisa Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. Jurnal Sensi. 4(1)

  20. Setiawan, Eko Budi. 2016. “Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Kerja Praktek Di Perguruan Tinggi”. Jurnal Ultima Vol 7 No 1.

  21. Anggraeni, Elisabeth Yunaeti, Dan Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

  22. Purnama, Chamdan (2016). Sistem Informasi Manajemen. Mojokerto. Penerbit: Insan Global

  23. Muharto Dan Arisandy Ambarita. 2016. Metode Penelitian Sistem Informasi : Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Penelitian.

  24. Suryadi, E. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Dalam Mendistribusikan Zakat, Infak Dan Sedekah. Ccit Journal, 9(3), 268-275

  25. Bachtiar, D. Atikah. 2015. Sistem Informasi Dashboard Kependudukan Di Kelurahan Manis Jaya Kota Tangerang. Jurnal Sisfotek Global. ISSN, 2088-1762.

  26. Setiawan, D., & Mahendra, Y. A. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penduduk Pada Kantor Desa Kebonsari. IJNS-Indonesian Journal On Networking And Security, 4(2).

  27. Soleh, O., Astriza, F., & Hamid, V. A. (2017, November). Analisa Masalah Sistem Informasi Penggajian Menggunakan Metode Pieces Di Smk Am Ma’mur. In Seminar Nasional Informatika (Snif) (Vol. 1, No. 1, 121-127).

  28. Surmayanti, S. (2016). Penggunaan Bahasa Pemrograman Java Editor Eclipse Helios Untuk Aplikasi English Conversation Pada Mobile Phone Berbasis Operation System Android. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 9(3), 72-79.

  29. Onu, Fergus U, Chinelo. V. Umakuka. (2016:506). Object Oriented Programming (OOP) Approach To The Development Of Student Information Management System. Ebonyi State University, Abakaliki – Nigeria: International Journal Of Computer Applications Technology And Research.

  30. Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

  31. Hendini, Ade. 2016. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol 1, No 2

  32. Dennis, A. (2015). Systems Analysis And Design: An Object-Oriented Approach With Uml 5th Edition. Hoboken, New Jersey, United States: John Wiley

  33. Nasril, N., & Saputra, A. Y. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online. Jurnal Lentera ICT, 3(1), 47-53.

  34. Titus, C. (2016). A Proposed Prototype On Using Online Social Networks As Learning Platforms. International Journal Of Computer Applications, 145(9).

  35. Hanafri, M. I., Mustafa, S. M., & Hidayat, A. (2017). Proses Perakitan Trafo Dengan Menggunakan Animasi Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).

  36. Indonesia, Undang-Undang RI No. 13 Tahun 2003 Pasal 79. Diakses Pada 15 Februari 2020: https://www.kemenperin.go.id/kompetensi/uu_13_2003.pdf

  37. Shabrina Restu, D. “Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja Wanita Mengenai Cuti Haid–Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan”. Jurnal SPREAD, 6(1)

  38. Abadi, S., & Latifah, F. (2017). “Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting”. Jurnal Tam (Technology Acceptance Model), 6, 37-43

  39. Safitri, K., Waruwu, F. T., Mesran, M. (2017). “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: PT Capella Dinamik Nusantara Takengon)”. Media Informatika Budidarma, 1(1).

  40. Alfarisi, S. (2019). Aplikasi Media Pengenalan Jenis Kamera Dan Lensa Berbasis Android. Jurnal Sisfo Tek Global, 9(1)

  41. Dimarzio, J. F. 2017. Beginning Android Programming With Android Studio.Indianapolis, Indiana: John Wiley & Sons

  42. Mantala, R. (2016). Perancangan & Implementasi Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku Dan Suku Cadang Di PT. Triteguh Manunggal Sejati Banjarbaru. Positif: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 2(1).

  43. Artikel Resmi Developer Android Studio. Diakses pada 15 Februari 2020: https://developer.android.com/studio/intro?hl=id

  44. Yuliyanti, W. (2016). Perencanaan Dan Pembuatan Aplikasi Absensi Dosen Menggunakan Radio Frequency Identification (Rfid). Prosiding SENIATI, 332-B.

  45. Yuhendra & Riza Eko. 2015, Rekayasa Perangkat Lunak Pengolahan Data Distribusi Obat-Obatan Di PT. Anugrah Pharmindo Lestari Berbasis Web. Jurnal Momentum. 17(2), 70

  46. Zahruddin, M., Handayani, I., & Santika, N. (2018). Merancang Sistem Pengolahan ATK Berbasis Web Pada PT. Arthaasia Finance. Ccit Journal, 11(2), 225-235

  47. Hanafri, M. I., Mustafa, S. M., & Hidayat, A. (2017). Proses Perakitan Trafo Dengan Menggunakan Animasi Multimedia. Jurnal Sisfo Tek Global, 7(1).

  48. Amrullah, Agit., Sutedjo, D., Ariyana, R. Y., Hendi, S., Susanto, E. S. 2016. Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semnasteknomedia Online.

  49. Amin, R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Smk Budhi Warman 1 Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 2(2), 113-121.

  50. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Pasal 64, 65, dan 66. Diakses pada 15 Februari 2020: https://pih.kemlu.go.id/

  51. Anggraini, Puspita Ghaniy.(2016).Implementasi Outsourcing.Yogyakarta.

  52. Warsito, A. B., Yusup, M., & Makaram, M. I. A. (2015). Perancangan SIS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal, 8(2), 24-33.

  53. Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta : Prenadamedia.

  54. Rafika, A., Budiarto, M., & Budianto, W. (2015). Aplikasi Monitoring Sistem Absensi Sidik Jari Sebagai Pendukung Pembayaran Biaya Pegawai Terpusat Dengan Sap. CCIT Journal, 8(3), 134-146.

  55. Budi Hartanti, C., & Umam, C. (2018). Aplikasi Pengajuan Cuti Online Berbasis Android Pada PT. Panasonic Gobel Eco Solutions Sales Indonesia. Prosisko: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 5(1).

  56. Sumarta, A., Jemakmun, J., & Putra, M. S. (2019, January). ooiuaaey Membangun Aplikasi Cuti Karyawan Dan Dosen Pada Universitas Bina Darma Palembang Berbasis Android. In Bina Darma Conference On Computer Science (BDCCS) (Vol. 1, No. 1, Pp. 24-32).

  57. Subekhi, I. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis Android

  58. Adikara, F. (2016). Pengembangan Fungsi Pengajuan Cuti Karyawan Pada Sistem Absensi Mobile. Jurnal Sisfo, Vol 6 No 1, 6.

  59. Prasetiyo, A. (2016). Sistem Aplikasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis Android Pada PT. Tokopedia (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana).

  60. Solikin, I., & Putra, M. S. (2019). Aplikasi Cuti Dosen Berbasis Android Pada Stebis Islam Darussalam. Klik-Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 172-183.

  61. Sunarya, P. A., Febriyanto, E., & Januarini, J. Aplikasi Mobile Absensi Karyawan Dan Pengajuan Cuti Berbasis Gps. Creative Communication And Innovative Technology Journal, 12(2), 241-247.

  62. Pratama, Rio Novian (2019). Aplikasi Pengajuan Cuti ASN Berbasis Android Pada BKPSDMD Kota Pangkalpinang.


Contributors

Admin, Alimmussoni