SI1621495401

Dari widuri
Revisi per 23 Januari 2021 15.17 oleh MUHAMMAD HAFIZH HAQ (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<br> <div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height: 1">'''VIDEO PROMOSI PADA PONDOK PESANTREN'''</P></div> <di...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari


VIDEO PROMOSI PADA PONDOK PESANTREN

AL HUSAINY SERPONG SEBAGAI

PENINGKATAN PPDB


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1621495401
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2020/2021



ABSTRAK

Dengan adanya perkembangan zaman, media promosi sangat diperlukan dan berperan penting dalam memasarkan suatu barang dan jasa, salah satunya dengan media audio visual yang dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan baik, sehingga penyajiannya terlihat lebih menarik dalam bentuk video iklan sebagai promosi. PONDOK PESANTREN AL HUSAINY SERPONG merupakan pendidikan diniyah, Kemudian karena adanya tuntutan zaman dan adanya keinginan dari masyarakat sekitar pondok pesantren modern Al-Husainy menambah bidang pendidikan. Video iklan ini sebagai media promosi dalam pengenalan, pemasaran, juga pengembangnya, iklan menjadi pilihan, karena dengan iklan calon santri lebih tertarik guna menunjang peningkatan kualitas pendidikan di PONDOK PESANTREN AL HUSAINY SERPONG. Tujuan penelitian ini untuk menyampaikan informasi dan pengenalan perihal tempat pendidikan berbasis agama islam.

Kata Kunci : Media Promosi, Video Iklan


ABSTRACT

With the development of the times, promotional media is very necessary and plays an important role in marketing goods and services, one of which is audio-visual media that can convey information clearly and well, so that the presentation looks more attractive in the form of video advertisements as promotion. PONDOK PESANTREN AL HUSAINY SERPONG is a diniyah education. Then because of the demands of the times and the desire of the community around the Al-Husainy modern Islamic boarding school, it adds to the field of education. This video advertisement as a promotional media in introducing, marketing, as well as its developer, advertising is an option, because with the advertisement, prospective students are more interested in supporting the improvement of the quality of education at AL HUSAINY SERPONG PONDOK PESANTREN. The purpose of this study is to convey information and an introduction to the place where Islamic education is based.

Keywords: Media promotion, Video advertising



DAFTAR PUSTAKA

  1. Nadeak, Berto. Abbas Parulian, Pristiwanto. Saidi Ramadan Siregar. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Medan : STMIK Budi Darma. Vol. 3. No. 4.
  2. Novitasari. Indah Uly Wardati. 2015. Sistem informasi Pembayaran Biaya Operasional Sekolah Siswa Pada “Bank Mini Arta Prima” Sekolah Menengah Kejuruan Negri 2 Pacitan. Indonesian Journal of Networking and Security. Vol. 4. No. 3.
  3. Sunarya, Lusyani. 2017. Diktat Mata Kuliah Diktat Mata Kuliah Aplikasi Program Komputer MAVIB II. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Rusdiana, H.A.. Moch. Irfan. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : CV. Pustaka Setia.
  5. Ramadhan, Azim. Ika Purwati Ningrum. Muh. Yamin. 2016. Siaset Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Dengan Menggunakan Sistem Penunjang Keputusan Metode Weighted Product Dan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web. Jurnal semanTIK. Kendari : Universitas Halu Oleo. Vol. 2. No. 2.
  6. Sunarya, Lusyani. Nesya Elvina Ayudita. Satria Agung Prabawa. (2018). dari Jurnal SENSI yang berjudul “Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasi Motion Graphic pada STMIK RAHARJA TANGERANG”. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 4. No. 1. – Februari 2018 ISSN: 2461-1409
  7. Tyoso, Jaluanto Sunu Punjul. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Deepublish.
  8. Sutabri, Tata. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher.
  9. Hidayat, Wahyu. Riri Mahmuriyah. Sri Ndayani Ratna Safitri. 2016. Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai MediaPromosi. Journal SENSI. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 2. No. 2.
  10. Immaniar, Dewi. Sudaryono. Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching Media Mesrchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Book-Store. CCIT Journal. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 7. No.3.
  11. Sanaky, Hujair A.H.. 2015. Pembaruan Pendidikan Islam : Paradigma, Tipologi, dan Pemetaan Menuju Masyarakat Madani Indonesia. Jogjakarta: Kaukaba Dipantara.
  12. Sunarya, Lusyani. Mukti Budiarto. Jasmine Darra Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 9. No. 1.
  13. Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan. Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System Dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. CCIT Journal. Tangerang : STMIK Raharja. Vol.2. No.1.
  14. Akbar, Muhammad Rio. 2016. Perancangan Logo Koperasi Alumni Sma 2 Padang Ar’rozak (Kopasmanda Ar’rozak). JournalSystem. Padang: Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Vol. 23. No. 2. pp 21.
  15. Sitorus, Johanes. 2015. Perancangan Aplikasi Pengenalan Pola Huruf Aksara Batak Toba Menerapkan Metode Direction Feature Extraction (Dfe). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Medan : STMIK Budi Darma. Vol. 2 No. 6.
  16. Lim, Sooyeon. 2016. Design of Kinetic Typography Interaction based on the Structural Characteristics of Hangul. International Journal of Contents. South Korea : Dongyang University. Vol.12. No. 3.
  17. Agustina, Made Nina Putri. I Ketut Pudjawan. Luh Ayu Tirtayani. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Kelompok A Di Paud Pradnya Paramita. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4. No. 2.
  18. Husaini, Moh. Ghufron Rosyadi. Winarno. 2017. Komposisi Warna Pada Lukisan Makhfoed Yang Berjudul Perjalanan Periode 2001-2016. Jurnal Seni Rupa. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Vol. 5. No. 3.
  19. Darmawan, Deni. Pipih Septiawati. Didi Supriadie. 2017. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di STKIP Garut. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 15. No. 1.
  20. Maulani, Giandari. Siti Aisah Febriani. Restu Amalia. 2017. Rancangan Video Iklan Pada Perguruan Tinggi Raharja Sebagai Sarana Media Promosi. Jurnal SENSI. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 3. No. 2.
  21. Apriani, Desy. Rosdiana. Asriyani. 2018. Sarana Promosi Dan Informasi Sebagai Video Profile Smk Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang. Journal Cyberpreneurship Innovative and Creative of Exact and Social Science. Tangerang : STMIK Raharja. Vol.4. No.2.
  22. Sukarno, Iman Satriaputra. Pindi Setiawan. 2014. Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit Untuk Pemuda Pemudi. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain. Bandung : Institut Teknologi Bandung. Vol. 3. No. 1.
  23. Febrianti, Agatha Indah. Sampurno Wibowo. 2018. Efektivitas Iklan Dan Event Berdasarkan Metode Epic Model Studi Kasus Pada Radio Play99ers 100 FM Bandung 2018). Jurnal e�Proceeding of Applied Science. Bandung : Telkom University. Vol. 4. No.3. pp. 942-948.
  24. Hidayat, Yayat Rahmat. Dina Dwirayani. Ismail Saleh. 2019. Kajian Penerapan Teknologi Terhadap Pendapatan Usahatani Mangga Gedong Gincu (Mangifera Indica L.) (Studi Kasus Di Wilayah Kabupaten Majalengka Dan Kabupaten Cirebon). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Malang : Universitas Brawijaya. Vol. 3. No. 1.
  25. Astuti, Ana Puji. Anike Nurmalita Rizki Putri Suryono. 2014. Teknologi Komunikasi Dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi.Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Vol. 3. No. 1.
  26. Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
  27. Nugraha, Heru Setiya. M. Suyanto dan Amir Fatah Sofyan. 2015. Pembuatan Model Gerakan Animasi 2D dengan menggunakan Metode Inverse Kinematik. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 21.
  28. Subario, Andrew P. Arie S. M. Lumenta dan Meita Rumbayan. 2017. Animasi Sosialisasi Penghematan Listrik. Manado : Unversitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 1-3.
  29. Watulingas, Riki Satria. Arie S. M. Lumenta, dan Alwin Sambul. 2017. Animasi Prosedur Pendaftaran Calon Mahasiswa baru Universitas Sam Ratulangi dengan Augmented Reality.Manado : Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika. ISSN : 2301-8364. Vol. 12 No. 1 : 2.
  30. Marselia, Maya. 2015. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Film Kartun Pada Pengenalan Perangkat Keras Komputer. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 28.
  31. Hidayat, Tonny dan Ahmad Abdul Aziz Mustajab. 2015. Perancangan Film Pendek Animasi 2 Dimensi dengan Konsep Objek Silhouette dan Teknik Editing Cut Out. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Semnasteknomedia. ISSN : 2302-3805. Vol. 5 No. 1 : 7.
  32. Anita, Ria Diajeng dan Fitri Marisa. 2017. Perancangan Video Media Promosi Berbasis Motion Graphic 2D untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Universitas Widyagama Malang. Malang : Universitas Widyagama Malang. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS). ISSN : 2541-3619 e-ISSN : 2541-6448. Vol 1 No. 2 : 2.
  33. Alvin. Silvia Rostianingsih dan Justinus Andjarwirawan. 2016. Pembuatan Website untuk Lasika Production. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Jurnal Infra. Vol. 4 No. 1 : 2.
  34. Humairah, Muthia. 2015. Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Tentang Prilaku Menyimpang Lesbian, Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) pada Masyarakat Bukittinggi. Padang : Universitas Negeri Padang. Komposisi. ISSN : 1411-3732 e-ISSN : 2548-9097. Vol. 1 No. 1 : 6.
  35. Budi, Hutomo Setia. 2017. Perancangan Multimedia Sebagai Media Sosialisasi SOP Kepada Karyawan PT. Transcon Indonesia. Surabaya : Universitas Ciputra. Serat Rupa Journal of Design. ISSN : 2477-586X. Vol. 1 No. 3 : 391
  36. Abdillah, Fadhly. Damar Adhiguna dan Agus Sevtiana. 2017. Perancangan Video Profile sebagai Media Promosi STMIK CIC dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Cirebon : STMIK CIC. Jurnal Digit. ISSN : 2088-589X. Vol. 7 No. 1 : 75-76.
  37. Agung, Gregorius. 2018. Adobe After Effects Komplet. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
  38. Retnasari, Tri. 2016. Implementasi Teknologi Informasi Pada Strategi Pemasaran Agribisnis Peternakan Unggas Menggunakan Analisa Swot. Prespektif Jurnal. Jakarta : STMIK Nusamandiri. Vol. 14. No. 2.
  39. Prastomo, Andi. 2015. Prototipe Sistem E-Learning Dengan Pendekatan Elisitasi Dan Framework Codeigniter: Studi Kasus Smp Yamad Bekasi. Jakarta : Universitas Budi Luhur.
  40. Sari, Prasetyo Tri Rahayu Kartika. 2017. Prediksi Nilai Gross Domestic Product (Gdp) Perkapita Indonesia Dengan Metode Principal Component Analysis (Pca) Dan Regresi . Kediri : Universitas Nusantara PGRI. ISSN : 978-602-61393-0-6. e�ISSN : 2549-7952.
  41. Suwandi, Suwandi. 2017. Literasi Abu – Abu Dalam Perpustakaan. Jurnal Iqra Perpustakaan dan Informasi. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Vol. 11. No. 1.
  42. Purnawati, Ely. 2016. Perancangan Periklanan Multimedia dengan Teknik Sinematografi untuk Program Publikasi (Studi Kasus: Disporabudpar Kabupaten Banyumas). Jurnal Ilmiah Telematika. Purwokerto : STMIK Amikom Purwokerto. Vol. 9. No. 1.
  43. Nuriman, Dede. Dwi Yuli Prasetyo. 2017. Iklan Media Promosi Unisi Berbasis Animasi 2 Dimensi. Jurnal Sistemasi. Riau : Universitas Islam Indragiri. Vol. 6. No. 3.
  44. Prayoga, Al Lukman Arif. Muh Bahruddin. Dhika Yuan Yurisma. 2016. Perancangan Iklan TVC Perumahan Cerme Square Residence dengan Teknik Animasi 3D Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Art Nouveau. Surabaya : STIKOM Surabaya. Vol. 5. No. 2.
  45. Maulani, Giandari. Siti Aisah Febriani. Restu Amalia. 2017. Rancangan Video Iklan Pada Perguruan Tinggi Raharja Sebagai Sarana Media Promosi. Jurnal SENSI. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 3. No. 2.
  46. Hadiwidjaja, Joshua Xavier. Arief Agung S dan Jacky Cahyadi. 2017. Perancangan Video Edukasi Kesenian Jawa Karawitan dalam Bentuk Animasi bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya :Universitas Kristen Petra. Jurnal DKV Adiwarna. Vol. 1 No.1 : 1-9.
  47. Erlyana, Yana dan Rudy Setiawan Paendong. 2016. Perancangan Video Motion Graphic Hologram ‘Me & My Hero’. Jakarta : Universitas Bunda Mulia. Jurnal Ruparupa. ISSN : 2086-1060. Vol.5 No. 1 : 39-52.
  48. Sastrawan, Putu Virgo. I Ketut Resika Arthana dan I Gede Partha Sindu. 2017. Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Karmapati. ISSN : 2252-9063. Vol. 6 No. 1.
  49. Tomohiro Nakayasu, Masaki Yasugi, Soma Shiraishi and Seiichi Uchida. 2017. Three-Dimensional Computer Graphic Animations for Studying Social Approach Behaviour in Medaka Fish : Effects of Systematic Manipulation of Morphological and Motion Cues. Japan : National Institute for Basic Boilogy. PloSONE. E-ISSN : 1932-6203. Vol. 12 No. 4.
  50. Sunarya, Lusyani. Nesya Elvina Ayudita. Satria Agung Prabawa. (2018). dari Jurnal SENSI yang berjudul “Video Promosi Jurusan Sistem Informasi Berbasi Motion Graphic pada STMIK RAHARJA TANGERANG”. Tangerang : STMIK Raharja. Vol. 4. No. 1. – Februari 2018 ISSN: 2461-1409

Contributors

Admin, MUHAMMAD HAFIZH HAQ