SI1621493751: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi terperiksa]
k (Admin memindahkan halaman Laporan Widuri ke SI1621493751)
 
(Tidak ada perbedaan)

Revisi terkini pada 1 Desember 2022 04.34

Laporan Widuri Rian Arief WardoyoVIDEO PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. INTI GELORA ANDAMARI (PERMATA TANGERANG)

SKRIPSI


Disusun Oleh :

                    NIM		:  1621493751
  		Nama		:  RIAN ARIEF WARDOYO


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA TANGERANG TA. 2020/2021 ABSTRAK PT. Inti Gelora Andamari (Permata Tangerang) adalah perusahaan swasta Nasional yang bergerak di bidang Developer dan General contractor. agar dapat menyampaikan informasi profil dan produk perusahaan yang lebih efektif setidaknya harus mempunyai sarana media yang dapat menunjang efektivitas dalam proses komunikasi yang perusahaan lakukan. Dalam mempertahankan citra atau image perusahaaan, PT. Inti Gelora Andamari (Permata Tangerang) ingin menerapkan strategi promosi yang berbeda dari sebelumnya, saat ini media komunikasi visual yang digunakan oleh perusahaan dalam program promosi properti hanya menggunakan media brosur yang berisikan mengenai informasi produk, keunggulan, dan beberapa fasilitas yang di tawarkan, namun dari media brosur tersebut tidak menyampaikan informasi secara detail dan menyeluruh mengenai produk dari perusahaan. Oleh sebab itu, untuk melengkapi dan menunjang promosi yang dapat menarik perhatian konsumen maka dirancanglah sebuah media komunikasi visual dalam bentuk cetak. dengan tampilan visual yang lebih menarik, dan dengan menampilkan media promosi dan informasi dengan kesan eksklusif dan nyaman. Media komunikasi visual tersebut dirancang sebagai sarana penunjang promosi yang dapat memberikan nilai lebih dalam penyampaian informasi dan penerapan strategi pemasaran. Maksud dari strategi tersebut dapat disampaikan sebagai program untuk menentukan dalam mencapai tujuan promosi. dengan adanya rancangan media komunikasi visual tersebut, diharapkan dapat meningkatkan suatu image atau citra dan perusahaan dapat mencapai target keuntungan yang lebih besar dari total keuntungan pada tahun sebelumnya. Kata kunci : Desain Komunikasi Visual, Informasi, Promosi


ABSTRACT PT. Inti Gelora Andamari (Permata Tangerang) is privately owned company engaged in the Developer and General contractor. in order to convey profile information and the company's products are more effective should at least have the means of media that can support the effectiveness in the communication process that companies do. In maintaining the image or image company, PT. Inti Gelora Andamari (Permata Tangerang) want to implement promotion strategy different from the previous, the current visual communication media used by the companies in the program use only media property promotion brochures containing information about products, excellence, and some of the facilities on offer, but the brochure from the media do not convey information in detail and thoroughly about products of the company. Therefore, to complete and support the promotions that can attract the attention of consumers then the surveyors laid out a visual communication media in printed form. with a visual display that is more interesting, and by displaying the media promotion and information with an exclusive and comfortable impression. The designed visual communication media as a means of supporting a promotion that can provide more value in the delivery of information and application of marketing strategy. The intent of the strategy can be delivered as a program to determine the goal of promotion. with the design of the visual medium of communication, expected to improve an image or images and companies can achieve greater profit target of total profits in the previous year. Keywords : Visual Communication Design, Information, Promotions DAFTAR PUSTAKA 1. Perancangan Menurut Dewi, Ingrid Rosalia dan Rini Malfiani dalam Jurnal Interkom Vol. 12 No. 2 (2017), "Perancangan adalah proses pengembangan spesifikasi baru berdasarkan rekomendasi hasil analisis sistem". 2. Perancangan Menurut Engeler, Bridgette dalam Journal for All Aspects of Design ISSN: 1460-6925 : S4592 (2017), "Perancangan adalah sesuatu yang telah diakui untuk sebuah inovasi, keunggulan yang kompetitif, serta pemecah masalah". 3. Perancangan Menurut Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar, dan Adrian Syahputra dalam Jurnal Eksplora Informatika Vol. 6 No. 2 : 3 (2017). "Perancangan merupakan pengembangan sistem dari sistem yang sudah ada atau sistem yang baru, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi oleh sistem yang terbarukan". 4. Proses Perancangan Menurut Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol 1, No. 3 : 62 (2017). "Proses perancangan secara umum ada beberapa tahapan yaitu : Persiapan Data, Ide, Konsep, Media, Visualisasi, Produksi". 5. Data Menurut Yuliana, Khozin. Muhamad Zahrudin dan Tri Utari dalam Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol.4, No. 1 : 48 (2018). "Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang atau sifat". 6. Data Menurut Yanto, Robi dalam Deepublish (2016), "menjelaskan “Data adalah informasi yang disimpan dalam suatu struktur tertentu yang terintegrasi". 7. Informasi Menurut Hafizar. Fauzan Hanafi Albar dan Muh affifudin dalam Journal CERITA. ISSN: 2461-1417. Vol.3, No. 2 : 232 (2017), "informasi adalah fakta yang telah diolah dengan cara tertentu yang menggambarkan suatu kejadian nyata untuk diolah agar dipahami dan digunakan dalam pengambilan suatu keputusan". 8. Informasi Menurut Sunarya, Po Abas dan Lisa Anisah dalam Journal CERITA. ISSN : 2461-1417. Vol.4, No.1 : 77 (2017), "Informasi merupaka data yang diproses dalam bentuk yang mempunyai nilai nyata dan bermanfaat bagi penerimanya". 9. Jenis - jenis Informasi Menurut Hermawaty dalam Journal CERITA. ISSN: 2461-1417. Vol.3, No. 2 : 250 (2017). "Efektivitas, Efisiensi, Kerahasiaan, Integritas, Ketersediaan, Pemenuhan, Keterandalan Informasi". 10. Kualitas Informasi Menurut Tyoso, Sunu Punjul Jaluanto dalam Deepublish (2016), "Ketersediaan, Mudah dipahami, Relavan, Bermanfaat, Tepat waktu, Keterandalan, Akurat, Konsisten". 11. Nilai Informasi Menurut Hutahaean dalam Deepublish (2015), "Nilai informasi ditentukan oleh 2 hal yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan lebih bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya". 12. Promosi Menurut Tama, Adi Kusuma Widya. Maria Dingi Novena dan Sefty Lestari dalam Journal SENSI. ISSN : 2461-1409. Vol.3, No.1 : 95 (2017). "Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu pemasaran. Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran". 13. Promosi Menurut Rais, Nurlaila Suci Rahayu. Eduard Hotman Purba dan Siti Mutia Isnaini dalam Journal CICES. ISSN : 2356-5209. Vol.4, No.2 : 263 (2018). "Promosi adalah komunikasi yang diantaranya perusahaan dan konsumen secara implisit berlangsung pada setiap unsur atau bagian dari marketing mix". 14. Pemasaran Interaktif Menurut Marsudi dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 63–73 (2018). "Pemasaran interaktif (Interaktive Marketing) adalah bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media Internet". 15. Media Menurut Budiarto, Mukti. Ulis Bella dan Nita Yuliania. Journal CICES. ISSN: 2356 – 5209. Vol.4, No. 2 : 218 (2018). "Media adalah tempat dimana kita bisa menyebarkan informasi kepada masyarakat luas mengenai apa yang diketahui yang terdiri dari teks, foto, gambar ataupun audio jika diperlukan". 16. Media Menurut Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah dalam Journal SENSI. ISSN: 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60 – 61 (2016). "Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi grafis seperti teks atau gambar atau foto”. 17. Altenatif Media Menurut Triyono. Kemal Salahuddin dan Hendi Setiawan dalam CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.10, No.1:100-101 (2017). "alternatif media komunikasi grafis dikelompokan yaitu sebagai berikut: Media Komunikasi visual atau cetak". 18. Desain Menurut Fitriah, Maria. dalam Deepublish (2018). "Desain adalah proses perancangan dengan keterampilan dan kreativitas melalui perasaan sehingga menghasilkan suatu karya". 19. Desain Menurut Handayani dalam Buku PT. Gramedia Pustaka Utama (2015). "Desain berasal dari bahasa latin design yang secara gramatikal berarti proses untuk membuat serta menciptakan produk baru". 20. Fungsi - fungsi Desain Menurut Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah dalam Journal SENSI. ISSN: 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60 – 61 (2016). "Fungsi Informasi, Identifikasi dan Persuasi". 21. Unsur - unsur Desain Grafis Menurut Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805. Vol.5, No.1 : 20-21 (2017). "desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif, menarik atau indah bisa dilihat dengan menggunakan mata ". 22. Prinsip - prinsip Desain Grafis Menurut Akbar, Muhammad Rio dalam Jurnal ISSN : 1412 – 5854. Vol. 23, No.2 : 85-87 (2016). "pengorganisasian unsur unsur dasar desain dengan memperhatikan prinsip – prinsip dalam menciptakan dan mengaplikasikan kreativitas". 23. Definisi Typografi Menurut Anto, Puji. M dalam Jurnal Desain. ISSN : 2339-0115. Vol.4, No.2 : 97 (2017). "Typography juga bisa dikatakan sebagai seni dalam menggunakan, memilih, dan mengaplikasikan huruf karena jika salah dalam memilih huruf". 24. Definisi Typografi Menurut Rahman, Nur Nadya. Rahayu, Sri Utami dan Agung Zainal Muttakin Raden dalam Jurnal Desain. ISSN : 2399 -0107. Vol. 5, No. 3 : 252 (2018). "Sarana bentuk visualisasi pada ide yang tertulis". 25. Psikologi Warna Menurut Dona, Gita Prima. Dini Faisal dan San Ahdi dalam Jurnal Desain ISSN : 2302-3228. Vol. 7, No.2 : 9 (2018). "Pengkhususan bidang studi yang mempelajari tentang pengaruh emosional dan perilaku yang ditimbulkan oleh warna dan kombinasi warna". 26. Psikologi Warna Menurut Budianto, Caesario Ari. Syifa Anggraeni. Audra Theo Kusuma dan Nafis Sirin Wasiska dalam Jurnal Desain Interior. ISSN: 2549-2853. Vol. 3, No.2 : 60-61 (2018). "Dalam aktivitas manusia, warna dipercaya dapat membangkitkan kekuatan perasaan untuk bangkit atau pasif". 27. Jenis Warna Menurut Utami, Ni Luh Ayu Pradnyani dalam Jurnal Ilmiah ISSN : 2407-7143. Vol. 3, No. 1 : 63 (2018). "Warna Primer, Skunder, Intermediate, Tersier dan Kuarter". 28. Simbolisasi Bentuk Menurut Hartini, Ni Putu dalam Journal Seni Pertunjukan. ISSN : 2460-1071. Vol. 3, No. 1 : 51 (2017). "Bentuk adalah salah satu komposisi atau kesatuan dari unsur-unsur karya seni". 29. Simbolisasi Bentuk Menurut Wahyuni, Sri. Afina Miftahurrachmah dan Ellen Nindya Purwa dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805. Vol.5, No.1 : 20-21 (2017). "merupakan segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle)". 30. Citra dan Image Menurut Saktiani, Anggi Garnis dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. ISSN : 2442 – 6962. Vol. 8, No. 2 : 349 (2015). "Kesan yang diperoleh sesuai dengan pengetahuan serta pengalaman seseorang mengenai sesuatu". 31. Citra dan Image Menurut Pasaribu, Ziko dan Diah Agung E dalam Jurnal Sosioteknologi. ISSN : 1858- 4474. Vol. 14, No.1 : 65 (2015). "Adalah perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan, organisasi, atau lembaga, kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang, atau organisasi". 32. Layout Menurut Everlin, Shierly dan Reinhard Andersen dalam Jurnal Seni Rupa. ISSN : 2086-1060. Vol. 4, No. 2 : 162 (2015). "Layout yaitu pengaturan antara visual dan huruf pada sebuah halaman elektronik yang bertujuan agar tampilan dapat dibaca, jelas serta menarik". 33. Layout Menurut Yuniarti, Indira. Sahid Maulana dan Siti Desintha dalam Journal EProceesing of Art & Design. ISSN : 2355-9349. Vol.2, No. 3 : 1233 (2015). "Layout adalah penyusunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan ke dalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistic". 34. Jenis - jenis Layout Menurut Triyono. Kemal Salahuddin dan Hendi Setiawan dalam CCIT Journal. ISSN : 1978-8282. Vol.10, No.1:100-101 (2017). "Layout Kasar, Komprehensif, Final Artwork". 35. PARAGRAF INI HAPUS AJA 36. Media Video Menurut Yunita, Dwi dan Astuti Wijayanti dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. ISSN : 2579-4728. Vol. 3 No.2 :155 (2017). "Media Video yaitu seperangkat media atau komponen yang dapat menampilkan suara serta gambar dalam waktu yang bersamaan". 37. Media Video Menurut Soepriyanto, Yerry dan Basith Rahmatullah dalam Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. ISSN : 2599- 2139. Vol. 1 No. 2 : 112 (2016). "Merupakan media elektronik yang digunakan dalam menggandakan, merekam, dapat dimainkan kembali, menampilkan serta menyiarkan dan mampu menampilkan media visual bergerak". 38. Format Video Menurut Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805. Vol 1, No. 3 : 62 (2017). "AVI, MOV, QT, MPEG-1, MPEG-2, ASF, WMV, MP4, Flash Video, Real Media, 3GP, MAtroska". 39. Keuntungan Media Video Menurut Bulan, Ledy Inge dan FX Mas Subagio dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ISSN : 2252-3405 Vol. 4, No.2 : 153 (2016). "Objek secara kongkrit, Menambah daya tahan ingatan tentang objek". 40. Kelemahan Media Video Menurut Supriyanto. Sani Safitri dan Desky Suhendra dalam Jurnal Pendidikan Sejarah. ISSN : 2656-9620. Vol 8, No. 1 : 86 (2019). "a. Informasi yang disampaikan serta ditayangkan melalui video selalu berlangsung pada kecepatan yang tetap". 41. Video Profile Menurut Permana, Agus Aan Jiwa. Ni Ketut Kertiasih dan I Putu Budhayasa dalam Jurnal Sains dan Teknologi . ISSN : 2548-8570. Vol 6, No. 2 : 241 (2017). "video profile adalah sebuah rekaman yang ditayangkan di media audio dalam bentuk visual yang digunakan untuk isi dari sebuah profil perusahaan, instansi bahkan objek wisata". 42. Video Profile Menurut Hamzah, Faisal Rudiansyah. Panji Wira Soma dan Indri Rahmawati dalam Journal CICES. ISSN : 2356-5209. Vol.3, No.1 : 37 (2017). "Adalah sebuah gambaran informasi tentang riwayat seorang atau sebuah instansi perusahaan". 43. Multimedia Menurut Kurniawati, Inung Diah dan Sekreningsih Nita dalam Journal of Computer and Information Technology. ISSN: 2579-5317. Vol.1, No.2 : 70 (2018). "Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak". 44. Multimedia Menurut Darmawan, Deni. Pipih Setiawati. Didi Supriyadie dan Muthia Alinawati dalam Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN: 1662-5276. Vol 15, No.1 : 133 & 634 (2017). "Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi". 45. Jenis Multimedia Menunrut Darmawan, Deni. Pipih Setiawati. Didi Supriyadie dan Muthia Alinawati dalam Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN: 1662-5276. Vol 15, No.1 : 133 & 634 (2017). "Multimedia Linier, Multimedia Interaktif, Unsur Multimedia, Audio Visual". 46. Unsur Multimedia Menurut Afriansyah, Aidi dalam Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer. ISSN : 24072192. Vol. 8, No.1 : 41 (2018). "Unsur-unsur Multimedia yaitu teks, grafik, bunyi, video, dan animasi". 47. Audio Visual Menurut Burhanudin, Danny Amar dan Siti Rochmiyati dalam Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Kesastraan dan Pembelajarannya. ISSN : 2579: 4485. Vol.4, No.1 : 61 (2017). "Adalah sebuah media perantara dalam penggunaan materi dan penerapannya melalui pandangan serta pendengaran". 48. Audio Visual Menurut Ahmad dan M. Iqbal dan Hasanuddin dalam Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo. ISSN : 2443-1109. Vol.04, No.1 : 207 (2018). "Adalah sebuah media yang memiliki unsur suara serta gambar". 49. Broadcasting Menurut Riptono dalam Jurnal Widya Wacana. ISSN: 2621: 7414. Vol.11, No.1 : 44 (2016). "Broadcasting adalah merupakan suatu kegiatan penyiaran yang dilakukan oleh seorang penyiar". 50. Broadcasting Menurut Suryadi, Jendi. Muhammad Arief dan Winoto dalam Journal CICES. ISSN : 3655-3058. Vol.3, No.2 : 233 (2017). "Broadcasting adalah sebuah kegiatan dalam cara menyampaikan ide, hasrat kepada khalayak dengan menggunakan fasilitas frequency dengan kata lain sebuah penyiaran yang dilakukan oleh penyiar". 51. Sinopsis Menurut Mujiwati, Sri Endang. Erwin Putera Permana. Sutrisno Sahari. Novi Nitya Santi. Rian Damariswara. Bagus Amirul Mukmin. Farida Nurlaila Zunaidah. Kukuh Andri Aka dan Karimatus Saidah dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN: 2599-0764. Vol.1, No.1 : 59 (2017). "Sinopsis adalah ringkasan dari sebuah media film ataupun iklan menjadi bentuk pemendekan". 52. Sinopis Menurut Sunarya, Lusyani. Nesya Elvina Ayudita dan Satria Agung Prabawa dalam Journal SENSI . ISSN : 2462-1409. Vol.4, No.1 : 38 (2018). "Adalah sebuah ide atau gagasan cerita yang ditulis dengan sebuah konsep menarik untuk mempertunjukan". 53. Naskah Menurut Fatoni, Ahmad dan Nofi Puspitasari dalam Jurnal PROSISKO. ISSN: 2406-7733. Vol.3 No.2 : 58 (2016). "Mempertunjukan atau menampilkan sesuatu gagasan yang telah di desain sebelumnya". 54. Naskah Menurut Sudaryono. Dewi Immaniar Desrianti dan Karunia Suci Lestari dalam Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi. ISSN : 1907-1205. Vol.2, No.1 : 6 (2018). "Naskah adalah sebuah ide atau gagasan cerita yang ditulis dengan konsep yang menarik". 55. Script Writing Menurut Sunarya, Lusyani. Wahyu Hidayat dan Edo Satria Winata dalam Journal. ISSN : 2655-5298. Vol. 4, No.2 : 173 (2018). "Adalah sebuah rancangan penulisan naskah secara detail". 56. Script Writing Menurut Yulianjani, Asri. Aris Martono dan Dwika Apriyani dalam Jurnal LISKI. ISSN : 2442-4005. Vol. 2, No.1 : 99 (2016). "Disebut dengan naskah adalah sebuah ide atau gagasan". 57. Rundown Menurut Nuraeni, Reni. Fauzia Octaviani dan Agus Aprianti dalam Jurnal LISKI. ISSN : 2442-4005. Vol. 2, No.1 : 99 (2016). "Adalah salah satu acuan bagi penyiar untuk menyiarkan secara tepat sekuen-sekuen pada sebuah program". 58. Rundown Menurut Tama, Kusuma, Widya, Adi. Azwar Aditya Putra. Muhammad Aziz Fikri dalam Journal. ISSN : 2655-2574. Vol, 4. No.2: 103 (2018). "Merupakan susunan cerita yang dirancang oleh durasi waktu". 59. Storyboard Menurut Handani, Sitaresmi Wahyu. Shima Utami dan Dinar Kusmira dalam ISSN : 2442-4528. Vol. 10, No.1 : 53 (2017). "Adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah". 60. Storyboard Menurut Supraptono, Eko dan Hari Setiawan dalam ISSN : 24773921. Vol. 2, No.3 : 4 (2017). "Visualisasi ide dari aplikasi yang akan di bangun". 61. Adobe Photoshop Menurut Sofnidar, Yuliana Riski dalam PGSD FKIP Universitas Jambi. No.257 - 275 (2018). "Merupakan salah satu program aplikasi tercanggih dan terpopuler saat ini yang ditujukan untuk menyunting dan memanipulasi gambar". 62. Adobe Illustrator Menurut Putra, Anak Agung Putu Mahendra, Ni Made Ika Marini Mandenni, Ni Kadek Ayu Wirdiani dalam Journal MERPATI VOL. 4 No. 1 Universitas Udayana (2016). "Adalah software desain berbasis vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe System". 63. Adobe Premiere Menurut Bentelu, Alan Stevenres, Steven Sentinuwo, Oktavian Lantang dalam E-Journal Teknik Informatika Vol.8 No.1 (2016). "Adalah salah satu software yang populer dan digunakan secara luas dalam pengeditan video" 64. Adobe Premiere Menurut Eviawan, Ari. Falday Kurniawan, dan Akhirul Agustian dalam Jurnal CICES. ISSBN : 2356 -5209. Vol. 4 No.1  : 11 (2018). "Merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen". 65. Elisitasi Menurut Hanafri, Muhammad Iqbal. Siti Maisaroh Mustafa, dan Arip Hidayat dalam JURNAL SISFOTEK GLOBAL ISSN 2088 – 1762. Vol.7 No.1 : 7 (2017). "Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditunjukkan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem, dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem". 66. Elisitasi Menurut Fitri, Nana Yulia dan Nurhadi dalam Jurnal Manajemen Sistem Informasi. ISSN : 2528-0082. Vol.2 No.1 : 319 (2017). "Suatu kegiatan mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan untuk memecahkan masalah persyaratan elisitasi menjadi model objek yang benar-benar menggambarkan sistem". 67. Literature Review dalam Sutrisno, Mursalat Asyidiq, Sugeng Santoso dalam Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi. Vol. 1 No. 1 : 122 (2018). "adalah uraian teori, temuan, dan bahan penelitian lainnya yang digunakan sebagai landasan penyusunan kerangka penelitian dari perumusan masalah yang di teliti".




Laporan Widuri Rian Arief Wardoyo

Contributors

Admin, Rian Arief Wardoyo