SI1621493594: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Pengertian Data)
(Kualitas Informasi)
Baris 1.141: Baris 1.141:
 
<p style="line-height: 2">yaitu informasi yang disajikan telah diikhtisarkan sesuai kebutuhan
 
<p style="line-height: 2">yaitu informasi yang disajikan telah diikhtisarkan sesuai kebutuhan
 
pengguna dan bidang-bidang yang menjadi fokus utama.</p></div>
 
pengguna dan bidang-bidang yang menjadi fokus utama.</p></div>
 +
</ol>
 +
 +
===Konsep Dasar Promosi===
 +
====Pengertian Promosi====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pengertian Promosi menurut Koetler dkk (2014:77)<ref name="Koetler, Philip&amp;Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th Edition. New
 +
 +
Jersey: Pearson Prentice Hall.”>Koetler, Philip&amp;Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th Edition. New
 +
 +
Jersey: Pearson Prentice Hall.</ref>adalah
 +
“Aktifitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk
 +
pelanggan untuk membeli produk itu”. Sedangkan Hidayat, dkk
 +
(2016:50) <ref name="Hidayat, Wahyu. Anita B. Wandanaya dan Recha Fardiansyah. 2016. Perancangan
 +
Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di SMK Aviciena
 +
Rajeg Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN:
 +
2461-1417. Vol.2 No.1 : 50..”>Hidayat, Wahyu. Anita B. Wandanaya dan Recha Fardiansyah. 2016. Perancangan
 +
Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di SMK Aviciena
 +
Rajeg Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN:
 +
2461-1417. Vol.2 No.1 : 50.</ref> menjelaskan bahwa “Promosi adalah suatu bentuk
 +
komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran
 +
adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi,
 +
mempengaruhi sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia
 +
menerima dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan
 +
bersangkutan”.</p></div>
 +
 +
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Dari beberapa pengertian promosi di atas, maka dapat kita
 +
simpulkan bahwa promosi merupakan kegiatan pemasaran dan penjualan
 +
dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap
 +
produk, jasa, dan ide dari perusahaan dengan cara memengaruhi para
 +
konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh
 +
perusahaan.</p></div>
 +
 +
====Bentuk Promosi====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Desrianti dkk (2014:425-426)<ref name="Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono dan Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching
 +
Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada
 +
Bookstore. Tangerang: STMIK Tinggi Raharja, Journal CCIT. Vol. 7 No.3
 +
- Mei 2014.”>Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono dan Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching
 +
Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada
 +
Bookstore. Tangerang: STMIK Tinggi Raharja, Journal CCIT. Vol. 7 No.3
 +
- Mei 2014.</ref>beberapa tugas khusus
 +
itu sering disebut bentuk promosi, antara lain:</p></div>
 +
<ol type="a">
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">''Personal Selling''
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Personal Selling adalah komunikasi langsung (tatap muka)
 +
antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu
 +
produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman
 +
 +
7
 +
pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan
 +
membelinya.</p></div>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">''Mass Selling''
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">''Mass Selling'' adalah pendekatan yang menggunakan media
 +
komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai
 +
dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal
 +
selling, namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk
 +
menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya
 +
sangat banyak dan tersebar luas.</p></div>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Promosi Penjualan
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Promosi Penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui
 +
penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang
 +
pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang
 +
yang dibeli pelanggan.</p></div>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">''Public Relations''
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">''Public Relations''  (hubungan masyarakat), adalah upaya
 +
komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi
 +
persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat,
 +
mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan
 +
perusahaan dalam mencapai tujuannya.</p></div>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">''Direct Marketing''
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">''Direct Marketing''  (pemasaran langsung), adalah sistem
 +
pemasaran yang bersifat interatif, yang memanfaatkan satu atau
 +
beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau
 +
tranksaksi di sembarang lokasi.</p></div>
 +
</ol>
 +
 +
===Konsep Dasar Media===
 +
 +
====Pengertian Media====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Lusyani Sunarya, dkk. (2015 : 79)<ref name="Sunarya, Lusyani. Mukti Budiarto dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan
 +
Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada
 +
Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: STMIK Raharja. CCIT Journal.
 +
ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.1 : 80-81. ”>Sunarya, Lusyani. Mukti Budiarto dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan
 +
Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada
 +
Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: STMIK Raharja. CCIT Journal.
 +
ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.1 : 80-81.</ref>, Media adalah saluran
 +
penyimpanan pesan komersil kepada khalayak sasaran atau dapat
 +
dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui
 +
saluran tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet,
 +
buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct email.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis, media merupakan
 +
suatu alat yang digunakan sebagai tempat menyalurkan pesan atau
 +
informasi. Di zaman teknologi yang bergerak sangat cepat ini tentunya
 +
peran media sangatlah penting, dimana suatu informasi dapat dibagikan
 +
secara cepat dan luas. Maka dari itu zaman sekarang sering disebut
 +
zaman informasi.</p></div>
 +
 +
 +
====Alternatif Media====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Lusyani Sunarya, dkk. (2016 : 60-61)<ref name="Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : STMIK  Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60, 61. ”>"Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : STMIK  Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60, 61. "</ref>, Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompok kan, yaitu sebagai berikut:”</p></div>
 +
 +
<ol type="a">
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Media Komunikasi Cetak atau visual, contohnya poster (dalam dan luar), stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), selebaran (leaflet), amplop dan kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Media Luar Ruangan, contohnya seperti spanduk (banner), papan
 +
nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil
 +
box.
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Media Elektronik, contohnya radio, televisi, internet, film, program
 +
video, animasi computer.
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Tempat Pajang (Display), contohnya etalase (window display), point of purchase, desain gantung, floor stand.
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Barang Kenangan, contohnya T-Shirt, Polo shirt, payung, gelas, aneka souvenir, tas, dan sebagainya.
 +
 +
</ol>
 +
 +
===Konsep Dasar Desain===
 +
 +
====Pengertian Desain====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Hendratman (2017:3)<ref name="Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika
 +
 +
Bandung.”>Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika
 +
 +
Bandung.</ref>,  “Desain grafis dapat diartikan
 +
sebagai proses pemikiran yang mewujudkan dalam kesatuan Gambar,
 +
Teks, Ruang dan Warna.” Sihombing (2015) <ref name="Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
 +
 +
Pustaka Utama.”>Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia
 +
 +
Pustaka Utama.</ref>, “Desain grafis
 +
mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal
 +
yang divisualisasikan lewat lewat tipografi dan gambar baik dengan
 +
Teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan
 +
dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi”.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Secara umum definisi desain adalah bentuk rumusan dari proses
 +
pemikiran pertimbangan dan perhitungan dari desainer yang dituangkan
 +
dalam wujud gambar. Pada dasarnya desain dibuat melalui gambaran
 +
kasar dahulu untuk mendapatkan ide yang sesuai dengan keinginan
 +
melalui storyboard.</p></div>
 +
 +
====Fungsi Desain Grafis====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Sunarya, dkk (2016:60)<ref name="Sunarya, Lusyani. Desi Wahyu Kartika Sari dan Pajrin Wurika Sahara. 2016.
 +
Perancangan Media Iklan Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi
 +
Pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Tangerang: STMIK Raharja. ICIT
 +
Journal. ISSN: 2356-5195. Vol.2 No.1 : 17.  ”>Sunarya, Lusyani. Desi Wahyu Kartika Sari dan Pajrin Wurika Sahara. 2016.
 +
Perancangan Media Iklan Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi
 +
Pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Tangerang: STMIK Raharja. ICIT
 +
Journal. ISSN: 2356-5195. Vol.2 No.1 : 17.</ref> menjelaskan fungsi-fungsi desain:</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Fungsi Informasi, desain selalu menyampaikan informasi dan
 +
mengirim pesan secara visual.
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Fungsi Identifikasi, desain selalu menyiratkan atau menyuratkan
 +
identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">FFungsi Persuasi, desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan
 +
menghadirkan resonasi atau getaran emosi lewat bahasa visual
 +
sehingga dapat menimbulkan persuasi.
 
</ol>
 
</ol>
  

Revisi per 10 Januari 2020 10.02

'

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROMOSI

SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. DAIICHI ELEVATOR INDONEISA



SKRIPSI




Disusun Oleh :

NIM
: 1621493594
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(TA.2019/2020)




LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROMOSI

SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. DAIICHI ELEVATOR INDONEISA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493594
Nama
: Upi Indria
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Ruli Supriati, M.Kom)
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROMOSI

SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. DAIICHI ELEVATOR INDONEISA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493594
Nama
: Upi Indria

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I)
   
NID : 11006
   
NID : 02013


UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROMOSI

SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. DAIICHI ELEVATOR INDONEISA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493594
Nama
: Upi Indria


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2019/2020

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2020

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROMOSI

SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT. DAIICHI ELEVATOR INDONEISA


Disusun Oleh :

NIM
: 1621493594
Nama
: Upi Indria
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2020
 
 
(Upi Indria)
NIM : 1621493594

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

....

Kata Kunci : ...

ABSTRACT

...

...




KATA PENGANTAR

Tak ada kata lain selain mengucapkan segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat terselesaikannya penyusunan Skripsi ini, dengan judul ”Perancangan Media Design Promosi Berbentuk Motion Graphic Pada PT. Berkah Kelola Dana”.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini sebagai syarat dalam menyelesaikan Porgram Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.

Dalam proses penyelesaian Skripsi ini tak luput dari bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, baik dalam segi moril, materil maupun spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu penulis sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu, terutama kepada  :  

  1. Bapak Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.

  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.

  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja.

  5. Bapak Al Husain, M.Kom., selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.

  6. Bapak Achman Zainudin, S.Kom., selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  7. Nugroho Iman Panuju, S.E., selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.

  8. Seluruh Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna.

  9. Orangtua saya, juga segenap keluarga besar yang selalu memberikan perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan skripsi ini.
  10. Rekan-rekan seperjuangan mahasiswa Universitas Raharja, dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun, diharapkan penulisan ini dapat dapat menjadi pemicu untuk berkarya lebih baik lagi, dan laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan



Tangerang, Januari 2019
Aditya Romdhoni
NIM. 1621493885

 



DAFTAR TABEL


Tabel 2.1 Jenis-Jenis Media Utama Periklanan

Tabel 2.2 JMatrix Analisis SWOT

Tabel 2.3 Literature Review

Tabel 3.1 Material Produk

Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

Tabel 3.3. Tabel Analisis SWOT

Tabel 3.4. Budget Produksi Media

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I Promosi Kaspia

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II Promosi Kaspia

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III Promosi Kaspia

Tabel 3.8. Final Elisitasi Promosi Kaspia

Tabel 4.1 Script Writing

Tabel 4.2 Penyusunan Crew

Tabel 4.3 Time Schedule

Tabel 4.4 Anggaran/Budget


DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1 Alur Perancangan Animasi

Gambar 2.2 Logo Adobe Premiere

Gambar 2.3 Lembar Kerja Adobe Premiere Pro CC 2015

Gambar 2.4 Logo Adobe After Effects CS 6

Gambar 2.5 Tampilan Adobe After Effect CS 6

Gambar 2.6 Logo Adobe Audition CC 2015

Gambar 2.7 Lembar Kerja Adobe Audition CC 2015

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Kaspia

Gambar 4.1 Pre production

Gambar 4.2 Memunculkan logo Kaspia

Gambar 4.3 Muncul penjelasan apa itu Kaspia

Gambar 4.4 Muncul gambar P2P

Gambar 4.5 Muncul gambar Lender dan Borrower

Gambar 4.6 Muncul 2 tangan yang sedang bersalaman

Gambar 4.7 2 orang yang sedang berbicara

Gambar 4.8 Sekelompok orang yang memegang simbol keuangan

Gambar 4.9 Muncul penjelasan peran P2P

Gambar 4.10 Muncul simbol-simbol keuangan

Gambar 4.11 Step-step menjadi pendana

Gambar 4.12 Keuntungan bekerjasama dengan Kaspia

Gambar 4.13 Step-step menjadi pendana

Gambar 4.14 Muncul gambar penjelasan team Kaspia

Gambar 4.15 Muncul keunggulan Kaspia

Gambar 4.16 Muncul ending logo Kaspia dengan tagline

Gambar 4.17 Laptop HP 240 Gen 6 core i5

Gambar 4.18 Sades SA-903 Gaming 7.1 Headset.

Gambar 4.19 Logitech G102 wired gaming house

Gambar 4.20 Mictakstar

Gambar 4.21 Hardisk 1 TB

Gambar 4.22 Tahap post production.

Gambar 4.23 Gambar Digitizing

Gambar 4.24 Gambar Editing

Gambar 4.25 Gambar Mixing

Gambar 4.26 Gambar Finishing

Gambar 4.27 Gambar Exporting



DAFTAR LAMPIRAN




Daftar isi


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Media promosi menjadi kebutuhan utama bagi suatu instansi saat ini. Media promosi sangat berpengaruh untuk keberlangsungan sistem pada suatu instansi. Media promosi sering sekali digunakan karena menjadi salah satu media pendukung untuk menyampaikan informasi yang efektif, serta menjadi lebih menarik dalam penyajiannya.

Pada saat ini bukan hanya instansi atau perusahaan yang menggunakan media video untuk mempromosikan tentang instansi atau perusahaan tersebut, tetapi banyak tempat – tempat wahana bermain juga menggunakan media video, untuk mempromosikan dan menginformasikan fasilitas dan keunggulan yang ada dalam wahana bermain tersebut. Video promosi adalah media audio visual dengan durasi yang singkat tetapi dapat mempromosikan secara detail sehingga menjadi jauh lebih menarik bagi konsumen.

PT. Daiichi Elevator Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Lift, Escalator dan sparepart. Perusahaan ini merupakan agen tunggal dari Daiichi Seloon perusahaan China. PT. Daiichi Elevator Indonesia beralamat di Jalur Sutera Timur kavling 10A No. 3 Alam Sutera Tangerang, Banten merupakan perusahaan perdagangan yang berdiri sejak tahun 2012 PT. Daiichi Elevator Indonesia terus mengalami perkembangan secara bertahap, hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah pesanan dari pelanggan atau customer.

Permasalahan yang terdapat di PT. Daiichi Elevator Indonesia, dalam menginformasikan dan mempromosikan PT. Daiichi Elevator Indonesia ini, hanya menggunakan media cetak, social media seperti Instagram, Facebook dan juga website. Perusahaan ini sangat menjunjung tinggi kepuasaan pelanggan. Dengan semangat profesionalisme dan karyawan yang berdedikasi tinggi guna mendukung kepuasan tersebut. PT. Daiichi Elevator Indonesia telah melakukan penjualan Lift Escalator ditahun 2018 sebanyak 30 unit dan di 2019 sebanyak 32 unit dengan target penjualan sebanyak 50 Unit pertahun.

Berdasarkan analisa permasalahan diatas, maka diperlukan adanya perancangan media video promosi, sebagai media penunjang informasi dan promosi pada PT. Daiichi Elevator Indonesia. Informasi dan promosi adalah sarana yang penting dalam penyampaian informasi yang lengkap mengenai profil, fasilitas, dan keunggulan yang terdapat di PT. Daiichi Elevator Indonesia ini, untuk menjadi daya tarik customer yang ingin pemasangan dan perawatan Lift Escalator.

Video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia ini, akan diimplementasikan ke social media seperti Instagram, Facebook, Youtube dan website. Melalui perancangan media video promosi ini, akan membantu PT. Daiichi Elevator Indonesia, dalam menginformasikan serta mempromosikan PT. Daiichi Elevator Indonesia, agar dapat lebih dikenal lagi, dan meningkatkan jumlah customer setiap tahunnya.

Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang yang telah disampaikan, penulis mengambil beberapa pokok permasalahan, yaitu:

  1. Bagaimana strategi PT. Daiichi Elevator Indonesia, dalam meningkatkan jumlah customer setiap tahunnya ?
  2. Bagaimana merancang media video promosi yang dapat menarik minat pengunjung ?
  3. Bagaimana target yang ingin dicapai PT. Daiichi Elevator Indonesia melalui video promosi ini ?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan dari permasalahan yang ada lebih terarah, maka diperlukan pembatasan ruang lingkup dari perancangan video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia meliputi hal-hal yang akan digunakan sebagai media penunjang informasi dan promosi terkait dengan seluruh ruang lingkup yang dirancang dengan konsep produksi media yaitu prepdoduction, Production, Post Production. Sehingga PT. Daiichi Elevator Indonesia diantaranya visi misi, keunggulan produk, kualitas, dan alamat PT. Daiichi Elevator Indonesia.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari tujuan penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membantu pihak pengelola dalam mempromosikan dan memperkenalkan PT. Daiichi Elevator Indonesia melalui strategi promosi pada social media instagram, Facebook, youtube dan promosi ke relasi.
  2. Untuk merancang media video promosi yang menarik secara visualisasi dan informasi, agar pengunjung lebih tertarik bermain di PT. Daiichi Elevator Indonesia.
  3. Untuk membantu pihak pengelola dalam upaya meningkatkan target jumlah pengunjung pada PT. Daiichi Elevator Indonesia.

Manfaat Penelitian

  1. Dengan adanya video promosi ini, pihak pengelola dengan mudah memperkenalkan profil, fasilitas, jenis – jenis Lift Escalator dan keunggulan yang ada sehingga pengunjung lebih mudah mengetahui apa yang ada didalam PT. Daiichi Elevator Indonesia.
  2. Melalui video promosi ini, pengunjung menjadi lebih tertarik untuk memesan Lift Escalator PT. Daiichi Elevator Indonesia.
  3. Melalui video promosi ini, PT. Daiichi Elevator Indonesia dapat meningkatkan jumlah customer serta meningkatkan pencapaian target pemasaran.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh dan melengkapi data–data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan video promosi berbasis media elektronik, menggunakan beberapa metode penelitian. Metode yang digunakan ialah sebagai berikut:


Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Metode Observasi dilakukan untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk perancangan video melalui pengamatan dan pencatatan dengan terjun langsung di PT. Daiichi Elevator Indonesia pada bulan September – Oktober 2019.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara komunikasi dua arah atau bertatap muka secara langsung pada tanggal 17-18 september 2019 dengan Bpk Thomas Anggawinata sebagai direktur PT. Daiichi Elevator Indonesia, untuk memperoleh informasi mengenai hal-hal yang apa saja hal dibutuhkan dan diinginkan PT. Daiichi Elevator Indonesia dalam video promosi.

  3. Studi Pustaka

    Studi pustaka adalah metode pengumpulan data yang berupa teori tulisan, memperoleh data dari membaca, memahami dan mempelajari buku–buku, jurnal, dan media tertulis lainnya yang terkait dengan penelitian penulisan laporan skripsi konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah untuk mendapatkan informasi dari analisis situasi dan memisahkan dalam pokok permasalahan internal (kekuatan dan kelemahan) dan pokok persoalan eksternal (peluang dan ancaman). Analisis SWOT akan menjelaskan apakah informasi tersebut berindikasikan sesuatu yang akan membantu sebuah organisasi mencapai tujuannya atau memberikan indikasi bahwa terdapat rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan untuk memenuhi pemasukan yang diinginkan.

Perancangan Media

Pembuatan video promosi pada PT. Daiichi Elevator Indonesia ini merupakan media penunjang promosi untuk PT. Daiichi Elevator Indonesia yang dirancang berdasarkan kebutuhan yang diajukan stakeholder, yang selanjutnya dirancang menggunakan aplikasi program komputer grafis. Adapun aplikasi yang digunakan adalah Adobe Premiere pro cc 2018, After effect cc 2018, dan Adobe audition cc 2018.


Konsep Produksi Media (KPM)

Tahapan-tahapan proses konsep produksi media yaitu:

  1. Preproduction

    Preproduction adalah proses persiapan sebelum melakukan kegiatan produksi. Preproduction merupakan pembuatan proses konsep yang akan dilakukan saat produksi, pada tahap ini berisi ide atau gagasan, sinopsis/cerita, narasi, pembuatan storyboard, script writing, rundown, anggaran/budget dan peralatan yang digunakan.

  2. Production

    Pada tahap ini berisikan tentang perencanaan multimedia, tujuan multimedia, strategi multimedia, program multimedia, perencanaan audio, tujuan audio, strategi audio, program audio, perencanaan visual, tujuan visual, strategi visual, program visual, perencanaan broadcasting, tujuan broadcasting, strategi broadcasting dan program broadcasting.

  3. Postproduction

    Postproduction adalah tahap terakhir setelah preproduction dan production. Tahap mixing dan pendistribusian kedalam berbagai format. Berikut yang harus ada dalam tahap postproduction: editing, mixing, finishing, tahap keluaran dan segmen pasar.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan dalam laporan skripsi ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan yang akan dibahas dalam laporan Skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi mengenai teori dasar yang melandasi penulisan laporan skripsi sesuai dengan penelitiannya, meliputi teori umum, teori khusus, dan literature review.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini mengenai gambaran umum obyek yang diteliti, mengenai sejarah singkat, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective, marketing strategi, budget produksi media, konfigurasi perancangan, serta elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Bab ini menjelaskan Konsep Produksi Media (KPM) ialah tahapan- tahapan efisiensi produk dengan menggunakan Teknik MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) sehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi maupun teoritisnya. Selain itu, pada bab ini menguraikan proses konsep produksi media yaitu preproduction, production, dan post production.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran dari penelitian yang sudah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Irvando, dkk (2014:78)[1]perancangan adalah “Sebuah proses untuk mendefinisikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan menggunakan teknik yang bervariasi serta di dalamnya melibatkan deskripsi mengenai arsitektur serta detail komponen dan juga keterbatasan yang akan dialami dalam proses pengerjaannya”.

Menurut Arif (2016:2)[2]“Perancangan menggambarkan rencana umum suatu kegiatan rancangan teknik atau metode-metode dalam merancang sesuatu”.

Jadi kesimpulannya, perancangan adalah merancang atau men- desain sebuah sistem yang dimana langkah-langkah dalam proses pengolahan data dan prosedur untuk mendukung operasi sistem dapat berfungsi dengan baik.

Proses Perancangan Secara Umum

  1. Persiapan Data

    Menurut Suryani dkk (2016:69)[3]“Data adalah segala informasi yang dijadikan dan diolah untuk suatu kegiatan penelitian sehingga dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan”.

  2. Konsep

    Menurut Wicaksono dkk (2014:44)[4]“Konsep adalah tahapan proses kegiatan (eksplorasi) intelektual untuk menangkap sesuatu hal dengan panca indera secara objektif”.

  3. Media

    Sunarya, dkk (2016:17)[5]menjelaskan bahwa “Media adalah beberapa sarana komunikasi (media), yang dipakai untuk menyampaikan dan menyebar luaskan pesan antara lain: media cetak, media elektronik, papan iklan, pos langsung (direct mail), petunjuk penjualan, selembaran dan kalender”. Sedangkan menurut Triyono, dkk (2016:102) [6] menjelaskan “Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publik dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks, gambar atau foto”.

    Dengan penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa media merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada publik dengan tampilan visual. Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuan. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruangan dan lain-lain.

  4. Ide

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. Kadang untuk mendapatkan ide, diperlukan suatu ke”gila”an, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan membenturkan atau membuat suatu hal yang konflik atau paradoks.

  5. Visualisasi

    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

  6. Produksi

    Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Data

Menurut Iswandy (2015:73)[6]“Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep”. Sementara, menurut Binilang, dkk (2017:1436) [8] “Data adalah sekumpulan informasi, dalam pengertian bisnis, data merupakan sekumpulan informasi dalam pengambilan keputusan”.

Berarti bahwa data adalah hal, peristiwa atau kenyataan lainnya yang mengandung suatu pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan atau sumber dari informasi. Data dapat berbentuk nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.

  1. Teks, adalah bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran berupa sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol.
  2. Data yang terformat, adalah data yang terstruktur dengan suatu format tertentu, contoh data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang.
  3. Citra (Image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa, grafik, foto, hasil ronsten, dan tanda tangan.
  4. Audio, adalah data dalam bentuk suara seperti suara manusia, suara hewan, alarm, dll.
  5. Video, adalah rekaman gambar hidup yang bergerak dan dilengkapi dengan suara, contohnya suatu kejadian dan aktivitas- aktivitas dalam bentuk film.

Pengertian Informasi

Menurut Sunarya, dkk (2015:80)[7]“Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi disebut juga data yang diproses atau data yang memiliki arti”, sedangkan, menurut Susanti (2016:92) [8] “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi yang penerimanya”.

Berarti, informasi adalah suatu data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang lebih bernilai dan berguna.

Jenis- Jenis Informasi

Menurut Sunarya, dkk (2015:80)[7]menjelaskan mengenai jenis-jenis informasi dalam manajemen diklarifikasikan berdasarkan aspek-aspek, yang diantaranya adalah:

  1. Informasi berdasarkan persyaratan. Suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan oleh manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.
  2. Informasi berdasarkan dimensi waktu dibagi menjadi dua, yaitu:
    1. Informasi masa lalu, informasi ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang dipergunakan, namun dalam penyampaiannya pada data storage perlu disusun secara rapih dan teratur;
    2. Informasi masa kini. Dari istilahnya sendiri adalah informasi mengenai pristiwa-pristiwa yang terjadi sekarang.

Kualitas Informasi

Menurut Suzanto dkk (2015:19)[9]kualitas Informasi terdapat:

  1. Kecermatan (Accuracy)

    yaitu perbandingan antara informasi yang benar terhadap total informasi yang dihasilkan dalam suatu periode.

  2. Penyajian yang tepat waktu (Timeline)

    yaitu kegiatan yang menyajikan informasi pada saat transaksi terjadi atau pada saat informasi tersebut dibutuhkan, yang mampu menutup peluang bagi pesaing untuk mengambil keputusan yang baik dengan lebih cepat.

  3. Kelengkapan (Completeness)

    Sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi.

  4. Ringkas (Conciseness)

    yaitu informasi yang disajikan telah diikhtisarkan sesuai kebutuhan pengguna dan bidang-bidang yang menjadi fokus utama.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Pengertian Promosi menurut Koetler dkk (2014:77)[10]adalah “Aktifitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan untuk membeli produk itu”. Sedangkan Hidayat, dkk (2016:50) [11] menjelaskan bahwa “Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan bersangkutan”.


Dari beberapa pengertian promosi di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa promosi merupakan kegiatan pemasaran dan penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk, jasa, dan ide dari perusahaan dengan cara memengaruhi para konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Bentuk Promosi

Menurut Desrianti dkk (2014:425-426)[12]beberapa tugas khusus itu sering disebut bentuk promosi, antara lain:

  1. Personal Selling

    Personal Selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman 7 pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya.

  2. Mass Selling

    Mass Selling adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling, namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

  3. Promosi Penjualan

    Promosi Penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

  4. Public Relations

    Public Relations  (hubungan masyarakat), adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

  5. Direct Marketing

    Direct Marketing  (pemasaran langsung), adalah sistem pemasaran yang bersifat interatif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau tranksaksi di sembarang lokasi.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Menurut Lusyani Sunarya, dkk. (2015 : 79)[13], Media adalah saluran penyimpanan pesan komersil kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct email.

Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis, media merupakan suatu alat yang digunakan sebagai tempat menyalurkan pesan atau informasi. Di zaman teknologi yang bergerak sangat cepat ini tentunya peran media sangatlah penting, dimana suatu informasi dapat dibagikan secara cepat dan luas. Maka dari itu zaman sekarang sering disebut zaman informasi.


Alternatif Media

Menurut Lusyani Sunarya, dkk. (2016 : 60-61)[14], Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompok kan, yaitu sebagai berikut:”

  1. Media Komunikasi Cetak atau visual, contohnya poster (dalam dan luar), stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), selebaran (leaflet), amplop dan kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.
  2. Media Luar Ruangan, contohnya seperti spanduk (banner), papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil box.
  3. Media Elektronik, contohnya radio, televisi, internet, film, program video, animasi computer.
  4. Tempat Pajang (Display), contohnya etalase (window display), point of purchase, desain gantung, floor stand.
  5. Barang Kenangan, contohnya T-Shirt, Polo shirt, payung, gelas, aneka souvenir, tas, dan sebagainya.

Konsep Dasar Desain

Pengertian Desain

Menurut Hendratman (2017:3)[15], “Desain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang mewujudkan dalam kesatuan Gambar, Teks, Ruang dan Warna.” Sihombing (2015) [16], “Desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat lewat tipografi dan gambar baik dengan Teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi”.

Secara umum definisi desain adalah bentuk rumusan dari proses pemikiran pertimbangan dan perhitungan dari desainer yang dituangkan dalam wujud gambar. Pada dasarnya desain dibuat melalui gambaran kasar dahulu untuk mendapatkan ide yang sesuai dengan keinginan melalui storyboard.

Fungsi Desain Grafis

Menurut Sunarya, dkk (2016:60)[17] menjelaskan fungsi-fungsi desain:

  1. Fungsi Informasi, desain selalu menyampaikan informasi dan mengirim pesan secara visual.
  2. Fungsi Identifikasi, desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
  3. FFungsi Persuasi, desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonasi atau getaran emosi lewat bahasa visual sehingga dapat menimbulkan persuasi.

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Gambaran Objek Yang Diteliti

Sejarah Singkat PT. Daiichi Elevator Indonesia

PT. Daiichi Elevator Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Lift, Escalator dan sparepart. Perusahaan ini merupakan agen tunggal dari Daiichi Seloon perusahaan China. PT. Daiichi Elevator Indonesia beralamat di Jalur Sutera Timur kavling 10A No. 3 Alam Sutera Tangerang, Banten merupakan perusahaan perdagangan yang berdiri sejak tahun 2012 PT. Daiichi Elevator Indonesia terus mengalami perkembangan secara bertahap, hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah pesanan dari pelanggan atau customer.

Perusahaan ini sangat menjunjung tinggi kepuasaan pelanggan. Dengan semangat profesionalisme dan karyawan yang berdedikasi tinggi guna mendukung kepuasan tersebut. PT. Daiichi Elevator Indonesia telah melakukan pemasangan dan perawatan Lift Escalator di selurah Indonesia.

Adapun fokus utama kami untuk pembiayaan sektor pertanian dan retail, yang skala usahanya saat ini kurang mendapat akses permodalan dari Lembaga Perbankan.

Visi dan Misi

  1. Visi

    Menjadi perusahaan elevator dan escalator terpercaya dan terbesar yang ikut mendukung pembangunan dan kemakmuran negara dan Bangsa Republik Indonesia.

  2. Misi

    Menjadikan kepuasaan pelanggan sebagai faktor utama kekuatan perusahaan yang didukung oleh profesionalisme karyawan dan kepercayaan pelanggan.

Logo PT. Daiichi Elevator Indonesia

Gambar 3.1 Logo PT. Daiichi Elevator Indonesia

Lokasi

Alamat PT. Daiichi Elevator Indonesia Jalur Sutera Timur Kavling 10A No. 3 Alam sutera Tangerang


Struktur Organisasi

Struktur Organisasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui lebih jelas dari deskripsi pekerjaan, serta kedudukan maupun tanggung jawab dari setiap divisi yang ada pada perusahaan. Untuk tercapainya kerja sama yang baik pada perusahaan. Struktur Organisasi juga merupakan suatu penempatan karyawan yang dilakukan pembatasan tugas dan tanggung jawab serta penempatan hubungan kerja di antara unsur-unsur oeganisasi, berikut adalah struktur organisasi yang ada pada PT. Daiichi Elevator Indonesia.

Gambar 3.2 Struktur Organisasi PT.Daiichi Elevator Indonesia

Wewenang dan Tanggung Jawab

  1. Direktur
    1. Menentukan kebijaksanaan serta memberikan / menetapkan keputusan- keputusan.
    2. Mengangkat maupun memberhentikan tiap personil / pekerja dengan surat keputusan.
    3. dan mempunyai wewenang untuk memindahkan / memutasikan. Mengadakan kontrol-check keadaan keuangan perusahaan.
  2. Manager Marketing

    Bertanggung jawab serta memberikan keputusan-keputusan kepada bagian marketing.

  3. Staf Admin dan Customer Service

    bertugas catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat ketatausahaan.

  4. Marketing

    Adalah bagian yang mengatur tentang pemasaran produk maupun jasa yang akan di pasarkan perusahaan.

  5. Manager Kontruksi

    Mengatur jalannya proyek pemasangan lift maupun escalator.

  6. Supervisor Kontruksi

    Mengontrol dan memberikan evaluasi terhadap kerjaan bawahan nya, mengatur pekerjaan para staf pelaksana.

  7. Trouble Shooter

    Menangani masalah lift saat pemasangan lift maupun escalator

  8. Mechanical Foreman

    Mengawasi langsung pekerjaan mekanik dan memberikan petunjuk atas pekerjaan yang dilakukan mekanik

  9. Manager Maintenance

    Mengatur dan mengontrol dari kegiatan maintenance.

  10. Maintenance

    bertugas untuk melakukan perawatan dan perbaikan lift dan peralatan produksi, persiapan untuk pemasangan lift maupun escalator.

  11. Tim Service

    Melakukan pemasangan dan perawatan lift maupun escalator yang di pesan.

  12. Finance and Accounting manager

    bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masalah finance dan accounting dalam perusahaan. Selain itu juga bertugas untuk menyetujui dan bertanggung jawab atas laporan keuangan dan akuntansi yang disiapkan oleh staff accounting, serta melakukan konfirmasi hutang yang ada dengan bagian akuntansi setiap akhir bulan.

  13. Finance

    yaitu melakukan penerimaan dan pengeluaran uang kantor seperti uang kas.

  14. Accounting

    bertugas melakukan penagihan ke customer untuk pembayaran piutang dan mencatat semua transaksi.

Product Information(Informasi Produk)

Produk

Media video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia ini merupakan salah satu media komunikasi dalam bentuk video promosi, yang pada umumnya sebagai media informasi dalam bentuk video. Dalam video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia ini dipakai untuk menunjukkan beberapa informasi mengenai keunggulan daiichi seloon, ataupun layanan yang akan diberikan kepada calon customer.

Bentuk media video promosi ini berdasarkan permintaan stakeholder sebagai media promosi yang terbaru serta menjadi daya tarik audience khususnya calon customer, dan masyarakat untuk bergabung di PT. Daiichi Elevator Indonesia. Melalui media video promosi ini juga akan menginformasikan mengenai keunggulan PT. Daiichi Elevator Indonesia yang meliputi : pemasangan dan perawatan Lift Escalator.

Latar Belakang Produk

Kemajuan teknologi informasi dan promosi yang dimiliki PT. Daiichi Elevator Indonesia dimana saat ini masih kurang efektif, dikarenakan media sebelumnya berupa desain promosi, belum menunjang informasi dan promosi yang efektif dan menarik untuk ditujukkan kepada calon klien, ataupun disebarluaskan ke masyarakat, PT. Daiichi Elevator Indonesia saat ini membutuhkan media video promosi yang menarik, update, dan efektif untuk menginformasikan mengenai keseluruhan ruang lingkup PT. Daiichi Elevator Indonesia yang meliputi keunggulan pada PT. Daiichi Elevator Indonesia. Melalui perancangan media video promosi ini sebagai strategi pemasaran dan daya tarik kepada klien dan masyarakat untuk menggunakan pemasangan dan perawatan Lift Escalator di PT. Daiichi Elevator Indonesia, serta PT. Daiichi Elevator Indonesia dapat lebih dikenal masyarakat luas.

Perkembangan Produk

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan promosi saat ini media video dalam bentuk promosi mulai digemari oleh masyarakat luas, karena media video promosi terdapat terdapat visual audio, dan visual effect yang menjadi daya tarik bagi yang melihatnya. Selain itu informasi yang di sampaikannya pun jelas sehingga mudah dipahami oleh audience yang melihatnya.

Media video promosi saat ini menjadi kebutuhan bagi sebuah perusahaan karena melalui media video promosi dapat menginformasikan mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan baik fasilitas dan keunggulan yang diberikan bagi para calon klien, ataupun masyarakat yang membutuhkan.

Berkembangnya dunia perusahaan dan banyaknya pesaing dalam bidang yang sama dari tahun ketahun yang semakin pesat, mengakibatkan semakin banyak fasilitas serta kualitas yang harus disediakan PT. Daiichi Elevator Indonesia.

PT. Daiichi Elevator Indonesia membutuhkan adanya media penunjang informasi dan promosi yang lebih efektif, lengkap, update dan menarik secara visualisasi untuk memperkenalkan fasilitas dan keunggulan pada PT. Daiichi Elevator Indonesia

Material Produk

Perancangan media promosi ini menggunakan berbagai material produk berbentuk media audio visual yang di dalamnya terdapat perangkat perangkat media yang digunakan sebagai berikut :

Tabel 3.1 Material Produk

Spesifikasi Produk

Jika dilihat dari perancangan media video yang berupa video promosi PT. Daiichi Elvator Indonesia dengan menggabungkan audio visual dan effect visual menjadi video yang dikemas lebih menarik untuk disajikan kepada calon klien dan masyarakat luas. Adapun didalam proses pembuatan video promosi tersebut terdapat manfaat, kelebihan dan kekurangan diantaranya adalah

  1. Manfaat
    1. Miliki media informasi dan promosi yang lebih menarik dan efektif.
    2. Menjadikan daya tarik calon klien serta masyarakat luas.
    3. Menjalin relasi yang baik dengan klien.
  2. Kelebihan
    1. Media informasi dan promosi yang ter- upto date.
    2. Memberikan informasi fasilitas, keunggulan serta pelayanan yang lebih menarik.
    3. Sangat mudah untuk diakses oleh calon klien dan masyarakat luas dengan menggunakan jaringan internet.
  3. Kekurangan
    1. Membutuhkan waktu yang lama dalam proses produksi.
    2. Membutuhkan biaya produksi yang mahal dan memerlukan peralatan yang memadai.
    3. Tidak dapat diakses secara offline

Harga Produk

Pembuatan project ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Dalam perancangan video promosi ini juga membutuhkan peralatan yang banyak untuk proses perancangannya, dikarenakan dalam mengumpulkan data membutuhkan para crew yang mendukung prosesnya seperti, sutradara, cameraman dan beberapa pihak pemain didalam video tersebut. Perancangan video promosi ini juga membutuhkan beberapa peralatan untuk pengambilan gambar menggunakan camera, hingga proses editing dengan menggunakan aplikasi berupa Adobe Premiere pro cc 2018, After effect cc 2018, dan Adobe Audition cc 2018.

Market Analysis(Analisa Pasar)

Market Analysis merupakan kegiatan yang menginformasikan perencanaan pemasaran mencakup investigasi ataupun penyelidikan dalam pelaksanaan marketing yang mempengaruhi dinamika pasar sehingga dapat menghasilkan informasi mengenai target pasar yang dituju. Dalam analisa ini dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi tentang kondisi pasar video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia. Berikut adalah dua analisis yang dilakukan adalah :

Market Positioning

Dengan adanya market positioning ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui informasi dan promosi mengenai fasilitas, pelayanan dan keunggulan yang dimiliki PT. Daiichi Elevator Indonesia. Video promosi ini nantinya akan di implementasikan pada social media seperti Instagram, Facebook, Youtube dan website.

Konsentrasi pasar implementasi video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia ini, khususnya menjangkau sasaran pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (JABODETABEK). Selain itu melalui video promosi ini akan menjangkau sasaran di seluruh Indonesia dan Internasional.

Melalui perancangan media video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia dapat menjadi lebih menarik bagi calon klien dan masyarakat luas.

Kondisi Pesaing

PT. Daiichi Elevator Indonesia saat ini memiliki begitu banyak pesaing, dikarenakan letak geografis PT. Daiichi Elevator Indonesia ini sangat strategis dari pusat perkotaan, perkantoran dan lain sebagainya. PT. Daiichi Elevator Indonesia ini bergerak dalam bidang pengadaan dan jasa pemasangan Lift dan Escalator. Untuk itu PT. Daiichi Elevator Indonesia memerlukan media promosi berbentuk Video Promosi yang menampilkan effect-effect visual lainnya yang dimana sebelumnya media informasi dan promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia hanyalah media cetak seperti brosur.

Adapun pesaing dari PT. Daiichi Elevator Indonesia saat ini adalah sebagai berikut :

Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

Potential Market

Media video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia merupakan media informasi dan promosi yang akan ditujukan kepada calon klien dan masyarakat luas agar mendapatkan informasi keunggulan-keunggulan apa saja yang terdapat di PT. Daiichi Elevator Indonesia, yang bertujuan meningkatkan kualitas perusahaan.

Potensial market dalam menginformasikan dan mempromosikan video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia tersebut yaitu menjangkau pangsa pasar khususnya di wilayah JABODETABEK dan umumnya dapat menjangkau pangsa pasar ke seluruh Indonesia dan Internasional yang membutuhkan jasa layanan teknologi informasi. Pencapaian target dalam perancangan media video promosi sebagai penunjang promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia ini diharapkan akan meningkatkan jumlah pengadaan dan pemasangan jasa PT. Daiichi Elevator Indonesia.

Market Segmentation

Geografi :

  1. Khusus : JABODETABEK
  2. Umum : Seluruh Indonesia dan internasional.

Demografi :

  1. Jenis Kelamin : Pria & Wanita
  2. Kelas Ekonomi : Menengah ke atas
  3. Usia : Dewasa dan Orang Tua
  4. Sasaran : Klien dan Masyarakat Umum

Psikografi : Calon Klien Perusahaan, dan Masyarakat umum yang membutuhkan Pengadaan Lift dan Escalator


Marketing Objective (Tujuan Pemasaran)

Dalam pemberian informasi dan promosi pada PT. Daiichi Elevator Indonesia kepada calon klien dan karyawan dalam bentuk video promosi berupa pembuatan video promosi yang bertujuan untuk meningkatkan image PT. Daiichi Elevator Indonesia agar lebih dikenal khalayak luas dan meningkatkan jumlah klien atau customer setiap tahunnya. Maka dari itu video promosi dikemas semenarik mungkin dengan menyajikan informasi secara jelas agar mudah diterima oleh para calon klien dan karyawan.

Marketing Strategy (Strategi Pemasaran)

Strategi pemasaran dalam memberikan informasi dan promosi yang dilakukan PT. Daiichi Elevator Indonesia untuk terus meningkatkan calon klien atau calon customer dengan menggunakan video promosi yang berbeda dengan yang lainnya lalu dipublikasikan di media website dan social media. Saat ini persaingan pelayanan dan fasilitas - fasilitas yang diberikan perusahaan semakin banyak maka dengan ini dibutuhkan strategi pemasaran yang lebih menarik dan efektif, agar mudah diakses dan diterima oleh masyarakat luas. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia:

  1. Social Media : Youtube, Instagram, dan Facebook
  2. LCD Promosi Perusahaan

Tabel 3.3 Analisis SWOT

Budget Produksi Media

Budget Produksi Media

Budget biaya produksi media adalah biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan perancangan video promosi pada PT. Daiichi Elevator Indonesia.

Tabel 3.4 Budget Produksi Media

Konfigurasi Hardware

Spesifikasi Hardware

Perancangan video promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia. tersebut menggunakan 1 (satu) unit laptopdengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Processor : Intel Core i7-5500U CPU
  2. Monitor : LCD 14 Inchi
  3. Mouse : rexus gamming
  4. RAM : 8 GB
  5. Harddisk : WD My Passport Ultra 1TB
  6. Speaker : Sonic Master

Software yang digunakan

Dalam konsep media video promosi tersebut softwareyang digunakan penulis adalah:

  1. Adobe Premiere pro cc 2018,
  2. After effect cc 2018,
  3. Adobe Audition CC 2018

Elisitasi

Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap 1

Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.6 Elisitasi Tahap 2

Keterangan :

M : Mandatory (yang diinginkan), harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat rancangan media yang dibutuhkan

D : Desirable (diperlukan), tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan

I : Inessential (yang tidak mutlak diinginkan), bukanlah bagian dari rancangan media yang dibahas dan merupakan bagian dari luar perancangan media.

Elisitasi Tahap 3

Tabel 3.7 Elisitasi Tahap 3

Keterangan :

T : Techinal, tata cara / tehnik pembuatan requirement tersebut dalam perancangan media yang di usulkan.

O : Operational, tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistema yang akan dikembangkan.

E : Ecconomic, biaya yang diperlukan dalam perancangan media komunikasi visual.

H : High, Sulit untuk dikerjakan, karena tehnik pembuatan dan pemakaian yang sulit serta biaya yang mahal.

M : Middle, Mampu untuk dikerjakan.

L : Low, Mudah untuk dikerjakan.

Final Draft Elisitasi

Tabel 3.8 Final Draft Elisitasi

BAB IV

KONSEP PRODUKSI MEDIA

Preproduction

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Setelah melakukan penelitian Skirpsi selama 2 bulan di PT. Daiichi Elevator Indonesia, perancangan media video untuk PT. Daiichi Elevator Indonesia sangat diperlukan sebagai media informasi dan promosi secara lebih informative dan menarik minat calon customer dan masyarakat luas.

Adapun beberapa kesimpulan terhadap rumusan masalah mengenai perancangan media video ini adalah sebagai berikut:.

  1. Media informasi yang dibutuhkan oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia yaitu melalui pembuatan perancangan media video PT. Daiichi Elevator Indonesia yang menampilkan informasi meliputi: fasilitas seperti Lift, Escalator dan sparepart. Didukung dengan keunggulan PT. Daiichi Elevator Indonesia yaitu agar calon customer dapat tertarik dengan barang jasa yang di tawarkan oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia.
  2. Konsep video yang dibutuhkan oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia adalah dengan menampilkan konsep media video yang menarik dan informatif, dengan menampilkan intro opening Escalator dan lift sebagai pembuka media video, dilanjut dengan menampilkan video-video yang tentang keunggulan perusahaan, Escalator dan lift oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia, backsound yang menarik, serta video berkualitas HD (High Definition). Dengan memberikan informasi yang up to date sesuai dengan pelayanan, keunggulan, dan fasilitas yang diberikan saat ini dan juga kebutuhan promosi PT. Daiichi Elevator Indonesia agar lebih menarik minat calon customer dan khususnya masyarakat luas.
  3. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia untuk menarik minat calon customer adalah dengan implementasi media pada social media seperti youtube. Sehingga calon customer dan masyarakat dapat mengetahui informasi PT. Daiichi Elevator Indonesia serta semakin dikenal khalayak luas.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian yang telah disimpulkan, terdapat beberapa saran untuk PT. Daiichi Elevator Indonesia diantaranya:

  1. Peneliti berharap PT. Daiichi Elevator Indonesia dapat memperkenalkan keunggulan produknya lebih luas melalui media promosi dan informasi seperti media cetak berbentuk katalog ataupun elektronik berbentuk video.
  2. Disarankan pada PT. Daiichi Elevator Indonesia dapat aktif melakukan promosi menggunakan media sosial ataupun dapat membuat konten video baik perkenalan atupun promo yang sesuai dengan bidang perusahaan, agar para calon customer selalu merasa lebih dekat.
  3. Peneliti berharap perancangan media video ini akan ada penelitian dan pengembangan selanjutnya menyesuaikan dengan informasi yang telah update dan penyajian yang lebih menarik audience. Sehingga jumlah calon customer setiap tahunnya bisa semakin bertambah sesuai target yang diinginkan oleh PT. Daiichi Elevator Indonesia.

























DAFTAR PUSTAKA

  1. Irvando, Benny Purnama danIbnu Sani Wijaya. 2014. Perancangan Aplikasi Steganografi Teknik LSB (Least Significant Bit) Dalam Keamanan Komputer. Jambi: STIKOM Dinamika Bangsa. Journal Processor. ISSN 2337-9995.Vol.9 No.1 : 78.
  2. Arif, Muhammad. 2016.Bahan Ajar Rancangan Teknik Industri. Yogyakarta: Deepublish.
  3. Suryani dan Hendryadi. 2016.Metode Riset Kuantitatif: Teori DanAplikasi Pada BidangEkonomi Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenamedia Group.
  4. Wicaksono, Andie A. dan Endah Tisnawati. 2014. Teori Interior. Cibubur: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup).
  5. Sunarya, Lusyani. Putri Apryllia dan Siti Isnaini. 2016. Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual And Broadcasting As A Media Promotion. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.3 : 320.
  6. Iswandy, Eka. 2015. Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur. Padang: STMIKJayanusa Padang. Jurnal TEKNOIF. ISSN: 2338-2724. Vol.3 No.2 : 73.
  7. 7,0 7,1 Sunarya, Lusyani. Mukti Budiarto dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.1 : 80-81.
  8. Susanti, Melan. 2016. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Jurnal Informatika. ISSN: 2355-6579. Vol.3 No.1 : 92.
  9. Suzanto, Boy dan Iwan Sidharta. 2015. Pengukuran End-User Computing Satisfaction atas Penggunaan Sistem Informasi Akademi. Bandung: Journal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship Vol. 9, No
  10. Koetler, Philip&Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  11. Hidayat, Wahyu. Anita B. Wandanaya dan Recha Fardiansyah. 2016. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di SMK Aviciena Rajeg Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja. Cerita Journal. ISSN: 2461-1417. Vol.2 No.1 : 50.
  12. Desrianti, Dewi Immaniar. Sudaryono dan Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Bookstore. Tangerang: STMIK Tinggi Raharja, Journal CCIT. Vol. 7 No.3 - Mei 2014.
  13. Sunarya, Lusyani. Mukti Budiarto dan Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: STMIK Raharja. CCIT Journal. ISSN: 1978-8282. Vol.9 No.1 : 80-81.
  14. "Sunarya, Lusyani. Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah. 2016. Desain Media Sign System dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa. Tangerang : STMIK Raharja. SENSI Journal. ISSN : 2461-1409. Vol.2, No.1 : 60, 61. "
  15. Hendratman, Hendi. 2017. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika Bandung.
  16. Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  17. Sunarya, Lusyani. Desi Wahyu Kartika Sari dan Pajrin Wurika Sahara. 2016. Perancangan Media Iklan Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Tangerang: STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN: 2356-5195. Vol.2 No.1 : 17.

Contributors

Upi.indria