SI1521489442: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
 
Baris 1: Baris 1:
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
+
<p style="line-height: 1"><b>PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI </b></p></div>
<p style="line-height: 1">'''PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI'''</P></div>
+
  
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">

Revisi terkini pada 16 Agustus 2019 06.35

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG




Disusun Oleh :


NIM
: 1521489442
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING


UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(2018/2019)


UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Ruli Supriati, M.Kom)
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I)
   
(Mulyati, S.E., M.M.,M.Pd)
NID : 11006
   
NID : 11003


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2019
 
 
(Hafis Fadlillah)
NIM : 1521489442

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk pendidikan yang mengarahkan pada perkembangan anak. Pada anak usia dini, anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Pada TKIT Bina Prestasi media pembelajaran yang diterapkan adalah media cetak dan media pembelajaran yang masih konvesional yang menggunakan alat peraga dan poster dua dimensi, saat pembelajaran materi yang dianggap secara visual kurang efektif dan interaktif. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan anak, guru dapat menerapkan beberapa media pembelajaran dalam satu paket yang disebut dengan pembelajaran interaktif. Dengan media pembelajaran interaktif yang memiliki beberapa item dalam satu tema. Salah satu media pembelajaran interaktif yang dirancang diantaranya adalah multimedia interaktif berbasis aplikasi dan media-media pembelajaran pendukung lainnya. Dengan menggunakan multimedia interaktif ini dapat memperkenalkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi pada anak usia dini. Metode perancangan media pembelajaran interaktif yang digunakan adalah Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Preproduction, Production dan Postproduction. Perancangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan software Adobe Photoshop, dan Adobe Flash. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan semangat belajar dalam proses pembelajaran pada anak usia dini khususnya siswa-siswi di TKIT Bina Prestasi.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,Media Interaktif,Taman Kanak-Kanak.

ABSTRACT

Early childhood education is one form of education that leads to child development. In early childhood, children have a very high curiosity. At TKIT Bina Prestasi, the learning media used are print media and still apply conventional learning media in the form of props and two-dimensional posters, in delivering material that is considered visually less effective and interactive. Therefore, efforts to improve children's skills, teachers can apply several learning media in a package called interactive learning. With interactive learning media that has several items in one theme. One of the interactive learning media designed is application-based interactive multimedia and other supporting learning media. With this interactive multimedia, it can also introduce information and communication technology devices to early childhood. The method of designing interactive learning media used is the Concept of Media Production (KPM) which consists of Preproduction, Production and Postproduction. The design of this interactive learning media uses Adobe Photoshop and Adobe Flash software. Data collection is done by observation, interview, and literature study. Thus, this study aims to create learning media that can increase interest and enthusiasm for learning in the learning process in early childhood especially students at TKIT Bina Prestasi.

Keywords: Learning Media, Interactive Media and Kindergarten

Contributors

Hafis Fadlillah