SI1521489075: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Alternatif Media)
Baris 938: Baris 938:
  
 
====Alternatif Media====
 
====Alternatif Media====
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2016 : 60-61)<ref name="Lusyani">Sunarya, Lusyani. Allyufi Fazril Rasyidin dan Deka Witara. 2016. Video Animasi 2D Infografis Aplikasi Laksa Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.2 No.1 : 100.</ref>, Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompokan, yaitu sebagai berikut :</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2016 : 60-61)<ref name="Sunarya">Sunarya, Lusyani. Allyufi Fazril Rasyidin dan Deka Witara. 2016. Video Animasi 2D Infografis Aplikasi Laksa Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintahan Kota Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1417. Vol.2 No.1 : 100.</ref>, Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompokan, yaitu sebagai berikut :</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><ol>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><ol>

Revisi per 13 Agustus 2018 17.26


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG

MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA

SMK ISLAMIC VILLAGE TANGERANG

 

SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489075
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG

MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA

SMK ISLAMIC VILLAGE TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489075
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Ir. Untung RahardjaM.T.I., MM.)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG

MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA

SMK ISLAMIC VILLAGE TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1521489075
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB


Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat S.I.Kom)
   
(Triyono, S.Kom.)
NID : 12002
   
NID : 05078

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG

MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA

SMK ISLAMIC VILLAGE TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1521489075
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG

MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA

SMK ISLAMIC VILLAGE TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489075
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: MAVIB

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2018

 
 
 
 
 
NIM : 1521489075

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Kemajuan teknologi yang kian hari semakin berkembang membawa pengaruh besar di segala aspek bidang, salah satunya bidang promosi dan informasi. Promosi dan informasi menjadi hal penting bagi setiap instansi sekolah baik negeri maupun swasta. Penyebaran promosi dan informasi melalui video profile dinilai lebih efektif dan efisien, karena melalui video profile dapat menyampaikan informasi tentang sekolah yang akurat dan terbaru. Video profile sekolah SMK Islamic Village Tangerang menampilkan tentang profil sekolah, jurusan sekolah, ruang kelas, prestasi sekolah, dan fasilitas sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan media dan konsep produksi media. Di dalam konsep produksi media terdapat tahap preproduction, production, dan postproduction. Software yang digunakan dalam pembuatan video profile yaitu adobe premeire pro untuk menggabungkan video yang telah di shooting menjadi satu dan adobe after effect digunakan untuk membuat opening bumper dan memberikan efek pada video profile. Dengan adanya video profile ini dapat memberikan promosi dan informasi yang menarik bagi calon siswa atau siswi dan masyarakat umum untuk bergabung dengan sekolah SMK Islamic Village Tangerang dan dapat meningkatkan angka pendaftaran SMK Islamic Village Tangerang setiap tahunnya.

Kata kunci: Video Profile, Promosi dan Informasi



ABSTRACT

Technological advances are increasingly growing day carry great influence in all aspects of the field, one of the areas of the promotion and information. Promotion and information becomes important for every instance of schools both public and private. The dissemination and promotion of information through video profile is judged more effective and efficient, because through the video profile may convey information about the school that is accurate and up-to-date. Video profile of school SMK Islamic Village Tangerang displays about the school profile, Department of school, classroom, school achievement, and school facilities. Research methods used in this study is the analysis of the problems, data collection, analysis of the design of media and media production concept. In the concept of media production there are stages of preproduction, production, and postproduction. The software used in the making of the video profile adobe premeire pro to combine a video that had been at the shooting became one and adobe after effects was used to make the opening bumper and give effect on a video profile. The existence of this profile video can provide the promotion and information of interest to prospective students or students and the general public to join the school SMK Islamic Village Tangerang and can increase the registration rate of SMK Islamic Village Tangerang every year.

Keywords: Video Profile, Promotion and Information

KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi yang berjudul “Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Promosi dan Informasi Pada SMK Islamic Village Tangerang”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) pada STMIK Raharja Tangerang.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.

Penulis pun menyadari tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada:

  1. Bapak Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM. selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, S.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Wahyu Hidayat S.I.Kom, selaku pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada Penulis.
  5. Bapak Triyono S.Kom, selaku pembimbing II yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada Penulis.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  7. Bapak Dian Affriady M.Kom, selaku stakeholder yang telah membantu dan memberikan arahan selama melaksanakan Observasi.
  8. Kepala Sekolah SMK Islamic Village Tangerang yang telah memperbolehkan penulis untuk melakukan penelitian di SMK Islamic Village Tangerang.
  9. Seluruh Guru, Staff, Siswa dan siswi SMK Islamic Village Tangerang yang telah membantu saya selama proses shooting.
  10. Bapak, Mamah, dan Keluarga saya yang telah membantu saya memberikan materi dan memberikan doa demi kelancaran hingga Skripsi ini selesai.
  11. Rekan-rekan Dead Trigger dan Kantin Bwank yang telah membantu dan memberi support dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini.
  12. Dan semua rekan-rekan mahasiswa/i yang telah membantu dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan Skripsi ini, untuk itu Penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan laporan ini. Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Semoga Allah SWT senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita – cita menuju kesuksesan, Amin Ya Rabbal’alamin.


Tangerang, Juli 2018
(Nur Arifin)
NIM. 1521489075





DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Data Guru dan Staff

Tabel 3.2 Material Produk

Tabel 3.3 Kondisi Pesaing

Tabel 3.4 Analisis SWOT

Tabel 3.5 Budget Produksi Media

Tabel 3.6 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.7 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.8 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.9 Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1 Script Writting

Tabel 4.2 Rundown

Tabel 4.3 Penyusunan Crew atau Pemain

Tabel 4.4 Time Schedule

Tabel 4.5 Anggaran/Budget

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1 Struktur Organisasi SMK Islamic Village Tangerang

Gambar 4.1 Preproduction

Gambar 4.2 Bumper Opening (Storyboard)

Gambar 4.3 Baliho Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.4 Gedung Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.5 Visi dan Misi Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.6 Ruang Kelas (Storyboard)

Gambar 4.7 Ruang Ujian (Storyboard)

Gambar 4.8 Piala Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.9 Laboratorium Komputer (Storyboard)

Gambar 4.10 Laboratorium Multimedia (Storyboard)

Gambar 4.11 Perpustakaan Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.12 Masjid Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.13 Parkiran Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.14 Kantin Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.15 Wawancara Siswa dan Siswi (Storyboard)

Gambar 4.16 Wawancara Ka. Program Multimedia (Storyboard)

Gambar 4.17 Alamat Sekolah (Storyboard)

Gambar 4.18 Kamera Nikon D5200

Gambar 4.19 Tripod

Gambar 4.20 Mic Clip On

Gambar 4.21 Memori Transcend

Gambar 4.22 DVD

Gambar 4.23 Bumper Opening (Visual)

Gambar 4.24 Baliho Sekolah (Visual)

Gambar 4.25 Gedung Sekolah (Visual)

Gambar 4.26 Visi dan Misi Sekolah (Visual)

Gambar 4.27 Ruang Kelas (Visual)

Gambar 4.28 Ruang Ujian (Visual)

Gambar 4.29 Piala Sekolah (Visual)

Gambar 4.30 Laboratorium Komputer (Visual)

Gambar 4.31 Laboratorium Multimedia (Visual)

Gambar 4.32 Perpustakaan Sekolah (Visual)

Gambar 4.33 Masjid Sekolah (Visual)

Gambar 4.34 Parkiran Sekolah (Visual)

Gambar 4.35 Kantin Sekolah (Visual)

Gambar 4.36 Wawancara Siswa dan Siswi (Visual)

Gambar 4.37 Wawancara Ka. Program Multimedia (Visual)

Gambar 4.38 Alamat Sekolah (Visual)


DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Form Permintaan Penerbitan Dokumen

Lampiran 2 Form Permohonan Pergantian Judul Tugas Akhir / Skripsi

Lampiran 3 Kartu bimbingan Skripsi Perguruan Tinggi Raharja

Lampiran 4 Surat Keterangan Observasi (Sesuai Judul)

Lampiran 5 Surat Survei (sesuai judul)

Lampiran 6 Validasi Skripsi dan Kwitansi

Lampiran 7 KSTF Mahasiswa

Lampiran 8 Formulir Seminar Proposal

Lampiran 9 Formulir Persetujuan dan Penugasan Pembimbing

Lampiran 10 Surat Undangan Stakeholder

Lampiran 11 Formulir Pertemuan dengan Stakeholder

Lampiran 12 Daftar Wawancara

Lampiran 13 Elisitasi Tahap 1

Lampiran 14 Elisitasi Tahap 2

Lampiran 15 Elisitasi Tahap 3

Lampiran 16 Final Draft Elisitasi

Lampiran 17 Surat Keterangan Implementasi

Lampiran 18 Sertifikat Prospek

Lampiran 19 Sertifikat TOEFL RCEP

Lampiran 20 Sertifikat Penghargaan Pemenang

Lampiran 21 Sertifikat Seminar IT Nasional dan Internasional

Lampiran 22 Tridharma

Lampiran 23 Katalog Produk

Lampiran 24 Daftar Riwayat Hidup

Lampiran 25 Fomulir CekList Validasi Sidang

Lampiran 26 Formulir Pendaftaran Mengikuti Sidang


BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Kemajuan teknologi yang kian hari semakin berkembang membawa pengaruh besar di segala aspek bidang, salah satunya bidang promosi dan informasi. Berkembangnya ilmu teknologi turut membantu manusia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan mudah. Saat ini, kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi. Dalam perkembangan informasi, semua pihak yang terkait baik itu perusahaan, organisasi, ataupun sekolah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas agar mampu bersaing dengan instansi-instansi yang lainnya salah satunya dengan cara melakukan promosi. Promosi merupakan sarana untuk menawarkan atau menginformasikan barang atau jasa kepada produsen maupun konsumen. Promosi menjadi hal yang penting bagi setiap sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Pentingnya promosi yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan target pencapaian siswa atau siswi baru dan memberi peluang kepada calon siswa atau siswi, agar mengetahui informasi penting mengenai sekolah yang akan di pilihnya. Saat ini sudah banyak sekolah yang memberikan informasi sekaligus promosi untuk mencapai target calon siswa atau siswi baru, yaitu melalui media video profile. Media promosi dan informasi dalam bentuk video profile membantu sekolah agar lebih efektif untuk penyebaran promosi dan informasi. Karena pada era teknologi yang semakin canggih ini, video profile yang dibuat tinggal dimasukkan atau diupload ke youtube atau media sosial lainnya sehingga mudah di akses oleh semua kalangan termasuk calon siswa atau siswi baru.

SMK Islamic Village Tangerang berlokasi Jl. Islamic Raya Blok C2 No 1, Kelapa Dua, Cibodas, Kab.Tangerang, Banten, 15810. SMK Islamic Village Tangerang mempunyai 4 program jurusan, diantaranya Program Akuntasi, Program Multimedia, Program Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Desain Komunikasi Visual. SMK Islamic Village Tangerang mempunyai motto Santun, Terampil, Disiplin, dan Mandiri. Selain itu, SMK Islamic Village Tangerang ini mempunyai prestasi baik akademik maupun non akademik. Prestasi akademik yang pernah diraih oleh SMK Islamic Village Tangerang yaitu Juara I dan III lomba karya tulis ilmiah tingkat Jabodetabek di Universitas Mercubuana, Juara II lomba desain grafis tingkat Kabupaten Tangerang, dan lain-lain. Sedangkan prestasi non akademik yang pernah diraih yaitu Juara I Volleyball tingkat Kabupaten Tangerang, Juara I Kejurda Karate, dan lain-lain.

Maka pada kesempatan ini penulis mengambil topik penelitian dengan judul “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA SMK ISLAMIC VILLAGE TANGERANG”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka penulis mengambil beberapa pokok yang akan dibahas yaitu :

1. Media apa yang digunakan untuk promosi dan informasi pada sekolah SMK Islamic Village Tangerang?

2. Perancangan audio visual seperti apakah agar menarik perhatian calon siswa atau siswi baru pada SMK Islamic Village Tangerang?

3. Target seperti apa yang diharapkan melalui perancangan media promosi dan informasi pada SMK Islamic Village Tangerang?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan lebih teliti dan terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup masalah yang dibahas yaitu video profile sekolah, sejarah, visi misi, gedung sekolah, lab-lab sekolah, prestasi sekolah, masjid sekolah, kantin sekolah, parkiran sekolah, dan alamat sekolah.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

1. Menghasilkan video profile dengan informasi terbaru atau up to date pada SMK Islamic Village Tangerang.

2. Dengan adanya video profile diharapkan menjadi daya tarik bagi calon siswa atau siswi baru untuk masuk atau bergabung pada SMK Islamic Village Tangerang.

3. Dengan adanya video profile diharapkan dapat meningkatkan target jumlah calon siswa atau siswi baru pada SMK Islamic Village Tangerang.


Manfaat Penelitian

1. Melalui video profile yang dirancang dan dibuat ini calon siswa atau siswi baru mendapat informasi yang lengkap, dan tertarik masuk ke SMK Islamic Village Tangerang.

2. Agar dapat menunjang promosi dan informasi untuk lebih menarik minat calon siswa atau siswi baru pada SMK Islamic Village Tangerang.

3. Melalui video profile ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah target siswa atau siswi SMK Islamic Village Tangerang pada tahun berikutnya.

Metode Penelitian

Pada metode ini, penulis melakukan beberapa metode penelitian sebagai berikut:

Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapatkan pada saat melakukan wawancara atau interview dengan stakeholder SMK Islamic Village Tangerang yaitu dengan Bapak Dian Affriady, M.Kom sebagai ketua jurusan Multimedia pada tanggal 8 Maret 2018.

Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi
    Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data dengan datang ke SMK Islamic Village Tangerang yang beralamat di Jl. Islamic Raya Blok C2 No 1, Kelapa Dua, Cibodas, Kab.Tangerang, Banten, 15810 guna mendapatkan bagian-bagian yang diperlukan dalam pembuatan video profile.
  2. Metode Wawancara
    Melakukan wawancara dengan stakeholder, siswa, dan siswi untuk menanyakan materi-materi yang digunakan dalam penyusunan laporan.
  3. Studi pustaka
    Landasan yang digunakan sebagai materi yang diperoleh dari berbagai sumber, yaitu dari buku, jurnal, internet, perpustakaan nasional, dan referensi yang lain yang diperlukan dalam penyusunan.

Analisa Perancangan Media

Perancangan video profile sebagai penunjang media promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan sebelumnya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan video profile. Media yang akan dipergunakan sebagai sarana penunjang promosi dan informasi pada SMK Islamic Village Tangerang.

Konsep Produksi Media (KPM)

Berdasarkan panduan dalam perancangan media yang berbasis video, maka menggunakan panduan konsep produksi media MAVIB, adapun dalam konsep tersebut berisi mengenai :

  1. Pre-production
    Pre-production merupakan proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi (shooting) film/ video.
  2. Production
    Production merupakan proses pelaksanaan produksi (shoting) yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan dari proses Pre-Production.
  3. Postproduction
    Postproduction merupakan akhir dari pengambilan gambar dan masuk kepenyelesaian akhir yaitu editing atau pengeditan gambar, penambahan tittle, animasi dan special effects, grafik, musik, sound effects, audio dubbing dan output ke media video.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas mengenai Skripsi ini, maka dikelompokkan materi ini menjadi beberapa Bab dengan sistematika penyampaiannya disusun sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab ini menjelaskan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan Skripsi, yang meliputi Konsep Dasar Teori Umum, Teori Khusus, Literature Review dan lain-lain.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti meliputi Sejarah Singkat sekolah, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Sekolah, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi SMK Islamic Village Tangerang, Market Analysis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan dan Elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA (KPM)

Pada Bab IV Konsep produksi media dalam penelitian ini menggunakan Konsep Produksi Media MAVIB atau konsep produksi media yang berbasis video. Adapun dalam konsep produksi tersebut terdapat tahapan-tahapan diantaranya: Preproduction, Production dan Postproduction.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil Skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi Skripsi sebagai lampiran.


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Vidila Rosalina (2015 : 22)[1], Perancangan merupakan pengembangan sistem dari sistem yang sudah ada atau sistem yang baru, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru. Tahap perancangan mempunyai dua tujuan yaitu untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem, dan untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancangan desain yang lengkap kepada ahli-ahli teknis lainnya yang terlibat.

Menurut Intan Komala Dewi, dkk (2014 : 22)[2], Perancangan sistem secara umum adalah suatu tahap dimana di dalamnya terdapat identifikasi komponen-komponen sistem informasi yang akan dirancang secara rinci yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengguna atau user mengenai sistem yang baru.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan, bahwa perancangan yaitu pengembangan sistem yang sudah ada ataupun sistem yang baru. Perancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan bertujuan untuk memberikan gambaran kepada penggunanya mengenai sistem yang baru.

Proses Perencanaan Secara Umum

  1. Persiapan Data
    Menurut Edi Wibowo, dkk (2017 : 62)[3], Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.
  2. Ide
    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
  3. Konsep
    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
  4. Media
    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.
  5. Visualisasi
    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.
  6. Produksi
    Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Menurut Dewi Immaniar Desrianti, dkk (2014 : 425)[2], Promosi adalah tindakan menginformasikan atau meningkatkan konsumen tentang spesifikasi produk atau merek. Promosi mempunyai kekuatan untuk menyampaikan pesan, dan diperlukan perancangan khusus agar promosi tersebut memiliki visual yang kuat dan menciptakan keserasian didalam rangkaian pemasaran, karena promosi adalah berkaitan langsung dalam upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dengan memikat hati mereka melalui pemberian kesan-kesan baik, yang mampu diingat dan dirasakan oleh konsumen.

Menurut Melita Yesi Agustin (2016 : 482)[4], Promosi merupakan sebuah alat/aktivitas perusahaan untuk dapat berkomunikasi dengan konsumennya secara langsung maupun tidak langsung.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan, bahwa promosi yaitu alat atau aktivitas untuk menyampaikan suatu produk atau merk kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tujuan Promosi

Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2015 : 80)[5], Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

Bentuk Promosi

Menurut Dewi Immaniar Desrianti, dkk (2014 : 425)[2], beberapa tugas khusus itu sering disebut bentuk promosi, antara lain:

  1. Personal Selling
    Personal Selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya.
  2. Mass Selling
    Mass Selling adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling, namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.
  3. Promosi Penjualan
    Promosi Penjualan, adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
  4. Public Relations
    Public relations (hubungan masyarakat), adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
  5. Direct marketing
    Direct marketing (pemasaran langsung), adalah sistem pemasaran yang bersifat interatif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau tranksaksi di sembarang lokasi. Umumnya bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, hanya saja dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Menurut Saifuddin (2014 : 129)[6], Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Media merupakan alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.

Menurut Putu Mardiyasa Adi Saputra, dkk (2016) [7], Kata media berasal dari bahasa latin medium yang memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Menurut Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Guruan (Association for Education and Communication technology/AECT) mendefinisikan media sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program instruksional.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan, bahwa media yaitu alat bantu untuk memudahkan pekerjaan agar terselesaikan dengan baik dan memuaskan. Selain itu, media adalah benda yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca atau dibicarakan yang dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Alternatif Media

Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2016 : 60-61)[8], Macam-macam media komunikasi grafis dapat di kelompokan, yaitu sebagai berikut :

  1. Media Komunikasi Cetak/Visual, contohnya poster (dalam dan luar), stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), selembaran (leaflet), amplop dan kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar
  2. Media Luar Ruangan, contohnya seperti spanduk (banner), papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil box.
  3. Media Elektronik, contohnya radio, televisi, internet, film, program video, animasi computer.
  4. Tempat Pajang (Display), contohnya etalase (window display), point of purchase, desain gantung, floor stand.
  5. Barang Kenangan, contohnya T-shirt, polo shirt, payung, gelas, aneka souvernir, tas dan sebagainya

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Menurut Arthana dan Yudhi W (2016 : 64)[9], Informasi merupakan hasil dari proses pengolahan data. Dikatakan bernilai jika memiliki kaitan dengan pengambil keputusan. Informasi sangat erat kaitannya dengan data, karena untuk mengahsilkan informasi diperlukan data-data yang mendukung.

Menurut Yulia Djahir dan Dewi Pratita (2015 : 10)[10], Informasi adalah saah satu jenis sumber daya yang paling utama dimiliki oleh suatu organisasi, apapun jenis organisasi tersebut. Tanpa informasi, maka tidak aka nada organisasi. Informasi melalui komunikasi menjadi perekat bagi suatu organisasi sehingga organisasasi tersebut bias bersatu.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan, bahwa pengertian informasi adalah sebuah data yang diolah dan disampaikan menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna yang memiliki nilai yang bermanfaat bagi si pengguna dalam mengambil keputusan.

Definisi Informasi

Menurut Yulia Djahir dan Dewi Pratita (2015 : 8)[10], Informasi merupakan suatu kesatuan yang tampak maupun tidak tampak fungsinya untuk mengurangi ketidakpastian suatu keadaan atau peristiwa di masa depan. Informasi terdiri dari data yang telah diambil dan diolah untuk tujuan informatif sebagai kesimpulan, argumen, atau dasar dalam pengambilan keputusan.

Jeperson Hutahaean (2014 : 9)[11], Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Sumber informasi adalah data. Data kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian – kejadian (event) adalah kejadian yang terjadi pada saat tertentu.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa definisi informasi merupakan kesatuan yang tampak maupun tidak nampak, informasi diambil bertujuan untuk informatif sebagai kesimpulan, argumen, atau dasar dalam pengambilan keputusan. Hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya.

Jenis-Jenis Informasi

Menurut Lusyani Sunarya, dkk (2015 : 80)[5]Jenis-jenis informasi dalam manajemen diklarifikasikan berdasarkan aspek-aspek, yang diantaranya adalah :

  1. Informasi berdasarkan persyaratan
    Suatu informasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan oleh manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.
  2. Informasi berdasarkan dimensi waktu
    Informasi berdasarkan dimensi waktu dibagi menjadi dua, yaitu:
    1. Informasi Masa Lalu
      Informasi jenis ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang dipergunakan, namun dalam penyimpanannya pada data storage perlu disusun secara rapih dan teratur.
    2. Informasi Masa Kini
      Dari istilahnya sendiri adalah jelas bahwa makna dari informasi masa kini ialah informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang.

Kualitas Informasi

Menurut Jaluanto Tyoso dan Sunu Punjul (2016 : 33)[12]Informasi yang berkualitas harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. Ketersediaan (availability), Informasi harus dapat diakses oleh orang yang membutuhkannya, maka daitu informasi harus tersedia setiap saat pada “gudang data” (database) yang terorganisasi rapi.
  2. Mudah dipahami (comprehensibility), Informasi yang berbelit-belit atau tidak jelas koneksinya bahkan bersifat rumir, maka berakibat keputusan yang akan diambil tertunda, karena lebih banyak waktu digunakan untuk membahasnya.
  3. Relevan (Relevant), Berkaitan dengan pengoperasian suatu organisasi, informasi yang dibutuhkan ialah informasi yang benar-benar relevan dengan permasalahan, misi dan tujuan organisasi yang bersangkutan.
  4. Bermanfaat (Benefits), Informasi sebaiknya dapat disajikan dalam bentuk-bentuk yang mudah dilihat dan dipelajari sehingga kepemanfaatannya terlihat jelas. Keputusan berdasarkan informasi yang dipelajari.
  5. Tepat Waktu (Being On/In time), Informasi harus tersedia tepat ada waktunya sehingga saat organisasi membutuhkannya informasi sudah tersedia. Juga harus diperhatikan kapan informasi itu diperoleh pada peristiwa apa saat itu.
  6. Keterandalan (Reliability), Informasi harus diperoleh dari sumber data yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Demikian juga dengan pengelola atau pemberi informasi juga merupakan pihak-pihak yang dapat dipercaya.
  7. Akurat (Accuracy), Informasi harus bersih dari kesalahan dan kekeliruan. Artinya informasi harus jelas dan tepat dalam mencerminkan makna yang terkandung dari data.
  8. Konsisten (Consistent), Informasi tidak bermuatan hal-hal yang kontradiktif, sehingga peristilahan atau bahasa yang digunakan haruslah secara tetap disajikan.

Nilai Informasi

Menurut Jeperson Hutahaean (2014 : 11-12)[11], Nilai Informasi ditentukan oleh dua hal yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan lebih bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya. Biaya informasi terdiri dari :

  1. Biaya perangkat keras :
    Merupakan biaya tetap atau biaya tertanam dan akan meningkatkan untuk tingkat-tingkat mekanisasi yang lebih tinggi
  2. Biaya untuk analisis :
    Merupakan biaya tertanam, dan biasanya akan meningkat sesuai dengan tingkat mekanisasi yang lebih tinggi
  3. Biaya untuk tempat dan faktor control lingkungan :
    Biaya ini untuk setengah berubah/semivariabel. Biasanya biaya ini meningkat sesuai dengan tingkat mekanisasi yang tinggi
  4. Biaya perubahan :
    Biaya ini merupakan biaya tertanam dan meliputi setiap jenis perubahan dari satu metode ke metode yang lain
  5. Biaya operasi :
    Biaya ini pada dasarnya merupakan biaya variable dan meliputi biaya macam-macam pegawai, pemeliharaan fasilitas dan sistem.


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

Nurarifin