SI1514490205: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 147: Baris 147:
 
|  ||   ||   ||  
 
|  ||   ||   ||  
 
|-
 
|-
| <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><u>([[Sri Rahayu]], ST,. MMSI</u></div>|| &nbsp; || &nbsp; || <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><u>([[Erna Astriyani]], S. Kom,. M.T.I)</u></div>
+
| <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><u>([[Sri Rahayu]], ST,. MMSI)</u></div>|| &nbsp; || &nbsp; || <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><u>([[Erna Astriyani]], S. Kom,. M.T.I)</u></div>
 
|-
 
|-
 
| <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">NID : 08182</div> || &nbsp; || &nbsp; || <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">NID : 15017</div>
 
| <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">NID : 08182</div> || &nbsp; || &nbsp; || <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">NID : 15017</div>
Baris 519: Baris 519:
 
<p style="line-height:2">Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengujian Blackbox Testing. Dimana Blackbox Testing adalah suatu pengujian yang dilakukan untuk mengamati hasil eksekusi dari sistem usulan melalui data uji dan memeriksa fungsional dari software. Bagaimana input dan output yang dihasilkan, dan mengamati User Interface dari software tersebut.</p></div>
 
<p style="line-height:2">Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengujian Blackbox Testing. Dimana Blackbox Testing adalah suatu pengujian yang dilakukan untuk mengamati hasil eksekusi dari sistem usulan melalui data uji dan memeriksa fungsional dari software. Bagaimana input dan output yang dihasilkan, dan mengamati User Interface dari software tersebut.</p></div>
  
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Sistematika Penelitian'''</div>==
+
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Sistematika Penulisan'''</div>==
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;">

Revisi per 7 Agustus 2019 04.30


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA



SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1514490205

NAMA : IRMA KURNIA JULIANY


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA (2019/2020)




UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Disusun Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Sistem Informasi
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
NIP : 000603
       
NIP : 060003



UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dann Teknologi

Program Studi Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Tahun Akademik 2019/2020


Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sri Rahayu, ST,. MMSI)
   
(Erna Astriyani, S. Kom,. M.T.I)
NID : 08182
   
NID : 15017




UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dann Teknologi

Program Studi Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Tahun Akademik 2019/2020


Disetujui Penguji :

Tangerang,

Ketua Penguji
   
Penguji I
   
Penguji II
       
       
       
       
(_____________)
   
(_____________)
   
(_____________)
NID :
   
NID :
   
NID :




UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Disusun Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab. Serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2019

|-

 
 
NIM : 1514490205

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu dengan brand “Sepatu FANS Indonesia”. Produksi merupakan proses inti dalam perusahaan manufaktur. Dan perusahaan tentu perlu mempunyai informasi berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan saat akan melakukan produksi per-periodenya. Dalam mencapai hal itu, Sistem yang lama belum sepenuhnya dapat membantu. Dikarenakan pembuatan Consumption Sheet pada proses perincian material dan proses costing sepatu berada pada dua perangkat yang berbeda sistem operasi. Sehingga, perlu pengetikkan ulang data-data pada Consumption Sheet agar dapat melakukan costing dan penentuan biaya produksi. Karena saat ini belum memiliki database, melakukan perbaruan atau revisi data cukup sulit. Mengganti satu persatu di tiap sheet-nya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu merancang Aplikasi Informasi Biaya Produksi berbasis website, membuat database yang sesuai kebutuhan perusahaan yang mempermudah dalam pengelolaan data biaya produksi. Dan manfaat penelitian ini untuk memberikan informasi biaya produksi sepatu pada perusahaan, mempermudah melakukan input, update, dan proses data-data dalam pembuatan projek, dan mengurangi penggunaan kertas cetak. Metode penelitian yang digunakan ialah metode pengumpulan data, metode analisis PIECES (Performance, Information, Efficiency, Control, Eco¬nomy, Service), metode Requirement Elisitasi untuk mengetahui kebutuhan sistem yang terbagi menjadi 4 tahap, metode perancangan dengan UML Diagram, dan metode pengujian sistem dengan Blackbox testing. Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah sebuah sistem aplikasi informasi biaya yang membantu perusahaan dalam mengelola data-data. Mulai dari penentuan spesifikasi komponen dan material produksi sepatu hingga sampai ke proses costing dimana akan didapatkan total biaya sepasang sepatu tiap modelnya. Sistem ini juga memiliki fitur catatan revisi, approval project, dan dapat menghitung kebutuhan biaya produksi dalam periodenya.

Kata Kunci: Biaya Produksi, Sepatu, website


ABSTRACT


PT BIMASAKTI KARYAPRIMA is a manufacturing company that produces shoes under the brand “Sepatu FANS Indonesia”. Production is a core process in manufacturing companies. In the production process, of course there are costs incurred, and the company certainly needs to have information on how much costs need to be incurred when going to do production per period. To achieve that thing, the existing system is not reliable yet. This was because in a making of Consumption Sheet and Costing process are in separated device and System Operation. Thus, it is necessary to retype the data(s) on the Consumption Sheet. The system has not have a database. Therefore, the purpose of this study is to design a website-based production cost information application, creating a database that fits the needs of the company that facilitates the management of production cost data. Where from this goal has the benefit of providing information on the cost of producing shoes for the company, making it easier to input, update, and process data in making projects, and reduce the use of printed paper. The research method used is data collection method, PIECES analysis method (Performance, Information, Efficiency, Control, Economy, Service), Requirement Elicitation method to determine the system requirements which are divided into 4 (four) stages, design methods with UML diagrams, and testing methods system with Black-box testing. The results obtained from this study are a cost information application system that helps companies manage data. Starting from determining the specifications of the components and material of shoe production to the costing process where a total cost of a pair of shoes will be obtained for each model. This system also has a revision note feature, project approval, and can calculate production costs on a large scale.

Keywords: Cost production, shoes, website




KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA PT BIMASAKTI KARYAPRIMA”.

Tujuan penulisan laporan Skripsi ini disusun adalah sebagai salah satu syarat guna melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Sebagai bahan penulisan, penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa Skripsi ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan. Kritik dan saran sangat diterima agar kesalahan demi kesalahan tidak terulang lagi.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan kali ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya terutama kepada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M. Si selaku Rektor Universitas Raharja
  2. Bapak Dr. Henderi, S. Kom., M. Kom selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja
  3. Bapak Padeli, M. Kom selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja
  4. Ibu Euis Sitinur Aisyah M. Kom. selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Raharja
  5. Ibu Sri Rahayu ST., MMSI. Selaku Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan.
  6. Ibu Erna Astriyani S. Kom., M.T.I. selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan yang mendukung kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan
  7. Seluruh Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis
  8. Ibu Kartika selaku stakeholder pada PT BIMASAKTI KARYAPRIMA yang telah banyak membantu penulis dalam proses penelitian skripsi ini
  9. Kedua Orang tua penulis yang selalu mendoakan, dan memberikan dukungan baik materi maupun moral, serta seluruh keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan dan doanya
  10. Kepada seluruh anggota HMJ KOMASI Raharja dan kepada rekan-rekan seperjuangan; Miatri, Yuni, Deby yang saling mendukung dan membantu dalam penyusunan Skripsi ini
  11. Kepada Alfinsa yang selalu menyemangati dan memberi dukungan bagi penulis

Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca pada umumnya. Aamiin.

  
Tangerang, Juli 2019
   
(Irma Kurnia Juliany)
NIM : 1514490205






DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1 Siklus Hidup Sistem
Gambar 2.2 Hirarki Data
Gambar 2.3 Hubungan antara Data dan Informasi
Gambar 2.4 Aliran Biaya
Gambar 2.5 Model Data dan Arsitektur ANSI-SPARC
Gambar 2.6 Hirarki Tipe Diagram UML
Gambar 3.1 Salah satu produk Sepatu FANS
Gambar 3.2 Pabrik PT BIMASAKTI KARYAPRIMA
Gambar 3.3 Struktur Organisasi PT BIMASAKTI KARYAPRIMA
Gambar 3.4 Use case Diagram Prosedur yang Berjalan
Gambar 3.5 Activity Diagram Prosedur yang Berjalan
Gambar 3.6 Sequence Diagram Prosedur yang Berjalan
Gambar 4.1 Use case Diagram Sistem usulan Aplikasi Informasi Biaya Produksi
Gambar 4.2 Usulan Activity Diagram Project
Gambar 4.3 Usulan Activity Diagram Master Data
Gambar 4.4 Usulan Sequence Diagram Admin
Gambar 4.5 Usulan Sequence Diagram Development
Gambar 4.6 Usulan Sequence Diagram Purchasing
Gambar 4.7 Usulan Class Diagram
Gambar 4.8 Prototipe Halaman Login
Gambar 4.9 Prototipe Halaman Project
Gambar 4.10 Prototipe Halaman Tambah Data
Gambar 4.11 Prototipe Halaman Master Kategori
Gambar 4.12 Prototipe Halaman Tambah Data Kategori
Gambar 4.13 Prototipe Halaman Tambah Data Pelanggan
Gambar 4.14 Prototipe Halaman Tambah Data Material
Gambar 4.15 Halaman Login
Gambar 4.16 Halaman Project
Gambar 4.17 Halaman Tambah Data Project
Gambar 4.18 Halaman Master data Kategori
Gambar 4.19 Halaman Tambah Data Master data Kategori
Gambar 4.20 Halaman Master data Pelanggan
Gambar 4.21 Halaman Tambah Data Master data Pelanggan
Gambar 4.22 Halaman Master data Material
Gambar 4.23 Halaman Tambah Data Master data Material





DAFTAR TABEL


Tabel Simbol Use-case Diagram
Tabel Simbol Activity Diagram
Tabel Simbol Sequence Diagram
Tabel Simbol Class Diagram
Tabel 2.1 Daftar Literature Review
Tabel 3.1 Pendefinisian Aktor
Tabel 3.2 Analisis PIECES
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi
Tabel 4.1 Master Data Pelanggan
Tabel 4.2 Master Data Kategori
Tabel 4.3 Master Data Material
Tabel 4.4 Master Data Shoes
Tabel 4.5 Master Data Role
Tabel 4.6 Master Data User
Tabel 4.7 Master Data Menu
Tabel 4.8 Transaksi Upper
Tabel 4.9 Transaksi Bottom
Tabel 4.10 Transaksi Lining
Tabel 4.11 Transaksi Packing
Tabel 4.12 Transaksi Logo
Tabel 4.13 Transaksi HPP
Tabel 4.14 Perbedaan Sistem berjalan dan Sistem Usulan
Tabel 4.15 Black-box Testing
Tabel 4.16 Rincian Time Schedule
Tabel 4.17 Rincian Estimasi Biaya



DAFTAR SIMBOL

Simbol Use Case Diagram
Simbol Activity Diagram
Simbol Sequence Diagram
Simbol Class Diagram

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Teknologi tidak pernah berhenti berkembang. Setiap tahunnya selalu berevolusi mengubah pandangan kita terhadap dunia yang luas ini, juga memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan kita. Teknologi sistem informasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini. Berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang-bidang yang bervariasi pasti memerlukan sistem informasi untuk membantu kelancaran kegiatan operasional tiap harinya dan membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan strategi selanjutnya.

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu dengan brand Sepatu FANS Indonesia, dengan keunggulan memiliki karakter sepatu yang berkualitas, kuat, nyaman dan tahan lama, dengan harga yang cukup terjangkau oleh kalangan dan masyarakat Indonesia. Mereka mengolah material menjadi produk jadi. Produksi merupakan proses inti dalam perusahaan manufaktur. Pada proses produksi tentunya terdapat biaya-biaya yang dikeluarkan, dan perusahaan tentu perlu mempunyai informasi berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan saat akan melakukan produksi per-periodenya.

Dalam proses pengolahan data untuk mendapatkan informasi biaya, perusahaan membuat Consumption Sheet yang terdiri dari proses perincian spesifikasi material sepatu dan proses costing sepatu untuk tiap pasang sepatu. pertama-tama bagian Development membuat spesifikasi material sepatu tiap modelnya, jenis dan warna sepatu, lalu dicetak dan dikonfirmasi oleh bagian Purchasing. Selanjutnya, Purchasing melakukan pengetikkan ulang supaya dapat dilakukan costing tiap material sepatu yang ditambahkan dengan biaya tenaga kerja dan yang lainnya sehingga, didapatkan biaya produksi untuk satu pasang sepatu.

Dalam hal ini, belum sepenuhnya efektif karena masih menggunakan Libreoffice spreadsheet (pengolah angka) dalam pengolahannya, juga belum mempunyai database yang terintegrasi. Ini menyebabkan untuk memperbarui harga terbaru ataupun revisi suatu data, masih perlu mengganti di tiap sheet-nya dan dicetak ulang untuk hasil revisinya. Tentu saja ini memerlukan ketelitian dan memakan cukup waktu dan cukup banyak kertas yang digunakan.

Dari hal tersebut, diperlukan sebuah sistem aplikasi yang memiliki fitur dan fungsi untuk mempermudah pembuatan rincian material dan biaya secara keseluruhan dan pengelolaan data-data material beserta komponennya. Dimana user dapat melakukan create project untuk Consumption Sheet yang berisi rincian material, lalu user melakukan konfirmasi dengan fitur approval. Jika terdapat revisi, akan dibuat form catatan revisi. Setelah dikonfirmasi, user melanjutkan dengan proses costing dimana berisi rincian biaya dan didapatkan informasi biaya produksi sepasang sepatu tiap model dan jenisnya. Hasilnya dapat disimpan pada sistem atau dicetak jika diperlukan. Penelusuran dan kelola data-data material dapat dilakukan secara cepat dan mudah dengan dibuatnya database. Sehingga, proses revisi kesalahan data ataupun update harga menjadi mudah. Output-nya adalah Consumption Sheet yang berisi informasi biaya tiap model sepatu yang dapat digunakan saat akan melakukan produksi.

Berdasarkan penjelasan latar belakang tersebut, penulis memutuskan untuk melakukan penelitian dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA PT BIMASAKTI KARYAPRIMA”. Sistem ini dibuat berbasis website sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan kendala yang terdapat pada PT BIMASAKTI KARYAPRIMA, maka peneliti merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:

  1. Apakah sistem yang ada telah membantu dalam mendapatkan informasi biaya produksi pada PT BIMASAKTI KARYAPRIMA?
  2. Bagaimana merancang Aplikasi Informasi Biaya Produksi yang berbasis web untuk PT BIMASAKTI KARYAPRIMA?
  3. Apakah perancangan Aplikasi Informasi Biaya Produksi berbasis web dapat membantu kegiatan operasional menjadi lebih efisien?


Ruang Lingkup

Masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini hanya membatasi pada masalah tentang bagaimana mendapatkan informasi biaya produksi dan pengelolaan datanya, mulai dari perincian spesifikasi material sepatu hingga proses costing pada Consumption Sheet. Selanjutnya didapatkan total biaya produksi sepasang sepatu tiap modelnya sampai tersedianya laporan.


Tujuan dan Manfaat

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu yang diperoleh setelah penelitian selesai, sesuatu yang akan dituju atau dicapai dalam sebuah penelitian yang dilakukan.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Merancang aplikasi informasi biaya produksi berbasis web sehingga perusahaan dapat mengakses secara online dimana saja dan kapan saja.li>
  2. Membuat database yang baik dan sesuai kebutuhan sistem agar dapat mengelola data dan mendapatkan informasi biaya yang lebih cepat dan akurat.
  3. Agar berkurangnya penggunaan kertas cetak, dibuatkan fitur catatan agar admin dapat melacak tiap perubahan/revisi sebelum dan sesudahnya.

Manfaat Penelitian

Dari penelitian ini, diharapkan dapat memberi manfaat baik yang diantaranya:

  1. Memberikan informasi tentang biaya produksi bagi perusahaan untuk digunakan sebagai acuan saat akan melakukan produksi dan dapat menentukan harga jual diproses selanjutnya.
  2. Mempermudah dalam melakukan input, update, dan proses data dalam pembuatan Consumption Sheet.
  3. Perusahaan dimudahkan karena tidak ada lagi penumpukan kertas cetak.


Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penulis adalah:

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis, diantaranya:

  1. Observasi

    Melakukan pengumpulan data melalui pengamatan dengan cara mendatangi langsung ke bagian terkait di PT BIMASAKTI KARYAPRIMA. Dengan cara ini, penulis dapat melihat secara nyata apa saja permasalahan yang terjadi.

  2. Wawancara

    Penulis melakukan penelitian dengan mewawancarai stakeholder bagian terkait di PT BIMASAKTI KARYAPRIMA untuk memperoleh data yang dibutuhkan secara akurat.

  3. Studi Pustaka

    Melakukan studi pustaka dengan cara mengumpulkan, membaca, serta memahami data data yang ada di berbagai media seperti: buku, karya tulis, jurnal penelitian, ataupun artikel artikel yang berhubungan dengan permasalahan yang sedang dibahas dalam penelitian ini.

  4. Metode Analisis

    Metode analisis yang dilakukan penulis yaitu menggunakan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service). Metode PIECES ini berguna untuk mengoreksi sistem informasi yang ada. Sebagai analisis dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik lagi.

    Kemudian metode Elisitasi untuk mengetahui, mengumpulkan, dan menyeleksi kebutuhan sistem yang diinginkan stakeholder. Elisitasi ialah rancangan sistem yang diusulkan yang sesuai dengan keinginan atau yang dibutuhkan user. Elisitasi yang dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu Elisitasi Tahap I, Elisitasi Tahap II, Elisitasi Tahap III dan Final Draft Elisitasi.

    Metode Perancangan

    Metode perancangan yang dilakukan penulis yaitu menggunakan metode permodelan secara visual untuk sarana perancangan sistem yang berorientasi objek dengan UML (Unified Modeling Language) untuk sistem yang berjalan dan yang diusulkan.

    Metode Pengujian

    Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengujian Blackbox Testing. Dimana Blackbox Testing adalah suatu pengujian yang dilakukan untuk mengamati hasil eksekusi dari sistem usulan melalui data uji dan memeriksa fungsional dari software. Bagaimana input dan output yang dihasilkan, dan mengamati User Interface dari software tersebut.

    Sistematika Penulisan

    Dalam sistematika penulisan Skripsi ini terdiri dari 5 (lima) bab, dimana setiap bab terdiri dari beberapa sub-bab. Uraian singkat mengenai Skripsi akan di jelaskan sebagai berikut:

    BAB I PENDAHULUAN

    Bab I menjelaskan antara lain: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penelitian, metode analisis, metode perancangan, metode pengujian dan, sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Bab II menjelaskan tentang beberapa definisi ilmu yang berkaitan dengan penyusunan Laporan Skripsi dan berhubungan dengan teori-teori yang digunakan dalam penulisan serta pendukung analisis Laporan Skripsi dan juga literature review.

    BAB III ANALISIS SISTEM YANG BERJALAN

    Bab III menjelaskan tentang gambaran umum PT BIMASAKTI KARYAPRIMA, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bagian, serta visi dan misi. Selanjutnya, dijelaskan juga permasalahan yang sedang dihadapi, analisis proses, perancangan UML sistem yang berjalan, analisis PIECES, Elisitasi, dan alternatif pemecahan masalah.

    BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

    Bab IV merupakan penguraian sistem yang akan diusulkan seperti usulan prosedur yang baru, diagram rancangan sistem, rancangan basis data dan spesifikasi basis data. Diagram sistem yang diusulkan, konfigurasi sistem, rancangan sistem, pengujian sistem, evaluasi, schedule implementasi dan estimasi biaya yang diperlukan.

    BAB V KESIMPULAN

    Bab V ini berisi tentang kesimpulan yang berdasarkan rumusan masalah dan saran yang berkaitan dengan penelitian yang telah dilakukan pada PT BIMASAKTI KARYAPRIMA berdasarkan data-data yang telah diperoleh.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN


    BAB II

    LANDASAN TEORI

    TEORI UMUM

    Konsep Dasar Sistem

    Definisi Sistem

    Fat dalam Hutahaean (2014:1), [1],Sistem adalah suatu himpunan suatu ‘benda nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan berketergantunngan, saling mendukung secara keseluruhan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

    Indrajit dalam Hutahaen (2014:1)[1], mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

    Sistem menurut Murdick, R.G dalam Hutahaen (2014:2)[1], suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau procedure-procedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan tertentu.

    Karakteristik Sistem

    Menurut Hutahaen (2014:3-5)[1], Suatu sistem mempunyai karakteristik sistem, karakteristik sistem tersebut antara lain:

    1. Komponen

      Suatu sistem terdiri dari komponen-kompponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan, komponen sistem terdiri dari komponen yang berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

    2. Batasan Sistem

      Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan, batasan suatu sistem menunjukan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

    3. Lingkungan Luar Sistem (Environment)

      Lingkungan luar sistem (environment) adalah diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan dapat bersifat menguntungan yang harus tetap dijaga dan yang merugikan harus dijaga dan dikendalikan, kalau tidak makan akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.

    4. Penghubung Sistem (Interface)

      Penghubung sistem merupakan media penghung antara sati subsistem dengan subsistem lainnya, melalui penghung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari subsistem ke subsistem lain. Keluaran (Output) dari subsistem akan menjadi masukkan (Input) untuk subsistem lain melalui penghubung.

    5. Masukkan Sistem (Input)

      Masukkan adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem, yang dpat berupa perawatan (Maintenace Input), dan masukkan sinyal (Signal Input). Maintenace input adalah energi yang dimasukkan agar sistem dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan dikeluarkan. Contoh dalam sistem computer program adalah maintenace input sedangkan data adalah signal input untuk diolah menjadi infromasi.

    6. Keluaran Sistem (Output)

      Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran dan sisa pembuangan. Contoh komputer menghasikan panas yang merupakan sisa pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.

    7. Pengolah Sistem

      Suatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran, sistem produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, sistem akuntasi akan mengolah data menjadi laporan-laporan keuangan.

    8. Sasaran Sistem

      Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (Goal) atau sasaran (Objective), sasaran dari sistem sangan menentukan input yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasikan sistem.

    Klasifikasi Sistem

    Menurut Hutahaean (2015:6-7)[2], Sistem dapat diklasifikasikan dalam beberapa sudut pandang :

    1. Klasifikasi Sistem Sebagai :
      1. Sistem Abstrak (Abstract System)

        Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikliran-pemikiran atau yang tidak tampak secara fisik.

      2. Sistem Fisik (Physical System)

        Sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik.

    2. Sistem diklasifikasikan sebagai :
      1. Sistem Alamiah (Natural System)

        Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak di buat oleh manusia. Misalnya sistem perputaran bumi.

      2. Sistem Buatan Manusia (Human Made System)

        Sistem buatan manusia adalah sistem yang dibuat oleh manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin (human machine system)

    3. Sistem diklasifikasikan sebagai :
      1. Sistem Tertentu (Deterministicl System)

        Sistem tertentu adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, sebagai keluaran sistem yang dapat diramalkan.

      2. Sistem Tak Tentu (Probabilistic System)

        Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat dipredksi karena mengandung unsur probabilistic.

    4. Sistem diklasifikasikan sebagai :
      1. Sistem Tertutup (Close System)

        Sistem tertutup adalah sistem yang tidak terpengaruh dan tidak berhubungan dengan lingkungan luar, sistem bekerja otomatis tanpa ada turut campur lingkungan luar. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanya relatively closed system.

      2. Sistem Terbuka (Open System)

        Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima input dan ouput dari lingkungan luar atau subsistem lainnya. Karena sistem terbuka terpengaruh lingkungan luar maka harus mempunyai pengendali yang baik.

    Konsep Dasar Sistem Informasi

    Defisini Sistem Informasi

    Menurut Abdul Kadir dalam bukunya “Pengenalan Sistem Informasi” (2014:8)[3], “Sistem informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja) ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi) dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran”.

    Hutahaean, (2015: 13)[2], “Sistem informasi adalah suatu sistem didalarn suatu organisasi yang memperternukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dan suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan”

    Menurut Pryio Sutopo, dkk (2016:24) mengutip dari Siregar[4], “Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualtas dan dipergunakan unutk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang akurat dan efektif.”

    Komponen Sistem Informasi

    Jeperson Hutahaean (2014:13)[1], mengemukakan bahwa “Sistem informasi terdiri dari komponen - komponen yang disebut blok bangunan (Building Block), yang terdiri dari blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data, dan blok kendali. Sebagai suatu sistem, keenam blok bangunan tersebut masing-masing saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran”. Blok bangunan itu terdiri dari :

    1. Blok Masukan (Input Block)

      Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

    2. Blok Model (Model Block)

      Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

    3. Blok Keluaran (Output Block)

      Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

    4. Blok Teknologi (Technology Block)

      Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Blok teknologi terdiri dari teknisi (Humanware atau Brainware), perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware).

    5. Blok Basis Data (Database Block)

      Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

    6. Blok Kendali (Controls Block)

      Banyak faktor yang dapat merusak sistem informasi, misalnya bencana alam, api, temperature tinggi, air, debu, kecurangan-kecurangan, kejanggalan sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan ketidakefisienan, sabotase dan sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung di atasi.

    Konsep Dasar Aplikasi

    Definisi Aplikasi

    Menurut Meta Amalya Dewi dkk (2014:330)[5], “Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi front end dalam sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang berguna orang-orang dan sistem yang bersangkutan.”

    Menurut Meta Amalya Dewi dkk (2014:330)[5], mengutip dari Dhanta “Aplikasi (application) adalah software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugastugas tertentu, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel.

    Menurut Hasanah Abdurahman dan Asep Ririh Riswaya (2014:62), menutip dari Jogiyanto[6], menutip dari Jogiyanto “Aplikasi adalah Penggunaan dalam suatu komputer, intruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemeikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

    Konsep Dasar Program

    Definisi Program

    Menurut Andri Sulistyo (2017:53), mengutip dari Widoyoko[7], “serangkaian kegiatan yang direncanakan dengan seksama dan dalam pelaksanaannya berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan orang banyak”.

    Menurut Rita Irviani dan Rossi Oktaviana (2017:64) mengutip dari Kadir[8], “program yang di buat oleh pemakai yang di tujukan untuk melakukan suatu tugas khusus. Program seperti ini biasa dikelompokkan menjadi dua, yaitu program aplikasi serbaguna dan program spesifik.”

    Konsep Dasar Website

    Definisi Website

    Menurut M. Suhartanto (2017:2)[9], ”Website adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya mengunakan perangkat lunak yang disebut browser.”

    Menurut Menurut Priyo Sutopo, dkk (2016:25)[10], “web merupakan terobosan baru sebagai teknologi sistem informasi yang menghubungkan data dari banyak sumber dan layanan yang beragam macamnya di internet, karena kemudahan yang diberikan kepada pengguna internet untuk melakukan penelusuran, penjelajahan, dan pencarian informasi.”

    Menurut Rulia Puji Hastati dkk (2015:1)[11], Website merupakan kumpulan halamanhalaman yang berisi informasi yang disimpan diinternet yang bisa diakses atau dilihat melalui jaringan internet pada perangkatperangkat yang bisa mengakses internet itu sendiri seperti komputer.”

    TEORI KHUSUS

    Konsep Dasar Raport dan Online

    Definisi Raport


    DAFTAR PUSTAKA

    1. 1,0 1,1 1,2 1,3 1,4 Hutahaen, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
    2. 2,0 2,1 Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
    3. Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.
    4. Sitopo Priyo, D. C. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 11 No 1.
    5. 5,0 5,1 Amalya, M. D. (2014). APLIKASI REKAPITULASI ELEKTRONIK ABSENSI GURU & PEGAWAI. SENTIKA, ISSN: 2089-9813.
    6. Amalya, M. D. (2014). APLIKASI REKAPITULASI ELEKTRONIK ABSENSI GURU & PEGAWAI. SENTIKA, ISSN: 2089-9813.
    7. Sulistyo, A. (2017). EVALUASI PROGRAM BUDAYA MEMBACA DI SEKOLAH. jurnal kelola, ISSN 2549-9661. Volume: 4, No. 1.
    8. Irviani, R. d. (2017). aplikasi perpustakaan pada SMAN 1 kelumbayan barat menggunakan Visual basic. Jurnal TAM (technology acceptance model), vol 8 no 1. p-ISSN : 2339-1103 e-ISSN : 2579-4221.
    9. Irviani, R. d. (2017). aplikasi perpustakaan pada SMAN 1 kelumbayan barat menggunakan Visual basic. Jurnal TAM (technology acceptance model), vol 8 no 1. p-ISSN : 2339-1103 e-ISSN : 2579-4221.
    10. Sitopo Priyo, D. C. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 11 No 1.
    11. Sitopo Priyo, D. C. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 11 No 1.


    LAMPIRAN

Contributors

Admin, Irma Kurnia Juliany