SI1514489395: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Karakteristik Sistem)
(=Definisi UML)
Baris 965: Baris 965:
  
 
===Teori Khusus===
 
===Teori Khusus===
====Definisi UML===
+
====Definisi UML====

Revisi per 17 Desember 2018 11.57


RANCANG BANGUNSISTEMAPLIKASI MOBILE E-COMMERCEBERBASIS ANDROID

PADA PERIKLANAN JASA DAN PROPERTI ONLINE DI PT.RAJASA PUTERA

NUSANTARA INDONESIA JPRO.CO.ID



SKRIPSI



Logo stmik raharja.jpg




Disusun Oleh :


NIM
: 1514489395
NAMA



JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2018/2019)



LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

RANCANG BANGUNSISTEMAPLIKASI MOBILE E-COMMERCEBERBASIS ANDROID

PADA PERIKLANAN JASA DAN PROPERTI ONLINE DI PT.RAJASA PUTERA

NUSANTARA INDONESIA JPRO.CO.ID

Disusun Oleh :

NIM
: 1514489395
Nama
: Mochammad Firdaus
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2019

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
NIP : 00594
       
NIP : 05066


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

RANCANG BANGUNSISTEMAPLIKASI MOBILE E-COMMERCEBERBASIS ANDROID

PADA PERIKLANAN JASA DAN PROPERTI ONLINE DI PT.RAJASA PUTERA

NUSANTARA INDONESIA JPRO.CO.ID

Dibuat Oleh :

NIM
: 1514489395
Nama
: Mochammad Firdaus

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Disetujui Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Harfizar , M.Kom)
   
NID : 15028
   
NID : 15027


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

RANCANG BANGUNSISTEMAPLIKASI MOBILE E-COMMERCEBERBASIS ANDROID

PADA PERIKLANAN JASA DAN PROPERTI ONLINE DI PT.RAJASA PUTERA

NUSANTARA INDONESIA JPRO.CO.ID

Dibuat Oleh :

NIM
: 1514489395
Nama
: Mochammad Firdaus

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, 23 Januari 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

RANCANG BANGUNSISTEMAPLIKASI MOBILE E-COMMERCEBERBASIS ANDROID

PADA PERIKLANAN JASA DAN PROPERTI ONLINE DI PT.RAJASA PUTERA

NUSANTARA INDONESIA JPRO.CO.ID

Disusun Oleh :

NIM
: 1514489395
Nama
: Mochammad Firdaus
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 23 Januari 2019

 
 
 
 
 
(Mochammad Firdaus)
NIM : 1514489395

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAK

Perkembangan teknologi pada saat ini sudah berkembang begitu pesatnya, media internet pun sudah banyak digunakan untuk mendapatkan informasi, khusus-nya dalam hal pencaharian layanan jasa dan properti.JPro.co.id adalah situs layanan jasa pengiklanan usaha dan profesi secara online yang ditawarkan kepada pelanggan yang berlokasi diseluruh Indonesia.Tujuan layanan iklan pada situs JPro.co.id adalah mempermudah para pelaku usaha dan profesi untuk memperkenalkan usahanya secara luas dengan mengiklankan secara aktif dan terus menerus agar para pelanggan mengetahui jasa yang ditawarkan atau tempat usahanya yang akhirnya meningkatkan pendapatan usaha.Namun pada PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia masih meng-gunakan website saja.Pada permasalahan ini, peneliti mengambil kesimpulan dan jalan keluar, dengan melakukan analisa sistem yang berjalan dengan menggunakan beberapa metode antara lain, metode pengumpulan data yaitu observasi dan studi pustaka, metode analisa dan perancangan.Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah Rancang bangun sistem informasi layanan periklanan di PT.Rajasa Putera Nusantara Indonesia JPro.co.id, untuk membantu lebih memperluas jangkauan penyedia jasa dan agen properti dalam melakukan kegiatan usaha. Hasil dari penelitian pada JPro.co.id dapat disimpulkan bahwa dengan dibuatnya Aplikasi Mobile E-commerce dapat membantu para penye-dia jasa dan penguna jasa dalam melakukan pencaharian jasa dan proper-ti.padaAplikasi Mobile Android dengan mudah karena hanya mendownload di plays-tore.

Kata kunci :Android , Aplikasi, Mobile, E-commerce


ABSTRACT

The development of technology at this time has developed so rapidly, internet media has also been widely used to obtain information, especially in terms of service and property services. JPro.co.id is an online business and professional advertising service site offered to customers located throughout Indonesia. The purpose of advertising services on the JPro.co.id website is to make it easier for businesses and professions to introduce their businesses widely by actively and continuously advertising so that customers know the services offered or their place of business which ultimately increases business revenue. But at PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia still uses the website only. On this issue, the authors take conclusions and solutions, by doing a system analysis that runs using several methods, among others, data collection methods namely observation and literature study, analysis and design methods. In accordance with the existing problems, the purpose of this writing is the design of an advertising service information system at PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia JPro.co.id, to help further expand the reach of service providers and property agents in conducting business activities. The results of writing on JPro.co.id can be concluded that by making a Mobile E-commerce Application can help service providers and service users in making services and property.on the Android Mobile Application easily because it only downloads on the Playstore.

Keywords: Android, Application, Mobile , E-Commerce



KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karu-nia-Nya, sehingga laporan Skripsi Peneliti dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang.Sebagai bahan penelitian, peneliti mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, Survey serta studi pustaka yang mendukung penelitian ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari se-mua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah peneliti menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM selaku Ketua STMIK Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua 1 Perguruan Tinggi Raharja dan Pembimbing I yang telah membantu penyusunan laporan Skripsi.
  4. Ibu Nur Azizah, M.Akt.,M.Kom., selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Raharja Raharja.
  5. Bapak Harfizar, M.Kom, selaku Dosen Pembimbing 1
  6. Bapak Andri Cahyo Purnomo, M.Pd, selaku Dosen pembimbing 2
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada peneliti.
  8. Kedua orang tua, kakak dan saudara keluarga yang telah memberikan dukun-gan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada peneliti.
  9. Arimbi Anisa Putri S.Ikomyang selalu supportpeneliti hingga saat ini.
  10. Bapak Roland Pakpahan selaku StakeholderPT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia.
  11. Dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Peneliti menyadari bahwa dalam penelitian Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna.Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, peneliti harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi.Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, Januari 2019
Mochammad Firdaus
NIM. 1514489395



DAFTAR TABEL
  1. Tabel 4.1 Tabel Implementasi Perangkat Keras Pertama)
  2. Tabel 4.2 Tabel Implementasi Perangkat Keras Kedua
  3. Tabel 4.3 Tabel Implementasi Perangkat Keras Ketiga
  4. Tabel 4.4 Pengujian Black-box Menu Awal
  5. Tabel 4.5 Pengujian Black-boxMenu Utama
  6. Tabel 4.6 Pengujian Black-box Menu Materi
  7. Tabel 4.7 Pengujian Black-boxMembuat Iklan
  8. Tabel 4.8 Pengujian Black-box Iklan yang Sudah Tayang
  9. Tabel 4.9 Pengujian Black-box Materi Pangkat dan Akar Bilangan
  10. Tabel 4.10 Pengujian Black-box Menu Off
  11. Tabel 4.11 Rencana Pengujian
  12. Tabel 4.12 Pengujian Materi Yang Benar
  13. Tabel 4.13 Menu Login yang salah
  14. Tabel 4.14 Membuat Iklan Yang Benar
  15. Tabel 4.15 Pengujian Membuat Iklan yang salah
  16. Tabel 4.16 Pengujian Bantuan yang benar
  17. Tabel 4.17 Pengujian Menu Bantuan yang salah
  18. Tabel 4.18 Pengujian Bantuan yang benar
  19. Tabel 4.19 Pengujian Menu Syarat dan Ketentuan yang salah
  20. Tabel 4.20 Pertanyaan Pertama
  21. Tabel 4.21 Pertanyaan Kedua
  22. Tabel 4.22 Pertanyaan Ketiga
  23. Tabel 4.23 Pertanyaan keempat
  24. Tabel 4.24 Pertanyaan Kelima
  25. Tabel 4.25 Pertanyaan Keenam
  26. Tabel 4.26 Pertanyaan Ketujuh
  27. Tabel 4.27 Pertanyaan kedelapan
  28. Tabel 4.28 Pertanyaan Kesembilan
  29. Tabel 4.29 Pertanyaan Kesepuluh


DAFTAR GAMBAR
  1. Gambar 2.1 Diagonal Analisa SWOT
  2. Gambar 2.2 Perangkat Mobile
  3. Gambar 2.3 Metode Pengujian Black-box
  4. Gambar 3.1Struktur Organisasi PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia
  5. Gambar 3.2 Activity Diagram
  6. Gambar 3.3 Use case Diagram
  7. Gambar 3.4 Sequence Diagram
  8. Gambar 4.1 Tampilan Awal
  9. Gambar 4.2 Tampilan Pilihan
  10. Gambar 4.3 Tampilan Masuk ke menu login
  11. Gambar 4.4 Tampilan Menu login
  12. Gambar 4.5 Tampilan Menu Registrasi
  13. Gambar 4.6 Tampilan Pilihan Iklan
  14. Gambar 4.7 Tampilan Pilihan Jenis Iklan dan Paket Iklan
  15. Gambar 4.8 Tampilan Penginputan Iklan
  16. Gambar 4.9 Tampilan Konfirmasi Pembayaran
  17. Gambar 4.10 Tampilan Iklan yang Berhasil Tayang
  18. Gambar 4.11 Diagram Hasil Kuisioner Pengujian Program


DAFTAR SIMBOL


Simbol Use Case Diagram
Simbol Sequence Diagram
Simbol State Chart Diagram
Simbol Activity Diagram

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran A

  1. Kartu bimbingan dengan Pembimbing I Skripsi ✔

  2. Kartu bimbingan dengan Pembimbing II Skripsi ✔

  3. Validasi Skripsi ✔

  4. Validasi Sidang Akademik ✔

  5. Formulir Permohonan Usulan Penelitian Skripsi ✔

  6. Formulir Persetujuan dan Penugasan Pembimbing ✔

  7. Formulir Permohonan Pergantian Judul Skripsi ✔

  8. Fotocopy Kwitansi Pembayaran Bimbingan Skripsi ✔

  9. Fotocopy Kwitansi Pembayaran Validasi Skripsi ✔

  10. Fotocopy Kwitansi Pembayaran Sidang ✔

  11. Fotocopy Kwitansi Raharja Career ✔

  12. Fotocopy Kwitansi Pembayaran Wisuda ✔

  13. Kartu Study Tetap (KSTF) ✔

  14. Daftar Mata Kuliah yang Belum Diambil ✔

  15. Daftar Nilai ✔

  16. Formulir Seminar Proposal Skripsi ✔

  17. Formulir Pertemuan Stake Holder ✔

  18. Kurikulum Mata Kuliah ✔

  19. Sertifikat TOEFL ✔

  20. Sertifikat PROSPEK ✔

  21. Sertifikat Raharja Career 2018. ✔

  22. Sertifikat IT Internasional. ✔

    1. Internasional Sertifikat “IoT Concept Programing Implementation”
    2. Internasional Sertifikat “ Big Data For IoT Support “
  23. Sertifikat – Sertifikat IT Nasional✔

    1. Seminar Nasional“ IoT &Mobile Programing Concept
    2. Seminar Nasional “Micropyton with Esp8266 for internet of thing applica-tion”.
    3. Seminar Nasional “IoT Programing & Arduino - Raspberry
    4. Nasional Sertifikat “Aplikasi Bisnis Digital Teknologi Blockchain di Dunia & Blockchain dan Pengembangan Aplikasi Terdesentralisasi “
    5. Nasional Sertifikat “Peran Perguruan Tinggi Dalam Menuju Smart City “
  24. Surat Penerbitan Dokumen ✔

  25. Curriculum Vitae (CV) ✔

  26. Surat Pengantar Observasi Skripsi ✔

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

JPro.co.id adalah situs layanan jasa pengiklanan usaha dan profesi secara online yang ditawarkan kepada pelanggan yang berlokasi diseluruh Indonesia.Tujuan layanan iklan pada situs JPro.co.id adalah mempermudah para pelaku usaha dan profesi untuk memperkenalkan usahanya secara luas dengan mengiklankan secara aktif dan terus menerus agar para pelanggan mengetahui jasa yang ditawarkan atau tempat usahanya yang akhirnya meningkatkan pendapatan usaha.

Dengan keunggulan yang dimiliki Android maka muncul gagasan untuk membuat AplikasiMobileE-commerce, maka peneliti berinisiatif untuk merancang dan membuat media yang berguna untuk memperluas jaringan bagi penyedia jasa agar mudah menemukan pengguna jasa khususnya bagi pengguna Android dalam bentuk Smartphone, merupakan solusi yang dapat memberikan jawaban kekuran-gan sistem yang sudah ada.

Aplikasi dalam bentuk Smartphone ini mempunyai beberapa kelebihan dalam penggunaanya dan tidak menghabiskan waktu.Dengan menggunakan Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengguna dan penyedia jasa. Dengan menggunakan Aplikasi ini diharapkan pengguna dan penyedia jasa bisa terbantu untuk menda-patkan informasi yang ada pada JPro.co.id dan dapat berjalan pada perangkat Smartphone berbasis Android.

Rumusan Masalah

Sesuai dengan latar belakang penelitian yang telah diuraikan pada bahasan sebelumnya, maka peneliti mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:

  1. Belum maksimal dalam menjangkau penyedia dan pengguna jasa.

  2. Belum maksimal dalam menjangkau agen dan pencari property.

  3. Belum maksimal dalam pencaharian customer hanya dengan menggunakan browser.

Berdasarkan dari uraian di atas maka peneliti mengambil beberapa pokok permasalahan:

  1. Bagaimana membuat Aplikasi yang dapat membantu para penyedia jasa.

  2. Bagaimana membuat Aplikasi yang dapat membantu para agen properti.

  3. Bagaimana menampilkan informasi customer secara lengkap agar memudahkan pencaharian.

Ruang Lingkup Penelitian

Bedasarkan masalah di atas maka, ruang lingkup penelitian ini adalah:

  1. Pada metode pengembangan sistem ExtremeProgramming hanya menggunakan User story sebagai requirements elicitation.

  2. Penelitian ini dilakukan di PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia.

  3. Analisa yang dilakukan di PT .Rajasa Putera Nusantara Indonesia terdiri dari analisa proses melakukan pembuatan akun, pembuatan iklan, dan proses konfirmasi pembayaran.

  4. Perancangan sistem informasi periklanan berbasis Smartphone Android pada PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia hanya untuk penyedia jasa dan agen properti.

  5. Penyajian informasi periklanan meliputi email, profil, deskripsi layanan jasa/properti, serta nomor telepon.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:

Rancang bangun sistem informasi layanan periklanan di PT.Rajasa Putera Nusantara IndonesiaJPro.co.id, untuk membantu lebih memperluas jangkauan penyedia jasa dan agen properti dalam melakukan kegiatan usaha.

Manfaat Penelitian

  1. Bagi perusahaan, diharapkan dengan adanya sistem ini dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dalam meningkatkan jumlah iklan.

  2. Bagi peneliti, diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi peneliti untuk menanbah wawasan, sebagai pengembang ilmu pengetahuan, dan sebagai dasar pembangun bagi peneliti lain.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Dalam penyusunan tugas akhir ini peneliti menggunakan metodologi penelitian yang digunakan untuk Rancang bangun sistem informasi layanan periklanan di PT.Rajasa Putera Nusantara Indonesia JPro.co.id adalah sebagai berikut :

  1. Observasi (Pengamatan)

  2. Observasi ini dilakukan di PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia dari bulan agustus 2017 sampai dengan januari 2018. Observasi dilakukan untuk pengumpulan data, bahan dan studi lapangan dengan cara mengamati secara langsung keadaan perushaan dengan segala aspek kegiatan yang berkaitan dengan studi kasus Rancang bangun sistem informasi layanan periklanan di PT.Rajasa Putera Nusantara Indonesia JPro.co.id

  3. Wawancara

  4. Wawancara digunakan untuk mendapakan data yang berkaitan dengan pembuatan Rancang bangun sistem informasi layanan periklanan di PT.Rajasa Putera Nusantara Indonesia JPro.co.id Oleh karena itu, maka dilakukan wawancara secara langsung dengan owner Bapak Roland Pakpahan,MBA dan Bapak Faiq selaku pihak yang bersangkutan di PT. Rajasa Putera Nusantara Indonesia

  5. Studi Pustaka

  6. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi dari bebera-pa sumber literature-literaturreview yang berkaitan dengan penelitianRancang bangun sistem informasi layanan periklanan di PT.Rajasa Putera Nusantara Indonesia JPro.co.id.

Metode Analisa

Analisa System dilakukan dengan melalui 4 (empat) tahapan yaitu:

  1. Survey terhadap sistem yang sedang berjalan

  2. Analisa terhadap temuan survey

  3. Identifikasi kebutuhan informasi

  4. Identifikasi persyaratan sistem

Metode Analisa Perancangan

Tahap analisa sistem yang berjalan, yaitu:

  1. Menganalisa sistem yang berjalan.

  2. Memahami kerja dari sistem yang berjalan

  3. Mengidentifikasi kebutuhan informasi.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode rancangan berorientasi objek dengan beberapa tahapan pembuatan 4 (empat) macam diagram UML (Unified Modelling Language) melalui tahapan pembuatan dengan menggunakan: Use case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Dengan meng-gunakan Bootstrap kemudian pembuatan Database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan stakeholder yang terangkum dalam elisitasi. Ba-hasa pemograman yang digunakan adalah Yii2 PHP framework Vue.js, Nuxtjs & Qu-asar Framework.

Sumber Data

Dalam penyusunan laporan ini, peneliti menggunakan jenis data dan sumber data sebagai berikut:

  1. Sumber Data Primer

  2. Adalah data yang diperoleh secara langsung dari PT.Rajasa Putera Nusantara Indonesia baik melalui observasi maupun melalui pengumpulan data.

  3. Sumber Data Sekunder.

  4. Adalah data yang dikumpulkan oleh peneliti dengan mempelajari buku-buku, dan sumber-sumber data lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian yang dipilih.

Metode Prototype

Prototyping adalah proses pembuatan Model sederhana software yang men-gizinkan pengguna memiliki gambaran dasar tentang program serta melakukan pen-gujian awal. Prototyping memberikan fasilitas bagi pengembang dan pemakai untuk saling berinteraksi selama proses pembuatan, sehingga pengembang dapat dengan mudah memodelkan perangkat lunak yang akan dibuat.

Sistematika Penelitian

Untuk memberikan gambaran isi laporan ini, penelitiakan menguraikan susunan laporan secara garis besar yang terdiri dari lima bab, dimana setiap babnya akan dibagi menjadi beberapa sub bab. Sistematika penelitian ini dibuat tersusun dengan tujuan agar mudah dipahami oleh semua pihak. Adapun susu-nannya sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, sistematika penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab kedua ini berisi tentang landasan teori sebagai konsep dasar dalam pem-bentukan System, peralatan pendukung (SystemTool) dan beberapa definisi yang se-suai dengan penelitian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah dan memiliki daya guna.

BAB III PEMBAHASAN

Menganalisis sistem yang sedang berjalan di PT.Rajasa Putera Nusantara Indoenisayang selanjutnya diharapkan dapat diperoleh suatu jalan keluar untuk men-gatasi masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan tersebut.Bab ini juga berisi tentang sejarah PT.Rajasa Putera Nusantara Indoenisa, visi dan misi, struktur organi-sasi, deskripsi pekerjaan, analisa sistem yang sedang berjalan yang digambarkan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML).

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Pada bab ini berisi rancangan sistem yang akan di usulkan pada PT.Rajasa Putera Nusantara Indoenisa, bagaimana usulan tersebut dapat diterima dan dapat di-terapkan yang nantinya akan bermanfaat bagi PT.Rajasa Putera Nusantara Indoenisa itu sendiri dan Aplikasi Mobile Android yang diusulkan nantinya. Dalam hal ini Pe-rancangan Sistem Informasi Pada Pendaftaran menggunakan bahasa pemrograman Yii2 PHP framework Vue.js, Nuxtjs & Quasar Framework.

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dari hasil pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan pada skripsi ini dan beberapa saran yang dapat disampaikan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

TEORI UMUM

Konsep Dasar Sistem

Terdapat dua kelompok pendekatan didalam mendefinisikan sistem, yaitu menekankan pada komponen atau elemennya.Pendekatan yang menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai suatu jaringan kerja prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.Sedangkan pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponen mendefiniskan sistem sebagai kumpulan elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Kedua kelompok de-finisi ini adalah benar dan tidak bertentangan. Yang berbeda adalah cara pendeka-tanya.

Definisi Sistem

Berikut adalah beberapa definisi sistem menurut beberapa ahli, di antaranya:

  1. Sistem adalah serangkaian bagian yang saling tergantung dan beekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu

  2. Secara sederhana, suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling be-rinteraksi, saling bergantung satu samalain, dan terpadu.

  3. Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama”.

Karakteristik Sistem

Menurut Edhi Sutanta Menurut Edhi Sutanta (Dalam bukunya A. Rusdiana dan Moch. Irfan, 2014:35-36[1]) Karakteristik sistem yaitu sebagai berikut:

  1. Komponen Sistem (componentsSystem)

  2. Kumpulan subsistem-subsistem yang saling berinteraksi atau dengan yang lainnya serta melakukan kerja sama antar subsistem tersebut. Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen tersebut dapat be-rupa suatu bentuk subsistem.Setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi suatu sistem secara ke-seluruhan.

  3. Mempunyai Batas Sistem (boundary)

  4. Ruang lingkup sistem, merupakan suatudaerah yang membatasi antara kom-ponen atau subsistem yang lain, yang membatasisuatu sistem dengan sistem lain atau sistem yang berasal dari lingkunganluarnya.

  5. Mempunyai Lingkungan Sistem (environment)

  6. Lingkungan sistem adalah segala sesuatuyang berada di luar sis-tem.Lingkungan sistem dapat menguntungkan ataupunmerugikan. Umumnya, lingkungan yang menguntungkan akan selalu dipertahankanuntuk menjaga keberlangsungan sistem. Sedangkan lingkungan sistem yangmerugikan akan diupayakan agar mempunyai pengaruh seminimal mungkin, bahkanjika mungkin ditiadakan.

  7. Mempunyai Penghubung/antar Muka Sistem (interface)

  8. Penghubung/antarmuka merupakan komponen sistem, yaitu segala sesuatu yang bertugas menjembatanihubungan antar komponen dalam sis-tem.Penghubung/antar muka merupakan saranayang memungkinkan setiap komponen saling berinteraksi dan berkomunikasi dalamrangka menjalankan fungsi masing-masing komponen.

  9. Mempunyai Masukan Sistem (input)

  10. Sesuatu yang berasal dari subsistemyang digunakan sebagai data masukan yang selanjutnya dimasukan dalam suatusistem agar dapat menghasilkan sua-tu keluaran yang berguna (diinginkan).Masukan dapat berupa maintenance input dan signal input. Maintenanceinputadalah energi yang dimasukan su-paya sistem tersebut dapat beroperasi. Signalinput adalah energi yang dipros-es untuk menghasilkan keluaran.

  11. Mempunyai Pengolahan Sistem (processing)

  12. Dalam sistem informasimanajemen, pengolahan adalah berupa program Ap-likasi komputer yang dikembangkanuntuk keperluan khusus. Program Apli-kasi tersebut mampu menerima masukan,mengolah masukan, dan menampil-kan hasil olahan sesuai dengan kebutuhan parapemakai.

  13. Mempunyai Keluaran Sistem (output)

  14. Hasil proses dari suatu masukan yang telah dilakukan proses didalamnya se-hingga menghasilkan sebuah informasi yang berguna untuk setiaptingkatan yang ada. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain.

  15. Mempunyai Sasaran (Objective) dan Tujuan (goal)

  16. Sasaranatau tujuan, kalau sistem tidak mempunyai sasaran maka sistem tidak ada.Suatusistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan-nya.Sasaran sangatberpengaruh pada masukan dan keluaran yang dihasilkan.

  17. Strategi (strategy)

  18. Cara-cara yang digunakan dari mulaiadanya input, pemrosesan hingga akhir-nya terbentuk output, dan untuk mencapaisasaran yang diinginkan diperlukan suatu strategi agar sasaran tersebut dapattercapai.

Berdasarkan definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa karakte-ristiksistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang mempunyai suatu tu-juan (goal), dimana untuk mencapai tujuantersebut harus memiliki strategy yaitu dengan masukan sistem (input), proses (processing) dan keluaran sistem (output) yang Objective.

Klasifikasi Sistem

Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, di antaranya:

  1. Sistem Abstrak (AbstractSystem) dan Sistem Fisik (PhysicalSystem)

  2. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistemteologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia denganTuhan, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnyasistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasiPersonalia dan lain sebagainya.

  3. Sistem Alamiah (Natural System) dan Sistem Buatan Manusia (Human MadeSystem)

  4. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam; tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang ma-lam, pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang disebut human ma-chine sistem.Sistem informasi berbasis komputer merupakan contoh human machine sistem karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

  5. Sistem Tertentu (DeterministicSystem) dan Sistem Tak Tentu (System)

  6. Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem Deterministic.Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan.Sedangkan sistem yang bersifat probabilistik adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistik.

  7. Sistem Tertutup (Closed System) dan Sistem Terbuka (Open System)

  8. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh lingkungan luarnya.Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan pihak luar.Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang ber-hubungan oleh lingkungan luarnya.Sistem ini menerima masukan dan meng-hasilkan keluaran untuk subsistem lainnya.

Kriteria Sistem

Sistem yang baik harus mempunyai kriteriasebagai berikut:

  1. Kegunaan

  2. Sistem harus dapat memenuhi, melayani serta mengklasifikasikan in-formasi yang tepat pada waktunya dan relevan untuk proses pengambilan keputusan manajemen dan personil di dalam organisasi.

  3. Ekonomis

  4. Semua bagian dari sistem termasuk laporan, pengawasan dan lainnya harus memberikan suatu nilai tambah sekurang-kurangnya sebesar biaya yang dikeluarkan.

  5. Kesederhanaan

  6. Sistem harus cukup sederhana, sehingga struktur dan operasinya dapat dengan mudah untuk diikuti oleh pemakainya.

  7. Kapasitas

  8. Sistem harus cukup sederhana, sehingga struktur dan operasinya dapat dengan mudah dimengerti, dipahami, dan prosedurnya mudah untuk diikuti oleh pemakainya.

  9. Fleksibilitas

  10. Sistem harus cukup fleksibel untuk menampung semua perubahan dan sistem tersebut dapat digunakan dimanapun serta tidak mempengaruhi sistem lainnya.

Konsep Dasar Informasi

Definisi Informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam men-gambil setiap pengambilan keputusan. Secara Etimologi, Informasi berasal dari ba-hasa Perancis kuno yaitu informaction (tahun 1387) yang diambil dari bahasa latin informationem yang berarti “garis besar, konsep,ide”

Pengertian menurut Krismaji (2015:14)[2], Informasi adalah “data yang telah diorganisasi dan telah memiliki kegunaan dan manfaat”.

Hal serupa disampaikan oleh Romney dan Steinbart (2015:4)[3]:

Informasi (information) adalah data yang telah dikelola dan diproses untuk memberikan arti dan memperbaiki proses pengambilan keputusan. Sebagaimana pe-rannya, pengguna membuat keputusan yang lebih baik sebagai kuantitas dan kualitas dari peningkatan informasi.

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian informasi adalah data yang diolah agar bermanfaat dalam pengambilan keputusan bagi peng-gunanya.

Konsep Dasar Sistem Informasi

Definisi Sistem Informasi

Pengertian menurut Kadir (2014:9)[4], Sistem informasi adalah “sebuah rang-kaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai”.

Pengertian menurut Krismaji (2015:15)[2]: Sistem informasi adalah cara-cara yang diorganisasi untuk mengumpulkan, memasukkan, dan mengolah serta menyim-pan data, dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan, mengelola, mengenda-likan, dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Laudon (2014)[5] yang mendefinisikan sistem informasi: Secara teknis sebagai sesuatu rangkaian yang komponen-komponennya saling terkait yang mengumpulkan (dan mengambil kembali), memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan mengendalikan perusahaan.

Jadi berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kumpulan data yang terintegritasi dan saling melengkapi dengan menghasilkan output yang baik guna untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.

Komponen Sistem Informasi

Komponen sistem informasi menurut Romney dan Steinbart (2015:11)[3] yaitu:

  1. Orang yang menggunakan sistem.

  2. Prosedur dan instruksi yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses dan menyimpan data.

  3. Data mengenai oraganisasi dan aktivitas bisnisnya.

  4. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data.

  5. Infrastruktur teknologi informasi, meliputi komputer, perangkat periferal dan pe-rangkat jaringan komunikasi yang digunakan dalam SIA 6. Pengendalian internal dan pengukuran keamanan yang menyimpan data SIA.

Gambar 2.1 Diagonal Analisa SWOT

Penjelasan dari SWOT itu sendiri adalah sebagi berikut:

Faktor internal terdiri dari strength dan weakness yaitu faktor yang berasal dari dalam objek itu sendiri.

  1. Strength (Kekuatan)

  2. Strenghth adalah sebuah faktor pendorong dan kekuatan yang berasal dari dalam organisasi,dimana kekuatan disini meliputi semua komponen-komponen organisasi baik sumberdaya maupun kemampuan yang dapat di-optimalkan sehingga bermakna positif untuk pengembangan organisasi atau-pun pelaksanaan sebuah program kerja.

  3. Weakness (Kelemahan)

  4. Weakness adalah suatu faktor kekuatan “yang seharusnya dimiliki oleh orga-nisasi” namun tidak ada, yang akhirnya menjadi kelemahan dalam organisasi tersebut.

Faktor eksternal terdiri dari Opportunity dan Threat yaitu faktor yang berasal dari luar luar objek.

  1. Opportunity (Pendukung)

  2. Opportunity merupakan faktor-faktor pendukung dalam pengembangan maupun stabilitas organisasi maupun pelaksanaan proker. Faktor pendukung ini merupakan faktor yang berasal dari luar organisasi, bukan dari dalam or-ganisasi. Misalnya dukungan dari pemerintah, perkembangan teknologi dan lain-lain.

  3. Threat (Penghambat atau ancaman)

  4. Threat merupakan faktor-faktor penghambat atau hal-hal yang dapat men-gancam perkembangan maupun stabilitas organisasi atau pelaksana poker, atau bahkan dapat mengancam keberadaan organisai atau poker.Faktor ini juga berasal dari luar organisasi bukan dari dalam organisasi. Misalnya kebi-jakan pemerintah yang merugikan, hilangnya sumber dana dan lain-lain.

Teori Khusus

Definisi UML


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

Firdaus