SI1511489375

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS

MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA

MOBILECOM


SKRIPSI





Disusun Oleh :


NIM
: 1511489375
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI STUDI SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2018/2019






UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS

MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA

MOBILECOM


Disusun Oleh :


NIM
: 1511489375
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen



Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019


Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Sistem Informasi
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Euis Sitinur Aisyah, M.Kom)
NIP : 000603
       
NIP : 060003






UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS

MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA

MOBILECOM


Dibuat Oleh :


NIM
: 1511489375
Nama



Telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif


Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Disetujui Oleh :


Tangerang, 15 Juli 2019


Pembimbing I
 
Pembimbing II
         
         
         
         
(Indri Handayani, S.Kom., M.T.I)
 
(Erick Febriyanto, S.Kom., M.T.I)
NID : 14018
 
NID : 14011






UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS

MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA

MOBILECOM


Disusun Oleh :


NIM
: 1511489375
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

TA. 2018/2019


Disetujui Penguji :

Tangerang, September 2019


Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________






UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS

MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA

MOBILECOM


Dibuat Oleh :


NIM
: 1511489375
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen



Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 15 Juli 2019
Teguh Arya Yudanto
NIM. 1511489375


)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;






ABSTRAK

Informasi dan pembelajaran merupakan kebutuhan primer bagi mahasiswa/i pada perguruan tinggi, kemudahan dalam mengakses informasi dan cara kemas pembelajaran yang menarik harus diaplikasikan pada perguruan tinggi agar mahasiswa/i mendapatkan pelayanan yang prima. Hal ini tentu dimanfaatkan oleh perusahaan MobileCom dengan mengembangkan sebuah aplikasi bernama Qampus. Qampus merupakan sebuah platform Student Information System (SIS) dan Learning Management System (LMS) yang mewadahi seluruh sistem informasi akademik pada suatu perguruan tinggi serta menyediakan media pembelajaran yang menghubungkan semua elemen civitas akademika mulai dari dosen, mahasiswa, staff, hingga orang tua. Namun pada antarmuka aplikasi Qampus saat ini dinilai kurang User Friendly sehingga perlu dirancang User Interface dengan berdasarkan User Experience, dan belum tersedianya informasi seputar kampus dan pendaftaraan untuk mahasiswa dan calon mahasiswa baru. Dengan pengaksesan informasi yang lebih mudah dan pembelajaran yang menarik tentu akan menambah kualitas pelayanan pada perguruan tinggi untuk mahasiswa. Maka dari itu dengan merancang User Interface (UI) aplikasi mobile Qampus diharapkan mahasiswa/i dapat dengan mudah mengakses informasi dan proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan. Dengan didukung konsep User Experience (UX), mahasiswa/i dapat mudah dan nyaman saat berinteraksi dalam aplikasi mobile Qampus yang dikemas dalam smartphone. Penelitian ini menggunakan metode Analisis SWOT untuk menganalisis permasalahan yang ada pada aplikasi Qampus saat ini dengan mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Hasil penelitian ini untuk merancang sebuah prototype aplikasi Qampus dengan mengedepankan konsep User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Qampus yang dapat diakses melalui smartphone untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas pelayanan pada lingkungan Perguruan Tinggi.

Kata Kunci : User Experience, User Interface, Pelayanan.


ABSTRACT

Information and learning are primary needs for students at tertiary institutions, ease of accessing information and interesting ways of learning must be applied to tertiary institutions so that students get excellent service. This is certainly exploited by the MobileCom company by developing an application called Qampus. Qampus is a Student Information System (SIS) and Learning Management System (LMS) platform that houses the entire academic information system at a tertiary institution and provides learning media that connects all elements of the academic community ranging from lecturers, students, staff, to parents. However, the current Qampus application interface is considered to be less User Friendly so it needs to be designed a User Interface based on User Experience, and not yet available information about the campus and registration for students and prospective new students. Accessing information more easily and interesting learning will certainly increase the quality of service at tertiary institutions for students. Therefore, by designing the User Interface (UI) of the Qampus mobile application, students are expected to be able to easily access information and the learning process becomes more enjoyable. With the support of the concept of User Experience (UX), students can easily and comfortably interact in the Qampus mobile application that is packaged in a smartphone. This study uses the SWOT Analysis method to analyze the problems that exist in the current Qampus application by evaluating strengths, weaknesses, opportunities and threats. The results of this study to design a prototype of the Qampus application by prioritizing the concept of the User Interface (UI) and User Experience (UX) on the Qampus application that can be accessed via a smartphone to facilitate and improve the quality of service in the Higher Education environment.

Keywords : User Experience, User Interface, Services.





KATA PENGANTAR


Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan judul “PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA MOBILECOM”.

Tujuan penulisan laporan Skripsi ini sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Sistem Informasi pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak, penulis tidak dapat menyelesaikan laporan penelitian ini dengan baik dan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu serta mendukung penulis dalam menyelesaikan laporan penelitian ini, diantaranya:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  4. Euis Sitinur Aisyah, M.Kom selaku Ketua program Studi Sistem Komputer.
  5. Ibu Indri Handayani, S.Kom., M.T.I selaku Dosen Pembimbing I yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan serta motivasi dan dukungan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  6. Bapak Erick Febriyanto, S.Kom., M.T.I selaku Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan berbagai masukan, bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  7. Ibu Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I selaku stakeholder yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  9. Kedua Orang Tua tercinta yang telah banyak memberikan dukungan moril dan materil serta doa bagi keberhasilan penulis sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  10. Rekan-rekan semua khususnya di TimUR 7 (Vivid, Alan, Joe, Shofwa) yang selalu memberikan dukungan dan semangat.

Laporan penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun, sebagai pemicu agar berkarya lebih baik lagi. Semoga laporan penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi Universitas Raharja.


Tangerang, 18 Juli 2019
Teguh Arya Yudanto
NIM. 1511489375


















BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Memasuki era digital saat ini membuat kebutuhan masyarakat akan informasi sangat tinggi, kemudahan serta kepraktisan dalam mengakses informasi merupakan sesuatu yang menjadi sebuah keharusan termasuk bagi civitas akademika pada perguruan tinggi. Informasi kampus sangat dibutuhkan bagi sebagian besar para calon mahasiswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi, kemudahan dalam pengaksesan informasi serta kemasan informasi yang menarik harus diaplikasikan pada bagian marketing kampus agar calon mahasiswa tertarik dengan kampus yang dituju.

Saat ini sudah terdapat sistem informasi kampus yang memiliki fitur berupa SIS dan LMS, fitur tersebut memuat seluruh informasi mengenai kampus seperti kegiatan dan aktivitas akademik hingga media pembelajaran pada perkuliahan. Sistem informasi dengan fitur fitur tersebut telah dikemas dalam sebuah platform berbasis mobile apps bernama Qampus, aplikasi Qampus menyajikan informasi yang berkaitan dengan seluruh kegiatan perkuliahan mulai dari sistem informasi mahasiswa (SIS), administrasi akademik, informasi perkuliahan hingga media pembelajaran yang berbasis LMS (Learning Management System). Qampus dikembangkan oleh salah satu perusahaan yang bergerak dibidang IT yang berfokus pada Smart Mobile Solution, yaitu MobileCom. Aplikasi yang dikembangkan merupakan sebuah platform Student Information System (SIS) dan Learning Management System (LMS) berbasis web dan mobile yang menghubungkan universitas dengan pihak-pihak pemangku kepentingan (stakeholder), yaitu dosen, mahasiswa, orang tua siswa dan departemen pendidikan tinggi (DIKTI).

Student Information System (SIS) merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengelola data-data akademik sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terorganisir serta dapat bermanfaat untuk melihat jadwal, melihat rincian biaya perkuliahan yang berguna untuk mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi.

Learning Management System (LMS) merupakan aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. Seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini SIS dan LMS disajikan dalam smartphone berupa aplikasi mobile sehingga dapat mempermudah civitas akademik dalam menunjang kegiatannya.

Dari fitur fitur yang dimiliki Qampus tersebut masih terdapat kekurangan yang tidak memuat informasi yang dibutuhkan bagi calon mahasiswa, yaitu tidak adanya fitur untuk menunjang proses penerimaan mahasiswa baru mulai dari fitur pusat informasi bagi calon mahasiswa, sistem pendaftaran mahasiswa baru, hingga sistem untuk seleksi ujian masuk, fitur tersebut dibutuhkan untuk membangun relasi dari kampus yang menggunakan aplikasi Qampus dengan masyarakat yang membutuhkan informasi tentang kampus.

Dari kekurangan yang dimiliki oleh Qampus maka penulis berinisiatif untuk membuat penelitian yang berjudul “PROTOTYPE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE QAMPUS MENGGUNAKAN INVISION STUDIO PADA MOBILECOM”, Dari sistem yang akan penulis buat, diharapkan dapat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mencari informasi mengenai kampus yang ingin dituju serta membuat sebuah fitur yang dikemas secara menarik dari sisi UI dan UX untuk memberikan kemudahan calon mahasiswa yang akan mendaftar di kampus tersebut.



Contributors

Admin, Teguharyayudanto