SI1433481681
PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH
LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN
ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY
PADA UD BAROKAH
Disusun Oleh :
NIM : 143381681
NAMA : MUHAMAD IDRIS
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION
INNOVATIVE AND TECHNOLOGY
TANGERANG
TA. 2018/2019
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH
LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN
ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY
PADA UD BAROKAH
Disusun Oleh :
NIM |
: 1433481681
|
Nama |
|
Fakultas |
: Sains dan Teknologi
|
Program Pendidikan |
: Strata 1
|
Program Studi |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Creative Communication Innovative and Technology
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, September 2019
Rektor |
Ketua Program Studi
| ||||
Universitas Raharja |
Program Studi Sistem Komputer
| ||||
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si) |
(Ageng Setiani Rafika,S.Kom., M.Si)
| ||||
NIP : 000603 |
NIP : 13001
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH
LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN
ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY
PADA UD BAROKAH
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1433481681
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Sistem Komputer
Creative Communication Innovative and Technology
Disetujui Oleh :
Tangerang, September 2019
Pembimbing I
|
Pembimbing II
| ||
(Ilamsyah, M.Kom.)
|
(Ageng Setiani Rafika, S.Kom., M.Si.)
| ||
NID : 14019
|
NID : 13001
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH
LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN
ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY
PADA UD BAROKAH
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1433481681
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Sistem Komputer
Creative Communication Innovative and Technology
TA. 2018/2019
Disetujui Oleh :
Tangerang, September 2019
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH
LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN
ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY
PADA UD BAROKAH
Disusun Oleh :
NIM |
: 1433481681
|
Nama |
|
Fakultas |
: Sains dan Teknologi
|
Program Pendidikan |
: Strata 1
|
Program Studi |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Creative Communication Innovative and Technology
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, September 2019
NIM : 1433481681
|
)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAK
Seiring dengan berkembang dan kemajuan teknologi informasi dalam dunia industri perusahaan di era globalisasi saat ini, setiap proses industri akan menghasilkan sisa atau yang biasa disebut sebagai limbah. Limbah didefinisikan sebagai bahan yang terbuang atau dibuang akibat kegiatan manusia yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomi dan nilai positif bahkan dapat memiliki nilai ekonomi negatif. maka semakin bertambah banyak pula kebutuhan sistem dalam lingkungan industri perusahaan yang gunanya untuk lebih mempermudah dan menyingkat waktu dalam setiap aktifitas pada industri perusahaan tersebut. Sistem yang berjalan saat ini masih manual, khususnya pada proses pemilahan barang limbah dimana masih ada kesalahan seperti sering tercampurnya barang limbah logam maupun plastik dan otomatis karyawan memilah ulang limbah tersebut. Dimana kondisi seperti itu sangat tidak baik dan menghabiskan banyak waktu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat Alat Pemilah limbah berdasarkan bahan logam maupun plastik, alat ini menggunakan Arduino sebagai mikrokontroler, sensor proximity sebagai pembaca limbah logam dan menggunakan motor servo sebagai pemisah, serta conveyor sebagai penggerak hasil. penelitian ini diharapkan mampu membantu para pengguna atau pemilik perusahaan untuk mempermudah proses pemilahan.
Kata kunci : Arduino, Sensor Proximity, Motor Servo, Conveyor.
ABSTRACT
Along with the development and advancement of information technology in the industrial world of companies in the current era of globalization, every process of industry will produce residual or commonly referred to as waste. Waste is defined as a material that is wasted or disposed of by human activities that do not or have no economic value and positive value can even have negative economic value. Therefore, more and more system needs in the company's industrial environment is useful to more facilitate and abbreviate time in each activity in the company's industry. The current system is still manual, especially in the process of sorting waste goods where there is still errors such as frequent mixing of metal and plastic waste goods and automatic employees resorting the waste. Where such conditions are very not good and spend a lot of time. This research is done to make the waste making equipment based on metal and plastic materials, this tool uses Arduino as a microcontroller, proximity sensors as the reader of metal waste and use the servo motor as a separator, and conveyor as a result driver. This research is expected to assist the users or the owner of the company to facilitate the sorting process.
Keywords: Proximity Sensor, Arduino, Servo Motors, Conveyor.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya serta kedua orang tua sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY PADA UD BAROKAH”.
Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Sistem Informasi pada Universitas Raharja.
Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
- Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
- Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
- Ibu Ageng Setiani Rafika, S.Kom., MSi. selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer dan Juga Selaku Dosen Pembingbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
- Bapak Ilamsyah, M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skrpsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
- Bapak H. Bahrawi selaku stakeholder UD. Barokah yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
- Bapak dan ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
- Teman – teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masi jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
Tangerang, September 2019
NIM : 1433481681
|
Daftar isi
DAFTAR TABEL
- Tabel 2.1. Kelebihan dan Kelemahan Black Box
- Tabel 2.2. Spesifikasi Arduino Uno
- Tabel 3.1. Tabel SWOT
- Tabel 3.2. Matriks Analisis SWOT Yang Berjalan
- Tabel 3.3. Elisitasi Tahap I
- Tabel 3.4. Elisitasi Tahap II
- Tabel 3.5. Elisitasi Tahap III
- Tabel 3.6. Final Draft Elisitasi
- Tabel 4.1. Pengujian Black Box Pada Conveyor
- Tabel 4.2. Pengujian Black Box Pada Motor Servo
- Tabel 4.3. Pengujian Black Box Pada motor tepper
- Tabel 4.4. Pengujian Black Box Pada Sensor Proximity
- Tabel 4.5. Pengujian Black Box Pada Esp-32 dan Loadcells
- Tabel 4.6. Pengolahan Jadwal Proses Pembuatan Sistem
- Tabel 4.7. Estimasi Biaya Yang Di Keluarkan
DAFTAR GAMBAR
- Gambar 2.1. Karakteristik Sistem
- Gambar 2.2. Sistem Terbuka
- Gambar 2.3. Sistem Tertutup
- Gambar 2.4. Simbol Flowchart Proses
- Gambar 2.5. Arduino Uno
- Gambar 2.6. Macam-Macam Wifi Modul ESP8266
- Gambar 2.7. Spesifikasi ESP8266
- Gambar 2.8. Unipolar Motor Stepper
- Gambar 2.9. Sensor Proximity
- Gambar 2.10. Sensor Ultrasonik
- Gambar 2.11. Bentuk Fisik Motor Servo
- Gambar 2.12. Adaptor
- Gambar 2.13. Conveyor
- Gambar 3.1. UD. Barokah
- Gambar 3.2. Struktur Organisasi UD. Barokah
- Gambar 3.3. Tampilan Prototype Menu Pengguna
- Gambar 3.4. Diagram Gambar
- Gambar 3.5. Gambar Diagram Blok Sensor Proximity dan Motor Stepper
- Gambar 3.6. Gambar Diagram Blok Sensor proximity dan ultrasonik
- Gambar 3.7. Sofware Arduino Yang Sudah Di Install
- Gambar 3.8. Tampilan Arduino
- Gambar 3.9. Device Manager
- Gambar 3.10. Memilih Port Arduino
- Gambar 3.11. Memilih Board Arduino Uno
- Gambar 3.12. Melakukan Penyimpanan
- Gambar 3.13. Menulis Listing Program
- Gambar 3.14. Melakukan Verify
- Gambar 3.15. Verify Berhasil
- Gambar 3.16. Melakukan Proses Upload
- Gambar 3.17. Tampilan Database
- Gambar 3.18. Membuat Table Admin
- Gambar 3.19. Membuat Table Barang
- Gambar 3.20. Membuat Table Database Limbah Besi
- Gambar 3.21. Membuat Table Database Limbah Plastik
- Gambar 3.22. Menambahkan User Database
- Gambar 3.23. Tampilan Data Limbah Besi
- Gambar 3.24. Tampilan Data Limbah Plastik
- Gambar 3.25. Skema Rancangan Keseluruhan Alat
- Gambar 3.25. Skema rancangan Loadcells
- Gambar 4.1. Hasil Pengujian Sensor Proximity Induktif
- Gambar 4.2. Pengujian Arduino Uno Dengan Motor Stepper
- Gambar 4.3. Tampilan awal local website
- Gambar 4.4. Tampilan Realtime Pada Local Website
- Gambar 4.5. Listing Program Prototype Monitoring Alat Pemilah Limbah Logam Dan Plastik Otomatis Menggunakan Proximity Pada Ud Barokah
- Gambar 4.6. Flowchart Sistem Yang Diusulkan
- Gambar 4.7. Tampilan Listing Program Arduino IDE
- Gambar 4.8. Upload Listing Program Kedalam Arduino Uno
DAFTAR SIMBOL
SIMBOL FLOWCHART (DIAGRAM ALIR)
BAB I
Latar Belakang
Perindustrian di dunia ini belakangan memang menjadi sektor primadona bagi negara - negara di seluruh dunia. Betapa tidak, bahkan sektor perindustrian dijadikan tolak ukur suatu negara dikatakan sebagai negara yang maju, yakni apabila masyarakatnya lebih banyak bekerja di bidang industri. Hal ini juga termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terus mengembangkan potensi diri, dan Indonesia juga mulai mengemabangkan sektor- sektor perindustrian yang dimilikinya. Namun perlu kita ketahui juga, bahwa semakin banyak industri ada di suatu negara maka akan semakin banyak pula kesempatan bagi suatu negara untuk mencemari lingkungannya. Mengapa demikian? Hal ini karena hampir setiap proses industri akan menghasilkan sisa atau yang biasa disebut sebagai limbah.
Limbah didefinisikan sebagai bahan yang terbuang atau dibuang akibat kegiatan manusia yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomi dan nilai positif bahkan dapat memiliki nilai ekonomi negatif. Limbah pada industri makanan umumnya dibagi menjadi tiga yaitu limbah cair, limbah padat, dan limbah gas. Limbah pada industri wafer stick umumnya berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yang dihasilkan berupa sisa produk yang sudah tidak dapat dipakai lagi dan kemasan yang sudah tidak terpakai. Penanganan limbah padat yang berupa sisa produk yang sudah tidak dapat dipakai dilakukan dengan cara mendistribusikannya untuk pakan ternak dan untuk limbah padat yang berupa kemasan yang tidak terpakai akan dibakar. Limbah cair pada industri wafer stick dibagi menjadi dua yaitu limbah cair domestik dan limbah cair industri. Limbah cair domestik berasal dari kamar mandi, dapur, dan sanitasi karyawan, sedangkan limbah cair industri berasal dari buangan hasil proses. limbah ini tentunya tidak mempunyai manfaat sama sekali, bahkan keberadaannya harus ditangani dengan sangat selektif keadaan seperti ini menimbulkan imbas yang sangat besar pada semua kehidupan manusia terutama bidang industri. mengakibatkan industri sebagai produsen menggunakan cara otomatisasi untuk mempermudah sebuah proses.
Di dalam dunia industri khususnya proses pemindahan masih secara manual dengan tenaga manusia sehingga memerlukan waktu yang cukup lama, maka dari itu perusahaan memerlukan alat yang dapat mempermudah proses pemindahan salah satunya mesin pemilah limbah otomatis dan terciptalah sebuah judul “PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY PADA UD BAROKAH”.
Rumusan Masalah
Dalam pembuatan sebuah sistem, tentu tidak akan terlepas dari beberapa permasalahan. Dari latar belakang diatas maka, dapat disimpulkan beberapa permasalahan yang ada yaitu sebagai berikut:
- Bagaimana cara agar mengetahui berat suatu limbah yang terdapat pada proses pemilahan?
- Bagaimana cara membedakan bahan limbah logam dan plastik pada prototipe tersebut?
- Bagaimana merancang prototype alat pemilah limbah otomatis menggunakan Proximity?
Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini adalah merancang sebuah sistem Prototype Monitoring Alat Pemilah Limbah Logam dan Plastik Otomatis Menggunakan Arduino dengan Sensor Proximity pada UD Barokah.
Perangkat ruang lingkup penelitian ini meliputi: Arduino uno, Sensor proximity induktif dan Motor servo..
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:
-
Merancang sebuah Prototipe pemilah limbah otomatis menggunakan Arduino uno.
-
Menunjang proses pemilah limbah agar meminimalisir pegawai perusahaan dalam proses pemilahan limbah.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Lebih memahami cara kerja alat tersebut.
-
Efesiensi waktu dalam proses pemilahan limbah.
-
Membantu staff perusahaan dalam pemilahan limbah dengan skala besar.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini terdiri dari 2 tahapan:
Metode Pengumpulan Data
- Metode Observasi (Observation Research)
- Metode Wawancara (Interview Research)
Pada metode wawancara dengan dilakukan tanya jawab secara langsung dengan stakeholder perusahaan bagian karyawan pemilah untuk mendapatkan data dan informasi yang berhubungan teknik pemilahanlimbah logam dan pelastik untuk memahami akan hal yang akan diteliti sesuai dengan tujuan penelitian.
- Metode Studi Pustaka (Library Research)
Selain telah melakukan observasi dan wawancara, peneliti juga melakukan studi pustaka, jurnal, dan buku-buku dengan cara pengumpulan data, dengan cara ini peneliti berusaha untuk melengkapi data-data yang diperoleh sebagai referensi yang berhubungan dengan pembuatan prototype ini.
Dalam metode observasi pada UD Barokah penulis melakukan analisa terhadap masalah yang ada dengan cara mengamati sumber pengolahan data serta melakukan pengumpulan data dari bagian-bagian yang berhubungan dengan pemilahan limbah baik berupa dokumen formulir, catatan-catatan, maupun laporan.
Metode Pengujian
Metode pengujuan ini digunakan untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Metode pengujian yang peneliti gunakan adalah Black Box karena metode Black Box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.
Metode Perancangan
Dalam laporan skripsi ini, perancangan yang digunakan adalah metode perancangan melalui tahap pembuatan flowchart program dan flowchart sistem dengan desain hardware menggunakan diagram blok. Metode ini dimaksudkan bagaimana sistem itu dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan.
Metode Pengujian
Dalam penulisan skripsi ini metode pengujian yang digunakan adalah metode black box testing. Metode black box testing adalah pengujian yang dilakukan dengan mengamati hasil eksekusi uji data berupa pengujian terhadap software. Tujuan dari metode black box testing untuk menemukan kesalahan pada beberapa bagian, berupa fungsi yang salah atau hilang, kesalahan pada interface, kesalahan pada struktur data atau akses database, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi atau pemberian nilai pada variabel.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan SKRIPSI ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku dan jurnal nasional serta internasional yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III PEMBAHASAN
Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat UD Barokah, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, sistem yang berjalan, alternatif pemecahan masalah, elisitasi.
BAB IV HASIL DAN UJI COBA
Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototype, tampilan layar, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB II
Teori Umum
Konsep Dasar Sistem
Definisi Sistem
Pengertian sistem menurut Sihotang, dkk (2018:34).[1], “Sistem merupakan suatu rangkaian prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berkumpul, berhubungan dan bersama-sama untuk melakukan kegiatan ataupun menyelesaikan suatu sasaran tertentu’.
Menurut Djahir (2015:7)[2], “Sistem adalah dua bagian yang menekan pada prosedurnya dan ada yang menekankan pada element nya kedua kelompok ini adalah benar, dan tidak bertentangan yang berbeda adalah cara pendekatanya”.
Berdasarkan kedua definisi diatas, sistem adalah sekelompok unsur yang saling terhubung satu sama lain yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Karakterisitik Sistem
Menurut Rusdiana, dkk (2014:35)[3],karakteristik sistem sebagai berikut:
Komponen sistem adalah segala sesuatu yang menjadi bagian penyusunan sistem. Komponen sistem dapat berupa benda nyata ataupun abstrak, Komponen sistem disebut sebagai sub sistem.
Batas sistem diperlukan untuk membedakan satu sistem dengan sistem yang lain. Tanpa adanya batas sistem, sangat sulit untuk memberikan batasan scope tinjauan terhadap sistem.
Lingkungan sistem adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem lingkungan sistem dapat menguntungkan ataupun merugikan. Umumnya lingkungan yang menguntungkan akan selalu dipertahankan untuk menjaga keberlangsungan sistem, sedangkan lingkungan sistem yang merugikan akan diupayakan agar mempunyai pengaruh seminimal mungkin, bahkan ditiadakan.
Penghubung/antarmuka merupakan sarana memungkinkan setiap komponen sistem, yaitu segala sesuatu yang bertugas menjebatani hubungan antar komponen dalam sistem. Penghubung/antarmuka merupakan sarana setiap komponen saling berinteraksi dan berkomunikasi
Masukan merupakan komponen sistem, yaitu segala sesuatu yang perlu dimasukan ke dalam sistem sebagai bahan yang akan diolah lebih lanjut untuk menghasilkan keluaran (output) yang berguna.
Pengolahan merupakan komponen sistem yang mempunyai peran utama mengolah masukan agar menghasilkan output yang berguna bagi para pemakainya.
Keluaran merupakan komponen sistem yang berupa berbagai macam bentuk keluaran yang dihasilkan oleh komponen pengolahan./p></div>
Klasifikasi Sistem
Konsep Dasar Prototype
Definisi Prototype
Jenis-Jenis Prototype
Konsep Dasar Data
Definisi Data
Konsep Dasar Informasi
Definisi Informasi
Konsep Dasar Monitoring
Definisi Monitoring
Konsep Dasar Limbah
Definisi Limbah
Konsep Dasar Flowchart
Definisi Flowchart
Jenis-Jenis Prototype
Konsep Dasar Internet Of Things (IoT)
Definisi Internet Of Things
Manfaat Internet Of Things
- Sektor Pembangunan.
- Sektor Energi.
- Sektor Rumah Tangga.
- Sektor Kesehatan.
- Sektor Industri.
- Transportasi.
- Perdagangan.
- Keamanan.
- Teknologi dan Jaringan.
Konsep Dasar Perancangan
Definisi Perancangan
Konsep Dasar Pengujian
Definisi Pengujian
Jenis-Jenis Pengujian
- BlackBox Testing
- Metode Pengujian BlackBox Testing
- Causes (kondisi input), dan Effects (aksi) didaftarkan untuk modul dan Identifier yang dtujukan untuk masing-masing.
- Pembuatan grafik Causes-Effect graph.
- Grafik dikonversikan kedalam tabel keputusan.
- Aturan tabel keputusan dikonversikan kedalam kasus uji.
- d. Comparison Testing
<p style="line-height: 2">Dalam beberapa situasi (seperti: aircraft avionic, nuclear Power plant control) dimana keandalan suatu software amat kritis, beberapa aplikasi sering menggunakan software dan hardware ganda (redundant). Ketika software redundant dibuat, tim pengembangan software lainnya membangun versi independent dari aplikasi dengan menggunakan spesifikasi yang sama. Setiap versi dapat diuji dengan data uji yang sama untuk memastikan seluruhnya menyediakan output yang sama. Kemudian seluruh versi dieksekusi secara parallel dengan perbandingan hasil real-time untuk memastikan konsistensi. Dianjurkan bahwa versi independent suatu software untuk aplikasi yang amat kritis harus dibuat, walaupun nantinya hanya satu versi saja yang akan digunakan dalam sistem. Versi independent ini merupakan basis dari teknik BlackBox Testing yang disebut Comparison Testing atau back-to-back Testing.</p>- e. Sample and Robustness Testing
- Sample Testing
- Robustness Testing
<p style="line-height: 2">Melibatkan beberapa nilai yang terpilih dari sebuah kelas ekivalen, seperti Mengintegrasikan nilai pada kasus uji. Nilai-nilai yang terpilih mungkin dipilih dengan urutan tertentu atau interval tertentu.</p><p style="line-height: 2">Pengujian ketahanan (Robustness Testing) adalah metodologi jaminan mutu difokuskan pada pengujian ketahanan perangkat lunak. Pengujian ketahanan juga digunakan untuk menggambarkan proses verifikasi kekokohan (yaitu kebenaran) kasus uji dalam proses pengujian.</p>- f. Behavior Testing dan Performance Testing.
- Behavior Testing
- Performance Testing
- Requirement Testing
- Endurance Testing
<p style="line-height: 2">Hasil uji tidak dapat dievaluasi jika hanya melakukan pengujian sekali, tapi dapat dievaluasi jika pengujian dilakukan beberapa kali, misalnya pada pengujian struktur data stack.</p><p style="line-height: 2">Digunakan untuk mengevaluasi kemampuan program untuk beroperasi dengan benar dipandang dari sisi acuan kebutuhan. Misalnya: aliran data, ukuran pemakaian memori, kecepatan eksekusi, dll. Selain itu juga digunakan untuk mencari tahu beban kerja atau kondisi konfigurasi program. Spesifikasi mengenai performansi didefinisikan pada saat tahap spesifikasi atau desain. Dapat digunakan untuk menguji batasan lingkungan program.</p><p style="line-height: 2">Spesifikasi kebutuhan yang terasosiasi dengan perangkat lunak (input/output/fungsi/performansi) diidentifikasi pada tahap spesifikasi kebutuhan dan desain.Requirement Testing melibatkan pembuatan kasus uji untuk setiap spesifikasi kebutuhan yang terkait dengan program. Untuk memfasilitasinya, setiap spesifikasi kebutuhan bisa ditelusuri dengan kasus uji dengan menggunakan traceability matrix.</p><p style="line-height: 2">Endurance Testing melibatkan kasus uji yang diulang-ulang dengan jumlah tertentu dengan tujuan untuk mengevaluasi program apakah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan. Contoh: Untuk menguji keakuratan operasi matematika (floating point, rounding off, dan lain-lain), untuk menguji manajemen sumber daya sistem (resources) (pembebasan sumber daya yang tidak benar, dan lain-lain), input/output (jika menggunakan framework untuk memvalidasi bagian input dan output). Spesifikasi kebutuhan pengujian didefinisikan pada tahap spesifikasi kebutuhan atau desain.</p>Kelebihan dan Kelemahan BlackBox
<p style="line-height: 2">Dalam uji coba BlackBox terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan. Berikut adalah keunggulan dan kelemahannya:</p>Tabel 2.1 Kelebihan dan Kelemahan Black Box
Kesalahan pengutipan: Tag <ref>
ditemukan, tapi tag <references/>
tidak ditemukan