SI1421481470: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 391: Baris 391:
 
__TOC__
 
__TOC__
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
 +
 +
=<div style="font-family: 'times new roman';text-align: center">'''BAB I'''</div>=
 +
 +
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 +
 +
=='''Latar Belakang Penelitian'''==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Pemanfaatan teknologi digital dalam setiap kebutuhan harus terus didorong supaya semakin banyak manfaat dan kegunaannya. Fungsi teknologi memiliki nilainya masing-masing tergantung pada pengguna teknologi tersebut. Nilai yang dimaksud adalah nilai positif dan negatif dari teknologi yang digunakan, contoh dari nilai positif salah satunya adalah membuat penelitian dengan cara mencari dan membaca artikel-artikel yang ada diinternet.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Berkembangnya media informasi diperlihatkan dengan begitu banyaknya ''user'' komunikasi dan telekomunikasi yang secara ketat bersaing menciptakan media informasi baik melalui media cetak, televisi, radio bahkan internet yang sudah sangat mudah dijangkau oleh siapapun dan kapan pun. Media informasi dengan macam-macam jenis tersebut wajib dibuktikan kebenarannya sebelum informasi tersebut tersebar pada halayak luas. Pada dasarnya media informasi merupakan bentuk perantara komunikasi dalam berkembangnya manusia agar mampu menghadapi berbagai macam rintangan dan tantangan yang bertujuan untuk kemajuan hidup yang lebih baik dimasa depan.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta merupakan lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab dan berada dibawah naungan Presiden, berlokasi di Jakarta pusat tepatnya di jalan Medan Merdeka Barat No.9, dan dipimpin oleh seorang Menteri yang dijabat oleh Bapak Rudiantara sejak 27 Oktober 2014. Sebagai lembaga pemerintah yang mengatur segala hal dalam bidang komunikasi dan informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta dalam Renstra tahun 2015 hingga 2019 selalu berfokus membangun sektor telekomunikasi, tata kelola internet, dan digitalisasi siaran TV.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Dalam mewujudkan tujuan pembangunan pemerintah Indonesia tahun 2015 – 2019 maka saat awal tahun 2017 Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta bagian Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika menciptakan program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital, salah satunya adalah program “Nelayan ''Go-Online''” yang sangat diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan di bidang perikanan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara bijaksana. Nelayan ''Go-Online'' bertujuan untuk memperluas akses pasar serta meningkatkan kelas Nelayan.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Program Nelayan ''Go-Online'' sendiri adalah program kerjasama Kominfo dengan beberapa pelaku bisnis yang menciptakan berbagai macam aplikasi berbasis selular yang bertujuan untuk menaikkan produktivitas di bidang perikanan dan meningkatkan taraf  hidup para Nelayan untuk membuka peluang meningkatkan ekonomi dan menjadi Bangsa dengan daya saing yang tinggi. Sejak dibukanya pada awal tahun 2017 dan baru satu tahun dijalankan, para nelayan kini dapat merasakan dampak positif kemajuan teknologi informasi, dan juga nelayan pun dapat melakukan penjualan langsung kepada konsumen tanpa melalui tengkulak yang biasanya memberikan harga jual yang sangat kecil dan sangat tidak sesuai dengan jerih payah nelayan. Dan Kelebihan program Nelayan ''Go-Online'' tersebut ialah memfasilitasi dan mengedukasi para Nelayan dengan kata lain memberi bantuan kepada Nelayan supaya para Nelayan paham akan teknologi, selain itu dapat membantu Nelayan mulai dari pembiayaan, penyuluhan, persiapan memancing, penangkapan hingga menjual hasil penangkapan secara ''online''. Selain itu, masyarakat umum yang bukan nelayan dapat berpartisipasi dengan program Nelayan ''Go-Online'' untuk mengetahui informasi tentang dunia perikanan dan mendapatkan segala hal yang dibutuhkan dalam dunia perikanan seperti informasi tentang ombak laut, penyakit yang menyerang ikan, membeli umpan, cacing, dsb.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Jumlah penduduk Indonesia menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2017 adalah 261.142.385 jiwa, dan jumlah Penduduk yang bekerja di sektor nelayan hingga tahun 2017 sebanyak 1701 ribu orang dari jumlah penduduk di Indonesia. Menurut data statistik Direktorat pemberdayaan Industri Informatika, target yang harus dicapai hingga tahun 2019 adalah 1 juta Nelayan ''Go-Online''. Namun demikian, masih ada target 150.000 sasaran nelayan yang belum tercapai dan amat sangat disayangkan hingga sekarang Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta belum memiliki media informasi yang lebih menarik dan setara dengan perkembangan zaman. Sejak diluncurkannya program Nelayan ''Go-Online'' ini, penyampaian informasi hanya berbentuk ''slide'' presentasi yang disampaikan pada saat sosialisasi, tanpa ada penyampaian informasi yang lebih inovatif sehingga mudah membuat ''audience'' merasa bosan. Maka dari itu, solusi untuk mempermudah masyarakat terutama nelayan mengenal lebih dalam program Nelayan ''Go-Online'' secara menarik, pada penelitian ini peneliti akan merancang sebuah media informasi berbentuk Video Sosialisasi berbasis ''motion graphic 2D'' Program Nelayan ''Go-Online'' pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Melalui media video yang menggunakan efek ''motion graphic 2D'' ini dapat memudahkan penyampaian informasi tentang Nelayan ''Go-Online'' tersebut yang diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih menarik dan tidak monoton pada saat memberikan edukasi atau sosialisasi pada Nelayan, dimana video sosialisasi berbasis ''motion graphic'' ini akan diimplementasikan dan dipublikasikan pada ''social media'' youtube, ''website'' Direktorat Jendral Aplikasi Informatika dan sosialisasi dengan para Nelayan dan masyarakat saat jadwal kunjungan pada suatu desa berkumpul di balai desa atau semacamnya, video informasi ''motion graphic'' diperuntukan sebagai sarana untuk menginformasikan apa itu program Nelayan ''Go-Online''.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Tujuan penelitian ini ialah membuat media informasi berbasis ''motion graphic'' untuk mensosialisasikan program Nelayan ''Go-Online'' agar lebih menarik dan tidak monoton masyarakat untuk mengenal lebih dalam apa itu program ''website'' Nelayan ''Go-Online'', sosialisasi dilakukan setiap bulan dari desa ke desa, bisa sampai lebih dari 1 kunjungan setiap bulannya selama tahun 2018-2019. Manfaat dan tujuan dari program Nelayan ''Go-Online'' serta mengetahui tentang dunia perikanan dan memudahkan nelayan untuk melakukan proses jual beli ikan dengan menggunakan program Nelayan ''Go-Online'' pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta.</p></div>
 +
 +
=='''Rumusan Masalah'''==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Berdasarkan pengamatan dan latar belakang, dapat diuraikan beberapa permasalahan, sebagai berikut :</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<ol>
 +
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Bagaimana menciptakan media informasi yang dapat menarik perhatian ''audience'' dalam menunjang pemanfaatan program Nelayan ''Go-Online'' ?<br>
 +
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Informasi apa saja yang akan disampaikan Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dalam mensosialisasikan program Nelayan ''Go-Online'' ?<br>
 +
<li style="text-align: justify;line-height: 2;">Strategi sosialisasi seperti apa yang dilakukan Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika,dalam upaya menginformasikan video sosialisasi berbasis ''motion graphic'' program Nelayan ''Go-Online'' ?</li>
 +
</ol></div>
 +
 +
=='''Ruang Lingkup'''==

Revisi per 3 Januari 2019 05.32


PERANCANGAN VIDEO SOSIALISASI PROGRAM

NELAYAN GO ONLINE BERBASIS MOTION GRAPHIC

PADA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN

INFORMATIKA

 

SKRIPSI

 

 

Disusun Oleh :

 

NIM
: 1421481470
NAMA

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2017/2018)




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN VIDEO SOSIALISASI PROGRAM

NELAYAN GO ONLINE BERBASIS MOTION GRAPHIC

PADA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN

INFORMATIKA

 


Disusun Oleh :

NIM
: 1421481470
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2019

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Ir. Untung RahardjaM.T.I., MM.)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN VIDEO SOSIALISASI PROGRAM

NELAYAN GO ONLINE BERBASIS MOTION GRAPHIC

PADA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN

INFORMATIKA

 


Dibuat Oleh :

NIM
: 1421481470
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017/2018


Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 11006
   
NID : 15006




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN VIDEO SOSIALISASI PROGRAM

NELAYAN GO ONLINE BERBASIS MOTION GRAPHIC

PADA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN

INFORMATIKA

 


Dibuat Oleh :

NIM
: 1421481470
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


Disusun Oleh :

Nama
NIM
: 1421481470
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2019

 
 
 
 
 
NIM : 1421481470

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAK


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Pemanfaatan teknologi digital dalam setiap kebutuhan harus terus didorong supaya semakin banyak manfaat dan kegunaannya. Fungsi teknologi memiliki nilainya masing-masing tergantung pada pengguna teknologi tersebut. Nilai yang dimaksud adalah nilai positif dan negatif dari teknologi yang digunakan, contoh dari nilai positif salah satunya adalah membuat penelitian dengan cara mencari dan membaca artikel-artikel yang ada diinternet.

Berkembangnya media informasi diperlihatkan dengan begitu banyaknya user komunikasi dan telekomunikasi yang secara ketat bersaing menciptakan media informasi baik melalui media cetak, televisi, radio bahkan internet yang sudah sangat mudah dijangkau oleh siapapun dan kapan pun. Media informasi dengan macam-macam jenis tersebut wajib dibuktikan kebenarannya sebelum informasi tersebut tersebar pada halayak luas. Pada dasarnya media informasi merupakan bentuk perantara komunikasi dalam berkembangnya manusia agar mampu menghadapi berbagai macam rintangan dan tantangan yang bertujuan untuk kemajuan hidup yang lebih baik dimasa depan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta merupakan lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab dan berada dibawah naungan Presiden, berlokasi di Jakarta pusat tepatnya di jalan Medan Merdeka Barat No.9, dan dipimpin oleh seorang Menteri yang dijabat oleh Bapak Rudiantara sejak 27 Oktober 2014. Sebagai lembaga pemerintah yang mengatur segala hal dalam bidang komunikasi dan informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta dalam Renstra tahun 2015 hingga 2019 selalu berfokus membangun sektor telekomunikasi, tata kelola internet, dan digitalisasi siaran TV.

Dalam mewujudkan tujuan pembangunan pemerintah Indonesia tahun 2015 – 2019 maka saat awal tahun 2017 Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta bagian Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika menciptakan program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital, salah satunya adalah program “Nelayan Go-Online” yang sangat diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan di bidang perikanan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara bijaksana. Nelayan Go-Online bertujuan untuk memperluas akses pasar serta meningkatkan kelas Nelayan.

Program Nelayan Go-Online sendiri adalah program kerjasama Kominfo dengan beberapa pelaku bisnis yang menciptakan berbagai macam aplikasi berbasis selular yang bertujuan untuk menaikkan produktivitas di bidang perikanan dan meningkatkan taraf hidup para Nelayan untuk membuka peluang meningkatkan ekonomi dan menjadi Bangsa dengan daya saing yang tinggi. Sejak dibukanya pada awal tahun 2017 dan baru satu tahun dijalankan, para nelayan kini dapat merasakan dampak positif kemajuan teknologi informasi, dan juga nelayan pun dapat melakukan penjualan langsung kepada konsumen tanpa melalui tengkulak yang biasanya memberikan harga jual yang sangat kecil dan sangat tidak sesuai dengan jerih payah nelayan. Dan Kelebihan program Nelayan Go-Online tersebut ialah memfasilitasi dan mengedukasi para Nelayan dengan kata lain memberi bantuan kepada Nelayan supaya para Nelayan paham akan teknologi, selain itu dapat membantu Nelayan mulai dari pembiayaan, penyuluhan, persiapan memancing, penangkapan hingga menjual hasil penangkapan secara online. Selain itu, masyarakat umum yang bukan nelayan dapat berpartisipasi dengan program Nelayan Go-Online untuk mengetahui informasi tentang dunia perikanan dan mendapatkan segala hal yang dibutuhkan dalam dunia perikanan seperti informasi tentang ombak laut, penyakit yang menyerang ikan, membeli umpan, cacing, dsb.

Jumlah penduduk Indonesia menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2017 adalah 261.142.385 jiwa, dan jumlah Penduduk yang bekerja di sektor nelayan hingga tahun 2017 sebanyak 1701 ribu orang dari jumlah penduduk di Indonesia. Menurut data statistik Direktorat pemberdayaan Industri Informatika, target yang harus dicapai hingga tahun 2019 adalah 1 juta Nelayan Go-Online. Namun demikian, masih ada target 150.000 sasaran nelayan yang belum tercapai dan amat sangat disayangkan hingga sekarang Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta belum memiliki media informasi yang lebih menarik dan setara dengan perkembangan zaman. Sejak diluncurkannya program Nelayan Go-Online ini, penyampaian informasi hanya berbentuk slide presentasi yang disampaikan pada saat sosialisasi, tanpa ada penyampaian informasi yang lebih inovatif sehingga mudah membuat audience merasa bosan. Maka dari itu, solusi untuk mempermudah masyarakat terutama nelayan mengenal lebih dalam program Nelayan Go-Online secara menarik, pada penelitian ini peneliti akan merancang sebuah media informasi berbentuk Video Sosialisasi berbasis motion graphic 2D Program Nelayan Go-Online pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta.

Melalui media video yang menggunakan efek motion graphic 2D ini dapat memudahkan penyampaian informasi tentang Nelayan Go-Online tersebut yang diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih menarik dan tidak monoton pada saat memberikan edukasi atau sosialisasi pada Nelayan, dimana video sosialisasi berbasis motion graphic ini akan diimplementasikan dan dipublikasikan pada social media youtube, website Direktorat Jendral Aplikasi Informatika dan sosialisasi dengan para Nelayan dan masyarakat saat jadwal kunjungan pada suatu desa berkumpul di balai desa atau semacamnya, video informasi motion graphic diperuntukan sebagai sarana untuk menginformasikan apa itu program Nelayan Go-Online.

Tujuan penelitian ini ialah membuat media informasi berbasis motion graphic untuk mensosialisasikan program Nelayan Go-Online agar lebih menarik dan tidak monoton masyarakat untuk mengenal lebih dalam apa itu program website Nelayan Go-Online, sosialisasi dilakukan setiap bulan dari desa ke desa, bisa sampai lebih dari 1 kunjungan setiap bulannya selama tahun 2018-2019. Manfaat dan tujuan dari program Nelayan Go-Online serta mengetahui tentang dunia perikanan dan memudahkan nelayan untuk melakukan proses jual beli ikan dengan menggunakan program Nelayan Go-Online pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta.

Rumusan Masalah

Berdasarkan pengamatan dan latar belakang, dapat diuraikan beberapa permasalahan, sebagai berikut :

  1. Bagaimana menciptakan media informasi yang dapat menarik perhatian audience dalam menunjang pemanfaatan program Nelayan Go-Online ?
  2. Informasi apa saja yang akan disampaikan Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dalam mensosialisasikan program Nelayan Go-Online ?
  3. Strategi sosialisasi seperti apa yang dilakukan Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika,dalam upaya menginformasikan video sosialisasi berbasis motion graphic program Nelayan Go-Online ?

Ruang Lingkup

Contributors

Ismalia tuzzahra