SI1421479001: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB III)
Baris 892: Baris 892:
 
<div style="font-size: 12pt;line-height: 2;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<div style="font-size: 12pt;line-height: 2;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
  
==Literature Review==
+
==<i>Literature Review<i>==
 
<div style="font-size: 12pt;line-height: 2;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<div style="font-size: 12pt;line-height: 2;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}

Revisi per 15 Agustus 2018 05.27


PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI ILEARNING

PLUS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

TANGERANG

 

SKRIPSI

 

 

Disusun Oleh :

 

NIM
: 1421479001
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI ILEARNING

PLUS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

TANGERANG

SEMESTER GENAP

TA. 2017/2018

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1421479001
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM.)
       
(Junaidi, M.Kom.)
NIP : 000594
       
NIP : 001405




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI ILEARNING

PLUS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

TANGERANG

SEMESTER GENAP

TA. 2017/2018

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1421479001
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017 / 2018

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Maimunah M.Kom)
   
(Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom)
NID : 02012
   
NID : 15006



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI ILEARNING

PLUS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

TANGERANG

SEMESTER GENAP

TA. 2017/2018

 

Dibuat Oleh :

 

NIM
: 1421479001
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017/2018

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

 



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI ILEARNING

PLUS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

TANGERANG

SEMESTER GENAP

TA. 2017/2018

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1421479001
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2018

 
 
 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 
 
 
NIM : 1421479001




ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga dapat membantu dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dalam bidang pendidikan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, Informasi sangat mudah ditemukan dimanapun dan kapanpun dengan media yang digunakan untuk memudahkan penyampaian dalam memberikan informasi melalui promosi. Perguruan Tinggi Raharja merupakan sebuah kampus modern swasta di Kota Tangerang, yang memiliki 3 jenis metode pembelajaran, salah satunya iLearning Plus. iLearning Plus merupakan perkembangan inovasi dari metode pembelajaran iLearning yang sudah diterapkan sebelumnya di Perguruan Tinggi Raharja. Media yang digunakan saat ini untuk menyampaikan dan mempromosikan iLearning Plus menggunakan video profil iLearning Plus pada tahun 2014, akan tetapi media yang digunakan saat ini kurang maksimal, sehingga diperlukan pengembangan media video interaktif dalam mempromosikan iLearning Plus. Tujuan dari penelitian ini melalui pengembangan video promosi iLearning Plus dapat menarik calon Mahasiswa/I yang ingin mengikuti ilearning Plus. Metode penelitian ini menggunakan metode analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan media, dan konsep produksi media (KPM). Hasil penelitian ini berupa video promosi iLearning Plus berbasis motion graphic yang menjelaskan definisi iLearning Plus, perbedaan iLearning Plus dengan iLearning, menampilkan mahasiswa sedang mengerjakan tugas ditaman, kantor dan kafe, serta ajakan untuk ikut bergabung dengan iLearning Plus. Dengan diimplementasikan melalui media video disetiap kunjungan berbagai tempat, youtube dan pada website iLearning Plus agar semua masyarakat dapat mengetahui adanya iLearning Plus di Perguruan Tinggi Raharja.


Kata Kunci: Video, Informasi, Motion Graphic

ABSTRACT

The current technological developments so rapidly that it can help in carrying out daily activities in the field of education. Along with the development of increasingly sophisticated technology, Information is very easy to find wherever and whenever with the media used to facilitate delivery in providing information through promotion. Higher Education Raharja is a modern private campus in Tangerang City, which has 3 types of learning methods, one of which is iLearning Plus. iLearning Plus is an innovative development of iLearning learning method that has been applied previously in Raharja University. The medium used today to deliver and promote iLearning Plus using iLearning Plus video profile in 2014. However, the medium used today is less than the maximum, so it needs the development of interactive video media in promoting iLearning Plus. The purpose of this research through the development of iLearning Plus promotional video can attract prospective students / I who want to follow iLearning Plus. This research method using problem analysis method, data collection, media design analysis, and media production concept (MPC). The results of this research are iLearning Plus motion graphic based video promotion that explains iLearning Plus definition, iLearning Plus difference with iLearning, showcasing students doing work in the park, office and cafe, and invite to join iLearning Plus. Being implemented through media video, visits to various places, youtube and on iLearning Plus website to let all people know about iLearning Plus at Raharja College.


Keywords : Video, Information, Motion Graphic

KATA PENGANTAR


Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “Pengembangan Video Promosi iLearning Plus pada Perguruan Tinggi Raharja Tangerang”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Penulisan Skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja. Dalam penulisan skripsi ini tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan, bantuan, dan saran serta kerjasama dari berbagai pihak, khususnya pembimbing, segala hambatan tersebut akhirnya dapat diatasi dengan baik

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi materil, moril, maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :


  1. Bapak Ir.Untung Rahardja, M.T.I., M.M selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Ibu Maimunah, M.Kom., selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada mahasiswa untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  5. Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada mahasiswa untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  6. Ibu Hani Dewi Ariessanti, M.Kom., selaku Stakeholder pada iLearning Plus yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.
  7. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si., yang membantu saya dalam menyarankan tempat Observasi Penelitian Skripsi.
  8. Seluruh dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi penulis.
  9. Ibu, Bapak dan Adik serta keluarga besar penulis yang selalu memberikan kasih sayang, pendidikan, perhatian, semangat, membiayai kehidupan penulis, serta doa untuk keberhasilan penulis sehingga penulis menjadi pribadi yang mampu bertanggung jawab atas komitmen yang dipilih.
  10. Lisa Anisah, Edo Satria Winata dan Muhamad Azis Fikri sebagai teman yang sudah memberikan informasi dan saran dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi ini
  11. Achmad Fauzi sebagai sahabat yang sudah memberikan semangat dan saran dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi.
  12. Teman-teman seluruh mahasiswa STMIK Raharja yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu, memberikan saran dan sudah memberikan dukungan kepada penulis.


Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.

Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.



Tangerang, Juli 2018
Angga Winantio
NIM. 1421479001
DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Matriks Analisis SWOT

Tabel 2.2. Literature Review

Tabel 3.1. Material Produk

Tabel 3.2. Kondisi Pesaing

Tabel 3.3. Matrix SWOT

Tabel 3.4. Budget Produksi Media

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap 3

Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Script Writting

Tabel 4.2. Rundown

Tabel 4.3. Susunan Crew

Tabel 4.4. Time Schedule

Tabel 4.5. Anggran / Budget Produksi

Tabel 4.6. Kesan Visual Effect

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Alur Perancangan Animasi

Gambar 2.2. Logo Adobe Illustrator CC 2015

Gambar 2.3. Logo Adobe Premier Pro CC 2015

Gambar 2.4. Logo Adobe After Effects CC 2015

Gambar 2.5. Logo Adobe Audition CC 2015

Gambar 3.1. Gedung Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.2. Logo Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.3. Logo iLearning Plus

Gambar 3.4. Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.1. Pre Production

Gambar 4.2. Scene 1/ Menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.3. Int/Scene 2/ Menampilkan calon mahasiswa sedang mencari informasi di internet

Gambar 4.4. Int/Scene 3/ Menampilkan laptop yang sedang digunakan untuk browsing

Gambar 4.5. Scene 4/ Menampilkan logo iLearning +

Gambar 4.6. Scene 5/ Menampilkan tulisan “iLearning Plus”

Gambar 4.7. Int/ Scene 6/ Menampilkan suasana belajar didalam kelas

Gambar 4.8. Ext/ Scene 7/ Menampilkan gedung Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.9. Int/ Scene 8/ Menampilkan proses pembelajaran iLearning didalam kelas

Gambar 4.10. Ext/ Scene 9/ Menampilkan mahasiswa sedang mengerjakan tugas di taman / Menampilkan mahasiswi sedang mengerjakan tugas di kafe / Menampilkan karyawan sedang  mengerjakan tugas di kantornya

Gambar 4.11. Int/ Scene 10/ Menampilkan mahasiswa sedang memegang Tablet

Gambar 4.12. Int/ Scene 11/ Menampilkan Komputer di pagi hari / Menampilkan laptop di siang hari / Menampilkan Tablet di sore hari / Menampilkan smartphone di malam hari

Gambar 4.13. Int/ Scene 12/ Menampilkan mahasiswa danmahasiswi sedang mengangkat tangan ke atas / Menampilkan dosen sedang mengangkat tangan ke atas

Gambar 4.14. Scene 13/ Menampilkan tablet yang sedang digunakan untuk membuka e-mail Rinfo / Menampilkan tablet yang sedang digunakan untuk membuat percakapan video chat melalui Rinfo Hangout

Gambar 4.15. Scene 14/ Menampilkan tangan sedang memegang jam / Menampilkan kartu kredit / Menampilkan uang kertas / Menampilkan koin

Gambar 4.16. Ext/ Scene 15/ Menampilkan siswa-siswi sedang berada didepan kampus / Menampilkan Atlit / Menampilkan Dokter / Menampikan Aktor / Menampilkan Pemadam Kebakaran / Menampilkan Karyawan

Gambar 4.17. Int/ Scene 16/ Menampilkan mahasiswa 1 (satu) iLearning Plus

Gambar 4.18. Int/ Scene 17/ Menampilkan mahasiswa 2 (dua) iLearning Plus

Gambar 4.19. Int/ Scene 18/ Menampilkan mahasiswa 3 (tiga) iLearning Plus

Gambar 4.20. Scene 19/ Menampilkan mahasiswa 1 (satu) sedang mengajak untuk bergabung di iLearning Plus Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.21. Scene 20/ Menampilkan tulisan http://ilp.raharja.ac.id”

Gambar 4.22. Laptop HP 1000

Gambar 4.23. Camera Nikon DSLR D3200

Gambar 4.24. Flashdisk Sandisk 32GB

Gambar 4.25. Mic Boya M1

Gambar 4.26. ISP Firstmedia

Gambar 4.27. Production

Gambar 4.28. Proses Editing Audio

Gambar 4.29. Scene 1/ Menampilkan logo Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.30. Int/Scene 2/ Menampilkan calon mahasiswa sedang mencari informasi di internet

Gambar 4.31. Int/Scene 3/ Menampilkan laptop yang sedang digunakan untuk browsing

Gambar 4.32. Scene 4/ Menampilkan logo iLearning +

Gambar 4.33. Scene 5/ Menampilkan tulisan “iLearning Plus”

Gambar 4.34. Int/ Scene 6/ Menampilkan suasana belajar didalam kelas

Gambar 4.35. Ext/ Scene 7/ Menampilkan gedung Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.36. Int/ Scene 8/ Menampilkan proses pembelajaran iLearning didalam kelas

Gambar 4.37. Ext/ Scene 9/ Menampilkan mahasiswa sedang mengerjakan tugas di taman / Menampilkan mahasiswi sedang mengerjakan tugas di kafe / Menampilkan karyawan sedang mengerjakan tugas di kantornya

Gambar 4.38. Int/ Scene 10/ Menampilkan mahasiswa sedang memegang Tablet

Gambar 4.39. Int/ Scene 11/ Menampilkan Komputer di pagi hari / Menampilkan laptop di siang hari / Menampilkan Tablet di sore hari / Menampilkan smartphone di malam hari

Gambar 4.40. Int/ Scene 12/ Menampilkan mahasiswa dan mahasiswi sedang mengangkat tangan ke atas / Menampilkan dosen sedang mengangkat tangan ke atas

Gambar 4.41. Scene 13/ Menampilkan tablet yang sedang digunakan untuk membuka e-mail Rinfo / Menampilkan tablet yang sedang digunakan untuk membuat percakapan video chat melalui Rinfo Hangout

Gambar 4.42. Scene 14/ Menampilkan tangan sedang memegang jam / Menampilkan kartu kredit / Menampilkan uang kertas / Menampilkan koin

Gambar 4.43. Ext/ Scene 15/ Menampilkan siswa-siswi sedang berada didepan kampus / Menampilkan Atlit / Menampilkan Dokter / Menampikan Aktor / Menampilkan Pemadam Kebakaran / Menampilkan Karyawan

Gambar 4.44. Int/ Scene 16/ Menampilkan mahasiswa 1 (satu) iLearning Plus

Gambar 4.45. Int/ Scene 17/ Menampilkan mahasiswa 2 (dua) iLearning Plus

Gambar 4.46. Int/ Scene 18/ Menampilkan mahasiswa 3 (tiga) iLearning Plus

Gambar 4.47. Int/ Scene 19/ Menampilkan mahasiswa 1 (satu) sedang mengajak untuk bergabung di iLearning Plus Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.48. Scene 20/ Menampilkan tulisan http://ilp.raharja.ac.id”

Gambar 4.49. Post Production

Gambar 4.50. Proses Digitizing pada tahap Post Production

Gambar 4.51. Proses Editing

Gambar 4.52. Proses Mixing

Gambar 4.53. Proses Finishing

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini sangat pesat sehingga dapat membantu manusia dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, baik dibidang budaya, ekonomi, maupun dalam bidang pendidikan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, Informasi sangat mudah ditemukan dimanapun dan kapanpun. Informasi merupakan salah satu hal terpenting bagi para khalayak, dengan adanya Informasi, kita mendapatkan informasi yang kita inginkan. Informasi yang didapat bisa melalui media cetak seperti koran, brosur dan media elektronik seperti iklan dalam televisi, internet dan lain-lain.

Media merupakan sarana untuk menyampaikan informasi ke publik. Dalam penyampaiannya, suatu informasi kepada publik diperlukan pemilihan media yang tepat sesuai dengan tema dan topik yang sedang digagas dan dipromosikan. Media memiliki beberapa macam bentuk komunikasi seperti media cetak, media visual dan media audio visual. Media berfungsi sebagai komunikasi yang memudahkan penyampaian dalam memberikan informasi.

Promosi merupakan bagian terpenting dalam menjalankan aktivitas pemasaran untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen dan juga dapat mempengaruhi tingkah laku konsumen dalam mengambil keputusan dalam memilih produk yang konsumen inginkan. Dengan adanya promosi dapat mempertahankan kelangsungan hidup bagi perusahaan, maupun instansi dan mampu bersaing dengan produk-produk lainnya dalam menjalankan aktivitas pemasaran.

Perguruan Tinggi Raharja merupakan sebuah kampus modern swasta yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang. Perguruan Tinggi Raharja bergerak dibidang ilmu computer dan teknologi informasi dengan semboyan “Get the Better Future by Computer Science”, dipimpin oleh bapak Presiden Direktur yaitu Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM.,. Perguruan Tinggi Swasta berhasil meraih ISO 9001:2008 dalam standar internasional untuk sistem manajemen mutu.

Metode pembelajaran di Perguruan Tinggi Raharja memiliki 3 jenis metode, yaitu Kelas Reguler, iLearning dan iLearning Plus. iLearning Plus merupakan perkembangan inovasi dari metode pembelajaran iLearning yang sudah diterapkan sebelumnya di Perguruan Tinggi Raharja. Dengan adanya iLearning Plus mampu menyediakan  kemudahan dan fleksibilitas dalam pembelajaran, serta mahasiswa/i dapat mengatur jam belajar yang mereka inginkan, dimanapun dan kapanpun tanpa harus pergi ke kampus atau bertatap muka dengan dosen dikelas.

Media yang digunakan saat ini untuk menyampaikan dan mempromosikan iLearning Plus menggunakan presentasi saat prospek, info session di marketing, serta kunjungan ke berbagai tempat, sekaligus menampilkan tayangan video profil tentang iLearning Plus yang sebelumnya sudah ada pada tahun 2014. Akan tetapi media yang digunakan saat ini kurang maksimal, sehingga diperlukan pengembangan media video interaktif dalam mempromosikan iLearning Plus serta brosur yang diharapkan bisa menarik calon Mahasiswa/i iLearning Plus yang ingin kuliah sambil kerja tanpa harus ke kampus, dapat mencapai target yang diharapkan dalam bidang pemasaran serta meningkatkan angka pendaftaran calon Mahasiswa/i iLearning Plus setiap tahunnya.

Dari hal tersebut, mengangkat penelitian skripsi dengan judul : “Pengembangan Video Promosi iLearning Plus pada Perguruan Tinggi Raharja Tangerang”.


Rumusan Masalah

Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat diambil beberapa pokok permasalahan yaitu :

  1. Media seperti apa yang dibutuhkan dalam menyampaikan informasi dan promosi iLearning Plus secara efektif ?

  2. Konsep video seperti apa yang dibutuhkan dalam pengembangan media promosi iLearning Plus agar menjadi menarik ?

  3. Target seperti apa yang ingin di capai melalui pengembangan video promosi iLearning Plus ?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar dalam pembahasan menjadi jelas dan terarah maka perlu membatasi ruang lingkup penelitian. Adapun ruang limgkup yang akan dibahas adalah hal-hal yang berhubungan dengan Pengembangan Video Promosi iLearning Plus pada Perguruan Tinggi Raharja meliputi video promosi berdurasi kurang lebih 3 (tiga) menit dengan menampilkan animasi montion graphic calon mahasiswa, definisi iLearning Plus, Keuntungan iLearning Plus, logo iLearning Plus, calon mahasiswa sedang mencari tempat kuliah di internet, mahasiswa sedang mengerjakan tugas di taman, tablet yang sedang digunakan untuk membuka e-mail Rinfo, Menampilkan tablet yang sedang digunakan untuk video pembelajaran, menampilkan gedung perguruan tinggi raharja dan menampilkan testimoni dari mahasiswa/I iLearning Plus.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengembangkan media (video) promosi iLearning Plus dengan informasi yang lebih efektif.

  2. Untuk mengembangkan media (video) promosi iLearning Plus dengan menggunakan konsep video berbasis Motion Graphics dan Audio Visual agar lebih menarik.

  3. Untuk mencapai target dalam penyampaian informasi dan meningkatkan angka pendaftaran calon Mahasiswa/i pada iLearning Plus

Manfaat Penelitian

  1. Melalui pengembangan video promosi ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih jelas sehingga berminat/tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa/i iLearning Plus pada Perguruan Tinggi Raharja.

  2. Dengan adanya pengembangan video promosi menggunakan konsep video berbasis Motion Graphics agar masyarakat tidak terlalu bosan dengan apa yang mereka lihat.

  3. Membantu mempromosikan iLearning Plus agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat dan meningkatkan jumlah angka pendaftaran calon mahasiswa/I iLearning Plus pada Perguruan Tinggi Raharja.

Metodologi Penelitian

Untuk memperoleh dan melengkapi data–data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan pengembangan media video promosi iLearning Plus, menggunakan beberapa metode penelitian. Adapun metode yang adalah sebagai berikut :

Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan di dapatkan melalui proses wawancara dengan stakeholder bahwa media promosi iLearning Plus sebelumnya hanya menggunakan metode presentasi dan video profile iLearning Plus yang di rancang pada tahun 2014, sehingga dibutuhkan adanya pengembangan video promosi iLearning Plus lebih menarik.

Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan dengan cara :

  1. Metode Observasi

  2. Metode yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penilitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.

  3. Metode Wawancara (Interview)

  4. Wawancara yang dilakukan secara terstruktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada stakeholder yaitu, Ibu Hani Dewi Ariessanti, M.Kom selaku Koordinator iLearning Plus Perguruan Tinggi Raharja.

  5. Studi Pustaka

  6. Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Buku-buku panduan yang dipergunakan dalam hal ini adalah dari berbagai sumber.

Analisa Perancangan Media

Dalam membuat pengembangan media video profil sebagai sarana informasi dan promosi, Mahasiswa menggunakan software seperti Adobe Premier Pro, Adobe After Effect, Adobe Audition dan Adobe Illustrator.

Metode Konsep Produksi Media (KMP)

Konsep produksi media yang digunakan untuk penelitian skripsi ini ada tiga tahap, yaitu :

  1. Pre Production

    Tahap PreProduction merupakan tahapan untuk mempersiapkan apa saja yang nantinya akan digunakan sebelum melakukan proses produksi.

  2. Production

    Tahap Production merupakan hasil persiapan dalam tahap Pre Production yang akan di implementasikan kedalam tahap produksi.

  3. Post Production

    Tahap PostProduction merupakan tahap penyelesaian dari tahapan PreProduction dan Production. Proses PostProduction meliputi digitizing, editing, mixing, finishing, tahap keluaran dan segmen pasar.

Sistematika Penulisan

Agar dapat memahami dengan jelas laporan ilmiah ini, maka sistematika penulisan dibagi menjadi lima bab yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini berisikan tentang materi latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisikan tentang Teori Dasar Umum, Teori Khusus dan Literature Review yang melandasi penulisan Skripsi sesuai dengan syarat prosedur yang diberikan kepada setiap mahasiswa/i melakukan Skripsi.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Dalam bab ini berisikan tentang gambaran umum objek yang diteliti yang meliputi : sejarah singkat, visi dan misi, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective (tujuan pemasaran), marketing strategy (strategi pemasaran), budget produksi media, konfigurasi perancangan, dan elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Dalam bab ini dijelaskan mengenai langkah-langkah tentang konsep produksi media berbasis video (KPM) yang dibagi menjadi 3 bagian seperti Pre Production, Production dan Post Production.

BAB V PENUTUP

Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang diberikan Mahasiswa/i.

DAFTAR PUSTAKA

Dalam Daftar Pustaka ini berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Dalam lampiran ini berisikan daftar keseluruhan dari lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Pengembangan

Menurut Safitri (2014:2)[1],pengembangan adalah suatu kegiatan yang menghasilkan susatu produk yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Teori Khusus

Literature Review<i>


BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Sejarah

BAB IV

KONSEP PRODUKSI MEDIA (KPM)

BAB V

LANDASAN TEORI

DAFTAR PUSTAKA

  1. Safitri, Norma Nia dan Suparkun. 2014. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas IV. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus Vol 4 No 1 : 3

Contributors

Angga Winantio