SI1411482486: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
Baris 494: | Baris 494: | ||
==Teori Umum== | ==Teori Umum== | ||
− | ===Konsep Dasar | + | ===Konsep Dasar Perancangan=== |
− | + | ||
− | + | ||
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam sub bab ini dijelaskan mengenai Definisi Perancangan yaitu sebagai berikut:</p></div> |
− | + | ====Definisi Perancangan==== | |
− | < | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Lusyani Suryana dalam jurnalnya (2017) mengutip dari Kausar (2015:22). “perancangan merupakan pengembangan sistem dari sistem yang sudah ada atau sistem yang baru, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.</p></div> |
− | + | ||
− | < | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | </ | + | |
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Ryan Pangemanan dalam jurnalnya (2016) mengutip dari Jogiyanto H.M (2001:196). “Perancangan Sistem dapat didefenisikan sebagai penggambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”.</p></div> |
− | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dari beberapa teori yang dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa “perancangan adalah proses penggambaran ataupun perencanaan serta pengaturan struktur-struktur dari sub sistem, yang terdiri dari berbagai macam elemen terpisah unutk dibentuk menjadi satu kesatuan yang utuh dalam rangka pengembangan sistem yang sudah ada maupun pembuatan sistem yang baru”.</p></div> | |
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | |
− | + | ====Tujuan Perancangan==== | |
− | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Deni Darmawan (2013:228) tahap perancangan atau | |
− | + | desain sistem mempunyai dua tujuan utama yaitu:</p></div> | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
<ol> | <ol> | ||
− | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2"> | + | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Memenuhi kebutuhan pemakaian sistem (user)</li> |
− | + | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan rancangan bangun yang lengkap kepada pemrograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat dalam pengembangan atau pembuatan sistem yang secara rinci.</li> | |
− | + | ||
− | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2"> | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
</ol> | </ol> | ||
− | ===Konsep Dasar | + | ===Konsep Dasar Sistem=== |
− | + | ||
− | + | ||
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam sub bab ini dijelaskan mengenai Definisi Sistem yaitu sebagai berikut:</p></div> |
− | + | ====Definisi Sistem==== | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Janu Ilham Saputro dalam jurnalnya (2017) mengutip dari Sutabri (2012:10). “Suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu”.</p></div> |
− | < | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Syukri Ali dalam jurnal (2016) mengutip dari Jogiyanto (2005:101). “Sistem pada umumnya kumpulan dari sub-sub sistem yang saling berinteraksi antara sub sistem yang satu dengan sub sistem yang lain dalam mencapai tujuan yang sama. </p></div> |
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dari beberapa pendapat ahli di atas dapat disimpulkan mengenai definisi sistem adalah “Kumpulan atau himpunan dari variabel yang membentuk sub sistem yang terorganisir dan saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama”.</p></div> |
− | + | ====Bentuk-Bentuk Sistem==== | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | < | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Husni Iskandar Pohan dan Kusnasriyanti Saiful Bahri dalam buku Rusdiana dan Moch. Irfan (2014:40) menjelaskan bahwa pada dasarnya hanya ada dua jenis sistem yaitu:</p></div> |
− | |||
<ol style="list-style-type:lower-alpha"> | <ol style="list-style-type:lower-alpha"> | ||
− | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2"> | + | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Sistem Alami</li> |
− | < | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Seperti sistem matahari, sistem luar angkasa, sistem reproduksi, dan sebagainya.</p></div> |
− | </ | + | |
− | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2"> | + | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Sistem Buatan Manusia</li> |
− | + | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Seperti sistem hukum, sistem perpustakaan, sistem transportasi, dan sebagainya.</p></div> | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> | + | |
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
− | + | ||
</ol> | </ol> | ||
Revisi per 22 November 2018 11.45
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI
SISWA BERBASIS WEB PADA
MAN 1 TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM : 1411482486
NAMA : MUHAMMAD RENDI PURNAMA
JURUSAN SISTEM INFORMASI
KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2018/2019)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI
SISWA BERBASIS WEB PADA
MAN 1 TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1411482486
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Informasi
|
Konsentrasi |
: Sistem Informasi Manajemen
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Desember 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Sistem Informasi
| ||||
(Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM.) |
(Euis Sitinur Aisyah, M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 05066
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI
SISWA BERBASIS WEB PADA
MAN 1 TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1411482486
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen
Disetujui Oleh :
Tangerang, Desember 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
( Handy Januar Permana, SE.,MM) |
(Maimunah, M.Kom)
| ||
NID : 15029 |
NID : 02012
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI
SISWA BERBASIS WEB PADA
MAN 1 TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1411482486
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Informasi
|
Konsentrasi |
: Sistem Informasi Manajemen
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Desember 2018
NIM : 1411482486
|
)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Seiring dengan berkembangnya kehidupan manusia saat ini, banyak sekali aplikasi dan sistem informasi yang dibuat untuk menunjang dan menciptakan kemajuan di berbagai bidang dalam segala aktifitas yang dilakukan oleh manusia, itupula yang dirasakan perlu diterapkan pada PT. Bumitangerang Mesindotama dalam perencanaan anggaran biaya pada bagian IT terutama rencana anggaran biaya project yang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama. Perlu adanya sebuah sistem yang dapat membuat proses rencana anggaran biaya menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam menganalisa sistem yang didukung dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk pengumpulan datanya. Dengan adanya sistem rencana anggaran biaya project IT diharapkan perhitungan rencana anggaran biaya yang sebelumnya rumit dan memakan proses yang lebih lama menjadi lebih mudah, cepat, serta akurat juga diharapkan dapat mengatasi segala kesalahan yang selama ini terjadi.
Kata kunci : Sistem rencana anggaran biaya, IT, Project
ABSTRACT
Along with the development of human life today, many applications and information systems are made to support and create progress in various fields in all activities undertaken by humans, it is also felt necessary to be applied to PT. Bumitangerang Mesindotama in planning budget cost in part IT especially budget plan project cost which requires time and process long enough. The need for a system that can make the cost budget plan process easier, faster and more accurate. In this research, researchers use the SDLC (System Development Life Cycle) method in analyzing the system supported by observation, interview, and literature study for data collection. With the budget plan system of IT project, the cost is expected to the calculation of budget plan previously complicated and consuming longer process becomes easier, faster, and accurate also expected to overcome all errors that have been happened.
Keywords: System cost budget plan, IT, Project
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini yang berjudul “PERANCANGAN SISTEM RENCANA ANGGARAN BIAYA PROJECT IT BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PADA PT BUMITANGERANG MESINDOTAMA”.
Laporan ini merupakan penelitian penulis di PT. Bumitangerang Mesindotama (BT COCOA), Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan sumber literature yang mendukung tulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan banyak pihak, maka penulis tidak akan dapat menyelesaikan tulisan ini dengan baik dan tepat waktu.
Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penelitian ini, antara lain :
- Bapak Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM. selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Dr. Po Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
- Bapak Sutrisno, M.Kom selaku pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis.
- Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom selaku pembimbing II yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan, arahan serta motivasi kepada penulis.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan kepada penulis.
- Kedua orang tua, kakak,adik dan semua saudara yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis dalam menyelesaikan penelitian ini.
- Bapak Andri Halim selaku Kepala Divisi IT PT. Bumitangerang Mesindotama sekaligus pembimbing lapangan yang telah membantu penulis dalam mengumpulkan data-data serta memberikan arahan untuk memperoleh informasi.
- Seluruh Pimpinan dan Karyawan pada PT. Bumitangerang Mesindotama terutama bagian IT yang telah mengijinkan penulis melakukan penelitian dan memberikan dukungan dalam menyelesaikan penelitian ini.
- Rekan-rekan seperjuangan CCB dan BBC (Ikhsan, Alda, Andrian,Yogi, Diko, Eko, Dedy, Sendra, dan yang tidak dapat disebutkan satu persatu).
- Dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis meyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dalam penulisan, penyusunan, ataupun penyajian dalam laporan penelitian ini. Oleh karena itu, segala bentuk saran maupun kritik yang bersifat membangun sangat penulis terima agar dapat menjadi acuan untuk penulisan yang akan datang.
Akhir kata, penulis mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Allah SWT selalu memberikan karunia-Nya kepada kita, dan semoga laporan ini dapat bermanfaat dan berguna terutama untuk penulis dan pembaca.
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 3 BAB III
- 4 BAB IV
- 4.1 Prosedur Sistem Usulan
- 4.2 Diagram Rancangan Sistem Usulan
- 4.3 Rancangan Basis Data
- 4.4 Perbedaan Prosedur Sistem Berjalan Dengan Sistem Usulan
- 4.5 Rancangan Prototype
- 4.6 Rancangan Tampilan Sistem yang Diusulkan
- 4.7 Konfigurasi Sistem yang Diusulkan
- 4.8 Pengujian Sistem yang Diusulkan
- 4.9 Implementasi
- 5 BAB V
- 6 Daftar Pustaka
DAFTAR GAMBAR
- Gambar 2.1 Gambar Sistem terbuka
- Gambar 2.2 Gambar Sistem tertutup
- Gambar 2.3 Gambar The triangle for success
- Gambar 2.4 Tahap Analisis Perhitungan RAB
- Gambar 3.1 Gambar Struktur organisasi
- Gambar 3.2 Gambar Use case diagram sistem berjalan
- Gambar 3.3 Gambar Activity diagram sistem berjalan
- Gambar 3.4 Gambar Sequence diagram sistem berjalan
- Gambar 4.1 Gambar Use case sistem usulan
- Gambar 4.2 Gambar Activity diagram admin sistem usulan
- Gambar 4.3 Gambar Activity diagram manajemen sistem usulan
- Gambar 4.4 Gambar Activity diagram Staff IT sistem usulan
- Gambar 4.5 Gambar Activity diagram pimpinan sistem usulan
- Gambar 4.6 Gambar Sequence diagram admin sistem usulan
- Gambar 4.7 Gambar Sequence diagram manajemen sistem usulan
- Gambar 4.8 Gambar Sequence diagram Staff IT sistem usulan
- Gambar 4.9 Gambar Sequence diagram pimpinan sistem usulan
- Gambar 4.10 Gambar Class diagram sistem usulan
- Gambar 4.11 Gambar Prototype halaman utama
- Gambar 4.12 Gambar Prototype login sistem
- Gambar 4.13 Gambar Prototype menu home
- Gambar 4.14 Gambar Prototype menu rencana anggaran biaya – proyek
- Gambar 4.15 Gambar Prototype menu rencana rincian
- Gambar 4.16 Gambar Prototype menu uraian kegiatan
- Gambar 4.17 Gambar Prototype menu laporan
- Gambar 4.18 Gambar Prototype menu logout
- Gambar 4.19 Gambar Tampilan halaman utama sistem
- Gambar 4.20 Gambar Tampilan login sistem
- Gambar 4.21 Gambar Tampilan menu home
- Gambar 4.22 Gambar Tampilan menu master
- Gambar 4.23 Gambar Tampilan menu rencana anggaran biaya – proyek
- Gambar 4.24 Gambar Tampilan menu rincian
- Gambar 4.25 Gambar Tampilan menu uraian kegiatan
- Gambar 4.26 Gambar Tampilan menu laporan
- Gambar 4.27 Gambar tampilan menu logout
DAFTAR TABEL
- Tabel 3.1 Tabel Elisitasi tahap I
- Tabel 3.2 Tabel Elisitasi tahap II
- Tabel 3.3 Tabel Elisitasi tahap III
- Tabel 3.4 Tabel Final draft elisitasi
- Tabel 4.1 Tabel Struktur tbl_proyek
- Tabel 4.2 Tabel Struktur tbl_rincian
- Tabel 4.3 Tabel Struktur tbl_uraian
- Tabel 4.4 Tabel Struktur tbl_user
- Tabel 4.5 Tabel Perbedaan sistem berjalan dengan sistem usulan
- Tabel 4.6 Tabel Time Schedule
- Tabel 4.7 Tabel Estimasi Biaya
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
BAB I
Latar Belakang
Teknologi dan informasi merupakan dua dari beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, setidaknya hingga saat ini teknologi dan informasi menjadi salah satu faktor penting penunjang dalam kehidupan, selain karena kebutuhan juga karena tuntunan dari perkembangan zaman yang mana selalu mengedepankan tentang kemajuan dibidang teknologi dan informasi. Dalam perkembangannya teknologi dan informasi telah memberikan beragam dampak luar biasa dari penggunaannya, mulai dari kemudahan dalam hal komunikasi, kebebasan dalam hal akses, kecepatan dalam hal informasi, hingga menimbulkan apa yang disebut dengan e-life atau kehidupan yang dipengaruhi dari berbagai macam perkembangan elektronik. Jika dilihat pada saat ini perkembangan teknologi khususnya di indonesia bisa dibilang cukup pesat, setidaknya hingga saat ini dampak dari perkembangan teknologi di indonesia telah mencapai level dimana dapat memberi kemudahan untuk belajar, dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Dampak dari perkembangan teknologi dan informasi ini, tentunya bukan hanya mempengaruhi sebagian kecil pribadi yang ada di indonesia, namun juga setingkat instansi baik swasta, maupun instansi negeri atau pemerintah. Kini instansi negeri mulai membenahi diri dengan terus meningkatkan kemampuan dan juga pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang saat ini, menyesuaikan diri agar dapat menjadi contoh dari bagi intansi lain dalam hal kemajuan teknologi.
Kemajuan teknologi dan informasi kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena kemajuan teknologi akan terus berkembang sebagaimana ilmu pengetahuan berkembang. Kini perkembangan teknologi ini menjadikan teknologi dan informasi kini sangat penting dan dibutuhkan oleh manusia guna menjalankan beragam aktifitas di berbagai bidang, termasuk halnya dalam bidang pendidikan.
Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran guna meningkatkan nilai sosial, budaya moral dan agama seseorang, serta meningkatkan pola pikir dan sudut pandang manusia terhadap sesuatu sebagai langkah untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan dan pengalaman dalam kehidupan. Untuk itu dalam pendidikan diperlukan media pembelajaran yang efektif dan efisien, serta mampu memberikan pemahaman tentang perkembangan teknologi dan informasi saat ini, agar dapat menjadikan perkembangan teknologi dan informasi ini sebagai bagian dari kebutuhan dan juga bagian dari dirinya sendiri.
Dalam rangka untuk meningkatkan efektifif dan efisiensi media pembelajaran juga serta untuk mengajarkan tentang perkembangan teknologi dan informasi ini, perlulah adanya teknologi informasi yang mampu menunjang berbagai kebutuhan dalam proses pembelajaran. Dengan tersedianya teknologi dan informasi sampai ke bidang pendidikan, selain berfungsi sebagai media pembelajaran dan pendukung pembelajaran untuk siswa, namun juga dapat meningkatkan kinerja lembaga pendidikan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM, dan memudahkan dalam proses pengelolaan informasi yang mudah, cepat, tepat dan akurat.
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tangerang adalah salah satu instansi pendidikan yang berada di kota tangerang, dengan indeks yang melekat sebagai instansi pendidikan negeri di kota tangerang tentulah MAN 1 Kota Tangerang harus bisa menjadi Trend center ataupun sebagai contoh bagi instansi pendidikan lain diluar kota tangerang. Namun tidak serta merta dengan indeks yang melekat sebagai instansi pendidikan negeri di kota tangerang semua yang ada dapat dikatakan sebagai yang terbaik, salah satu contoh ada beberapa hal yang masih tertinggal dari instansi pendidikan negeri lain di kota tangerang yaitu dalam hal penggunaan teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi di bidang pendidikan tentunya selain sebagai sebuah kelebihan intansi pendidikan negeri di kota tangerang, juga tentunya untuk mempersingkat alur kerja yang ada, dan pada akhirnya mempermudah kinerja dari berbagai pihak. Dalam satu contoh sistem absensi siswa yang ada di MAN 1 Kota Tangerang yang masih menggunakan sistem secara konvensional, terkadang mengalami masalah mulai dari berulangnya proses yang akhirnya melibatkan banyak pihak, juga faktor-faktor teknis lainya seperti kemungkinan data absen yang ada dapat rusak ataupun hilang. Dengan maksud untuk membantu pengembangan sistem yang ada juga untuk memperkecil kemungkinan dari kendala yang ada maka dilakukanlah analisa yang berfokus pada kemungkinan pengembangan sistem guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kendala- kendala yang ada.
Berdasarkan latar belakang di atas dirasa perlu dilakukanya penelitian untuk pengembangan sistem yang lebih baik dengan judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB PADA MAN 1 TANGERANG”.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan di teliti dalam penelitian ini didasarkan atas indentifikasi masalah yang ada dan akan berfokus pada beberapa poin yaitu:
- Bagaimanakan proses dan alur kerja sistem absensi yang saat ini digunakan oleh MAN 1 Kota Tangerang?
- Apa saja kendala yang sering terjadi dalam alur kerja sistem absensi yang saat ini digunakan oleh MAN 1 Kota Tangerang?
- Bagaimanakah rancangan sistem untuk mengatasi kendala atau permasalahan yang timbul dalam alur kerja sistem absensi yang saat ini digunakan oleh MAN 1 Kota Tangerang?
Ruang Lingkup Penelitian
Adapun ruang lingkup untuk membatasi permasalahan pada sistem absensi siswa yang sedang di teliti yaitu meliputi :
- Penelitian dan hasil dari penelitian hanya diperuntukan untuk MAN 1 Tangerang.
- Implementasi sistem absensi siswa berdasarkan pada final requirement elisitasi.
- Hanya membatasi pembuatan sistem informasi absensi siswa per-mata pelajaran.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini diwakilkan dalam beberapa poin yaitu:
- Guna pembuatan laporan untuk tugas akhir skirpsi yang sedang dilakukan.
- Guna membantu pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam alur kerja absensi siswa.
- Sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat.
Manfaat Penelitian
Adapun beberapa manfaat yang diharapkan dapat terjadi selepas penelitian ini adalah:
- Menambah wawasan bagi peneliti dalam hal menghadapi permasalahan yang nyata, mulai dari menganalisa masalah, sampai dengan membuat solusi untuk masalah yang ada.
- Hasil penelitian dapat menjadi sebuah bentuk solusi yang benar benar mampu mengatasi kendala yang ada.
- Dapat bermanfaat sebagai bahan refrensi dan pembelajaran bagi para pribadi raharja, terutama bagi pribadi raharja yang akan melaksanakan penelitian baik KKP, tugas akhir maupun skripsi.
Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian adalah kumpulan dari beberapa metode yang diterapkan menjadi satu dalam sebuah penelitian dan berikut adalah metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini.
Metode Pengumpulan Data
Proses pengumpulan data di gunakan beberapa metode dalam penelitian ini yaitu:
- Metode Observasi
Metode observasi dilakukan dengan mendatangi instansi terkait guna melihat, menganalisa langsung serta memastikan kendala yang terjadi agar dapat menemukan solusi yang tepat.
- Metode Wawancara
Metode wawancara dalah melakukan proses tanya dan jawab dengan stakeholder atas penelitian ini, baik permasalahan yang ada dan juga solusi yang sesuai dengan keinginan stakeholder.
- Study Pustaka
Mencari berbagai macam refrensi terkait dengan judul penelitian, dimaksudkan guna pedoman bagi penelitian.
Metode Analisis Data
Dalam penelitian ini terdapat metode analisis data yaitu metode atau cara yang digunakan untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan. Diantaranya yaitu:
- Metode analisis sistem
Adalah metode yang digunakan untuk menganalisis alur kerja dari sistem yang berjalan, mulai dari menganalisa prosedur penerapan sistem, input maupun output yang dihasilkan oleh sistem menggunakan metode SWOT.
- Metode analisis kebutuhan
Adalah metode yang digunakan untuk menganalisa kebutuhan sistem, agar dapat dilakukan penyesuaian terhadap kebutuhan dan keinginan dari pengguna nantinya, menggunakan metode analisis elisitasi.
Metode Perancangan Sistem
Perancangan sistem adalah tahap selanjutnya yaitu berupa penggambaran solusi dari hasil data yang telah dikumpulkan dan dianalisis. Dalam tahap ini dilakukan pembuatan rancangan sistem, baik membuat desain sistem, maupun membuat fungsi-fungsi yang harus ada dalam sistem. oleh karena itu dalam perancangan sistem digunakan beberapa alat bantu diantaranya, Visual Paradigm for UML Interprise Edition merupakan software yang akan digunakan untuk men-design dan membuat suatu model diagram, Xampp Package untuk paket pendukung pemrograman MySql, PHP dan PHP My Admin, dan Sublime Text merupakan software yang digunakan sebagai code editor dari web yang akan dibuat.
Sistematika Penelitian
Untuk memudahkan dalam pembuatan penulisan laporan dan pembahasannya secara sistematis maka penulisan laporan skripsi ini terdiri dari beberapa sub bab yang diantaranya sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menjelaskan secara umum mengenai latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini membahas mengenai teori teori pendukung yang berkaitan dengan sistem yang sedang diteliti.
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang gambaran umum Instansi yang diteliti yaitu MAN 1 Kota Tangerang, sejarah singkat, struktur organisasi serta hasil dari analisis sistem yang berjalan menggunakan dengan menggunakan UML, juga elisitasi tentang sistem, guna dasar dari konsep pembuatan sistem.
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Bab ini merupakan penjabaran hasil rancangan yang diusulkan, yang menerangkan tentang : usulan sistem yang akan digambarkan dengan diagram rancangan sistem berupa UML (Unified Modelling Language), rancangan basis data, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototype yang menggambarkan rancangan sistem yang diusulkan, rancangan program yang dibuat, konfigurasi sistem yang diusulkan, testing yang digunakan, evaluasi sistem yang dibuat, implementasi sistem, serta estimasi biaya yang berisi rincian biaya sistem yang nantinya akan diaplikasikan ke perusahaan, instansi pemerintah maupun di masyarakat.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisikan pencapaian yang berkaitan dengan tujuan yang sudah dipaparkan sebelumnya serta, tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan untuk sistem yang sedang berjalan.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi tentang referensi-referensi yang didapat guna pedoman selama penelitian yang dilakukan.
LAMPIRAN
Daftar yang memuat keseluruhan data dan dokumentasi pekerjaan yang pernah dilakukan selama penelitian, untuk melengkapi laporan Skripsi yang dibuat.
BAB II
Teori Umum
Konsep Dasar Perancangan
Dalam sub bab ini dijelaskan mengenai Definisi Perancangan yaitu sebagai berikut:
Definisi Perancangan
Menurut Lusyani Suryana dalam jurnalnya (2017) mengutip dari Kausar (2015:22). “perancangan merupakan pengembangan sistem dari sistem yang sudah ada atau sistem yang baru, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.
Menurut Ryan Pangemanan dalam jurnalnya (2016) mengutip dari Jogiyanto H.M (2001:196). “Perancangan Sistem dapat didefenisikan sebagai penggambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi”.
Dari beberapa teori yang dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa “perancangan adalah proses penggambaran ataupun perencanaan serta pengaturan struktur-struktur dari sub sistem, yang terdiri dari berbagai macam elemen terpisah unutk dibentuk menjadi satu kesatuan yang utuh dalam rangka pengembangan sistem yang sudah ada maupun pembuatan sistem yang baru”.
Tujuan Perancangan
Menurut Deni Darmawan (2013:228) tahap perancangan atau desain sistem mempunyai dua tujuan utama yaitu:
- Memenuhi kebutuhan pemakaian sistem (user)
- Memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan rancangan bangun yang lengkap kepada pemrograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat dalam pengembangan atau pembuatan sistem yang secara rinci.
Konsep Dasar Sistem
Dalam sub bab ini dijelaskan mengenai Definisi Sistem yaitu sebagai berikut:
Definisi Sistem
Menurut Janu Ilham Saputro dalam jurnalnya (2017) mengutip dari Sutabri (2012:10). “Suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu”.
Menurut Syukri Ali dalam jurnal (2016) mengutip dari Jogiyanto (2005:101). “Sistem pada umumnya kumpulan dari sub-sub sistem yang saling berinteraksi antara sub sistem yang satu dengan sub sistem yang lain dalam mencapai tujuan yang sama.
Dari beberapa pendapat ahli di atas dapat disimpulkan mengenai definisi sistem adalah “Kumpulan atau himpunan dari variabel yang membentuk sub sistem yang terorganisir dan saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama”.
Bentuk-Bentuk Sistem
Menurut Husni Iskandar Pohan dan Kusnasriyanti Saiful Bahri dalam buku Rusdiana dan Moch. Irfan (2014:40) menjelaskan bahwa pada dasarnya hanya ada dua jenis sistem yaitu:
- Sistem Alami
- Sistem Buatan Manusia
Seperti sistem matahari, sistem luar angkasa, sistem reproduksi, dan sebagainya.
Seperti sistem hukum, sistem perpustakaan, sistem transportasi, dan sebagainya.
BAB III
Gambaran Umum Perusahaan
Sejarah Singkat PT. Sintech Berkah Abadi
PT. Sintech Berkah Abadi, Jl. HR. Rasuna Said No. 76 RT. 005/001 Pakojan, Pinang, Tangerang – Banten. Perusahaan baru berdiri pada tahun 2015 dengan nama perusahaan adalah PT. Sintech Berkah Abadi. PT. Sintech Berkah Abadi adalah salah satu dari penyedia solusi perangkat lunak di pasar global, memberikan solusi bisnis dan berteknologi tinggi berbasis layanan untuk para pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. PT. Sintech Berkah Abadi memiliki tim yang kuat dengan ukuran pelaksanaan proyek besar dan mengerahkan seluruh kemampuanya untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi kepada pelanggan. Salah satu kunci keberhasilan kami adalah adaptasi kami terhadap berbagai macam dan aneka kebutuhan akan sistem informasi komputer sehingga menghasilkan Manajemen Kualitas, Manajemen Proyek, kebutuhan Infrastruktur, dan lainnya dengan sempurna untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan kami. Memegang portfolio yang terdiri dari produk, proyek dan layanan konsultasi, kami membuat produk inovatif dan menawarkan solusi terkini untuk permintaan pasar yang dinamis dan lingkungan digital yang dinamis.
Profile PT. Sintech Berkah Abadi
- Data Administrasi Perusahaan
Nama : PT sintech Berkah Abadi
Status Perusahaan : Pusat
Alamat : Jl. HR. Rasuna Said Kelurahan Pakojan
RT.005/01 No. 76 Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, 15142
No. Telepon : 081383451482
E-Mail : [email protected] |
Visi dan Misi Perusahaan
- Visi
Visi PT. Sintech Berkah Abadi adalah “IT makes easier your works” Menghasilkan produk dan jasa Teknologi Informasi yang memudahkan pekerjaan dan aktivitas Anda.
- Misi
Misi PT. Sintech Berkah Abadi adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan kualitas SDM dalam pemanfaatan Teknologi Informasi.
- Mengembangkan produk Teknologi Informasi yang berkualitas dan kompetitif.
- Menyajikan solusi yang tepat dan cermat dalam mengatasi permasalahan konsumen di bidang Teknologi Informasi.
- Membantu memenuhi kebutuhan masyarakat (user / konsumen) dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi bidang Teknologi Informasi.
- Menciptakan komitmen dan kepercayaan masyarakat (user / konsumen) secara konsisten dan berkesinambungan.
Struktur Organisasi PT. SIntech Berkah Abadi
Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu sktruktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha untuk menunjukkan kerangka kerangka hubungan diantara fungsi, bagian-bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Selain itu juga untuk menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu oragnisasi. Struktur organisasi manajemen PT Sintech Berkah Abadi adalah sebagai berikut :
Gambar 3.1. Struktur Organisasi
Wewenang dan Tanggung Jawab
Pada PT. Sintech Berkah Abadi terdapat bagian-bagian yang memiliki tugas dan wewenang dalam menyelesaikan semua pekerjaan. Adapun tugas dan wewenangnya sebagai berikut :
- Komisaris
Tugas dan Wewenang :
- Melakukan pengawasan atas jalannya usaha pada perusahaan dagang tersebut.
- Memberikan nasihat kepada direktur dalam melaksanakan pengurusan perusahaan.
- Melakukan pelaksanaan dari setiap kebijaksanaan yang telah digariskan atau dikeluarkan.
- Dewan komisaris dapat diamanatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu.
- Mengetahui segala kebijakan dan tindakan yang telah dan akan dijalankan oleh direktur.
- Direktur
Tugas dan Wewenang :
- Membuat rencana pengembangan dan usaha perusahaan dalam jangka pendek dan panjang.
- Memberikan laporan pertanggungjawaban kepada rapat umum pemegang saham.
- Menetapkan pencapaian tujuan untuk jangka panjang.
- Menunjuk, menangkat dan memberhentikan kepala bagian.
- Menandatangani permintaan pengeluaran kas yang jumlahnya besar dan sifatnya penting.
- Mengawasi serta mengurus kekayaan perusahaan.
- Berwenang untuk menegur bawahan apabila melanggar tata tertib perusahaan.
- Manager Marketing
Tugas dan Wewenang :
- Menentukan strategi pemasaran yang efektif.
- Menjalin hubungan dengan pelanggan khususnya dan menerima komplain pelanggan.
- Menjalin hubungan, dan kerja sama yang baik didalam internal perusahaan baik bagian marketing maupun dengan bagian lain.
- Menciptakan kenyamanan dalam bekerja di bagian marketing.
- Berwenang untuk melakukan koordinasi dengan bagian lain sehubungan dengan pelaksanaan fungsi kerja di bagian marketing.
- Berwenang melakukan langkah-langkah tindak lanjut dan penyelesaian terhadap keluhan dari pelanggan.
- Berwenang untuk menegur bawahan apabila melanggar tata tertib perusahaan.
- Manager Finance
Tugas dan Wewenang :
- Mengkoordinasikan pengendalian kegiatan akuntasi manajemen, keuangan, sistem informasi keuangan.
- Mengevaluasi dan menyampaikan laporan keuangan (neraca, laporan laba / rugi, laporan arus kas) yang auditable secara berkala beserta perinciannta (bulanan, triwulan maupun akhir tahun) sesuai dengan kebijakan akuntansi direksi.
- Mengevaluasi kajian kelayakan investasi dalam surat-surat berharga, akuisisi, merger dan privatisasi.
- Mengusulkan sistem dan prosedur akuntasi dan keuangan yang memadai untuk pengembangan sistem informasi & keuangan dan bentuk-bentuk pelaporan.
- Melakukan perubahan nomer rekening.
- Menerima atau menolak permintaan pembayaran dari unit kerja.
- Melakukan perubahan bentuk laporan keuangan.
- Menyusun dan merevisi sasaran mutu dan prosedur mutu unit kerja.
- Berwenang untuk menegur bawahan apabila melangar tata tertib perusahaan.
- Manager Training
Tugas dan Wewenang :
- Mengukur kebutuhan training yang relevan untuk karayawan baik untuk level individu atau level organisasi, berkonsultasi dengan kepala-kepala tiap departemen, termasuk metoda-metoda penilaian dan sistem pengukuran diperlukan.
- Selalu mengetahui informasi terkini tentang keterampilan- keterampilan dan level kualifikasi yang relevan yang diperlukan oleh karyawan untuk tetap mempunyai kinerja yang efektif dan menginformasikan ke setiap orang setiap tentang persyaratan dan informasi yang terkait dengan hal tersebut ke organisasi secara tepat.
- Mendesain program training dan kursus-kursus dan kurikulum yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelatihan atau mengatur terlaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan penyedia jasa dari luar perusahaan.
- Mengidentifikasi, memilih dan mengatur lembaga pelatihan dan akreditasi eksternal, para agensi seta penyedia-penyedia jasa training untuk melaksanakan training yang diperlukan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.
- Mengorganisir tempat pelaksanaan pelatihan, logistik, pengangkutan, pemondokan seperti yang diperlukan untuk mencapai pengadaan dan pelaksanaan pelatihan secara efisien.
- Merencanakan dan melaksanakan kursus latihan secara pribadi sebagai supplement (tambahan) dari training yang disediakan secara external maupun internal oleh pihak lain.
- Manager Software
Tugas dan Wewenang :
- Bekerja dalam meneliti sebuah masalah.
- Merencanakan solusi terhadap masalah yang ada.
- Merekomendasikan software dan sistem yang dibutuhkan.
- Mengkoordinir pengembangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau kebutuhan lainnya.
- Merencanakan aliran sistem dari bawah keatas.
- Berinteraksi dengan pelanggan untuk belajar dan mendokumentasikan yang nantinya akan digunakan untuk membuat Business Requirement Document.
- Menuliskan kebutuhan teknis dari fase kritis.
- Berinteraksi dengan designer untuk memahami keterbatasan perangkat lunak.
- Membantu programmer selama pengembangan sistem, seperti menyediakan use case, flowchart, atau bahkan design database.
- Melakukan pengujian sistem.
- Manager Hardware
Tugas dan Wewenang :
- Mensupervisi maintenance jaringan network perusahaan beserta hardware pendukungnya.
- Manager Perencanaan
Tugas dan Wewenang :
- Membuat perencanaan untuk setiap kegiatan rutin perusahaan.
- Manager HRD
Tugas dan Wewenang :
- Merencanakan dan mengkordinasikan tenaga kerja perusahaan yang hanya mempekerjakan karyawan yang berbakat.
- Menjadi penghubung antara manajemen dengan karyawannya.
- Melakukan pelayanan karyawan.
- Memberi masukan pada manajer mengenai kebijakan perusahaan, seperti kesempatan yang sama pada karyawan atau apabila terjadi pelecehan seksual.
- Mengkordinir dan mengawasi pekerjaan para pegawai khusus dan staf pendukung.
- Mengawasi proses perekrutan, wawancara kerja, seleksi, dan penempatan karyawan baru.
- Menangani isu-isu ketenagakerjaan, seperti memediasi pertikaian dan mengarahkan prosedur kedisiplinan.
- Staff Administrasi
Tugas dan Wewenang :
- Melaksanakan aktifitas penyiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai, untuk memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor bagi setiap pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan.
- Melaksanakan kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan administrasi bagi kelancaran kegiatan seluruh karyawan.
- Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada atasan.
Rancangan Sistem Yang Berjalan
Untuk menganalisa sistem berjalan, penelitian ini menggunakan program Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan prosedur dan proses yang berjalan saat ini.
Prosedur Sistem Yang Berjalan
- Klien mengirim keluhan menggunakan sistem email kepada Technical Support.
- Technical Support menerima email keluhan dari klien.
- Technical Support mengirim email routing keluhan klien kepada manager divisi IT.
- Manager divisi IT menerima email routing dari Technical Support.
- Manager divisi IT menyetujui keluhan klien dari Technical Support.
- Tim divisi IT mengerjakan keluhan dari klien.
- Manager divisi IT mengkonfirmasi hasil pekerjaan keluhan klien melalui telepon kepada Technical Support.
- Technical Support menghubungi klien melalui telepon bahwa keluhan sudah dikerjakan.
Analisa Sistem Yang Berjalan Pada Use Case Diagram
Untuk menganalisa tata laksana sistem yang berjalan pada penelitian ini digunakan program Aplikasi Visual Paradigm for UML Enterprise Edition untuk menggambarkan Use case diagram, Activity diagram, dan Sequence diagram.
- Use Case Diagram
Berikut ini gambaran use case sistem penanganan keluhan pada PT. Sintech Berkah Abadi :
Gambar 3.2. Use Case Diagram Sistem Yang Berjalan
Berdasarkan gambar use case diagram di atas terdapat :
- 1 System yang mencakup seluruh kegiatan yang berjalan, yaitu sistem penanganan keluhan.
- 3 actor yang melakukan kegiatan yaitu : Klien, Technical Support, Divisi IT.
- 3 use case yang bisa dilakukan oleh actor, diantaranya : mengirim keluhan, menampung keluhan, mengerjakan keluhan.
Analisa Sistem Yang Berjalan Pada Activity Diagram
- Activity Diagram
Berikut ini gambaran activity diagram sistem penanganan keluhan pada PT. Sintech Berkah Abadi :
Gambar 3.3. Activity Diagram Sistem Yang Berjalan
Berdasarkan gambar Activity Diagram diatas terdiri dari :
- 1 Initial node yang merupakan awal kegiatan.
- 3 Vertical swimeline yaitu Klien, technical support, dan Divisi IT.
- 10 activity yang biasa dilakukan oleh actor-actor, diantaranya : mengirim keluhan, mengkonfirmasi keluhan, mengerjakan keluhan.
- 1 final node yang merupakan akhir kegiatan.
Analisa Sistem Yang Berjalan Pada Sequence Diagram
- Sequence Diagram
Berikut ini gambaran sequence diagram sistem penanganan keluhan pada PT. Sintech Berkah Abadi :
Gambar 3.4. Sequence Diagram Sistem Yang Berjalan
Berdasarkan gambar Sequence diagram diatas terdapat :
- 3 actor yang melakukan kegiatan yaitu : klien, technical support, dan Divisi IT.
- 12 Message yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh actor tersebut, diantaranya : 1. Membuat keluhan, 2. Mengirim keluhan, 3. Menerima keluhan, 4. Mengirim email routing, 5. Menerima email routing, 6. Menganalisa email routing, 7. Menyetujui keluhan, 8. Mengerjakan keluhan, 9. Mengkonfirmasi hasil pekerjaan, 10. Menerima konfirmasi, 11. Meneruskan hasil konfirmasi, 12. Menerima konfirmasi.
- 3 lifeline antarmuka yang saling berinteraksi, diantaranya : Email, keluhan dan telepon.
Analisa Sistem Yang Berjalan
Metode Pengembangan Sistem
- Analisa SDLC (System Development Life Cycle)
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pengembangan SDLC (System Development Life Cycle) salah satunya adalah model waterfall. Model waterfall (waterfall model) dapat digunakan untuk sistem atau perangkat lunak yang bersifat generik, yaitu artinya sistem dapat diidentifikasi semua kebutuhannya dari awal dengan spesifikasi yang umum. Karakteristik model ini, memiliki tujuan untuk membangun sebuah sistem dari awal yang mengumpulkan kebutuhan sistem yang akan dibangun sesuai dengan topik penelitian yang dipilih sampai dengan produk tersebut diuji.
Model pengembangan waterfall ini bersifat linear dari tahap awal pengembangan sistem yaitu tahap perencanaan sampai tahap akhir pengembangan sistem yaitu tahap pemeliharaan. Tahapan berikutnya tidak akan dilaksanakan sebelum tahapan sebelumnya selesai dilaksanakan dan tidak bisa kembali atau mengulang ke tahap sebelumnya.
Dalam pembuatan sistem help desk untuk penanganan keluhan klien dengan metode pengembangan waterfall memiliki beberapa tahapan yang akan dilakukan yaitu sebagai berikut :
- Perencanaan sistem.
- Analisis sistem.
- Perancangan sistem.
- Pengujian sistem.
- Implementasi sistem.
- Pemeliharaan sistem.
Konfigurasi Sistem Berjalan
- Spesifikasi perangkat keras/hardware
- Processor : Intel Core i3
- Monitor : Dell
- Mouse : Logitech
- Keyboard : Logitech
- RAM : 2GB
- Harddisk : 500GB
- Printer : Epson L360
- Spesifikasi perangkat lunak/software
- Windows 10
- Google Chrome
Masalah Yang Dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah
- Permasalahan yang Dihadapi
Dalam melakukan penanganan keluhan klien pada PT. Sintech Berkah Abadi masih menggunakan sistem semi komputerisasi/email atau belum menggunakan sistem terkomputerisasi yang khusus untuk penanganan keluhan dari klien, sehingga tidak terstruktur dan masih belum efektif dan efisien dalam penanganan keluhan klien. Peneliti ingin mencoba untuk menganalisa dan menguraikan hambatan serta masalah yang ada pada sistem yang berjalan saat ini. Hambatan dan masalah yang utama adalah cara penanganan keluhan klien yang rumit atau tidak terstruktur, yang dapat diuraikan sebagai berikut :
- Menggunakan sistem email yang akan sulit mengontrol keluhan-keluhan yang masuk.
- Tidak ada laporan keluhan klien sehingga sulit memantau kinerja Technical Support.
- Dapat mengganggu komunikasi bila terjadi gangguan teknis pada Mail Server.
- Alternatif Pemecahan Masalah
Untuk mengatasi permasalahan yang telah disebutkan diatas, peneliti mengajukan suatu cara untuk meminimalkan permasalahan dalam proses penanganan keluhan klien agar lebih baik dari sebelumnya yaitu dengan menggunakan perkembangan teknologi saat ini dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut :
- Efektifitas dalam mempermudah proses pengaduan dan penanganan keluhan agar lebih terstruktur lagi.
- Proses yang mudah dalam penanganan keluhan klien sehingga technical support dapat mudah melakukan rekapan keluhan.
- Mengurangi dan meminimalisasikan gangguan-gangguan pada sistem penanganan keluhan.
User Requirements
Pada user requirement ini berisi tabel elisitasi tahap 1, 2, 3 dan final draft elisitasi. Pembuatan elisitasi dapat dibuktikan atau berdasarkan pada observasi dan wawancara.
- Elisitasi Tahap I
Setelah melakukan observasi dan wawancara terhadap stakeholder, maka didapat beberapa kebutuhan yang diperlukan guna membangun sebuah sistem yang diinginkan, kebutuhan-kebutuhan tersebut disusun kedalam Elisitasi Tahap I sebagai berikut :
Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I
- Elisitasi Tahap II
Elisitasi tahap II disusun berdasarkan Elisitasi tahap I yang kemudian diklasifikasikan lagi dengan metode MDI (Mandatory, Desirable, Inessential). Berikut penjelasan dari beberapa requirement yang diberi opsi Inessential (I) dan harus dieliminasi.
Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II
Keterangan :
M = Mandatory (Penting)
D = Desirable (Tidak Terlalu Penting)
I = Inessential (Tidak Mutlak Ada)
- Elisitasi Tahap III
Elisitasi tahap III merupakan hasil penyusutan tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui TOE, yaitu sebagai berikut :
- T (Technical), maksudnya adalah bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.
- O (Operational), maksudnya adalah bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.
- E (Economic), maksudnya adalah berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem.
Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, diantaranya :
- High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.
- Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan.
- Low (L) : Mudah untuk dikerjakan.
Elisitasi tahap III ini berisikan 33 (tiga puluh tiga) kebutuhan functional dan 6 (enam) kebutuhan non functional yang dapat dilihat pada Tabel 3.3 dari hasil penyusutan elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI sebagai berikut :
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III
T = Technical (Teknis)
H = High (Tinggi)
O = Operational (Operasional)
M = Middle (Tengah atau Sedang)
E = Economic (Ekonomis)
L = Low (Rendah)
- Final Draft Elisitasi
Final draft elisitasi merupakan bentuk dari tahap-tahap elisitasi yang dapat dijadikan acuan dasar pengembangan sistem yang akan dibentuk. Berikut diagram final draft elisitasi :
Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi
BAB IV
RANCANGAN SISTEM USULAN
Prosedur Sistem Usulan
- Usulan Prosedur yang Berjalan
Setelah mengadakan penelitian dan menganalisa sistem yang ada pada PT Bumitangerang mesindotama, maka selanjutnya akan dibuatkan sistem usulan seperti apa yang akan dibuat yang dapat memberikan efektivitas dan efisiensi. Terdapat beberapa usulan dari prosedur sistem yang baru, mengacu pada kekurangan sistem sebelumnya.
Usulan atau rancangan yang akan diajukan dalam penulisan laporan skripsi ini adalah merancang dan membuat sebuah sistem kehadiran siswa berbasis web, yang mana dapat mempermudah dalam hal pelaksanaan dan perhitungan rencana anggaran biaya yang sebelumnya masih menggunakan sistem yang belum terkomputerisasi, dalam sistem yang baru akan dapat menambahkan data proyek baru, menghapus ataupun mengedit data, administrator sistem nantinya juga dapat membuat rincian bahan/barang apa saja yang digunakan dalam sebuah proyek dan juga dapat membuat uraian kegiatan yang dilakukan pada sebuah proyek agar penggunaan dana dapat lebih terlihat dan transparan.
Diagram Rancangan Sistem Usulan
Untuk menganalisa sistem yang hendak diusulkan, maka dibuatkan kedalam diagram untuk menunjukan rancangan dari sistem yang diusulkan, dan digunakan software Visual Paradigm for UML 6.4 untuk membuat gambaran dari sistem yang diusulkan kedalam bentuk diagram yang diantaranya adalah : Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram.
- Use Case Diagram Sistem Usulan
Gambar 4.1 Use Case Diagram Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.1 Use Case Diagram Sistem Usulan Terdapat :- 1 (satu) sistem yang mencakup seluruh usulan.
- 4 (satu) aktor, yaitu Admin,Manajemen,Staff IT, dan Pimpinan
- 9 (enam) use case yang dilakukan aktor tersebut diantaranya: Admin melakukan login, masuk ke menu utama, masuk ke menu proyek, masuk ke menu rincian, masuk ke menu uraian kegiatan, masuk ke menu laporan, dan User melakukan log out.
- 2 (empat) include.
- 4 (enam) extend.
- Activity Diagram Admin Sistem Usulan
Gambar 4.2 Activity Diagram Admin Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.2 Activity Diagram Admin Sistem Usulan terdapat:- 1 (satu) initial node, yang mengawali objek.
- 24 (dua puluh empat) action state, yaitu menggambarkan eksekusi kegiatan.
- 2 (dua) decision node, yaitu menjelaskan terjadinya dua kemungkinan proses pada action login.
- 1 (satu) final node, yang mengakhiri objek.
- Activity Diagram Staff IT Sistem Usulan
Gambar 4.3 Activity Diagram Manajemen Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.3 Activity Diagram Manajemen Sistem Usulan terdapat:- 1 (satu) initial node, yang mengawali objek.
- 8 (delapan) action node, yaitu menggambarkan eksekusi kegiatan.
- 2 (dua) decision node, yaitu menjelaskan dua kemungkinan proses.
- 1 (satu) final node, yang mengakhiri objek.
- Activity Diagram Pimpinan Sistem Usulan
Gambar 4.4 Activity Diagram Staff IT Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.4 Activity Diagram Staff IT Sistem Usulan terdapat:- 1 (satu) initial node, yang mengawali objek.
- 19 (sembilan belas) action node, yaitu menggambarkan eksekusi kegiatan.
- 2 (dua) decision node, yaitu menjelaskan dua kemungkinan proses.
- 1 (satu) final node, yang mengakhiri objek.
- Activity Diagram Pimpinan Sistem Usulan
Gambar 4.5 Activity Diagram Pimpinan Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.5 Activity Diagram Pimpinan Sistem Usulan terdapat:- 1 (satu) initial node, yang mengawali objek.
- 6 (enam) action node, yaitu menggambarkan eksekusi kegiatan.
- 2 (dua) decision node, yaitu menjelaskan dua kemungkinan proses.
- 1 (satu) final node, yang mengakhiri objek.
- Sequence Diagram Admin Sistem Usulan
Gambar 4.6 Sequence Diagram Admin Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.6 Sequence Diagram Sistem Usulan:- 1 Actor yang melakukan kegiatan, Admin dan Manajemen
- 9 Message spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi dari aktifitas yang sedang terjadi atau kegiatan yang dilakukan oleh aktor.
- 7 Lifeline mengidentifikasikan kehadiran objek pada saat terakhir/akhir waktu.
- Sequence Diagram Manajemen Sistem Usulan
Gambar 4.7 Sequence Diagram Manajemen Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.7 Sequence Diagram Manajemen Sistem Usulan terdapat:- 1 Actor yang melakukan kegiatan, Admin dan Manajemen
- 1 Actor yang melakukan kegiatan, Admin dan Manajemen
- 6 Lifeline mengidentifikasikan kehadiran objek pada saat terakhir/akhir waktu.
- Sequence Diagram Staff IT Sistem Usulan
Gambar 4.8 Sequence Diagram Staff IT Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.8 Sequence Diagram Staff IT Sistem Usulan terdapat:- 1 Actor yang melakukan kegiatan, Admin dan Manajemen
- 8 Message spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi dari aktifitas yang sedang terjadi atau kegiatan yang dilakukan oleh aktor.
- 6 Lifeline mengidentifikasikan kehadiran objek pada saat terakhir/akhir waktu.
- Sequence Diagram Pimpinan Sistem Usulan
Gambar 4.9 Sequence Diagram Pimpinan Sistem Usulan
Berdasarkan Gambar 4.9 Sequence Diagram Pimpinan Sistem Usulan terdapat:- 1 Actor yang melakukan kegiatan, Admin dan Manajemen
- 7 Message spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat informasi dari aktifitas yang sedang terjadi atau kegiatan yang dilakukan oleh aktor.
- 5 Lifeline mengidentifikasikan kehadiran objek pada saat terakhir/akhir waktu.
Rancangan Basis Data
Rancangan basis data adalah sebuah penggambaran basis data yang digunakan dalam sistem yang diusulkan, berikut adalah rancangan basis data dalam bentuk class diagram.
- Class Diagram Sistem Usulan
Gambar 4.10 Class Diagram Sistem Usulan
Berdasarkan gambar Class diagram sistem usulan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:- 4 (empat) class, himpunan dari objek-objek yang berbagi atribut serta operasi yang sama diantaranya tbl_proyek, tbl_rincian, tbl_uraian, tbl_laporan.
- 2 (dua) multiciply, hubungan antara objek satu dengan objek lainnya yang mempunyai nilai.
- Spesifikasi Basis Data
Setelah pada sub bab sebelumnya dipaparkan tentang basis data yang digunakan pada sistem yang diusulkan, maka selanjutnya akan dipaparkan mengenai detail dari rancangan basis data yang digunakan secara lebih rinci.
- Nama Field : tbl_proyek
Isi : id_proyek, judul, pengerjaan, total_biaya, status, tanggal<bt/>Media : Harddisk
Panjang Record : 77 Karakter
Primary Key : id_proyekTabel 4.1 Struktur tbl_proyek
- Nama Field : tbl_rincian
Isi : id_rincian, id_proyek, bahan, satuan, jumlah, harga, total_harga
Media : Harddisk
Panjang Record : 112 Karakter
Primary Key : id_rincianTabel 4.2 Struktur tbl_rincian
- Nama Field : tbl_uraian
Isi : id_uraian, id_proyek, tanggal, kegiatan, nama_file
Media : Harddisk
Panjang Record : 152 Karakter
id_uraianTabel 4.3 Struktur tbl_uraian
- Nama Field : tbl_user
Isi : id_user, username, password, level
Media : Harddisk
Panjang Record : 60 Karakter
Primary Key : id_userTabel 4.4 Struktur tbl_user
- Nama Field : tbl_proyek
Perbedaan Prosedur Sistem Berjalan Dengan Sistem Usulan
Tabel 4.5 Perbedaan Sistem Berjalan dengan Sistem Usulan
Rancangan Prototype
- Tampilan Prototype Halaman Utama Sistem
Tampilan prototype halaman utama ini berisi tampilan tentang informasi umum PT. Bumitangerang Mesindotama atau BTCOCOA, tampilan ini adalah tampilan awal sebelum seseorang dapat login.
Gambar 4.11 Prototype Halaman Utama Sistem
- Tampilan Prototype Login Sistem
Tampilan prototype login berisi textbox username dan password yang digunakan user untuk masuk kedalam sistem.
Gambar 4.12 Prototype Login Sistem
- Tampilan Prototype Menu Home
Tampilan prototype menu home berisi tampilan saat user telah melakukan login
Gambar 4.13 Prototype Menu Home
- Tampilan Prototype Menu Rencana Anggaran Biaya - Proyek
Tampilan prototype ini berisi tampilan untuk input data proyek dan juga hasil data proyek yang telah diinput.
Gambar 4.14 Prototype Menu Rencana Anggaran Biaya - Proyek
- Tampilan Prototype Menu Rencana Anggaran Biaya - Rincian
Tampilan prototype menu rincian ini berisi tampilan untuk input data rincian berdasarkan data proyek dan juga hasil dari tampilan yang telah diinputkan.
Gambar 4.15 Prototype Menu Rencana Anggaran Biaya - Rincian
- Tampilan Prototype Menu Uraian Kegiatan
Tampilan prototype menu uraian kegiatan ini berisi tampilan input untuk kegiatan yang dilakukan saat proyek sedang berjalan dan juga menampilkan hasil dari input kegiatan.
Gambar 4.16 Prototype Menu Uraian Kegiatan
- Tampilan Prototype Menu Laporan
Tampilan menu laporan berisikan laporan dari proyek yang ada.
Gambar 4.17 Prototype Menu Laporan
- Tampilan Prototype Menu Logout
Tampilan menu logout dilakukan apabila user ingin keluar dari sistem dan sistem akan menampilkan pemberitahuan apakah user yakin untuk keluar dari sistem.
Gambar 4.18 Prototype Menu Logout
Rancangan Tampilan Sistem yang Diusulkan
- Tampilan Halaman Utama Sistem
Gambar 4.19 Tampilan Halaman Utama Sistem
- Tampilan Login Sistem
Gambar 4.20 Tampilan Login Sistem
- Tampilan Menu Home
Gambar 4.21 Tampilan Menu Home
- Tampilan Menu Master
Gambar 4.22 Tampilan Menu Master
- Tampilan Menu Rencana Anggaran Biaya - Proyek
Gambar 4.23 Tampilan Menu Rencana Anggaran Biaya - Proyek
- Tampilan Menu Rencana Anggaran Biaya - Rincian
Gambar 4.24 Tampilan Menu Rincian
- Tampilan Menu Rencana Anggaran Biaya - Kegiatan
Gambar 4.25 Tampilan Menu Uraian Kegiatan
- Tampilan Menu Laporan
Gambar 4.26 Tampilan Menu Laporan
- Tampilan Menu Logout
Gambar 4.27 Tampilan Menu Logout
Konfigurasi Sistem yang Diusulkan
- Spesifikasi Perangkat Keras yang Digunakan
Perangkat keras yang digunakan untuk membuat sistem informasi kehadiran siswa ini antara lain sebagai berikut :- Processor : Intel(R) Core(TM) i3-3220 CPU @ 3.30GHz (4 CPUs)
- Motherboard : Gigabyte Technology Co., Ltd.
- Monitor : Samsung LCD S19C150F
- Mouse : USB Logitech B100
- Keyboard : USB Logitech K120
- RAM : 2GB
- Harddisk : 500 GB
- Printer : Epson L360
- Spesifikasi Perangkat Lunak yang Digunakan
- Windows 10
- Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise
- All in one package : XAMPP
- Database server : MySQL
- Web server : Apache
- Microsoft Office 2010
- Code editor : Sublime Text
- Web Browser : Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge
- Dalam rancangan sistem rencana anggaran biaya ini, peneliti merancang beberapa user yang berhak untuk mengakses sistem ini diantaranya adalah :
- Admin
- Manajemen
- Staff IT
- Pimpinan
Pengujian Sistem yang Diusulkan
Pengujian adalah tahap lanjutan setelah menganalisa, dan merancang sistem, dalam hal ini digunakan metode black box testing untuk pengujian terhadap sistem. Tujuam dari pengujian ini tentunya untuk meminimalisir error ataupun bug yang nantinya akan terdapat pada sistem, namun black box sistem adalah pengujian guna menguji fungsionalitas sistem :
Implementasi
- Time Schedule
Dalam penulisan dan perancangan sistem ini dibuat batasan waktu untuk memaksimalkan penelitian ini.
Tabel 4.6 Time Schedule
Berdasarkan tabel 4.6 Time Schedule Implementasi yang dilakukan pada PT. Bumitangerang Mesindotama maka terdapat :
- Pembuatan Proposal
Pada tahap ini dilakukan pembuatan latar belakang masalah, tujuan, manfaat, dan juga perumusan masalah selama waktu yang ditentukan
- Pengumpulan data
Pada tahap ini dilakukan pembuatan latar belakang masalah, tujuan, manfaat, dan juga perumusan masalah selama waktu yang ditentukan guna penulisan laporan maupun perancangan sistem selama waktu yang ditentukan.
- Analisa Sistem
Melakukan pengkajian ataupun analisa terhadap data yang telah diperoleh, merumuskan elisitasi sistem dari hasil wawancara kepada stakeholder selama waktu yang ditentukan.
- Perancangan Sistem
Penerapan dari hasil analisa yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap data yang diperolehnya, sehingga menghasilkan suatu rancangan sistem sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Pada tahap ini merupakan kegiatan mendesain dan merancang program sesuai dengan kebutuhan user, perancangan sistem berlangsung selama waktu yang ditentukan.
- Pembuatan sistem
Setelah dilakukan perancangan maka dilakukan proses pembuatan program dengan menulis kode program sesuai dengan yang dibutuhkan, pembuatan sistem berlangsung selama waktu yang ditentukan.
- Testing Sistem
Pada tahap ini dilakukan testing atau pengujian terhadap program yang telah dibuat guna mengetaui kesalahan yang ada pada program. Pengujian program berlangsung selama waktu yang ditentukan.
- Evaluasi Sistem
Tahap ini, dimana evaluasi dilakukan setelah testing atau pengujian terhadap program dilakukan, kegiatan ini dilakukan guna merancang kembali beberapa fungsi yang eror saat testing dilaksanakan agar dapat diperbaiki sebelum diimplementasikan nantinya di PT. Bumitangerang Mesindotama, waktu evaluasi berlangsung selama waktu yang telah ditentukan.
- Perbaikan Sistem
Setelah melakukan pengujian dan evaluasi terhadap program beberapa error yang terdapat pada program diperbaiki selama waktu yang ditentukan.
- Uji coba implementasi sistem
Setelah semua fungsi berjalan dengan baik serta program di anggap layak, maka langkah selanjutnya dilakukan uji coba implementasi program pada PT. Bumitangerang Mesindotama, uji coba implementasi program berlangsung selama waktu yang ditentukan.
- Dokumentasi
Hasil dari seluruh proses pembuatan program dibuatkan dokumentasi kedalam bentuk laporan untuk memudahkan dalam pengembangan program diwaktu yang akan datang.
- Final presentasi
Setelah semua proses dilakukan selanjutnya melakukan presentasi final kepada stakeholder dan dosen pembimbing.
- Pembuatan Proposal
- Estimasi Biaya
Estimasi biaya digunakan untuk memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dalam penelitian ini mulai dari awal mula hingga penyelesaian laporan, dan estimasi biaya dibuat sebagai catatan biaya yang dikeluarkan selama penelitian ini berlangsung.
Berikut estimasi biaya penelitian ini :Tabel 4.7 Estimasi Biaya
BAB VPENUTUPKesimpulan
Berdasarkan hasil dari analisis dan penelitian yang telah dilakukan mengenai “PERANCANGAN SISTEM RENCANA ANGGARAN BIAYA PROJECT IT BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI” pada PT. Bumitangerang Mesindotama, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Proses pengolahan data pada sistem rencana anggaran biaya dimulai dengan mencatat peralatan apa saja yang diperlukan dalam sebuah proyek lalu menghitung seluruh biaya yang diperlukan berdasarkan peralatan yang diperlukan.
- Dalam membuat Sistem rencana anggaran biaya berbasis web pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman html, php, css, javascript dengan menggunakan database MySql dan Sublime Text sebagai Code editor.
- Dalam sistem yang dibuat ada beberapa faktor yang diperlukan yaitu : pengerjaan apakah dilakukan oleh pihak internal atau eksternal, bahan baku dan peralatan apa saja yang diperlukan dalam sebuah proyek dan kegiatan yang dilakukan selama proyek berlangsung.
Saran
Dengan melihat simpulan yang ada, penulis memberikan saran-saran yang sesuai dengan apa yang telah dialami selama menyelesaikan laporan Skripsi ini:
- Agar sistem rencana anggaran biaya dapat berjalan dengan baik perlu dilakukan pengecekan sistem secara berkala dan pembaruan agar mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
- Sarana dan prasarana dalam penerapan sistem rencana anggaran biaya perlu didukung dengan perangkat yang memadai, baik dari segi SDM (brainware) maupun peralatannya (hardware)
- Sistem yang telah dibuat dapat dikembangkan sehingga sistem ini juga dapat digunakan untuk seluruh proyek pada sebuah perusahaan dan juga dapat diakses melaui perangkat smartphone saat ini.
Daftar Pustaka
Kutipan [1]penomoran (huruf)
-
angka
gambar
paragrap
- Usulan Prosedur yang Berjalan
Kesalahan pengutipan: Tag <ref>
ditemukan, tapi tag <references/>
tidak ditemukan